Bahaya Rokok

Kritik yang MembangunYuk Menjadi Kritikus Pada Tempatnya!
manekenek-3499468
Welcome
Quote:Selamat malam gan, kali ini ane mau bikin tret baru yang didasarkan oleh pengamatan ane di kaskus. gara2 ane baca tret yang membahas tentang pembalap asal Indonesia. ane banyak baca kritik2 yang membangun juga serta kritik2 yang ngga membangun tapi malah menjurus ke arah menghujat gan. nah karena itu ane mau bahas tentang cara mengkritik dari sudut pandang ane.
Quote:Kritik
Quote:Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

Secara etimologis berasal dari bahasa Yunani κριτικός, 'clitikos - "yang membedakan", kata ini sendiri diturunkan dari bahasa Yunani Kuna κριτής, krités, artinya "orang yang memberikan pendapat beralasan" atau "analisis", "pertimbangan nilai", "interpretasi", atau "pengamatan". Istilah ini biasa dipergunakan untuk menggambarkan seorang pengikut posisi yang berselisih dengan atau menentang objek kritikan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Kritik

Jadi kritik itu bersifat membangun. kritik itu memberikan masukan, tips dan cara agar suatu tata cara atau orang yang dikritik dapat memberikan sebuah hasil yang memuaskan.

Dari sudut pandang ane, kritik itu ane bagi menjadi dua macam yaitu kritik yang bersifat membangun dan kritik yang bersifat menjatuhkan.

Quote: 1. Kritik Yang Membangun

Membangun
Kritik ini bersifat kritis dan diberikan dengan tujuan agar yang menjadi bahan kritikan menyadari kekurangannya dan segera mengambil tindakan agar menjadi lebih baik lagi. kritik tipe satu ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan sistem atau individu yang berkualitas. banyak orang sukses karena kritikan orang disekitar itu menjadi cambuk sehingga mereka termotivasi.

Quote: 2. Kritik Yang Bersifat Menjatuhkan

Menjatuhkan
Kritik yang satu ini bersifat menjatuhkan gan. kritik ini diberikan dengan tujuan untuk mencari semua kesalahan anda serta membuat anda terlihat bersalah di mata umum. kritik yang satu ini tidak bertujuan untuk memberikan masukan tapi malah sebaliknya kritik ini diberikan atas dasar rasa benci atau tidak suka, urusan pribadi.

Quote:Nah, dari dua tipe kritikan di atas ane banyak temui di kaskus para kaskuser yang mengkritik dengan cerdas dan ada juga kaskuser yang memberikan kritik secara frontal radikal dan terkesan menghujat. Oleh karena itu disini ane ingin memberikan cara menjadi kritikus yang pada tempatnya dari sudut pandang ane. yuk langsung aj yahhh ngga usah lama lama

Quote: 1. Mengkritik Secara Obyektif

Obyektif
Kritikan ini diberikan sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan tanpa dipengaruhi oleh rasa benci, rasa iri ,pendapat pribadi, relasi atau pendapat orang lain. kritik ini diberikan memang murni berdasarkan apa yang dilihat dan di dengar. banyak kejadian dimana kritik diberikan tidak objektif tapi berdasarkan rasa iri atau ketidaksukaan terhadap orang yang dikritik. Nah, cobalah menjadi kritikus yang membiasakan diri untuk memberi kritik secara objektif. jangn keliatan konyol di mata orang lain bray, yang ada ente jadi bahan tertawaan orang. banyak ane temui orang yang mengkritik tapi terkesan menghujat atau bahkan malah menghina. memang kita bebas mengungkapkan pendapat tapi selalu ada batasan yang wajar gan. PROFESIONAL!

Quote: 2. Mengetahui Data Pendukung Sebelum Mengkritik

Data Pendukung
Jika ingin memberikan suatu kritik ada baiknya agan juga menyiapkan data pendukung atau sekedar analisis untuk hal hal yang terjadi di masa lampau. hal ini agan butuhkan agar agan mempunyai tolak ukur dalam mengkritik sebuah sistem atau mengkritik individu tertentu yah. dengan memiliki data pendukung yang lengkap berarti anda benar2 mengetahui patokan yang kredibel serta jelas. tentunya kejelasan ini tidak bisa diragukan lagi sehingga agan dapat memberikan kritik yang benar2 tepat guna.

Quote: 3. Mengkritik Sesuai Kapasitas

Kapasitas
Jika anda mengkritik seorang pesepakbola tapi profesi anda adalah seorang guru maka cukup berikan kritik yang sesuai dengan porsi anda dalam artian kritik yang anda berikan itu bersifat pengetahuan umum. kritik disini anda berikan sesuai dengan pengetahuan yang anda miliki. jika anda mengkritik seorang pesepakbola dimana posisi anda juga seorang pesepakbola di masa lampau maka kredibilitas anda tidak di ragukan. karena anda memiliki rekam jejak yang jelas serta pengalaman di bidang sepakbola. nah yang ane temui adalah banyak orang yang memberikan kritik ngga sesuai kapasitas gan. kritik yang diberikan tanpa pengetahuan yang mendalam tapi seolah olah dia mengerti sehingga malah menjadi bahan tertawaan orang.

Quote: 4. Menggunakan Bahasa Yang Sopan

Bahasa Yang Sopan
Dalam menyampaikan kritik juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan jelas gan. hal ini sebagai indikator bahwa anda adalah orang yang berpendidikan. tentunya dengan memakai bahasa yang jelas dan sopan yang menjadi sasaran kritikan kita tentunya lebih mudah menerima gan. tapi kenyataannya banyak yang mengkritik dengan kata kasar segala macam binatang di bawa bawa. segala macam alat perkakas manusia dibawa bawa. bahasa yang anda gunakan itu mencerminkan kualitas diri anda secara tidak langsung yah. percuma kritikan anda benar jika bahasa anda ngga sopan malah keliatan anda bukan sosok yang tepat dijadikan contoh.

Quote: 5. Jangan Memaksakan Kehendak

Memaksakan Kehendak
Kritik yang kita berikan itu tentunya juga ngga bisa kita paksakan. jika orang yang kita kritik menerimanya yah bagus, tapi jika yang bersangkutan ngga mau nerima yah kita juga ngga bisa maksa gan. namanya juga pendapat kan ngga bisa salah juga ngga bisa benar. itu persepsi kebanyakan orang. jadi jika kritikan anda tidak diterima bersikap dewasalah. ngga perlu dipaksakan biar diterima. dengan membiarkan apa adanya anda malah terlihat lebih berwibawa gan.

Quote: 6. Bisa Menerima Kritikan

Menerima Kritikan
Sederhana saja, jika anda jago dalam memberikan kritikan tapi anda juga harus bisa menerima kritikan. hidup selalu seimbang gan. siang malam air api yin dan yang. buat apa kritik anda sangat kritis dan cerdas tapi anda pribadi yang ngga bisa nerima kritikan.

Quote: Nah, demikian tret ini ane bikin. tujuannya dibikinnya tret ini agar ke depannya kritik yang diberikan sesuai pada tempatnya gan. orang yang anda kasih kritikan menjadi segan terhadap anda. selain itu ane juga ngga mau kritikan itu ternyata malah menjadi ajang untuk membully orang. ini murni pendapat pribadi TS. jadilah kritikus yang cerdas dan kritis gan. tentunya lebih mudah mengkritik daripada dikritik. kritik itu ngga bertujuan untuk menjatuhkan seseorang gan, tapi untuk membuat seseorang menjadi lebih baik. sekian dan terima kasih

Quote:sumber : gambar dari google, isinya TS mikir sendiri lah kan dari sudut pandang Ts Emoticons

Kaskus
Source: http://kask.us/ighHf
Pasang Iklan
close