Bahaya Rokok

Ibu Menyusui AnakDuh, Jangan Nyusuin Anak Sembarangan Dong, Bu!
anwar04-7578147
Menyusui
Quote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..Emoticons

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan yang udah berkunjung, komen, dan rate5. Dan seperti biasa, kalau agan nggak suka, langsung ajah tutup jendela Kaskus di layar komputer agan sista.

Quote:BUAT YANG MAMPIR, TOLONG BACA SAMPAI AKHIR! JANGAN CUMA BACA JUDUL!Emoticons
Di tret ini ane mau bahas tentang fenomena menyusui anak di ruang publik yang biasa dilakukan oleh sebagian ibu di Indonesia. Ruang publik yang ane maksud ini tempat-tempat orang berkumpul baik di pusat perbelanjaan maupun transportasi umum. Ane nulis ini karena kemarin ane berada di posisi yang bikin canggung.

Oh iya, untuk tema sendiri sudah banyak banged yang bahas pas ane cari pake kata kunci "menyusui". Tapi isinya ane jamin original tulisan ane sendiri, gans.

Yuk ah langsung ke tekape, gans!
Emoticon

Quote:Ilustrasi



Di Sabtu siang yang panas, ane nganterin ibu ane ke suatu tempat dengan menggunakan kereta listrik atau yang biasa disebut dengan commuterline. Di commuterline ini penumpang cukup padat. Karena ane naik dari stasiun Jakarta Kota, makanya ane dapet satu tempat duduk di samping ibu ane.

Separuh perjalanan ane tertidur, tapi tiba-tiba terbangun karena suara informasi pemberhentian stasiun yang dilalui kereta. Nggak lama pintu terbuka. Seorang ibu usia 34 tahun masuk dengan dua anak di tangan kiri dan kanan, sedangkan satu lagi masih usia satu tahun tiga bulan digendongan si ibu. Ane pun menawarkannya duduk dan ane berdiri di depannya.

Oh iya, ane tahu data-data singkat si ibu karena dia ngobrol dengan seorang ibu paruh baya tentang KB dan lain-lain.

Nggak lama si anak rewel dan menangis. Si ibu berusaha menenangkan anaknya namun nggak berhasil. Akhirnya dia mengeluarkan senjata andalannya. Mulut anaknya disumbat dengan puting susu agar berhenti menangis. Sontak ane mencari pemandangan lain karena takut dianggap mencari kesempatan untuk melihat payudara si ibu.Emoticons

Quote:Puting Susu vs Alat Vital

Private Dining

Buat agan sista yang suka nonton film keluaran Hollywood, pasti sering lihat adegan bugil baik aktor maupun aktrisnya kan? Tapi karena ini bukan film porno, biasanya ada bagian-bagian yang nggak diekspos secara brutal.Emoticons

Kalau aktor biasanya hanya bagian kemaluan yang disamarkan. Kalau pantat alias tampak belakang sih masih sering terlihat juga. Sebabnya karena kalau sampai si otong ditampilin, yang ada itu film berubah jadi film porno.Emoticons

Untuk aktrisnya juga biasa menampilkan kemolekan tubuhnya. Dan kalau si cowok disamarkan di bagian kemaluan, maka kalau wanitanya ada dua titik yang disamarkan. Selain alat vital, puting susu juga biasanya selalu ditutupi entah pakai tangan atau pakai kain.

Dan untuk memperjelas definisi puting susu, berikut ane kutip definisinya dari kbbi online, puting susu adalah bagian susu atau buah dada pada ujung depan yang berbentuk bulat kecil (biasanya berwarna hitam atau cokelat); pentil.

Karena puting susu selalu ditutupi agar tidak dianggap porno, maka ane simpulkan kalau puting susu itu sama atau setara dengan alat vital wanita yang tidak boleh dipertontonkan baik dalam film maupun di kehidupan sehari-hari. Dan karena alasan ini, kalau si ibu menyusui di depan orang banyak tanpa penutup, sama saja si ibu mempertontonkan alat vitalnya ke orang-orang yang melihatnya.Emoticons

Quote:Selain mengganggu, itu juga...

Menyusui

Selain mengganggu kenyamanan orang (khususnya kaum Adam) yang melihat karena takut dianggap mata keranjang, suka ambil kesempatan dalam keterbukaan (puting susu), hal ini juga bisa membangkitkan birahi seorang lelaki.Emoticons

Sebut saja orang yang memiliki fetisisme seksual. Orang ini biasanya terangsang oleh benda-benda atau bagian tubuh tertentu dari seseorang. Bisa dibayangin kalau si ibu menyusui di depan orang dengan kelainan seks jenis ini. Si terduga akhirnya menjadi gila karena terus terbayang puting susu si ibu yang menyusui. Salah-salah bisa dibuntuti dan diperkosa nih ibu.

Tuh, kalau sudah begitu siapa yang rugi?

Quote:Jika terpaksa...

Nursing Area

Menyusui itu memang sangat dianjurkan karena pemberian ASI ekslusif banyak manfaatnya. Tapi harus lihat kondisi juga ya.

Itu sebabnya di beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan dan rumah sakit tersedia ruang khusus menyusui. Hal ini dilakukan pihak manajemen gedung untuk menjaga privasi para ibu. Lalu bagaimana jika di tempat tersebut tidak ada ruang menyusui?

Sista sekalian boleh saja menyusui anak tercinta, tapi jangan lupa untuk ditutupi payudaranya supaya nggak mengganggu kenyamanan bersama.Emoticons

Quote:Sekian dulu tret dari ane. Kalo menurut nte gimana, gans?

EmoticonsEmoticonsEmoticons

Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.

Nenen Area!Emoticons
Quote: Selamat buat komen terpilih yang udah ane cendolin!

Sampai jumpa di edisi cendol komen berikutnya, gansEmoticons

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By sashimi92
Jd teringat kata2 dosen hukum acara perdata ane. Dia bilang ada aturan utk melihat proses sidang di pengadilan. Misalny ga boleh baca koran, ga boleh nyusuin anak dll. Beliau bilang kalo di kampung nyusuin anak ga pk kain penutup, bikin hakim tidak konsen. Jadi ibu2 yg nyusuin tanpa kain penutup disuruh keluar
Emoticons

Quote:Original Posted By twilight777
Memang seharusnya pake tutupan..
Jangankan agan yang cowok..
Ane aja yang cewek risih liatnya...
Dan sekarang juga udah banyak kok kain menyusui..

Quote:Original Posted By jazymacaca
Sebagian besar pada nyaranin kalo lg nyusuin itu harus ditutup kain atau bayinya disusuin seblm pergi. Ane setuju sama pendapat agan2 kece. Yg jelas, gimana caranya dah biar ga ngeganggu org lain (terutama cowok). Kalo mau cepet2 terbebas dari masalah ini, si ibu bisa pake breast pump alias pompa ASI. Jd ASI-nya dipompa dan disimpen di botol utk jaga2 kalo anaknya mau nyusuin. Jgn dibiasain si anak selalu 'nete', selain ga baik, kalo anaknya cowok, ini bs bikin dia jd cabul krn kenyamanan dia ada di (maaf) puting susu ibunya. Menjijikan bgt. Coba agan yg pernah nonton film Last Emperor, ada adegan si kaisar kecil ini ud umur 7 tahun tp kalo lg sedih dateng ke ibu susunya dan ngenyot2 ga jelas padahal ud ga ada ASInya!

Intinya jgn dibiasain si anak selalu nganggep solusi supaya dia tenang itu hanya dg 'nete' ke ibunya. Kalo breast pump emang mahal, cari tempat sepi ato yg ga ada cowok utk nyusuin bayinya. Maaf ya kalo ane sotoy, tp emang di commuter line pas weekend sering ada ibu2 yg seenaknya buka baju untuk nyusuin anaknya yg ud sekitar 3-4 tahun. Ane sebel liatnya. CMIIW ya

Quote:Original Posted By darkangel17
hee.. menark nih.. soalnya ane juga ibu muda yg masih punya anak bayi Emoticons

ada yang me-wajarkan, karena ini kan ngasih makan anak Emoticons

ane pernah tuh, ibu2 nyusuin anaknya tapi gk di cover, sama dia dibuka gitu aja, kaya gak ada rasa malu sama sekali Emoticons kejadiannya sih waktu itu di area tempat main anak2 (yg suka ada didalem mall itu loh gan, yg bayar 25rb - 30rb maen sepuasnya) tapi kan tetap aja itu area public, kadang suka ada bapak2 yg jagain anak2nya juga.. trus ada suami ane yg ikut jagain anak ane juga (anak ane 2, yg 1 sudah 5 tahun, adiknya masih 2 bulanan waktu itu)

padahal dia pake jilbab Emoticons tapi kayanya sih itu jilbab juga asal pake doang Emoticons

nih ya, ane kasih tips buat para ibu menyusui diluar sana :

1. sebelum pergi, di susuin dulu anaknya, biar dia kenyang.. kalaupun dia rewel di perjalanan, kemungkinan cuma bosan, digendong sambil digoyang-goyangin dulu aja atau kasih mainannya dia

2. jangan lupa bawa kain/selimut buat cover

3. bagi yang pakai jilbab, tolong pakai jilbab yang panjangnya nutupin dada dan agak longgar, gak punya? beli dong Emoticons
di internet kan udah banyak, googling aja jilbab langsung pakai
ane mah lebih baik keluar modal 100rb bahkan lebih buat beli jilbab yg lebar biar nyaman daripada ribet nenteng2 selimut (selimut/kain tetap bawa tapi taro di dalem tas)

note : tips diatas berguna pas lagi dalam perjalanan di angkutan umum, misal dikereta
kalo sudah sampai lokasi tujuan perjalanan trus si anak udah kelaparan tapi tempatnya gak ada ruang buat menyusui ini tipsnya :

1. cari spot yang jarang di lirik orang, pojokan/sudut2 misalnya

2. mulai menyusui tapi harus tetap tercover

alhamdulillah anak ane gk ribet2 amat, kalo rewel gampang di dieminnya Emoticons

Quote:Original Posted By dittalenyr
Setuju ma aganwati darkangel17 ... bayi sebenarnya bisa dikondisikan koq.... dikenyangin dlu sblm diajak pergi ... biasanya nanti di angkutan dia tertidur. Tp klo gerah biasanya gelisah sih ...
Saya pribadi paling menghindar klo menyusui di tempat umum. Biasanya terpaksa pakai dot bayi. Atau klo terpaksa menyusui ditempat umum Yo koordinasi ma suami, cari t4 sepi ... pojokan .. sudut2 .. udh ditutupi kain msh dijagain ma suami ...
Karena kebetulan klo pergi bawa bayi naik angkutan umum g pernah pergi sendiri ....

Quote:Original Posted By dulupirang
Duh gan ane jadi inget waktu ane lagi di dalem commuter line, ane naik dari stasiun sudimara tiba tiba di stasiun pd.ranji ada 2 ibu-ibu dan 1 mbak-mbak serta anak yg masih umur 13-15bulan. Karna doi bawa anak ane persilahkan bangku ane buat doi tp cowok sebelah ane udh ngasih jadi ane tetep duduk. Nah si anak balita ini rewel ajag-ijig akhirnya nangis setelah itu si ibu ngasih senjata andalannya yaitu putingnya! Itu puting udah gedeeee item pula! Ane sebagai wanita merasa malu gan. Ane mau bilangin tapi ngeri doi marah Emoticons harusnya sih setiap wanita yg msh menyusui punya penutup khusus buat nutupin nenennya. Sayang, masih banyak yg gak sadar akan hal itu Emoticons. Sekian gan

Quote:Original Posted By mit.sta.lia
Kalo tempat ane, biasanya ibu-ibu yg masih punya anak kecil di bawah 2 tahun pada bawa jarik atau nggak kain kecil (bagi yang nggak pake jilbab) jadi waktu terpaksa ngasih asi di tempat umum, ya masih ditutupin, jadi aneh aja sama ibu2 yg bisa ngasih asi di tempat umum kalo nggak di tutupin...

Quote:Original Posted By damai.s4udaraku
dulunya sebelum nikah pada ketutup bahkan belahannya aja ga ditampakkan, tapi pas sdh nikah punya bayi blak blakan nyusui anak di teras rumah pas lgi ngegosip.
ohh seperti itu bentuk asli dibalik bajunya Emoticon

Quote:Original Posted By dklim
Kadang" ane ngalamin nih apa yg TS rasakan secara ane tiap hari naik kereta nah biasanya weekend yg sering terjadi kaya gini, pernah ane ga sengaja gitu liat ibu semok bohay cakep gede lagi (bayinya) netein anaknya di depan ane di dlm kereta, kadang kita jadi bingung juga bree ga di liat sayangEmoticons di liat di sangka cabul dan bisa berakibat burukEmoticons yakan jadi ya dilema juga bre menurut ane mah

Quote:Original Posted By ter.greget
Ya mungkin Ibu nya kurang edukasi tentang menyusui di tempat umum, atau mungkin pemikiran si ibu ahh cuek aja. Seharusnya kalau bisa bawa selendang untuk menutupi dari penglihatan mas-mas ganas Emoticons

Quote:Original Posted By vasto.lorde
Ane pernah ngalamin hal serupa sama TS, tapi di dalem busway. Kejadiannya sih udah lama. Awal2 busway ngeluarin kebijakan area khusus wanita sm umum. Fyi, ane cwo, kalo naek busway biasanya ane selalu pindah ke bagian depan (sebelum ada kebijakan area khusus wanita). Kalo gak dapet duduk, minimal bs lesehan disamping pak supir Emoticons.
Ceritanya waktu itu ane masih blm tau ttg kebijakan area khusus wanita. Jd pas masuk busway, ane berdiri di tengah, rada masuk ke area khusus (abang kenek nya juga ngga negor sih, kalo sekarang kan pasti ditegor). Waktu itu rada padet penumpangnya. Trs ane rada bingung, kok di depan didominasi ama cwe ya? Ane diem lah, sambil dengerin lagu sambil merem. Pas ane buka mata dan liat ke depan ane, ada ibu2 muda (berhijab) lg nyusuin anaknya. Otomatis terpampang sedikit lah ya aurat ny (bening gan, mana lumayan cakep pula ibu-ibu nya, kisaran 28 - 30'an Emoticons). Tanpa pikir panjang, ane lgsg geser ke belakang a.k.a bagian umum Emoticons. Pantes aja daritadi ane ngerasa banyak tatapan aneh ke ane Emoticons.
Sejak saat itu ane selalu ngerasa area khusus wanita itu bener2 area sakral. Emoticons

Quote:Original Posted By sleeping.ugly
kalo dikereta, ane maklum sih gan. gak ada ruangan khusus menyusui. tapi kalo di puskesmas, udah jelas2 ada ruangannya sendiri. tapi tetep aja sembarangan dan gaditutupin pula. emang kurang kesadaran berati gan

Quote:Original Posted By tatitutetok
Ane sebagai ibu yang sedang menyusui bisa merasakan apa yg ibu itu rasakan.
Ane muslim, jadi lebih mudah sih. Dalam hal ini ane selalu pakai jilbab lebar setiap bepergian mau itu pk kendaraan pribadi atau umum buat jaga-jaga kl gak ada ruang menyusui (istilahnya ruang laktasi).
selain itu ane juga tetap bawa kain menyusui/pasmina/apapun lah yg bisa menutupi walau udah pk jilbab lebar.skrg ada kain khusus yg didesain untuk menutupi payudara ibu yg menyusui.
Kalau kain ini biasanya yg bawain suami ane.pas ane menyusui, suami ane yg membentangkan kain ke sekeliling ane walau sebenarnya bayi ane uda masuk ke jilbab sih.tp tetap merasa blum aman.hehe
kl bepergian sendiri, jilbab lebar tetap.kainnya ane tutupin ke depan badan pokoknya sampai yakin gak kelihatan.
ini kalau ane sih.
Pejwan kl berkenan, kali aja bisa berguna pengalaman ane ini Emoticons

btw pesan untuk pemerintah/swasta yg mengelola fasilitas umum:
Kami sebagai ibu menyusui berharap di tempat umum disediakan ruang menyusui karena kenyataannya ruang dan fasilitas umum masih banyak yg belum memiliki ruang laktasi.
Demi kebaikan semua Emoticons
Source: http://kask.us/ifXPA
Pasang Iklan
close