Bahaya Rokok

Penemuan Gelombang GravitasiGelombang Gravitasi ditemukan, Revolusi Sains Berkibar
Knowledge - Astronomy - Physics - Technology - Space - Activity - Mystery - Innovation
bernardevan
UserID: 2398423
Banner
Welcome

Quote:MUKADIMAH
Quote:Gelombang Gravitasi
Uraikan.com – Tim fisikawan internasional yang tergabung dalam Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) berhasil mendengar dan merekam gelombang dari alam semesta yang berasal dari peristiwa bersatunya dua lubang hitam.

LIGO merupakan dua fasilitas riset yang terletak di Washington dan Lousiana. Keduanya terhubung oleh pipa kecil hampa udara sepanjang 4 kilometer. Fasilitas itulah yang menangkap adanya gelombang dari alam semesta.

Quote:Seberapa jauh agan mengenali gelombang gravitasi?

Quote:APA ITU GELOMBANG GRAVITASI
Beberapa hari ini, internet seolah olah meledak oleh pemberitaan tentang sebuah penemuan gelombang gravitasi. Penemuan tersebut merupakan hasil penelitian dari sebuah kelompok peneliti bernama Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory (LIGO) di Amerika Serikat. Kelompok tersebut telah mendeteksi gelombang gravitasi yang keberadaannya telah diprediksi Albert Einstein sejak 100 tahun lalu.

Quote:Namun, apakah sebenarnya Gelombang gravitasi itu?

Gelombang

Gelombang gravitasi adalah riak yang terjadi di medium ruang dan waktu. Gravitasi (bukan gelombang gravitasi) terjadi karena dimensi ruang dan waktu melengkung akibat besarnya massa sebuah objek. Gravitasi berbeda dengan gelombang gravitasi. Gravitasilah yang menyebabkan kelengkungan dalam dimensi ruang dan waktu itu muncul. Jika objek tersebut bergerak, maka kelengkungan tersebut akan berubah menjadi riak di dimensi ruang dan waktu. Riak tersebut berkelana dalam bentuk gelombang yang ahkirnya sampai kebumi.

Analogi Sederhana
Bayangkan dimensi ruang dan waktu adalah selembar kain datar. Lalu bayangkan sebuah objek bulat (planet) dijatuhkan diatasnya. Maka kain akan melengkung (lengkungan ini adalah analogi dari gravitasi). Lalu bayangkan kamu menggererak gerakan bola itu dengan cepat. Maka dalam kain tesebut akan terjadi sebuah ripple (gelombang) kecil akibat pergerakan objek bola tersebut. Nah, riak tersebut merupakan analogi dari gelombang gravitasi yang terdeteksi

Spoiler for Analogi:
Analogi

Dalam kasus ini, gelombang radiasi dihasilkan oleh dua lubang hitam (blackhole) yang bertabrakan. Karena masifnya massa dua objek tersebut, maka gelombang gravitasi yang dihasilkan mampu mencampai observatorium LIGO di Amerika Serikat.

Quote:KOK BISA KETEMU?
Mungkin hal ini menjadi pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh agan agan sekalian. Gimana gelombang yang jaraknya jutaan taun cahaya bisa terdeteksi sampai bumi? Apa gak ketuker sama gelombang radio sama tv tetangga? Sebenernya bagaimana cara menemukan gelombang gravitasi ini?

Spoiler for LIGO:
LIGO

Semuanya berawal dari observatorium LIGO yang berlokasi di Amerika Serikat. Pendektesi cahaya ini diprakarsai sejak tahun 1972 oleh seorang peneliti muda dari Amerika Serikat. LIGO mulai didanai sejak tahun 1992 oleh MIT dan beroperasi sejak tahun 2002. Lipo bahkan dibangun sejak lama karena para peneliti meyakini bahwa apa yang dikatakan Einstein tentang Gelombang Gravitasi adalah benar. Mereka menunggu sangat lama sampai hari ini. Hingga ahkirnya LIGO berhasil mendeteksi gelombang gravitsai.

LIGO sendiri memiliki gedung observatorium yang berbentuk huruf L. Setiap gedung memancarkan sebuah laser kepada sebuah cermin yang diletakan ditengah bangunan. Laser tersebut dikurung dalam sebuah pipa khusus yang mengisolasi laser tersebut dalam keadaan tanpa gangguan. Sehingga laser ini benar benar ditujukan hanya untuk mendeteksi gelombang yang berasal dari gravitasi saja.


Device LIGO
Penemuan tentang gelombang gravitasi terjadi sekitar awal bulan September. Laser yang seharusnya memiliki gelombang yang normal mengalami perubahan sebesar ukuran nano. Hal yang sama terjadi di LIGO yang berada di Livingstone, observatorium ini rupanya juga mendeteksi hal yang sama! Hal ini menjadi dasar pijakan dari bukti gelombang gravitasi yang baru baru ini ditemukan.

Quote:APA SIH SPESIALNYA GELOMBANG GRAVITASI??
Quote: Banyak orang bergumam dalam hati, apa sih spesialnya gelombang gravitasi? Itu kan cuman gelombang !
Spoiler for Gel-Grav:
Gelombang Gravitasi

Perlu kamu ketahui bahwa gelombang sendiri juga memiliki klasifikasinya sendiri. Contohnya gelombang elektromagnetik, nuklir kuat, nuklir lemah, mekanik dan jangan lupa gravitasi. Dari berbagai gelombang tersebut gelombang gravitasi merupakan gelombang yang paling sulit dideteksi. Gelombang gravitasi sendiri tercipta melalui berbagai macam kejadian super yang terjadi di alam semesta kita. Seperti bigbang, neutron star, supernova, dan lubang hitam. Tidak seperti gelombang elektromagnetik yang bisa dibuat miniaturnya di laboratorium, gelombang gravitasi tidak bisa dibuat di dalam lab. Hal itulah yang menyebabkan teori Einstein perihal gelombang gravitasi sangat sulit untuk dibuktikan.

Quote: TERUS KENAPA??
Quote: Apa sih pentingnya penemuan ini? Sembako masih mahal, banjir masih ada, macet juga gak terurai. Njuk terus? (Lha terus?)
PARADIGMA
Paradigma
Gelombang Gravitasi merupakan sebuah puzzle dari teori relativitas Einstein. Beliau sendiri sudah memprediksikan teori tentang gelombang gravitasi ini semenjak 100 tahun yang lalu. Penemuan tentang gelombang gravitasi ini merupakan hal yang membuka cakrawala para peneliti dalam mendalami teori fisika modern. Istilahnya dengan ditemukannya gelombang gravitasi para ilmuwan akan lebih mudah menguak berbagai misteri alam semesta seperti dark-energy, dark-matter dan berbagai teori fisika modern lainnya.

Ingat nggak? Dahulu, berbagai ilmuwan dan peneliti dibuang dan dibunuh karena dianggap penelitiannya tidak memberikan sumbangsih pada dunia dan dianggap menyesatkan. Ingat ketika Copernicus dicemooh karena penemuannya tentang HelioSentris tidak dipercaya? Atau ketika Newton disebut sebut sebagai penyembah berhala ketika ia meluncurkan buku tentang gravitasinya? Sekarang dunia sangat berutang budi pada dua ilmuwan diatas. Banyak sekali penemuan penemuan yang berdasarkarkan teori atasnama Copernicus dan Newton

Quote:KESIMPULAN
Jadi, penemuan gelombang gravitasi ini merupakan terobosan baru dalam dunia sains. Gelombang gravitasi membuka cakrwala dunia tentang teori fisika modern, membantu kita untuk lebih mengenal dan memahami alam semesta, dan tidak lupa sebagai cikal bakal berbagai penemuan penemuan yang akan dilakukan oleh ilmuan masa depan.
Einstein

Quote:TRIVIA TIME !!
Spoiler for Marco Drako, orang pertama yang mendeteksi gelombang gravitasi di LIGO:
Gelombang Gravitasi, LIGO

Spoiler for Ilmuwan penting LIGO:
Gelombang Gravitasi, LIGO

Spoiler for Ilustrasi lubang hitam bertabrakan:
Ilustrasi Blackhole

Spoiler for Gambar frekuensi dari dua stasiun LIGO:
Gelombang Gravitasi, LIGO

Spoiler for LISA, proyek lanjutan LIGO:
Gelombang Gravitasi, LIGO

Spoiler for Peneliti sedang mengecek alat di LIGO:
Gelombang Gravitasi, LIGO

Spoiler for Seorang teknisi LIGO:
Gelombang Gravitasi, LIGO

Quote:Catatan kaki dan Pranala luar
http://www.bbc.com/indonesia/multime...mbanggravitasi
http://www.nytimes.com/2016/02/12/sc...tein.html?_r=0
http://www.ligo.caltech.edu/page/what-are-gw
www.uraikan.com/
http://gizmodo.com/heres-why-finding...a-b-1752286165
http://en.wikipedia.org/wiki/Gravitational_wave
http://www.newyorker.com/tech/elemen...lly-found-them
http://www.extremetech.com/extreme/2...eve-found-them

Banner
Penemuan Gelombang Gravitasi dan Terobosan Baru dalam Dunia Sains
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/56bf6a2232e2e6b9578b4567/gelombang-gravitasi-ditemukan-revolusi-sains-berkibar Category:
Best Article
Pasang Iklan
close