Bahaya Rokok

hari ini ane jadi saksi RUSAKNYA MORAL BANGSA KITA
Knowledge - Psychology - Lifestyle - Working - Activity - Controversy
machdriver
UserID: 8084807
permisi agan agan, selamat datang di thread ane Emoticon

maaf kalau judulnya berkesan agak SARA,tapi ane gak maksud menyinggung sipapun,ini semua ane coba tuangkan dalam thread ini setelah tadi ane jadi salah satu saksi mata sebuah kejadian di kota tempat ane tinggal,yg buat ane benar benar miris.

jadi begini awal ceritanya :

Quote:tadi siang sekitar jam dua belasan setelah ane menunaikan sholat dzuhur di masjid jami kota malang

Masjid Jami
ane berencana COD hp sama salah satu seller di terminal gadang,berhubung kemarin hp ane baru hilang di bus, nah sebelum itu ane mau makan siang terlebih dahulu di salah satu pujasera di pojok alun alun,tepatnya seberang pos polisi mitra,pas ane kesana ternyata tempatnya penuh,akhirnya ane coba jalan untuk cari makanan lain,dan ane jalan waktu itu arahnya ke mall mitra

Mall Mitra
nah pas ane tepat di depan mall mitra,ternyata ada kejadian yg gak di duga sebelumnya sempet ane liat ada 3 orang diatas crane sedang membersihkan/memperbaiki sign tanda nama mall tersebut,dan tidak ada yg aneh,sampai beberapa detik kemudian salah satu penyangga crane tersebut lepas dan 3 orang yg ada di crane tersebut jatuh bebas ke bawah,1 orang jatuh tepat di depan tangga pintu MCD dan dua orang lainnya agak kesamping dan 2 orang itu tertimpa crane yg jatuh tersebut sehingga kepalanya pun ada yg pecah,dan 2 orang ane saksikan meninggal ditempat. seketika semua orang didekat situ panik termasuk ane dan beberapa satpam mall tersebut. awalnya ane ragu buat mendekat,tapi karena rasa penasaran ane beraniin diri beserta beberapa satpam dan orang disekitar buat mendekat,dan disitu ane liat masih ada salah satu korban yg bergerak atau sedikit kejang,ane sempat teriak ke satpam untuk panggil ambulance,dan salah satu satpam langsung lari ke pos polisi untuk meminta bantuan polisi.

nah sebenarnya bukan soal kecelakaan yg ane mau bahas disini,karena sudah banyak yg bahas soal ini,tetapi soal perlakuan terhadap korban sesudah terjadi kecelakaan ini,ente tau gan dari segitu banyak orang hanya beberapa yg konsentrasi mengatasi keadaan,satpam pun keliatan agak bingung,ok mungkin gak semua orang berani liat darah termasuk ane,tapi minimal harusnya ada yg bisa langsung hub. ambulance,(FYI:ane berusaha telp ambulance ke RSUD tapi gak diangkat) polisi pun waktu datang hal pertama yg dilakukan adalah mengamankan masa,bukan langsung memikirkan korban yg sekarat tersebut. dan lebih mirisnya lagi banyak warga yg datang bukan untuk menolong,tapi berlomba lomba mengeluarkan gadget untuk foto kejadian tersebut. GILA ada orang yg sekarat orang malah banyak yg buru buru foto korban buat diupload biar paling dibilang up 2 date kayaknya. dan setelah beberapa lama akhirnya korban yg sekarat tersebut akhirnya gak bergerak lagi. ane langsung diem dan menjauh,pas disitu jujur demi tuhan,ane sempat nahan nangis,gak tau kenapa,ane sempet keinget bahwa mati tuh deket banget,dan perih banget rasanya kalo kita udah sekarat banyak orang tapi cuma ngeliatin atau foto foto doang.

sampe beberapa saat ane masih ngeliatin jenazah orang orang itu dari depan tangga mitra,beberapa orang pun sempet bertanya ada,apa dan ane terangkan sesuai apa yg ane lihat. setengah jam kemudian ambulance PMI datang,trus disusul sama ambulance LAKA LANTAS Polres,yg ane bingung jarak alun alun ke polres tuh deket dan depan polres pun ada RSUD malang,kenapa ambulan aja harus sampe setengah jam lebih baru dateng?coba kalo langsung ditanggapi,masih ada kemungkinan 1 orang selamat. tapi ya sekali lagi ini takdir.

setelah polisi mulai dateng,ane pergi dari situ,dan ane gak jadi makan (boro boro bisa makan abis liat mayat sama darah )

setelah ane dirumah ane masih keinget kejadian tadi,akhirnya ane putusin untuk shared kejadian yg ane liat sendiri dengan mata kepala ane,karena banyak yg simpang siur,ane baca tadi ada yg posting di twitter katanya korbannya 3 orang 2 orang pekerja,1 orang pengunjung dan itu salah yg bener memang 3 orang,tapi semua pekerja lepas yg bertugas untuk membersihkan/memperbaiki sign tersebut.

tujuan ane buat thread ini,untuk mengajak semuanya ayolah kita jadi manusia lagi,kenapa ane bilang manusia lagi?yg namanya manusia harusnya gak mungkin sampe hati melakukan yg seperti tadi,kalau seandainya tadi banyak orang membantu mungkin ada 1 nyawa terselamatkan. karena ane sendirian pun gak akan bisa apa apa,dan ane yakin dimanapun kejadiannya kalo yg peduli hanya 1/2 orang pasti bakal kesulitan. ayolah mulai menghargai nyawa lebih dari sekedar popularitas sebagai orang yg up2 date menyebarkan berita,ane rasa akan lebih bangga rasanya kalo kita jadi salah satu orang yg bergerak daripada hanya jadi salah satu orang yg tercepat menyebarkan berita.

berikut ane lampirin foto setelah kejadian yg ane comot dari twitter, (ane gak ambil foto sama sekali,karena gak kepikiran,dan gak sampai hati)

Spoiler for pic:
Kecelakaan

mudah mudahan thread ane tidak menyinggung siapapun,dan maksud ane sampai ke agan agan semua, terima kasih.

PS : ini kejadian 100% nyata yg ane alami siang ini,kalo ente gak percaya banyak orang malang juga yg liat,mungkin asalah satunya kaskuser

Quote: Ternyata itu penyakit psikologis gan

Spoiler for Bystander Effect:
Quote:Original Posted By uklunk
Turut berduka Emoticon

Apakah itu yang disebut Bystander Effect?

Bystander Effect adalah fenomena sosial di bidang psikologi dimana semakin besar jumlah orang yang ada di sebuah tempat kejadian, akan semakin kecil kemungkinan orang-orang tersebut membantu seseorang yang sedang berada dalam situasi darurat di tempat kejadian itu

Quote:Original Posted By elanoo
Tepat sekali gan, itu namanya bystander effect. Tiap orang merasa "ah, udah ada yg nolongin nanti" dan biasanya berujung pada nggak ada yg nolong sama sekali karena semua orang berpikiran gitu. Ini fenomena individualisme yang biasanya ada di kota-kota dan negara maju.

Quote:Kaskuser yg pernah ngalamin kejadian hampir sama

Spoiler for Komen Pengalaman:
Quote:Original Posted By wowoteck
Ane pernah pas acara pengajian sampai tengah malam. Lah saat acara mau selesai terjadi kecelakaan motor ngebut jatuh nabrak hansip yang ngamanin acara. Hansipnya gak papa. Tapi pengemudinya terlempar gak pake helm. Langsung dah orang 2 ngerubung. Tapi cuma ngerubung doang. Gak ada yang nolongin. Ane saat itu takut darah gan (ane masih SD). Jadi ane abis lihat darah yang "muncrat" dari kepala , langsung menghindar sambil nyuruh temen temen ane buat minggir aja bila dateng cma buat ngliatin. Walaupun waktu kejadian ane cuma berjarak 1,5 meter dari tu hansip waktu ditabrak.

Quote:Original Posted By kenshin.14
Dlu temen ane pernah jga gan hampir sama kya TS, tpi temen ane kejadianna pas naek kereta, taon 2010 atau 2009 kejadianna ane lupa, temen ane naek kereta ke Semarang trus kejadian kecelakaan kereta nabrak kereta, temen ane selamat krna doi duduk di gerbong depan yg di tabrak gerbong belakang, pas dia turun dri kereta mayat uda bnyk bener katana gan, tpi korban yg idup posisi sekarat pun masih bnyk, tpi yg bikin miris kata dia orng2 bnyk yg dtng bukanna nolongin malah yg kaya agan cerita itu malah poto2, temen ane ampe nangis ceritana soalna kata dia ada yg uda tolong2 masih aja dipotoin bukanna ditolong... Miris emank gan...

Quote:Original Posted By jackvespadot
emang org indonesia itu banyak yg GUOBLOK gan...

ane jg pernah kejadian gitu.sekitar 7th yg lalu,,
ada 3 cw yg ketabrak kereta,,yg 2 meninggal yg satu masih hidup dan masih kejang2...dari segitu banyaknya org ga ada satupun yg mau panggil ambulance,

ane masih pake baju smp waktu itu,ane treak2 sendiri "panggil ambulan,panggil ambulance" tp ga ada yg tergerak,,

yg ada malah kayak satpol pp yg ngurus massa,,mereka jg ga ada yg ngurusin cw yg masih idup,,cuma ditutupin pake daon pisang, BAYANGIN GAN ITU ORG MASIH IDUP!!DITUTUPIN DAON SEAKAN UDAH MATI

sekitar 2 bulan kemudian,,ane denger kalo cwe yg terahir meninggal itu,,ternyata salah satu anak dari satpol pp tersebut.

kejadian di belakang mall depok,,sekitar 7-8 tahun lalu

Quote:Original Posted By powerpunk
Ini smua gegara medsos gan..
Ga ada rasa iba,tp mlh mentingin ngrekam dan memfoto utk di shre di medsos..

Dulu sodara ane juga prnah nunjukin rekaman kecelakaan bus yg nabrak motor sampe (maaf) kpalanya pecah,,terang aja ane ga mau liat..apanya yg mo di liat,yg ada malah trenyuh dan kasian..ada yg kecelakaan bukannya nolongin malah sibuk ngrekam..

Mgkin kalo ane di posisi ts,ane jg ga bisa brbuat apa2 tp seenggaknya jgn brbuat seolah2 kita bkn manusia yg ga pnya rasa iba..

Emoticon

Quote:Original Posted By khi7mg
gw dulu pernah sih gitu

pas jaman kuliah, gw bawa motor suasana lagi grimis, jalanan basah jadi licin bgt. gw waktu itu pulang dari ngojek (kerja sampingan), gw jalan lumayan ngebut 50km/h, tiba2 dateng motor dari arah berlawanan gw dan mau nyalip motor didepannya. mungkin karena kaget org itu hampir nabrak gw dan alhasil dia jatuh kepleset, gw yg kaget juga langsung berenti, nolongin org itu yg jatuh.
tapi pas gw berenti dan deketin, orgnya udah terkapar, helmnya lepas, dia jatuh telungkup, darah udah keluar dari kepalanya, gak gerak sama sekali. tau sendiri kan kalo udah kecelkaan pasti jalanan langsung macet, org2 rame2 berenti buat nonton, ya nonton!!! sdgkn gw yg kaget+takut beraniin buat nolong orgnya, gw yg deketin pertama, ngecek masi idup nggak. beruntungnya dia masih hidup, tapi gak sadar sama sekali, langsung aja gw minta tolong bantuan org2 supaya nolongin dia, tp yg mau bantu cuma bbrp, gw beraniin buat berhentiin mobil yg lewat tp gak ada yg mau berhenti. akhirnya ada mobil toyota rush yg berhenti mau nolongin tuh org, dan akhirnya gw lah yg mesti bawa dia ke rumahsakit, sebabnya gw yg megang kepala orgnya dan gw yg duluan masuk mobil. motor gw tinggal dipinggir jalan, gw sampe lupa kalo gw bawa motor. dan baju putih polos gw jadi berubah merah, ya merah darah.
heran aja sama2 org yg katanya mau nemenin gw dimobil tp malah gw ditinggal, org2 yg cuma jadi penonton gak sigap u/ nolongin.

Quote:Original Posted By gobravo
gw inget banget, gw bareng senior gw tugas di lampung, kemudian ada kecelakaan. biasa bray, motor, korban bapak2. darah segar ngocor dari kaki bray, keknya kena arteri, bukan pembuluh vena, itungan setengah jam kalo ngk ditangani, gw yakin ni bapak2 ini bisa meninggal. tu orang2 disekitar cmn nonton kyk nonton pertunjukan aja bray. persis kek agan cerita.

ngk ada yang gerak, cmn nonton kek anjing liat mangsa. akhirnya gw sama senior gw yang bantu nolong, kita iket lukanya, biar pendarahaannya berkurang. taro mobil. langsung geber ke rs abdoel muluk.

di rs kita masukin ugd, panjerin duit (lu tau kan rs indo kek gmn), hub keluarganya.

selesai.

endingnya : si bpk selamat. keluarga si bapak mengucapkan byk terima kasih. mobil gw byk darah bray. tp overall : gw puas

gw bukan pengen sombong bray. cm gw sependapat ama ts.

Quote:Original Posted By mvizkyna
Nih kjdian jga gan wktu ane mau ke serang, tpat'a msih di daerah kramatwatu..
Wlaupun nih kclakaan antar mtor..
Tpi ttep satu korban kejeng2 dngan mulut dah mngluarkan drah..
Mlah org2 yg dsitu cman nnton gk ad inisiatif buat nyetop kendraan kek, bntu tlpon ambulan kek..
Akhir'a ane ngmong "aje dtonton ngawag, tulungi kih.."
Tpi yah mreka rata2 gk mau nolong alesan'a "ntar siapa yg mau tnggung jwab, ntar siapa yg mau bayar RS"
Alahhhh.. trlalu tkut khilangan rejeki cman gra2 nolongin org..
Akhir'a ane nyetopin mobil dan tuh mobil jga gk mau brhenti tkut urusan ma polis n tkut ntar dsruh bayar RS..
Lngsung ane smprot "aje konon geh kang, wong ane kclekaan jeh wedi karo polisi, lamun ore salah ap2 mah ore bakal dtangkep.."
Alhamdulillah tuh mobil mau ngnter ke RS terdekat..

Quote:Original Posted By Rini_rama
Pernah ane kecelakaan,anak luka di sodomi alay pake motor dari belakang eh banyak yg ngerumuni nonton doang,emosi ane teiakin tu orang orang,"bapak2ibu2 kalo ngga bisa bantu tolong menjauh aja kami bukan tontonan'masih ada yg ngeyel eh anjing lu kira ini topeng monyet pergi ngga...
Parah....



Quote:Hal yang bisa ente lakuin buat pertolongan pertama

Spoiler for Pertolongan Pertama :
Quote:Original Posted By digicsoft
Gak sepenuhnya opini TS bisa diterapkan di semua kecelakaan.

Kalo menurut ilmu yang ane pelajari, pertama dilakuin itu lapor ambulans/pihak kesehatan & polisi. Supaya diberi Pertolongan Pertama .
Ingat ya gan, gak sembarang kecelakaan langsung ente angkat-angkat aja korbannya. Kadang ada yang harus diberi pertolongan pertama di tempat tersebut.
Misalnya dia punya darah tinggi, kemudian terjatuh, entah karena kecelakaan atau apa. Nah kalo korbannya tsb ente asal angkat pas dia jatuh, malah berbahaya & bisa almarhum.

Perlu ditekankan lagi, yg ente lakukan ketika ada kecelakaan ya menghubungi pihak kesehatan dan kepolisian terlebih dahulu.
Kita (yang tidak punya keahlian tentang pertolongan pertama) lebih baik mengkondisikan tempat selagi menungguk pihak kesehatan/kepolisian datang.

Tapi kalo udah tidak memungkinkan dan pihak yang kita hubungi gak datang-datang ya terpaksa kita bawa ke RS terdekat. Tapi sekali lagi, jika ini dalam keadaan terpaksa

Quote:Nomor penting apabila terjadi hal seperti yang ane alami

Spoiler for Nomor Penting:
Quote:Original Posted By estidi
Kalo menurut ane langkah polisi udah bener untuk mengamankan massa dan mensterilkan TKP, karena bukan tempat mereka untuk ngurus atau merawat korban, yg tepat adalah mengamankan sikon...
Reaksi TS udah tepat sebenernya, dgn langsung menghubungi ambulans, cuma ente juga gak bisa mengharapkan orang2 sekitar untuk nolong, emang mereka bisa nolong apa coba?

Di satu sisi, reaksi orang yg langsung mengeluarkan ponsel atau kamera untuk dokumentasi itu juga gak jelek, karena bisa jadi semacam dokumentasi TKP sebelum polisi tiba di tempat, bisa juga sebagai salah satu bentuk citizen journalism...
Di sisi lain, kalo malah melupakan keamanan dan emergency (abis foto2 langsung kabur bukannya menghubungi polisi dan ambulans) juga gak etis...

Nomor telepon polisi: 110
Nomor telepon ambulans: 118 dan 119.
Nomor telepon badan Search and Rescue Nasional: 115.
Nomor telepon posko bencana alam: 129.
Nomor telepon Perusahaan Listrik Negara (PLN): 123.
Nomor telepon pemadam kebakaran: 113 atau 1131.
Nomor telepon nomor darurat telepon selular dan satelit: 112
Nomor telepon konseling masalah kejiwaan Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Kemenkes RI: Hotline 500-454

Kalo lupa atau bingung, mending langsung telepon 147 aja (operator telkom), minta sambungin ke polisi atau rumah sakit...

TAMBAHAN

tadinya ane gak mau share hal yg ane diskusikan tadi pas jam makan siang sama teman ane yg bekerja sebagai wartawan di slah satu koran di malang, tapi karena banyak yg menurut ane jalan pikirannya masih sempit dengan bilang bahwa dengan diam lebih baik,dan foto dokumentasi disaat awal kejadian adalah salah satu hal positif,akhirnya ane putuskan untuk share.

tadi siang kebetulan ane ketemu temen ane yg wartawan,di depan TKP mall mitra tsb. ane lewat karena memang keseharian ane sering lewat situ terutama pas makan siang,sedangkan teman ane mungkin sedang mengumpulkan bahan untuk berita (abis dari polres juga katanya).
akhirnya ane ajak makan siang bareng,sambil ngobrol,dan ane cerita sama dia kalo ane adalah salah satu orang yg ngeliat pas awal kejadian. akhirnya disitu kita ngobrol banyak, dan ane pun cerita kalo ane shared kejadian itu dikaskus.
nah setelah ane ungkapin pemikiran ane,akhirnya temen ane cerita sesuatu yg bikin ane lebih miris lagi,jadi ternyata kemarin itu redaksinya tau bahwa ada kecelakaan di mitra tsb. memang awalnya dari citizen report,tapi mirisnya laporan tsb dibarengi tawaran dari beberapa warga sipil yg berniat MENJUAL Foto hasil jepretan amatir mereka ke redaksinya. temen ane bilang telpon pertama sekitar jam 12 20 berarti kurang lebih 15-20 menitan setelah kejadian. nah redaksinya menolak membeli foto tersebut dengan pertimbangan karena ini bukan moment viral,dan fotonya pasti vulgar,jadi tidak akan bisa atau tidak etis untuk dimuat.

dan temen ane bilang ini bukan pertama kali,tapi udah sering bisnis berkedok journalist citizens ini diterima ditempat kerjanya. sekarang masih ada yg bilang ETIS dokumentasi tak mendasar yg rata rata terjadi di setiap moment kecelakaan?sadar gak sih banyak orang jadi GOBLOK gara gara pake HP PINTAR.

banyak yg bilang bahwa alasan orang diam gak mau nolong karena takut menyalahi aturan,takut salah,yg initinya merasa bukan tugasnya,trus foto foto itu ngapain?apa tugas warga sipil mendokumentasikan?memberitakan?itu tugas wartawan. tapi ya begitulah semua hanya mencari pembenaran. ane akan menjadi orang pertama di thread ini yg mengakui BAHWA ANE SALAH TIDAK BERTINDAK LEBIH DARI SEKEDAR MENELPON AMBULAN. dan tidak ada alasan apapun untuk membenarkan hal tersebut.

Quote:UPDATE

UPDATE POST TERBARU

UPDATE TINDAKAN BANTUAN 08/01/2016

THREAD LANJUTAN OFFICIAL REGIONAL MALANG

Fenomena Bystander Effect Saat Kecelakaan Cerminan Rusaknya Moral Bangsa
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/568b9c921cbfaa22198b456b/hari-ini-ane-jadi-saksi-rusaknya-moral-bangsa-kita Category:
My Story
Pasang Iklan
close