Agen Bola

Sirenia Sapi LautSirenia Sapi Laut Yang Terancam Punah
pastaditha-8571404
Welcome
halo gan selamat pagi Emoticons kali ini ane mau bahas sirenians di thread ane gan Emoticons tau gak apa sirenian itu ? Bukan siren putri duyung itu ya gan Emoticons kalo gak tau simak thread ane ya dan ini thread ke tiga ane di saintek secara keseluruhan dan thread pertama di saintek dengan id ini Emoticons oke silahkan membaca gan sis Emoticons
Quote:Quote:Apa sih Sirenians itu ?
Sirenia Sapi Laut
Sirenia (biasanya disebut sebagai sapi laut) adalah mamalia herbivora akuatik yang menghuni rawa, sungai, muara, lahan basah laut, dan perairan laut pesisir. Di dunia ada Empat spesies sirenian yg masih hidup yaitu dugong (satu spesies) dan manate (tiga spesies). Sirenia juga termasuk Steller sea cow yang telah punah sejak abad ke-18, dan hanya diketahui dari fosil.

Sirenians, juga disebut dengan sirene berasal dari sirene dari mitologi Yunani

Spoiler for siren mitologi:
Mitologi Sirenians

Sirenians telah beradaptasi untuk hidup di air bagian tubuh paling depan telah dimodifikasi menjadi senjata yang digunakan untuk kemudi, ekor telah dimodifikasi menjadi dayung yang digunakan untuk propulsi.
Sirenians memiliki tubuh yang panjang antara 2,5 dan 4,0 meter dan beratnya bisa mencapai 1.500 kg. Sedangkan Hydrodamalis gigas atau sapi laut Steller, bisa mencapai panjang 8 m.

Spoiler for sirenia:
Jenis Sirenia

Tiga spesies manatee (keluarga Trichechidae) dan dugong (keluarga Dugongidae) adalah spesies yang terancam punah. Empat spesies ini sangat rentan terhadap kepunahan karena hilangnya habitat dan dampak negatif lain yang berkaitan dengan pertumbuhan populasi manusia dan pembangunan pesisir. Sapi Laut Steller, punah sejak 1786, diburu hingga punah oleh manusia.

Spoiler for sirenia:
Spesies Sirenia

Manatee dan dugong adalah satu-satunya mamalia laut diklasifikasikan sebagai herbivora. Tidak seperti mamalia laut lainnya (lumba-lumba, paus, anjing laut, singa laut, berang-berang laut, dan walrus), Makanan utama dari sirenia adalah rumput laut dan tumbuhan air lainnya dan mereka memiliki sistem metabolisme yang sangat rendah . Seperti lumba-lumba dan ikan paus, manatee dan dugong adalah mamalia air yang tidak pernah meninggalkan air bahkan saat melahirkan.

Spesies Trichechidae berbeda dari Dugongidae dalam bentuk tengkorak dan ekor mereka.

Quote:Mengenal Jenis Sirenia
Quote:Quote:Dugong atau Duyung
Dugong Duyung
Duyung atau dugong (Dugong dugon) adalah sejenis mamalia laut yang merupakan salah satu anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain manatee. Duyung bukanlah ikan karena menyusui anaknya dan masih merupakan kerabat evolusi dari gajah. Ia merupakan satu-satunya hewan yang mewakili suku Dugongidae. Selain itu, ia juga merupakan satu-satunya lembu laut yang bisa ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurangnya di 37 negara di wilayah Indo-Pasifik, walaupun kebanyakan duyung tinggal di kawasan timur Indonesia dan perairan utara Australia. Duyung atau dugong adalah satu-satunya mamalia laut herbivora atau maun (pemakan dedaunan), dan semua spesies sapi laut hidup pada perairan segar dengan suhu air tertentu.

Spoiler for dugong:
Duyung

Duyung sangat bergantung kepada rumput laut sebagai sumber makanan, sehingga penyebaran hewan ini terbatas pada kawasan pantai tempat ia dilahirkan. Hewan ini membutuhkan kawasan jelajah yang luas, perairan dangkal serta tenang, seperti di kawasan teluk dan hutan bakau.Moncong hewan ini menghadap ke bawah agar dapat menjamah rumput laut yang tumbuh di dasar perairan.

Spoiler for duyung:
Duyung

Duyung menjadi hewan buruan selama beribu-ribu tahun karena daging dan minyaknya. Kawasan penyebaran dugong semakin berkurangan, dan populasinya semakin menghampiri kepunahan.IUCN mengklasifikasikan dugong sebagai spesies hewan yang terancam, manakala CITES melarang atau mengharamkan perdagangan barang-barang produksi yang dihasilkan dari hewan ini. Walau pun spesies ini dilindungi di beberapa negara, penyebab utama penurunan populasinya di antaranya ialah karena pembukaan lahan baru, perburuan, kehilangan habitat serta kematian yang secara tidak langsung disebabkan oleh aktivitas nelayan dalam menangkap ikan.Duyung bisa mencapai usia hingga 70 tahun atau lebih, serta dengan angka kelahiran yang rendah yang mengancam menurunnya populasi duyung. Duyung juga terancam punah akibat badai, parasit, serta hewan pemangsa seperti ikan hiu, paus pembunuh dan buaya.

Spoiler for duyung:
Duyung

Quote:Quote:Lembu Laut atau Manatee
Manatee Lembu Laut
Lembu laut (atau manatee, suku Trichechidae, marga Trichechus) adalah mamalia air besardari famili Trichechidae. Berbeda dengan Dugongidae dari segi bentuk tengkorak dan bentuk ekor. Ekor lembu laut berbentuk pendayung, sementara ekor Dugong bercabang. Lembu laut adalah herbivora, melewatkan sebagian besar waktunya merumput di air dangkal.

Spoiler for manatee:
Lembu Laut

Lembu laut mendiami kawasan pesisir berpaya dangkal di Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Laut Karibia. Satu spesies (Trichechus senegalensis) mendiami pantai barat Afrika, sejenis lagi (T. inunguis) mendiami pantai timur Amerika Selatan, dan yang ketiga (T. manatus) Hindia Barat di Laut Karibia. Manatee Florida dianggap sebagian orang sebagai spesies yang berbeda, tetapi ITIS menganggapnya sebagai subspesies T. manatus, dan sekarang anggapan ini sudah lazim.

Spoiler for manatee:
Lembu Laut

Tubuh lembu laut dapat mencapai panjang hingga 4,5 meter atau lebih, dan hidup di air tawar dan air asin. Lembu laut pernah diburu untuk daging dan minyaknya, tetapi sekarang dilindungi secara resmi.
Lembu-laut hindia-barat adalah spesies terancam punah. Walaupun ia tidak mempunyai pemangsa alami, perluasan wilayah manusia telah mengurangi habitat alaminya di kawasan paya pesisir, dan banyak manatee cedera akibat kipas perahu motor. Lembu laut sering menelan peralatan memancing (mata kail, pemberat, dll.) selagi merumput. Benda asing ini tampaknya tidak membahayakan lembu laut, kecuali benang atau tali filamen tunggal. Tali ini dapat menyumbat sistem pencernaan hewan tersebut dan membunuhnya secara perlahan-lahan.

Spoiler for manatee:
Lembu Laut

Lembu laut seringkali berkumpul di dekat stasiun listrik, yang memanaskan air. Mereka menjadi bergantung pada sumber panas buatan ini. Mereka tak lagi bermigrasi ke daerah air yang hangat karena sudah memperoleh sumber air panas yang selalu ada ini. Baru-baru ini, stasiun-stasiun listrik telah ditutup. Karena mengetahui bahwa manatee bergantung kepada stasiun listrik ini, Badan Kehidupan Liar dan Perikanan AS (U.S. Fish and Wildlife Service) sedang mencoba mencari cara memanaskan air bagi lembu laut.

Spoiler for manatee:
Lembu Laut

Aneh tapi nyata, pabrik pengelolaan air utama di Guyana memiliki tiga ekor lembu laut, yang bertugas menjaga kebersihan kanal penyimpanan dari alang-alang

Quote:Quote:Sapi Laut Steller
Sapi Laut Steller
Sapi laut steller (Hydrodamalis gigas) adalah mamalia sirenia besar yang telah punah dan sebelumnya dapat ditemukan di pantai laut Bering di Asia. Sapi laut steller ditemukan di kepulauan Komander tahun 1741 oleh penyelidik alam Georg Steller, yang melakukan perjalanan dengan penjelajah Vitus Bering. Populasi kecil hidup di perairan Arktik di sekitar pulau Bering dan didekat pulau Medny. Namun, karena kedatangan manusia mereka hidup di pantai Pasifik utara.

Spoiler for steller:
Sapi Laut

Populasi sapi laut ada dalam jumlah yang kecil dan terbatas ketika Steller mendeskripsikan mereka. Steller mengatakan bahwa mereka ditemukan berkelompok, tetapi Stejneger memperkirakan terdapat lebih sedikit dari 1500 yang tersisa dan terancam punah karena diburu manusia.Mereka dihabisi oleh pelaut, pemburu anjing laut, dan pedagang bulu yang mengikuti rute Bering ke Alaska, yang memburu mereka untuk makanan dan kulitnya yang digunakan untuk membuat kapal. Mereka juga diburu untuk lemaknya yang tidak hanya digunakan untuk makanan, tetapi juga sebagai lampu minyak karena tidak mengeluarkan asap atau bau dan dapat disimpan dalam waktu yang lama pada udara hangat. Pada tahun 1768, kurang dari 30 tahun sapi laut ini ditemukan, sapi laut Steller telah punah.

Spoiler for steller:
Sapi Laut

Fosil menandakan sapi laut Steller sebelumnya menyebar di pantai Pasifik utara, mencapai Jepang selatan dan California. manusia merupakan salah satu akibat kepunahan sapi laut Steller.

itulah dia gan sirenia Emoticons sekarang udah pada tau kan kalo sirenia itu sapi laut Emoticons mereka juga sangat rentan dalam kepunahan karena ulah kita manusia akibat perburuan dan penyempitan habitat Emoticons salah satu yg udah punah itu sapi laut steller berabad abad lalu mungkin karena kurangnya pengetahuan tentang hewan itu pada masa lalu sehingga diburu secara membabi buta hingga punah hanya dalam waktu puluhan tahun Emoticons dan semoga aja 2 saudara nya ini gak bernasib kayak sapi laut steller walaupun mereka juga terancam punah Emoticons dan sekian thread ane gan semoga nambah pengetahuan agan tentang sirenia Emoticons jika ada salah kata ane mohon maaf ya Emoticons
Spoiler for sumber:
Source: http://kask.us/iiYCK
ReveneuHits
close