Bahaya Rokok

Fakta Alkohol dan Kriminalitas5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas
Welcome
Quote:Ini pengambilan datanya sih bukan di Indoneseia Gan&Sist, tetapi di UK dan Wales, solanya ane masih belum nemu data di Indonesia. Judul aslinya juga bukan "5 Fakta Hubungan Gelap Alkohol dan Kriminalitas", tetapi "5 Facts About Alcohol-related Violence". Kenapa ane tambahin kata "Gelap". Karena menurut ane hubungan Si Alkohol dan dan Si Kriminalitas masih gelap di Indonesia, banyak yang belum melek atau mungkin lebih tepatnya pura-pura merem soal hubungan ini. Yah mau dikata apa lagi, soalnya sebagian dari banyaknya hubungan gelap ini berlindung di balik tirai yang mengatasnamakan "kebudayaan". Dan rakyat Indonesia sangat mencintai yang namanya "Kebudayaan Nusantara", dan katanya juga sih sangat alergi terhadap "Benda Asing", eh.. maksud ane "Kebudayaan Asing". Katanya ya .. Belum lagi dibalik tirai-tirai itu sudah bersiap opnum-opnum penegak hukum dan pembuat kebijakan, yang dengan dada-dada membusung siap melindungi aset pendapatan tambahan mereka.

Soal data statistiknya, sebenarnya masih banyak data dan statistik lain, cuman ane memilih ini karena dilengkapi ilustrasi yang menarik. Selamat Menyimak Emoticons

Quote: Alcohol-Related Violence
Quote:1. 53% dari insiden kekerasan yang melibatkan orang dewasa berkaitan dengan penggunaan alkohol.

Alcohol-related violent incidents
Dari total insiden kekerasan sebanyak 1.327.000 insiden di UK dan Wales, sebanyak 704.000 atau sekitar 53% nya berkaitan dengan penggunaan alkohol. Jadi seandainya, ini seandainya loh.. Gak mungkin soalnya. Seandainya peredaran alkohol dianggap ilegal di UK dan Wales, berapa banyakkah insiden kekerasan yang bisa dicegah atau kurangi?

Quote:2. Kekerasan terkait penggunaan alkohol lebih sering melibatkan korban laki-laki.

Victims of violence
Ini bukan berarti jumlah kekerasan akibat penggunaan alkohol terhadap wanita sedikit ya.. Bahkan diantara kasus kekerasan terhadap wanita, dampaknya lebih besar. Karena selain kemampuan mempertahankan diri wanita lebih kecil ketimbang laki-laki, banyak kasus yang terjadi dengan wanita dijadikan objek kekerasan seksual oleh pelaku.

Quote:3. Kekerasan terkait penggunaan alkohol paling sering melibatkan orang asing, diikuti oleh orang dekat atau dikenal, dan kemudian insiden kekerasan dalam rumah tangga.

Alcohol-related violence
Dari data ini ane jadi keinget sama kawan ane, waktu SMA, doi jalan kaki ke sekolah, udah deket sekolah eh taunya dilempar sama orang mabok yang nongkrong di dekat sekolah. Dan dari data ini ane juga keinget, kalo senior fakultas sebelah ane kalo mau ngospek mahasiswa baru biasanya "minum" dulu, biar lebih "sangar" waktu ngospek (dibaca: bullying dan melakukan kekerasan) mahasiswa baru.

Quote:4. Insiden kekerasan yang melibatkan penggunaan alkohol lebih sering terjadi pada akhir pekan.

Alcohol-related violence
Dari data diatas yang menggambarkan kejahatan terkait alkohol lebih banyak terjadi di akhir pekan. Ane juga jadi keinget dengan kasus Yuyun -rahimahullah- (semoga Allah merahmatinya), Agan dan Sista tau pada hari apa kejadian itu terjadi? Ya, hari Sabtu.
#NyalaUntukYuyun

Quote:5. Proporsi insiden kekerasan terkait penggunaan alkohol meningkat ketika malam berlangsung

Violence incidents between
DPRD Jakarta gak salah ane dulu sempat ngajukan pengurangan jam buka tempat-tempat hiburan malam ya? Hem, kalau berbicara data yang ada dan teori peluang, sangat beralasan sih usulan ini. Tapi sepertinya kebijakan ini gak jadi dibuat deh, karena akan memberikan kerugian bagi pengusaha di sektor hiburan malam.

Quote:Bagaimana dengan nergeri kita, tanah air kita, Indonesia? Kemungkinan besar sih gak seperti UK dan US yang secara mutlak melegalkan alkohol. Tapi, ane pribadi sih yakin, bahwa kasus kekerasan seksual terkait dengan alkohol, yang sekarang menjadi santapan nan lezat awak-awak media dan para penikmat berita yang dieksploitasi sedemikian rupa, hanyalah puncak dari fenomena gunung es terkait hubungan alkohol dan tindak kriminalitas. Agan punya keyakinan lain? Terserah Agan.. Tapi sebaiknya keyakinan itu dilandasi dasar yang kuat dan global, bukan cuman asumsi hasil dari sampel pengalaman pribadi atau kelompok kecil tertentu.

Lalu dengar-dengar Mendagri bakal banyak mencabut perda terkait regulasi miras ya? Sebagai rakyat kecil, kalo menghujat pemerintah juga gak bakal didenger, kalo doain keburukan buat mereka, nanti juga merembet kenak rakyatnya, yah jalan terbaik yang bisa ane tempuh cuman mendoakan kebaikan untuk Bapak Jokowi beserta jajaranya saja, sehingga baik pula kebijakan-kebijakan yang diambil, selanjutnya ane cuman bisa bersabar sebagai rakyat biasa, menjalani hidup sebaik mungkin, mengumpulkan bekal menuju kehidupan berikutnya. Emoticons

Quote:Sumber: Klik disini.

Quote: Quote:Menurut "Analysis of National Data", kalo di Indonesiakan mungkin hasil sensunya AS, Prevalensi Keterlibatan Alkohol pada Kriminalitas yang dibuat oleh Departemen Kehakiman AS,
sekitar 40% dari narapidana yang dipenjara karena pelanggaran kekerasan telah mabuk karena alkohol saat melakukan kejahatan.

Quote:Perampokan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh NCADD, 15% dari perampokan di Amerika (sekitar 197.000 kasus) dilakukan oleh pelaku yang telah menggunakan alkohol saat beraksi.
Jumlah rata-rata dari korban kekerasan setiap tahunnya di Amerika Serikat berjumlah sekitar 11,1 juta, dengan 128.790 insiden di mana pelaku menggunakan alkohol.

Quote:Kekerasan Seksual dan Pemerkosaan
37% dari perkosaan dan kekerasan seksual di AS (sekitar 149.000 kasus), dilakukan oleh pelaku yang telah menggunakan alkohol.

Quote:Serangan Brutal
27% dari Serangan Brutal di AS (sekitar 509.859) dilakukan oleh pelaku yang telah menggunakan alkohol.

Quote:Kekerasan Terhadap Pasangan
  • Hampir dua-pertiga dari korban yang mengalami kekerasan terhadap pasangan (ini termasuk pasangan, atau mantan, tunangan, pacar baik pria maupun wanita) menyatakan bahwa pelaku telah menggunakan alkohol sebelum insiden itu.
  • 3 dari 4 insiden dalam penyalahgunaan suami-istri dilaporkan telah memiliki seorang pelaku yang telah minum di beberapa tempatsebelumnya.
  • Korban yang telah dilaporkan sekitar 457.000, alkohol terlibat dalam kekerasan terhadap pasangan ini.
  • 57% dari perempuan korban kekerasan terhadap pasangan terjadi ketika pelaku menggunakan alkohol.

Quote:Pembunuhan
Penelitian federal AS menunjukkan bahwa 40% dari pembunuh yang telah didakwa, menggunakan alkohol sebelum atau selama pembunuhan tersebut.

Quote:Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa penggunaan alkohol tidak hanya marak di kalangan para pelaku kejahatan saja, namun juga banyak ditemukan korban kejahatan sedang dibwah pengaruh alkohol juga. Karena Alkohol membuat orang lebih rentan dan merusak penilaian berfikir, yang dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.
Quote:Sumber: Statistic of Alcohol and Crime in US

Quote:Original Posted By kacang_nuklir
Menurut survei pada tahun 2011 yg dilakukan oleh 292 ahli klinis di Skotlandia, Alkohol menepati urutan keempat dalam hal merugikan diri sendiri dan berada diurutan ke 2 dalam hal merugikan secara sosial (org lain) diantara 19 zat umum yg digunakan sebagai sarana rekreasional.

Spoiler for diagram:
Social Harm Score

Sumber

Quote:Terus Kenapa?
Ada yang bertanya, kalau ada data seperti ini, "Terus Kenapa" ?
Gak tau juga ya Gan, ane cuma share aja nih, buat studi banding ke luar negeri ini. "Terus Kenapa?" Mungkin pertanyaan tersebut bisa diajukan ke BPS nya UK atau Federal-nya AS, atau WHO yang udah buang-buang duit dan waktunya buat nyensus keterkaitan ini. Kayak kurang kerjaan aja ya Gan?

Quote:Jangan Mengeneralisasi dan Alkohol Punya Sisi Baik
Apakah semua pengkonsumsi alkohol seperti ini. Ane dengan lantang akan bilang "GAK!". Tapi apakah pengkosumsi alkohol punya peluang kearah itu? Apakah pengkonsumsi alkohol punya peluang lebih besar untuk itu ketimbang yang tidak? Ah.. cukuplah ita jawab masing-masing dalam hati-hati kita.

Apakah minuman alkohol punya sisi baik dan manfaat, dengan lantang dan sangat yakin, maka gue bilang, "IYA". Bahkan judi juga mempunyai sisi baik, berselingkuh juga mempunyai sisi baik. Bahkan semua yang dilarang didunia ini mempunyai sisi baik. Masalahnya berapa banyak sisi buruk ketimbang bainya? Ah.. cukuplah kita jawab masing-masing dalam hati-hati kita.

Dan tentunya menjawabnya dibutuhkan timbangan yang global dan valid, bukan sekedar pendapat, pengalaman, atau pengamatan pribadi atau kelompok yang tak layak dijadikan sampel statistik. Ah.. cukuplah itu kita jawab masing-masing dalam hati-hati kita.

Dan sorry to say buat yang muslim, tidak ada ranah diskusi atau tawar menwar dalam masalah ini. S.O.P telah kandung turun lama dari atas langit. Yang bisa kita katakan hanyalah. Siaaapp.. Laksanakan! Emoticons

Jayalah Negeriku ! Jayalah Indonesiaku! Emoticons:

Quote:Senyum Dulu Emoticons
Hem, kayaknya lumayan banyak yang tegang nih. Nonton bareng dulu yuk Gan .. Iklan Layanan Masyarkat dari Thailand. Cuman 30 detik aja kok, kualitas juga rendah, jadi gak banyak ngisep kuota. Isinya gak jauh dari pembahasan kok, relatif mengocok perut pula.

Quote:

Kaskus
Source: http://kask.us/ifAyo
Pasang Iklan
close