ReveneuHits

Penyebab Membuang WaktuEnte Sering Buang-Buang Waktu? Mungkin Ini Penyebabnya!
mrgets-1066502
Quote:PEMBUKAAN
Stop Wasting Time
Ente nyadar nggak sih sering buang-buang waktu? Kalo ente masih sekolah, ente sering banget cabut, ngerokok di toilet, atau kabur ke warnet... Kalo ente udah kerja, mungkin ente buang-buang waktunya dengan main game, buka Facebook, atau ngobrol sana sini di divisi kantor yang lain... Buang-buang waktu kayak gini namanya aktivitas yang sia-sia, gan... Tapi tunggu dulu, bisa jadi ente punya masalah-masalah dibawah ini yang membuat ente tidak produktif:

Quote:1. ENTE SEDANG STRES
Stress
Biasanya ente stres karena ente menghadapi sesuatu yang nggak pengen ente kerjain, jadinya ente stres deh. Biasanya orang-orang kalo dah stres mereka akan menunda dulu pekerjaan di depan mereka dan istirahat sejenak, tapi yang kayak gini malah berakibat pekerjaan ente tertunda lebih lama dan nggak selesai-selesai, Ujung-ujungnya ente jadi lebih stres dari sebelumnya PLUS ente marah dan kesel ama diri sendiri.

Gejala ente sedang stres:
- Susah tidur
- Kebanyakan mikir
- Kurang energi atau nggak bisa fokus
- Sering pusing atau otot tegang

Solusinya kalo ente kayak gini, gan, ente harus perbanyak olahraga, hindari minuman beralkohol dan berkafein tinggi. Trus jangan kalo emang stres jangan dipendem sendiri aja, coba ente ngobrol ama temen-temen ente, biar plong tuh pikiran.

Quote:2. ENTE KENA YANG NAMANYA ADHD
Attention Deficit Hyperactivity Disorder
Apaan tuh ADHD? Makanan apa tuh? ADHD itu singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder semacam gangguan psikologis, gan. Orang yang punya gangguan ini sangat susah buat bikin keputusan dan kalo di kasi deadline suka molor. Selain itu, orang yang punya ADHD gampang banget terdistraksi sama lingkungannya. Misalkan ente kerja satu ruangan ama temen-temen kantor, ente udah fokus nih, tapi ngeliat temen-temen pada asyik Facebook-an dan main game ente jadi kebawa suasana dan malah ikutan.

Gejala-gejala lain dari ADHD ini antara lain:
- Sulit merencanakan masa depan
- Gampang frustasi atau gampang menyerah
- Sering ngelamun
- Cepat lupa atau sering kehilangan barang-barang
- Ceroboh dan kadang suka ngambil resiko tinggi
- Suka menggeliat atau gelisah

Solusinya? Wah, kalo emang ente punya gangguan ini biasanya maen obat, gan. Eits! Tapi jangan keburu beli obat sembarangan di apotek! Mendingan ente pergi dulu ke psikolog atau cari terapis buat membantu menghilangkan pikiran negatif di kepala ente. Nggak selamanya obat itu jadi solusi. Selagi masih bisa dikonsultasikan, Insya Allah ada jalannya.

Quote:3. ENTE KELELAHAN
Kelelahan
Yang namanya mood itu sering berubah-ubah tiap harinya, gan. Dan salah satu penyebabnya adalah ente kurang istirahat. Kalo ente tidurnya kurang dari 6 jam, otak ente jadi kesulitan untuk mengabaikan gangguan yang ada di sekitar ente untuk fokus.

Gejala-gejala ente sedang kelelahan:
- Lagi nonton TV atau baca buku suka ketiduran
- Gampang tersinggung!
- Kelamaan tidur di akhir pekan
- Susah bangun di pagi hari

Nggak ada solusi yang lebih tepat dari masalah ini selain ente kudu istirahat yang cukup. Pastikan jam ente tidur dan jam ente bangun itu selalu sama setiap harinya. Misalnya ente pulang kerja sampe rumah jam 9, tidurnya jam 10 bangun subuh jam 5 pas. Kemudian JANGAN MEROKOK, JANGAN MINUM ALKOHOL, KURANGI KAFEIN dan hindari makanan yang berat-berat sebelum tidur.

Quote:4. ENTE MENGALAMI ANXIETY DISORDER
Anxiety Disorder
Anxiety Disorder ini gangguan psikologis juga, gan, istilahnya ente itu punya kecemasan yang lebay banget. Ente suka mengkhawatirkan sesuatu yang sebenarnya belum tentu akan terjadi tapi ente udah keburu berpikiran negatif. Penyebabnya bisa karena keluarga, anak, uang, pekerjaan, dan masalah kesehatan.

Gejala-gejala ente punya gangguan ini:
- Otot sering tegang
- Gampang capek
- Susah tidur
- Gampang tersinggung

Solusinya gampang banget, gan. Ente cukup duduk sejenak, pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam agak 10 kali deh, dan coba ubah pikiran negatif itu menjadi sesuatu yang positif. Pastikan juga ente cukup tidur, olahraga dan makan yang teratur. Kalau perlu, gan, ente coba nulis buku diary buat mencatat kegiatan ente sehari-hari, dengan begitu ente jadi paham apa sih yang sebenarnya membuat ente itu cemas. Kalo udah parah banget, mungkin ente perlu menghubungi psikolog untuk membantu mengatasinya.

Quote:5. ENTE SEDANG DEPRESI
Depresi
Depresi bisa mengubah reaksi kimia yang ada di otak ente. Kalo udah depresi ente bahkan nggak semangat melakukan aktivitas yang emang udah jadi hobi ente. Orang yang udah depresi gini sering merasa nggak berdaya dan sering kritis pada diri sendiri.

Gejala-gejala orang yang kena depresi:
- Sedih tak berujung (ciyeee, kayak judul lagu)
- Kurang nafsu makan dan berat badan turun atau sebaliknya
- Kurang istirahat dan cepat tersinggung
- PENGEN BUNUH DIRI!

Wah, kalo ente emang depresi itu udah bahaya banget, gan. Coba deh ente curcol sama keluarga atau sohib ente apa yang menjadi masalah etne. Kalo ente merasa itu sesuatu yang rahasia banget, cobalah menghubungi psikolog atau cari terapis. Biasanya kalau udah parah banget orang-orang suka beli obat anti-depresant, tapi ane lebih menyarankan ente supaya curcol aja deh, gan...

Quote:6. ENTE KENA YANG NAMANYA OCD
Obsessive-Compulsive Disorder
OCD ini bukan Obsessive Corbuzier Diet ya, gan Emoticons tapi ini singkatan dari Obsessive-Compulsive Disorder. Kondisi ini menyebabkan otak ente nggak bisa ngasi tau apakah ente melakukan sesuatu bener atau nggak. Bukannya pekerjaan jadi selesai, orang yang kena OCD ini sering merasa ada sesuatu yang salah di setiap pekerjaannya dan bawaannya pengen PERFECT terus. Kayak dunia ini nggak ada benernya aja... Emoticons

Gejala-gejala ente kena OCD:
- Sering berpikir atau menggambarkan sesuatu yang nggak diinginkan
- Merasa nggak berdaya kalau udah mikirin 'yang nggak diinginkan' tadi
- Ritual aneh kayak cuci tangan sampe 1 jam!
- Ritual lainnya kayak udah mandi tapi mandi lagi supaya bersih extra!

Orang yang kena OCD biasanya suka sadar diri dan mereka memilih minum obat anti-depresant. Tapi ane sih lebih nyaranin ente konsultasi dulu ke psikolog atau terapis, siapa tau ada solusi selain obat-obatan.

Quote:PENUTUP
Nah, gan. Kalo ente sering buang-buang waktu cobalah jujur ama diri sendiri, dan coba identifikasi salah satu penyebab diatas pada diri agan... Nggak usah malu, kita ini makhluk sosial dan butuh bantuan dari sesama manusia juga, jadi nggak ada salahnya untuk berkonsultasi. Inget, gan. Di akhirat nanti ente akan ditanya, "Umur lo di pake buat apa aja selama hidup?" nggak mungkin kan ente jawab habis buat bacol di trit BB++ Emoticons

Silahkan di beri komeng! Kalo suka dengan trit ane tolong cendolnya jangan lupa!

Quote: SUMUR
Source: http://kask.us/iceOi
ReveneuHits
close