Agen Bola

Praktek Tumbal PerusahaanWalau sudah googling dengan keyword apapun, kalian takkan menemukan berita ini!
siponyo-8598484
Quote:Bismillahirrahmanirrahim
  • Trit ini adalah trit reborn yang dihapus oleh admin. Trit sebelumnya sudah mencapai puluhan halaman komentar dan dibagikan ribuan kali. Untuk melihat arsip trit originalnya bisa dilihat disini.
  • Ane bukanlah TS pembuat trit original. Trit ini 100% copas dan ane buat karena infonya ane pikir penting untuk diketahui banyak orang.
  • Akun ini tidak akan digunakan dan dibuka lagi setelah trit ini diposting. Dengan demikian semua PM ataupun posting yang mengkuot akun ini tidak akan dibaca ataupun direspon.
  • Terima kasih untuk ts original maupun kaskuser lain yang telah berbagi cerita, juga untuk agan yang telah mengarsipkan trit asli. Mari kita share trit ini sebanyak2nya. Semoga bermanfaat.

Quote:ALASAN KENAPA THREAD ORIGINALNYA DITUTUP:

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By eomma
Ini trit sayah... Makasih udah disimpan arsipnya gan...
Saya waktu itu diancam orang berkuasa.

Quote:Original Posted By eomma
Saya TS nya gan, dan sampe hr ini alhamdulillah masih aktif. Tapi trit terpaksa saya hapus krn tekanan dr pihak "berkuasa" yang tersinggung isi trit saya yang mana membuktikan bahwa trit saya adalah benar..

Quote:Original Posted By eomma
Mumpung banyak yang pas nanya, dan mumpung sekarang saya udah ga takut lagi, trit saya hapus krn tekanan dan ancaman gan.
Btw makasih gan.

Terimakasih kepada agan2 sekalian yang udah bantu rate thread saya ini..

Tarimakasihlah kakawanan disini nang sudah mambantu ma rate trin ulun nih

(Sebelumnya,saya ingin menegaskan kembali bahwa trit ini hanya menyorot perusahaan yang melakukan praktek tumbal. Kebetulan saja, perusahaan ini terletak di Kalimantan)

Saya sungguh tak menyangka trit alakadarnya ini bisa mendapat respon yang sangat banyak dari para kaskuser sekalian. Terimakasih banyak agan2/aganwati sekalian yang udah men share trit ini. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya, dan bersama-sama membongkar permainan tak berperikemanusiaan ini.

Kepada agan2 sekalian, saya harap agan2 membaca dengan seksama isi trit ini agar tidak timbul misunderstanding. Kejadian didalam konten trit adalah kejadian yang terjadi dimasa lalu, sekitar tahun 1950an-1990an

Namun saya akui dan saya percaya kejadian ini masih ada disekitar kita. Karena saya juga memiliki pengalaman pribadi terkait aktifitas ini


Assalamualaikum..

Ini tread pertama saya. Inipun saya bikin pakai Hp yang tak terlalu mahal.
Mohon maaf kalau tread ini ala kadarnya.

Trit ini berdasarkan kisah nyata yang saya dapat dari saksi mata yang sampai sekarang masih hidup

Tiga tahun lalu, saya dan keluarga pindah ke salah satu kecamatan di kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel.
Saat itu kami ngontrak disalah satu rumah milik penduduk asli desa itu. Rumah yang kami kontrak adalah rumah satuan (bukan kontrakan dempet) dan pemiliknya tinggal disamping rumah kami. Rumah pemiliknya lebih besar dan terlihat bagus karena dibuat dengan kayu ulin khas Kalimantan yang terkenal mahal dan hanya orang berduit saja yang sanggup membuat rumah dengan bahan itu.
Pemilik rumah itu adalah seorang nenek tua pensiunan guru, tinggal bersama anak dan cucunya. Suami beliau sudah wafat.

Kami jarang berkomunikasi karena saya dan keluarga sering berada diluar rumah. Suatu hari, kebetulan saya sedang libur. Karena bosan dirumah, saya isi waktu dengan menyapu halaman rumah. Tak disangka, Nenek pemilik rumah juga sedang menyapu.
Akhirnya selesai menyapu halaman, beliau menawari saya untuk duduk diteras rumah sambil minum kopi.

Beliau bertanya saya kerja dimana. Saya jawab bekerja ditambang batu bara.
Beliau ini sudah sepuh sekali, umur kira-kira 80an. Tapi cara beliau bicara masih cukup jelas dengan intonasi yang pas dan sangat lancar.

Setelah ngomong ini itu, akhirnya beliau membuka cerita yang menginspirasi saya untuk membuat trit ini.
Cerita tentang ini tak pernah saya temukan disitus pencarian. Maupun tak ada saya jumpai saat buka blog2 misteri. Mungkin karena cerita ini adalah rahasia negara dan orang2 kaya yang punya pengaruh tak terhingga dinegara kita. Tapi bila ada agan2 dan aganwati sekalian yang mengetahui kisah ini harap berbagi dengan saya ya...

and this is the true shocking story..

Beliau akhirnya memulai cerita. Dulu, waktu masih muda (saya tanya tahun berapa tapi di jawab waktu masih sekolah SPG katanya) beliau berkunjung kerumah salah satu teman sekolah didaerah T (maaf saya inisialkan krn saya takut ini menyinggung aib perusahaan)
Orang tua teman beliau itu adalah staff di perusahaan minyak di daerah tsb. Waktu beliau berkunjung ternyata bertepatan dengan peristiwa penting, yaitu pengeboran pertama disalah satu titik minyak baru. (saya tidak mengerti apa istilahnya)

Beliau yang baru saja sampai langsung diajak untuk melihat acara itu. Tapi acara tsb hanya dihadiri staff perusahaan, jadilah mereka mengintip dr lokasi tersembunyi namun dapat melihat dengan jelas acara tsb.

sekali lagi, ini adalah kisah nyata dan banyak saksi hidup yang mau membagi kisah ini..

Saat mengintip acara itu, beliau melihat ada 5 orang anak gadis kecil kira2 berumur 4-7 tahun memakai gaun pesta warna putih bersih memasuki area dibimbing oleh ayah temannya. Salah satu gadis kecil memakai pita bunga besar warna putih dikepala. Teman nya bilang itu adalah adiknya, "cantikkan, ayah membelikannya baju gaun kemarin,rupanya untuk acara ini" kata teman nya.

Tapi kejadian itu tiba2 berubah jadi horor manakala anak2 gadis kecil tak berdosa itu satu-satu dilempar ke lubang galian, dan mesin alat bor pun hidup. Anak2 tak berdosa itu dihentak sampai hancur menggunakan alat bor yang seperti tuas (saya pun tidak tahu seperti apa alatnya,cuma membayangkan dr narasi beliau..)
Setelah dihentak berkali-kali menyemburlah minyak dr lubang itu diiringi tepuk tangan dr para staff yg hadir. Termasuk ayah teman nya yang ikut menumbalkan anak gadis kecilnya yang paling bungsu..

(saya sependapat dengan teman2 disini yang mengatakan tidak mungkin yang nyembur itu minyak krn minyak kan masih jauh dibawah. Saya mikirnya apa yang dilihat beliau itu mungkin darah anak2 yang digencet gencet itu, tapi beliau tetap bersikeras kalo yang muncrat itu minyak. Itu pendapat awal saya, karena kisah ini dr beliau, jadi sebagai narasumber dan saksi, cerita beliau saya salin apa adanya dr mulut beliau).

Teman nya langsung teriak dan pingsan! Saya yang mendengar cerita ini pun langsung shock!

Beliau ga melanjutkan cerita bagaimana selanjutnya . Beliau langsung lompat ceritanya ke saat beliau sudah pulang. Saya pun tak terpikir utk nanya karena masih shock.
Dia bilang,temannya itu tak lagi masuk sekolah. Ayah temannya berhenti setelah kejadian itu dan pulang ke kampung tak lama kemudian. (kampungnya sama dengan beliau)
Keluarga itu pulang dengan membawa duit 75jt. Jaman itu duit segitu mungkin kaya 1milyar sekarang ya.
Anak sulung keluarga itu yg juga mantan teman sekolah beliau tak pernah keluar rumah, dia gila. Ibunya juga jadi gila. Yang masih waras saat itu cuma ayahnya dan adik lelakinya.

Beliau termenung,lalu,melanjutkan cerita...
Dia tanya apa saya mau tau siapa keluarga itu? Saya diam aja,masih shock. Beliau bilang keluarga itu adalah keluarga yang punya rumah dr ulin besar yg ada di ujung jalan desa. Saya terperangah. Saya kenal keluarga itu. Anak lelaki satu-satunya dikeluarga itu dan satu-satunya yang masih waras (bertahun kemudian bapaknya gila juga) adalah ayah dari teman sekantor saya..

Ternyata setelah nanya sana sini banyak yang tau cerita model gini. Anak dijadikan tumbal perusahaan, ayahnya dapat duit banyak. Tapi apalah artinya duit yang banyak itu...kalau neraka duniapun tak mampu membebaskannya dr rasa bersalah.

Ternyata banyak perusahaan minyak yang memakai tumbal seperti itu dulu...dan beberapa perusahaan itu masih berdiri kokoh sampi saat ini dan menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Tak cuma perusahaan, utk pembuatan jalan raya maupun jembatan pun didaerah sini banyak yang memakai tumbal anak kecil. Saya sempat jumpa saksi hidupnya yaitu seorang ibu rumah tangga yang dulu waktu dia kecil sempat diculik untuk tumbal tapi berhasil melarikan diri. Sampai saat ini dia masih trauma melihat orang bawa sabit krn penculiknya saat itu membawa sabit utk menggorok leher anak2 kecil lalu disusun dijalan,yang akan dibangun. Orang disini rata2 tau kisah ini...

Sedihnya, pemerintah tutup mata. Berita ini tak pernah ada...

maaf atas trit saya yang panjang ini. Saya sengaja login kaskus untuk membagi kisah yang ada tapi dibuat tak ada ini...

(juga setelah saya pikir2 tadi malam abis bikin trit ini, saya merasa nenek itu minta saya untuk tidak terlalu akrab dengan teman sekantor saya yg merupakan cucu pelaku, secara ni temen memang sering berkunjung ke kontrakan saya.. Entah apa alasan sidin, Wallahualam...)

Terima kasih..

TS tidak menyangka trit ini akan membawa dampak seperti ini agan2 kaskuser sekalian. TS melalui trit ini tak bermaksud untuk menyudutkan perusahaan tertentu.

Makanya dr awal yg TS bahas adalah kegiatan tumbalnya yang kebetulan terjadi di perusahaan tsb. Dan ini bulan hanya satu atau dua saja, melainkan banyak sekali perusahaan lain dengan oknum2 yang terlibat.

Sekali,lagi, TS mohon maaf bila TS tak bisa menyebutkan nama perusahaan maupun nama dan alamat narasumber, secara saya memang ga minta ijin beliau untuk menulis di trit ini. Harap maklum gan..

Quote: DARI THREAD LAIN, ADA HUBUNGANNYA KAH?

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By bamdok
SALAM buat agan-agan sekalian and WELCOME TO MY THREAT...

Membaca judul ane di atas, mungkin agan2 bertanya kok bisa...ah, yang bener...mustahil...atau ungkapan lain yang menunjukkan ketidakpercayaan. Atau mungkin agan2 yang putra/putri daerah asli Samarinda menjadi marah dan tidak terima dengan trit ini.
Ane mengutip berita dari Tribun Kaltim (27 November 2015) tentang pernyataan dari ketua KOMNASHAM Indonesia, Bapak Nurcholis :

Nurcholis

"Tanpa ragu, Nurcholis pun menyebut Samarinda bisa saja diberi label kota yang paling jahat HAM (Hak Azasi Manusia). "ya, bisa saja. karena bisa kena dua perkara langsung. Menyebabkan 12 orang meninggal, dan semua korbannya anak-anak.
Nurcholis meminta perusahaan tambang mengerahkan sumber daya untuk mencegah jatuhnya korban tambang lainnya. "Ini ketua KOMNASHAM yang meminta. Sebenarnya yang meminta ini harusnya pemerintah. Tapi pemerintah ini di bawah kendali perusahaan. Kalau sudah diminta baik-baik tapi tidak dilaksanakan, tentu nanti kita (Komnasham) akan berhadap-hadapan dengan perusahaan.

Kemudian pernyataan dari Pj Walikota Samarinda, Ibu Meiliana :

Meiliana

"Penjabat (Pj) Walikota Samarinda, Meiliana, kurang sependapat jika kota Samarinda yang dipimpinnya diberi label kota paling jahat HAM. "Tidak boleh seperti itu. Kan bisa diselesaikan baik-baik." kata Meiliana saat dikonfirmasi" (Tribun Kaltim)

Spoiler for Pendapat ane:
APANYA YANG DISELESAIKAN BAIK-BAIK, apa ini argumen dari seorang pemimpin (walaupun hanya Pj). Bagaimana kalau korbannya kerabat Ibu Meiliana?? Apakah bisa "DISELESAIKAN BAIK-BAIK". Ibarat pepatah, keledai aja gak bakal jatuh ke lubang yang sama 2x. Samarinda sudah 12 anak-anak yang jadi korban karena masalah yang sama kok gak ada pembenahan sama sekaliEmoticons

Berikut ini data dari Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur mengenai korban tambang :

1. Kasus 3 anak tewas bernama Miftahul Jannah, Junaidi dan Ramadhani di Lubang Tambang Batubara Hymco Coal.
Lokasi : Sambutan Samarinda.
Tanggal : 13 Juli 2011.
Sanksi : Mandeg dari sisi hukum Pidana, Pemkot hanya memberi Tali Asih dan menganggap persoalan hukum selesai.

2. Kasus Tewasnya Sepasang anak lelaki dan perempuan bernama Eza dan Ema (6 tahun) di Lubang Tambang Batubara Milik PT. Panca Prima Mining.
Lokasi : Perumahan Sambutan Idaman Permai, Pelita 7, Samarinda.
Tanggal : 24 Desember 2011.
Sanksi : Tali Asih masing-masing 100 Juta, hanya Kontraktor yang dihukum 2 bulan penjara.

3. Kasus Maulana Mahendra (11 Tahun), disebuah galian bekas tambang batubara milik salah seorang warga bernama Said Darmadi.
Lokasi : Blok B RT 18 Simpang Pasir, Palaran, Samarinda.
Tanggal : 25 Desember 2012.
Sanksi : Penegakan hukum pidana tak berlanjut dan tak diketahui publik.

4. Kasus Nadia Zaskia Putri, bocah kelas 5 SD (10 th), yang meninggal saat berenang di galian bekas tambang batubara.
Lokasi : kelurahan RT 48, rawa makmur, kecamatan Palaran, Samarinda.
Tanggal : 8 April 2014
Sanksi : Kasus hukum tak terdengar dan keluarga menerima Tali Asih.

5. Kasus Muhammad Raihan Saputra (10 Tahun), kelas 4 SD, tewas lemas di lubang bekas tambang batubara yang tak direklamasi milik PT Graha Benua Etam.
Lokasi : Gang Saliki, Jl Padat Karya, Bengkuring, Sempaja Selatan, Samarinda
Tanggal : 22 Desember 2014.
Sanksi : Tidak diketahui.

6. Kasus Ardi Bin Hasyim (13 tahun), Berkebutuhan Khusus dan Tunarungu.
Lokasi : Tambang PT. CEM yang berada dekat Fasilitas Publik TPA Sambutan dan Pemukiman Warga Sambutan Idaman Permai, Jalan Tekukur, Gang F/G RT 35, Sambutan, Samarinda.
Tanggal : 25 Mei 2015.
Sanksi : Perusahaan mengaku akan menanggung biaya pemakaman.

Kemudian Kasus Terakhir :

Spoiler for KORBAN TAMBANG BATUBARA:
Aprilia Wulandari

Lokasi : Kolam Tambang Batubara milik PT Transisi Energi Satunama (PT TES) di di Jl Karang Mulya Kelurahan Lok Bahu Kecamatan
Sungai Kunjang, Samarinda
Tanggal : 18 November 2015

Beberapa pasal yang diduga dilanggar oleh perusahaan tambang tapi kesannya dibarkan saja oleh pemerintah. ENTAH KENAPA...??

Spoiler for :
Dari bukti yang diambil di lapangan, Perusahaan Tambang diduga Melanggar keputusan Menteri ESDM nomor 55/K/26/MPE/1995, karena tidak memasang pelang atau tanda peringatan di tepi lubang dan Tidak ada pengawasan yang menyebabkan orang lain masuk ke dalam tambang sejak awal.

Jarak lubang tambang dengan pemukiman dan rumah penduduk terdekat jelas diduga melanggar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 4 Tahun 2012 Tentang Indikator Ramah Lingkungan untuk Usaha atau Kegiatan Penambangan Terbuka Batubara Yaitu jarak 500 meter tepi lubang galian dengan Pemukiman warga, kenyataannya jarak hanya 30 meter saja.

Lubang bekas tambang yang dibiarkan menganga dan diisi air bak danau ini, menurut informasi warga sekitar sudah dibiarkan 2 tahun yang melanggar Pasal 19-21 Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2010, bahwa paling lambat 30 hari kalender setelah tidak ada kegiatan tambang pada lahan terganggu wajib direklamasi.

JATAM Kaltim berpendapat, terhadap Walikota dan Distamben Kota Samarinda dapat diterapkan Pasal 359 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Pasal 112 UUPPLH, sebab unsur “barang siapa”, “karena kealpaannya menyebabkan matinya orang lain” yang tercantum dalam Pasal 359 KUHP maupun Pasal 112 UUPPLH “Setiap pejabat berwenang”, “tidak melakukan pengawasan”, “terhadap ketaatan penanggung jawab usaha” atau “kegiatan terhadap peraturan perundang-undangan dan izin lingkungan”, “mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan”, “ mengakibatkan hilangnya nyawa manusia” telah terpenuhi.

Jadi jika kisah tragis anak pengungsi yang meninggal tenggelam bisa jadi viral di medsos, mengapa yang ini tidak???

Spoiler for gambar mungkin bisa cukup mengganggu:
Pengungsi TenggelamKorban Tambang BatubaraKorban Tambang BatubaraKorban Tambang Batubara

DITUNGGU ACTIONNYA :
Bapak Jokowi
Bapak Sudirman Said
Ibu Yohana
Bapak Awang Faroek
Bapak Arist Merdeka Sirait
Bapak Nurcholis


Emoticons PRAY FOR INDONESIA Emoticons

Quote: KOMENTAR KASKUSER

Spoiler for Cerita Kaskuser:
Quote:Original Posted By rudierockblues
yoi bener bro .. (dasar bujur sanak ae)
aku orang TANJUNG TABALONG
itu namanya PALAS / TUMBAL
hampir seluruh jembatan dikawasan Tanjung Tabalong melakukukan ritual seperti itu
karena katanya penunggu tidak mau digantikan dengan kepala kerbau, dan harus kepala anak anak ..
dan sangat masuk akal untuk pengeboran/tambang KARENA ADA RITUAL PERJANJIAN DENGAN ALAM SEBELAH.

yang menjadi horor, jika ada pembuatan jembatan baru warga harus waspada terhadap anak kecil
karena bisa diculik dan dijadikan tumbal .. warga menyebut penculik itu BIGAL
BIGAL perpenampilan seperti warga biasa yg kadang bawa karung purapura carik rumput untuk ternak ..

untuk sekarang sudah tidak terdengar kabar BIGAL, karena mungkin sudah lebih gampang dengan PERDAGANGAN MANUSIA .

sumber CERITA WARGA PRIBUMI

Quote:Original Posted By elvasafuel
http://archive.kaskus.co.id/thread/909021/3160
nemu di archiveee...

Kisah ini aku dapat dari sodara sepupu aku yang (Tentara) sebagai Babinsa yang bertugas didaerah pedalaman Kalimantan.

Kejadiannya terjadi beberapa bulan yang lalu. ada seorang Petani karet yang datang ke sodara aku dan menceritakan kejadian yang sangat bikin miris hati.

waktu itu si petani karet bersama istrinya pergi kekebun karet milik mereka yang berada di daerah perbukitan. kebetulan kebun karet milik mereka ini tidak jauh dari lokasi pengeboran minyak yang baru akan buka.

pada saat sang suami sedang sibuk bekerja, tiba2 sang istri melihat rombongan 2 buah mobil yang tiba di lokasi pengoboran. dari dalam mobil turun beberapa orang dan 1 orang anak kecil perempuan berusia sekitar 4-5 tahun. berkulit putih bersih, memakai baju putih dari atas sampai sepatu pun serba putih dan memegang setangkai bunga di tangannya.

beberapa orang yang di tengarai sebagai Bodyguard mobil tersebut berpencar dan menyisiri tempat itu. si istri petani yang melihat keanehan tersebut segera memberitahukan kepada sang suami perihal itu.

kemudian sang suami pun menyuruh sang istri untuk bersembunyi di rumput ilalang sembari mereka melihat kegiatan orang2 yang ada di bawah mereka.

setelah para bodyguard selesai melakukan penyisiran dan merasa aman, terlihat seorang bapak2 dengan potongan seperti seorang dukun, membakar menyan di sekitar lubang pengobaran.

tidak lama setelah itu, si anak perempuan tersebut di suruh sang dukun mengitari lubang pengeboran... ketika si anak tersebut sudah mengitari lubang sebanyak 3 kali. secara tiba2 sang dukun tersebut mendorong si anak kedalam lubang pengeboran dan begitupun mesin bor ikut dihidupkan dan menghantam anak perempuan tersebut. dan darah segar memencar keluar dari lubang tersebut.

kejadian tersebut bgitu tiba2 dan hampir membuat istri petani karet teriak kaget. untung sang suami sigap dan membekap mulut istrinya. sang suami berkata " Jangan sampai mereka mengetahui keberadaan kita" salah2 kita yang di bunuh.

setelah kejadian tersebut, si petani karet shock dan baru 4 bulan kemudian berani bercerita sama sodara sepupuku.

tapi dari cerita yang beredar, memang di tempat tersebut ada penunggunya. setiap kali melaksanakan pengeboran, mata bor rig tersebut selalu patah. dari kabar yang di dengar, penunggu tempat tersebut minta tumbal seorang anak atau wanita hamil yang baru nikah.

saya saja merinding waktu sepupu saya menceritakan kejadian tersebut, apalagi istri lagi hamil 4 bulan. anak pertama lagi....

Quote:Original Posted By oranok
klo cerita Adek emak ane lain lagi. mereka numbalin Anak Cewek/Cowok bukan untuk biar dapat minyak nya .tapi buat Awetin intan pengebornya gan. Adek/Kakak emak ane yang cowok itu semua kerja di perusahaan penambangan dan perminyakan . dan mereka semua kasih tau ke ane klo cari kerja mending jangan kesitu. uang banyak tapi dosa yang tidak di sadari banyak juga.

Quote:Original Posted By InvalidKaskuser
Di K********* mah tumbal begitu sering gan.. Udah ga kaget

Dulu ane pernah diceritain nyokap
Maaf curhat

Waktu nyokap mau lahirin ane, nyokap ditolong sm teman lamanya. Ternyata pas udh menit2 mau lahiran, temen nyokap kayak nyulik nyokap ane. Katanya kamar dikunci gitu terus nyokap ane dipaksa buat cepet lahirin ane. Nah karena ada tante ane yg baru datang kerja (apoteker) maka tante ane langsung meggagalkan niat temen nyokap ane. Singkat cerita ternyata ane dulu mau dijadiin tumbal utk usahanya temen nyokap ane. Nah karena gagal, temen nyokap ane jadi gila setelah kegagalan itu.

Emang kalo tumbal gak diberikan, ada aja masalahnya. Kalau bangunan, bakal runtuh, rusak, dll...

Quote:Original Posted By ghopel
serem bgt. maaf ts, tb2 saya pusing n mual baca kisah ini...
tp ane jg pny cerita, nyata tp bukan manusia yg d tumbalkan. loksinya di kota dg pemikiran org2nya yg maju.. kejadiannya 2015, dlm pembangunan sebuah rumah besar dengan pengamanan super ketat menumbalkn 1 ekor kerbau besar, ad kepala n darahnya dtanam d tengah2 sdgkn sekelilingnya d kelilingi sm kepala kambing. Ada ritual jg dengan sesaji lengkap d situ saat penanaman jenglot, ad beberapa jenglot katanya n beberapa makhluk gaib lainnya. rmh it mmg spesial untuk bangun rmh segitu jumlah besi yg d beli setara pembuatan hotel bintang 5, 10lantai.
ane bs crita krn ane d bagi daging kerbaunya, n ane suruh buang.

Quote:Original Posted By de.wahyu
Dulu sekitar tahun 1997 saat awal-awal ane SD di kampung ane salah satu desa di provinsi Jambi juga sempat gempar dengan adanya penculikan dengan modus jualan kasur kapuk gulung gitu gan, kata orang-orang tua dulu hati-hati sama penjaja yg mikul tuh kasur sebab katanya anak-anak bisa diculik dan dimasukin di gulungan kasur itu, ada saksi sih katanya yg sempet lihat di gulungan kasur salah satu penjual yg ngejajain itu terlihat telapak kaki anak-anak, korban penculikannya ya itu buat dijadiin tumbal pembangunan jembatan atau gedung-gedung besar. Saat itu asli horror banget tu kehidupan rasanya sampe-sampe ane dan anak-anak yg lain dipakein gelang rajutan dari benang 3 warna gitu, merah, hitam, kuning seingat ane warnanya, tuh gelang dipercaya buat nangkal tuh penculik (ampuni hamba dan keluarga yg dulu sempat menyentuh lemusyrikan ya Rabb).

Wallahu'alam.

Quote:Original Posted By reivenom
gan kayak gitu mah biasa.ada yg disengaja ditumbalkan ada pula yg gak disengaja.ada 2 kasus kalo soal tumbal menumbal.
Contoh nyata perusahan kertas terbesar di indo dan asia tenggara.ane gak mau sebut merek ya gan dan ane saksi mata beserta ribuan mantan kontraktor juga karyawan sana kalo setiap pemilik PT nya datang.pasti ada yang mati.Dan parahnya gak pernah masuk tivi gan beritanya.
Pernah ada kejadian kecelakaan saat kontraktor Truba yang anggotanya puluhan orang alami kecelekaan disebuah power boiler.Puluhan anggotanya jatuh dari eskapolding.
Yang moto2 korban tewas ama luka diambil hapenya ama security.Besoknya ada peraturan baru dilarang bawa hape dalam areal industri dan parahnya berita yg wafat berapa orang gak ada yang tau.Truba tutup mulut.
Sering gan ada yang insiden tewas entah perorangan atau rame gak keendus media.Tu PT gua akuin hebat ama kuat duitnya.
Trus kalo yang tumbal gak disengaja kayak proyek pembuatan waduk batu tegi gan.Tu kan dipinta tumbal 20 pasang ayam jantan dan betina (orang maksudnya.kan kaki 2 tu ayam) didalem mimpi bos proyeknya ama jin penunggunya.gak dikasih.malah insiden ambruknya bunker diwaduk itu.puluhan orang wafat aja jadi tumbal gan..

Quote:Original Posted By cahbolank
Isu perburuan kepala manusia juga berembus kencang di Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan, pada tahun 1980-an. Anna L Tsing dalam In the Realm of the Diamond Queen melaporkan bahwa orang-orang Dayak Meratus mempercayai desas-desus tentang perburuan kepala mereka oleh petugas pemerintah, dan hal ini dikaitkan dengan mesin-mesin pengeboran minyak milik Pertamina yang tidak berfungsi. Dipercayai oleh orang-orang Meratus bahwa kepala mereka akan dijadikan tumbal agar mesin-mesin pengeboran minyak itu dapat berfungsi kembali.

DAPET SEDIKIT POTONGAN ARTIKEL NIH GAN...

Quote:Original Posted By krikil.lincip
kalo di kampung ane dulu orang yg suka nyulik bocah di sebut peletan.. Ortu juga dulu nakut2nin anak anaknya dengan peletan supaya kalo maen gak jauh jauh dri lingkungan rumah.. Dari dulu ku kira cuma mitos aja buat nakutin anak anak ternyata beneran yak,.., seyem ih Emoticon

Quote:Original Posted By AldhiFadillah
kalau berita di internet emang hampir gak ada gan, soal'nya ini cerita masyarakat setempat (pedalaman).

kalau di tempat ane nyebut'nya tumbal, tumbal'nya emang dipersembahkan agar makhluk alam lain gak ikut campur sama kegiatan manusia (bagi yg percaya). gak jarang pohon ataupun tanah gak bisa ditebang ataupun di bor kalau gak nyerahin sesajen atau tumbal terlebih dahulu.

Quote:Original Posted By Mr.Foreplay
pasti di daerah

TANJUNG BERSINAR wkwkwk

KABUPATEN TABALONG

wkwkwkwk

dulu pas gw kecil sering di wanti2 sama ortu, kalo liat org bawa karung langsung lari k rumah ato masuk k rumah tetangga

Quote:Original Posted By can222222
Ane lahir dan besar di kalimantan jd udh sering dngr cerita2 Urban legend ttng tumbal proyek ini... ktny klo tu penunggu tempat ga mempan lg dikasih tumbal kepala kerbau.. ya udh pasti d kasih tumbal manusia.. klo ga anak2 biasanya orang dewasa pendatang ...mkny dulu sering ada kejadian orang hilang kemungkinan ya d culik d bunuh jd tumbal...wallahualam

Quote:Original Posted By t.21
Wah soal tumbal ya...
Ane pernah denger juga dari tetangga, waktu muda ikutan kerja di proyek, waktu itu proyek dam/ bendungan gitu. Nah katanya di sisi dam ada lah disisain lobang bentuknya kotak gitu. Nah ada 2 orang yg ditumbalin, 1 wanita dewasa trus yg 1 anak perempuan usia sd gitu, keduanya didandani cantik, baju bagus, trus yg anak kecilnya dipakaikan seragam sd gitu. Ane kan tanya trus mereka emang nggak berontak klo dimasukin ke lubangnya gitu?? Kata tetangga ane mereka udah kyk "dibodohkan" atau apa ya istilahnya udah kyk kosong gitu. Jadilah 1-1 dimasukin ke lubang terus lubang itu dicor.
Kebenarannya wallohualaam ya, ini cerita tetangga ane.
Semoga kita semua dijauhkan dari tipu daya setan ini ya gan.

Quote:Original Posted By arie.ilkur
langsung aja gan, T itu kota Tanjung, dan perusahaan minyak itu Pertamina kan? ane lahir dan besar di kota ini gan, sekarang masih kerja disini. tumbal untuk buka sumur minyak Pertamina ane ga pernah dengar gan, jaman dlu Pertamina udah canggih banyak insinyur insinyurnya juga gan, malah dari luar negeri juga. hati2 menyebarluaskan informasi gan. tar dituntut Pertamina loh, ane gak kerja di Pertamina, n keluarga ane juga bukan org Pertamina kok.

kalo tumbal untuk pondasi jembatan sih pernah memang ada dsini. itu pun dulu bgt waktu ane kecil, sekarang udah gak ada kayak begituan.

Quote:Original Posted By yessiko
Hiii, sereeeemmmmmm. Kalo jaman sekarang kayanya itu hanya mitos sih gan, kalo orang2 dulu memang bener kalo bangun jembatan (gantung), di tiap tiang ada 1 tengkorak manusia. Tapi itu dulu, sekarang sih hanya peninggalan2 aja di jembatan2 yang udah tua. Tapi faktanya, ane pernah ngalamin sendiri, diatas jembatan di kampungnya emak ane di kabupaten Landak, KalBar, pas pengen ngerokok dan mau nyalain korek api, ga bisa nyala2 gan. Pas ane ngelangkah lewat dari jembatan, koreknya nyala dan bisa buat bakar rokok. Entahlah, mungkin ada yang niup apinya makanya padam terus Emoticons

Quote:Original Posted By khatimatun
di daerah ane juga ada kisah kayak gitu gan.. awalnya sih gak percaya, ane pikir cuma dongeng, tp abis baca trit ini, mungkin emang bener org dulu maen tumbal gan.
salah satu kisah tumbal yg banyak org tau itu jembatan di desa ane gan. tp beneran, tuh jembatan udah gak keitung lg umurnya, tp gak pernah rusak gan, retak pun gak.
btw ane dari Lombok gan. tp kalo di daerah lain jg sama ada cerita kayak gini, mungkin emang kenyataan gan.. semoga dosa org tua kita diampuni ya gan :'(

Quote:Original Posted By rzkkrnwn
Baru2 ini ada proyek besar di daerah ane gan, pabrik mie yg ternama bgt di indonesia, kata temen ane (temen ane kuli) pas bikin pondasi nya kek ada upacara persembahan gituu tpi pake pala babi, kebetulan bos2 nye kebanyakan chinese . Buat masalah tumbal manusia ga ada tuh gan, ape ditutupin tuh ane juga kaga tau.

Quote:Original Posted By sidiq165
dilindungi aparat. . .gak heran
dan gak aneh bagi ane kbtulan dkat dgan pabrik semen.. . .dan kmaren baru slesai daerah ane kena proyek tol cipali dan anehnya org dkat proyek gak ada yg mau jadi pekerja diproyek itu
gara2 ngeruk gunung korban pekerja bnyak yg tewas.

Kalo dulu jmbtan daerah ane ktunda pmbangunan
kata org sktar minta tumbal
gak mau dkasih dan skmpung ngaji bareng, pmbangunan jalan lg
slesai pmbangunan gak pake tumbal
ternyata kontraktornya yg meninggal drumahnya (bukan warga stmpt jembtan), kta istrinya mah krna serangan jantung
pdhal gak punya riwayat sakit jantung

Quote:Original Posted By ajiapriyadin
Wah yg ini ane pernah denger, ente tinggal di palimanan ye gan?pabrik semen yg dimaksud itu indocem*nt yaa... yg cipali makan korban dr bos proyeknya jg ane denger jg dr temen ane dan katanya itu fakta alias nyata alias benar adanya...

Quote:Original Posted By sidiq165
rumah ane 3 km gan dari pabrik.... Yap wkt pmbngunan tol beberapa alat berat hlang entah kmna gak ada jejak,bsokna ada yg jatuh dan tewas .alat berat tba2 nongol dtmpat yg sama wkt ilang

Quote:Original Posted By hettyrizki
ijin ninggalin jejak gan...
trit seru nih..

dulu pas ane kecil ada huru hara berita yg mengatakan ada orang naik bus bawa karung, trus karung nya ambrol apa gimana gitu, keluar lah kepala kepala manusia dr dlm karung tersebut.. wkwk
pas awal awal pembangunan jembatan S*******
Gatau beneran apa boongan..

Quote:Original Posted By FarizBarax
di daerah ane jga ada gan , tumbal nya buat bangun jembatan gan , dan itu pun waktu ane masih kecil2 gan , dimasukin tuh tumbal ke sungai yg mau d buat jembatan, cooos langsung ilang tumbal nya , ane pikir gk percaya mah , stelah ane baca2 trit agan , ane bisa percaya gan ,
btw pekiwan gan

Quote:Original Posted By handian.
Astaghfirullah ternyata cerita² saat ane masih kecil benar adanya Emoticons
Dulu waktu ane masih kecil sering banget di nasehatin sama ortu atau nenek ane, katanya jangan main jauh² nanti di culik pek-pek'an. mungkin anak jatim yg lahir thn 90an tau istilah pek-pek'an
Ane juga ingat waktu kecil dulu pernah tanya ke ibu ane pek-pek'an itu apa, katanya pek-pek'an tuh orang yg suka nyulik anak kecil gitu doang.
Dan setelah baca trit ini ane baru tau kalo ternyata pek-pek'an memang ada dan baru tau juga kalo anak kecil yg diculik buat tumbal Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By playboobs
Ane pernah denger cerita seperti ini dr kenalan ane (entah cerita benar atau rekaan ) yang kerja sbg kontraktor perusahaan pengeboran namun sudah resign dan beralih kerja. Alasannya seperti yang ts kemukakan.

Beliau bercerita :
Saat suatu lahan disinyalir memiliki kandungan minyak maka belum tentu dalam sekali pengeboran bs langsung mendapatkan minyak.

Pada saat itu ada beberapa kontraktor yang di tunjuk, pada saat kontraktor asing mengandalkan teknologi yang muktahirpun belum tentu mendapatkan minyak pada saat pengemboran 1 Titik.

Nah waktu itu si client ane dia sudah mencoba s.d lebih dr lima titik namun belum mendapatkan minyak, kemudian team dateng ke orang pinter dibilangnya harus ada darah yang tercurah dahulu supaya dapat minyak.

Kemudian team mencari kambing untuk sajen....
Kmudian kambing dmasukan ke sumur dan dibor namun tetap gagal.

Kemudian datang lagi ke paranormal tsb. Kemudian paranormal tsb bilang harus ada darah manusia yang tertumpah. Di sono team langsung bergidik berpikir pasti akan ada kecelakaan kerja.

Namun dengan tenggang waktu yang makin tipis dan biaya pengemboran yang semakin besar, team memutuskan hal yang diluar kewajaran.

Team menculik ORANG GILA.

Kemudian saat malam hari, team menceburkan tuh orang gila ke salah satu sumur dan kemudian mesin bor masuk membunuh si orang gila, tak lama kemudian minya mentah berwarna hitam pekat keluar nyemprot dari tuh sumur.... Dan team bersorak sorai....

Gak lama kenalan ane memutuskan resign dr perushaan tsb.

Ini ane dengar dr kenalan ane waktu th 2004.
Ngeri ngeri sedap

Quote:Original Posted By uripurup.id
dari zaman soekarno gan,
ibu ane pernah juga jadi korban,tapi bukan buat tambang,melainkan pembangunan jembatan besar yang dibawanya sungai atau kali gede,
ibu ane dulu diingetin sama alm.kakeknenek ane kalo liat helicopter suruh nuduk disawah, zaman dulu orang2 tinggi suka nyulik anak2 kecil buat tumbal suatu proyek. eh bener aja gan ibu ane hampir pernah ketangkep tapi karena sembunyi ga ketangkep deh tapi ibu ane liat sendiri waktu itu heli nya nurunin jaring gede buat nangkep bocah kecil, kebetulan yang ketangkep waktu itu cewe juga, waktu itu umur ibu ane masih 8tahun karena hidup dijawa zaman dulu keras mau ga mau ibu ane bantuin ortu diladang sawah, biasa orang2 kaya gitu nyulik dijalan2 kecil desa sama sawah kalo dijalan kecil desa alibinya biasa ngasih anak kecil permen tapi diajak masuk ke dalam mobil.. dan emang bener didaerah kampung ane ada jembatan yang klo pas hujan gede sering kedengeran suara tangisan bocah laki sama perempuan ngeri dah,, denger2 ya tubuhnya ikut ditanem disemennya atau pala nya dipotong trus ditaruh di coran semen Emoticon Emoticon Emoticon


Quote:Original Posted By SiMonslay
Ane juga ada cerita asli dari kenalan ane dikantor, gue lupa didaerah mana dan perusahaan apa, tapi orangnya masih ada sampe sekarang, doi cerita ke ane kalo dulu doi pernah ditawarin kerja di sebuah pabrik yang notabene nya di masa itu sangat amat di cari, bahkan doi bilang pabrik itu 24 jam selalu aktif, doi ditawarin dengan banyak fasilitas dan gaji yg menurut doi pada jaman itu sangat amat besar, tapi doi tolak karena pas doi masuk ke pabriknya, pasti ada kantung kembang 7 rupa dan lukisan macan disetiap pintu masuk ruangan di gudang itu, dan ditambah lagi, setiap minggu selalu ada karyawan yang kena apes, dari yang mulai bagian tubuhnya kepotong mesin, sampe yg bener" abis digerus mesin, pengakuan beliau, kejadian itu SELALU terjadi setiap minggu.. "disini kalo gua perhatiin, tiap minggu pasti ada aja yg kena, entah 1 atau 2 orang.."

Quote:Original Posted By akbarsabil
Ane org hulu sungai selatan gan, alias kandangan.. memang betul tunbal itu.. zaman ane kecil bahaya bisa d culik ngayau.. kepala d potong.. buat tumbal bikin jembatan..

Quote:Original Posted By ufoterbang
Tapi apa yg ditulis TS memang benar apa adanya, banyak pemborong saat melakukan pembangunan pakai tumbal mulai dari binatang - manusia, mreka lakuin itu biar pekerjaannya cepet kelar sama hasilnya kuat ...

Quote:Original Posted By macheymace
Emang bener nih cerita TS, terutama yang bawa sabit untuk penggal leher anak-anak, saya orang Palembang, lahir 99, ibu saya lahir 1969. . .dulu, cerita ibu saya, di Palembang emang ada beneran Ilmu Hitam, bantuan Jin, dan pembunuhan berantai dengan sabit. . .dulu tepatnya pagi sekitar jam 10-an, ada om-om bawa karung untuk culik anak-anak, anak-anak yg diculik itu mulutnya di sumpel pake rumput-rumput, biar ga bisa jerit juga tangan kakinya di iket pake tali tambang, selepasnya anak itu dibawa pake karung, dibawa nya lah ke tempat sepi, lalu dipenggal kepala anak itu. . .untuk apa kepala yg dipenggal itu. . .? dari cerita kakek saya, dulu dia pernah kerja dalam pembangunan pembuatan Jembatan Ampera, kakek saya pada malam itu pulang larut selepas kerja, karna beliau penasaran keadaan Ampera yang belum selesai malam itu, kebetulan. . .beliau melihat ada beberapa orang yang bawa karung yang kotor, beliau bersembunyi di seluk-seluk dinding di dekat sana, dan terlihatlah gundukan kepala yang keluar dari karung itu, itu lah kepala anak-anak yang habis dipenggal, kepala anak-anak itu di cor di semen bebatuan Ampera itu, konon, Kepala anak-anak yg dipenggal itu dipercaya agar membuat Ampera menjadi Kokoh & Kuat. . .
Cerita ini dari kakek saya yang sekarang beliau masih ada, dulu saya dengar cerita nya sewaktu saya umur 12 tahun-an, berhubung TS minta cerita-cerita lama yg ga ada kaitannya dengan social media, jadi saya berbagi cerita saya juga disini. . .maaf sebelumnya, kalau penyampaian saya terlalu kasar atau salah bicara. . .

Quote:Original Posted By Jazzuly
Ternyata hampir semua daerah ada yang beginian, termasuk Aceh daerah ane sendiri. Ga tau apa sekarang masih, tapi waktu ane kecil dulu juga sempat dengar cerita bahwa untuk bikin jembatan biasanya emang pake tumbal kepala manusia gitu gan. Ga harus anak-anak, orang dewasapun jadi!
Tapi lambat laun, kepala manusia terakhir ane denger diganti sama kepala kerbau gitu gan. Mungkin karena masyarakat udah pada sadar.

Itu emang diceritain ke ane pas masih SD dulu, tapi ceritanya sendiri udah terjadi jauh sebelum itu (ane yakin sejaman dengan cerita si TS). Mudah-mudahan di daerah ane (yang katanya serambi mekkah itu) ga ada lagi yang pake tumbal-tumbalan.

Quote:Original Posted By areztyo
ane numpang lahir di kalimantan.
cerita begini sudah tidak asing bagi yang pernah menginjak bumi kalimantan, dan anehnya..
tidak didapati (atau mungkin anae gak pernah dengar) bahwa hal begitu dilakukan dari jaman dulu..yg artinya cerita ini timbul sejak ada pembangunan di bumi kalimantan, entah jalan, jembatan, pabrik, atau tambang.
paling sering diceritakan mengenai pembangunan jembatan, banyak orang ditumbal disusun di kolong jembatan biar kuat katanya.
Shock saya dengarnya..alhamdulillah walaupun pernah hidup di lingkungan minyak, kami semua masih lengkap.
Cerita ini saya dengar dari selatan sampai utara kalimantan.
ternyata gak cuma dongen horor 1 lokasi gan.. Emoticon

Quote:Original Posted By exxobergenholtz
Wah baca yang beginian ane jadi inget masa kecil ane gan, katanya kalau lihat orang bawa karung besar atau orang yang suka keliling naik jeep (land cruiser), harus lari masuk ke dalem rumah, karena katanya mereka suka menculik anak kecil dan ternyata di jadikan tumbal. Tadinya memang ane ngga percaya gan, cuman setelah makin kesini ane percaya dan itu sudah jadi rahasia umum, kalo di googling juga jarang ada. Bukan cuman orang kita aja ternyata yang begini. Jaman dari suku maya aja pahamnya adalah mereka percaya jika tidak mengorbankan darah manusia, maka matahari akan berhenti bersinar dan itulah yang akan menjadi akhir dunia. Dan sampe sekarang, di dunia barat yang modern praktek beginian masih ada. Coba aja tengok ritualnya Bohemian Groove atau Skull and Bones, mereka juga melakukan begini buat mempertahankan kuasa mereka.. Udah ah.. segini aja.. ngeri kalo di lanjutin gan. hehehe

Quote:Original Posted By saidsujono
Di kota pahlawan juga ada
Waktu itu masih akan pembangunan tol dari bundaran W sampai bandara J.
Sebelum dipasang paku bumi pertamakali pada pagi hari, malamnya ada 5-7 org ditempat yg akan dipasang paku bumi. komat kamit, trus ngelempar karung item. Ntah apa isinya.
Dan..entah kebetulan atau tidak, di kota pahlawan dan kota udang banyak kasus penculikan anak2
Sampai anak tetangga ane jg hampir jadi korban penculikan.
Modusnya pelaku tanya alamat, trus minta dianter ke alamat tsb dgn imbalan es krim.
Untung aja setelah tetangga ane uda brifing anak2nya kalo jgn mau dideketin org asing, apalagi diajak pergi, karena tetangga ane tsb sudah tahu kalo setiap ada pembangunan tol/jembatan, pasti akan diikuti dgn kasus penculikan anak

Quote:Original Posted By ersan69
lagi ada pembangunan jalan tol solo- semarang di tempat ane, dan tadi pagi ada bapak2/crita kalau ada 3 orang anak usia 5-10 tahun tenggelam di proyek jembatan tol.
oya yg cerita baru itu bapak2 ane belum dapat berita koran atau ada orang lain yang mengabarkan.

Quote:Original Posted By asepang21
Jadi inget ada anak kecil yg sekarang jadi temen ane, waktu itu dia jalan sendiri dari rumah ke jembatan dan mau lompat untung ada orang yg nyelametin dan orang tuanya malah nyalahin saya padahal saya hanya liat dri kejauhan. Jarak rumahnya sama jembatan sekitar 1 kilo.

Dan jg inget cerita kakek tentang mau bangun jembatan ditumbali 2 sinden prawan dikubur hidup2.

Quote:Original Posted By swtcendol
Ane asli samarinda gan, kecil ampe SMA disana.
Dan memang banyak sih kabar tentang jembatan pakai tumbal, bangunan, jalanan, dan segala macem.

Tapi bukannya pemerintah menutup mata, tapi berita ini sendiri masih sering simpang siur.
Banyak yang udah kecampur sama gosip-gosip masyarakat lokal.

Masalah tambang itu, karena lobang bekas tambang yang ga ditutup, kemudian anak-anak meninggal disana karena mereka berenang disana dan tenggelam.
Pemerintahan sana memang korup gan, orang-orangnya juga apatis.
Itulah kenapa ane memilih untuk pergi dari samarinda.

Quote:Original Posted By dikoliauw
Jembatan ampera dipalembang! Paling terkenal dengan tumbal kepala manusia untuk dicor sebagai pondasi dijaman penjajahan! Ratusan hingga ribuan kepala manusia tertanam dibawah pondasi jembatan ampera! Yg sampai saat ini ksh kokoh berdiri, walau sering ditabrak kapal maupun tongkang!

Quote:Original Posted By grisaia
kalo kata Guru ane dulu ini namanya Pilar Manusia gan udah ada sejak jaman dulu banget

kepercayaannya dulu sih bahan coran yng pake tumbal manusia/pilar manusia lebih kuat karena ada campuran darah dan tulang disitu
ada juga yng menyebutkan itu satu2nya cara untuk minta "izin" ke penghuni tempat tersebut daripada nnti kedepannya yng menghuni tempat tersebut kena musibah makanya pake tumbal

dan memang di desa ane kalo ada yng mau bangun2 pabrik anak kecil disuruh jangan keluar rumah atau jangan keluar sendirian
jngkn gitu malah semua warga yng cowok sudah siap siaga 24 jam memperketat keamanan agar kejadian yng gak enak bisa dihindarkan

Quote:Original Posted By ujang.dy
ane dulu pernah diceritain sm ibu ane gan, kalo ada grand opening mall, waterpark, tempat rekreasi jgn dateng pas hari pembukaannya atau sampai 2hari kedepan.. katanya sih ada yg minta tumbal di hari2 itu gan, dan kalo udh terpenuhi tumbalnya baru kita dianggap aman utk pergi ketempat2 tsb Emoticon tapi gak tau sekarang masih seperti itu apa enggak Emoticon

Quote:Original Posted By irwansyahdoank
Nice Trit gan, Emoticon
ane juga pernah dengar kabar, bahwa untuk menghentikan bencana Lumpur L**INDO itu di butuhkan ratusan kepala manusia gan yang di jadiin tumbal, mereka mendatangkan orang untuk menculik anak-anak dan akan di ambil kepalanya. di kampung ane praktek kayak gini di sebut Paccepo'cepo' . menurut cerita yang saya dengar mereka merayu anak2 dengan memberikan permen dan di bawa jalan jalan lalu di culik dan di jadi kan tumbal. Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By JambanMeleduk
Kebetulan ane pernah mau jadi tumbal malah gan Emoticons

Ceritanya ada suatu daerah di medan yang punya danau gitu gan. Nah danau nya di-urug (ditimbun) untuk dijadikan pasar tradisional pake tanah merah gitu gan. Banyak pekerjaan alat berat disana pakai buldozer untuk mengambil tanah dan meratakan tanah. Nah selesai jam kerja kan jam 5 sore. Setelah itu sepi, tapi dipakai anak2 kecil untuk main disekitaran lokasi. Jenggg jengggg

Anehnya lokasi itu gak diberi pagar, pembatas area kerja, dll untuk safetynya. Ane yang waktu itu umur 11tahun-an juga maen disekitaran dan iseng iseng mendekati proyek. Jenggg jenggggg..

Tau gak kalo tanah merah itu lembek, kalau diurug ke danau otomatis perlu dipadatkan lagi. Ane gak sengaja nginjek tanah yg masih lembek, ya otomatis amblasssss... untungnya cuma sebelah kaki kiri aja yg masuk, yang kanan masih berpijak di tanah keras.. Full kelelep kaki kiri ane, seandainya dua kaki yg kelelep ya ane wasalam ikut kelelep seluruh badan, karna danau itu emang dalem, ada 2 - 5 meter gan.. Emoticons

Setelah ane besar dan sekarang berkecimpung di dunia proyek baru ane mengerti, ternyata ane hampir jadi tumbal proyek pasar itu. Dan ane baru sadar kenapa gak dikasi pembatas, pagar, dll agar warga sekitar atau bahkan anak kecil.. Biar.... ada kematian yang tidak disengaja alias tumbal Emoticons

Quote:Original Posted By geoaneh
Serem juga critanaya gan,tp teknit tumbal menumbal mungkin jarang bahkan sudah ditinggalkan karna teknologi sekarang kan sudah pada maju tuh,Emoticon..
Untuk menentukan titik pemboran minyak atau gas bumi sekarang menggunakan teknik yg sangat canggih.
Kebetulan ane pernah ikut pengeboran minyak di perusahaan yg agan maksud n lokasi persis di block T yg agan TS maksud juga,pas Spud In (istilah pengeboran awal) gak pake tumbal2 tuh,langsung aje tuh Rock Bit nancep di tanah n Rignya langsung goyang inul.Emoticons

Tapi dlu ane pernah ngalamin pas mau ngebor di daerah sumatera,persisnya di daerah Belani Sumsel,sebelum mulai ngebor (spud In),warga disekitar lokasi pengeboran yang minta agar dipotongin satu ekor sapi di dekat lubang bor n dagingnya di bagi2 kewarga sekitar.
Sekian dan Terimakasih....
Maaf kalo ada salah kata.Emoticons

Quote:Original Posted By mayhard20
Sama sih ane asli sumatra. Dari kecil juga dapet himbauan seperti itu oleh orang tua. Memang sebenarnya sejak jaman Romusha sudah seperti itu. Waktu pekerja romusha mengerjakan terowongan atau pun jembatan untuk negara yg menjajah pada saat itu. Kebanyakan tidak di beri makan, minum dan juga di obati secara layak. Bahkan menurut cerita mendiang kakek ane yang merupakan salah satu pejuang kemerdekaan. Mereka di biarkan saja sakit dan lalu mati. Serta tubuh mereka pun di uruk atau di kuburkan di dalam terowongan atau pun jembatan yang mereka bangun. Lalu disebarkanlah mitos bahwa membangun sebuah bangunan di butuhkan tumbal karena kebanyakan pada saat itu masih mempercayai animisme.

Cuma ya allahu allam gan. Soal ritual darah dan hewan itu Mama ane pernah lihat langsung dalam pembangunan dan peresmian salah satu terminal di kabupaten kota di daerah ane. Mereka memotong kambing atau sapi tapi kambing atau sapi itu di sembelih tidak dengan semestinya bagaimana tidak hewan tersebut di pancung dan di kucurkan darahnya ke sebuah baskom besar, ditaburi bunga 7 rupa dan 1 orang dukun sakti katanya. Lalu setelah praktek klenik di lakukan darah hewan tadi di alirkan dari arah depan pintu utama sampai ke belakang.
Btw ini true story.

Salam kenal dari sumatera.

Quote:Original Posted By ngidak.beling
Jadi keinget perusahaan tempat magang ane dulu padahal tu perusahaan gede udah skala internasional, denger2 dr karyawan disitu ni perusahaan pake cara tumbal buat majuin perusahaannya, setiap tahun pasti ada aja yg meniggal dadakan atau kecelakaan kerja, Sempet setelah wisuda dapet panggilan kerja disono tapi ane tolak dah alesan udah dapet job ditempat laen,
terakhir dapet kabar ada senior alumni kampus ane yg meninggal di perusahaan itu gegara kecelakaan kerja Emoticons

Quote:Original Posted By enda.roses
Wah setelah membaca threadnya, saya pikir ini hanya mitos, ternyata benar adanya, dulu saya sempat dengar cerita begini waktu almarhum kakek saya masih hidup, beliau pernah cerita kebanyakan jembatan2 tua didaerah saya banyak tumbal kepala manusia, entah benar atau tidak, saya hanya mengingat cerita almarhum kakek saya

Quote:Original Posted By spicebox15
ane pernah denger tuh di pabrik gula tua udah gak kepake deket rumah salah satu famili ane, katanya dulu pernah ada tim uji nyali dari stasiun TV terkenal itu kesitu, tapi gak jadi syuting disitu, penunggunya katanya minta tumbal orang. Dari krunya mana mau, yaudah mending pindah lokasi.

menurut ane sih kalo nalarnya yg ngasih aja bro, mau diminta kayak apa kalo kitanya kagak ngasih ya kagak kejadian. yg gila ya yg ngasih

Quote:Original Posted By lightyagamikira
Kalo tumbal utk pembangunan infrastruktur mah ane udh sering denger ( paling sering sih tumbal kepala hewan atau kuli2 perantau yg ga punya sanak family yg jadi korban kecelakaan kerja )Tapi dari trit inilah ane tau kalo anak2 jg bisa di jadikan tumbal. Widih, serem amir. Parah ortu nya, Binatang aja sayang sama anaknya, kok manusia malah.... Ah sudahlah

Quote:Original Posted By darveshfaizi
ditempat ane ada pembuatan waduh gede gan.
hampir sama,penunggu dari Dunia sebelah katanya minta tumbal KEPALA MANUSIA sejumlah satu genggaman beras ditangan orang dewasa.
"coba agan ambil beras tanpa dilihat,terus agan hitung berapa beras yg agan genggam".
korbannya bukan hanya pengunjung,pegawai disana pun udh banyak yang co.id

Quote:Original Posted By snape.severus
karena ngga ada bukti nyata apalagi hitam atas putih, krn ini berdasarkan pengalaman orang2 tua kakek nenek ibu bapak paman bibi jaman dulu baik melihat langsung maupun mendengar dari kerabat, makanya sering ada nasehat: dengerin kata orang tua, nurut jgn banyak tanya bukti segala macem. walo ngga ada bukti nya, kita kudu denger kata orang2 tua seperti: hati2 di jalan, hati2 sama orang ngga dikenal, jangan main lama2, jangan main jauh2, pulang sebelum maghrib, jangan lupa sholat, jangan main di tempat yang ngga dikenal dll. pokoke serba hati-hati.
Emoticon

Quote:Original Posted By ricohendar
hal i i masih ada gan. klo ga salah waktu ngobrol sama suku dayak tunjun(tonyoi) namanya ngayan. yaitu culik anak cewek atw bawa anak sendiri untuk tumbal pembangunan/ pengeboran.

nanti anak itu di kasih uang, makanan, baju dan sebagainya. sebelum akhir yah di begonoin. tp itu sudah lama enggak katanya. udah jarang. tp masih bro....

Quote:Original Posted By HarryRamos
ane pernah denger cerita2 seperti itu dari orang lama walau masih simpang siur, Teori primitifnya "Semakin besar proyek semakin banyak tumbal". Jaman dulukan orng masih primitif dan sangat pekat dengan hal gaib yang katanya "raja" didaerah itu merasa terganggu dengan proyek tsb jadi para makhluk primitif sejenis manusia melakukan hal itu dan itu sangat jahiliyah. Ane berharap pemerintah bisa mengusut masalah kriminal jenis ini.

Quote:Original Posted By itik.basah10
Ane tinggal di sebuah kecamatan di kabupaten HSS juga gan, emang waktu ane kecil banyak cerita cerita kaya gitu , kalo di daerah kami manggilnya mayau,

Quote:Original Posted By Mr. Popo
Emang dari dulu itu urusan tumbal menumbal ( apalah bahasanya) sering terjadi, g cuma Kalimantan, di Jawa jg banyak, tetapi sepengetahuan ane, kalp di Jawa kebanyakan tumbal kepala Kerbau, knp ane bs blg gini, rumah ane yg ane tempatin merupakan warisan seorang yg berpengaruh di tempat ane tinggal, disitu rumahnya berbentuk Joglo tua dgn 6 Saka Guru, di bawahnya masing2 ada tumbal kepala kerbau, ketahuan pas renov rumah, tuh rumah g ada pondasinya, jd kesimpulan ane, jaman dulu blm ada teknologi, jd mengandalkan hal2 yg tak masuk akal kaya gitu

Quote:Original Posted By mastergebot
mungkin juga ada yg kyk gitu
joglonya eyang ane ngga ada kepalanya e gan
tapi dikasih duit diatas umpak nya, jadi ada lubang antara umpak ama soko nya
ketahuan pas renov jugak
.
kasus laen di rumah laen
ditanem keris ama tombak
telanjang ngga pake gagang ngga pake sarung
cuman dibuntel kain

Quote:Original Posted By bakafren
klo pas ane kecil dulu sering dinasehatin supaya jangan bermain dekat jalan raya, ntar diculik duyung (gk tau knp penculik disebut duyung) buat tumbal..., trus katanya yg nyulik biasanya pake truk dengan lambang gunting....., entahlah ane jg cuma samar2 ingetnya....

Konon teman masa kecil ane jg ada jg yg pernah mau diculik, untung neneknya liat terus teriak2, akhirnya dilepasin tuh temen ane...

Quote:Original Posted By drew.barrymore
Kejadian tumbal menumbal ini terjadi juga di pembangunan tol dari arah Cirebon ke Cileunyi yang masih on progress sekarang.

Pas pembangunan di daerah Simpang, ada satu pekerja jatuh ke dalam lubang cor-an. Kebetulan pekerja itu orang jauh, dan tidak punya keluarga di sekitar situ. Ga ditolongin, langsung dicor badannya...

Ane orang daerah situ, gan...

Quote:Original Posted By henzaminami
kebiasaan barbar dan mitos mitos kolot gini yg harus di hapusin, tumbal menumbal itu syirik apapun bentuk yg di tumbalin, biar ayam sekalipun
hapusin lah atas nama tradisi, pamalih, mitos dan kata orang dulu yg ga logis

jadi inget jaman SD waktu mulai pembangunan jembatan suramadu, ane biasa sekolah naik sepeda jadi di anter jemput nyokap, takut ada apa apa
soalnya santer kabar kalo lagi pada cari tumbal buat suramadu

Quote:Original Posted By pingad
Ngeri gan bacanya.. kalo ane sih percaya lha wong rumah ane deket pabrik tekstil terbesar di asia tenggara, ya dulu pernah dapet cerita dari ortu temen ane langsung eksekusi yg sekarang udah jadi kepala satpam di pabrik tersebut, sama sih motifnya buat pembangunan infrastruktur, katanya setiap tiang (cakar ayam kalo bahasa sini sebelum di tuang cor itu setiap lubang satu org) dan benar sampai sekarang bangunan tetep utuh, itu katanya paranormal situ kalo liat itu tiang ting yg ada di pabrik itu liatnya org berdiri nangis.. keren trit nya ga.. thanks infonya

Quote:Original Posted By tigernote
Setau ane dr banyak cerita..
Untuk pembangunan dan pembukaan suatu tempat baru misal tambang, jalan, jembatan, pelabuhan dan lain2 dibutuhkan 'pembersihan'.. kadang dan seringkali memang pembersihan itu meminta tumbal, dan yang paling parah memang tumbal manusia..
Kepercayaan mistis memang masih kuat di indonesia..
Di kampung ane yg trpencil untuk bangun jembatan kecil yg ga lebih 5meter aj katanya pake tumbal 2 kepala anjing... katanya lagi supaya jembatannya kuat dan tidak makan korban pengendara.. untuk lain2nya juga mungkin tumbal itu supaya proyek berjalan lancar,,dll...
Dan belum lama ini juga ane penasaran nanya seseorang penduduk lokal (ane merantau) kenapa pelabuhan fery yg baru d bngun itu ga diselesaikan, padahal sedikit lagi rampung..
Katanya 'makhluk' d sekitar sana belum bisa ditenangkan, dan butuh tumbal lebih banyak.. padahal ane udah bner2 syok saat d bilang untuk tiang paling ujung aja udah d tanam 2 kepala manusia.. bangke lah... pdhl sblm2nya ane k sana suka mancing krna memang tempatnya bagus dan menjorok jauh k laut.. dan coba tebak posisi mancing favorit ane.. TIANG PALING UJUNG..
baik...
Tau spt itu ane ga kn pernah mancing k sana..

Spoiler for Komen Kontra:
Quote:Original Posted By boskutai
Jangan sotoy lu pada ya kawan kawan ku setanah air, cerita konyol dr kaum pendatang kaya ini nih yg bikin stigma negatif masyarakat kalimantan khususnya suku dayak maupun kutai, jangan menyebar cerita yg tidak benar, kami bukan masyarakat primitif, saya tegaskan tidak ada praktik penyembelihan tumbal seperti itu! Tidak ada! Saya bapak ibu urang kutai asli, bertetangga dengan serumpun nenek moyang kami suku dayak, kami hidup santun dengan sesama pribumi maupun pendatang, jangan kau rusak kerukunan kami pihak-pihak tidak bertanggung jawab, jangan! Silahkan anda datang ke tanah kami, tapi jangan sakiti hati kami.

Quote:Original Posted By budh1
ane tidak tahu apakah sugesti orang masa dulu Emoticons , ane kerja di pengeboran minyak dan gas gan, mulai pra dan pasca proyek yang ane handle belum pernah numbal2 in, justru pernah kejadian pengeboran ane beberapa kali gagal, dan penduduk sekitar malah bilang harus ada ditumbalin, namun yang terjadi ane dan tim engineer berdoa meminta petunjuk ke Yang Maha Kuasa, dan wakaf ke mesjid terdekat, akhirnya pengeboran sukses, tanpa ada accident atau fatalityEmoticons

tapi zaman2 dahulu kala ketika ilmu orang Indonesia masih cetek, bapak2 dan kakek2 kita masih bodoh, masih percaya dengan hal yang begituan, tiap ada proyek pasti numbalin sesuatu saat pra proyek, dan itu memang ada, alm bapak ane dulu pernah cerita dan itu kenyataan sih, maklum kebudayaan nenek moyang kita dahulu waktu jaman hindu purba memang suka numbalin sebelum buat candi atau apalah namanya dan tetap terbawa sampai sekarang. Emoticons

Quote:Original Posted By erman333
bokap ane kontraktor di pt ternama gan salah satu bumn, tapi ane kok ngga pernah di ceritakan yang seperti itu ya Emoticon
klo kejadian seperti pekerja meninggal atau apa sudah sering gan, setiap ada proyek pasti ada aja yang meninggal 1 orang, ntah jatoh ke dalan boiler atau ke giling di mesin aduk semen ntah jatoh dari gedung

Quote:Original Posted By radicalrez
ane pengalaman kerja di tambang minyak gak pernah tuh pake yg namanya tumbal, tapi kalo soal nolongin orang mau tenggelam pernah bbrp kali. padahal di tempat kejadian tinggi air cuma 30 s/d 40 cm (menurut orang normal), tapi aslinya ada yang narik (ada setannya)...

Quote:Original Posted By tuyulkencing
TS sempat menyebut "Perusahaan Pembuatan Jalan Raya".
Ane dari Kalimantan Selatan yang kebetulan kerja di Kalimantan Tengah, tepatnya di Muara Teweh gan.
Ane kerja di salah satu perusahaan pembangunan jalan disini (karena ada banyak perusahaan pembangunan jalan disini gan)
Selama ane kerja disini, nggak ada yang namanya tumbal untuk pembuatan jalan baru gan. Selama ane kerja disini, perusahaan tempat saya bekerja sdah banyak membuka lahan pembuatan jalan baru, salah satunya jalan trans kaltim yang berada di Benangin, Liang Buah, Kalimantan Tengah. Dan tidak ada satupun memakai tumbal untuk pembukaan jalan baru disana.
Bahkan ketika mendirikan AMP (Alat pencampuran aspal dan material jalan) tidak memakai tumbal manusia seperti yang TS sebutkan. Kami hanya melakukan ritual selamatan dengan penyembelihan 1 ekor kambing. Agar diharap bisa selamat dan tidak ada gangguan dari makhluk alam sebelah, ketika bekerja.

Sekian penyampaian dari ane gan. Mohon difikirkan lebih lagi.

BTW dulu orang yang nyari tumbal2 gitu disebut "Ngayau" gan. Itu cuma trik orang tua buat nakut-nakutin anaknya agar anaknya tidak keluar rumah dan tidak terlalu bermain diluar gan.

Spoiler for Info Tambahan:
Quote:Original Posted By flakeheartnet
Abis baca thread ini ane penasaran dan setelah cari2 ternyata ada artikel tahun 1980 an yang menguatkan cerita di thread ini. Ane bookmark dulu buat konfirmasi lebih lanjut.

Edited: ternyata bukan cuma artikel tapi buku judulnya "In The Realm of Diamond Queen" karya Anna Tsing. Bukunya d jual d Amazon. Sayangnya ane ga sanggup beli tuh buku.

Quote:Original Posted By arfzmi
Di jepang jg sama tuh gan percaya sma hal begitu, klo ga salah sebutannya Hitobashira, ada linknya nih http://japanesestation.com/hitobashi...ek-konstruksi/ Emoticon Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By sk4ter
memang banyak gan yang ditutup-tutupi pemerintah. Yang ane tahu Emang pejabat pemerintahan disini tidak Akan mau membuat rakyatnya pintar. Yang seharusnya spesifikasi bangunan atau jembatan seperti itu eh tapi habis dikorup ya Jadi keropos entah Kurang besi atau Kurang semen lah, gaji kuli gaji insinyur dikurangin, yang tadinya kesalahan sistematis Dan kalkulasi malah dijadikan Jin yg minta tumbal Dan masyarakat setempat yang gak berpendidikan yah percaya aja Padahal Kita tau kalau itu Cuma karangan Mereka aja.

Harusnya masyarakat tahu iblisnya itu bukan tinggal di sumur, iblisnya itu ya yang duduk Enak-enak itu di pemerintahan Emoticons

Quote:Original Posted By flixwito
Hmm, praktik ini sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Orang Eropa memang "suka" memakai tumbal untuk membangun proyek.
Contohya, Jembatan di London yang konon didalam fondasinya ada mayat anak manusia yang dijadikan tumbal agar jembatan tersebut tetap berdiri kokoh.
Hal ini "diwariskan" juga ke masyarakat Indonesia saat penjajahan. Maka tak heran banyak bangunan dari Jaman Belanda yang masih tetap berdiri tegak sampai sekarang (tidak semuanya tetap utuh sih).
Apalagi orang Indonesia masih ada saja yang "menggantungkan hidupnya" kepada hal-hal berbau mistis.

Untuk tindakan pemerintah sendiri memang agak sulit, karena biasanya selain untuk meraup uang, tumbal juga digunakan untuk "menghalau"/"menepis" pihak-pihak yang ingin mengganggu mereka.
UU ITE yang bersifat "logis" saja sudah lumayan sulit untuk diterapkan, apalagi untuk menindak hal yang bersifat supernatural seperti ini.

Kita doakan saja semoga praktik ini cepat musnah ditelan waktu.
Karena pengorbanan untuk rejeki yang haram lebih banyak dan lebih menyakitkan daripada untuk mencari rejeki yang halal.

Quote:Original Posted By socceripoy
ah ngaco lo gan. narik kesimpulan terburu2. Praktik tumbal/korban di nusantara itu uda dari zaman animisme-dinamisme. Klo banyak bangunan tua Belanda yg masi eksis ya itu karena dirawat. Banyak kok yg ancur krna lapuk, alam + perang. Klo masalah goib tuh lihat candi, menhir, punden berundak, prasasti. Ribuan tahun masih ada kokoh.

Eropa itu dari sejak abad pertengahan, politik Gereja sangat kuat.Paus dapat mem-blasphemy raja maupun kerajaan yg dianggap menyimpang. Paus dianggap wakil Tuhan di dunia. ya akhirnya bangsawan dan landlord/para feodalis ikutin berlomba2 cari point untuk dilihat bagus oleh Gereja. Dalam proyek pembanguan memang ada korban di pihak pekerja , entah karena safety system nya, gizi/kelelahan atau kelalaian lain. Cuman bisa berkembang ke desas-desus tumbal. Biasanya setelah beres trus proyek, diadakan selameten ,di lempar botol anggur ke bangunan ( gedung, kapal, jembatan). Jadi untuk failitas umum yg dikendalikan kerajaan tidak ada tradisi/kebiasaan/budaya tumbal di Eropa. Kecuali bebrepa operator yg mungkinpunya pemikiran sendiri. Disono jaman itu klo dicap infidel itu ada kayak buronan.

Yg masi kentara/ sering dilakukan/ tradisi tumbal di Eropa ya saat pra medieval (Greek-Rome). Suku2 germanik macam Goth, Frank, visigothm celt, briton, norse,vandals etc bahkan Spartan yg punya tradisi buang bayi. Norse punya ritual mengorbankan budak.

Jadi praktik tumbal di Indonesia itu = warisan dari luar, adalah tidak tepat. Dibelahan bumi manapun ada kok. amerika latin, Timteng, afrika. Di iran aja sampe sekrang terang2an masi ada ritual Karbala. numbal diri sendiri, endak tau yg uda mati gara2 ritual ini uda berapa orang.

Di indonesia "masih (?)" berkembang turun-temurun ya karena sistem folklore (dari mulut ke mulut) " kata lelulur", "kata orang tua", "kata si sepuh".

Ya cuma seperti di awal tadi karena safety system atau musibah/kecelakaan, sebagian masyarakat mencap "kurang tumbal nih, kurang sajen" " wah kan minta tumbal tuh" "lupa dikasi tumbal tuh dulu", yg pada akhirnya membuat folklore tumbal ini malah dipraktekan juga/eksis .

Kebiasaan langsung menyinggung masalah tumbal klo ada kecelakaan kerja/musibah tranpostasi, etc malah 'membenarkan" praktik tumbal (false fallacy).

Lebih baik membiasakan diri hal2 positif seperti selametan/syukuran : rumah, anak, ulang tahun, graduation, etc.

Quote:Original Posted By 4rch
Kalo di kalteng namanya kayau gan
Dulu pernah juga baca artikel tentang jembatan di eropa atau inggris kalo gak salah , waktu awal ngebangun difondasinya dibuat ruang buat ngurung tahanan atau tumbal secara permanen disitu Emoticons:

Quote:Original Posted By emangedan
pernah denger tapi ga tau ia apa ngak..
dan setelah baca gw kepo juga .. nah akhirnya gw nyari buku In the Realm of the Diamond Queen: Marginality in an Out-of-the-way Place. cari aja di google books ada kok.

Quote:Original Posted By maurico
keknya udah dari dulu kan ya dari jaman yunani kuno ada sejarahnya kalo untuk pembangunan tertentu apalagi yang skala besar ada yang ditumbalin.. istilahnya tumbal biar lancar gitu pembangunannya. Jadi udah kaya tradisi yang diwariskan turun temurun. Padahal mah kalo secara logika dan ilmiah sama sekali tidak ada hubungannya

Spoiler for Ninja Assasin:
Quote:Original Posted By komputerbiru
Duh main cemplungin gitu ya ternyata, nyawa manusia kayak ga ada apa2nya Emoticons
Di desa ane dulu juga ada tapi bukan tumbal,
Dulu banyak yg liat orang2 pake baju mirip ninja yg lompat di atas rumah warga trus bunuh2 ustad atau kiyai entah tujuannya apa,
Tapi pas ketangkep warga malah yg nongol kucing, ada juga yg ditebas malah jadi batang pisang kayak di film2 jepang

Kejadian itupun sampai sekarang masih ga ada beritanya sama sekali meski banyak yg jadi saksi mata
Sekitar tahun 80an atau 98 lupa ane

Quote:Original Posted By kucingangkasa48
Di jawa kah ?
Soalnya dulu waktu usia ane 4 tahun inget bgt dibawa bapak ane sembunyi di kebun tebu malem2 gara2 ngindari kejaran itu

Quote:Original Posted By komputerbiru
Iya gan, di jawa tengah tepatnya
Ane juga masih kecil pas ada kejadian itu

Agan gitu ya, dulu sih orang2 kaga ada yg berani tidur di dalem rumah sendirian waktu ada kejadian itu.
Kebanyakan pasti tidurnya di luar rumah rame2 juga

Soalnya kalo yg katanya ninja itu tiba2 dateng kan bisa gawat Emoticons

Quote:Original Posted By qu4k3
Dulu ditempat ane juga pernah ada kejadian seperti ini gan dan sangat booming waktu itu, dulu sering dibilang "Ninja". Korbannya anak kecil gan.
Emoticon Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By ythong
*kl yg nyulik anak kecil tu bukan ninja, tp mobil/truk cap gunting, biasany bwt tumbal baik tu jln, jmbtn, bendungn, pabrik, dll, yg bruntung biasany djadikn buruh perkebunan/pabrik, tdk dgaji tp dkasih mkn, stlh ramai tntang pnculikn anak kecil akhirny tumbal proyek dganti dg tledhek atau kuli proyek tu ndri.

*kl petrus tu nyulik pr trduga preman, pasti dbunuh, yg bruntung biasany melarikn dri ktka tertangkap, mayat yg dbunuh biasany dbuang ke sungai shg dl masyarakat sekitar dah biasa dpt ikan dlm ny jari ato organ tubuh yg laen

*kl ninja tu teror yg dlakukan skitar saat lengserny pk harto, target ny pr kyai ato ustadz

#smw informasi diatas dr orang tua jmn dl, lokasiny di pulau jawa, bnr nggak ny ane gk ngrti

Quote:Original Posted By vokal88
percaya gk percaya secara ane emang dari kecil tgl di kalimantan sudah sering dengar bgini
jadi rumah ane ini kan di tengah hutan brantara (skrng sdh di gusur) dan jd kampung ane it kyk terisolasi dr dunia luar gt gan
klw mw masuk ke kampung mesti lewatin hutan kira2 700 meter gt jd waktu kecil sdh di ingatin klw jngn masuk hutan sndri krna ada penculik kepala smpe2 sanking takut nya waktu itu ada helikopter bntuk nya aneh kami lansung lari dan nunduk smbil smbunyi di alang2 gan :v
nah pengalaman ane bru2 aja sekitar thn 2008 waktu it ada isu klw pnculik kepala lg cri korban terutama yg tgl di hutan2 waktu it kami takut gan smpe2 orng sini buat ronda buat jaga malam, cuman wakti tu suatu malam di lht sosok hitam keluar dr hutan dan ornag sini pd ngejar sosok hitam itu smbil membawa tombak buat jaga2 tp sosok hitam it gk di dapat gan tp ninggalin jejak gt yaitu topeng ninja nya dy buang dan kami dpt.... entahlah percaya g percaya tp sy lht sndiri tuh topeng ninja nya..

Quote:Original Posted By ufuuu
Dulu waktu masih kecil pernah di ajak bapak nonton NINJA yg terkepung di dalam POS KAMPLING (RuamenePoll)
Katanya sih itu ninja mau membunuh ulama" di desa itu (Tetangga Desa Ane) teapatnya di JATENG gan

Quote:Original Posted By fitufituuu
Pernah denger dulu jaman 90an soal ninja2 gitu. Heboh banget sampe nyulik dan bunuh orang. Kl tumbal dr dulu si emang denger2 dr orang dulu tiap proyek konstruksi besar umumnya ada tumbalnya
Source: http://kask.us/idIO6
ReveneuHits
close