Agen Bola

Tokoh India CEODominasi India di Pucuk Pimpinan Perusahaan Dunia
bona1707-5755051
Quote:INTRO Quote:India
Tahukah Anda apa yang sama dari nama Google, Microsoft, PepsiCo, Mastercard, Adobe, NetApp, dan Oracle? Ya, semuanya dipimpin oleh orang keturunan India.

Kisah hidup mereka pun relatif mirip: berasal dari keluarga bersahaja, mendapat kesempatan kuliah di AS, lalu menggoreskan karier cemerlang di perusahaan tempat mereka bekerja. Latar belakang yang bersahaja juga membuat mereka menjadi pemimpin yang ramah dan suportif. Semua kelebihan tersebut akhirnya menjulangkan karier mereka ke titik tertinggi perusahaan tempat mereka mengabdi.

Langsung sajaInilah deretan para pemimpin keturunan India yang mengomandani sejumlah perusahaan kelas dunia gan.
Emoticon Emoticon

Quote:1. Sundar Pichai (CEO Google) Quote:Sundar Pichai
Asal: Chennai, India
Usia: 43 tahun
Fun fact: Sundar Pichai dibesarkan di apartemen dua kamar bersama orang tua dan adik lelakinya. Jangankan TV atau mobil, kamar sendiri aja Sundar nggak punya. Alhasil, sehari-harinya, ia musti tidur di ruang tamu bareng adiknya.

Sundar Pichai lahir dari keluarga sederhana di Tamil Nadu. Karena tinggal di rumah yang mungil, Sundar kecil harus melewatkan malam-malamnya tidur di ruang tamu. Namun cerita sang ayah yang berprofesi sebagai teknisi di General Electric menginspirasi Pichai untuk mencintai dunia teknologi.

Sundar pun kemudian mengambil jurusan Teknik Metalurgi di Indian Institute of Technology (IIT) sebelum akhirnya mendapat beasiswa di Stanford University untuk belajar ilmu material dan semikonduktor.

Karier Pichai di Google dimulai pada tahun 2004. Kala itu ia bergabung dalam tim Google Toolbar yang berhasil mengarahkan hasil pencarian ke Google. Kerja cemerlang Pichai berlanjut ketika ia membawa Google Chrome menjadi browser paling populer.

Kecemerlangan Sundar bahkan pernah membuat Microsoft tertarik merekrutnya sebagai CEO. Namun nasihat sang istri—dan kenaikan kompensasi finansial dari Google yang takut kehilangan karyawan terbaiknya—membuat Sundar akhirnya memutuskan tetap di Google. Kesetiaan itu pun berujung pada diraihnya posisi CEO Google per Agustus kemarin.

Sampai Google punya Chrome itu berkat jasa Sundar, Chrome sekarang jadi browser paling banyak digunakann. Sundar kepilih jadi CEO mengantikan Larry and Sergey.


Emoticon

Quote:2. Satya Nadella (CEO Microsoft) Quote:Satya Nadella
Asal: Hyderabad, India
Usia: 48 tahun
Fun fact: Satya Nadella adalah penggemar olahraga kriket dan pernah menjadi atlet kriket di masa muda

“You are the eagle, to soar is your destiny. There are other worlds to discover, other horizons to explore”. Itulah cuplikan puisi yang tertempel di sebuah sekolah negeri di kota Hyderabad, India. Dan salah satu muridnya berhasil membuktikan puisi itu. Dia adalah Satya Nadella, yang ditunjuk menjadi CEO Microsoft sejak Febuari 2014 lalu.

Setelah lulus dari sekolah tersebut, putra dari seorang pegawai negeri itu mengenyam pendidikan di Manipal University jurusan teknik elektro. Setelah itu ia meneruskan kuliahnya di AS dan menerima gelar master dari University of Wisconsin Milwauke dan University of Chicago.

Berbeda dengan Steve Ballmer (CEO Microsoft sebelumnya), Satya terkenal karena pembawaannya yang kalem. Memo pertamanya setelah resmi menjadi CEO Microsoft dibuka dengan kalimat “today is very humbling day for me”. Namun rekam jejak Satya di Microsoft menunjukkan ia layak berada di posisinya sekarang.

Satya adalah tokoh sentral di balik kesuksesan Microsoft menghadirkan layanan cloud seperti Azure dan Office 365. Pada tahun 2013, layanan cloud yang ia pimpin meraih pendapatan US$20,3 miliar, naik signifikan dibanding awal kepimpinannya di tahun 2011 (yang hanya US$16,6 miliar). Ketika dunia TI mengarah ke cloud-first, Satya diperkirakan akan mengembalikan kejayaan Microsoft.


Emoticon

Quote:3. Ajay Banga (CEO Mastercard) Quote:Ajay Banga
Asal: Pune, India
Usia: 56 tahun
Fun fact: Adiknya M S Banga juga merupakan CEO

Ajay Banga adalah CEO MasterCard, perusahaan keuangan Amerika yang memproses pembayaran lewat kartu kredit. Banga ditunjuk sebagai CEO pada Juli 2010. Sebelum bergabung dengan MasterCard pada Agustus 2009, Banga merupakan CEO Citigroups wilayah Asia Pasifik.

Ajay Banga lahir di Khadki, luar kota Punai, Maharashtra, India. Ayahnya jendral tentara India lho. Dia merupakan sarjana ekonomi dari St. Stephen's College, Delhi University dan MBA dari Indian Institute of Management, Ahmedabad.

Emoticon

Quote:4. Indra Nooyi (CEO PepsiCo) Quote:Indra Nooyi
Asal: Chennai, India
Usia: 60 tahun
Fun fact: Dia bekerja sebagai resepsionis asrama hanya agar ia bisa mendapatkan uang tambahan 50 sen .

Indra Krishnamurty Nooyi dilahirkan di Chennai, India, 55 tahun silam. Nooyi bergabung dalam tim olahraga kriket wanita semasa kuliah. Ia bahkan bermain gitar di sebuah band wanita semasa menuntut ilmu di perguruan tinggi Madras Christian College. Setelah mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang kimia, fisika, dan matematika di universitas tersebut, ia melanjutkan mendaftar di Indian Institute of Management di Calcutta. Nooyi merupakan mahasiswi yang amat cemerlang. Ia memperoleh gelar MBA dari Indian Institute of Management di Calcutta, dan Master of Public and Private Management dari Universitas Yale.

Setelah malang melintang di beberapa perusahaan di India. Nooyi memutuskan untuk menuntut ilmu lagi di luar negeri. Maka berangkatlah ia ke Amerika pada tahun 1978, dan diterima di universitas bergengsi Yale University Graduate School of Management di New Haven, Connecticut.

Nooyi benar-benar bekerja keras selama tahun-tahun awalnya di Amerika. Ia membiayai sendiri kuliahnya dengan bekerja sebagai resepsionis di malam hari. Nooyi selalu mengenakan sari (baju khas India) selama bekerja, bahkan di musim panas sekalipun. Hal ini karena dirinya tidak memiliki uang untuk membeli baju. Bahkan ketika dirinya melakukan wawancara untuk sebuah perusahaan telekomunikasi bergengsi Boston Consulting Group, Nooyi tetap mengenakan sari.

Namun kecemerlangannya membuat pihak perusahaan telekomunikasi tersebut menerimanya bekerja. Hal itu terjadi pada tahun 1980. Sejak saat itu, karirnya kian menanjak. Pada tahun 1986 ia bekerja di Motorola dan menjabat sebagai eksekutif senior. Kepemimpinannya membuat ia dilirik oleh Kepala General Electric Jack Welch dan CEO PepsiCo Wayne Calloway. Dari dua perusahaan besar ini, Nooyi akhirnya memilih PepsiCo sebagai tempat kerja barunya.

Dia akhirnya masuk dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia. Pada 2014 dia berada di posisi ke-13 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes.


Emoticon

Quote:5. Shantanu Narayen (CEO Adobe) Quote:Shantanu Narayen
Asal: Hyderabad
Usia: 52 tahun
Fun fact: Shantanu adalah atlet layar jempolan. Ia pernah menjadi atlet layar India di Asian Games tahun 1981.

Sejak awal, pilihan kuliah Shantanu Narayen muda sudah mantap. Kala itu pilihannya cuma insinyur dan dokter, dan karena Shantanu takut darah, ia memutuskan untuk berkuliah di Teknik Elektro Universitas Osmania. Dan kemudian seperti banyak pemuda India di zamannya, Shantanu melanjutkan kuliah di AS dan mendapatkan gelar master dari Bowling Green State Ohio dan HaaS School of Business, Universitas Berkeley.

Setelah lulus kuliah, Shantanu memulai karier di Apple sebelum kemudian mendirikan perusahaan sendiri bernama Pictra. Pictra sendiri bisa dibilang merupakan layanan berbagi foto pertama di internet. Namun dunia belum siap menyambut layanan seperti itu, sehingga Shantanu pun mencoba menjual Pictra ke Adobe. Adobe menolak membeli, namun justru merekrut Shantanu bergabung.

Di sana, karier Shantanu melejit berkat keberhasilannya mendapatkan kerjasama dengan berbagai perusahaan besar seperti CBS, PBS, dan Viacom. Ia juga menjadi tokoh sentral saat Adobe mengakuisisi Macromedia (pembuat Flash) dan Omniture (web analytics).

Karier profesional Shantanu pun tidak cuma di Adobe. Ia juga tercatat sebagai anggota dewan perusahaan farmasi Pfizer serta almamaternya, HaaS School of Business. Ia juga merupakan anggota Management Advisory Board, organisasi yang membantu Presiden AS, Barack Obama, dalam menentukan strategi negara di bidang teknologi.


Emoticon

Quote:6. George dan Thomas Kurian (CEO NetApp; President Oracle) Quote:George Kurian
George Kurian
Quote:Thomas Kurian
Thomas Kurian

Asal: Kerala, India
Usia: 47 tahun
Fun fact: Ketika lulus dari Princeton University, Thomas berhasil menjadi lulusan terbaik di teknik elektro dengan predikat summa cum laude. Di posisi kedua, saudara kembarnya, George menemaninya menjadi jawara.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, dua kembar identik berhasil menjadi pemimpin perusahaan TI global pada saat bersamaan. Mereka adalah George dan Thomas Kurian. George Kurian adalah CEO perusahaan storage NetApp sedangkan Thomas Kurian adalah President Oracle.

Kurian bersaudara lahir di sebuah distrik di wilayah Kerala, India. Namun keduanya tumbuh dan besar di Bangalore di bawah didikan sang ayah yang merupakan insinyur kimia di perusahaan Graphite India. Kisah hidup keduanya pun selalu berdampingan. Keduanya bersekolah di St. Joseph’s Boys High School, lalu berkuliah di IIT Madras. Saat baru enam bulan berkuliah di sana, keduanya mendapatkan beasiswa untuk mengambil kuliah di Princeton University, AS.

Pada Januari 2015, Thomas diangkat menjadi President Oracle untuk memimpin pengembangan software. Thomas adalah eksekutif paling senior di Oracle selain dua co-CEO Safra Catz dan Mark Hurd. Sementara George Kurian diangkat menjadi CEO NetApp pada Juni lalu menggantikan Tom Georgens. George dipercaya memimpin NetApp yang kini memasuki masa sulit setelah keuntungannya terus menurun selama lima tahun terakhir.


Emoticon

Quote:7. Sanjay Mehrotra (Co-Founder, President and CEO SanDisk) Quote:Sanjay Mehrotra
Sanjay Mehrotra lahir di Kanpur, India. Sanjay Mehrotra adalah co - founder dari SanDisk dan perusahaan Presiden dan Chief Executive Officer. Dia ditunjuk untuk peran ini pada bulan Januari 2011 .

Di bawah kepemimpinan Mehrotra ini, SanDisk mulai mendorong adopsi memori flash NAND di pasar baru - SSD untuk pusat data dan penyimpanan perusahaan.

Mehrotra meraih sarjana di bidang ilmu teknik elektro dan ilmu komputer pada tahun 1978 dan gelar master di bidang teknik elektro dan ilmu komputer pada tahun 1980 di Universitas California, Berkeley.

Mehrotra mendirikan SanDisk pada tahun 1988 dan telah menjabat sebagai presiden dan chief operating officer sejak Juni 2006. Sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden eksekutif dan chief operating officer , wakil presiden senior teknik , wakil presiden pengembangan produk dan direktur desain memori dan produk rekayasa.

Dia memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri memori semikonduktor no -volatile , termasuk teknik dan manajemen posisi di SanDisk, Integrated Device Technology, Inc. , Seeq Teknologi, Inc., Intel Corporation dan Atmel Corporation

Emoticon

Quote:PENUTUPQuote:Itulah beberapa perusahaan besar dunia yang dipimpin oleh orang India, Semoga saja tak hanya keturunan India saja yang mampu berkibar di perusahaan besar dunia, tapi lahirnya keturunan Indonesia juga diharapkan mampu bisa mengikuti jejak suksesnya pemimpin pemimpin berekebangsaan India di perusahaan industri dunia.
Quote:SUMBERQuote:sumur1
sumur2
Google Images

Quote:KOMENTAR KASKUSER
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By dungu_83rat
RAJA KODURI

Raja Koduri

Rajanya GPU Radeon ( Graphics Processing Unit ) dari perusahaan produsen processor komputer AMD.

GPU Radeon

Biografi

Anak Hardware lab, KSKN, Computer Stuff pasti udah banyak yang tau ini orang. Kepala desainer kartu grafik Radeon. VCP ( nggak tau apa'an ) di AMD. Kepala sub divisi Radeon technologies group.

GPU Radeon

Biografi

Quote:Original Posted By bliss.cloth
nah, persis banget, ane juga lagi menyimpan ketakjuban luar biasa dengan orang orang India sekarang.
perusahaan yang dipimpin juga gak ecek ecek, tapi sekelas google, microsoft, dsb.

ada juga lakhsmi mittal di arcelor mittal, perusahaan baja terbesar di dunia.
mukesh ambani di reliance industries.
dua orang yang ane sebutin diatas bahkan udah langganan masuk jajaran orang terkaya di dunia.
trus ada tata group yang juga sdg berkembang sangat pesat.

india sepertinya sedang merintis sejarah seperti cina yang udah berhasil mendominasi semua lini gan.
negara yang awalnya cuma dipenuhi "desa" berubah menjadi pusat pusat "pencakar langit".
kok bisa ya negara2 yang dulu gak diperhitungkan itu, sekarang bisa "berbicara banyak" di hadapan dunia??

kita, Indonesia, kapan, perasaan dari dulu gini gini aja Emoticon
sori gak kasih solusi Emoticon

Quote:Original Posted By neverdie.1
Pendiri Juniper juga bro, seorang india

Pradeep Sindhu
Pradeep Sindhu is Indian American entrepreneur who is the co-founder and Chief Technical Officer/Vice Chairman of the Board of Directors of Juniper Networks Inc. He was also the CEO of the company until 1996. Wikipedia

Quote:Original Posted By ZeGrave
nambahin gan tapi keknya gak bakal di pejwan sih Emoticon Emoticon

gak usah jauh2 gan nih yg dalem negeri dulu Emoticon

Raam Punjabi
Raam Punjabi, pendiri multivision, legenda di indonesia inimah Emoticons wiki

kalo yang luar ada

Ranjin Singh
Ranjin Singh ( David Kapoor ), bukan CEO sih tapi dia Lead Writer di WWE gan. Dia kepala penulis skenarionya gitulah. Tanpa dia WWE bukan apa2 gan Emoticons wiki

Quote:Original Posted By rizky3010
Mereka rata - rata sudah mengenyam pendidikan di Amerika ya, mungkin pola pikir mereka yang membuat mereka bisa seperti itu.
Tapi ane pernah ketemu client orang India, perusahaan nya sih dari Canada tapi dia disana sudah jadi Sales Director Asia Pacific.
Mereka orangnya ramah sih, kemampuan mempengaruhi orangnya juga menurut ane sangat bagus.

Semoga saja orang Indonesia bisa ada yang menyusul, kan orang kita juga (katanya) ramah Emoticons

Quote:Original Posted By JustChristian
iya gan
orang india pinter"
saya pernah dibilangin sama orang katanya india itu orangnya pintar pintar TETAPI pada ke luar negeri semua, gak mao netep di negara (kebanyakan di amerika)

Quote:Original Posted By socceripoy
India, IT nya ngeri.... Silicon Valley kedua ada di kota India, lupa namanya Mumbai apa Madras. Orand India berani dibayar murah. Dengan otak encer dan punya kesempatan bersekolah di Amrik, jadi modal utama bekerja di perusahaan besar dan akhirnya dilrik untuk jabatan penting. Cuman sayangnya, jadi jomplang klo perantuan India dibandingkan dengan pekerja lokal di India (profesionalisme dkk) di sono nyawa manusia udah terkesan murahan,

Quote:Original Posted By down3y
kalo yang ane denger2 sih india punya konsep sistem pendidikan yang bagus dinegaranya.. makannya sekarang ini tenaga kerjanya banyak yang kepake didunia.. rata2 komunikasi mereka bagus. beda sama cina yang kurang kepake didunia karena masalah komunikasi mereka jelek2.

Quote:Original Posted By macakmaho
Ane sudah penasaran dari tahun 2013 gan kenapa orang-orang India banyak yg merangkak naik jadi CEO perusahaan besar.
Salut buat orang-orang ini meskipun dari negara yang (mayoritas) terlihat kumuh namun ITnya bukan main hebatnya.
Ane sedang berproses ke arah sana gan, semoga anak-anak Indonesia lain juga memiliki pemikiran yang sama.

Quote:Original Posted By anakingusan90
kalau ane liat, perbedaan orang india sama asia timur (jepang ,cina ,korea) mereka sukses dinegri orang sebagai karyawan, meskipun itu ceo beda dengan jepang,ataupun cina mereka bikin perusahaan sendiri di negri sendiri sehingga dampaknya besar terhadap negrinya .meskipun seperti kata ts orang india mendominasi pucuk pimpinan diperusahaan besar dunia tetapi negri asalnya tetep tidak banyak perubahaan yang signifikan. dan saat ini india merupakan penghasil insinyur/sarjana terbanyak didunia dan sebagian besarnya bekerja sebagai karyawan bukan sebagai pemilik perusahaan, yang menciptakan perusahaan

kalau ane berharap sih orang2 pintar diindonesia meniru jepang atau cina , bikin banyak perusahaan diindonesia jangan kebanyakan jadi karyawan....

Quote:Original Posted By nukon.goblok
kenapa india bisa ngelahirin banyak org sukses yg jadi pemimpin perusahaan dunia? menurut gw, faktor utamanya adalah bahasa. di india kan bahasa inggris jadi salah satu bahasa resmi. makannya mereka udah cukup fasih ama bahasa inggris pas belajar keluar negeri, jadi proses adaptasinya cepet. selain ntuh juga kan buku2 soal ilmu pengetahuan yg berat2 kebanyakan kan dibuat dr bahasa inggris, so pasti nilai plus nya mereka bisa tau lebih dalem soal pengetahuan yg cuman ada di buku yg pake b.inggris, smentara negara lain masih gitu2 aja.
Source: http://kask.us/ibVnt
ReveneuHits
close