Bahaya Rokok

Fakta Mengenai MataFakta Yang Terjadi Dengan Mata Anda, Must Read!
babelapak-7404281
Fakta Yang Terjadi Dengan Mata Anda
Must Read


Mata

Salam jumpa lagi dengan ane gan, semoga gak bosen baca thread-thread buatan ane.
Kali ini ane mau membahas mengenai salah satu panca indera yang sangat vital yang ada di tubuh manusia, yakni indera untuk melihat alam dunia nyata ini, yakni mata. Kita benar-benar wajib bersyukur kepada Tuhan YME atas karunia yang telah diberikan Nya. Tidak bisa dibayangkan kalau kita yang normal ini tiba-tiba tidak bisa melihat indah dan penuh warnanya dunia ini. Subhanallah.


Quote: Menurut wikipedia, mata adalah : Organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Bagian Mata

Quote:TERDAPAT 2 BAGIAN BESAR MENGENAI KERJA MATA
YAKNI ORGAN LUAR DAN ORGAN DALAM.


Quote:ORGAN LUAR
Bulu mata berfungsi menyaring cahaya yang akan diterima.
Alis mata berfungsi menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.

Quote:ORGAN DALAM
Bagian-bagian pada organ mata bekerja sama mengantarkan cahaya dari sumbernya
menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf. Bagian-bagian tersebut adalah:


Kornea
Fungsi : Melindungi bagian sensitif di belakangnya, membantu mata memfokuskan bayangan pada retina
Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya
Sklera
Merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih.
Tebalnya rata-rata 1 milimeter tetapi pada irensi otot, menebal menjadi 3 milimeter.
Pupil dan selaput pelangi
Dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang.
Lebar pupil dipengaruhi oleh selaput pelangi di sekelilingnya. Selaput pelangi berfungsi sebagai diafragma.
Selaput pelangi inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
Lensa mata
Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya,
sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh),
lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.
Retina atau Selaput Jala
Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya,
khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.
Saraf optik
Saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.

Ok, diatas sedikit prolog mengenai keajaiban mata ciptaan Allah SWT.
Berikut di bawah ini penjelasan fakta mengenai mata tersebut.


Line

FAKTA KE 20
Quote: Fakta Mata
BAYI TIDAK MENGELUARKAN AIR MATA SAAT MENANGIS
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Meskipun saat bayi baru lahir langsung menangis, sebenarnya mereka tidak benar-benar mengeluarkan air mata.
Dengan kondisi sedemikian lemahnya bayi belum benar-benar bisa menghasilkan air mata.
Air mata baru bisa di produksi setelah umur bayi berusia 13 minggu.
Line
FAKTA KE 19
Quote: Fakta Mata
TITIK BUTA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kedua mata memiliki titik buta di bagian belakang retina, di mana saraf optik menempel, namun kita tidak akan
merasakannya karena mata memiliki cara bekerja untuk saling mengisi kesenjangan dalam pandangan visual kita.
Line
FAKTA KE 18
Quote: Fakta Mata
WARNA MATA ASLI MANUSIA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berdasarkan temuan dimasa lampau, di ketahui bahwa manusia memiliki mata berwarna asli cokelat, manusia modern kini memiliki beberapa jenis warna, yang terbanyak adalah mata berwarna cokelat, ada juga yang memiliki mata berwarna biru berawal dari 6000-10.000 tahun yg lalu sebagai akibat dari mutasi genetik/ Gen HERC2.
Line
FAKTA KE 17
Quote: Fakta Mata
KOREKSI OTOMATIS
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat kita menggunakan kacamata, otak akan bekerja dan memperbaiki penglihatan kita,
dan kita akan menganggapnya tidak ada yang salah.
Line
FAKTA KE 16
Quote: Fakta Mata
TERBUAT DARI KORNEA MATA HIU
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tahukah anda, bahwa operasi mata manusia ada beberapa yang menggunakan kornea mata hiu, alasannya karena kornea hiu adalah yang paling mirip dengan kornea mata manusia.
Line
FAKTA KE 15
Quote: Fakta Mata
ADA KERJASAMA ANTARA HIDUNG DENGAN MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saluran hidung akan otomatis bekerja menerima aliran air mata saat manusia menangis.
Line
FAKTA KE 14
Quote: Fakta Mata
MASKARA PENYEBAB LUKA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tongkat maskara menyebabkan cedera mata paling sering terjadi yang dialami oleh kaum wanita.
Line
FAKTA KE 13
Quote: Fakta Mata
KEKUATAN OTOT MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Otot-otot yang menggerakkan mata adalah otot yang tercepat dan terkuat dalam tubuh.
Otot-otot ini 100 kali lebih kuat dari fungsi yang sebenarnya diperlukan.
Line
FAKTA KE 12
Quote: Fakta Mata
KEDIPAN MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mata perlu berkedip agar syaraf tidak tegang dan tidak cepat lelah, mata akan berkedip saat kita berbicara dan akan berkurang aktifitas berkedip saat kita berada didepan layar tivi, smartphone atau komputer, ini yang menyebabkan kemudian membuat mata menjadi sering lelah
Line
FAKTA KE 11
Quote: Fakta Mata
KECEPATAN MEMBACA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Manusia biasanya membaca 25 kali lebih lambat di depan layar daripada di atas kertas.
Line
FAKTA KE 10
Quote: Fakta Mata
JUMLAH WARNA ABU-ABU YANG BISA DILIHAT MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mata manusia bisa melihat 500 variasi warna abu-abu.
Line
FAKTA KE 9
Quote: Fakta Mata
PRIA RENTAN TERHADAP BUTA WARNA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Laki-laki memiliki catatan tertinggi mengalami buta warna daripada wanita saat mereka baru lahir dan di vonis buta warna.
Line
FAKTA KE 8
Quote: Fakta Mata
KERJA RETINA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Retina mata berkeja super sensitif dan aktif agar tidak terjadi hal negatif pada mata. Jika sidik jari manusia memiliki 40 karakteristik unik, maka iris pada mata memiliki lebih dari 40 yakni 256 karakteristik unik!
Line
FAKTA KE 7
Quote: Fakta Mata
REKASI MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Di saat mata melihat sesuatu yang menjijikkan, sesuatu yang indah, sesuatu yang menarik, memperjelas objek, maka Pupil menyesuaikan ukurannya secara otomatis. Seperti halnya Pupil mata kucing, saat melihat dalam gelap maka Pupil akan menyempit dan melebar saat di tempat yang menyilaukan.
Line
FAKTA KE 6
Quote: Fakta Mata
MENYEMBUHKAN DIRI SENDIRI
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mata memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa. Ia dapat menyaring debu, kotoran dan menyembuhkan goresan di bawah 48 jam!
Line
FAKTA KE 5
Quote: Fakta Mata
ORGAN VITAL PENTING KE DUA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mata adalah organ yang paling kompleks kedua dalam tubuh, setelah otak.
Line
FAKTA KE 4
Quote: Fakta Mata
KEGUNAAN AIR MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Fungsi air mata adalah untuk menjaga mata selalu bersih dan tidak kering. Tetapi para ilmuwan belum bisa menemukan alasan mengapa kita menangis tiba-tiba mengeluarkan air mata ketika kita marah atau sedih.
Line
FAKTA KE 3
Quote: Fakta Mata
JUMLAH KEDIPAN MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kecepatan satu kedipan mata saja biasanya berlangsung sekitar 100-150 milidetik,
dan manusia rata-rata berkedip 5,2 juta kali dalam setahun.
Line
FAKTA KE 2
Quote: Fakta Mata
RESOLUSI MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mata ternyata hanya memiliki resolusi 1 Megapixel, namun memiliki 100 juta fotoreseptor di setiap mata, dan hanya 1 juta serat saraf saja yang menuju ke otak. Lebih dari 10 juta warna- warna dapat dideteksi oleh mata, tetapi tidak bisa menangkap warna ultraviolet atau sinar inframerah.
Line
FAKTA KE 1
Quote: Fakta Mata
OTAK BERKERJA BERDASARKAN VISUAL DARI MATA
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekitar setengah dari kerja otak digunakan untuk melihat dan memerintahkan sesuatu setelah mendapat pesan dari syaraf mata.
Line
Emoticon

Demikianlah lah Gan and Sis beberapa fakta yang ada pada mata kita. Mata kita adalah anugerah yang maha penting, maka kita wajib menjaga dan menggunakannya secara bijaksana. Semoga trit ini bisa menambah wawasan Gan and Sis. TS sadar thread ini masih banyak kekurangan, dan terbuka untuk menerima kritik dan saran.
TERIMAKASIH


~ ๑ஜ۩۞۩ஜ๑~
TERIMAKASIH ANE KEPADA
sumur 1, sumur 2, sumur 3

Quote: KOMENTAR KASKUSER

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By cantiksexy78
gw baru tahu ada titik buta di organ mata. Pantasan kalau jatuh kepala belakang tuh lansung pingsan.
Mungkin yang kena itu titik butanya kali ya

Quote:Original Posted By akunkedua
tambahan gan;

Dari semua organ, cuma mata yg dr bayi sampe mokad ga tumbuh2 jd ya bulet gtu ajah...
Emoticons

Quote:Original Posted By 4X3L4
pantesan pengaman pake retina lebih aman dr yg pake sidik jari Emoticon

Quote:Original Posted By Maghfurs
SUbhanallah gan,,,Ciptaan Tuhan memang sungguh Luar Biasa,,,
Sudah sepantasnya kita Bersyukur Emoticons

Quote:Original Posted By bapake.mufid
mata... dengannya kita bisa menikmati indahnya warna dunia...
tak salah bila ada yg mengatakan bawa penglihatan adalah setengah dari kenikmatan indera.... Emoticons

Quote:Original Posted By culundamamato
Ada yg kurang tuh gan. mata juga punya kerjasama dengan hati gan. hehehe Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By april90
jgn lupa tuk berkedip saat bermain smartphone,... Emoticons

Quote:Original Posted By iwattzhod
Klo utk kenapa air mata kluar waktu nangis atau sedih itu mungkin karena efek dr sinyal yg dikirim oleh otak ke glandula lacrimalis oleh nervus fascialis gan
Karna nervus fascialis kan berfungsi utk mengatur otot wajah dan segala sesuatu yg berkaitan dengan sedih senang nangis dsbny gan
Itu menurut ane ya gan dr aspek fisiologi
CMIIW

Quote:Original Posted By n34r
Nambahin gan untuk fakta 15
Ane pernah baca, karena ada hubungan antara mata dan hidung, kalau melihat cahaya yang silau banget kita bisa aja bersin walaupun kemungkinannya gak sesering kalo bersin karena debu

Quote:Original Posted By re.si.ca
untung ane kagak demen pake maskara yg ternyata bisa melukai mata. mata memancarkan kecantikan hati. mata ane udah cantik tanpa di poles2 maskara, eyeliner dsb Emoticon

btw nice inpoh Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By n34r
Nambahin gan untuk fakta 15
Ane pernah baca, karena ada hubungan antara mata dan hidung, kalau melihat cahaya yang silau banget kita bisa aja bersin walaupun kemungkinannya gak sesering kalo bersin karena debu

Quote:Original Posted By gilbertagung
Mata adalah indera yang memungkinkan kita melihat keindahan dunia. Lensa kamera tercanggih di dunia saja masih kalah jernih dari lensa mata.

Quote:Original Posted By AgusCools
Mata, salah satu Anugerah yang Indah dari Sang Pencipta, yaitu Allah SWT Emoticon
Dengan Mata kita semua dapat Melihat indahnya Negeri kita tercinta dan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, SubhanAllah!

Quote:Original Posted By rea745
Mata memang salah satu anugerah yang paling menakjubkan dengan dengan segala kelebihannya, bahkan di baik kekurangannya ternyata bertujuan tuk menyelaraskan penglihatan dengan realita.
makanya jaga mata jangan jelalatan ya gan heheh... Peace

Quote:Original Posted By adan332
Nambahin gan, mata adalah satu satunya organ tubuh yang sizenya gk pernah berubah dari sejak kita lahir .
Misalkan jika seorang bayi barh lahir diameter matanya adalah 1", sampe matipun tetap 1", gk bertambah besar atau bertambah kecil.

Kaskus
Source: http://kask.us/iaCOo
Pasang Iklan
close