Bahaya Rokok

Jersey Timnas InggrisKetika Media Asing Mengkritik Upah Buruh Di Indonesia
ibnutiangfei-3371901
Welcome
Quote:Halo gansis, ketemu lagi dengan ane nihEmoticons Kali ini ane ingin mengangkat tema seputar piala eropa 2016Emoticons Loh kok tidak nyambung dengan judul tritnya. Apakah si TS sedang mabuk? Ya enggaklah gansis, apalagi sekarang kan sedang di bulan puasaEmoticons Kembali ke tema di dalam trit, memang di sini ane ingin membahas seputar piala eropa 2016. Tapi bukan tentang pemain atau tim-tim yang akan berlaga di even tersebut. Melainkan seputar jersey salah satu timnas yang bakal turut berlaga di piala eropa 2016. Jersey yang ane maksud adalah jersey timnas Inggris. Mengapa Inggris?
Quote:Timnas Inggris
Quote:Jersey Timnas Inggris Buatan Indonesia
Quote:Sudah tahu belum, jika jersey yang bakal dikenakan para pemain top dunia seperti Rooney ternyata buatan negeri kita tercintaEmoticons Belum tahu? Nih ane paparkan sedikit. Berdasarkan berita yang dimuat salah satu media top Inggris, The Sun mengungkap bahwa jersey yang bakal dipakai oleh timnas Inggris dalam ajang piala eropa 2016 ternyata buatan Indonesia gansisEmoticons Memang sih bukan merk asli Indonesia yang membuat jersey tersebut, melainkan merk ternama dunia asal Amerika, nike yang memproduksinyaEmoticons Namun, pihak nike sendiri telah menunjuk salah satu perusahaan garmen Indonesia untuk memproduksi massal jersey tersebutEmoticons Jadi secara tidak langsung yang memproduksi jersey timnas Inggris tetap Indonesia donkEmoticons

Quote:Mengapa Indonesia yang Terpilih untuk Memproduksinya?
Quote:Sudah menjadi rahasia umum gansis, jika sebuah negara berkembang seperti Indonesia masih menerapkan kebijakan upah buruh yang dinilai terlalu minim oleh negara lain. Banyak faktor yang menyebabkan upah buruh di negara-negara berkembang masih dianggap terlalu rendahEmoticons Dengan upah buruh yang minim tadi, tentu secara hukum ekonomi akan turut meminimalisir ongkos produksi sebuah barang. Karena ongkos produksi bisa ditekan seminimal mungkin, tentu saja berimbas kepada laba penjualan produk yang bisa lebih maksimal. Terlebih jika produk yang dipasarkan mempunyai nilai jual tinggi. Entah karena produknya memang merupakan merk ternama atau karena memiliki banyak peminat di seluruh duniaEmoticons Seperti kasus yang diangkat media The Sun ini, merk branded semacam nike memproduksi jersey timnas Inggris yang mempunyai banyak fans di seluruh duniaEmoticons

Quote:Membuat Bangga atau Justru Bikin Miris?
Quote:Setelah mendengar berita, bahwa jersey timnas Inggris yang membuat adalah putra-putra bangsa kita, satu hal yang terbesit pertama kali di benak kita adalah rasa bangga. Benar tidak? Meskipun kondisi persepakbolaan tanah air yang masih belum jelas, namun di sisi lain justru kita mampu memproduksi sesuatu hal yang masih ada kaitannya dengan sepak bola juga, dengan nilai kualitas dunia, meskipun masih sebatas jerseyEmoticons namun bukan sembarang jersey, karena jersey ini bakal digunakan dalam ajang piala eropa 2016 oleh salah satu negara top eropa yang terkenal dengan liga premier-nya, ya Inggris. Sudah cukup banggakah?

Masih dikutip dari hasil temuan media The Sun, ternyata mereka mengkritik upah buruh yang dibayarkan pihak nike kepada para pekerja kita, masih dinilai terlalu rendahEmoticons mereka mengungkapkan bahwa gaji yang diterima para pekerja kita dalam rangka memproduksi jersey timnas Inggris kisaran 165 pounds atau jika dikurs-kan rupiah sekitar 3,2 juta per bulanEmoticons Padahal, masih menurut The Sun, jersey timnas Inggris tersebut bakal dijual ke pasaran dengan harga 60 pounds atau sekitar 1,1 juta rupiahEmoticons Jadi harga jual jersey-nya hampir setengah dari gaji buruh yang memproduksi jersey tersebutEmoticons

Selain itu, The Sun juga mengungkap bahwa para buruh yang memproduksi jersey timnas Inggris adalah kebanyakan wanita yang tinggal dihunian-hunian kurang layak huni. "Sembilan puluh tiga persen dari pekerja adalah perempuan. Banyak di antara mereka yang tinggal di gubuk-gubuk kecil di jalan-jalan kotor di mana kambing dan ayam berkeliaran dengan bebas, dan penuh dengan tumpukan sampah yang beterbangan," tulis The Sun. Setelah mendengar kabar tersebut, cukup membuat bangga atau justru menjadi miris?

Quote:Media Asing Membandingkan Upah Buruh di Negaranya?
Quote:Mengapa media sekelas The Sun mengatakan bahwa upah buruh di negara kita masih terlalu rendah? Kuat dugaan bahwa mereka membandingkan upah buruh di negara kita dengan upah buruh di negara mereka sendiri. Itulah sebabnya mereka berani menilai bahwa upah buruh negara kita masih terlalu rendahEmoticons Menurut penilaian ane, apa yang telah dilakukan media The Sun tadi kurang tepat jika harus membandingkan upah buruh negara kita dengan negara mereka. Kelas negaranya saja sudah berbeda, negara mereka sudah maju, sedangkan negara kita masih berkembang. Seharusnya media The Sun juga membandingkannya dengan negara-negara lain seperti Indonesia, negara yang sama-sama berstatus sebagai negara berkembang. Biar lebih adil dan dalam porsi yang sama. Menurut gansis bagaimana?

Quote:Media Asing Cenderung Jadi Provokasi?
Quote:Tidak bisa dipungkiri gansis, bahwa peran media baik media skala nasional maupun media internasional terkadang membantu atau bermanfaat bagi masyarakat umum. Dengan cara menghadirkan berita-berita berkualitas yang tentu saja tidak cenderung merugikan salah satu pihak. Namun bagaimana jika yang terjadi adalah justru sebaliknya? Apalagi media ini sudah termasuk berkelas internasional yang berarti para pembaca berasal dari seluruh duniaEmoticons Termasuk dari Indonesia sendiri. Contohnya seperti pemberitaan media The Sun tadi yang menurut ane sih isinya memang mengkritik pihak nike akibat memberi upah yang dinilai terlalu sedikit. Tidak sebanding dengan nilai produk yang dihasilkan. Namun dari sisi lain, dengan adanya kritikan tersebut bisa memicu kembali gejolak para buruh kita dengan perusahaan tempat mereka berkerjaEmoticons Dengan kata lain, pemberitaan tersebut bisa jadi provokasi terselubung agar buruh kita terus 'tidak akur' dengan perusahaan atau pemerintahEmoticons Menurut ente sendiri bagaimana gansis?

Quote:Berhubung ane bukan pakar ekonomi, mungkin hanya segitu yang bisa ane bahas di siniEmoticons Buat gansis yang lebih paham masalah ekonomi, bisa ikut berbagi di sini. Hitung-hitung buat nambah ilmu aneEmoticons Terimakasih atas kunjungannya dan mohon maaf bila ada salah salah kataEmoticon Ane lampirkan berita dari The Sun yang sudah dimuat media lokal
Quote:Mengejutkan, Jersey Timnas Inggris Buatan Indonesia!
Quote:Pekerja Indonesia
Quote:Secara mengejutkan, telah ditemukan fakta bahwa Indonesia ikut berpartisipasi di ajang Euro 2016 yang dihelat empat hari mendatang di Prancis. Partisipasi tersebut bukan dalam bentuk mengirim wakil untuk bertanding melainkan lewat produk (jersey) yang dipakai salah satu kontestan yang akan bertanding.

Jersey yang dimaksud adalah jersey timnas Inggris.

Ya, Jersey yang akan dipakai oleh Wayne Rooney dkk merupakan produk yang dibuat oleh pabrik dan pekerja di ibukota Indonesia, Jakarta. Hal tersebut terungkap dari sebuah laporan investigasi The Sun.

Dijelaskan bahwa jersey timnas Inggris, yang suplay oleh aparel asal Amerika, ternyata diproduksi di oleh PT Grand Best Indonesia. Diungkap pula bahwa perusahaan ini juga memproduksi jersey Barcelona dan PSG.

Quote:Pekerja Indonesia
Quote:Masih dari laporan yang ditulis oleh The Sun, para pekerja di tempat tersebut mendapatkan upah senilai 165 poundsterling setiap bulan. Jika dikalkulasikan dalam kurs rupiah, maka gaji para pekerja tersebut yakni, Rp 3.198.525 perbulan. Jumlah ini setara dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta senilai Rp 3.100.000.

Gaji tersebut, dalam laporan The Sun, dinilai tidak layak atau terlalu rendah. Pasalnya, kemungkinan mereka memakai perbandingan dengan gaji di Eropa. Selain itu, gaji tersebut juga dianggap kurang jika dibandingkan dengan harga satuan jersey timnas Inggris yang dibanderol senilai 60 pounds atau Rp 1.163.100.

"Sembilan puluh tiga persen dari pekerja adalah perempuan. Banyak di antara mereka yang tinggal di gubuk-gubuk kecil di jalan-jalan kotor di mana kambing dan ayam berkeliaran dengan bebas, dan penuh dengan tumpukan sampah yang beterbangan," tulis The Sun. Sumber

Sumber Asli dari Media The Sun
Quote:Sumber
Quote:Buat ente yang penasaran dengan isi media The Sun yang mengkritik upah buruh di negara kita, tuh sudah ane sertakan link-nya di atas iniEmoticons
Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA

Quote:Kaskuser yang Bekerja di Perusahaan Pembuat Jersey Timnas Inggris
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By reiza_blank
ikutan comment ya, kebetulan ane nyangkul di perusahaan yg bikin jersey tsb dan ane juga ada di bagian departemen developmentnya.
perush tsb pusatnya ada di tangerang, termasuk untuk developmentnya, kalau untuk produksi mereka punya pabrik di beberapa tempat, tangerang, cikupa, balajara, semarang dan china.
produksi tergantung dari bahan dan category masing2 (top/jerser, short, pant, dsb), karena masing2 pabrik punya keahlian masing2.
nama pabrik yg tadi disebut (PT. GBI tepatnya) itu lokasinya di semarang.
dan untuk harga, percaya sama ane deh, brand nya sendiri beli dari pabrik itu jauh dari harga jual di toko, mereka beli bisa 1/4 sampe 1/3 dari harga jual.
nanti ane sambung lagi ya, kalo ada yg memang perlu di share....

Quote:Original Posted By reiza_blank
Tambahan, selain nike, brand2 terkenal lain juga banyak yg di produksi di indo, contohnya adidas, reebok, hurley, tommy hilfiger, ferrari, under armour, salomon, arcterx, zara, uniqlo, dll.
brand2 tsb memilih order ke indo karena harga produksi nya murah.
dalam industri garment indo bersaing sama china, philippine, myanmar, thailand, bangladesh.
dalam soal harga, hampir semua sama, tapi soal quality indonesia no satu gan Emoticon
bangladesh harga nya paling murah, jadi jangan berpikiran dulu upah kita paling rendah ya, hehe... bangladesh jadi salah satu pilihan karena mereka punya "free duty".
dan untuk barang2 ori yg berseliweran di fjb, ane sebenernya prihatin sama oknum2nya, soalnya dia udah ngambil resiko besar, kalo ketauan sama perusahaan nya dia bisa dipecat, dan sekarang yg lebih parah langsung dipenjara gan. soalnya perusahaan tsb ada perjanjian khusus dengan buyer/brand nya kalo barang mereka ga boleh beredar di indo, dan di garment nya ada tanda khusus pabrik mana yg produksi barang tsb (orang awam mungkin ga akan tau tandanya apa), kalau ketauan barangnya beredar di indo dan bukan dari brand nya sendiri yg jual, pabrik tsb bisa kena sanksi dari brand nya, dan parahnya sampe brand tsb pindah ordernya ke pabrik / negara lain.

Quote:Original Posted By reiza_blank
Ini yg pasti nya gan, ini club2 yg dibikin di indonesia termasuk jersey, short, pant, jacket nya.
selain club2 ini masih banyak club2 lain nya yg di produkso di indo, yg dibawah ini yg ane handle aja developmentnya.

AS Monaco
AS Roma
Atl bilbao
Atletico Madrid
Australia
Barcelona
Boca Junior
Brazil
Chile
Club America
Croatia
France (FFF)
Frankfurt
Galatasaray
Greece
Hertha Berlin
India
Indonesia
Inter Milan
Kaizer Chief
KNVB (Dutch)
Korea
Manchester city
New Zealand
Nigeria
Polandia
PSG
Pumas
Red Bull Brazil
Red Bull Leipzig
Red Bull Salzburg
S.C Corinthians Paulista
SC International
Slovenia
Shaktar
South Africa
Spartak Moscow
Sundowns
Turkey
USA
Werder Bremen
Zenith

Quote:Original Posted By reiza_blank
ane mau nambahin aja sisi positif dari brand2 gede kaya Nike/Adidas, mereka place order ke factory salah satu syaratnya perush tsb status karyawan nya yg kerja disitu harus bersifat permanen, ga ada yg kontrak (ada sih yg masih probation) apalagi outsource.
kalo di perush2 lain ane liat sekarang banyak yg menerapkan status kontrak seumur idup, kalo perush nya ga mau mempekerjakan karyawan tsb tinggal tendang aja seenak mereka Emoticon

Quote: Komeng Mantab Kaskuser
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By semprot.crooot
media Inggris emang terkenal suka nyinyir
banyak tuh pelatih2 klub di Inggris yang udah muak sama mereka

jadi trus maunya the Sun gimana? gaji buruhnya harus jauh 3-4x lipat harga jerseynya gitu

baru tahu kalau gaji buruh harus menyesuaikan dengan harga produk pabriknya
hah aneh nih analoginya

buruh pabrik perakitan motor harga per unit nya sampai belasan juta malahan
kalau gaji buruh harus disesuaikan dengan harga motornya bisa bangkrut tuh perusahaan

sebenarnya bukan hal pertama sebuah even sepakbola menggunakan produk indonesia
bola resmi piala dunia tahun 98 sampai 2014 semua bola-nya produksi Majalengka
dan.... nggak ada media yang meributkannya
ya tentu saja soalnya dlm rentang waktu tsb Inggris nggak menggelar piala dunia Emoticons

Quote:Original Posted By bbgemini
Lah kan emang produk kita bagus2 gan, sayangnya produk2 nike made in Indonesia dijualnya buat pasar Eropa / Amerika, gadijual buat pasar Asia. Kalo yg kita pake di Indonesia sih yg made in china. Jadi ya walaupun made in Indonesia, kalo kita mau beli tetep harus impor dari Eropa lagi, atau nunggu sisa ekspor di toko2 terdekat Emoticon . Tu jersey juga dijual harga segitu kan, dia harus bayar sewa toko + gaji spg dkk di Inggris juga, belom lagi biaya shipping, menurut ane ga harga 1 baju itu 100% buat Indonesia lah, paling yang masuk kantong Indonesia cuma 20-30% harga baju

Oh iya, masalah upah buruh yg rendah, menurut ane jangan bandingin sama negara maju lah. Biaya hidupnya juga beda cuy, makanya ekspat betah banget tinggal disini, gaji mereka tinggi sama kyk luar negri, tapi biaya hidup disini rendah banget, banyak lah jadi tuh duit.
Gausah ngomongin negara maju vs Indonesia, lah ane dari Jakarta aja skrg kuliah di Jawa Tengah, kerasa banget biaya hidup di Jawa Tengah rendah, makanya ane gapernah krisi selama jadi mahasiswa Emoticon

Quote:Original Posted By spidcom_2000
ya begitulah perusahaan gan, dimana-mana pasti ingin mendapatkan keuntungan yang berlebih. Produk akhir di inggris di jual segitu tapi apakah inggris membeli dari perusahaan PT. Grand Best dengan harga segitu nggak juga kan ? Makanya kadang banyak perusahaan besar yang menaruh unit usahanya dengan tujuan untuk menekan biaya operasionalnya. Pertimbangan mendirikan usaha di negara berkembang dikarenakan SDM melimpah, gaji kecil, dan bahan masih murah. Biaya gaji yang diberikan pun tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah, jadi dari sisi perusahaan ndak ada yang menyimpang.

Quote:Original Posted By Rock1d
Bicara soal Upah, kalo negara mamarika sono yg jadi bahan perbandingan ya salah bray Emoticons

Besar kecilnya upah pekerja di suatu negara itu banyak aspek yg mempengaruhi, salah satunya pendapatan perkapita, tingkat inflasi, biaya hidup, dll Emoticons


Kita hitung kasar aja ya..
# Sewa apartemen minimalis di sono rata $1000++/bulan,, kalo di sini mah uang segitu udah dpt pelayanan Hotel satu bulan full Emoticons

#Dengan uang 100rb rupiah udah bisa bikin 1 keluarga kenyang dan makan enak seharian penuh(Masak sendiri),,, kalo di sono mah paling paling cukup buat 1 orang sekali makan doang,, itupun masih kekurangan Emoticons

Dll

Jurnalisnya goblog permanent!
Itu sudah Emoticons

Quote:Original Posted By temankalian
Yahh, cuma kritikan harus bangga juga gan krna produk kita brarti di akuin dipasar international Emoticons imho sih, masalah upah kalo pun harus dinaekin ya wajar aja, krna buruh kan emng ngehasilin barang yg dijual perusahaan yg jadi duit perusahaan kan barang yg dijual sama buruh, orang2 yg di office aja yg ngehasilin nya data yg bukan dijual buat jadi duit perusahaan gaji nya lbh gede dari buruh, padahal perusahaan dapet duit dari penjualan produk yg dihasilin buruh bukan cuma dari data2 foto copy laporan dsb wkwkwkwkwkwkwkwkw ane cuma bocah kemaren gan, cuma iseng brpendapat asal2 aja kalo salah maaf yahhh

Quote:Original Posted By priol28
ngebandinginnya kurang pas ane rasa
dimana kita negara berkembang sementara mereka negara maju
dan juga semua harga di negara ini gk akan semahal negara disana

analoginya aneh juga kok harga produksi dibandingin sama upah gaji
lah kalo ane ngebuat pesawat juga gk sampe seharga pesawatnya kok ckck
media kurang hati hati

Quote:Original Posted By SunnyIsMine
Gw liat kok aneh ya beritanya? Seakan2 harga jersey yg mahal gitu hrus diimbangi bayaran buruh yg sepadan...
Klo sampe kejadian chaos dong gan...bakalan banyak lulusan sarjana dptr jdi buruh di perusahaan itu. Lalu lulusan sarjana tersisihkan? Trus buruh dr prusahaan lain iri dan minta keadilan..demo besar dmn? Investor ga sanggup trus cabut...akhirnya lowongan kerja makin tipis dan seterusnya silakan dibayangkan.

Kita negara berkembang...ga usah jauh2..liat lulusan sarjana aja mngkin msih ada yg kerja dengan gaji kisaran 1-2 jt...

Quote:Original Posted By bonong_k2
klo ane pribadi sih gak bangga dan miris juga, Emoticons
menurut pemikiran awam ane (ane gak paham ekonomi dll) perusahaan besar seperti Nike pasti udah pertimbangkan angka2 gaji buruh dan harga jual tersebut, krn ongkos produksi itu bnyk ya gan gaji buruh hanya salah satunya, msh ada bea masuk, bea keluar, pajak2, selisih kurs dll. blm lg klo nike pke designer jersey dr luar perusahaannya msh harus byr royalti dsb, dan satu lagi mslh ketidakpastian pasar, ada kemungkinan jg kan jerseynya nanti gak begitu laku.Dari sisi indonesia jg gak ada yg dirugikan, gaji buruh sdh memenuhi UMR, terbuka lapangan kerja, pemerintah dpt bea masuk/keluar, pajak2, dan mngkin selisih kurs yg tambah devisa.
Lalu krn si media membandingkan upah buruh dengan negara asalnya ya gak bisa dibandingkan peer to peer, soalnya indonesia msh negara berkembang dan bnyk faktor lg yg hrs dilihat, PDB, pendapatan perkapita, inflasi, dll
terus yg masalah buruh tinggal di lingkungan gak layak dst, ane rasa itu berlebihan gan Emoticons petani dan nelayan kita keknya lebih miris Emoticons

Quote:Original Posted By achmadbaitul
miris banget gan.ane pernah ngalamin kyk gitu.
Tpi ane bukan jersey melainkan kartu atm gan.
Jdi ane buat kartu atm berlisensi v*sa,banyak gan.ane pernah buat m*ndiri,bc*,d*namon dll.bahkan kartu gsm seperti thr*e,*ndosat,t*lkomsel pernah ane buat di pabrik.sayang gajinya g setara ama deadline n susahnya buat.pengalaman yg paling sulit sih buat logo v*sa nya itu.warnanya hrus sama seperti acuannya.padahal bahannya jauh yg ane harapkan.

Quote:Original Posted By namakuhiroko
EmoticonsEmoticons Like this Emoticons

Di Indonesia ada biaya siluman macam begini yg bikin ongkos perusahaan jd bertambah. Negara ini klo mau menarik investor harusnya gk melulu mengandalkan ilusi "gaji buruh murah meriah". Tp jg pembangunan sarana+sistem regulasi industri yg sehat perlu dikedepankan.

Masak dr dulu level persaingannya vs Vietnam, Bangladesh, Philipina aja gk pernah menang mutlak... Investor gk melulu tertarik berbisnis krn biaya sdm murah, tp jg karena iklim dan prasarana bisnis yg mendukung.

Quote:Original Posted By trudiot
Point yang mau disampaikan The Sun simple aja kale: SAY NO TO SWEATSHOPS!

Industri garment di Indonesia memang terkenal underpaid gan kalo dari kacamata luar, di samping negara-negara berkembang lainnya. Makanya sweatshop di sini merujuk pada pabrik2 garment yang memperkerjakan mayoritas perempuan, fresh graduates ijazah SMA, dengan working hours yang 12jam lebih dengan gaji yang sedikit. Jangan lihat cuma daerah Jawa Barat, daatanglah ke Surabaya ke timur ke kota-kota kecil yang dimana banyak pabrik2 garment menjamur, dan masih dengan profil pekerja yang seperti gw sebutin di atas.

Sweatshops udah lama gan jadi guyonan di Amrik sini, and there's nothing you could do about it.

Sweatshops

Quote:Original Posted By andrekelv
bener apa kata agan reiza_blank karena gw saksinya sendiri kalo official jersey manchester city yg buat orang indonesia
temen gw yg beli langsung sewaktu dsna sangat menyesal sejadi jadinya, rada aneh emg dengan sistem yg begini. dibuat di indonesia di expor lalu di impor lagi ke indonesia dan dikenakan PPNBM oleh BC
mau sampai kapan kita begini terus? selama sistem masih begini ga akan berkembang yg ada
sepatu nike made in indonesia dibanderol 800.000 paling murah ngikutin pasaran luar, pemerintah dan dpr harus mikirin cara supaya barang yg dibuat di indonesia dapat jg dibeli murah oleh orang indonesia yaa minimal kenaikannya jgn smp 100% lah

dan ngomongin soal upah buruh, bullshit kalo pengusaha bakalan bangkrut dan angkat kaki dr Indonesia GAP udah itu aja

Quote:Original Posted By sancimelekete
Disini murah karena Asia (khususnya Indonesia) adalah negara Sumber Daya Alam. Artinya disinilah pasokan raw material berawal. Contohnya salah satu komoditas rempah : Cinnamon dan Pinang. Disini harganya cuma 13ribu sampe 25ribuan/ kilo. Sedangkan ketika diekspor kenegara pembeli, kemudian Buyer tersebut menjualnya di negara tersebut : harganya berlipat hingga 5 - 10x lipat. Makanya barang mahal disana. Dan demi menyesuaikan barang mahal dengan daya beli masyarakat, maka PENGHASILAN MASYARAKAT setempat pun ditinggikan (kira-kira 2-4x lipat penghasilan orang Indonesia).

Kalau gaji buruh disini di setarakan dengan gaji buruh Eropa yang notabenenya bukan wilayah Pemasok Raw Material, maka Cost bertambah. Otomatis Harga jual ditingkat Domestikpun meningkat. Kalau harga jual ekspor berlipat dari yang sekarang, tentu buyer diluar negeri akan lebih melipatgandakan harga. Dan begitu seterusnya.

Sederhananya = didepan rumah ane ada yang panen sayur bayam, kalau dipasar dijual 3000-an seikat, kalo ke kami cuma dijual 1000 gan. Kenapa? Karena wilayah kami rantai pertama pasokan, kalau udah nyampe di pasar maka tentu dijual lagi ke penjual sayur dipasar dengan harga yg lebih tinggi (bisa ditambahin 500-1000 perak demi mengimbangi biaya distribusi dan biaya overhead), dan penjual pasar tentu ambil untung lagi, sehingga terjadi akumulasi harga.

Quote:Original Posted By santos.ch
kalo bicara kebutuhan dan keinginan, Gaji 3,1 ya bisa jadi banyak koment, tapi klo membandingkan antara harga produk dan gaji karyawan, gk masuk akal ah, masak karyawan mobil dibandingin nanti sm harga mobilnya, gilaaaakk!! wkwkwk,, betul kata agan2 di page one, jangan bandingin juga dengan UMP negara Inggris dengan Indonesia, di sini harga kebutuhan masih terjangkau,dan disesuaikanlah pendapatan dengan harga standard indonesia, kalo lulusan SMA mau dapet mobil jaguar ya gak mungkin juga kan logikanya, tapi kalo lulusan SMA bisa nyicil motor, msh seimbanglah. Kalo buruh punya mobil fortuner, tapi punya kontrakan dan toko bakmie banyak cabangnya, masuk akal jugalah. Tapi lulusan s2 gaji 3 juta kurang, itu yang aneh di Indonesia, tapi di Indonesia sekarang hal itu jadi biasa. Bukan begitu. Jangan ngomongin gajilah tu media SUN, bkin semrawut negeri ini aja. Emoticons

Banner
Source: http://kask.us/if1wJ
Pasang Iklan
close