Bahaya Rokok

Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
Lifestyle - Education - Activity - Controversy - Inspiring
alisnya.tebal
UserID: 6045481

Kali ini ane akan membagikan tentang kegundahan ane di thread yang sederhana ini. Berawal dari kegundahan ane tentang mahasiswa-mahasiswa yang kehilangan semangat dan kepercayaannya kepada sistem perkuliahan. Bagaimana tidak jika dosen yang sebagai pengajar kita sering sekali adsen dan mengganti di hari atau jam lain seenaknya sendiri.

Menurut ane sih ga papa gan, klo hanya sekali dua kali. Nah klo berkali-kali pastinya akan membuat mahasiswa semakin tidak rajin untuk hadir kuliah, karena merasa tidak tipedulikan oleh dosen tersebut. Ane sharing-sharing dengan teman ane memang ada beberapa dosen yang rajin dan jarang sekali absen tpi banyak juga yang absen seenaknya sendiri, baik kampus negeri maupun swasta tidak jauh berbeda. Pastinya ketika kuliah agan pasti bersyukur karena dulu waktu SD sampai SMA guru agan rajin dan bertanggung jawab untuk hadir mengajar murid-muridnya. Nah untuk itu kali ini ane akan membagikan pendapat ane tentang hal ini :

Quote:1. Buang Waktu Mahasiswa


Ketika mahasiswa telah menunggu lama akan datangnya seorang yang akan mebagi ilmu, ternyata orang tersebut batal hadir dan kita telah menggu lama antara 20 sampai 2 jam. Nah coba bayangin gan klo agan seorang mahasiswa yang sedang berjuang menyisihkan waktu berkerjanya untuk datang ke kampus dan saat itu juga ternyata dosen tidak datang, kan sayang banget gan waktunya, toh biasanya mahasiswa kaya gini juga kerja untuk membayar kuliahnya.

Quote:2. Menurunkan Semangat Belajar Mahasiswa


Di saat ada mahasiswi manis yang lagi rajin-rajinnya ngerjain makalah untuk di kumpulkan keesokan harinya, ternyata si dosen absen dan tugas tersebut dikumpulkan di hari lainnya. Pastinya taulah gan rasanya udah ngerjain sampai begadang-begadang dan besoknya ternyata belum dikumpulkan.

Quote:3. Kepercayaan dari Mahasiswa Berkurang Kepada Sistem Kuliah


Dari saking seringnya dosen kosong jadinya para mahasiswa merasa tidak dapat ilmu dari kuliahnya. Nah kadang karena alasan ini pula banyak mahasiswa yang memutuskan untuk berhenti kuliah karena dia merasa lebih banyak mendapatkan ilmu di dunia luar dari pada di kuliahnya

Quote:4. Mahasiswa Menjadi Tidak Produktif


Mahasiswa biasanya juga mengembangkan kemampuannya di luar perkuliahan, misalnya wirausaha atau lain-lain. Tapi ketika datang kekampus hanya menuggu-menuggu dan menunggu.

Quote:5. Karena dosen di bayar


Quote:Original Posted By benci.kaskus
Menurut Ane kalo sesuai dg judul "Ini alasan kenapa dosen seharusnya tidak boleh absen mengajar" isinya seharusnya adalah karena DOSEN DIBAYAR! Emoticons

Orang tua agan banting tulang buat bayarin kuliah, malah tuh dosen tidak profesional tidak mengajar. Padahal tuh dosen makan gaji tiap bulan. Emoticons

Di kampus Ane pernah ada dosen sering absen mengajar sehingga kita mahasiswanya keteteran, akhirnya kita laporin deh tuh dosen dan dimutasi ke tempat lain. Dosen kok mental absenan.

tambahan dari agan benci.kaskus

Yah akhir kata semoga dosen-dosen di indonesia kedepannya lebih bertanggung jawab pada jam mengajarnya. Karena mahasiswa juga harus menaati kontrak kuliah yang di berikan dosennya. Untuk agan yang punya pengalaman lain silahkan di bagi gan, nanti ane taruh pekiwan. mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan.

Sumur : Dari pemikiran dan kegundahan ane gan

Quote:
Spoiler for Curhatan Mahasiswa:
Quote:Original Posted By Boyz.
ane pernah tuh gan tiap ane dateng mau kuliah dosennya gak ada giliran ane ga dateng ehh dosennya ada.. kan jadi alpha ane Emoticons

Quote:Original Posted By annanizsa
Yang ngeselin lagi, dosen yg materinya belum kelar gara2 sering gak masuk biasanya deket2 uts minta make up class.. udah gitu suka seenaknya ngatur jadwal. Emoticons

Quote:Original Posted By i624
apapun alasannya, dosen wajib masuk karena mahasiswa membayar... Kalau sibuk, dan ngak punya waktu ya jangan ngajar...
Dateng ke kampus jauh2, cape, pake ongkos, ngak produktif, nungguin di kelas, ternyata ngak dateng.. kan rese banget..
Ada juga dosen yg sibuk banget, kalau masuk pun telat sejem.. alasannya proyek pemerintahan, dll. Mending kalau enak ngajarnya Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By himamaula
alhamdulillah kalau di kampus ane dulu dosennya rajin-rajin gan. karena kalau ada dosen yang gak rajin langsung dimintain kuliah tambahan sama mahasiswa nya Emoticon

Quote:Original Posted By selaonsepen
wah, kalau ane kuliah di PTN papan atas. dosen ngga pernah absen dan ane pun ngga pernah absen

Quote:Original Posted By iman07021997
sedih gan dulu dosen ane udah tau ngambil Doktor di negri sebrah malah ngambil kelas, jadi kita kena imbasnya kuliah kosong tugas menumpukEmoticon

Quote:Original Posted By reale
mahasiswa atau dosen ya harusnya sama2 jangan sampe absen
kecuali dalam beberapa kondisi ya, kan ga mungkin wajib dateng 100% juga

Quote:Original Posted By misigi
kalau di sekolah mah ane senang guru gak masuk. nah ini kalau di kuliah udh datang jauh" bayaran mahal pas sampe ke kampus eh dosen nya kg ada. trus kuliah pengganti nya jg di jam" yg ane malesin utk belajar....

Quote:Original Posted By the.mr.doa
Tugas jadi numpuk gan dan tugas yg d kerjakannya jg ga ngerti wong blum pernah di ajarin sm dosennya Emoticons

Trus ane pernah waktu ngampus pulang pergi udh jaraknya jauh (Sumedang-Bandung) trus bela"in berangkat subuh (krna masuk jadwal pagi) pas nyampe kampus dosennya absen Emoticons lalu minta kelas pengganti pas ane bentrok sm keperluan lain Emoticons

Tpi enaknya bebas bisa nongkrong d kantin kl ngga main kmna nongkrong" dan kl lgi males"nya balik lgi k rumah lanjut molor Emoticon

Quote:Original Posted By lolly.cat
Dosen ane nih gan udah ga pernah masuk matre pula.. Mending kalo ga masuk beberapa kali nah ini 1 semester kagak masuk.. Gue kira dia udah mati gan..tapi masi hidup ternyata.. Dan kalo ngasi nilai pelit gaan.. Dia kasi nilai dgn cara jual buku.. Yg beli buku sih aman dapet B(gak pernah gan dia kasih nilai A) , tp kalo gak beli ya C..
Di tambah tuh dosen mau mulusin skirpsi kalo di suap gan di beliin tas branded (kalo kagak kasi pelicin alamat deh skripsi kacau, banyak kating gw yg S1 sma S2 jd korban ni dosen)..
Dan parahnya lagi tuh orang ga mau bales sms kalo ga di isiin pulsa gan.. Minimal gocap lah kalo ceban doi ga respon..
Udah di tegur rektor gan tp masih aja gituuu..
Di kasi kritik negatif ga mempan gaan gile kan..

Quote:Original Posted By hirudora
bener th..masuk seenaknya..baru masuk 3x pertemuan langsung uts/uas Emoticons sedeng dosen ane kadangan

Quote:Original Posted By mac021
setuju banget nih gan... sering banget ketemu dosen macam kayak gini..

Quote:Original Posted By achiiaaa
Buang buang ongkos gan ,udah jauh2 dateng ke kampus ,dosennya gak masuk ,mending kalau ada dosen pengganti mah :tear

Quote:Original Posted By mumiarhz
Iya gan jadi ga efektif gitu waktunya, malah jadi buang buang waktu ga jelas, mau ini itu kan tanggung ya kalo info dari dosennya ga jelas. Paling males kalo ada jadwal pengganti yg pake waktu santai atau hari libur

Quote:Original Posted By artwing
Ane pernah dapat dosen tipe ini waktu kuliah.
Dibelain masuk, eh doi jarang masuk.
Begitu ane yang ga masuk, coret sana sini.
Setelah ane cari tahu, ternyata dosen dapat uang berdasarkan absensi dan berita acara perkuliahan yang terisi tiap mengajar.
Dan voila, walaupun sampai 5 pertemuan absen, kok berita acaranya penuh terus? Wah ni orang minta gaji penuh biar ga pernah ngajar.
Ane dan teman-teman sepakat untuk menghentikan aksi ini.
Setiap dosen ga masuk, kami coret di berita perkuliahan dengan isi berita "Perkuliahan diliburkan, tidak ada dosen."
Alhasil dosen tsb kelabakan dan sempat marah.
Kami pun mengancam, "Sekali lagi anda tidak masuk, silakan berhadapan dengan dekan atau rektor kami."
Akhirnya dia sering masuk juga, walaupun sering bolos juga.
Di akhir cerita ternyata doi berhadapan sama rektor juga. Mungkin dari kelas lain yang dia ajar yang merasa sebal juga seperti kami.

Tapi di semester berikutnya, dia masih mengajar.
Mungkin dia jera... semoga.


Kok jadi cerita ya Emoticons:

Quote:Original Posted By aanisti
Ane tergelitik untuk komen setelah baca trit ini.
Sebelumnya bukan maksud apa2, ane cuma pengen share. Ane sekarang lagi dapet beasiswa untuk kuliah di luar Indo, tepatnya di negara kumpeni yg pernah ngejajah kita. Udah 2 semester ane kuliah disini, doain semoga bisa lanjut dan ga kena deportasi ya gan (kalo nilainya dibawah standar bakal kena deportasi)..berhubung kuliahnya lumayan susah.. Emoticons Emoticons
Di semester lalu, ada kejadian dosennya ga masuk, hal ini bener2 karena miskomunikasi aja..ada 2 dosen yg in charge di mata kuliah tsb. dosen 1 harus nguji disertasi org dan berpikiran kalo di hari itu jadwalmnya dosen 2, tapi dosen 2 udah cek jadwal ternyata harusnya dosen 1 lah yg ada di kelas, sementara doi ada agenda lain. Hasilnya di hari itu ga ada dosen sama sekali. Dan tau hasilnya gimana? ternyata temen2 sekelas ane (yg semuanya asli org sini) memutuskan untuk menjalankan kelas sperti biasa. Tetap ada yg presentasi, tetap diskusi, dan bahkan tetap berdebat membahas materi. Setelah selesai kami foto bareng2, dan mengirimkannya pada kedua dosen tersebut, maksudnya biar mereka semakin merasa bersalah sih gan, syukur2 nilai paper dan ujian dibikin bagus.. Emoticons
emang sistem disini membuat dosen bukan sebagai pusat ilmu pengetahuan, porsi mereka hanya dikit dikelas, sebagain besar waktu dikelas adalah diskusi dari materi2. bahannya udah diberikan dalam silabus di awal semester.
Jadi ketika dosen ga masuk pun kegiatan belajar ga mesti berhenti, dan membuat mahasiswa jadi ga motivasi. Malah orang2 asli sini bener2 gila belajarnya walaupun dosen cuma dapet porsi yg dikit dikelas.
Kalo ane rasa sih, kalo dosen ga masuk, bukan jadi pembenaran untuk demotivasi, apalagi kalo sampe mikir sayang dah bayar uang kuliah. Sebaiknya anggaplah kalo dosen itu bukan satu2nya sumber pengetahuan, kalo udah membekali diri dengan baik sebelum dateng ke kelas, mahasiswa tetep bisa diskusi satu sama lain kok.

Emoticon

Spoiler for Curhatan Dosen:
Quote:Original Posted By airie
Sy masih belum paham kenapa dosen tega seperti itu..padahal mereka pernah menjadi mahasiswa..sy skarang adalah dosen, memahami keinginan para mahasiswa karna mengajar pada jam atau jadwal merupakan hak para mahasiswa serta kewajiban sy..nah buat TS coba dicari tahu apa sie penyebab dosen yg meninggalkan mahasiswany..apa karena hobby..

Quote:Original Posted By freeday98
Begini aja dek biar enak
Kami para dosen memiliki kewajiban untuk mengabdi bukan hanya pada para mahasiswa, tp jg masyarakat
Tergantung skala prioritasnya
Dan kurang tepat jika berkeluh kesah masalah absensi

Ada pertanyaan?

Quote:Original Posted By freeday98
Tergantung skala prioritas seperti apa kata saya
Semua dosen mengajar disuatu lembaga terikat pada kedinasan
Sedangkan membahas profesionalisme maka cakupan wilayah kami adalah masyarakat
Semua prioritas itu sudah pasti ada yg merasa terugikan
Nah menurut skala prioritas anda, anda mendahulukan kuliah dibanding kerja
Ketika anda mengalami bentrok kuliah dan kerja dan mendahulukan kuliah
Pihak tempat anda kerja jg terugikan karena kekurangan tenaga pekerja

Tp anda memandang anda juga rugi karena anda dipotong gaji misalnya sedangkan dosen tidak dipotong gaji
Inilah contoh default dari mindset anda dan yg lainnya
Sayangnya sedikit dosen yg begitu karena izin ke profesionalan selalu keluar terutama untuk penelitian
Anda juga bisa cuti kuliah, atau cuti kerja dgn alasan pendidikan dan gaji tetap lancar kok Emoticons

Quote:Original Posted By MoodyMoodPecker
Ane dosen gan, ane hadir terus kok buat ngajar Emoticons

Tapi jujur aja, kadang godaan jadi dosen itu besar... karena gaji dosen kan kecil, begitu ada tawaran project, mudah tergiur.

Moga2 pihak kampus makin memedulikan nasib gaji dosen Emoticons *semoga naik gaji*

Quote:Original Posted By bayUNSW
Sy dibayar berdasarkan Absensi Gan...
Nggak masuk = nggak dapat duit... hehhe

Quote:Original Posted By rep.of.gamers
ane sering masuk kok Emoticon

Ane mau melihat ini dari dua sisi gan, sisi dosen dan sisi mahasiswa, jadi agar semua tau apa saja kendala dosen dan apa saja yg jadi masalah bagi mahasiswa, dan semoga sistem pendidikan kita menjadi lebih baik kedepannya, aamiin
5 Alasan Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar Kuliah
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/571599dac2cb172e758b4569/ini-alasannya-kenapa-dosen-seharusnya-tidak-boleh-absen-mengajar Category:
Intermezzo
Pasang Iklan
close