Bahaya Rokok

Asean Economic Community"MEA" : Membuat Indonesia Semakin Maju atau Terpuruk?
Knowledge - Geography - Economics - Lifestyle - Culture - Business - Education - Activity - Inspiring
ryanelv
UserID: 8105218
Welcome
Quote: Permisi agan dan aganwati sekalian di malam yang dingin ini ane bikin thread yang masih acak acakan sepertinya Emoticons tapi mungkin bermanfaat. Oh iya sebelumnya maaf ya kalau misalkan thread ane masih acak2an begini, maklum ini thread pertama ane. Di thread ini ane bakal bahas MEA.. Pasti udah pada tau kan? Apalagi agan dan aganwati yang sekarang masih berstatus pelajar, kalau sampai gatau wah keterlauan Emoticons . Langsung aja ya ke pembahasannya silahkan disimak baik-baik, Cekidoot!!
Line Quote:PENGENALAN
Gan MEA itu apa sih? Apa hubungannya sama Indonesia? Lalu kenapa masyarakat Indonesia wajib tau hal ini serta merealisasikannya dalam kehidupan? Emoticons
MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN. Seluruh negara anggota ASEAN telah menyepakati perjanjian ini. MEA dirancang untuk mewujudkan Wawasan ASEAN 2020. Dalam menghadapi persaingan yang teramat ketat selama MEA ini, negara-negara ASEAN haruslah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, cerdas, dan kompetitif. Indonesia resmi mengikuti MEA pada 11 hari yang lalu, 1 Januari 2016.

Line
Gan kira kira dengan pelaksanaan MEA dampak bagi Indonesia sendiri apa ya? Emoticons

Quote:DAMPAK
Quote: 1. Indonesia Bakal Berubah Total

Berubah Total
Kalau yang ini sepertinya sih agan aganwati semua udah mengerti ya Emoticons , semua sektor di Indonesia seperti sosial, budaya, politik, pendidikan khususnya ekonomi akan berubah total gan! Jadi mulai hari ini kebiasaan buat bermalas malasan kurangi yah Emoticons saingan kita makin banyak loh...

Line Quote: 2. Menjadi Pasar Kesatuan

Pasar Kesatuan
MEA bikin semua negara ASEAN menjadi pasar kesatuan, Indonesia sangat berpeluang merajai pasar ASEAN karena Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah dibandingkan negara-negara lain, tapi itu semua tergantung kita para generasi Indonesia mau kerja keras atau bersantai santai

Line Quote: 3. Banyak orang asing berinvestasi di Indonesia

Investasi
Nah ini gan dampak paling besar dan paling mempengaruhi menurut ane buat masa depan Indonesia,orang asing makin bebas buat berinvestasi dan mengekspoitasi kekayaan alam Indonesia. Apa kita masih mau memberikan SDA kita untuk diekspoitasi bangsa luar seperti tambang freeport? Apa kita mau memperkaya negara lain yang mengambil hasil dari negeri kita tercinta ini? Jangan biarkan praktek imperialisme modern terus terjadi di negeri kita!!

Line Quote: 4. Banyak tenaga asing yang akan bersaing dengan kita

Tenaga Asing
Kalo dulu mungkin saingan kita banyaknya dari tenaga kerja lokal dan paling cuma beberapa yg asing nya, tetapi MEA membuat persaingan bertambah berat, MEA bikin tenaga kerja asing malah makin banyak! Indonesia salah satu negara yang diincar para tenaga kerja asing sebagai tempat kerjanya. Gak dipungkirin lagi, makin banyak orang Indonesia penggangguran kalau gak bisa berkompetisi Emoticons

Line Quote: 5. Menambahkan devisa negara kita

Devisa Negara
Nah ini sisi positif dari keberadaan MEA yaitu pertumbuhan ekonomi negara, pemerataan pendapatan masyarakat, dan stabilitas ekonomi nasional, biaya beamasuk serta biaya lainnya dari impor maupun ekspor membuat devisa negara bertambah.

Line
Gan gimana caranya ya supaya Indonesia bisa merajai perekonomian ASEAN? Bahkan menjadi negara maju berkat MEA Emoticons

Quote: BAGAIMANA?
Quote: 1. Cintai Produk Dalam Negeri

Cintai Produk Dalam Negeri
Survive! Kuncinya Indonesia incorporated! Indonesia first!. Kita harus bersatu, gunakanlah dan utamakan produk dalam negeri meskipun seringkali kualitas nya masih kalah atau dibawah produk asing. Dengan melakukan itu kita membantu Indonesia untuk berlomba dan bersaing di pasar ASEAN.

Line
Quote: 2. Memiliki produk yang berkualitas

Produk Berkualitas
Kita harus memiliki produk yang unggul dan tidak kalah saing dengan produk asing. Dengan ini produk-produk Indonesia akan diakui dunia, memiliki banyak konsumen di dalam maupun luar negeri serta meningkatkan harga jual barang tersebut.

Line Quote: 3. Bidang SDM harus bersaing ketat

Bersaing Ketat
Kualitas sumber daya manusia (SDM) kita harus unggul dan professional! Kita bisa ! Penduduk ASEAN hampir setengahnya ada di negara kita, dengan itu kita berpeluang besar menduduki lapangan-lapangan pekerjaan tersebut. Jangan sampai lapangan pekerjaan di Indonesia malah digunakan oleh masyarakat asing, sedangkan kita sendiri pengangguran Emoticons

Line Quote: 4. Tingkatkan kemampuan berbahasa asing

Bahasa Asing
Kalau ini udah pada ngerti kan gan? Emoticons . Yap dengan adanya MEA ini pasti harus sering menghadapi yang namanya berkomunikasi dengan orang asing.. Karena gak semua orang asing fasih bahasa Indonesia meskipun negara mereka bertetangga dengan Indonesia. Gak cuma fasih bahasa Inggris, saran ane sih mulai belajar bahasa Mandarin. Lho kenapa gan? Karena bahasa Mandarin bahasa internasional nomor 2 setelah bahasa Inggris, selain itu berguna juga saat kita berkomunikasi dengan orang ber etnis Tionghoa yang gak semuanya bisa bahasa Inggris... Emoticons

Line Quote: 5. Tingkatkan dan utamakan kualitas lulusan

Kualitas Lulusan
Sekarang-sekarang ini banyak universitas yang tidak jelas identitasnya, cukup 3 hari saja bisa jadi sarjana Emoticons .Yang begini harus segera dibasmi dan ditindak. Apalah arti sebuah gelar bila tidak mampu berbuat apapun di dunia kerja. Kualitas lulusan harus diperhatikan demi mampunya Indonesia bersaing di MEA.

Line Quote: 6. Hilangkan sifat inlander

Inlander
Perusahaan dalam negeri harus menghilangkan sifat inlander nya, yang mengganggap tenaga kerja asing itu lebih baik daripada tenaga kerja lokal, hal inilah yang seringkali membuat tenaga kerja lokal tersingkirkan Emoticons

Line Quote: 7. Perkuat ketahanan budaya dan agama

Budaya dan Agama
Ketahanan budaya dan agama harus diperkuat sehingga masa depan anak-anak kita kelak tidak terlarut dan terombang ambing dalam arus globalisasi

Line
Sekian aja thread ane yang semrawut ini, semoga ada manfaatnya. Indonesia harus bisa bersaing di MEA. Jangan sampai kisah lampau "Politik Pintu Terbuka" terulang lagi yang pada saat itu kita menjadi "budak" orang asing di negeri kita sendiri. O iya silahkan yang mau nambahin ntar ane cantumin kok Emoticons JANGAN LUPA RATE NYA GAN Emoticons CENDOL JUGA BOLEH BANGET Emoticons ASAL JANGAN DI BATA Emoticons
Quote:
Spoiler for Komentar:
Quote:Original Posted By NBANicolas
Kalo menurut ane sih semakin maju gan!
Tenang aja, dengan adanya MEA, MNC ataupun IGO ataupun INGO ga akan langsung invest kok, mereka juga harus melihat pasar di Indo dan dipengaruhi beberapa faktor berikut:
1. Jumlah penduduk
2. Tingkat konsumerisme penduduk
3. Tingkat Pendapatan
4. Tingkat Harga
5. Sikap dan Gaya Hidup
6. Adat Istiadat
7. Model Barang
8. Selera Konsumen
Selain itu, dengan adanya pihak2 tersebut (MNC, IGO, INGO), sudah pasti akan ada lapangan kerja juga bagi kita di Indo Emoticons
Dan kita juga bisa berinvest atau berjualan ke negara2 ASEAN yang lain Emoticons
Intinya kita sebagai rakyat harus pintar2 menyiasati setiap kesempatan yang ada Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By wahyusee
Prediksi ane Indo akan Untung besar bre.. Karna ada Mea Emoticons ...
Secara produk produk kite banyak bre Emoticons ..
Walau kualitasnya patut di pertanyakan Emoticons

Quote:Original Posted By number29
dilhat dari sisi positif nya memang bagus untuk memotivasi pesaingan, tapi perihal poin no 4 yang mengakibatkan banyak tenaga kerja lokal jadi pengangguran perlu perhatian khusus jika tidak tunggu INA jadi negara2 yg penuh perang saudara, soalnya menyangkut perut gan, hal yg berhubungan dengan perut itu sensitif

Quote:Original Posted By smeljonathan
perkuat kompetensi diri, banyakin relasi dan jangan mudah menyerah!

Quote:Original Posted By yosiaalexander
nice thread gan, denger berita ini ane jadi semakin ngeri sebagai mahasiswa baru... Emoticons
Tapi, di sisi lain, ane jadi makin bersemangat agar bisa belajar menuntut ilmu dengan sungguh - sungguh agar tidak sulit nanti saat bekerja dan menjadi tenaga kerja di Indonesia yang luar biasa Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By jason.james
nih gan yang susah "Hilangkan sifat inlander" udah basicnya perusahaan byk yg punya sifat ginian, biasanya orang asing yg jadi bossnya Emoticon
untuk soal saingan juga gan susah, secara sistem pendidikan di negri kita masih jauuuhhhhh banget dari kata baik, kalo di bandingan sama negri seberang kaya singapur aja udah jauh

Quote:Original Posted By jezambas
ane rasa bakal ada demo besar lagi gan setelah MEA berlaku di indonesia.secara SDM di Indonesia blum pada dibekali tentang sikap menghadapi MEA.malah banyak yg ga pada tau apa itu MEA? dan ga tau bahwa Indonesia akan berpartisipasi terhadap MEA.di kantor ane boro2 pada mikirin dampak MEA saat ini. Boss ane aja ga terlalu memperdulikan itu. Sedangkan ane risih gan, secara ane kerja sambil kuliah karyawan. blum dapet tittle juga kemampuan ane blum expert, so otomatis ane takut tersisihkan sama orang2 asing gans! Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By themember
yang menyerap perusahaan asing atau setengah asing, karena gaji mereka rahasia, kalo perusahaan lokal gaji transparan, tenaga kerja asing yang pinter gak mau kalo gaji sama, akhirnya perusahaan asing/setengah asing akan lebih maju dari perusahaan lokal, perusahaan lokal jadi kalah bersaing

Quote:Original Posted By FluffyGirlz
kalau ane boleh menjawab pertanyaan di judul, ane emang ga tau pasti apakah MEA bisa bawa lebih banyak dampak baik untuk negara kita atau enggak. tapi yang jelas ane prihatin karena program ini sebenernya terlalu dipaksakan. menurut ane yang siap untuk MEA itu cuma singapura, malay, sebagian indonesia, dan sebagian thailand. mungkin vietnam juga oke, tapi kalau negara lain yang (mohon maaf) di bawah indonesia seperti laos, kamboja, atau myanmar, jujur ane kasian sama mereka. indonesia sendiri ... kalau jkt, jawa, makassar atau batam mungkin siap, tapi bagaimana dengan daerah lain? masih banyak lho daerah di indonesia yang bahkan taunya presiden indonesia itu masih suharto. karena akses informasi di sana masih minim banget. denger aja pengalaman para guru di daerah terpencil tentang bagaimana wawasan orang-orang di sana. boro-boro nyiapin untuk MEA.

ane sebenernya (lagi-lagi) curiga kalau MEA ini proyek jarak jauhnya mamarika dan konsipirasinya. gak bakal percaya ane kalau MEA itu cuma melibatkan asia tenggara doang. pasti ujung-ujungnya china sama mamarika pengen ikutan nimbrung. atau paling nggak mereka ngejadiin salah satu negara yang "masuk" ke indonesia sebagai proxy. mereka bakal dapet setoran dari negara itu dari hasil perdagangan sama Indonesia dalam bingkai MEA.

yaudah liat aja entar gimana. toh indonesia udah biasa jadi negara yang autopilot. orang-orang di lapangan selalu dituntut buat nyari solusi sendiri dari konsep orang-orang "di atas" yang kebanyakan ngimpi. yang jelas ane nggak akan minder karena biar gimana orang-orang indonesia dengan segala potensi lingkungannya (walau banyak yang ngaco juga) tetep bisa melebihi bangsa lain di banyak hal.

Quote:Original Posted By maniakforum
tambahan dari ane gan , gunakan semua produk asli INDONESIA , dan kalo suka ngutang ke bank usahakan pinjam ke BANK BUMN gan karena klo misal dari agan ada yang macet dengan jaminan tanah / rumah itu bakalan jadi investasi bank asing yang membuat si asing dapet aset dinegara kita gan , gak mau kan klo kita sebagai bangsa indonesia malah terusir oleh bangsa asing yang lebih banyak asetnya disini

Quote:Original Posted By 4512412
  1. Kalo INDONESIA mau sukse di MEA , jadikan bahasa INDONESIA sebagai bahasa resmi MEA, karena, sebhagian besar penduduk ASEAN mengerti "MELAYU". Jangan malah memakai bahasa lain.
  2. Melakukan Pembenahan dalam sektor transportasi, terutama transportasi umum. Mesti digaris bawahi ini perlu dilakukan di seluruh INDONESIA. Bukan hanya di Jakarta. Serta Pembenahan Tata Ruang.
  3. Melakukan pembenahan sektor pelayanan publik, terutama efesiensi dan efektifitas pelayanan.
  4. Mengakomodir penggunaan produk lokal melalui lembaga dan para aparatur

Quote:Original Posted By maybemylife
hmmm..
mau langsung diberlakukan atau tidak, baiknya SDM lokal kita makin ditingkatkan kualitas kemahiran individunya.
menuntutlah hak saat kewajiban memang sudah dijalankan, nantinya yang akan jadi hambatan pasti komunikasi. kmgkinan malah wna wna tsb akan mndduki posisi" tinggi di perusahaan dibandingkan di sektor posisi bawah.
siap siap mulai berwirausaha, jgn mau kerja terus ditempat org. umur kita ga tau sampe kapan, iya kalo di umur 45 kita ga dipecat atau malah perusahaan gulung tikar. jadikan sebagai pemacu untuk mulai membangun dan membenahi diri, mulai berfikir kritis dan kreatif.

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Dampaknya Bagi Indonesia
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/569508635a5163cf758b4568/quotmeaquot--membuat-indonesia-semakin-maju-atau-terpuruk Category:
News Info
Pasang Iklan
close