Bahaya Rokok

Jaman Batu AkikRindukah Agan Dengan "Jaman Batu" ?
Interest - Design - Lifestyle - Culture - Business - Working - Activity - Nostalgia
kalahdepo
UserID: 8610396
Assalamualaikum wr wb
Quote: "Jaman Batu" ? mungkin yang terlintas dipikiran kita adalah jaman batu 100.000 tahun yang lalu. Hehe bukan gan, jaman batu yang ane maksud adalah jaman batu akik yang booming banget ditahun 2015 kemaren. Dari yang tua, muda, lakilaki, perempuan. Emak ane sendiri suka sama batu akik Emoticons Kali ini ane mau ngasi pendapat tentang jaman batu akik yg katanya kalo di daerah ane sempet jadi mata pencaharian yg menjanjikan. Mungkin " Rindukah Agan dengan Jaman Batu " bukan judul yg pas, karna baru setahun yg lalu kita lewatin tuh yg namanya jaman batu akik Emoticons Tapi ane mau ngasi alasan kenapa ane ngebuat trit ini. Ane buat trit ini karna masi ada beberapa orang yg masi bergelut didunia "perbatuan" termasuk komandan tertinggi ane yaitu bapak ane sendiri.
Batu Akik
Kira-kira 2 bulan yang lalu, ane sempet cerita sama tetangga ane yg tukang gosok batu, Om Is panggilannya. Panjang lebar cerita tentang nih bisnis batu. Gak lama dia ngomong gini sama ane ..

" Aku rindu sama jamanjaman batu kemaren. Dudukduduk bentar aja udah dapet duit. Sekarang, mau bernafas dari nggosok batu aja gamungkin lagi "

Miris dengernya .. Salah satu pekerjaan yg bisa bikin kantong gaperna bolong sekarang tinggal "Kenangan". Satu pertanyaan yg muncul di benak ane waktu itu " Mungkin ga jaman batu ini balik berjaya kaya kemaren lagi ? Ngebuat suasana kumpulkumpul melulu ngebahas batu, batu, dan batu. " Terus ane tanya sama Om Is ..

" Kenapa ga nyobak ngidupin suasana batu balik hidup kaya dulu lagi om ? "
" Rasanya gamungkin .. Orang Indonesia ini sifatnya panas-panas eek ayam. Kalo uda punya yaudah ngapain lagi "


Busyeeeettt Emoticon Bener juga nih orang .. Jujur ane juga gitu sih, ane udah punya koleksi dan ane mikir yaudah ntar kalo ada batu keluaran " terbaru " tinggal beli, gosok, nambah satu koleksi. Gitu seterusnya sampe Negara Api Menyerah Emoticons

Gosok Batu
Sampe trit ini ane tulis, gada keliatan tandatanda kalo batu akik bakalan booming lagi. Dan Om Is sekarang kembali jadi tukang bangunan, pekerjaan Om Is dulu sebelum jadi tukang gosok batu. Tapi sesekali Om Is masi ngegosok batu langganannya yg dulu, seolah-olah gamau jaman batu itu berlalu gitu-gitu aja.

Minggu lalu, Om Is ngeluarin semua "senjata andalan" nya. Ane kira semua alat itu mau dijual ato dikasi ke orang ( frustasi mungkin nih orang Emoticons ) Ternyata dugaan ane salah, Om Is kembali ngebuka lapak gosok batu kecil-kecilan. Ane tanya ke Om Is

" Kebanjiran order nih Om, hehe .. "
"Engga kok, cuman ada temen om mau gosok semua batunya. Katanya mau dijual murah aja, sumpek ngeliat batu itu numpuk dirumah. Lebih bagus dijual murah daripada jadi "sampah"
"Kan sekarang batu udah ga laku lagi om"
"Justru itu, temen om ini mau ngejual batunya murah meriah muntah."


Ga lama, temen Om Is dateng bawa mobil pickup .. Box mobil tuh penuh sama batu Emoticon Nih orang niat amat mau ngejual batu segitu banyak.

Batu Akik
Dari pagi sampe malem Om Is cuman ngerjain batu aja. Lumayan katanya, dapet duit buat makan sekeluarga sampe bulan depan. Etttdaah Emoticon Berarti bukan dikit uang yg Om Is dapet dari ngegosok batu.

Besoknya, Om Is ngetok kosan ane ..

"Assalamualaikum .. Bangin oi ! Tidur mulu kaya kambing bunting "
"Waalaikumsalam Om, Kambing Bunting lagi males gerak nih om .. Hehe, adapa Om pagi-pagi udah ngebangunin ? "
"Gapapa, nih gue mau ngasi elu batu hasil gosokan semalem. Gue pilihin yg bagus buat elu, biar nambah jelek lu "
"Eeehhh makasih banyak Om, lancar terus gosok batunya biar bisa seringsering ngasi batu, haha ..
"Mbahmu ! Yaudah, om mau lanjut gosok lagi .. Assalamualaikum ..
"Waalaikumsalam Om .. Makasi ya Om Emoticons "


Ini batu yg dikasih Om Is ke ane gan ..

Batu Akik
Inti dari semua hal yg ane ceritain diatas, Ane rindu sama jaman batu kemaren. Rindu suasana ketika semua orang ngebicarain tentang batu, mamerin batu jagoan yg gaperna lepas dari 10 jari mereka. Gadget aja kalah sama nih batu, kalo pun emang megang gadget itupun engga akan jauh dari yg namanya " batu akik " Ane gatau apa pendapat orang tentang meredupnya batu sekarang ini, tapi yg jelas kalo ane dan Om Is rindu sama jaman batu itu. Kalo ngarep batu naik lagi kayaknya gamungkin, cuman khayalan belaka. Sama halnya kaya boomingnya bunga Anturium Emoticons Haha .. Hobi yg bikin ane, bokap, nyokap, adik perempuan ane sampe bingung kenapa kami seperti itu ke batu akik ini. Pandangan semua orang berbeda, ga semua orang juga suka sama batu akik. Dan ane nyeritain ini karna ane RINDU SAMA JAMAN BATU ..

(Cerita ini berdasarkan pengalaman ane sendiri ya gan Emoticon)

Spoiler for Sumber gambar:
google.com
Instagram TS

Quote: Maap agan-agan sekalin kalo sekiranya trit ini menyinggung perasaan agan-agan yg membaca trit ane ini .. Sekali lagi, ane cuman ngasi pandangan ane ke "batu akik", nyeritain pengalaman ane tentang batu akik. Kalo sekiranya ane salah kamar mohon di maapkan gan

Komeng Agan
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By P.H
ya gitu deh, trend gaya hidup, apalagi bisa menghasilkan duit Emoticons
tinggal tunggu waktu aja tetep bertahan apa engga tuh trend Emoticons

Quote:Original Posted By agungncex251
rindu bangett gan abis pul ker ngopi ngobrolin batu sampe lupa utang wkwkwkw

Quote:Original Posted By ryo.bond
musiman gan..
kaya waktu ntu jg pernah booming ikan lohan, tanaman gelombang cinta, dll
waktu booming harganya selangit, nah skrg ancurrrr harganya...

Quote:Original Posted By the.darn.knight
Setelah Lohan, Anthurium, Lalu Batu Cincin.
kayaknya sekarang jaman burung ya? Emoticon

inget banget ane temen ane sampe bela2in ngegosok batu doi tiap pagi biar berkilau
inget banget waktu temen ane ngebacot "Ini batu 30juta"
ane jawab "ngapain buang22 30 juta buat batu?"
doi jawab "buat hobi apa salahnya, namanya juga demen" Pake muka belagu

sekarang ane yang gnetawain temen ane itu
makan itu 30 juta, heuhuehe

Quote:Original Posted By ronaldddddddddd
Bener banget gans
Ane jg ngarep banget booming lagi.
Gak tau deh bisa booming lagi apa engga.
Kan enak kalo kumpul" ngomongin batu, drpd ngomongin orang iyaa kan ganss hahaha

Quote:Original Posted By givenrox
warga indonesia ini suka sekali di "bom" sama barang yang tidak ada harga pasar atau patokan nya

jadi mahal hanya karena lagi ngetren

dan sebentar lg ada lah Burung

Quote:Original Posted By warifs
kemaren temen ane punya batu yang ditawarin 5jt ama temennya gk dikasi...dy keukeuh jual batu ny diatas 20jt...wkwkwkwk
skrg krna udh gk musim dy coba lg jual ama temennya itu brpa aj hrganya, bahkan 50rb aj skrg temennya itu udh gk mau....

trus yang kemaren beli batu ampe tukar sama mobil alphard gmna skrg ya gan...stress kali ya....

Quote:Original Posted By jumanjji
Namanya juga musiman, dah gak aneh di indo mah

Quote:Original Posted By budut88
Semua ada masa nya gan Emoticons
Ane juga gk petnah liat orang pake batu akik lagi. Napa ya Emoticons

Quote:Original Posted By before.amnesia
orang indonesia mah musiman gan orangnya Emoticons jdi jngan terlalu ngikutin jaman takutnya pas jaman udh ilang kitanya malah nyesek g karuan Emoticons

Quote:Original Posted By donpapi
ane masih liat beberapa tukang gosok batu di deket rumah ane gan, yah walau sudah gak sebanyak pas jaman booming dulu

Quote:Original Posted By floo.tetsu
ane udh nebak bakal tenggelam juga..
tapi ane yakin bisa booming lagi gan..setelah ganti generasi kira2 10 atau mungkin 20 tahun lagii..jadi batu ente simpen aja gan kali aja 20 taun lagi laku tuh 50 jutaaa.... Emoticons

Quote:Original Posted By FernanDeth
Memang setiap tren ada masanya, ngga bisa berharap selamanya, soalnya kebanyakan yg koleksi cuma ikut-ikutan doang. Kadang orang yg sudah lama koleksi sesuatu saja bisa bosen.

Quote:Original Posted By summerspirates
ane kira awalnya jaman batu itu jaman purba gan.... taunya jaman-jamanya batu akik walah Emoticons

Quote:Original Posted By selenkay09
ternyata batu Emoticons

ngirain zaman prasejarah Emoticons

Quote:Original Posted By j.k.
ane kira jaman dlu..trnyata oh..
ane kurang sk batu gan Emoticons

Quote:Original Posted By kelsonecon
kirain ane jaman homosapien kmren Emoticon

Quote:Original Posted By prariga
Hahaa kiarin jaman batu jamannya jurasik park gan.
Enggak taunya batu yg di gosok" itu Emoticons

Quote:Original Posted By aags
Emoticon ane kira jaman batu jaman duluu, btw bisa kali bagi batunya ke ane Emoticons

Quote:Original Posted By breeco
ane pedagang gan, dan waktu itu temen ane yang pedagang juga manas2in ane untuk jualan batu, katanya untung gede selangit, beli 50rb bisa jual 5jt ... ane liat sendiri sih depan mata ane transaksinya, beneran dia jual 5jt. tapi ada 2 prinsip yang ane pegang

1. ane jualan tujuan utamanya bukan uang, tapi manfaat, ane ga mau jual barang yang ga ada manfaat nya buat orang lain, dan ane liatnya batu ya batu, ga bisa di pake makan / sekolah / kerja atau apapun ... hanya batu

2. Rasull mencontohkan kita untuk tidak pernah mendapat untung 100%, dan tidak boleh 0% juga ... jadi cari di antaranya, nah si batu ini untungnya bisa 10.000% jauh banget ama ajaran Rasull


dengan 2 alasan di atas, ane ga tergoda sedikitpun utk jualan batu ... hasilnya sekarang, temen pedagang ane ini ga punya modal buat jualan skrng, krn semua mengendap di batu yang dulu dia beli mahal banget hehehe

sekian. dan terima kasih

Quote:Original Posted By ismaya
Rindu gan..
Ketemu dan kenal banyak kawan dari batu, dari berbagai golongan dan semuanya kompak cinta ama batu akik Emoticons

Sampe sekarang ga abis pikir tiba tiba trendnya bisa abis, walo keluarga ane mah masih hobi koleksi bebatuan, secara bukan penghobi yang ikut trend.

Maju terus batu indonesia, sampai ketemu di lain kesempatan Emoticon

Quote:Original Posted By de2dotz
tergantung orangnya si, kalo orang yang emang hobi gak perlu nunggu musim apa enggaknya...

contohnya baba ane gan,
baba ane udah punya koleksi puluhan batu dari jenis jenis berbeda sebelom tuh batu booming .. dulu mah itu batu kaga ada harganya beli cuma goceng, ceban. Nah pas kemaren lagi booming juga baba ane biasa biasa aja, ada orang minta tuker yaa di tuker sama dia

"gapape orang seneng kasih aje" ucap baba ane
"emangnya kaga sayang, pan itu bagus ba? mahal kalo di jual?"
"yaelah lu tong, baba mah dapet gituan dulu murah, sekaranga aja nih orang baru pada rame, ntar juga kalo sudahan (trennya udah habis) orang buang buang lagi tu batu... kalo baba mah emang seneng aja koleksi dari dulu" balas baba ane

nahh sekarang bener kata baba ane , hebat bener emang tuh baba Emoticons

Quote:Original Posted By sebastiantenyom
memang rindu zaman akik dan batu cincin dan aneka rupa variannya musim kembali..

Kasihan yg para tukang gosok-poles (gospol) di zaman akik berjaya namun di jaman batu tidak lagi berjaya...

sisi positif yg saya tangkap dari jaman akik berjaya adalah:

# mengurangi angka pengangguran karena banyak pengangguran yg beralih profesi jadi tukang batu akik
# kalo angka pengangguran berkurang maka persentase tingkat kejahatan juga berkurang
# ajang silaturahmi para pecinta akik dan aneka rupa variannya...

ada yg mau nambahin? Emoticons

Tolong dipejwan ya mas TS.. Emoticon

Quote:Original Posted By billyandrafi
Ane sampe senyum sendiri baca nya..
Maap bukan nya ngetawain.. Cuma gimana jalan pikirannya ada yg nuker batu ama mobil ato uang banyak.. Hobi boleh, tp jgn berlebihan.. Ane suka mancing, tp ga suka ngeluarin uang buat beli alat pancing mahal.. Selama masih bisa bikin dr bambu kenapa harus beli.. Toh yg diambil sama aja ikan.. Dan kenapa jg yg hobi batu ga pada nyari, dan bikin sendiri.. Malah beli mahal mahal.. Mana yg lebih dibanggakan, buatan sendiri ato mahal beli nya.. Hahaha.. Becanda gan..

Quote:Original Posted By stormzero
intinya dua aja

yg suka dan hobi dan dilanjutkan buat bisnis, jangan berenti. gemstone still have a preciousness. Batuan indonesia tetap indah. Prospek bisnis masih ada bahkan kuat, tinggal gimana agan2 ngejalaninnya.

yg ga suka apalagi yg ga ngerti please stop offensive. kita dari pihak penghobi ataupun pebisnis ga pernah ngerugiin kalian (kecuali sipenipu berkedok jualan batu). Jadi dewasa aja. lo, gue, mereka gausah saling usik dan berkomentar buruk.

satu lagi, ga semua batu indonesia itu dari jenis "AKIK" yg ga punya kecerehan dan kilauan yg indah dan enak dipandang. banyak batuan indonesia berasal dari kategori "PRECIOUS" stone alias batu mulia.

Batu Akik

Quote:Original Posted By excel150
Maaf kalo menyinggung yg penghasilannya dari jual beli batu mulia,,
Tapi amit2 dah kaya kmren,,banyak kang tipu,banyak kang boong,,segalaserpentine lah dibilang bacan,,kalimaya pelangi lah dibilang batu natural yg langka,ada lagi bacin,,jual black opal yg jarongnya kaga..
Sekarang menurut ane bukan sepi gan,tapi kembali ke masa2 normal nya,,tapi tetep rame pecinta batu,,lewat erbe jarang sepi soalnya.haha
Tukang gospol di jatner jg jarang nganggur ane liat..
Dan bagusnya harga kembali seimbang,,sesuai lah sama kualitas,,
Jangan kejadian lagi deh kaya temen ane beli batu harga jutaan ternyata pasarannya ratusan ribu Emoticon

Wassalamualaikum wr wb
Nostalgia Jaman Batu Akik, Disaat Batu Lebih Populer Dibanding Gadget
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/56fe6003a2c06e13648b456c/rindukah-agan-dengan-quotjaman-batuquot Category:
My Story
Pasang Iklan
close