Bahaya Rokok

Satelit Mini

Selamat Datang Era Satelit Mini

Tags: Knowledge - Astronomy - Engineering - Technology - Space - Interest - Design - Activity - Innovation
tauvik.tauvik
UserID: 7945544
Banner
Selamat Datang Era Satelit Mini
Quote:Satelit Mini
Quote:Line
Membayangkan satelit tentunya pikiran kita akan melayang ke tempat peluncuran roket milik NASA dan juga Orion yang serba komplek dengan ukuran satelit yang besar. Namun tampaknya perkembangan teknologi satelit telah memasuki era baru perlombaaan teknologi yaitu satelit mini. Satelit mini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan satelit yang telah dikembangkan sebelumnya, namun ukurannya jauh lebih kecil. Biasanya satelit yang dikategorikan sebagai satelit mini ini beratnya kurang dari 100 kg.

Fungsi satelit mini ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, seperti misalnya untuk keperluan jejaring komunikasi, mengamati geogfrafi bumi, memprediksi luasan hutan, perencanaan infrastruktur, memprediksi hasil panen, pengembangan wilayah dll.

Satelit Mini
Satelit mini yang diluncurkan dari International Space Sation

Dengan ukuran yang sangat kecil ini dapat dibayangkan ongkos yang dapat dihemat dalam membangun suatu satelit dengan fungsi yang hampir sama dengan satelit besar lainnya. Walaupun prospek perkembangan teknologi mini satelit ini sangat menjanjikan, namun para pakar teknologi ruang angkasa masih terkendala bahwa mini satelit ini masih tetap harus diluncurkan dan ditempatkan di orbit.

Kendala ini tampaknya sedikit demi sedikit mulai teratasi seiring dengan perkembangan teknologi roket yang memungkinkan hulu pendorong roket dapat digunakan kembali dengan cara mendaratkan kembali hulu pendorong ini ke bumi. Teknologi ini bulan lalu telah berhasil dikembangkan oleh SpaceX (baca selengkapnya di sini).

Kombinasi pengembangan teknologi roket dan satelit mini tampaknya akan membuka lebar perlombaan penemuan teknologi luar angkasa lainnya.

Quote:Line
Jepang merupakan salah satu negara yang paling getol mengembangkan teknologi satelit mini ini. Banyak perusahaan di Jepang yang mengkhususkan diri mengembangkan teknologi ini dan menghidupi perusahaan melalui teknologi satelit mini ini.

Satelit Mini Jepang
Satelit mini yang dikembangkan oleh jepang ini hanya berukuran 10 cm persegi

Satelit Mini Korsel
Satelit mini karya Korea Selatan ini bobotnya hanya 10 kg

Sebagai contoh sebuah perusahaan di Tokyo berhasil megembangkan satelit mini dengan bobot hanya 20 kg yang akan diluncurkan tahun 2016 ini. Satelit ini dirancang untuk mengumpulkan data sampah ruang angkasa termasuk sisa-sisa roket yang tersebar di ruang angkasa. Sampah ruang angkasa ini sangat berbahaya dan mengancam satelit-satelit aktif yang kini beredar di orbitnya. Data data yang dikumpulkan ini akan dijual kepada yang membutuhkannya.

Perusahaan Jepang lainnya dalam kurun waktu 6 tahun terakhir ini akan meluncurkan 50 satelit mini mulai tahun ini. Satelit satelit mini ini memiliki kemampuan untuk mengobservasi 45% luasan bumi.

Rusia juga merupakan negara yang memfokuskan dirinya dalam pengembangan satelit mini ini. Teknologi yang dikembangkan oleh Rusia ini tidak hanya terkait ukuran satelit namun juga smart teknologi yang memungkinkan satelit ini memperbaiki dirinya sendiri jika tejadi kerusakan sehingga tidak perlu meninggalkan orbitnya. Tidak sampai disitu Rusia juga mengembangkan teknologi satelit mini yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Rusia diperkirakan memiliki kemampuan untuk meluncurkan sebanyak 600 satelit mini.

Satelit Mini Rusia
Mereka berlomba mengembangkan teknologi satelit mini

FASTSAT
FASTSAT salah satu satelit mini karya NASA

Quote:Line
Amerika dan Inggris tentu saja tidak ketinggalan dalam mengembangkan teknologi satelit mini ini. Sebagai contoh mini satelit yang dinamakan Digital Globe's new Worldview-3 yang diluncurkan bulan Agustus tahun lalu mememiliki kemampuan mengirimkan gambar-gambar dengan resolusi tinggi sampai dengan ukuran 31 cm, termasuk dapat dilihat dengan jelas mobil, orang dan kotak surat sekalipun. Satelit ini memiliki kemampuan mengumpulkan data dan mengirimkannnya setiap 24 jam sekali.

Gambar Satelit Mini
Gambar kebakaran hutan yang diambil dari satelit meini

Contoh lainnya yaitu OneWeb yang merupakan menyedia internet global telah mengadakan kesepakatan sengan Airbus Defence and Space untuk membangun sebanyak 900 satelit mini yang dirancang untuk membentuk satu jejaring komunikasi yang memiliki kemampuan untuk menyediakan layanan internat dengan kapasistas 10 terabit per detiknya yang akan membuka era komunikasi baru dunia.

Gambar Satelit Mini
Satelit mini berhasil mengirimkan gambar yang sangat detail

Satelit Mini
Satelit mini memiliki kemampuan menangkap gambar sampai ukuran 31 cm, sehingga kotak suratpun akan dapat terlihat

Satelit Mini
Gambar deforestasi di Brazil yang diambil dari satelit mini

Tidak pelak lagi kombinasi perkembangan teknologi satelit dan juga roket membuka era baru perlombaan pengembangan teknologi ruang angkasa, termasuk di dalamnya satelit intelejen. Ke depan disamping teknologi ini sangat berguna untuk peningkatan kesejahteraan manusia, namun harus pula disadari bahwa tidak ada yang menjadi rahasia lagi bagi suatu negara karena semua data dan informasi secara terus menerus disadap dan dikumpulkan oleh satelit mini yang bertaburan di ruang angkasa.

Quote:Sumber

Perkembangan Satelit Mini dan Era Baru Teknologi Ruang Angkasa
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/568a819a98e31b8f408b4567/selamat-datang-era-satelit-mini Category:
News Info
Pasang Iklan
close