Bahaya Rokok

Ayo, Buat Suasana Kantor yang Menyenangkan!
Lifestyle - Business - Working - Activity - Inspiring
mayaarvini
UserID: 7750957
Microsoft Atlanta, Amerika Serikat
Sumber : Dokumen Pribadi. Acara Microsoft di Atlanta, Amerika Serikat tahun 2012.

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan mungkin Sabtu adalah hari-hari di mana agan semua termasuk ane pergi ke kantor. Pergi dengan rutinitas yang secara garis besar pasti serupa. Pergi, kerja, pulang, seperti itulah rata-rata rutinitas kita saat bekerja. Pernah ga agan merasa bosan dengan rutinitas agan yang seperti itu hampir tiap harinya? Atau bahkan agan merasa suasana kantor jadi kurang asik karena rutinitas tersebut? Bagaimana ya, jika suasana kantor jadi terasa kurang menyenangkan akibat rutinitas yg kita jalanin di tempat kerja?

Ane mau share mengenai pentingnya membuat suasana kantor menyenangkan atau bahkan lebih menyenangkan buat yang kantornya sudah asik. Cekidot.

Emoticon Emoticon

Quote:Kenapa Suasana Kantor Harus Menyenangkan?

Working Time
Sumber: http://previews.123rf.com/images/Vla...tock-Photo.jpg

1. Kantor Adalah “Rumah” Kedua
Rata-rata 8 sampai 10 jam agan habiskan di kantor untuk bekerja dalam sehari. Ini menunjukkan bahwa agan akan menghabiskan banyak waktu di kantor. Kantor akan menjadi rumah kedua agan di mana agan akan menghabiskan waktu untuk bekerja. Bayangkan jika suasana di kantor terasa kurang menyenangkan atau terkesan membosankan buat agan, tentu agan rasanya tidak betah tinggal di rumah seperti itu kan? Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika agan merasa nyaman dan senang dengan suasana kantor. Agan akan merasa nyaman untuk tinggal di “rumah” kedua agan.

2. Membuat Kita Betah dan Ingin Bekerja untuk Periode yang Tidak Sebentar
Mendengar kata bekerja bagi sebagian orang terkesan rutinitas yang berat, lalu bagaimana jika rutinitas yang sudah terkesan berat itu dikerjakan di tempat yang tidak menyenangkan. Agan pasti akan merasa tidak nyaman dan seakan ingin mencari suasana yang menyenangkan yang mungkin ada di tempat lain. Mungkin agan berpikir untuk mencari kerja di tempat lain dalam kurun waktu yang pendek. Berpindah-pindah dalam kurun waktu yang pendek, dalam hal ini kurang dari 3 (tiga) tahun, bagi seorang pekerja tentu akan menimbulkan pertanyaan yang berarah negatif.
Jika agan ingin bekerja di sebuah kantor dalam periode yang cukup lama, agan harus mampu membuat suasana kantor yang menyenangkan. Saat agan merasa senang untuk bekerja di suatu tempat, tentu agan akan merasa betah dan ingin bekerja lebih lama di kantor tersebut. Kemampuan agan untuk bekerja di suatu tempat dalam periode yang lama pun memungkinkan agan untuk memiliki nilai lebih di mata perusahaan yakni loyalitas agan sebagai pekerja.

3. Memotivasi kita untuk fokus bekerja
Saat agan menemukan atau mampu membuat suasana kantor yang menyenangkan, agan akan merasa ringan dalam bekerja. Pekerjaan yang agan lakukan akan terasa ringan karena agan bekerja dengan hati yang senang. Suasana yang menyenangkan yang agan rasakan mampu memotivasi agan untuk bekerja lebih giat lagi. Performa agan yang bagus tentu menjadi salah satu nilai penting bagi seorang manajer untuk menilai karyawannya.

Setelah agan mengetahui alasan pentingnya membuat suasana kantor yang menyenangkan, sekarang ane bagi nih tips supaya agan bisa bikin suasana kantor yang menyenangkan. Cekidot !

Quote:Tips bikin suasana kantor menyenangkan

1. Menjaga Penampilan dengan Baik
Quote:“Appearance matters a great deal because you can often tell a lot about people by looking at how they present themselves.” ― Lemony Snicket, the Miserable Mill
Penampilan adalah cara orang lain pertama kali melihat agan, jadi hal ini turut menjadi perhatian agan juga. Membangun suasana kantor yang menyenangkan dimulai dari diri agan sendiri, yakni membuat orang lain merasa nyaman dan senang berada di sekitar agan melalui penampilan. Untuk mengetahui bagaimana menjaga penampilan dengan baik, agan boleh lihat nih thread ane sebelumnya : klik ini gan
Ketika agan mampu menjaga penampilan agan di kantor, rekan-rekan kantor agan akan merasa senang berkomunikasi dengan agan. Melalui komunikasi yang baik yang terjalin dengan rekan kerja, agan bisa membangun suasana kantor yang menyenangkan dengan orang lain.

2. Tata Meja Kerja dengan Rapi

Meja Kantor
Sumber: http://cdn1.listovative.com/wp-conte...for-work-1.jpg

Meja kantor adalah tempat yang agan paling sering kunjungi ketika berada di kantor, karena di meja kerja aganlah pekerjaan dimulai dan diselesaikan. Untuk itu meja kerja harus mampu membuat agan merasa nyaman. Kenyamanan ini dapat terbangun ketika agan mampu menata meja kerja dengan rapi. Ane sendiri karena terbiasa kerja mobile di IBM dan Microsoft, ane terbiasa untuk ga punya meja kerja. Ane sendiri suka meja yg bersih dan kosong ga ada barang. Kerja mobile seperti ane memungkinkan karyawan ketika datang kerja bisa duduk dimana saja dan kebetulan kalau kantor lagi penuh bisa aja ane ga dapat meja kerja. Hal ini menurut ane bikin seru juga karena ane bisa dapat kesempatan untuk duduk dimana saja ga terbatas di tempat tertentu. Biasanya dunia IT memberlakukan model kerja mobile seperti ini.

Gimana dengan agan yg kerja dan memang disediakan meja untuk agan ? Ayo coba agan susun tumpukan dokumen dengan rapi di sudut yang tepat di mana mampu agan jangkau namun tidak merusak pandangan. Jangan menumpuk kertas-kertas yang tidak lagi digunakan atau tidak penting. Tata alat tulis dan kantor agan dengan rapi. Pastikan kerapian meja kerja agan selalu terjaga.
Dengan keadaan meja kerja yang rapi, agan akan lebih merasa nyaman serta berkonsentrasi dalam bekerja.

3. Bawa Barang yang Disukai atau yang Menghibur

Di sekitar meja kerja atau pun di meja kerja agan bisa meletakkan barang-barang yang agan sukai. Agan bisa memajang foto keluarga atau sahabat terdekat yang membuat suasana hati agan lebih menyenangkan. Atau agan bisa menempelkan di dinding meja kerja agan beberapa benda seperti foto, voucher, atau pun souvenir yang agan punya sewaktu liburan terakhir agan. Tentu ini akan jadi hal yang menghibur ketika agan berada dalam kepenatan kerja.
Kata-kata motivasi milik agan atau dari siapa pun bisa agan letakkan di sekitar meja kerja agan. Motivasi tersebut bisa mengingatkan agan untuk terus bekerja keras tanpa mengeluh dan menyerah.
Gimana gan, sudah terpikirkan barang apa yang akan agan letakkan meja kerja agan?

4. Perbanyak Senyum dan Ramah Pada Semua Orang Quote:“Let us always meet each other with smile, for the smile is the beginning of love.” ― Mother Teresa
Suasana menyenangkan di kantor akan terasa jika agan mampu membangun hubungan baik dan menyenangkan dengan rekan-rekan kantor. Ini bisa dimulai dengan senyuman gan. Agan harus mulai memperbanyak senyum kepada rekan-rekan kerja di kantor. Diawali dengan senyuman maka rekan-rekan agan akan merasa dihargai dan bisa jadi untuk membangun komunikasi yang baik dengan agan. Senyuman ini pun harus agan berikan kepada semua orang di kantor baik bawahan, rekan, ataupun atasan agan.
Jangan lupa untuk selalu bersikap ramah dengan semua orang. Ingat jika agan ingin mendapatkan respon yang baik dari setiap orang yang agan temui, agan harus memulainya dengan bersikap baik dan ramah kepada orang lain.

5. Akrab dengan Rekan Kerja, Atasan dan Bawahan

Setiap orang yang ada di kantor akan membantu agan untuk merasakan suasana yang menyenangkan di kantor. Untuk itu agan perlu membangun keakraban dengan semua orang di kantor tanpa terkecuali. Agan bisa memulai dengan percakapan sederhana seperti menanyakan “Apa kabar ?” Mulai dari percakapan sederhana seperti itu, agan bisa membangun keakraban dengan orang kantor. Atau agan bisa memulai dengan canda di selang waktu kerja yg pasti harus diperhatikan supaya tidak mengganggu rekan kerja yg lain. Kalau agan bisa membuat canda yang tepat maka agan mendapatkan poin tambahan karena agan akan dianggap menyenangkan oleh orang-orang di kantor.
Agan bisa buka lagi link ini gan supaya agan bisa tau lebih detail caranya membina hubungan baik rekan kerja

6. Bikin Acara di Luar Kantor

Acara Kantor
Sumber: http://c2.staticflickr.com/4/3345/3...453eea281c.jpg

Membuat suasana yang menyenangkan pun bisa agan lakukan dengan membuat acara di luar kantor dengan rekan-rekan kantor agan. Bisa dengan makan siang bersama beberapa orang kantor. Agan akan memeiliki kesempatan lebih untuk lebih dekat lagi dengan orang-orang kantor melalui makan siang di luar. Mulailah perbincangan ringan sewaktu makan siang tersebut, dan bangun hubungan komunikasi yang baik dengan mereka. Suasana yang menyenangkan bisa mulai tercipta ketika agan memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan agan.

7. Company outing di luar kantor

Company Outing
Sumber: http://franklnelsonjr.files.wordpre...11/rafting.jpg

Berdarmawisata dengan seluruh orang di kantor tentu menjadi kesempatan yang baik bagi agan untuk membangun keakraban dengan orang-orang kantor. Biasanya rekan kerja dari SDM / HRD yg membuat acara untuk outing di luar kantor. Tapi bisa juga agan membantu mengusulkan darmawisata ke suatu tempat yang menyenangkan untuk semua karyawan di tempat agan bekerja. Buatlah darmawisata yang menyenangkan di mana setiap pekerja bisa merasakan kenyamanan dan kebersamaan.
Dengan dilakukannya di luar kantor atau di luar kota biasanya akan membutuhkan waktu perjalanan sehingga dijalan agan juga bisa mengakrabkan diri dengan rekan-rekan kerja.
Hal ini tentu baik untuk membangun suasana kantor yang menyenangkan, karena ketika setiap pekerja di kantor memiliki rasa kebersamaan yang kuat maka mereka akan saling tolong menolong. Ketika itu terjadi, agan tentu merasa nyaman dengan hubungan baik yang terjalin pada setiap individu yang ada di kantor.

8. Ucapkan Terimakasih yang Tulus dan Rayakan Keberhasilan Bersama-sama

Berdarmawisata dengan seluruh orang di kantor tentu menjadi kesempatan yang baik bagi agan untuk membangun keakraban dengan orang-orang kantor. Biasanya rekan kerja dari SDM / HRD yg membuat acara untuk outing di luar kantor. Tapi bisa juga agan membantu mengusulkan darmawisata ke suatu tempat yang menyenangkan untuk semua karyawan di tempat agan bekerja. Buatlah darmawisata yang menyenangkan di mana setiap pekerja bisa merasakan kenyamanan dan kebersamaan.
Dengan dilakukannya di luar kantor atau di luar kota biasanya akan membutuhkan waktu perjalanan sehingga dijalan agan juga bisa mengakrabkan diri dengan rekan-rekan kerja.
Hal ini tentu baik untuk membangun suasana kantor yang menyenangkan, karena ketika setiap pekerja di kantor memiliki rasa kebersamaan yang kuat maka mereka akan saling tolong menolong. Ketika itu terjadi, agan tentu merasa nyaman dengan hubungan baik yang terjalin pada setiap individu yang ada di kantor.

8. Ucapkan Terimakasih yang Tulus dan Rayakan Keberhasilan Bersama-sama

Terimakasih
Sumber: http://36nukx10904q2nqzfr2ammzk.wpen...ay-thanks.jpeg

“Terimakasih”, mungkin kata yang sederhana namun sangat besar makna dan efeknya. Ketika agan dibantu oleh rekan,bawahan, atau pun atasan agan, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih yang tulus. Dengan mengucapkan kata tersebut, rekan yang membantu agan akan merasa senang membantu agan karena dirinya merasa dihargai. Bayangkan saja jika agan menolong seorang rekan, lalu rekan agan tidak mengucapkan terimakasih, agan pasti merasa enggan untuk menolongnya atau berkomunikasi dengannya lagi. Hal itu pun yang dirasakan rekan-rekan lain di kantor. Jadi jangan lupa ya mengucapkan terimakasih dengan tulus kepada siapapun yang telah menolong agan di kantor. Terima Kasih juga dapat disampaikan dalam bentuk tertulis (email) yg dikirimkan kepada tim terkait yg di cc ke atasan rekan kerja yg bersangkutan. Hal ini tentunya akan memberikan impact lebih baik bagi rekan kerja agan.
Selain kata terimakasih, suasana menyenangkan pun akan terbangun ketika agan mampu menghargai keberhasilan orang lain di kantor dengan turut merayakan keberhasilannya. Ingat untuk ucapkan “Selamat” kepada rekan, bawahan, ataupun atasan agan. Keberhasilan mereka adalah suatu hal yang patut untuk dihargai. Jangan lupa juga untuk merayakan keberhasilan agan ketika agan mencapai sesuatu, tapi jangan membuat agan terlihat tinggi hati.

Ketika agan ingat untuk berterimakasih dan merayakan keberhasilan bersama-sama, maka agan akan dianggap sebagai rekan yang baik dan mampu menghargai orang lain dengan baik. Sehingga mereka senang untuk bekerja dan berkomunikasi dengan agan. Dengan cara ini agan bisa membangun suasana yag menyenangkan di kantor.

9. Punya Hobi dan Ajak Rekan-rekan Kerja untuk Ikut Punya Hobi

Hobi adalah hal yang menyenangkan ketika agan bisa merealisasikannya. Namun pasti lebih menyenangkan ketika agan melakukannya dengan rekan-rekan agan. Membangun suasana kantor yang menyenangkan bisa saja terjadi dengan mengajak rekan-rekan kantor untuk merealisasikan hobi bersama. Contohnya agan suka olahraga yoga nah agan bisa mengajak rekan-rekan kerja agan untuk latihan yoga di kantor dengan memanggil trainer ke kantor. Atau misalnya agan suka baca buku bisa minta tim SDM/HRD untuk mengadakan talkshow ringan sebagai bagian dari program kerja tim SDM/HRD, sehingga hobi ini tidak hanya menjadi hal yg positif bagi agan tapi juga bisa berbagi dengan rekan-rekan kerja yg lain.
Sewaktu ane bekerja di IBM dan Microsoft, keduanya punya employee club yg diketuai oleh ane sendiri dimana employee club ini berperan sebagai perpanjangan Tangan dari tim SDM/HRD. Employee club ini memilliki pengurus yg memiliki beberapa divisi seperti olahraga, edukasi, sosial dan lain sebagainya. Karena itu employee club cukup aktif untuk selalu mengadakan kegiatan yg biasanya idenya datang dari karyawan, seperti talkshow, basket, futsal, yoga sampai kelas memasak.
Kita jadi bisa ajak rekan yang memiliki hobi yang sama dengan cara yang menyenangkan.

10. Bangun Network dengan Orang-orang di Luar Kantor

Bangun Network
Sumber: http://i.huffpost.com/gen/1941359/im...S-facebook.jpg

Menjalin hubungan komunikasi dengan rekan-rekan di luar kantor juga merupakan salah satu cara untuk membuat suasana hati agan menyenangkan selama bekerja. Agan bisa menghabiskan waktu dengan sahabat atau teman agan di luar kantor misalnya sebelum jam kerja atau setelah jam kerja. Ane cukup pagi memulai hari ane, sering kali ane makan pagi jam 6.30 pagi atau jam 7 pagi dengan sahabat ane baru setelahnya ane pergi ke kantor. Atau agan bisa datang ke acara-acara diluar kantor sehingga bisa menambah teman dan network agan.
Dengan memiliki hubungan yang akrab dan menyenangkan dengan teman di luar kantor, pikiran agan akan selalu merasa ringan dan baru. Dengan begitu suasana di kantor pun saat agan bekerja akan terasa lebih menyenangkan.

Sekian tips dari ane. Selalu semangat dalam melakukan segala hal, ingat terus kalau proses itu ga akan pernah mengkhianati hasil akhir.
Emoticon Emoticon

Quote:Twitter & Instagram : @mayaarvini
Facebook : Maya Arvini & Career First
www.mayaarvini.com

Bosan dengan Rutinitas Kantor? Tips Bikin Suasana Kantor Menyenangkan
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5641cd42925233f5118b456c/ayo-buat-suasana-kantor-yang-menyenangkan Category:
Tips Trick
Pasang Iklan
close