Bahaya Rokok

Logo Bendera ProvinsiJika Logo Provinsi di Indonesia Dibuat Jadi Bendera Sederhana
Tags: Knowledge - Geography - Interest - Design - Drawing - Lifestyle - Culture - Art - Activity - Creativity
greenlizzard
UserID: 7495506
Welcome
Quote:Pembukaan

Halo gan ketemu lagi ama ane, semoga kagak bosen ye Emoticons
Semoga trit ane kagak repost, soalnya ane cari gak ada kok. Mau cari gimana lagi ane bingung pake keywords apa, tapi kayaknya gak repost kok gan.

Indonesia

Indonesia, negara yang amat kaya dan memiliki banyak provinsi yang tersebar di berbagai pulau dari barat hingga timur, dari utara hingga selatan dan setiap provinsi memiliki logo masing-masing. Nah, bagaimana kalo setiap logo provinsi tersebut disederhanakan menjadi sebuah bendera provinsi (jadi mirip negara bagian sih) yang terinspirasi dari logonya.
Bendera ini hanyalah dibuat atas kreativitas desainernya yaitu Albadr Nasution yang terinspirasi dari logo perfektur-perfektur di Jepang lalu dibuat seperti bendera yang sangat sederhana, dan beliau mencoba untuk mengaplikasikannya di Indonesia. Jangan dianggap serius ya bray apalagi disangkutin ke SARA, ini cuma murni kreativitas dan dibuat have fun aja Emoticons
Ya udah mau tau kayak gimana? Yuk langsung cekidot gan sis Emoticon


Quote:The Provinces

Dimulai dari pulau paling barat yuk gan yaitu Pulau Sumatera Emoticon

Spoiler for Provinsi di Pulau Sumatera:

1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Nanggroe Aceh Darussalam
Warna hijau dan kuning diambil dari logo asal, lambang ditengah adalah Rencong dibentuk seperti huruf arab.

2. Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara
Terinspirasi dari Bendera Kesultanan Deli dimana terdapat dua buah perisai secara horizontal di sisi kiri bendera. Bentuk bulat dikelilingi panah disisi kiri bendera diambil dari logo asli, dan artinya adalah 5 aspek sumber utama di Sumut yaitu pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri.

3. Provinsi Sumatera Barat

Sumatera Barat
Warna hitam merah kuning merupakan warna asli bendera Minang yaitu Bendera Marawa. Warna hitam artinya ketekadan, kepastian, dan akal budi. Warna merah artinya keberanian dan kuning artinya keagungan. Rumah gadang ditengah merupakan rumah adat asli Sumbar.

4. Provinsi Kepulauan Riau

Kepulauan Riau
Kuning merupakan corak bangsa melayu dan juga melambangkan keagungan dan kejayaan. Biru melambangkan geografi Provinsi Kepulauan Riau yang berupa kepulauan dan kekayaan bahari Indonesia. Kapal layar dan keris adaptasi dari logo aslinya.

5. Provinsi Riau

Riau
Provinsi Riau umumnya dihuni oleh suku melayu. Hal ini dilambangkan dengan warna kuning di bendera. Juga bermakna kejayaan dan kesucian. Warna hijau melambangkan hutan dan kekayaan alam yang banyak di Riau. Pedang melambangkan kepahlawanan dan warna putih melambangkan kejujuran dan kerendahan hati.

6. Provinsi Jambi

Jambi
Logo berbentuk masjid diambil dari logo asli provinsi. Masjid ini memiliki 6 pintu, melambangkan tanggal lahir provinsi yaitu 6 Januari 1957. Warna kuning mengartikan kejayaan kerajaan melayu, merah dan biru diambil dari logo aslinya. Mirip-mirip Ekuador gan Emoticons

7. Provinsi Bangka Belitung

Bangka Belitung
Warna biru melambangkan perairan Selat Karimata yang meliputi Kepulauan Bangka Belitung dan kekayaan alam bahari. Warna putih melambangkan perdamaian dan keteguhan serta kekayaan alam mineral dengan berbentuk kepulauan Babel.

8. Provinsi Bengkulu

Bengkulu
Warna kuning bunga rafflesia melambangkan afiliasi adat Bengkulu dengan melayu, melambangkan kejayaan dan kesucian. Warna hijau dan biru diambil dari lambang provinsi melambangkan kesuburan tanah dan kekayaan bahari yang melimpah.

9. Provinsi Sumatera Selatan

Sumatera Selatan
Warna hijau diambil dari warna asli logo provinsi. Bunga teratai diambil dari kerajaan Sriwijaya dan logo didalamnya diaplikasikan dari logo asli.

10. Provinsi Lampung

Lampung
Warna merah kecoklatan pada bendera bermakna kebudayan khas lampung. Diatas terdapat siger yaitu mahkota pengantin wanita yang juga melambangkan 9 marga yang ada di Lampung. Dibawahnya terdapat kapal khas Lampung, yang biasa muncul di ornamen dan batik khas Lampung.


Spoiler for Provinsi di Pulau Jawa:

1. Provinsi Banten

Provinsi Banten
Warna hijau melambangkan islam iman dan taqwa, prinsip Provinsi Banten. Juga melambangkan kesuburan. Warna abu pekat melambangkan gunung sebagai kondisi geografis banten dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Di tengah diberikan Gapura Kaibon seperti logo aslinya.

2. Provinsi DKI Jakarta

DKI Jakarta
Warna biru diambil dari warna dasar logo aslinya, rasanya pas dengan ditambah Monas sebagai ikon provinsi ini ditengah dengan pucuk emas.

3. Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat
Simbol terbesar di lambang asli pemprov adalah Kujang, senjata tradisional masyarakat Sunda, maka diadopsilah ke bendera. Corak bendera mengikuti alur sungai terusan dan petak-petak yang ada di bawah lambang provinsi. Melambangkan pola hidup umum masyarakat di Jawa barat.

4. Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah
Hijau melambangkan keadaan alamiah Jateng dengan berbagai kekayaan alam. Kuning kecoklatan melambangkan budaya jawa, batik, tepa selira dan kesejahteraan. Biru melambangkan laut yang membatasi Jateng di utara dan selatan. Sedangkan sudah jelas ditengah adalah Candi Borobudur yang merupakan ikon terkenal di Jawa Tengah.

5. Provinsi D.I. Yogyakarta

Yogyakarta
Seperti Jateng, warna kuning kecoklatan melambangkan budaya jawa, batik, tepa selira, dan kesejahteraan karena warna ini khas untuk daerah Jawa. Ditengah diambil ikon Tugu lengkap dengan ukiran dan sayapnya bersama lingkaran merah dibelakang sesuai dengan logo aslinya.

6. Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur
Provinsi dimana ane dilahirkan Emoticon
Warna kuning kecoklatan masih menjadi warna dasar bendera dan memiliki arti sama seperti diatas. Ditengah terdapat ikon Tugu Pahlawan dengan Gerbang Candi. Lalu dibawahnya terdapat perisai bergerigi seperti logo aslinya yang melambangkan kemajuan pesat Jatim dalam industri.


Spoiler for Provinsi di Pulau Kalimantan:

1. Provinsi Kalimantan Barat

Kalimantan Barat
Warna hijau berarti warna untuk Pulau Kalimantan sebagai Zamrud Khatulistiwa. Lambang Talawang dibikin lebih polos dari logo aslinya dengan keris dan mandau menyilang.

2. Provinsi Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah
Warna dasar hampir mirip dengan Kalbar, cuman jika Kalteng diberikan Burung Rangkok ditengah karena burung ini merupakan lambang kehidupan Suku Dayak, sama seperti logo aslinya yang terdapat burung ini diatas.

3. Provinsi Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan
Berbeda dengan 2 provinsi diatas, logo provinsi Kalsel memiliki dasar warna merah sehingga diaplikasikan kedalam benderanya, dengan sebuah logo berlian ditengahnya. Cantik juga sih jadinya.

4. Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur
Memiliki warna hijau yang melambangkan zamrud khatulistiwa, dengan Talawang berukir berada ditengah dan berwarna Merah-Putih menyimbolkan bagian dari Indonesia.

5. Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara
Terakhir ada provinsi termuda di Kalimantan. Warna biru muda pada bendera mengikuti warna dari logo aslinya dan ditengah terdapat motif dayak yang juga sering muncul di talawang sebagai simbol sederhana Kaltara.


Spoiler for Provinsi di Daerah Nusa Tenggara:

1. Provinsi Bali

Bali
Bungai teratai ditengah adalah lambang Singgasana Batara Siwa yang juga terdapat pada logo asli disisi bawah. Tidak dijelaskan apa arti warna putih pada bendera.

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat
Biru melambangkan kesetiaan. Hijau melambangkan kemakmuran. Putih melambangkan keluhuran yang berbentuk Menjangan. Dan kuning pada mata Menjangan melambangkan kejayaan.

3. Provinsi Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur
Warna merah dan kuning berbentuk diagonal diambil dari logo asli provinsi (arti warna tidak dicantumkan). Kita semua tau bahwa di Provinsi NTT lah Komodo berada, maka haram jika hewan satu ini nggak dimasukin kedalam bendera.


Spoiler for Provinsi di Pulau Sulawesi:

1. Provinsi Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan
Bintang melambangkan navigasi yang dipakai masyarakat Sulsel dahulu yang kebanyakan pelaut dan ahli pelayaran. Hijau melambangkan ketinggian islam. Putih melambangkan luasnya lautan dan merah melambangkan keberanian.

2. Provinsi Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara
Warna pada bendera dan logo tidak dijelaskan artinya. Ditengah terdapat siluet kepala anoa berwarna putih yang merupakan hewan khas Sultra.

3. Provinsi Sulawesi Barat

Sulawesi Barat
Warna hijau diambil dari warna gunung dan warna biru diambil dari warna laut yang terdapat pada logo asli. Ditengahnya diberikan Perahu Sande yang sedang berlayar ke arah kanan seperti yang ada pada logo.

4. Provinsi Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah
Warna biru dan kuning berpotongan secara diagonal diambil dari warna dasar logo aslinya (tidak dijelaskan arti warnanya). Ikon ditengah berwarna putih diambil dari pucuk pohon kelapa yang terdapat pada logo asli provinsi, merupakan intisari dari simbologi kebudayaan masyarakat Sulawesi Tengah. Artinya sendiri adalah pucuk yang lurus menunjuk bintang melambangkan keteguhan hati dalam usaha mencapai cita- cita hidup.

5. Provinsi Gorontalo

Gorontalo
Warna ungu memberi makna tenang, setia dan kebenaran serta harapan pada masa depan yang cerah. Bintang diambil dari logo asli provinsi. Entah tidak dijelaskan maknanya kenapa berjumlah tiga.

6. Provinsi Sulawesi Utara

Sulawesi Utara
Warna biru melambangkan kemakmuran. Makmur harus disertai kesucian dan ketulusan, dilambangkan dengan warna putih. Untuk itu kita harus menjadi seperti tunas kelapa: kuat, giat, dan tegar hidup dimana saja. Warna cokelat melambangkan cinta tanah air dan hijau melambangkan kesuburan. Tunas kelapa diambil dari logo aslinya.


Spoiler for Provinsi di Daerah Maluku:

1. Provinsi Maluku

Maluku
Tombak melambangkan kesatria. Kesatria itu harus berani (warna merah), pintar dan berbudi (warna hitam), dan berhati suci (warna putih). Demi mencapai kemakmuran (warna hijau) di masa depan. Emoticons

2. Provinsi Maluku Utara

Maluku Utara
Padi melambangkan kemakmuran. Bintang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Perisai melambangkan kekayaan alam gunung laut budaya Maluku. Warna merah dan hijau diambil dari logo asli.


Spoiler for Provinsi di Pulau Irian Jaya:

1. Provinsi Papua Barat

Papua Barat
Warna biru muda diambil dari logo asli provinsi (tidak dijelaskan arti warnanya). Ditengah diberi Burung Kasuari dengan lingkar hijau didalamnya persis seperti logo aslinya.

2. Provinsi Papua

Papua
Warna hijau diambil dari gunung yang berada di logo asli, sedangkan merah juga diambil dari logo aslinya (sepertinya tanah). Ditengah diberikan ikon yang mengartikan perjuangan Trikora.


Tapi semua tetap akan bernaung pada 1 bendera yaitu :

Indonesia

Quote:Penutup

Gimana gan? Keren-keren gak benderanya? Simpel tapi mengena.
Sekali lagi jangan diambil serius desain benderanya lho ya gan. Jangan SARA! Desainernya cuma pingin mencurahkan kreativitasnya karena setelah melihat bendera dari perfektur di Jepang yang simple dan keren. Oke gan sis Emoticon
Diantara 34 Provinsi diatas, mana desain bendera yang paling ente suka? Kalo ane paling suka NTT gan, greget ada komodonya secara doi leluhur ane si kadal ijo Emoticon

Quote:Tambahan

Spoiler for Kaskuser:
Quote:Original Posted By alenov
kalo sultra, di logonya ada 4 warna dasar yang artinya.
hijau (kab. kendari): artinya kesuburan
coklat (kab. kolaka): di kab ini banyak terkandung nikel
kuning (kab. muna): melambangkan kayu jati yang banyak di kab ini
hitam (kab. buton): melambangkan aspal yang dapat ditemukan di kab ini

mungkin warna dasar benderanya bisa direvisi jadi 4 warna gan Emoticon

Quote:Original Posted By spinjacktuna
Mirip negara bagian Malaysia jadinya yah kalo pake bendera.

Bendera Persekutuan Malaysia
US juga pake bendera untuk negara bagiannya.

Negara Bagian U.S.
Ini nih bendera prefektur Jepang yg dimaksud

Bendera Prefektur Jepang

Quote:Original Posted By justtomat
Bendera Jogja bukannya yang ini gan

Bendera Jogja

yang tulisannya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat
atau yang kaya gini

Bendera Jogja

yg intinya logonya ini

Logo Jogja

Quote:Original Posted By ponari_sweat
Nemu di Mbah Gugel, bendera Kota Bandung Emoticons

Bendera Kota Bandung

Sama nemu di Gugel juga, bendera Jawa Barat Emoticons

Bendera Jawa Barat

Quote:Original Posted By ibongg
Bendera Jawa Barat

Bendera Jawa Barat. Emoticons

#abaikan_kakinya

Quote:Original Posted By azmirza
Ni gan gambar logo KESULTANAN BANJAR KALIMANTAN SELAT

Logo Kesultanan Banjar


Terima Kasih
Beginilah Jika Logo Setiap Provinsi di Indonesia Dijadikan Bendera
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/569dac21902cfe4e6c8b456f/jika-logo-provinsi-di-indonesia-dibuat-jadi-bendera-sederhana Category:
Picture Video
Pasang Iklan
close