Bahaya Rokok

Game Etika dan MoralGame - Game Ini Bisa Mengetest Seberapa Jauh Moral Kamu
Entertainment - Game - Knowledge - Psychology - Interest - Developer - Activity - Inspiring
plue5
UserID: 1647762
Kehidupan, sebagaimana kita ketahui, selalu bermuara terhadap pilihan- pilihan yang kita buat dalam hidup kita, hal inilah yang membuat beberapa developer games mencoba menciptakan game dengan "moral system"

Dalam dua generasi terakhir dari perkembangan sistem game, masuknya "moral system" yang mempengaruhi plot dan karakter telah menjadi fitur yang menonjol di banyak judul game. Versi sederhana dari fitur gameplay ini menawarkan ending yang berbeda tergantung pada sang player sendiri apakah mereka ingin menjadi orang baik atau orang jahat di dalam game.Developer menggunakan game mereka untuk menguji etika pemain dengan beberapa keputusan yang benar-benar sulit yang tampaknya dibangun semata-mata untuk membuat kamu merasa bersalah tentang pilihan kamu.

Berikut ini adalah beberapa game yang dapat mengetest sejauh mana moral kamu dan ane akan menghindari mengungkap secara gamblang cerita dalam game-game berikut, karena game-game ini akan terasa efeknya jika kamu sendiri yang memainkannya :

Quote:1. This War Of Mine ( 11 Bit Studios )

This War Of Mine
Ketika banyak developer game berlomba-lomba untuk membuat game perang yang keren dan menyenangkan untuk dimainkan, 11 bit studios, developer game ini justru membuat sesuatu yang berbeda, mereka mencoba membuat game yang menceritakan sudut pandang lain dalam perang.

Dalam game ini, Kamu bukannlah seorang prajurit yang ahli dalam medan perang, maupun seorang ahli strategi yang memimpin sebuah perang, tapi kamu hanyalah seorang penduduk sipil biasa yang harus bertahan hidup di tengah-tengah kerusuhan perang yang sedang berlangsung. Jangan harap kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam game ini, malah justru sebaliknya.

Semua orang tahu apa itu perang, seperti yang pernah kita lihat di buku sejarah, TV, atau film. Tapi yang kita baca dan tonton itu hanyalah
sebagian kecil dari apa itu perang. Saya yakin Perang yang kita tahu hanyalah sebatas kekuatan tentara atau berdasarkan sudut pandang pahlawan nasional, bagaimana cara mereka untuk menang, bagaimana taktik mereka untuk mencapai kemenangan, atau segala sesuatu yang membuat mereka menjadi dikenal dan diingat.Tapi pernahkan kamu melihat perang dari sudut pandang penduduk sipil yang
terjebak dalam perang? bagaimana mereka makan? bagaimana mereka tidur? bagaimana mereka berkomunikasi satu dengan yang lainnya, ketika perang sedang berlangsung di negara mereka.Game ini akan memberikan kamu pengalaman untuk merasakan bagaimana rasanya
menjadi salah satu dari mereka. Disini kamu harus mencari sumber daya untuk membangun tempat perlindungan, mencari bahan makanan dari tempat sampah, mencuri dari orang yang tak berdaya, mencuri obat-obatan dari rumah sakit yang juga merawat korban perang, bahkan hingga membunuh hanya demi mendapatkan bahan makanan yang tidak seberapa, semua itu dilakukan hanya untuk bertahan hidup dari perang yang sedang berlangsung.

Jadi, jika kamu kehabisan stok makanan atau obat, apakah kamu bisa dengan gampang mencuri atau membunuh orang lain yang tidak bersalah? apakah kamu tega mencuri dari rumah seorang kakek dan nenek yang sakit-sakitan? apakah kamu tega membunuh keluarga yang juga korban perang hanya untuk mencuri stok makanan mereka? Ketika ada seorang anak yang mengetuk pintu rumahmu dan meminta sedikit makanan dan obat untuk ibu mereka yang sakit, apakah kamu rela memberikannya dimana stok kamu juga sangat-sangat terbatas sekali. Jawabannya hanya sang player sendirilah yang bisa menentukannya. This War of Mine benar-benar pandai mempermainkan perasaan pemainnya, membuat pemainnya benar-benar merasa dilema dan bersalah, ditambah dengan alunan background music yang bagus, membuat kita seolah-olah benar-benar merasakan penderitaan para korban perang ini.


Quote: 2. The Walking Dead Season 1 dan 2 (telltale game)

The Walking Dead
Game ini adalah game spin-off dari universe komik the walking dead karya Robert Kirkman. Game ini berada di dunia yang sama juga dengan TV seri nya tetapi menceritakan tentang karakter lain yang berbeda, bahkan bisa saya bilang cerita dalam game ini lebih kuat dan bagus dibanding cerita dalam TV seri ataupun komiknya.The Walking Dead sendiri adalah sebuah game interaktif atau "choice matter" yang artinya pilihan-pilihan yang kita pilih dalam game ini akan mempunyai dampak yang berbeda dan akan mempunyai konsekuensinya sendiri-sendiri, dan bahkan game ini dapat membuat dampak emosional yang kuat terhadap pemainnya. Saya harus bilang bahwa Telltale betul - betul membuktikan kepiawaian mereka dalam menyajikan sebuah cerita emosional dan brutal tentang bertahan hidup, pendewasaan, dan hubungan antara sesama manusia.

Jika kalian mencari game zombie yang dapat kalian bunuh secara brutal dan membabi buta, berarti kalian telah salah game, karena zombie dalam game ini jauh lebih bertekad untuk menguji moral kamu. Kenapa? karena pilihan-pilihan dalam game ini TIDAK ADA PILIHAN YANG BENAR ATAU SALAH, contohnya adalah ketika ayah, ibu, dan temanmu terjebak dalam kepungan zombie dan kamu hanya bisa menyelamatkan satu orang, maka siapakah yang akan kamu selamatkan? yang satu selamat sementara yang lainnya mati. Ya itu adalah
kira-kira gambaran kecil pilihan dalam game ini, banyak pilihan-pilihan moral sukar lainnya yang akan kalian temui ketika memainkan game ini.

Dalam season 2 game ini, tokoh utamanya adalah seorang anak kecil bernama clementine yang merupakan salah satu survivor dalam season 1 nya, coba bayangkan kita bermain dengan sudut pandang anak kecil dalam "zombie apocalypse" sungguh sangat miris, apalagi ditambah dengan banyaknya pilihan yang susah yang akan mengetest moral kamu.


Sebuah sekolah di Norwegia bahkan pernah menggunakan game ini untuk mengajarkan dilema moral dan etika, berikut link youtubenya dan jangan lupa untuk mengaktifkan anotasi/subtitle karena video youtube ini memakai bahasa norway


artikelnya: Sekolah di Norwegia menggunakan game The Walking Dead untuk mengajarkan moral dan etika

Quote:Original Posted By premium.choco
Ane awalnya ragu main TWD pas awal2 rilis di setim, tapi berhubung kata tmn ane seru jadi ane coba beli tuh game, awal2 main sih nyesel sempet kepikiran "dih rugi dah beli game mahal2 ternyata kayak beginian" meski gitu juga tetep ane mainin karna udah terlanjur beli masa didiemin aja, akhirnya ane pun mulai suka bahkan ketagihan sama ntu game

dan agan mau tau gimana reaksi ane setelah namatin kedua series nya?
Ane nangis gan
bukan cuma moral aja, emosi sama mental kita juga di uji di game itu
pokoknya recommended dah

Quote: 3. Fallout Series (Bethesda)

Fallout (Bethesda)
Pernahkah kamu membayangkan seperti apa dunia setelah perang nuklir? apa yang akan terjadi dan kehidupan seperti apa yang akan dihadapi manusia-manusia yang selamat? dalam game fallout ini kamu akan merasakan bagaimana dunia setelah perang nuklir, dimana sangat sulit untuk mencari tempat tinggal yang bebas radiasi selain dari tempat perlindungan bawah tanah atau dalam game ini disebut "vault" . Mereka yang beruntung dapat tinggal di dalam vault, sedangkan sisanya harus bertahan hidup dari ganasnya kehidupan di "wasteland.

Game Fallout ini mengambil pendekatan yang lebih bernuansa moralitas atau karma, tergantung pada bagaimana kamu bertindak di dunia ini, siapa yang kamu bunuh atau siapa yang kamu selamatkan, bagaimana kamu memperlakukan karakter lain/NPC, dan apa pilihan yang kamu buat dalam plot game itu sendiri.

War, war never change:

Live action trailer:

Quote: 4. Spec Ops: The Line ( Yeger Development , 2k games)

Spec Ops
Dalam game, film, dan media lainnya kita telah melihat berbagai macam tipe pahlawan. Tidak peduli asal mereka, kebiasaan, atau kelemahan mereka, dalam banyak kasus mereka berhasil mengatasi rintangan dan pada akhirnya berhasil mencegah bencana. Terkadang Pahlawan harus mengabaikan rencana yang telah ditata dengan baik bahkan hingga menentang perintah yang diberikan oleh atasan untuk "melakukan apa yang dianggapnya benar" dan pada akhirnya dapat menghindari bencana yang akan terjadi. Bahkan dalam kasus-kasus di mana mereka gagal melakukannya, mereka tetap berjuang berusaha sekuat tenaga, dan mengambil hikmah pelajaran akan kegagalan mereka agar sukses dalam misi heroik yang selanjutnya. Kadang-kadang kita memerlukan seorang sosok pahlawan; seseorang yang akan maju dan melakukan
apa yang perlu dilakukan. Namun, ada waktu dan tempat untuk segalanya, dan itu berlaku untuk pahlawan juga.

Tidak setiap situasi membutuhkan seorang pahlawan. Beberapa situasi perlu ditata dengan rencana yang baik, kerja sama tim, dan semua orang harus melakukan bagian mereka. Adanya rantai komando karena alasan itu, dan kebanyakan pahlawan tidak masuk ke dalam rantai itu. Seseorang yang mencoba untuk menjadi pahlawan di mana tidak ada yang diperlukan, dapat menyebabkan kekacauan daripada kedamaian. Game Spec Ops: The Line ini mengeksplorasi konsep itu.

Spec Ops: The Line bukan game "third person shooter" biasa. Game ini bersetting di dubai yang saat itu sedang terkena badai debu, di mana
Kolonel Angkatan Darat AS telah hilang setelah misi penyelamatan. Game ini memposisikan kamu sebagai salah satu dari 3 orang delta force yang menyadari bahwa misi penyelamatan mereka tidak seperti apa yang mereka harapkan. Game ini akan menguji rasa moralitas kamu seperti apa yang akan kamu pilih, apakah kamu akan memilih untuk mengeksekusi para tentara AS yang berpikir kamu adalah musuh mereka atau tidak. Game ini akan memaksa pemain untuk bertahan dari rentetan peristiwa psikologis yang akan membuat kamu mempertanyakan apakah keputusan yang kamu pilih itu benar atau tidak. Game Spec Ops: The Line ini akan meninggalkan kesan yang kuat pada kamu.


Quote:Original Posted By nekokatsu
dari beberapa game di atas. yg paling ngefek ama morality choice gue cuman spec ops.
gue kira bakal seperti shooter2 biasa, Man. Apalagi di bagian dimana lu mesti ngegunain mortar pospor putih itu ke musuh yang ternyata, ampun gue mah. One of the best game pokoknya dah. for me its better than the last of us. just try it..

Spoiler for sumber:
dari berbagai sumber ane lupa karena banyak, ane hanya ngambil 1-2 kalimat saja trus ane terjemahin dan tambahin kata-kata sendiri berdasarkan pengalaman ane bermain game-game di atas.

Maaf ane hanya bisa memberikan 4 game ini untuk disajikan di kaskus, karena hanya 4 game ini yang pernah ane mainkan, tamatkan dan yang mempunyai dampak kesan moral yang sangat kuat bagi ane. Tapi jika ada kaskuser yang ingin menambahkan, silahkan saja nanti ane pajang di pejwan, dan jangan lupa beserta reviewnya ya.

Quote:UPDATE: Life Is Strange

Quote:Original Posted By Actived
Emoticon nice thread,

disini ane mau komen bahwa game yg TS sebutin bener2 recommend, jalan cerita penuh dengan konflik batin, ane mau nambahin nih gan
game kesukaan ane

Life Is Strange

game Life is Strange ini kalo menurut pribadi ane sendiri, adalah game yang bener2 bawa perasaan ane, klo walking dead bikin emosi liat survivor yang ketakutan dan mikirin diri sendiri, kalao Life is strange ane sampe dibikin ga tidur gara2 keputusan yang ane ambil di game tersebut. Recommend bg buat yg suka game macam ini, jujur jd kaya nonton film daripada main game niceeeee

Emoticon

Quote:Original Posted By zzzt27
Wah mantep nih paa banget lagi suka game macem ginian Emoticons

Life is stranger ga masuk ya?
Kalo menurut gua itu game harusnya masuk, apa lagi endingnya bikin sedih, pas endi suru milih nyelametin temennya apa nyelametin kota dari badai, kalo nyelametin temennya kotanya bakal ancur kena badai, kalo nyelametin kota, temennya bakal mati,, apa lagi ini game time traveler.

Quote:Original Posted By dhimashary
Sebenernya saya pingin nambahin satu game lagi,
Life is Strange,
Agak-agak mirip sama TWD cuman yang ini kita jadi mahasiswi yang bisa muter balikin waktu,
Banyak banget hal-hal kecil yang mempengaruhi hasil, biarpun penting gapenting
contoh kayak milih ngebales pembully atau maafin pembully? kalo ada temen di bully apa yang kita lakukan?
dan hal-hal yang kita perhatikan in game , (msial: hobi character tertentu) nantinya bisa jadi topik pembicaraan atau pilihan route laen.

Pokoke ini mah wajib main kalo demen game2 ginian,
Thx

Quote:Original Posted By XeoByo
rata2 game dgn pilihan moral emang suka 'mempermainkan' perasaan , dan g ada istilah baik ato buruk, yg ada cuma 'siapa yg kamu dukung ?? '

tambahan lagi (versi ane) :

Mass Effect/Dragon Age (Game buatan Bioware)
sistem dialognya bener2 mantep , g ada yg baik atau salah, semua tergantung dari pihak ama yg agan dukung . dan di situ juga penilaian party akan sifat si karakter utama ditentukan, bahkan tidak menutup kemungkinan ada party yg ninggalin agan karena agan lebih milih 'anak' daripada 'ibu' (ini contoh yg ada di Mass Effect 2)

Life Is Strange
ampir sama kya walking dead telltale, cuman d sini karakter utamanya bisa time travel dan harus nyelametin temennya yg entah kenapa nasibnya pengen mati mulu Emoticons

Dark Soul
klo agan tertarik ama ceritanya (bukan karena game ini disebut game tersusah) , agan bakal sadar klo semua tindakan yg selama ini dilakuin itu 'percuma' (selalu ada yg ngatur dari belakang)

Phoenix Wright Series
meski g ada pilihan moral, di game ini ane cukup tahu kehidupan pengacara yg tergolong 'jujur'

Quote:
Spoiler for Komen Kaskuser:
Quote:Original Posted By hodor.hodor
Ane bukan gamers karna di rumah emang ngga ada konsol. Tapi ane seneng sih ngeliat gamers yutub pas mainin game game kaya Fallout, Watch Dogs, dll. Pada keren keren developer bikin game skrg ngga cuman searah aja tapi sesuai gimana player milih jalan. Jelas sedikit banyak ngubah moral seseorang karna apa yg kita lakuin kadang mencerminkan gmn kita di real life.
Mantep deh kalo developer suka bikin game kaya gini, biar keubah mindset kolot orang yg blg main game cuman abisin waktu.
Btw This War Of Mine keren bener gan baru tau ane

Quote:Original Posted By aguskeisya
ane pikir game-game ini memang bisa sebagai sarana untuk mengetes moral kita gan, tapi kalo sejak awal kita tahu ini hanya sebuah game, maindset yg mungkin tertanam dikita adalah, 'mumpung ini hanya game, gue ingin jadi sosok yang mampu melakukan hal-hal yang nggak mungkin gue lakuin didunia nyata, karena resikonya besar, seperti membunuh, menyiksa bahkan sampai melakukan hal-hal yg diluar nalar yg selama ini hanya jadi sekedar angan-angan gue', jadi menurut ane, maaf2 ni gan, hal ini tergantung dari gamernya sendiri, artinya apakah dia memang benar-benar mau menggunakan game ini sebagai sarana menguji moralnya, atau hanya sebagai pelampiasan terhadap hal2 yang nggak mungkin dia laku'in didunia nyata. jadi padanya intinya, menurut ane game ini hanya fasilitas saja, dan selanjutnya tergantung dari gamer sendiri, apakah mau menggunakan fasilitas tersebut atau tidak. namun ini hanya pendapat ane aja gan, lagian ane juga belum nyoba gamenya semua tapi jempol buat pembuatnya, jika memang tujuan awal pembuatan gamenya untuk itu ( menguji moral gamer ).

Quote:Original Posted By megumaremashita
Kalo ane baru nyobain yang Walking Dead sama Fallout gan. Sekedar review dari ane nih gan, kalo untuk Walking Dead, ane malah ga pengen bilang kalo itu adalah sebuah game gan, kenapa Emoticons
Game ini fitur ga terlalu "Wah" gan, dan emang powernya dari segi storyline yang cukup intense dan bikin kita terpaku. Masalahnya game ini kalo ane bilang cukup 'keterlaluan' dalam hal memainkan emosi player. Terlalu banyak kita disuruh memilih gan, mungkin kalo awal-awal kita jadi ragu-ragu mau milih option mana, tapi kelamaan karena dicekokin yang begituan kita jadi 'terserah dah' gan. Ane kesini-sini mulai jenuh dan jadi asal pilih aja makanya ane ga mau nyebut game karena unsur hiburannya kurang, malahan bikin stres Emoticon

Nah kalo Fallout sih menurut ane unsur 'fun' nya lebih dapet, ciri khas Bethesda deh gan yang open world, free choice dan great graphic. Ane juga mainin produk lainnya gan semisal Elder scroll V skyrim, itu juga kita disuruh memilih gan, mulai dari sengketa antar manusia, negara sampe dewa. Overall sih game buatan Bethesda memuaskan menurut ane Emoticon

Quote:Original Posted By valentin03
Semua game yang TS sebutkan di atas sudah ane coba semua , ane yakin pasti kaskusker yang baca thread ini sebagian besar mempunyai hobi yang sama. Namun perlu diingat indentitas game sendiri Itu adalah sebagai sarana hiburan, jangan jadikan game sebagai sarana kecanduan, masih banyak impian yang perlu dicapai.

"I wasting in game for professional , not for nothing" Kutipan dari sumail .

FYI : Specs Ops The Line lagi discount di Steam Emoticon

Quote:Original Posted By Sendashano
kadang kalo maen game yg kaya gitu bikin galau berat terus kepikiran gan , jangan lupakan game dying light yg hampir sama sistemnya kaya fallout, disitu ente bisa kasih pengemis bukan duit ato makanan, tp peluru buat bertahan hidup :sad

twd yg pertama juga apalagi pas leenya mati sama yg mau ngmg kalo tangan nya yg digigit itu :sad

kadang2 moral manusia aslinya bisa keliatan gan dari game doang, dari cara kita main dan berprilaku aslinya keluar dari game, kaya main gta aja, ada yg sradak sruduk ada yg maennya kalem2 aja kek didunia nyata, kalo yg perna maen gta 5 ori pc pasti perna pas tamatnya keluar hasil transkrip kondisi mental kita dari cara maen ane inget bgt kalo game itu bilang ane aga sociopath Emoticons ane yakin pasti banyak gada yg sadar akan hal tersebut wkwk

Quote:Original Posted By saintadjie
emang sih gan semua game di atas emang banyak plot twistnya di dalem
misalnya game walking dead. agan bisa milih mau ngebunuh temen agan atau nyelametinnya
apalagi pas bagian tangan kita kegigit tuh zombie, pilih ngasih tau ke yang lain atau ngumpetin
dan adegan-adegannya emang khusus mature.. Emoticons
tapi disitu kita diwajibkan mengambil keputusan, meskipun kedua2nya berat... Emoticons

di game spec ops dan this war of mine juga sama gan,
disitu hati nurani agan dipake juga, mau berbuat baik atau berbuat jahat
meskipun di dalam game. kadang butuh berpikir lama sekitar 1 menit hehe
Emoticons Emoticons Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By dsperdana
jadi, setiap gamers yg memainkan game ini bakalan punya ending yg beda2 ya....

Emoticon

nah ini....
game yg tidak hanya menguji kehebatan atau skill sebagai individu personal...
tp lebih ke pilihan yg berat, utk melanjutkan permainannya...

sepintas, udah seperti anime no game no live, yg menceritakan seorang gamers yg masuk ke dalam dunia game, dan harus berjuang utk bisa bertahan dan tidak mati...

tp, itu game berapaaan yah gan harganya...???
trus, lengkapi dengan minimum spek dong,...
supaya ane bisa cek, pc di rumah kuat apa tidak utk memainkannya..??

Quote:Original Posted By pulpe
ane pribadi sih pasti nyobain semua pilihan.... ibarat klo game rpg ada bad ending dan good ending,,, ya karena pengen tau "kayak apa sih" atau "gmn klo gini jadinya"........ klo bicarakan moral sih pribadi buat ane ga ngaruh ya di game...... namany juga game, pasti selalu mau coba terus.... mungkin yg mau dibahas itu "if" atau kata lain "andaikan" benar terjadi bakal jadi "manusia" seperti apa kita..... apalagi kasus survival biasanya paling kritis .....

kadang ane maen tuh cuman pengen selesai aja sekedar ingin tau akhirnya, jadi ga peduli hal ini itu yg penting selesai..... atau klo ud tau akhirnya, maen ulang dan ingin selesai dengan sempurna jd hal" kecil pun diselesaikan....... ya klo d blg tes moral menurut ane ga bisa deh... karena yg beneran tukang maen game sama yg engga suka maen game mau di tes pasti beda..... suruh maen game yg biasa aja ud keliatan kayak apa orangnya...... Emoticons

Quote:Original Posted By korjak99
Ane seneng banget kalau ngelihat game punya cerita dan gameplay menarik. Apalagi cerita yg bikin gedek saat main, twd s1 ane sudah tamat dan berhasillah ane terbawa suasana. Ngebiarin si Ben jatuh dari tower(alasan apa gitu lupa, pokoknya kesel sama si Ben). Ngelihat orang tua clementine dah jadi zombie.
Untuk gameplay game openworld lah pemenangnya. Game kayak gini cocok untuk ngisi waktu luang, tapi nggak pernah sekalipun game openworld yang ane temuin ceritanya wow.
Yang penting bermain game itu jangan jadikan setara dengan kebutuhan utama. Kecuali itu bisa menghasilkan sesuatu yang nyata.

Quote:Original Posted By qibhow
Ane bantu rate 5 gan. Kenapa? Soal nya agan bahas game yg ane suka bgt. "This War Of Mine".

Ini game bener2 bikin ane sempet galau. Krna ada beberapa sesi yg bikin emosi karakter nya jd sad. Contoh pas ada anak kecil minta makanan. Atau ada lg ketika agan harus pilih antara membunuh org lain ketika ketauan mencuri. Disitu emosi karakter agan bisa berubah. Dan bisa bikin karakter agan saling berkelahi krna keputusan yg agan buat.

Tp ada sekuel nya lg gan. Nama nya This war of mine the little one. Ane blm sempet mainin krna cuma ada di konsol lain. Klo sekuel pertama udh muncul di android. Nah sekuel kedua nya ini lebih baik. Tp ada kesulitan nya jg buat jaga anak2 yg jd bagian karakter agan. Ane ga mau jelasin takut ga pada mau main.

Ane pernah message develop nya. Buat bikin mod this war of mine android kaya di pc. Maaf blm bsa spoiler maklum hp jadul ga bsa ss message nya. Kalo ga bsa setidak nya sekuel nya ada di android. Tp develop nya bilang masih proses.

Ane jg kagum sama develop nya yg menyumbangkan dana dari penjualan mereka. Ane lupa nyumbang nya kemana. Kalo ga percaya cek aja langsung ke web mereka

http://www.11bitstudios.com

Quote:Original Posted By octptr
Dari daftar game yang TS sebutin di trit, ane cuma ngarti yang Fallout. Jujur ane belum pernah ngikutin Fallout dari yang pertama sampai yang terbaru, Fallout 4. Ngelihat sekilas gamenya sih lumayan menarik. Kita bisa mengendalikan apa yang akan kita omongkan ke lawan bicara kita. Bagi ane, ini pengalaman bermain yang cukup unik. Karena biasanya dalam bermain game kita hanya akan mengikuti alur yang sudah dibuat developer. Dan untuk kesan dunia yang hancurnya dapet banget ~ Emoticon

Quote:Original Posted By regedot
Jujur saya punya semua fallout series, tapi tdk termasuk yg terbaru Emoticons . Namun belum ada keinginan untuk memainkan game-game sejenis itu, krn prinsip saya main game sementara ini hanya untuk hiburan. Game-game yg menawarkan multi skenario termasuk juga multi ending akan membuat kita semakin dalam dan dalam dalam memainkan.

Tidak ada yg baik atau jelek dalam game, krn itu adalah sanbox kita dalam berkepribadian. Yang penting adl dlm dunia nyata kita selalu berbuat sebaik mungkin dan sesuai dgn hati nurani. Bolehlah kita sedikit jahat atau jahat sekalian asalkan di game saja, krn hal tsb bisa memenuhi sisi lain dlm rasa kemanusiaan kita.

Sy rasa ini cukup biar masuk ke GA... wkwkwkkwkwkwkwk

Quote:Original Posted By iwattzhod
Ane plg ngeri gan klo main walking dead. Tp klo dihadapkan pada pilihan itu sbenerny game itu mengajarkan cara kita memilih apa yg terbaik buat kita. Kadang ketikia kita salah memilih bisa juga pilihan salah itu menjadi pilihan terbaik.
dan yg untuk game the war of mine, sesuai deskripsi TS sih kykny ngeri gan menjalani hidup semasa perang, ane pernah nonton di tv dan diceritain nenek ane bgmn susahny hidup semasa perang. Kalau ane ambil tujuan dr game ini mungkin mengajarkan kita bagaimana survive di kehidupan tsb seandainya terjadi. Tp sebagai player aj nanti malah merasa menyesal melakukannya dan dianggap sbg sebuah hal serius. Tp overall inti tujuan gameny mengajari kita untuk lebih dewasa dan bijak dalam menentukan segala pilihan yang ad Emoticons

Untuk game fallout 4 ane pengen nyoba gan gimana gameny kykny seru Emoticons

Quote:Original Posted By Zweinhander
Ane cuma sempet namatin The Walking Dead Telltale season 1 dan 2. Memang ini game keren banget, di saat game lain lebih mengutamakan gameplay brutal tembak sana tembak sini, WD lebih menitikberatkan ke cerita dan hubungan antar karakter saat dunia hancur karena wabah zombie. Game ini memperlihatkan secara jelas bahwa manusia adalah makhluk sosial yang harus saling membantu, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia juga harus bermoral, karena apa yang kamu tabur itulah yang akan kamu tuai.

Satu game lagi yang tidak ada di list TS yang menurut ane harus masuk itu The Last of Us, game yang menceritakan tentang wabah zombie juga dan ceritanya sangat bagus. Kita bakal paham dalam game ini semua orang punya alasan, baik itu tokoh protagonis ataupun antagonis ada kepentingannya masing-masing. Masalahnya adalah apakah kita harus membuat keputusan yang egois atau keputusan yang berguna untuk orang banyak? Game ini akan membuat kita berpikir ke arah sana. Apakah sang protagonis membuat keputusan yang benar? Ane ga mau spoiler tapi game ini wajib dimainkan karena salah satu game tema zombie terbaik yang pernah ada.

Quote:Original Posted By imzikra
Game yang ane mainin Fallout Emoticons

Tapi game yang berhubungan dengan moral dan kepribadian yang pertama kali ane mainin tentang ane rasa Silent Hill : Shattered of Memories (Konsol PS2/Wii).
Dalam silent hill ini, ane rasa lebih dari sekedar moral. Game ini lebih ke arah kepribadian. Setiap pilihan, langkah, jawaban yang agan pilih menentukan bagaimana game akan berjalan. Memang ini bukan game open world. Game ini memiliki story. Story nya akan berbeda-beda, tergantung gimana agannya. Ane udah coba beberapa opsi. Salah satu perbedaan yang ane masih ingat sih tentang :
1. siapa yang bakal kita temui (pemilik bar, nenek-nenek restoran, atau cewek seksi dsb.)
2. bagaimana orang yang kita temui (cowok, cewek biasa, atau cewek yang "wah")
3. bagaimana kita menuju ending (dengan atau tanpa wanita)
4. bagaimana endingnya (kita bertemu anak kita atau hilang begitu saja.

Semua pengaturan game tsb berubah tergantung bagaimana kita menjawab pertanyaan psikiater.

Quote:Original Posted By bruckbeck
Ane juga suka game yg dihadapkan dengan berbagai pilihan, dulu game yg ane mainin mass effect 2 trakhir.. Hahahah.. Coz ane jarang maen game sekarang.. Suka juga liat orang-orang main tu game di youtube.. Dilema dari pilihan-pilihan yang sulit emang sukses bikin orang yang memainkan ikut terguncang.. Cocok juga nih game buat para calon pemimpin bijak... Dihadapkan dengan pilihan-pilihan sulit juga bisa mengembangkan skill leadership... Keknya cocok juga nih game kudu dimainin sama anak2 jaman sekarang yang addict sama game online macem pb... Biar nangis juga mereka sekali2 gara-gara mainin tuh game.. Hahahahha

Quote:Original Posted By chadcad19
Ane udah coba tuh Game The War Of Mine , mungkin bener game ini menunjukan sisi berbeda dari Perang yang kita kenal kaya game FPS kebanyakan yang kita mainkan gan , game ini memperlihatkan kita siapa sesungguhnya yang bener-bener menderita karena Perang , apakah pihak yang kalah Perang atau yang memenangkan peperangan tersebut ?, yang sesungguhnya menderita karena perang adalah rakyat sipil yang yang terjebak di medang Perang yang mencoba untuk bertahan Hidup! Emoticon . di game This War Of Mine ini kita bener-bener dibuat serasa dalam kondisi untuk bertahan Hidup di zona Perang yang bisa di bilang sangat Brutal , Menjarah barang di rumah orang yang tidak berpenghuni mungkin tidak masalah , Tapi jika Menjarah barang di rumah yang ada orangnya mungkin menjadi Perang batin di satu sisi kita perlu untuk bertahan Hidup , di sisi lain merasa bersalah mengambil barang orang lain yang mungkin juga sama membutuhkan juga, Dan akhirnya yah itu bagaimana rasa kemanusian agan akan di uji "Makan atau Dimakan" . Emoticon

Quote:Original Posted By dynamicwind
ane uda cukup lama pensiun dari dunia game,
kenapa ?
krn ane bosen dg game yg :
1. kalo tentang zombie, dino, alien pasti kita survival
2. kalo tentang perang ya pasti kita survival + jalankan misi sampai menang perang
3. kalo battle sih ud pastilah hrs menang..

Quote:Original Posted By bluekutut
Jujur ane belum pernah maenin game yang di sebutin TS diatas, tapi kalo diliat dari review TS sih ane suka sama yang No. 1 gan, this war of mine.

kalo diliat tipe game yang bikin banyak ending dan merubah moral kayaknya ada salah satu game yang pernah ane dulu maeinin

judulnya catherine.. kalo ga salah ada 8 ending yang berbeda.. tergantung agan maininnya dan tergantung jawaban yang agan pilih di game tersebut

aah.. ane udah lama ga pernah namatin sebuah game.. biasanya sih gegara storyline nya yang membosankan atau cuma graphicnya aja yang bagus

ane jadi kangen sama game game RPJ macam suikoden II, dan legend of dragon, plus Final fantasy VII-IX

Emoticons

Quote:Original Posted By wilzard35
Setuju sama yang fo series, well itu juga tergantung sama gamers juga kali ya, menurutku sih skyrim lebih ke arah dimana kita bisa blajar gimana kita harus ngelakuin yang baik ato yang gak, klo ga salah (udah ga pernah megang pc/console Emoticons) skyrim pny indikator untuk ngukur "moral" sm pny sistem dimana npc jg bisa milih kesalahan yang bisa di toleren/gak kyk guard, dimana guard itu milih keputusan dari "nerima sogokan player ato nolak sogokan player"
Sekian sih Emoticon

Quote:Original Posted By striferrio
Sebenarnya tidak hanya dari game2 di atas kita bisa banyak belajar, banyak kok game yang menyetuh dan maknanya dalam.
hanya saja ane heran (kebanyakan) orang-orang tua selalu menganggap game merupakan musuh besar dan gak mendidik... padahal dari game ane malah bisa berpikir, jadi lebih banyak belajar (Inggris dll) dan jadi lebih banyak tahu dunia luar ganEmoticons....
ane yakin jika orang tua bisa mengajar anaknya dengan baik, maka anak2 sendiri akan lebih berwawasan luas, pesan ane bagi orang tua cobalah lihat game dari sisi positif (seperti thread di atas) Emoticons ... yakin banyak game yang jauh lebih bermoral dan lebih bermakna artinya dibanding nonton sinetron yang gak tamat2 dan endingnya udah ketahuan Emoticons

Quote:Original Posted By BHurtzAspire
Ane sih termasuk orang yang suka main gamer yang storylinenya bagus, ga sekadar gameplaynya bagus,
hanya saja karna waktu ane main game sudah sangat sedikit dan equipment ga memadai jadi jarang main lagi Emoticon
tapi yang bisa ane pastiin kalo ada waktu buat upgrade equip game "This War of Mine" dan "Fallout Series" akan ane coba
Ane bakalan jadi psycho kalo main game beginian Emoticon, tapi bukan berarti ane psycho,
kalau ke moral sih main game seperti ini ga terlalu berpngaruh ke pribadi gamernya gan,
soalnya buat ane game sarana untuk buang stress setelah bekerja Emoticon

Quote:Original Posted By anbu163
ane baru pernah mainin yg the walking dead, itupun cuma namatin season 1. Emang bagus banget game yg genre nya kayak begini, jalan cerita tergantung keputusan kita. Ada keadaan dimana kita dipaksa menjadi org jahat, tegaan sama org lain, persis seperti keadaan kita di dunia nyata. Game dg genre ini menguji seberapa kuat mental kita terhadap suatu keadaan, bagaimana kita mempertahankan prinsip hidup kita. Kalo prinsipnya kuat yaa bakal tetep jadi org yg kita inginkan di game itu.
Btw the war of mine kayaknya bakal lebih seru tuh, bakal penuh dg emosional, tekanan batin, pokoknya underpressure beud laah Emoticons

Quote:Original Posted By CCZeus
This war of mine tuh gamenya ngena banget gan meskipun ane belum pernah main karena ga kesampean belinya haha ( bermodalkan nonton orang yang maen terus di upload ke youtube)
Tapi bukan itu yang di bahas, di game ini suer ane sedih kalau kejadian itu terjadi warga sipil yang ga dibekali untuk berperang juga jadi korban dari perang, mikirnya gimana coba mau nyelmetin diri dari perang juga susah,kota-kota hancur di bombardir banyak korban berjatuhan dari warga sipil dll.
Ane ngebayangin gimana kalau ane dan keluaga ane itu jadi karakter yang ada di dalem game, buat bertahan hidup aja susah kali ya kalau belum di latih untuk bertahan hidup di dalem perang.
Kayaknya kalau negara yang doyan perang main game ini bakal sadar gimana kalau mereka yang ada di posisi itu, kalau mereka ga punya jabatan tinggi yakin ga akan aman hidupnya 100% kalau perang terjadi, mungkin perang juga ga akan ada kali ya

yang fallout ane juga ga pernah main cuma nonton aja di youtube, kalau perang nuklir terjadi bumi kayaknya udah ga layak di huni, radiasi ada dimana-mana, meskipun ada yang hidup itu pasti banyaknya orang-orang yang kalangan atas kalau penduduk sipil mungkin banyak yang jadi korbannya karena akses tempat yang aman dari zona perang itu susah didapetnya, kalau pun ada yang berhasil hidup saat perang nuklir terjadi banyak juga yang terkena radiasi nuklir.
Meskipun begitu banyak negara yang udah sadar dampak dari nuklir itu, tapi kenapa negara yang sadar itu justru yang nyiptain peralatan perang dll dari nuklir itu tersebut, sumpah ane bingung

Quote:Original Posted By Albrastos
Wah, ada game This War of Mine dibahas disini juga.

Ini game udah ane mainin 150jam+. Temanya menarik, karena jarang yang bikin game agak ringan dan bertema war survival. Elemen psikologinya juga bikin tertantang (walaupun masih ada sedikit bug). Skenarionya bisa bikin sendiri dgn komposisi karakter yang bisa diatur dan dipublish ke workshop. Gameplaynya mungkin agak membosankan kalo custom scenarionya diisi sama karakter yang bisa mendukung satu sama lain dan tingkat bahaya setiap lokasi diturunkan jadi non-lethal. Jadi ya tergantung kreasi kita aja gan.

Soal melatih moral sesuai topik, dr pengalaman ane ada unikn ya sih. Ada karakter yang memang terlatih membunuh (prajurit), dan kita bisa pelajari apa reaksi psikologisnya dari teman-teman survivalnya kalo kita bunuh org dengan karakter itu atau dengan karakter lain yang lebih "lembut". Ada juga tentang sharing makanan atau obat disaat kita lagi sedikit stoknya, kita diuji apakah akan mementingkan diri sendiri, atau sedikit membantu tetangga korban perang. Cuma kadang pilihan pahit harus kita ambil gan, so don't be shocked.

Overall game ini memberikan kita gambaran kasar, bagaimana sejatinya kondisi pada pengungsi dan masyarakat sipil yang terjebak di tengah perang. Walaupun kita tidak berada di daerah konflik, setidaknya kita bisa berempati dan merasakan jiwa kemanusiaan kita masih ada.

Untuk game lainnya, sayangnya ane blom bisa nyoba nih. Masih ngumpulin pundi-pundi amal, sapa tau dapet rejeki lebih pas om Gaben ngadain diskon Emoticons

Quote:Original Posted By kapenol
Game walking dead teltale yg kata ane bisa ngebawa kita ke dunia para walker, bukan mslh ngerinya tpi hubungan tiap karakternya, pilihan berat suka jd bikin pengafuh k psikologis pemain, ada kagok jg klo mau memutuskan sesuatu seolah gamenya ga bisa d ulangi lg gan, gmn mereka hidup ato mati jd seolah2 tanggung jawab kita, n cerita jd gmn n respon karakter lain gmn jd bener2 tergantung kputusan kita pola pikirnya kyk gmn dalam dunia kyk gtu n menghadapi orang2 yg sedang menghadapi dunia kyk gtu tsb,,,, trus klo fallout sumpah pertama ane hina2 tuh game alnya kok keliatan ribet banget (biasa main gears of war, lost planet, cod), dlu tertarik karna grafikn bagus (yg ke 3) ane mainin bentar ampe ga bisa henti (wkwkwkk di sini mulai kyk kemakan omongan) trus nyari babehnya nih lakon sampai ketemu berbagai macam orang, berbagai macam masalah, ada di suatu quest ane ga berhasil asli bikin ane jd ngerasa bersalah banget ke yg ngasih quest n perasaan campur aduk saat ketemu karakter baru lainnya jg kerasa, seolah d uji ane tuh kyk gmn orangnya,, n singkat cerita ane jd kyk yg ngerti beneran knpa tiap karakter berpola pikir gmn gtu dlm menghadapi dunia yg porak poranda n ampe ngerasa terhormat ngelakuin apa yg jd misi terakhir,,,, jd lone wanderer keren wahahahaha,,, gara2 2 nih game main game lain bahkan model cod ane jd ga bunuh semua musuhnya,, hanya bunuh seperlunya aja -_- a

Quote:Original Posted By NandoKazama
perilaku manusia memang sangat gampang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. sampai-sampai ada pepatah yg menyebutkan 'sifat seseorang akan terlihat dari lingkungan sekitarnya'. termasuk game yg dimainkannya.

nah menurut ane game-game penuh moral seperti yg ente sebutin diatas tentunya sangat layak untuk dimainkan sehari-hari. disamping keseruan yg didapat juga bisa sebagai 'simulasi' untuk berperilaku di dunia nyata.

contohnya yg game this war of mine itu, masa tega apabila ada nenek2 yg kelaparan & minta makanan ke kita, tapi gak kita kasih? di game aja gamau ngasih gimana di kehidupan nyata hayo..

Quote:Original Posted By qwertybaru
This war of mine game yang ane mainkan paling lama tamatnya, apalg stock makanan dan barang2 keperluan membuat hidup (senjata, makanan, obat2an dll). ini game maksa kita jalan satu2nya utk mencuri hak orang lain, karena keadaan mau ngga mau. paling ngga tega ane yang ngerampok pasutri lansia gan, di rumahnya bnyk makanan dan obat2an, jadi ane sikat, setelah beberapa waktu ke sana lagi, keduanya udah ngga di situ lagi, terakhir ane main rata2 karakter mati karena sniper. sisa satu orang udah males maen Emoticons

Quote:Original Posted By thundergod
Nah,
yg nomor satu itu gan,This War of Mine wah itu bener-bener nguji moral kita,emang bener apa yang dikatain oleh ts,apakah kita mau mencuri,bunuh,dll demi mendapatkan stok yang kita ingin
di game nya emang ada balon kata + status orang" yg di shelter seperti depressed dan balon kata berisi how will they survive,dll. soalnya kalo survivor kita depressed nanti juga bakal pengaruh ke performance survivor tetsebut
nah selama ane coba,semakin gagal survive bakal bikin agan" yg maen malah ingin namatin game nya,ukuran ga sampe 1 GB dan ga bakal ngecewain sama sekali gan Emoticons

Quote:Original Posted By guinness.black
wah ada hadiah game steam-nya. komen ahhh. Emoticon

ane sudah maenin semua game yang ente sebutin gan, kecuali yang The Walking Dead. ngomongin soal moral memang rada pelik ini gan. soalnya memang beneran gak ada benar-salah yang mutlak dan kontras.

kenapa demikian? karena basically moralitas itu menurut ane (dan beberapa filsuf) bilang kalau standar moral (atau benar-salah) itu tidak bisa dibilang secara universal sama di seluruh belahan dunia dan standar moral itu sering berubah seiring dengan perkembangan zaman. terkait dengan ruang, standar moral pun kadang hanya berlaku dan disepakati di suatu lingkungan tertentu. terkait dengan waktu, yang dulu bener sekarang bisa jadi salah, dan begitupun sebaliknya.

intinya standar benar-salah ini berguna sebagai landasan kita bertindak ketika dihadapi masalah. dan apa yang benar maupun salah bergantung pada kesepakatan tempat kita berada.

menurut ane, kalau ente dihadapi sama pilihan moral tertentu tetapi ente melandaskan keputusan ente hanya karena alasan subjektif yang konyol semacam "ah kayaknya lebih enak gini", atau "ah gw pengennya gini" tpi gak mempertimbangkan standar moral di lingkungan sosial ente idup, mungkin ente bisa dibilang "morally imbecile" gan. wkwkwkw. kayak agan di atas yang ngebahas kalau GTA 5 bisa ngeluarin hasil mental agan pas maenin itu game. Emoticons karena basicallya setiap pilihan benar-salah yang kita buat harus bisa dipertanggungjawabkan. kalau alasannya kayak di atas tadi bagaimana mau dipertanggungjawabkan? tapi ane gak bilang subjektifitas disini gak penting dan gak boleh mempengaruhi keputusan seseorang ya. karena poin ane dengan bilang itu adalah keputusan ente harus take consider lingkungan agan.

oleh karena itu, yang paling penting dari isu moral adalah "mikir" gan. karena tindakan ente bakal dipertanggungjawabkan sesuai dengan standar moral yang berlaku sesuai dengan konteks lingkungannya.

game itu menurut ane miniatur kecil kehidupan gan. dan ini bagus banget buat belajar mikir, moral, bikin keputusan, maen simulasi, refleksi diri ke kehidupan nyata, dan lainnya.

terkait dengan game dan moral, gak tau kenapa ane mikirnya kayak gini gan: ente bakal dihadapi dengan suatu masalah> pilihan A, pilihan B, Pilihan N> mikir> bikin keputusan > ketemu masalah lagi > ada beberapa pilihan lagi > mikir > bikin keputusan > ad infinitum.

nah pola pertimbangan keputusan dan jenis keputusan yang agan ambil kemudian jadi tipe karakter moral agan. in the long term, hal ini kemudian bisa jadi standar moral agan di game tersebut (atau bahkan mempengaruhi hingga ke dunia nyata). makanya kalau ente maen game Mass Effect, Star Wars Knights of The Old Republic ataupun game besutan Bioware biasanya ada kadar kondisi moral agan. kalo di mass effect ada Renegade untuk buruk dan Paragon untuk baik. sementara di game Star Wars ada kadar light side atau dark side agan. honestly, menurut ane di game-game yang agan sebut di atas agak kurang tepat untuk bahas moral seseorang kalau dilihat dari sisi ini.
walaupun ane jg mengakui kalau game yang agan sebut kayak This War of Mine kadang pilihan dan moral dilemma-nya lebih sulit dari yang ane sebut.

Quote:Original Posted By helmyahmad
bicara soal moral dalam game menurut ane game paling the best sepanjang masa itu GTA.
ane main gta V, ane merasakan betul imajinasi ane ikut terbawa dalam game, bagaimana kita bersikap dalam setiap karakter figuran, dan apapun itu, banyak orang ikut terbawa atmosfer gta ke real life. coba aja search di youtube "this guy think hes in gta"
ketika melihat orang2 taat lalu lintas, ane pun jadi taat lalu lintas di dunia nyata, karna menurut ane itu keren, dan ane suka game perang, ane suka naik pesawat trus ke bandara militer buat atraksi ngindarin roket2 trus ane slow motion, waw itu keren banget, bahkan ane jadi suka liat pesawat, bukan ga pernah naik, ane jadi suka menghayal perang, kecelakaan dsb. paling efek buruk nya ane suka ngatain orang di jalan kebawa game, perlahan ane coba kurangin kebiasaan itu. dan ane pengen banget main " This War Of Mine".
thanks gan review nya, bermanfaat buat ane yang lagi nyari game baru.

Quote:Original Posted By NOKSU
Nyumbang satu gan, game Metal Gear Solid V "Phantom Pain". Di level2 akhir kita diberi pilihan untuk membangun senjata nuklir, jika kita memilih bikin bom nuklir, maka tokoh utama "Venom Snake" akan berlumuran darah, yang tidak bisa hilang walaupun kehujanan ataupun mandi, dan tanduk yg ada di pelipisnya akan bertambah panjang, pokoknya serem gan. Dan dalam mode online, ada ending tersembunyi, yg tadinya dibiarkan rahasia, tapi pihak konami akhirnya merilis cara untuk mendapatkannya gan. Yaitu dengan cara, disarm/menghancurkan bom2 nuklir yg dimiliki tiap player MGS V ini di SELURUH DUNIA gan....bujubuset. Padahal yg maen game ini bisa ribuan ato bahkan jutaan gan. Dan Konami selalu mengupdate rutin, berapa jumlah nuklir yg tersisa tiap2 platformnya. Naah, pilihan ada pada moral masing2 gamer gan, mau jadi baik dengan kompak ngedisarm semua nuklir biar dapet ending bagus, ato jahat dengan tetep bikin terus nuklir, mencegah endingnya muncul....hehe.
Karya Hideo Kojima emang selalu epic gan!

Quote:Original Posted By fansuku
Iya gan war of mine.. Emoticons ane baca reviewnya aja udah bisa kebayang gimana game itu mengaduk perasaan pemainnya.. Emoticons jadi pengen nyoba gamenya.. Emoticon btw ada juga game witcher 3 gan ente juga bisa memilih apa yg ente lakuin dan tiap pilihan akan bikin ending gamenya jadi beda juga.. Emoticon ente bisa melakukan misi tanpa harus memperdulikan penduduk sipil dan mendapatkan rewardnya setelah berhasil atau ente mengabaikan perintah misi dan memilih menolong penduduknya.. dan ada juga misi yg mengharuskan ente memilih salah satu pilihan untuk diselamatkan misalnya menyelamatkan penduduk lain atau menyelamatkan anak yatim yg menolong ente tadi.. Emoticons

Quote:Original Posted By Chiqqu
This War of Mine ane sudah punya tapi belum sempat dimainin, kalo seseru itu akan ane coba deh kalo ada waktu, haha.

Fallout sudah ane mainin, still on progress tapi overall karmanya baik sih.

Nah sebenarnya ada lagi gan game Dyscourse, macem Walking Dead. Itu bener-bener menguji moral, cuma jalan ceritanya cepet sih.

Quote:Original Posted By itsedierevol
Cuma pernah main this war of mine sama walking dead gan Emoticons

Yg this war of mine banyak banget lah pesan bahwa perang itu gak baik, dari mulai story para survivors2 nya yg kehilangan kehidupan 'indah' nya dulu sampe dimana kita dikasih pilihan yg sulit yaitu ngerampok pasangan manula atau mati kelaparan karena kehabisan stock makanan Emoticons
Kekurangan obat2an, luka parah, sampe bunuh diri karena depresi Emoticons

Quote:Original Posted By awandapa
This War of Mine ,masuk di salah satu library steam ane gan , gamenya waktu pertama ane maenin kirain macem game survival biasa ngumpulin ini itu , nyolong ini itu , tapi ada waktu dimana ane datengin rumah yang isinya kakek" sama nenek" , berhubung baru main ga ngerti apa" juga main ambil ini itu , sepulang "farming" bingunglah ane semua karakter pada depressed sampe harus stay di rumah beberapa hari , lalu ada juga keluarga yang ane bunuh (kejam yah...) buat dapetin makanan dan obat"an , ga sampe beberapa hari karakter depresi terus sakit"an ,dari situ ane sadar ini game bukan sekedar ambil ini itu , tapi ada perasaan dari karakter yang harus dijaga , overall very positive for this game EmoticonEmoticonEmoticonEmoticon

Quote:Original Posted By eroooo99
Game yang disebutin ts emang pake hati banget gan buat maininnya, unsur realitanya juga dapet kaya mau bertindak itu harus dipikir jangka panjangnya.. Tapi disisi lain game kaya gitu yang buat kepikiran dan kebawa emosional kalo udah selesai dimainin, ya karna kita kaya bener bener masuk kedalam game tsb, salut aja buat game TWD sama Specs Ops.
Jika berkenan boleh di pejwan Emoticons

Quote:Original Posted By LodriX
ane pernah main semua game diatas kecuali spec op, bagi ane yang bener2 berat untuk dimainin ya This War Of Mine, kita harus milih antara ngambil barang-barang milik orang lain yang sama-sama menderita kayak character kita, cuman ada dua pilihan mereka atau kita yang mati..

momen paling miris yang pernah ane rasain di This War Of Mine itu, pada saat 2 dari 4 character ane kelaparan, sakit dan terluka setelah diserang raider, dan ane bener2 perlu makanan setelah beberapa hari character ane berstatus "very hungry", ane harus ngebobol untuk ngejarah, pada saat ane udah siapin senjata siapa tau ketemu orang yang ada dirumah, begitu buka pintu dan ngeliat dirumah itu cuman ada nenek & kakek yang tinggal sendiri saat masa-masa perang itu, mereka ngeliat ane terus kabur sembunyi kelantai dua, ane balik dan ga jadi ngejarah tu rumah, terus ane keluar dan setelah itu ane uninstall game nya..dilema gila Emoticons Emoticons Emoticons

ngebayangin dua orang yang udah tua, tinggal pada masa-perang, berusaha bertahan hidup, terus ada orang masuk rumah pengen ngejarah makanan mereka, ane ngerasa jadi orang paling jahat didunia kalo sampe ngelakuin ituEmoticons

Quote:Original Posted By ThunderMas
Well, sepertinya game game bertemakan perang beberapa berhasil membuat kita " mewek " dengan storyline nya. Ane rekomend Suikoden gan ( terutama Suikoden II ). Yah, walaupun semacam classic JPRG, tapi cerita nya berhasil membawa ane mewek. Karena ada "unsur politik", pertemanan ( persaudaraan ) yang telah kita bangun bisa rusak, gan. Jadi ingat pas pertandingan adu jotos Riou vs Jowy. Karena kesal, ane pukul tuh Jowy hahaha.

Oh iya, satu lagi, ane belom sempat main sih ( lebih tepatnya belom beli walaupun diskon bertebaran dari Steam XD ), Valiant Hearts: The Great War . Yes, ane emang belom sempat beli dan mainin, tapi dari review beberapa kritikus #ciyelah game ini sarat dengan emosi dari suasana WW . Bahkan anjing juga digunakan untuk berperang gan, istilah nya The Dogs of War .

Kalo soal moral sih, intinya balik ke user experience . Bagaimana si pengguna memaknai isi game tersebut.

Menarik nih This War of Mine ama TWD. Nunggu Steam Sale borong 3 sekalian Emoticon Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By hyuzha
Ane Emg Seorang Gamer Tapi Ga Begitu Banyak Main Game Moral Choice Begini .. Ane Pernah Main Game I'm Alive .. Coba Agan Cari Aja Source Nya Di Mbahh Google ... Di Sini Kita Bermain Sebagai Ayah Yg Nyari Anak Nya ... Ga Tau Ini Perang Atau Kiamat Atau Gmna .. Pokok Nya Org" Jadi Individual Dan Berkelompok Masing" .. Mereka Cari obat Senjata Dll .. Kita Di Sini Emg Ga Ada Multiple Choice Tapi Bikin Moral Di Permainkan Karna Kita Harus Milih Membunuh Atau Membiarkan Mereka Hidup ... Menolong Atau Membiarkan Mereka Mati ... Intinya Kita Di Buat Berfikir Kalo Kita Seorang Ayah ... Mirip Lah Buat Ide Game Nya Sama Fallout Atau Game Yg Pertama .. Salute Buat Game Yg Moral Test Emoticon

Quote:Original Posted By yoshitake
Rata2 gamenya dah pernah denger sih,
tp enak jg kayaknya maen game dgn storyline antimainstream
Soalnya menurut gue feel maen game itu juga didapet dari soryline yg buat kita penasaran
Kalo mainstream mah dari awal kadang dah ketawan kira2 endingnya gmn Emoticons
This war of mine kayaknya seru duh, unik idenya. Cari dulu dah versi pak tani Emoticons
Moga2 ngangkat nih lepi Emoticons

Quote:Original Posted By aurderersecret
jujur ane blm pernah 1 pun nyoba game game yg di review sama TS..mungkin suatu saat ane bakal coba maenin gan..
karna ane maen game bukan sekedar tampilan bagus..yg ane suka game yg punya alur cerita dan pembelajaran kayak yg TS kasih ini sepertinya cocok ane coba
karna dari game kita sebenernya bisa belajar utk berkomunikasi dengan baik,belajar membuat strategi, dan ada game yg membuat kita belajar arti "kemanusiaan"..
game terbaik bukan yg selalu ada pertarungan menurut ane..kadang ada konflik yg tanpa pertarungan tp membuat gamer lebih menikmati permainan itu..
semoga aja bakal banyak game kayak gini..
Thanks buat TS udh buat masukan tentang game seperti ini Emoticons

Quote:Original Posted By suzuki4tpro
This war of mine, sangat recommended, ane pertama maen kirain strategy doang, ehh gak tau emangnhe feel, yg patut di acungi jempol dari game ini adalah AI nya, ai nya disini sangat aktif gan, npc nya punya progress, kaya suatu waktu, ane nyelinap masuk kerumah anak muda yg ayahnya lagi sakit karena ketembak, terus ketahuan tapi dia gak ngelawan, makin lama ane kesitu lagi ayahnya udah sembuh, ehh belon apa2 udah kena tembak ane, yg bikin game ini ajib, selain story sama gameplay nya, itu ai nya (npc) sangat aktif, makanya bisa nge feel. Emoticons

Quote:Original Posted By adhitya002
Metro Last Light dan Metro 2033, itu jg harus survive setelah perang nuklir, apalagi kalau maen yg Metro Last Light kita akan di flashback waktu di dalam bangkai pesawat gimana rasannya saat perang nuklir terjadi waktu terbang di udara, ngeri gan. Trs terkadang waktu di Metro (stasiun bawah tanah) kita juga harus ngasih ke pengemis dgn peluru. Ada peluru emas dan peluru biasa, nah yg peluru emas ini untuk metode pembayarannya dan itu nyarinya lumayan susah. Semisal maen dalam mode Hard atau mode Hardcore bakalan lbh terasa gmn rasannya survive cmiiw

Quote:Original Posted By ingsjazz
hmm honestly walking dead itu bagus banget. jadi inget pas S01 chapter 2 kalo gak salah, pas makanan dan minuman terbatas banget dan kita harus pilih sapa yg dapet makan, yg jaga, org tua/wanita, atau anak2 atau egois makan sendiri. apapun pilihanmu pasti ada konsekuensi buruknya ke seseorang. bener2 harus mikir matang. cuma ya walking dead mau gimana2 bakalan konsekuensinya beda dikit doang karena ceritanya linear dan dipikir2 sih in a way mirip main Eroge/visual novel, paling ada yg mati/hidup. dan lompat 2 chapter ujung2nya mati jg tu org LOL. menurut saya Fallout(including skyrim tentunya) tetep yg terbaik dalam hal moral/etika. kenapa? karena 1 quest bisa diselesaikan dengan berbagai macam cara. ga cuma 1 atau 2, tapi bisa 4 bahkan 5 macam. entah jujur, bohong, skill/perk, persuasion, ancaman, mencuri/jebol kunci&komputer, bunuh dll. bener2 menonjol sisi open world nya, gak cuma bebas berkelana tp bebas jg cara menyelesaikan questnya. dan cara lu menyelesaikan misi akan berpengaruh ke karma lu sendiri, atau hub dgn seseorg atau hub dgn faction yg bersangkutan. walau fallout bs dibilang linear main quest nya(paling cuma new vegas yg agak banyak pilihan ending), tapi tetep aja menarik banget untuk dimainkan. banyaknya npc(ratusan) dan masing2 npc punya karakter berbeda2, tentunya berpengaruh jg thd gmn kita bereaksi thd mereka, apalagi dunia setelah kiamat penuh dgn org sinting. gak suka sm org tertentu? reverse pockpocket live grenade, boom. mister sandman, bunuh pas tidur. bohongin teman dekatnya agar ikut membenci dia. jebak dia dgn bukti palsu. wow... gak ada abisnya haha... kalo saya pengen tau sifat seseorg sih drpd psikotes dll mending saya suruh main fallout, gmn cara dia progress bisa merefleksikan moral dia...

Quote:Original Posted By raja.sawer
Wah, ide TS keren juga nih kasih giveaway buat komen terbaik, salut gan. Emoticons
Ane kasih komen di thread ini bukan untuk mengharap giveaway, gan. Emoticons
Memang banyak hikmah dan pelajaran moral di dalam Game.
Bahkan game bola kyk PES aja mengajarkan bahwa apapun bisa dicapai dengan kerja sama tim.
Kalimat terakhir ini cuma buat melengkapi 5 baris yang jadi persyaratan. Emoticons Emoticons Emoticons Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By AllStarZ
Kalo menurut ane sih... game berbasis RPG itu paling "real" banget menyangkut MORAL, soalnya disetiap pilihan, ada beberapa (atau lebih tepatnya selalu) jadi "flag" atau pemicu event/story line berikutnya, nah.. biasa nya nih dari kita ada yang sengaja ngambil keputusan untuk seneng2 doang, LOL
buat contoh, dalam game Skyrim, Fallout, WoW, dan RPG lainnya, Moral kita emang bener2 di test dalam setiap keputusan yg kita ambil, antara lain kadang kita dikasih pilihan untuk ngorbanin temen kita dalam suatu negosiasi, atau bahkan keseluruhan town (kota), contohnya dalam game Fallout 3, dimana kota pertama yg kita datangin dibumi hanguskan hanya untuk beberapa mata uang dan koneksi (perlindungan)
tapi terlepas dari game RPG, sebenarnya banyak sih menurut ane game lain yg ternyata mempertanyakan moral kita ini, contohnya saja seperti Far Cry 3 dan Far Cry 4, membunuh siapa atau melindungi siapa dengan/tanpa mengetahui konsekuensi dari pilihan tersebut
game FPS semacam Black OPS, Homefrom pun lumayan lah
biasa sih game game ginian juga yg buat asik selain pilihan pilihan yg bener2 membuat kita bingung dan mempertanyakan moral kita tuh biasanya "Plot Twist" nya, soalnya menurut ane dari beberapa game yg ane mainin sih, separah apapun pilihan kita, kalo itu tentang kematian...... yang kita lakuin hanya mempercepat kematian yg pasti bakalan dateng, kalo game game RPG gitu biasanya separah apapun pilhan kita, tetap selalu ada konpensasi dari konsekuensi yg kita ambil...
maaf nih banyak ngomong atau OOT, tapi bagi ane yg GAMERS akut sih... gabisa deh ngelewatin sesuatu yg berbau game hahaaha
nice thread gan!

Quote:Original Posted By yanakuza
wah blm nyoba smw tuh, pngn nyoba this war is mine...
btw mnrt ane mass effect jg ngajarin moral jg, kbtln ane maen mass effect 2, dst kita dituntut bwt jd leader, gmn caranya crew kapal kita yg baru bs jd loyal sm kita, trus gmn sikap kita thdp npc2 yg dl pas d mass effect 1 prnh jd crew kita, alien yg benci sm kita (peran kita manusia d game ini), n sesama manusia yg wataknya mcm2...
tp dsn emg kita dihadepin sm 2 opsi sikap, mo jd yg berwibawa atau yg arogan...itu trsrh pribadi msng2, yg jls mnrt penglmn bermain ane,jd sosok pribadi yg kita pilih bkl ngaruh ke ending game ini terutama keutuhan crew kapal kita...

Quote:Original Posted By secretrizqi
Waduh gan, developer aslinya Fallout itu, Black Isle Studios yang sekarang berubah menjadi Obsidian Entertainment.

IMO, Fallout buatannya Black Isle/Obsidian jauh lebih baik daripada Bethesda.
Kalau Bethesda lebih ke arah fun, simpel dan linear, Obsidian lebih ke arah RPG rumit dengan moral choice yang lebih kentara dan ending yang berbeda-beda tergantung pilihan yang agan pilih.

Contohnya, di Fallout 4, pilihan apapun yang agan pilih, adegan endingnya pasti sama aja.
Tapi beda dengan Fallout New Vegas/Fallout 1/Fallout 2. Sebagian besar pilihan yang agan pilih, itu sangat berpengaruh terhadap endingnya. Terus moral choice nya juga sangat kerasa. Dan atmosfirnya bener-bener terasa wasteland banget.
Gak percaya? Cek aja, Fallout New Vegas Endings di google.

Coba dah, agan mainkan pendahulunya Fallout.
Bakal ketagihan.
Fallout 1 juga gak mudah namatinnya. (Ane aja sampai butuh walkthrough wkwkwkwk)
Baru pertama main aja, sampai mati 10x ane wkwkwkwkwk. Padahal cuma musuh RadScorpion...

Ngomong-ngomong, ada rumor yang mengatakan bahwa next fallout akan dikerjakan Obsidian. Ane udah gak sabar ini :'

It's said war, war never changes.
Men do, through the roads the walk.
-Ulysses
(Fallout New Vegas, Lonesome Road)

Oh right, kalau demen game-game RPG, coba mainkan aja game rilisannya Obsidian.
Review nya hampir diatas 8 semua (bahkan 9).
Obsidian emang ahli kalau ngebuat game RPG dengan moral choice. Walau memang, Obsidian kalah pamor dengan developer besar lainnya. Tapi kualitas rilisannya tetap best. Sesuai dengan harga penjualan. Atau malah underpriced?

Quote:Original Posted By adipa.vj
Dari game yang disebutkan, cuman TWD yg pingin dari dulu ane main. Hanya saja belum ada waktu untuk main itu. Sampai-sampai pewdiepie nangis tamatin itu game. Ane penggemar cerita/film/series/game yang berhubungan tentang seseorang/sekelompok orang yang ceritanya tersiolasi dan juga cerita tentang post apocalypti. Ane merasa cerita cerita-cerita seperti itu yang bikin ane "turn on". Kalau ga salah TWD ada juga versi android-nya, jadi pingin coba nih, tapi apakah sama dengan versi konsol/pc nya ya? Jadi penasaran sama The War of Mine, jd pingin merasakan simulasi tentang kondisi penduduk biasa ketika terjadi konflik atau perang di negaranya.

Quote:Original Posted By xriderboss
ane kurang ngerti tentang game gan, tapi ane seneng juga ternyata ada orang yang mau bikin game yang penuh dengan moral.
padahal tadinya ane mikir kalo kebanyakan game cuma bisa nampilin kekerasan, apalagi temen cowok ane kalo maen game maennya yang bunuh bunuhan.
semoga aja dari game yang agan rekomendasiin jadi banyak orang yang mainin ini game dan mulai sadar tentang apa itu moral. Emoticon

Quote:Original Posted By ninnakembang
ane cuman pernah main the walking dead season 1 dan 2 aja,

sumpah pertama ane juga ragu main ini, tapi ane coba download season 1 nya, anjir ending nya bikin sesek dan nangis gan Emoticon

langsung dah ane download yg season 2 nya, eh pas ane mainin kurang greget sih cuman ane kasian sama clemy nya aja

Quote:Original Posted By pocongtouring
memang gan, dari game2 diatas adalah uji coba untuk para gamers berkaca kepada kehidupan aslinya. ibaratkan itu adalah cermin dari lubuk hati mereka yang paling dalam. kenapa seperti itu? memang ane blm pernah main game semua itu yg diatas cuma ane pernah beberapa kali main TWD seas.1 dengan plot yang sedikit membingungkan dan membuat emosi kita bergejolak. dari kita disuruh memilih untuk menyelamatkan siapa, memberitahukan rahasia seseorang, sampai memilih membunuh atau menyelamatkan. dari beberapa hal tersebut bisa kita kembalikan kedalam pribadi kita sendiri, memilih yang mana dan apa yang kita pilih tersebut akan diingat oleh orang yang ada disekitar kita *NPC game* ibaratkan didunia nyata ada istilah *Mulutmu harimaumu* disitulah apa yang agan pilih akan jadi jalan hidup agan. oh iya, coba kita review lagi anime dari SAO(Sword Art Online) seas. 1 disitu ada pemeran utama yang pendiam tetapi memiliki emosional yang selalu bergejolak. ada juga beberapa player yang lebih memilih in group, lalu ada yg menyukai merampas dan membunuh demi kesenangannya, dan macam2 lainnya gan! dan sekarang agan tinggal pilih untuk jalan hidup agan digame, apakah agan akan survive dengan membunuh orang lain atau survive bersama orang lain?

The Choice is On your hand!Emoticons

kalo berkenan dan mengerti apa yg ane bicarain boleh dimasupin pejwan gan Emoticons

Quote:Original Posted By azumancik
wahh sebagai seorang yang suka main game, ane tergerak buat memberikan sedikit buah pikiran ane (bukan buah yang lain yee gan Emoticons ).
klo game-game yang ts sebutin ane kurang tau sih karna belum mainin Emoticons . mungkin ane bisa sedikit mengangkat game-game yang pernanh ane mainin.
klo memasukkan unsur" moral, ane rasa dari dulu para developer juga sudah nerapinnya gan. kita aja yang mungkin belum sadar krna kita mungkin masih terlalu kecil buat "ngeh" tentang ,moralitas dalam storyline. Contohnya aja kita bisa liat di game jadul seperti Suikoden. Mungkin para gamer yang pernah memainkan game ini masih ingat disalah satu adegan ketika melawan para jendral, kita bisa milih membunuh buat balas dendam atau "show them a mercy" yang bakal memberikan kita keuntungan buat kedepannya. Mungkin masih ada adrgan yang lain lagi yang belum ane sebutin.
Klo game yang lain mungkin agan-agan tau ya Skyrim. Di game open world buatan Bethesda ini sudah pasti ada beberapa misi yang memaksa moral kita-kita untuk memilih. Gak perlu disebutin lah ya gan, mainin aja bagi yang belum pernah mainin. Bethesda emang NTapzEmoticons
Klo bagi ane, salah satu yang paling membekas itu Sleeping Dogs. Walaupun kyknya didalam cerita tidak ada pilihan yang membuat moral kita dilema, tapi bagi ane masih banyak unsur" moral yang bisa kita ambil. Walaupun kita terjebak didalam dunia yang salah, kita tidak boleh kehilangan moral dasar kita sebagai manusia yaitu persahabatan. Sekejam-kejamnya karakter digame ini, tapi masih tetep ngejungjung nilai persahabatan dan persaudaraan yang bikin ane salut berbeda dengan realita yang selalu kita hadapin didunia nyata.
itu aja dah komeng ane gan, maaf dah klo kurang nyambung hehehehe Emoticons Emoticons Emoticons
Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By djinggo88
fall out series...
semua faction yg ada benar2 masuk zona abu2.
gk jelas mana yg benar2 "protagonis" atau antagonis"
semua benar2 tergantung cara berpikir agan

telltales emang mantap juga bikin game
coba mainkan Game of throne telltales ..bener2 banyak pilihan dilematis

Quote:Original Posted By Alwi112
setuju gan. apalagi TWD ama fallout 4 gan,ane udh main. fallout 4 sangat sangat sangat sangaaaaaaat bermakna gan,setiap pilihan yg agan pilih,pasti berdampak pada faction dan character lain. spoilernya kayak starwars ahahahha cuma......... yah tebak sendiri aja. epic banget gan,cuman di fallout 4 gaada sistem karma gan,kalo di fallout 3 dan NV ada sistem karma,dimana jika berbuat baik atau buruk berdampak pada settlement yg jadi objek.

Btw tambahan game gan Emoticon

-bioshock infinite,walau endingnya rumit,tapi kalo agan2 bisa memahami dari awal maka kerasa banget maknanya

-assassin creed 4 ,lho gak salah Emoticon kalo game ini harus selesaiin gamenya dan dapat endingnya,maknanya dalem banget,apalagi soundtracknya yg Emoticon ....... siapa menaruh bawang disini

sebenarnya banyak gan cuma ane lupa ahahahha. ane kalo main game,suka kalo make perasaan,jadi gak hanya seru tapi "rich-story". Story dalam sebuah game merupakan sebuah nilai estetika Emoticon bahasa apaan hahahaha

Quote:Original Posted By 07sep1994
ane pernah maen this war of mine gan, dari pembukaannya aja surem, sedih banget gaan... di game itu kita harus bertahan 30 hari kalo ga salah, tapi tiap hari selalu aja ada masalah, seperti kelaparan, stres, sakit... yang bikin nyentuh perasaan tuh waktu kita harus milih, ngerampok rumah kakek nenek yang ga berdaya. kan biasanya di game game normal kalo kita ngerampok pasti NPCnya ngelawan, kalo game ini tuh kakek nenek cuman memohon biar ga dibunuh aja, jadi ane tuh dilema antara kelaparan dan kasian.. sedih banget kan gan? asli dah meski cuma game nyentuh banget.. terus ada anak kecil ketok ketok pintu rumah karena ibunya sakit, minta obat.. lah kita sendiri juga butuh obat.

tapi ane suka ngerampok gudang milik orang jahat.. ane tembakin aja ga ngerasa bersalah hahaha

Quote:Original Posted By wongkamp
Fallout 4
satu hal pelajaran yg ane tangkap : "kebenaran itu punya banyak sisi, konflik terjadi karena adanya perbedaan cara pendekatan untuk mencapai kebenaran itu sendiri. Masing2 faksi, sebenarnya punya tujuan yg benar, tetapi bagaimana tindakan untuk mencapai kebenaran itu sendiri?
Spec ops
Tidak ada kebenaran dalam peperangan, yg ada hanya tragedi, kebencian dan kehancuran. Semulia apapun motif peperangan, ujung perjalanannya hanya membawa pada kehancuran dan luka mendalam bagi orang2 yg mengalaminya. Tak ada kemenangan yg tersisa hanya para korban2 tragedi kemanusiaan.

Quote:Original Posted By hitam.panjang
ane ada main this war of mine gan emang sedih apalagi kalau udh kepaksa ngerampok rumah kakek ama nenek nenek :sedih
tapi biarpun karakter ane pada udh sekarat ane gak mw yang namanya ngerampok rumah kakek itu
alhasil ane hanya bsa ampe day 25 aja Emoticon
twd ane ad main juga gan ane nyesal pilih ngikut keny
fallout juga ad main ane tapi ane jadi musuh semua faksi tapi ane kuat Emoticon soalnye pake god mode wwkwwk Emoticon
btw kapan twd s3 keluar ya

4 Game yang Dapat Menguji Seberapa Jauh Etika dan Moral Pemainnya
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/56ab5d59a09a39d8388b456b/game---game-ini-bisa-mengetest-seberapa-jauh-moral-kamu Category:
Top List
Pasang Iklan
close