Agen Bola

Karakter Manusia BerhutangSering ngutang ke temen? Ente pasti pernah jadi salah satu dari karakter-karakter ini
parasyte-7552265
Banner
Quote:Quote:Hutang Piutang
Halo apa kabar berjumpa lagi sama ane Emoticons, cuma kali ini ane absen yah membahas game. Kali ini ane mau bahas tentang hutang-piutang. Yah bukan menganalisis arti hutang itu sendiri tapi lebih pada macam-macam karakter manusia jika melakukan pinjaman uang. Boleh dibilang mengutang merupakan hal lazim yang sering dilakukan oleh siapapun, baik personal bahkan negara pun juga mempunyai hutang ke negara lain. Oke seperti yang sudah ane sebutkan, yang mau ane bahas adalah tentang hutang personal terutama macam-macam karakter orang jika mengutang kepada orang lain. Nah karakter apa saja itu? Langsung saja cekidot mas broo... Emoticons

Line
Quote:Karakter 1: Sang Perayu
Quote:Perayu
Bujuk rayu merupakan senjata utama seseorang jika mau mengajukan "proposal" kepada orang lain. Sadar kalau berada di posisi yang BU (Butuh Uang) dan butuh kepercayaan, berbagai macam kata-kata memelas akan dilontarkan agar orang yang dipinjami merasa iba. Alasannya macam-macam, seperti buat tambahan modal, beli obat, bayar tagihan, dll dan entah apakah kata-kata yang diucapkan sesuai kenyataan atau tidak. Biasanya si penghutang juga berjanji akan mengembalikan uang yang dipinjamnya dengan menyebutkan tanggal sekian dan sekali lagi entah ditepati atau tidak.

Quote:Perayu

Quote:Karakter 2: Sang Pemarah
Quote:Pemarah
Saat tanggal jatuh tempo pengembalian sudah tiba, tentu saja pihak yang dihutangi akan berusaha menagih kepada si peminjam uang. Tapi apa yang terjadi? Bukan uang yang diberikan tetapi justru si peminjam malah sewot dan marah-marah dan menuduh kalau dia tidak dipercaya. Entah alasannya belum ada uang atau ada keperluan lain sehingga uang yang akan dikembalikan terpakai buat kepeluan tersebut. Tentu saja hal ini sangat tidak pantas karena pihak yang menagih hanya ingin mendapatkan apa yang menjadi haknya.

Quote:Pemarah

Quote:Karakter 3: Si Tukang Ngeles
Quote:Tukang Ngeles
Nah karakter ini mirip dengan yang nomor dua tetapi dengan perangai yang lebih halus. Si tukang ngeles seperti biasa akan mengumbar berbagai alasan saat hutangnya ditagih. Kata-kata "ntar", "besok", "minggu depan", "belum ada rejeki", "dagangan seret" dan lainnya merupakan kata-kata andalannya yang selalu diumbar meskipun hal tersebut entah benar atau tidak. Dia juga kadang memamerkan dompetnya yang kosong agar lebih meyakinkan kalau dia beneran lagi bokek. Bisa dia memang lagi beneran tidak punya uang, tapi jika dia tiba-tiba punya smartphone baru... hmm patut dicurigai nih..Emoticons

Quote:Tukang Ngeles

Quote:Karakter 4: Si Penderita Amnesia
Quote:Penderita Amnesia
Tahu kan karakter Jason Bourne yang diperankan Matt Damon? Di film si Bourne diceritakan menderita amnesia (hilang ingatan) dan tidak ingat masa lalunya. Begitu juga orang yang suka hutang, jika ditagih mendadak hilang ingatan pada semua hutang-hutangnya. Karakternya hampir mirip dengan si tukang ngeles, cuma dengan tingkat yang lebih menjengkelkan. Jika ditagih mereka malah selalu balik bertanya "eh emang aku hutang berapa?" atau "emang aku pernah hutang yah?". Repotnya jika kita nggak ada bukti transaksi hutang karena cuma modal percaya aja pada teman. Nah lho..??Emoticons

Quote:Penderita Amnesia

Quote:Karakter 5: Sang Pejabat
Quote:Pejabat
Kenapa ane bilang pejabat, karena biasanya orang penting seperti pejabat tuh susah ditemui, ditelpon juga susah sering tidak ada ditempat karena berbagai keperluan. Begitu juga dengan si penghutang. Saat hutang sudah jatuh tempo seperti yang dijanjikan tiba-tiba yang bersangkutan menghilang bak ditelan bumi, mau ketemu saja susahnya setengah mati, seing tidak ada ditempat, ditelpon tidak diangkat, dikirim SMS / BBM tidak dibalas. Kalau sudah seperti itu bener-bener mirip orang penting kan? Emoticons

Quote:Pejabat

Quote:Karakter 6: Sang Penipu
Quote:Penipu
Pernah lihat berita para penipu yang sering beraksi di berbagai situs jual beli online? Yup, kalau kita berhutang dan tidak ada niat mengembalikan, kita bisa disamakan dengan para penipu tersebut. Karena dalam kasus ini juga sama-sama merugikan orang lain dengan membawa sejumlah uang yang meupakan hak orang lain. Karakter penipu merupakan karakter "lanjutan" dari karakter nomor 2,3,4 dan 5 karena jika kita bilang akan mengembalikan tanggal sekian dan ternyata malah ingkar janji, marah-marah atau malah menghilang gak jelas rimbanya sudah bisa dikategorikan sebagai karakter penipu. Makanya kalau berhutang ya dibayar biar tidak dicap sebagai penipu.Emoticons

Quote:Karakter 7: Sang Superhero
Quote:Superhero
Bisa dibilang karakter yang ini merupakan karakter yang paling menyenangkan bak superhero di dunia nyata. Karena tanpa ditagih, si penghutang tiba-tiba datang dan mengembalikan sejumlah uang yang dulu pernah dipinjamnya. Apalagi disaat yang dihutangi sedang kesulitan keuangan, tentu tindakan si penghutang tersebut sangat menolong sekali, meskipun sebenarnya hanya sebatas mengembalikan uang. Persis seperti sosok superhero yang datang saat kita sedang kesulitan. Tapi ya sosok sang penyelamat seperti ini sangat jarang sekali ada, kenapa? Karena tidak semua orang punya kemampuan menjadi superhero.

Quote:Superhero

Quote:Nah itu tadi beberapa macam karakter orang jika berhutang. Memang sebaiknya jika kita meminjam uang kepada siapapun lebih baik mengembalikannya tepat waktu, kalaupun terlambat jangan terlalu lama karena siapa tahu orang yang meminjami kita uang benar-benar sedang membutuhkan uang. Oke terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Emoticons
Quote:Sumur:
pemikiran sendiri
gambar dari mbah Google

Line
Thank You
Source: http://kask.us/ihTUJ
ReveneuHits
close