Bahaya Rokok

Obat Berbahaya Bagi KesehatanApa Minum Obat Justru Bahaya Bagi Kesehatan Kita? *Explained With Animation*
parchedcell-8037562
Welcome
Apakah Minum Obat Bisa Membahayakan Kesehatan Kita? (ft. Pamflet)
Obat Bisa Membahayakan

Apa reaksi agan ketika agan mendengar kata “obat”?, “pahit” ? “Ga enak”?. walaupun gitu, kita-kita pasti tetep meminum obat karena kita tau, obat itu adalah salah satu cara untuk dapat membantu menyembuhkan penyakit kita. Tapi, pernahkah agan bayangin kalo minum obat itu ternyata bisa juga berbahaya bagi kesehatan kita? Meskipun itu adalah obat yang dipake buat nyembuhin penyakit kita?

Quote: Cekidot versi animasinya gan ( biar lebih ngerti!):

Quote: Obat yang bikin galau...

Bisa Iya, Bisa Tidak

Jika ditanya apakah meminum obat baik bagi kita, jawabannya itu bisa, IYA dan bisa juga TIDAK. Mengapa bisa gitu? Pada dasarnya, semua jenis obat yang pernah agan-agan konsumsi merupakan zat kimia, mau itu obat dari ramuan dan jejamuan yang berbahan herbal hingga pil, kapsul, maupun serum buatan pabrik, semua pada dasarnya itu adalah zat kimia loh gan… jadi di satu sisi, zat-zat kimia dalam obat-obatan ini memiliki fungsi medis yang “UNIK” buat nyembuhin penyakit, tapi di sisi lain, zat-zat ini jugalah yang mungkin dapat menimbulkan efek samping….. Yang juga bisa bersifat buruk. Contohnya nih gan, pada saat kita cacingan, kita kan meminum obat-obat yang disebut antihelmentik (anggep aja obat cacing gan…). Pada obat-obat ini mengandung zat yang dapat membunuh cacing dan membuat perut kita merasa lega. Nah, tapi, obat-obat ini teryata juga punya efek samping yang bisa berdampak ke kita seperti mual dan diare, apabila dikonsumsi dalam dosis yang tidak tepat , jadi bukannya sembuh justru perut kita malah makin sakit.

Bisa Menyembuhkan

Ada Efek Samping

Quote: Minum Obat juga harus diperhatiin Gan! Kayak pacar!
Itu sebabnya, setiap obat wajib menyantumkan aturan pemakaian, mulai dari zat aktif yang terkandung, kegunaan, efek samping, peringatan, serta dosis minum.

Kemasan Obat

Jadi jangan heran jika ada beberapa obat hanya bisa diminum setengah dosis untuk anak-anak, lalu beberapa lagi hanya bisa dikonsumsi dua kali sehari, dan beberapanya hanya boleh diminum setelah makan. Intinya, masing-masing orang punya kebutuhan obat yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan seberapa parah sakit yang diderita, lalu jangan lupa juga memperhatian faktor-faktor lain, seperti umur, alergi, dan sebagainya yang juga berpengaruh pada dosis obat yang digunakan.

Resep Obat

Faktor Umur

Faktor Alergi

Quote: Penyalahgunaan obat? Bisa bahaya loh gan!
Masalahnya nih gan, ternyata banyak loh orang-orang yang bukannya minum obat untuk menyembuhkan sakit, tapi justru menyalahgunakannya untuk tujuan lain. Yang lebih mengejutkan lagi nih gan, ternyata obat murah meriah yang mudah kita dapatkan di mart-mart atau warung terdekat menjadi obat yang disalahgunakan... obat-obat yang disalahgunakan itu contohnya jenis-jenis obat dari obat penenang, obat batuk, sampai obat nyeri pegal linu.

Obat yang Disalahgunakan

Mungkin semboyan mereka adalah “ Tidak ada sabu-sabu, komix-pun jadi…” Mereka pikir karena obat-obatan itu bukan NARKOBA dan mudah didapatkan karena dijual bebas, obat-obat ini serta-merta menjadi obat-obatan yang aman dikonsumsi sesuka hati. Padahal faktanya obat-obatan ini bisa membuat kecanduan, gangguan jantung, bahkan kematian GAN!, kalo diminum sembarangan….

Bahaya Obat

TAPI

Jika diminum sesuai aturan, bahkan obat-obat yang tergolong NARKOBA pun sebetulnya bisa memiliki dampak yang baik loh bagi kesehatan. Hal ini bisa kita lihat dari sejarah dimasa lalu yaitu sampai awal abad ke-20 misalnya, orang India masih banyak menggunakan ganja untuk mengobati asma dan menambah nafsu makan.

Manfaat Ganja

Sementara morfin banyak digunakan untuk mengurangi rasa sakit, baik bagi prajurit Amerika Serikat yang terluka pada Perang Dunia ke-2, maupun penderita kanker abad-21.

Manfaat Ganja

Sekarang, agan-agan tau kan bagaimana meminum obat dengan baik dan benar? Bagaimanapun, agan-agan pasti sering mendengar kata-kata ini, “ mencegah pasti lebih baik dari mengobati”, jadi sebelum agan-agan jatuh sakit…. ayo! selalu jaga kesehatan dengan banyak minum air putih, tidur cukup, dan makan makanan yang enak dan bergizi yah gan!

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Mencegah Penyakit

Emoticon Emoticon Emoticon

LINK URL BLOG
Sumber

Banner
Source: http://kask.us/ikrdG
Pasang Iklan
close