Bahaya Rokok

Mengirim CV via EmailBuat yang Lagi Nyari Kerja, Ini Cara Mengirim CV yang Bener dan Sopan via Email
nagie-8643590
CV Email
Satu hal yang sering diremehin orang saat melamar kerja adalah tata krama dalam mengirim cv via email. Apalagi kebiasaan anak jaman sekarang yang lebih sering berkomunikasi lewat aplikasi pesan singkat, dikit banyak mempengaruhi cara mereka ngirim surel jadi seenaknya.

Padahal bener atau gaknya ente dalam mengirim surel itu sangat menentukan apa ente akan diterima di perusahaan tersebut atau gak? Boro-boro dapet panggilan interview, gak dihapus aja email ente sama bagian HRD udah bersyukur banget.

Nah, makanya nih ane mau ngingetin ente lagi cara mengirim CV yang bener dan sopan via email itu kayak gimana?

Quote: Quote:Isi Subject Email
Subject Email
Hal pertama yang penting tapi suka dianggap sepele sama ente adalah subject email. Ente suka merasa cukup dengan ngirim lampiran CV di email. Padahal kan ini sama aja kayak amplop kosong yang gak ada tulisan apa-apa di depannya. Kalau bagian HRD lagi gak kerjaan, cuma motong kuku doang tiap hari, mungkin email ente yang tanpa subject itu akan dibuka sama dia. Tapi kalau yang melamar ribuan, siap-siap dianggap spam.

Nah, kalau ente bingung mau ngasih subject apa? Biasanya beberapa perusahaan udah ngasih template-nya. Tapi kalau pun gak, ya ente bisa tulis:

Subject : [Lamaran Kerja - Writer] Nama Kamu
Line

Quote: Quote:Pake Salam Pembuka
Salam Pembuka
Setelah subject, hal selanjutnya yang penting juga ente tulis dalam surel adalah salam pembuka. Ibarat ente lagi ketemu orang baru, tata kramanya tentu ente akan ngasih senyum dan tangan dong buat salaman. Begitu juga saat mengirim CV via email, ente pake dong salam pembuka yang dilengkapi sapaan juga.
Contoh:
Dear, Bapak/Ibu kepala HRD PT JUNKER Media (kalau gak tau nama)

Line

Quote: Quote:Sebutin Identitas Lengkap
Identitas Lengkap
Nah, sekarang giliran ente memperkenalkan diri selengkapnya. Paling penting sih sebutin nama ente aja. Kalau ente adalah fresh graduate, ente juga boleh nyebutin lulusan dari universitas mana?

Note : Kalau email ini buat pihak sponsor berarti ente wajib tuh ngasih tau institusi yang kamu wakili dan posisi kamu di sana. Biar pihak sponsor juga yakin kalau ente adalah orang profesional, bukan orang iseng.

Line

Quote: Quote:Kasih Tau Kamu Mau Apply di Posisi Apa
Apply Posisi
Walaupun tadi di subject email udah ente tulis posisi apa yang ente incer, tapi gak ada salahnya ente tulis lagi di body email. Soalnya ini juga kesempatan ente buat memperkenalkan sedikit keunggulan ente sekaligus ngeyakinin bagian HRD kalau ente bener-bener tertarik sama posisi itu. Jadi jangan biarin perusahaan yang nyuruh mikir sendiri kira-kira posisi apa yang tepat buat ente, cuma karena ente gak nyebutin di email.
Line

Quote: Quote:Pake Bahasa Formal, Jangan Disingkat-Singkat Alay
Bahasa Formal
Nah, seperti yang ane bilang di awal, karena ente udah keseringan chatting di WhatsApp, Line, dan kawan-kawan. Ente jadi suka membawa kebiasaan itu saat ngirim email, dan mengganggap kalau pake bahasa formal itu kaku dan kuno banget. Helloww! Kali ini ente emang harus serius, mau dapet kerja kan? Pengen skripsinya di-approve dosen pembimbing kan? Mau kan acara ente ada yang sponsorin? Makanya jangan main-main. Pake lah bahasa formal yang baik dan benar. Biar ente kelihatan orang yang profesional.

Contoh:

Terkait adanya informasi bahwa PT JUNKER Media membutuhkan tenaga profesional untuk posisi penulis, berikut saya lampirkan CV saya sebagai bahan pertimbangan.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti tes seleksi dan wawancara agar saya dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya.

Line

Quote: Quote:Jangan Ngasih Foto Selfie
Foto Selfie
Selain CV dan Cover Letter, biasanya beberapa perusahaan meminta pelamar buat mengirimkan foto diri. Cuma karena mentang-mentang udah segampang itu buat potret diri sendiri, ente jadi males foto di photo studio. Gapapa juga sih, tapi bukan berarti ente jadi ngirim foto selfie buat melamar pekerjaan lho. Yaelah, bagian HRD gak butuh foto cakep hasil edit-an Camera360 atau Beauty Camera kok. Lagipula gaya foto bibir manyun ente juga gak menjamin ente akan diterima.
Line

Quote: Quote:Pake Salam Penutup
Salam Penutup
Terakhir yang gak boleh dilupain saat mengirim CV via email adalah memberi salam penutup. Ini juga bentuk sopan santun ente, karena email ente udah dibaca dan CV kamu diterima sama pihak perusahaan.

Paling standar sih ente bisa pake:


Hormat saya atau Best Regards,

(Nama Kamu)


Gimana, sekarang ente udah ngerti ya? Jangan cuma ngangguk-ngangguk dan dibaca doang, praktekkin gih. Pengen dapet kerja kan? Oh ya, tata krama ini juga berlaku saat ente mengirim email ke calon sponsor, narasumber acara, dosen pembimbing, dll.

Line

Quote:ane hanya ingin berbagiEmoticons , semoga bermanfaat buat agan sista semuaEmoticon , udah ane cek ngga repost kok,
Sumber Referensi Thread
Source: http://kask.us/ih99n
Pasang Iklan
close