Bahaya Rokok

Peduli Orang KelaparanJangan Lagi Ada Orang Kelaparan. Mereka-mereka Yang Peduli (INSPIRATIF)
annanizsa-4961814
Assalamualailkum agan sista kaskuser.
Semoga selalu diberikan rejeki, kesehatan, dan berkah yang melimpah oleh Allah SWT. Amiin.


Pernah mendengar sebuah pernyataan seperti ini?
"Jika anda dapat makan 3 kali sehari selama 3 minggu berturut-turut, maka anda berada di atas 15% dari orang terkaya di dunia".
Wuih alhamdulillah kita masuk orang kaya ternyata gan. Emoticons
Agan sista kaskuser sekalian, ada banyak di luar sana orang yang masih susah untuk sekedar memenuhi kebutuhan pangannya. Kebutuhan paling primer. Hak setiap manusia. Namun beruntung nih ternyata masih ada banyak orang baik di dunia ini. Termasuk kaskuser juga tentunya Emoticon
Thread ini ane buat untuk mengapresiasi orang2 di berbagai belahan dunia yg baik hati berbagi dan tidak membiarkan orang2 disekitarnya kelaparan. Dan semoga juga dapat menginspirasi kita semua Emoticon
Ini dia gan orang2 baik yg menginspirasi..

Quote: 1. Kulkas Dengan Makanan Gratis di India

Kochi, India
Sebuah restoran di Kota Kochi India bagian selatan, Adalah Minu Pauline, pemilik restoran Pappadavada yang menaruh sebuah lemari pendingin di depan resrotannya. Setiap hari kulkas tersebut selalu berisi makanan, yang bisa diambil secara cuma-cuma oleh siapa saja yang membutuhkan.
Wanita tsb tergerak untuk berbuat hal mulia ini setelah pada suatu malam setelah restorannya tutup, ia melihat seorang perempuan mengais-ngais sisa makanan dari sampah bagian belakang dapurnya.
“Saya sudah sering melihat tunawisma dan orang kelaparan, terutama kaum orang tua membongkar tempat sampah hanya untuk bisa mendapatkan makanan. Mereka mencari sisa makanan, atau makanan basi hanya untuk bisa meredakan rasa lapar. Jelas hal ini sangat mengganggu saya,” kata Pauline kepada The Hindu .
Kemudian Pauline berpikir bahwa restorannya selalu punya banyak makanan sisa yang dibuang setiap hari. Padahal seharusnya makanan tersebut bisa dengan mudah diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan, tanpa harus mengais-ngais di sampah.

Quote: 2. Warung-Warung Sedekah di Indonesia

Di Indonesia juga banyak loh tempat makan yg berbagi makanan secara sukarela kepada kaum duafa/yg membutuhkan. Ini dia TS update sesuai permintaan banyak kaskuser yang penasaran tentang keberadaan warung sedekah lainnya yg tersebar di Indonesia. Emoticons

Spoiler for Jogja (Oleh Yuliana Oktoviati):
Yogyakarta, Indonesia
Sejak bulan September 2014 warung ini sudah mulai beroperasi. Buka setiap hari Jumat, di O kilometer kota Jogja. Di sini disediakan nasi, sayur, lauk lengkap dengan teh hangatnya. Banyak pengunjung yang mengaku sangat terbantu dengan adanya warung shodaqoh milik mbak Tovi ini. Tak hanya tukang becak atau pemulung saja yang merasa terbantu, mahasiswa kere pun juga boleh datang untuk ikut makan gratis di warung ini. Emoticons
Menurut cerita mbak Tovi, awalnya banyak orang yang tidak percaya bahwa makan di warung ini benar-benar gratis. “Banyak yang mengira saya punya niat tersembunyi di balik warung gratis ini. Saya sampai manggil-manggil tukang becak, pemulung atau siapapun yang lewat depan warung untuk mampir. Bahkan saya sampai nyebar-nyebar brosur ke lampu merah, pasar dan terminal biar orang mau singgah” ucap wanita berusia 33 tahun yang juga pengusaha sukses batu alam ini.

Spoiler for Jogja Lagi:
Yogyakarta, Indonesia
Terletak di jalan Gedong Kuning 168 Yogyakarta. Siapapun boleh makan di warung tersebut dengan cuma-cuma alias gratis. Namun lebih diutamakan orang yg benar2 membutuhkan ya Emoticons

Spoiler for Bandar Lampung:
Lampung, Indonesia
Warung makan ini terletak di Jalan Teuku Umar (Depan PTPN 7) Bandar Lampung. Warung yg ditempati lapak Martabak POP (pada saat malam hari) ini, pagi harinya menyediakan makanan gratis untuk fakir miskin.
Diambil dari account Facebook Lidya Ade Hadi, warung ini terima bantuan berbentuk sembako dan uang tunai.
"Sedekah Makan Gratis 'Ridho Allah' ini adalah sedekah bersama dengan saudara dan teman dekat.. Membagikan makanan gratis untuk saudara2 kita yg memerlukan. Sedikit menolong dan mengurangi beban saudara2 kita yg sedang kesusahan, sprt : tukang pulung, petugas kebersihan, tukang ojeg, sopir angkot, dan siapapun yg memerlukan" ucap Lidya

Spoiler for Jakarta:
Jakarta, Indonesia
Nih yg tadi pada nanyain warung sedekah di Jakarta. Ternyata ada loh. Dicetuskan oleh Sonnie Wicaksono, Hapsari Budi Utami dan Niken Esta pada tahun 2012 dan mulai beroperasi pada bulan Februari 2013 di daerah kebayoran lama, menggunakan mobil box. Warung ini menjual makanan sehat kepada para dhuafa dengan harga 2000 rupiah saja per porsinya

Spoiler for Padang:
Padang, Indonesia
Warung Ikhlas Dunsanak ini juga sama dengan warung sedekah yg di Jkt. Dengan menggunakan mobil box, warung ini berkeliling kota Padang ke tempat-tempat kaum dhuafa berkumpul. Seperti TPA, Air dingin Lubuk Minturun Kota Padang dan juga Pelabuhan Teluk Bayur.
Hanya dengan 2000 rupiah, para dhuafa sudah dapat menikmati 1 porsi makanan sekaligus air minumnya.

Spoiler for Surabaya:
Surabaya, Indonesia
Warung amal ini didirikan oleh Mustika Hikmawati. Dia membuka warung amal ini untuk membantu kaum dhuafa. Para dhuafa bisa mengambil sepiring nasi lengkap dengan lauk pauk dan air minum dengan bayar Rp.1.500 saja. Warung yg buka pukul 9.00 sampai 14.00 wib itu mempunyai menu yang cukup beragam, seperti rawon, pecel, lodeh, sup, soto ayam dan lain-lain. Wah murah banget ya gan dengan menu yg lumayan itu

Inspiratif banget kan gan. Kita juga bisa nih membuka warung sedekah lain di kota sendiri. Emoticon

Quote: 3. Makanan & Minuman Gratis di Dubai

Dubai
Meskipun pendapatan masyarakat di negara yang kaya akan minyak dan gas ini di atas rata-rata dan bergelimangan harta, namun ternyata mereka tak lupa untuk berbagi terhadap sesamanya.
Di Dubai ini terdapat sebuah outlet yang menyediakan makanan dan minuman gratis bagi kaum dhuafa dan pengangguran yang tidak memiliki uang, outlet tersebut menyarankan untuk hanya mengambil 1 buah makanan/minuman per-orang.
Meskipun outlet ini tak terlalu banyak diminati, karena tidak banyak orang pengangguran atau dhuafa di kota itu. Tapi tetep salut deh sama niatnya. Kaya raya tapi tidak lupa terhadap sesama yang di bawah Emoticon

Quote: 4. Rescuing Leftover Community. New York, Amerika

New York, Amerika
Robert Lee, pria berdarah Korea yang tinggal di New York ini, berinisiatif membentuk gerakan pengumpulan makanan sisa.
Berkat didikan orang tuanya sejak kecil, Robert harus membiasakan diri untuk tidak meninggalkan sedikit pun makanan sisa di piring. Inilah yang membuat Robert berpikir betapa banyak orang di luar sana yang kelaparan. Namun di sisi lain banyak orang yang membuang makanan.
Robert pun membentuk RLC, yaitu Rescuing Leftover Community atau Komunitas Pengumpul Makanan Sisa di New York, Amerika Serikat. Robert dan beberapa temannya datang ke satu restoran dan tempat makan lain untuk mengumpulkan makanan yang tidak terpakai dan diberikan kepada yang membutuhkan.
Makanan ini tentu saja makanan yang masih layak dimakan. Dalam sehari mereka bisa mengumpulkan 3 - 60 kg dari restoran dan cafe sekitar New York saja. Makanan-makanan ini mereka kumpulkan dalam kantong kertas dan kardus.
Selain mengumpulkan makanan, tugas mereka juga mencatat semua makanan yang telah didonasikan. Catatan ini akan menjadi arsip internal RLC dan informasi masing-masing restoran agar mereka tahu kemana perginya bahan-bahan makanan yang mereka donasikan.
Misi-misi RLC antara lain adalah untuk menyalurkan bantuan makanan tepat sasaran kepada yang paling membutuhkan. Menjadi lembaga terbesar untuk penampungan bahan makanan sisa, membuat kestabilan makanan kepada masyarakat luas, dan mencegah adanya kelaparan.
RLC juga hadir dalam aplikasi mobile untuk setiap rumah makan atau restoran yang ingin mendonasikan bahan makanan mereka. Juga memberikan informasi kepada para sukarelawan tentang lokasi mereka akan mengambil makanan. Data-data dalam aplikasi mobile ini pun nantinya akan diolah menjadi analisis yang berguna untuk mencegah kelaparan di kemudian hari. Keren banget kan mereka2 ini Emoticon

Quote: 5. Suspended Coffee di Italy dan Australia

Itali
Membantu orang tidak mampu, tidak melulu dengan bentuk uang. Sebuah tradisi unik yang dimulai di Naples, Italy, melahirkan sebuah gagasan unik untuk membantu mereka yang tidak mampu atau homeless. Tradisi tersebut adalah suspended coffee atau kopi yang ditangguhkan.
Ini adalah sebuah budaya atau tradisi di mana seseorang datang ke sebuah kafe dan membeli secangkir kopi untuk dirinya sendiri, namun dia akan membayar untuk dua cangkir atau bahkan lebih. Tradisi ini bertujuan agar orang-orang yang tidak mampu dan tak punya uang tetap bisa menikmati kopi seperti dirinya. Tentunya kopi tersebut gratis. Bahkan di beberapa kafe pun saat ini tidak hanya menyediakan kopi yang ditangguhkan, tetapi juga sudah mulai menawarkan roti sandwich dan makanan-makanan lainnya untuk ditangguhkan.
Para pengemis dan gelandangan pun kemudian akan datang ke kafe tersebut seraya menanyakan apakah ada kopi yang ditangguhkan hari ini. Kalau ada maka pelayan kafe akan menjawab yes, sembari menyuguhkan kopi tersebut. Sehingga orang-orang yang tidak mampu ini tidak hanya sekadar masuk untuk menghangatkan tubuh di dalam kafe, tetapi juga bisa ikut menikmati kopi dan makanan yang ditangguhkan oleh para dermawan yang sama sekali tidak mereka kenal.
Sedikitnya saat ini ada sekitar 116 kafe dan restoran di Melbourne Australia yang menyediakan fasilitas ini.
Banyak hal dan nilai yang bisa kita petik dari tradisi tersebut. Di antaranya adalah budaya dermawan serta nilai keikhlasan yang sangat luar biasa ditunjukkan oleh mereka yang notabene-nya pembeli dan penerima tak pernah bertemu satu sama lainnya. Kemudian kejujuran pelayan serta pihak kafe juga patut kita acungi jempol karena tanpa memiliki modal kejujuran yang tinggi tentu tradisi seperti ini akan sangat sulit dijalankan serta dipertahankan hingga sekarang. Saluut. Emoticon

Melihat negara kita tercinta Indonesia masih terdapat banyak sekali orang di bawah garis kemiskinan dan mengalami kelaparan. Sebetulnya konstitusi kita telah memiliki jiwa pemberantasan kemiskinan yang tinggi. Lihatlah pasal 34 UUD 1945 yang dengan tegas menyebutkan “Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara”. Ini dengan jelas mengatur soal kewajiban pemerintah untuk menyelesaikan kemiskinan. Namun kenyataannya, hingga kini kemiskinan masih tinggi.
Memang sepertinya kita tidak bisa terus-terusan menunggu uluran tangan pemerintah, yg seakan menutup mata.
Harapan TS semoga semakin banyak orang2 baik di dunia ini yg peduli terhadap sesama sehingga tidak ada lagi orang2 kelaparan. Aamiin. Emoticons

Akhir kata,
SHARE YOUR LOVE..SHARE YOUR FOOD

Spoiler for Sumber:
m.kompasiana.com
www.suratkabar.com
www.sehat-bahagia.com
www.nakhodaku.com
m.aceh.tribunnews.com

Quote:Tambahan Kaskuser:

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By G.Ezr
Jon Bon Jovi punya gk ada? Soul Kitchen?

Dia bikin restoran, menu semua gak ada harganya. Bayar sepantasnya menurut kita, kalo gak punya uang, bisa volunteer di situ jadi koki, atau bersih2, atau sumbang bahan makanan.

Nih websitenya.
http://www.jonbonjovisoulfoundation.org/

Quote:Original Posted By yazzzied
di Indonesia (khususnya Jakarta) ada beberapa yang pernah ane temui, kayak warung makan di daerah Kalimalang (ane lupa namanya) slogan >> "Makan Sepuasnya Bayar Infaq se Ikhlasnya" terus ada lagi di daerah Cibubur makan Gratis bayar pake hafalan surat Al Mulk, nah kalo daerah Depok beda lagi makan dengan bayar tilawah 1 Juz (30-40 menit lah) | keren dah makin berkah tuh hartanya & idupnya. Emoticon

Quote:Original Posted By ayamgalau
Ane orang Lampung gan, kadang kalo malem ane beli martabak pop yang jadi lapak sedekahnya Emoticons
Rasa martabaknya mantep, sekali coba bakal ketagihan (bukan promosi loh ya Emoticons), penjualnya juga ramah Emoticons

Quote:Original Posted By SIDJIBOOM
di jogja ada relawannya juga gan, beraksi malem hari. berbagi nasi gratis ke orang yg membutuhkan khususnya tunawisma

Quote:Original Posted By iyansomnia
di daerah tanjungpriok tepatnya di warakas, juga ada warung amal gan..
serupa tapi tak sama.
bedanya adalah, di warung bude (warga nyebutnya begitu) pengunjung harus tetap membayar.
lha terus dimana letak amalnya?
begini, pengunjung bebas makan menu apa aja dan bebas seberapa banyak sampai mereka kenyang (tidak boleh dibungkus) dengan membayar IDR 8K saja. Istilah kerennya "All You Can Eat only IDR 8K".
kenapa tidak gratis?
karna untuk menghindari orang2 yang pura2 atau sok miskin yg mau enaknya aja (yang ironisnya jadi tabiat banyak sekali orang2 di indonesia) yang datang sesuka mereka tanpa memikirkan ada orang lain yang lebih membutuhkan.
sulit buat ane njelasinnya, ane harap TS dan kaskuser yg lain paham maksud ane.. Emoticons

Ide kaskuser nih Emoticon

Quote:Original Posted By indoneziana
Bagus tu kalau kaskuser punya kek gitu, 'kaskuser food donation' di tiap-tiap regional Emoticons
Source: http://kask.us/ifpqC
Pasang Iklan
close