Bahaya Rokok

Tagihan Makanan SelangitBeberapa Tips Agar Tidak Digetok dengan Tagihan Makanan yang Harganya Selangit
ibnutiangfei-3371901
Banner
Quote:Beberapa hari yang lalu sempet heboh di medsos, berita tentang seorang pengusaha yang dikenai tagihan makanan hampir seratus juta untuk sekali makan di sebuah restoran CinaEmoticons Buat yang belum tahu, berikut beritanya:
Quote:Pengusaha Ini Kaget Tagihan Makannya Sampai Rp 100 Juta
Quote:Tagihan Makanan
Quote:Pengguna media sosial dibikin heboh dengan muncunya sebuah tagihan makan malam seorang pengusaha di Jakarta yang menghabiskan hampir Rp100 juta, untuk sekali makan.

Tagihan makanan yang mencengangkan tersebut diketahui dibagikan oleh akun Facebook bernama Daniel R. Bunardyn‎, Senin (29/2/2016) ke grup Facebook Langsungenak.

Dalam tagihan tersebut tertulismenu makan malam VIP di sebuah restoran Cina bernama House of Yuen, by Sun Tung Lok, tertanggal 17 Februari telah menghipnotis dan membuat netizen melongo.

Dalam tagihan tersebut tertera sejumlah menu makan malam yang sudah dipesan seorang pengusaha yang disebut berasal di Jakarta dengan nilai Rp 86.837.586.

Makanan yang tertera di tagihan tersebut ada 12 menu makanan dan minuman. Minuman seperti chrysantinum tea, diet coke, equil natural.

Serta set menu vegetarian, equil sparkling, jasmine black tea, abalone yshama, appetizer platter, lobster dan lain-lain.

Untuk total tagihan minuman hanya Rp245 ribu, sedangkan untuk makanan pengusaha ini menghabiskan Rp71 jutaan, belum termasuk pajak.

Ini tagihan makan seorang pengusaha di Jakarta yang mengundang partner bisnisnya. Saya sedang berpikir apakah sebanding dengan nikmatnya?

Apa pendapat Anda?

Restoran House of Yuen diketahui berada di Hotel Fairmont, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan, dengan sajian ala Tiongkok.

Tagihan makan malam yang super mahal tersebut tentu saja menjadi viral dan mendapatkan berbagai komentar beragam dari pengguna Facebook.

“Harganya sekali makan dapat rumah tipe 36 ,busyet.” kata Fatma D’setiaku.

“Setiap perusahaan dan PT memiliki uang entertain yang dibayar oleh perusahaan. Hehehe. Kalau krn uang sgt si pengusaha bisa jebol proyek 1 M. Why not?” celoteh Annisa Aginta.

“No wonder apalagi makannya abalone dan kalau bawa kolega kan service juga gak sembarangan.” ungkap Leni Lestari Leni.

“Menunya aja macam abalone, sharkfin, conpoy pork sama lobster mutiara, ya jelas mahal… Terutama sharkfin nya itu… Ini makan dimana sih kok masih ada menu sharkfin? Masih legal ya?” ucap Stephanie Aprillia Saputra. Sumber

Quote:Kasus-kasus semacam itu sebenarnya sudah seringkali terjadi gansis dan selalu saja heboh di medsos. Rasanya tidak adil jika hanya menyalahkan pihak restorannya saja. Mungkin pihak restorannya memang ingin mengambil untung yang gedhe dengan dalih bayar pajak mahal, atau harga bahan baku makanan selangit, bikin menu makanannya sulit, bla...bla...blaEmoticons Kita jangan hanya bisa menyalahkan pihak restorannya saja. Sebenarnya dari diri kita pun bisa mensiasati agar tidak 'dikerjain' restoran nakal. Nih ada tips berdasarkan pengalaman ane sendiri ketika makan di sebuah restoran, mungkin sudah ada trit yang membahasnya. Dan ane rasa tidak ada salahnya untuk membahasnya kembali.
Quote:1. Jangan Malu Tanya Harga Makanan
Quote:Rumah Makan
Sumber Gambar

Quote:Poin ini menurut ane paling penting sebenarnya. Sudah banyak kasus rumah makan main getok harga makanan ke pengunjung, gara-gara si pengunjung entah lupa atau mungkin gengsi mau tanya harga makanan terlebih dahulu. Kalo penyebabnya lupa, mungkin memang sudah nasibnya kali gansisEmoticons Tapi kalo penyebabnya gengsi, wah amat sangat disayangkanEmoticons Memang sudah jadi sifat manusia jika ada atau muncul rasa gengsi, apalagi kalo mau makan bareng pasangan atau teman bisnis misalnya, rasa gengsi seringkali muncul. Saran ane, buanglah rasa gengsi untuk bertanya, seperti pepatah 'malu bertanya, digetok tagihan harga makanan'Emoticons

Quote:2. Cari Rumah Makan yang Ramai Parkirannya
Quote:Rumah Makan
Sumber Gambar

Quote:Kalo poin yang ini juga tips dari pengalaman ane sendiri gansisEmoticons Jadi kalo mau mampir di rumah makan, terutama rumah makan yang masih asing, carilah rumah makan yang ramai parkirannya gansis. Ramai di sini maksudnya banyak sepeda motor atau mobil yang berjejer di parkiranEmoticons Saran ane jangan sekali-sekali mampir ke rumah makan yang sepi parkirannya atau mungkin hanya ada satu dua mobil yang parkir, itu pun mobil mewah gansisEmoticons Karena boleh jadi rumah makan tersebut sudah terkenal bertarif mahal atau mungkin menu makanannya sudah habis dan mau tutupEmoticons

Quote:3. Cari Rumah Makan yang Desainnya Sederhana
Quote:Rumah Makan
Sumber Gambar

Quote:Kalo poin yang ini, tidak bisa jadi jaminan seratus persen sih gansis. Karena perkembangan rumah makan saat ini, banyak yang desainnya unik-unik namun dengan harga yang bersahabat gansis Jadi tidak selamanya rumah makan dengan desain yang wah, berarti harga makanannya juga ikut wah. Namun kebanyakan berdasar pantauan ane, kalo desainnya eksklusif begitu biasanya harga makanan pun mengikuti Emoticons Kalo bingung bin ragu-ragu, sekedar untuk memastikan, balik lagi ke poin pertama ya gansisEmoticons

Quote:4. Cari Rumah Makan Dekat Kampus atau Tempat Kost
Quote:Rumah Makan
Sumber Gambar

Quote:Sudah menjadi rahasia umum, jika ada rumah makan berdekatan dengan kampus, maka harga yang ditawarkan pun mengikuti harga hemat ala mahasiswaEmoticons Soalnya dengan keberadaan rumah makan tersebut, tentunya yang menjadi target utama adalah para mahasiswa. Jika harga yang ditawarkan terlalu mahal, maka para mahasiswa pun enggan untuk makan di situ. Ujung-ujungnya lebih baik makan mie instant saja yang lebih hematEmoticons Tapi sepertinya bakal kesulitan ya, kalo semisal mau makan tapi harus cari yang dekat kampus terlebih dahuluEmoticons Sudah keburu laparEmoticons Tapi itu sih pengalaman ane gansisEmoticons

Quote:5. Mampir Ke Rumah Makan yang Sudah Kita Kenal
Quote:Rumah Makan
Sumber Gambar

Quote:Nah kalo poin yang ini, ane berusaha mencari amannya saja gansis. Kalo perut lapar, carilah rumah makan yang memang sudah kita kenal atau mungkin sering berlangganan ke tempat yang sama. Bisa juga kita mampir ke tempat yang sudah direkomendasikan oleh banyak orang atau mungkin teman kita yang sudah berlangganan, sedangkan kita penasaran untuk mencobanya jugaEmoticons Jika sudah kenal sama yang empunya rumah makan, siapa tahu kita diberi diskon khusus. Diskon yang tidak sembarangan diberikan kepada orang lain. Lumayan kan gansisEmoticons

Quote:6. Membawa Bekal Makanan Sendiri
Quote:Bekal Makanan
Sumber Gambar

Quote:Nah kalo poin yang ini paling ane rekomendasikan gansis. Mengapa? Karena dengan membawa bekal makanan sendiri, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Misalnya saja lebih hemat dan efisien, ga perlu mengeluarkan duit lagi untuk mampir ke rumah makan. Keuntungan lainnya, makanan lebih terjamin nilai higienis-nya, karena kita sendiri yang memasaknya, tentu sudah mengetahui proses dari awal hingga siap disajikanEmoticons Kalaupun mungkin pembantu yang memasak, kita bisa mengontrolnya dengan teliti, jangan sampai pembantu memasak asal-asalanEmoticons

Quote:Demikian tadi beberapa tips dari ane agar tidak digetok seenak jidat oleh pihak rumah makanEmoticons Semoga bisa bermanfaat bagi gansis semuanya. Makasih. Pesen ane ke rumah makan yang pasang tarifnya ga kira-kira, bolehlah kalian mengambil untung dan memang harus yang namanya usaha pasti mencari untung. Tapi cari untungnya yang sewajarnya, jangan kelewatan seperti itu. Sebab jika kasih tarif yang kemahalan seperti itu, pihak yang rugi bukan siapa-siapa. Tapi kalian sendirilah yang bakal rugi, karena jaman secanggih ini, peran medsos sudah sedemikian dahsyatnya. Sampai-sampai para menteri kita pun sudah saling mem-bully lewat medsosEmoticons Makasih, semoga bisa menjadi perhatian para pengusaha rumah makan di tanah air tercintaEmoticons
Quote:Tambahan dari Kaskuser
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By bonsaiboncel
kesimpulan dari yang ane baca gan ni ye ente ngomongin makan aja di WARUNG
jadi tips ente ini gak cocok buat mereka yang emang doyannya ke restoran, entertaint. babar blas gak masuk kata orang jawa Emoticons
gini gan ane perbaiki saran ente kalau mengikuti topik yang ente bicarain itu kelasnya RESTORANEmoticons

fact.
1. restoran jual service (pelayanan), terus ada biaya tax (pajak), biasanya ya gan. gak cuman jual menu food and beverage doang.
2. uang service itu nanti larinya ke karyawan juga. kalau ngeliat sistem POS yang di bill sih gak keliatan ya ada biaya service and tax.
bisa jadi di menu. yang pasti ada tax.
3. ane gak kaget kalo ada yang habis segitu, cuman biasanya yang habis segitu tu yak consume di entertaint coba agan tanya temen2 yang sering nge pub karaoke. ini resto hmmm oke lah menunya juga ilegal, yang diobrolin juga proyek ilegal Emoticons)

tips.
1. cek service and tax di menu makanan minuman, kalo gak tercantum tanya berapa persen....!!!
tax biasanya 10%. lebih dari itu pikir sendiri yak. tax apaan tuh Emoticons)
service ini macem2 gan. rata2 5% kebawah.

2. agan harus punya assistant kalau ajak kolega ke tempat kaya gini suruh dia cek berapa makanan keluar berapa minuman keluar. yang ada di meja agan.
kenapa gan harus ada assistant ? masak sih pake di itungin kan malu Emoticons)
logika, ente bawa kolega dengan total 20 orang, 20 mulut, 30% selera makannya sama, berarti ada yang beda selera makan.
alhasil makannya beda2, nah disini nih ente kalo niat itung2an gak mau kejebak ente harus mesti teliti. mulut si a. makan apa si b. minum apa. Emoticons)
kalo gak ente perhatiin, ah biar aja ah. itu jadi kesempatan buat 1. kasir 2. waiter. 3. semua pihak resto buat nyelip2in makanan ke table ente yang tadinya pesen sop kon** 5 biji jadi 15 biji. seneng dong service naik. 10 sop bisa di bawa pulang bungkus ke temen2 Emoticons)

3. teliti bill kalkulator sendiri..!!
kalo perlu ente ni ye gan itu sebelum pesen catet apa yang dipesen, pas minta bill cocokin sama yang lu catet.


panjang ya gan Emoticon jadi gan emang kita sesekali perlu nyobain restoran biar, NGEEH sama makanan di resto.

PERCAYA GAN TIPS INI CUMAN COCOK KALO ENTE MAKAN SENDIRI, BARENG TEMEN, KELUARGA.

KALO ENTE BARENG KOLEGA ANE CUMAN BISA Emoticon

Code:
buat yang kerjanya jadi kasir atau waiter atau berkaitan dengan restoran jangan tersinggung, ini buat antisipasi, buat jaga2. dan ini cuman hasil pengalaman ane, gak semua curang, banyak yang jujur, dan pasti dapat tips kalo jujur. kalo yang curang aneh2.. hmmmm panggil manager..!!
Source: http://kask.us/ic1jq
Pasang Iklan
close