Bahaya Rokok

Penipuan Brosur Hadiah

Penipuan brosur hadiah gratis di mall-mall

Tags: Entertainment - Advertising - Lifestyle - Business - Activity - Controversy - Inspiring - Crime
sportivity
UserID: 1697072
Pernahkah agan sista ketika lagi jalan ke mall, tiba-tiba dikasih selebaran ini sama mas-mas & mbak-mbak yg dikira bagi-bagi brosur.

Ketika brosurnya diambil & mulai dibaca, brosur tidak dilepas sama pemberi brosur, malah ditarik perlahan-lahan, dia mulai mengajak bicara.
Katanya diselebaran itu ada nomor, coba diliat nomornya, apa dapat hadiah nggak.
Hasilnya sudah bisa dipastikan, PASTI nomornya dapat hadiah.

Ga ada hujan, ga ada angin, ga ada promo, ga ada nama toko, ga ada sposor, ga kenal.
Tau-tau ada yang ngasih agan hadiah dengan gratis, masuk diakal enggak tuh gan?


Katanya dibrosur sih "promo toko kami", tapi ga mencantumkan nama toko mereka.
Yang namanya promo itu harus ada brand, ga ada satu brand pun yg mau ngasih promo gratis tanpa memuat logo/nama brand nya.
Iklan layanan masyarakat yg ga memberi keuntungan finansial pun mencantumkan siapa yg membuat iklan.
Apalagi toko yg notabene mencari keuntungan finansial.

Maka dari itu, ini sudah bisa dipastikan ini merupakan PENIPUAN HALUS.
Hati-hati agan/sista jika bertemu dengan orang-orang seperti ini, lebih baik tolak saja dari awal, kalo sudah masuk ke pembicaraan lebih dalam bakalan susah lepasnya.

Berikut pengalaman ane bertemu dengan orang yg mencari uang dengan cara seperti ini:

Quote:A: Ane
B: Brosur-man
P: Penipu/Pembicara/Penggaet (terserah agan menyebutnya apa)
M: Manager Maho


Ane dikasih brosur, pas ane ambil, brosurnya ga dilepas, malah ditarik, otomatis ane ikutin kemana ane ditarik, lalu mulai diajak ngobrol, katanya ini ada hadiahnya,

Spoiler for Brosurnya:
Penipuan Brosur Hadiah
Apakah ane dapat hadiah?

B: Coba dibuka dulu, lebih baik kita kesana, ada tempat duduknya

Ane ngikut aja, di tempat yg dituju sudah ada temannya yg lain yg bertugas menjelaskan tepu tepunya, pas digosok, disuruh mencocokan nomor yg ane dapat dengan yg masuk list, ternyata ada (biasanya nomornya yg dibagian bawah kanan, seperti di gambar).
Gaya mereka biasanya sok-sok'an ga memperhatikan kita pas kita mencocokan nomornya. Emoticons

Spoiler for Setelah segel nomornya dibuka:
Penipuan Brosur Hadiah
Voila... Ane dapaaaat

A: Ada nih, yg ini
P: Yang benar? Coba saya liat, iya benar (ekspresi kaget kaget dibuat-buat Emoticons )
A: Trus gimana?
P: Mas berkesempatan mendapat salah satu dari hadiah ini, coba gosok ada berapa hadiah yg bisa mas dapatkan (ngasil amplop lagi, brosur denk)
A: Ada lagi?
P: Iya, coba digosok


Habis dari sana agan ga langsung dikasih hadiahnya, kan katanya "berkesempatan mendapat salah satunya", ntar dikasih satu brosur lagi & disuruh cek lagi, isinya semacam bintang-bintang gitu gan, dari bintang 3 sampe bintang 5, tiap bintang menandakan agan mendapat 1 hadiah gratis.
Seperti biasa, pas ane gosok, mereka pura-pura ga liat Emoticons
Pas ane gosok, ane dapat bintang 5 gan

A: Nih, udah
P: Dapat berapa bintang mas?
A: 5, trus?
P: Yang benar?
A: Iya, nih liat sendiri
P: Ga mungkin, paling tinggi hanya bintang 4


Pura-pura kaget dengan akting buruk Emoticons

P : Sebentar, saya konfirmasi ke managernya dulu

lalu dia nelpon sambil pura-pura syok
"Hallo pak, kita ada nggak hadiah bintangnya 5?"
"Apaaa? Special??"
"Cuma satu-satunya?"
"Iya, orangnya ada disini"
"Sebentar ya pak"


P: Mas, manager saya mau bicara langsung dengan costumer yang beruntung
A: Dimana?
P: Disini mas (ngasih hape esi* hidayah) Emoticons


A: Hallo?
M: Ya, apa benar anda mendapat 5 bintang pada kertas undian?
A: Enggak ada kertas undian Emoticons
M: Maksud saya pada kupon yg diberikan anak buah saya
A: Saya rasa itu semacam brosur biasa Emoticons
M: Bapak dapat berapa bintang disana?
A: Lima
M: Selamat, ini merupakan hadiah special yang kami sediakan cuma... bla bla bla


Ane males denger omong kosong dia, ane sudahin aja dengan berpura-pura sinyal jelek

A: Hallo... Hallo....
M: Ya, bisa dengar suara saya? (bisa banget Emoticons )
A: Hallo... Hallo... Ga kedengaran... Hallo... Tuuut tuuut tuuut (ane matiin Emoticons )


Trus ane balikin tu HP Esi* Hidayah ke si empunya

P: Bagaimana mas?
A: Ga kedengaran, sinyalnya putus-putus
P: Jadi begini, 5 bintang itu artinya mas berkesempatan memilih 5 hadiah yang disediakan
A: Gratis?
P: Semuanya gratis
A: Benaran ga bayar 1 sen pun
P: Tidak ada bayaran 1 sen pun


Akhirnya ane pilih
  1. Dispenser (udah punya, yg lebih bagus malah)
  2. Rice cooker (udah punya, tapi sering ga kepake)
  3. Jam dinding (ga punya, ini yg beneran butuh Emoticons)
  4. Blender (ga punya & bingung juga kapan mau bikin jus Emoticons )
  5. Catokan (rambut ane pendek & lurus, ga guna juga catokan, tapi karena 5 ane pilih ini aja Emoticons )
Masing-masing hadiah mereka bilang harganya mahal-mahal gan Emoticons
Kata mereka hadiah yg ane pilih ini seharga 3juta rupiah Emoticons ane iya-iyain aja
Kalo ane hitung-hitung sih, kalo itu merek yg jelas, sekitar 800rb. Ini mereknya ga jelas, palingan sekitar 250rb Emoticons

P: Gimana? apa hadiahnya mau diambil?
A: Ini benaran gratis semua nih?
P: Iya, semuanya gratis
A: Kalo gratis bungkus aja semuanya
P: Bisa liat KTP nya?


Ane kasih liat KTP ane
Tapi mereka masih belum membungkus barang-barang yg "katanya" ane dapatkan dengan gratis

A: Ga dibungkus?
P: Mau dibungkus? (sebenarnya ini semacam trik psikologi supaya rasa menginginkan barang itu semakin tinggi, tapi ga ngaruh sama ane, karena dari awal ane sadar ga bakalan bawa pulang dengan gratis Emoticons )
A: Kalo ga dibungkus gimana saya bawa pulangnya? Emoticons


Lalu dia nyuruh temannya buat bungkusin sambil nanya lagi yg tadi ane pilih yg mana aja.
Lalu dia mengajak ane ketemu managernya

P: Bisa ikut saya sebentar, kita selesaikan administrasinya dengan manager (tuh kan Emoticons )
A: Administrasi? bukannya tadi udah
P: Itu baru dicatat, sebelum dibawa, harus selesaikan biaya administrasi dulu (nah lho)
A: Biaya? Katanya tadi gratis, kok pake bayar lagi
P: Iya hadiahnya gratis, ini cuma biaya administrasi saja
A: Berapa emangnya?
P: Cuma Rp. 1.498.000 (buset, barang sampah gitu 1,5jt Emoticons )
A: Berarti ga gratis donk, harus bayar 1,5jt
P: Nggak 1,5jt kok, tapi Rp. 1.498.000
A: Sama aja mbak, nambah 2000 lagi jadi 1,5jt. Lagian ribet nyebutin angka 1.498.000. 1,5jt aja bilangnya
P: Iya sih, ayo mas ikut saya sebentar


Ini semacam trik psikologis juga gan, biasanya otak manusia bingung dengan angka yg panjang, jadi otak bekerja lebih keras & jadi sedikit lengah, kelengahan inilah yg mereka manfaatkan untuk memojokan korban sampai korban memilih mengeluarkan uangnya.
Supaya ane tetap tidak lengah, ane ngotot menyederhanakan angka tadi Emoticons

A: Kemana mbak?
P: Menyelesaikan administrasinya
A: Nggak ah
P: Kata mas, mas setuju dengan hadiahnya
A: Kata mbak juga setuju hadiahnya gratis
P: Hadiahnya gratis
A: Trus yg 1,5jt itu?
P: Itu biaya administrasinya
A: Sama aja ga gratis
P: Barangnya gratis, mas ga perlu membayar 1 sen pun. Mas hanya perlu membayar administrasi Rp. 1.498.000 (ngotot Emoticons )
A: Itu sama saja saya harus beli dengan berdalih uang administrasi Emoticons
P: Walaupun bayar administrasi, mas masih untung lho, total hadiahnya seharga 3jt, mas cukup membayar 1.498.000 saja


Ngotot amat mau ribet2in lidah bilang 1.498.000, beda 2000 doank juga Emoticons
Ane sebenarnya mau bilang "3jt apaan, ini semua merek ga jelas, palingan 250rb" Emoticons
Tapi ane ga mau bikin ribut, jadi ane ganti saja dengan kalimat yg lebih halus

A: Sebenarnya sih saya enggak untung
P: Kok ga untung?
A: Barang-barang ini beberapa saya sudah punya, yg tidak saya punya bukan barang yg saya butuhkan, jadi semurah apapun barang yg ditawarkan, kalo bukan yg saya butuhkan sama aja saya rugi Emoticons
P: Kan bisa dikasih ke teman misalnya
A: Mending dia sendiri yg bayar Emoticons
P: Jadiin hadiah gitu (ngotot banget nih orang)
A: Ga lucu banget saya ngasih hadiah dispenser Emoticons
P: Buat saudara juga bisa (pantang menyerah nih)
A: Mbak, ini barang-barang standar sehari-hari, udah pada punya semua, lagian yg jual banyak, mereknya bisa milih lagi (nyindir Emoticons )
P: Jadi mas ga mau?
A: Kalo bayar nggak
P: Cuma 1.498.000 kok mas
A: Mbak, bisa nggak nyebutinnya 1,5jt aja, cuma beda 2000 rupiah, bukan 2000 dolar
P: Ya udah, tapi jadi nggak?
A: Nggak Emoticons Lagian saya ga bawa cash juga 1,5jt sekarang
P: Di ATM ada?
A: Ada
P: Kalo gitu ambil dulu aja
A: Ambilnya gampang, masalahnya saja ga perlu bara-barang ini
P: Sayang sekali lho mas, cuma mas yang dapat bintang 5, langka lho, saya saja mau
A: Kalo gitu gini aja gimana? Mbak aja yg bayar, hadiahnya buat mbak
P: Ga bisa mas, kita para karyawan ga boleh ngambil hadiah
A: Gini aja, hadiahnya atas nama saya, ntar mbak kasih 1,5jt ke saya, saya bayarin ke managernya, kan sama mbak juga, atau mbak yg pegang uangnya deh, bilang aja sama managernya uang saya yg sudah mbak pegang dari sini. Ntar barangnya bilang aja dititip disini dulu, atau saya bantu bawain pulang, jadi ntar pas mbak mau pulang saya bantuin ngangkatnya, ntar diluar saya kasih.
P: Ga bisa mas, ga boleh.
A: Ga bakalan ketahuan mbak, saya jamin. Kirim pake JN* aja ke rumah mbak, didepan ada agennya tuh, biar saya yg bayarin ongkosnya Emoticons
P: Ga bisa mas
A: Kalo gitu ya udah, padahal ini win win solution lho, saya dapat tapi ga mau, mbak mau tadi ga dapat. Semuanya seharga 3jt lho, mbak cukup membayar 1,5jt saja. Sayang sekali mbak


Ane balikin kata-katanya Emoticons

P: Jadi ga mau nih?
A: Mbak ga mau?
P: Mas nya yg dapat hadiah
A: Mbak nya yg mau
P: Saya bikin cancel ya
A: Ya udah, cancel aja kalo gitu
P: Sayang banget lho mas
A: Iya, mbak menyia-nyiakan kesempatan
P: Liat nih mas, ini ada banyak yg ngambil lho, ini dapat bintang 3, bayar administrasinya 600rb, diambil sama dia (nunjukin buku list korbannya)


Ane kasihan sama orang-orang dalam list itu, mereka tertipu mentah-mentah Emoticons

A: Itu kan mereka, saya bukan mereka Emoticons
P: Ga ada yg dapat bintang 5 lho


Baguslah, setidaknya ga ada yg tertipu dalam nominal besar Emoticons
Akhirnya ane cabut gan, tidak membawa apapun, dan juga tidak kehilangan 1 sen pun.

Ane ceritain ke nyokap ane, katanya barang-barang merek ga jelas itu gampang rusak, temennya pernah kena, dapat setrika, tapi ga panas, anget doank Emoticons

Quote:Info:
  • Kejadian ini terjadi di DET*S gan, mereka sering beroperasi sekitar jam 2 siang sampe jam 8 malam.
  • Lokasinya di lantai dasar, selantai dengan Hyp*rmart.
  • Korban mereka biasanya orang-orang pulang kerja/kuliah dengan muka lelah, jadi kalo agan/sista terlihat capek, bawa tas (bawaan berat), pake baju standar kerja/kuliah, pasti disamperin. Kalo pake pakaian casual, muka fresh abis mandi, wangi, dijamin ga bakalan dilirik Emoticons
  • Mereka biasa beroperasi kalo ada event pameran (diluar event juga ada, tapi kalo ada event pasti ada), kan kalo pameran sering bagi-bagi brosur, mereka ikut serta bagi-bagi brosur, tapi endingnya..... Emoticons
  • Brosur yg mereka bagikan tidak selalu seperti contoh diatas, kadang dalihnya ada pameran beberapa waktu kemudian (biasanya bilangnya 6 bulan kemudian), mereka bagi-bagi kupon diskon 1jt (harus belanja dulu minimal 1jt), tapi harus bayar 200rb buat administrasi. Kuponnya juga dari kertas kulitas HVS, ane dapat voucher 50rb aja kualitas kertasnya bagus banget Emoticons
  • Biasanya korban yg cowok penipunya cewek & korban yg cewek penipunya cowok

Kalo agan/sista dikasih brosur, tapi pas diambil brosurnya ditarik lagi perlahan-lahan, mending cuekin aja, dimanapun itu
Quote:UPDATE 1:

Ane dapat 4 biji brosurnya gan Emoticons

Spoiler for Brosur tepu tepu:
Penipuan Brosur Hadiah

Bagaimana cara ane mendapatkannya?

Ane ke DET*S sama adek ane, trus sengaja banget lewat tempat si Penipu bagi-bagi brosur.

Quote:Awalnya strateginya gini:
Adek ane karena bawa tas, lewat sendirian didepan, ane buntutin dibelakang, ntar pas adek ane ditarik, ane tiba-tiba datang "ada apa ini?" Emoticons
Ternyata yg terjadi adalah pas adek ane lewat, ga dikasih tuh brosurnya, justru pas ane lewat brosurnya dikasih Emoticons
Yg ngasih cowok, berhubung ane juga cowok (keren), dia ngasih kode ketemannya yg cewek sekitar 3 meter didepan ane buat bodoh-bodohin ane.
Dari tampangnya, dia kayak ga pede gitu, mau ane cuekin lu Emoticons

P: Coba dibuka dulu nomornya mas
A: Nomor apaan? Emoticons
P: Yang itu mas (nunjuk ke kertas tepu tepu ditangan ane)
A: Maaf ya, ntar aja (ane tepis tangan dia, trus ane lanjutin jalan ke Hyp*rmart)


YES, DAPAT 1 Emoticons

Selanjutnya, setelah muter-muter belanja di Hyp*rmart, bayar dikasir, ane lewat lagi didepan si penipu.
Ane benar-benar ga nyangka, padahal baru aja kecolongan ngasih brosur, mereka ngasih lagi Emoticons
Ngasihnya dua-duanya lagi, ke ane sama ke adek ane Emoticons

Quote:Trus kita lanjut aja jalan dengan santainya, eh dibuntutin sama 2 orang penipunya (brosur udah ditangan ane & terlepas dari tangan dia Emoticons )
Penipu yg buntutin adek nyuruh buka nomornya, trus mau dibuka sama adek ane, ane bilang sama dia "tunggu dulu, ntar aja kita buka"
Trus penipu yg buntutin ane juga nyuruh buka juga

P: Dibuka dulu undiannya mas
A: ..... (pura-pura ga denger Emoticons: )
P: Dibuka dulu aja mas (suaranya gemetaran Emoticons )
A: Apanya yg dibuka? Emoticons (celana ane yg dibuka? Emoticons )
P: Undiannya mas (nunjukin brosur yg ane pegang)
A: Ntar aja
P: ...... (berusaha mengambil kembali brosur itu dari tangan ane, ga sopan emang Emoticons )
A: Kenapa diambil lagi? Ini kan cuma brosur, biasa dibagi-bagiin, masa diambil lagi Emoticons (ane tarik tangan ane, ga mau brosurnya diambil Emoticons )
P: Coba buka dulu mas
A: Ntar aja
P: Sekarang aja mas, ada hadiahnya
A: Ntar aja!! kalo memang ada hadiahnya ntar saya balik lagi kesini (mulai darah tinggi Emoticons )


Ane jalan terus & si penipu gemeteran itu membiarkan ane pergi Emoticons
Ga tau kenapa dia gemeteran, mungkin dia orang baru & hatinya menolak untuk kerja menipu gitu
Masih dekat dari sana, ane bilang ke adek ane dengan suara yg cukup keras "ayo taruhan, nomor berapa yg keluar? Kayaknya masih 557885 lagi nih" Emoticons

Agan tau ga?
Dari 4 biji brosur yg ane dapatkan itu, semua nomornya 557885 a.k.a nomor bagian pojok kanan bawah.
Ini trik psikologi gan, secara alami, ketika mencari didalam list, kita memulainya dari pojok kiri atas & berakhir di pojok kanan bawah.
Makin lama kita mencari, begitu dapat rasa gembiranya makin tinggi, makanya sengaja ditaro di sisi paling terakhir kita temukan.


Akhirnya terbawalah semua brosur tepu-tepu itu pulang, besok ane mau hunting lagi ah Emoticons

Quote:UPDATE 2:

Quote:Minggu sore ane kesana lagi gan, sengaja banget ane lewat sana, ane masuk lewat travelator depan salonnya Rudi Hadisuwarn*.
Pas lewat disana ada 3 orang yg menghadang, ane dikasih lagi brosurnya Emoticons
Ane ambil 1 & ane bawa jalan dengan santainya, ternyata ane dibuntutin sama salah seorang dari mereka, kayaknya itu anak baru, ane ga pernah liat dia sebelumnya diantara komplotan mereka, dia itu pake logat jawa kental gan.

P: Mas, dibuka dulu
A: Apa?? (ane liat, yah, cowok... ane cukup kecewa Emoticons )
P: Dibuka dulu kuponnya
A: Yang ini? (pengen ane kerjain nih bocah)
P: Iya mas, itu ada hadiahnya
A: Mas, kita ga pernah ketemu sebelumnya kan? (gaya Romi Rafael gan Emoticons )
P: Ha?? Iya (bingung Emoticons )
A: Mas tau ga nomor berapa dibalik segel ini?
P: Ga tau saya (masih bingung Emoticons )
A: Saya bisa menebaknya, kalo saya beruntung yg muncul pasti salah satu nomor disini kan?
P: Iya Emoticons
A: Menurut saya, nomor yg muncul adalah nomor ini (nunjuk bagian pojok kiri bawah)
P: ...... (liat bagian yg ane tunjuk Emoticons )
A: Nomornya 557885, percaya nggak? Emoticons
P: Nggak tau mas (penasaran Emoticons )
A: Saya buka ya (ane buka tuh segel & muncul ternyata memang muncul nomor 557885 Emoticons )
P: Waaah... Pintar ya... (Kagum Emoticons Emoticons Emoticons )
A: Ya udah, saya pergi dulu Emoticons


Sumpah, ane susah nahan ketawa gan, sayang sekali ga ada yg ngerekam gan Emoticons, si anak baru itu masih aja takjub ngeliatin ane, tapi ga ngejar ane lagi.
Trus dia balik ke tempat temannya, sayup-sayup ane denger dia ngomong ke temannya:
"hebat lho, dia bisa nebak nomornya" Emoticons Emoticons Emoticons Emoticons Emoticons
Trus ane lanjut jalan, ada yg nepuk pundak ane, pas ane liat ternyata penipu yg lain.

P: Mas, mas, buka dulu nomornya
A: Kan udah tadi
P: Kalo gitu kesini dulu mas (yakin bener ane menang, mau ditipu kali ya) Emoticons
A: Mas, saya sebelumnya udah dapat 4 buah brosur ini, semuanya dapat, malah nomornya sama semua, yg ini juga, kok bisa sih? Emoticons
P: ...... (dia diam aja, malah mulai jalan mundur, bingung mau jawab apa kali)
A: Lu penipu ya!!? Emoticons Emoticons Emoticons (ane langsung to do point aja gan, sekalian jadi aksi penutup ane Emoticons)


Dia langsung balik badan & pergi tanpa ngambil brosur yg ane pegang gan, kayaknya kesel dibilang PENIPU Emoticons
Sepertinya dia juga mulai ingat siapa ane gan, yg selama ini ngerjain mereka Emoticons Emoticons Emoticons
Ane liatin terus, dia ga nengok sama sekali ke ane.
Akhirnya ane balik badan juga & pergi ke Hyperm*rt.

Kayaknya bocah yg lugu itu ga tau kalo dia kerja sebagai penipu, kayaknya dia bagian ngasih brosur sama nyuruh si korban buka nomornya, trus dioper ke penipu bagian ngeles.

Sekarang koleksi brosur ane ada 5 Emoticons

Sangat dipersilahkan buat agan yg mau ngerjain, minimal hunting brosur mereka Emoticon
Minimal dari tiap 1 brosur tepu tepu yg agan dapatkan, agan udah membantu 1 orang untuk tidak ditipu

Quote: Pengalaman kaskuser

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By surya.perittoz
numpang cerita,dulu sekitar 2010an bapak sama ibu ane kena kayak ginian nih di salah satu mall di malang,dulu kalau gak salah kena 5jt gan Emoticons
kronologi persis kayak ts,berhubung bapak ibu ane tuh gak tau dan bilangnya si penipu itu nominal hadiahnya 15jt dan harus bayar uang admin dan pajak,ane dulu ngira juga beneran dapet hadiah sih soalnya barangnya banyak banget gan dan dianterin ke rumah juga. Semenjak kejadian itu bapak ibu ane ogah ke mall kalau nggak sama ane Emoticon

Lumayan tuh 5jt gan, nambah dikit lagi bisa dapat PS4

Quote:Original Posted By komentator.
d banjarmasin juga ada bro brosurnya persis sama Emoticon

mulai ane sd sampe sekarang udah kuliah masih ada aja liat org promosi ky gitu tiap pergi ke mall sana, bingung polisi gak ada tuh yg menertibkan pdhl sdh bnyk yg tau modus gituan Emoticons

Ada 2 kemungkinan gan, dapat jatah sama polisi ga mau kerja kalo ga ada yg laporin

Quote:Original Posted By Sumihar
bahahaha, nyokap ane pernah kena dulu waktu ane kecil. mayan lah kena nyokap ane 500k-an kalo ga salah, tapi dapet barangnya semacem dispenser Pure-it gitu, nge...

Mengingat agan udah gede banget sekarang, lumayan 500rb nya Emoticons

Quote:Original Posted By ritz9721
ane pernah kena juga gan, posisi di S*rabaya Pl*za atau sering disebut del*a

Posisinya ane mau beli hape tapi digiring gitu, dan dibilang bla bla bla. mereka ngasih hadiah tapi hampir semuanya di coret. akhirnya ane bilang nggak punya duit dan mereka langsung kecewa semua. malah mereka nawarin kredit juga hahaha

Ngotot emang gan, padahal yg dingototin dosa semua Emoticons

Saksi mata nih gan
Quote:Original Posted By vian.osd
masih ada yg beginian ? :capedeh
ane dulu pernah jaga stand pameran persis disamping stand yg model nya kaya mereka semua tp bukan di mall yg ts sebutin, ane tau semua dah daleman nya kaya pegimane Emoticons
itu manager yg ngoceh di telpon sama ts bukan manager nya asli, itu temennya dia juga sesama karyawan biasanya ngumpet di balik tiang2 mall atau ga pernah ngumpet nya di stand pameran ane dulu Emoticon

Tuh kan Emoticons

Quote:Original Posted By insan007

Persis ibu ane pernah jg kena 5 jt untuk peralatan2 masak yg katanya nominalnya belasan juta dan brg impor,,,mrk niat banget sampe bikin set buat foto pemenang dll...
nyesel banget gak ikut nemenin ke mall,,,tw-nya dari adik ane itu jg kjadiannya udh bberapa bln..
brengsek emang!jualan2 mah jualan aje gak usah nipu gt!gak berkah duitnya Emoticon

Mirip kejadiannya agan surya.perittoz, jangan2 ibu agan insan007 sama ibu agan surya.perittoz kena di tempat yg sama.
Atau kalian bersaudara Emoticons

Quote:Original Posted By Mr.DeeX
Ada bawan di balik udang ternyata, dulu di margo jg ada tuh, sblm masuk ke giant

Di Marg* jual pemutih wajah ya gan, awalnya diolesin ke tangan tebal-tebal, trus dilap dikiiiiiit banget, trus disuruh bandingin tangan yg abis diolesin sama yg ga diolesin beda tingkat kecerahannya.
Yaiyalah lebih putih, belum dilap bersih a.k.a itu putih cream nya Emoticons

Quote:Original Posted By AnakPantek
Nais sher.
Modus ginian udah lama banget, dan ky nya sekelompok sama sales yang nanyain "setrika bapak/ibu merek apa"

Apa urusan mereka nanya setrika kita Emoticons

Quote:Original Posted By elpacino16
Neeh ane jua pernah kena yee

ane jabarin semuanya dah
bwt agan2 sista2 di kota yg ada persimpangan 9-4 nya, pan ada azalp lt 2
d ntu tu ada y. nawarin kek gtoe

bwt yg prnah nawarin ane, mas./mbak kalo nyari rejeki yh halal pasti masi bnyak kok

bwt bos ato managernya, Emoticon

Kota mana tuh gan? Emoticons

Quote:Original Posted By mreza95
ohh yg di det*s ye gan? ane jg pernah hampir kena tepu ama itu brosur tp untungnya temen ane langsung narik ane, katanya penipuan, dan dari penampilan tokonya juga penipuan sih secara maksa gitu

Logikanya: mampu ngasih hadiah, tapi ga mampu bikin dekorasi yg meyakinkan Emoticons

Quote:Original Posted By hortikulturis
temen ane ada yg kena pas di mall dapet kompor gas tapi bayar 3 juta sampe dirumah cek harga baru sadar kalo diboongin Emoticon

kompor gas 500rb-1jt juga udah canggih

Ane sebelum ini pernah juga ditawarin kipas angin merek ga jelas seharga 6jt, mending ane beli AC, masih lebih hemat 3jt Emoticons

Quote:Original Posted By ponihitam
Yg beginian ane ditawari di mall 1x, di rumah 2x, via telp 1x, di tempat kerja 1x. Mungkin krn muka ane lugu y. Biasanya ane iyain dan biarkn pelakunya bicara panjang x lebar. Endingnya ane bilang: saya nggak ambil mbak/ mas.
Pernah ditawari eye massager 1,5 juta. Dlm hati ane, di rumah sdh punya harga sama kualitas bagus, gak yg ecek2 kayak gitu.

Suhuuuu... Pengalamanmu sungguh luar biasa Emoticons

Quote:Original Posted By koessam
Ane pernah ngalamin gan..
Di mall di cileung*i,,,waktu masih culun culunnya...
Duit 400 melayang buat nebus dipidi ecek2....

DVD 200rb aja udah lumayan bagus ya gan Emoticons

Quote:Original Posted By Raffput
Ada lagi model yg lain gan, lupa2 inget karena masih kecil waktu itu

Kejadian tahun 90 an, mungkin 1993/1994, dulu ane masih kecil banget, tapi masih inget kalau waktu itu Ortu dapat surat, yang isi nya menyatakan ucapan selamat karena dapat hadiah (sepertinya penyebaran surat nya acak, karena tempat tinggal kami di pinggir jalan besar suatu kota kecil), dengan hadiah di wajibkan harus di ambil di salah satu Mall terbesar di kota kami (dengan batas waktu tertentu)
Keesokan harinya kami menuju Mall tersebut dan mencari lokasi pengambilan hadiah.
Dan...
Sesampainya di lokasi, ada pada suatu tenant kecil yang di luarnya banyak booth sewaan di Mall tersebut, dengan kondisi intinya sama, untuk pengambilan hadiah wajib membayar sejumlah uang sekian ratus ribu (di jaman itu nominal ratusan ribu yang di sebutkan sangat besar gan)
Dan karena ortu tidak menyangka jika akan di suruh membayar (karena tidak membawa uang sebanyak itu pula), hadiah tersebut tidak kami ambil (walau sembari masih di bujuk sama petugas nya, hadiah masih bisa di ambil sampai dengan 1 minggu kemudian).

Dapat hadiah, kok bayar ?
Ogahlah

Udah lama banget ya gan, masih aja pake cara-cara kuno begini, ga ada inovasi

Quote:Original Posted By amatir30
ha ha ha

ane pernah ketemu di mangga dua, tp modusnya toko orang itu lagi ulang tahun, dan bagi2 boneka gratis. ane sih ngikut siapa tau boneka gratis walaupun ukuran 10cm tp gpp lah. pas nyampe di tkp ane di minta buat nyobain alat kesehatan, situ udah mulai curiga dan teringat di kaskus udah banyak yg share ginian. ya sudah kita ikuti dan nikmati permainannya. si penjaga mulai nyapa berusaha lebih akrab, nanya asal dari mana, lagi kegiatan apa, malah minta di traktir beliin jus Emoticons . ane cuma bisa senyum2 sambil nikmatin tuh alat kesehatan yg nyetrum di kaki. ane kira sekalian di pijat gratis, ternyata gak dapat.Emoticons . trus ane dikasih kupon sebagai ganti boneka yg td dijanjikan sudah habis. pas di gosok (gak di gosok juga sih, soalnya di tutuo ama slotip) ane lihat v vip, dan sama seperti ts, drama pun dimainkan. yg jaga toko kaget dan telpon bu manager, dan ane pun ikutan ngomong. dengan senangnya ane menjawab semua pertanyaan bu manager , ane senang bukan hadiahnya, tp kesempatan untuk mengalami apa yg ane pernah baca sebelumnya. jadi intinya ane dapat vocer 1 jt dan untuk mencairkannya saya harus membeli barang seharga 2.5 jt. berarti saya harus keluar uang 1,5 jt. sama juga seperti TS ane pun membalikkan skemanya, saja bujuk yg jaga toko buat ambil vocher saya, bahkan saya nawarin bayar ongkos bajaj aja deh buat gantiin yg vocer 1jt, tp sama dia gak mau dengan alasan karyawan gakboleh ambil tu vocer. ya sudah berhubung pegal di kaki udah hilang ane meninggalkan tkp dengan hati yg puas.

emang orang nya maksa banget, masa isi uang kita di ATM ditanyain jumlahnya brp, bahkan nyaranin buat minjem ke teman dulu. parah memang.

ATM itu privasi, kalo ada yg maksa nanya saldonya berapa agan bisa tuntut ke pengadilan dengan tuduhan pelanggara privasi.
Ancam aja gitu gan

Quote:Original Posted By felicitaflct
wah nice inpoh gan
kayak ane pernah dapet telpon dari antah berantah kata nya ane dapet bingkisan gratis dari sebuah toko yang baru buka, hari pertama ane iya iya in hari kedua tanya kenapa bingkisan nya belum diambil ane iya in lagi hari ketiga kayak dipaksa suru ngambil, ane coba kesana cuma dapet jam dinding biasa terus disuru bayar ppn kata nya 50rb buset jam aja di pajakin dan kesan nya maksa ane bingung untung dompet ane ada dijok alasan mau ngambil uang ane kabur, udah rugi waktu bensin juga Emoticon

Bilangin kalo PPn hadiah itu 25% dari nilai hadiah gan.
Jam dinding harganya sekitar 50rb, berarti PPn yg harus agan bayar 12,5rb.
Kalo 50rb juga mah bukan PPn namanya, PENIPUAN Emoticons

Quote:Original Posted By iwan09
Ane dulu kena tiga ratus rebu di mall taman palm Emoticons

Kejadian kira2 5thn yg lalu, jaman2 masih lugunya, n kaya yg agan ceritain kasusnya Emoticons

Sekelas Taman Palm juga ada ya gan?

Quote:Original Posted By Go.Mi.Nam

Hati2 gan, kalo kita pergi mereka biasa maksa dengan halus buat ninggalin sesuatu.
Teman ane yg kena, dia panik mau kabur, dia beralasan mau ambil duit ke ATM, disuruh "tinggalin aja tas nya".
Doi makin panik, akhirnya tanpa ba bi bu langsung lari Emoticon
Dipanggil2 sama penipu nya, tapi dia ga nengok kebelakang, lari kencang aja dia katanya Emoticon

Mending gitu gan, mereka ga mungkin melapor ke polisi

Quote:Original Posted By zhackty1980
Temen ane pernah ketipu model gtuan dpet kompor hrga 5 jeti pdhal sesudah plg kerumah dicheck merk yg sama harganya cman 1.5 jeti...

Kompor 5 jeti mah udah ada WiFi nya gan Emoticons

Quote:Original Posted By RaMytha
Wah gan.. saya justru pernah jd korban kayak gini 5 tahun lalu waktu masih jd anak ingusan maba kampus hhe

Nostalgia dulu :

Karena kampus di area Depok dan baru pertama kali menjejakan kaki di Depok, ya seneng2 aja diajak hengot ke D*tos.. nah pas keluar dr Hyperm*rt ketemu sama mba2 nawarin pembersih LCD gratis. Namanya msh polos, yaudah ikut2 aja diajak ke stand nya mereka.. Sisanya persis kayak yg agan posting di atas.. Waktu itu kena 1.5jt untuk AC dorong (yg ujung2nya malah kayak kipas angin) sama presto.. Tapi presto nya blm pernah dicoba dan ujung2nya malah dijadiin kado kondangan (semoga presto nya gak jelek2 amat ya, Aamiin) gegara nganggur lama di rumah.

Tapi ya sudahlah ikhlasin ajah Emoticons
Toh klo emang penipu, Tuhan Adil kok, gak bakal berkah apalagi panjang usahanya Emoticons

Thanks gan jd nostalgia masa2 maba Emoticons

Ane juga pernah dulu dapat kipas angin yg katanya seharga 6jt.
Mending ane beli AC, masih bisa hemat 3jt Emoticons

Quote:Original Posted By Joenakkbaik
Share pengalaman,kalo bisa page one.

Kejadian udah lama bgt,kejadian di Metro Ind*h Mall Bandung.
Ane lagi sama nyokap,niat mau belanja kebutuhan rumah sama belanja2 baju.
Eh datang sales berkemeja,S

"Selamat Siang bu,kita lagi ada promo discount sampe 50$ bahkan gratis,ibu mau coba?" Sambil nyodorin brosur,cuma yg ane lebih bagus dr ente gan Emoticon brosurnya aga tebel ga kertas koran kaya ente Emoticon

"Oke saya gosok ya"
Pas dibuka,dapet 5 jeti,ane waktu itu belum ngerti beginian,ya ane seneng banget lah yeah yeah..
Tapi nyokap ane biasa aja.

"Ibu silahkan memilih barang ditempat kami seharga 5 juta ,silahkan ikut kami"
Yaudah ane sama nyokap ikut

"Tolong ktp nya bu,sama data2 ibu,barang mau diambil atau dianter"
"Dibawa langsung aja mas"

Nah silahkan ibu ttd disini,nah disini nyokap ane pinter gan.
Dia kalau mau ttd,selalu baca,dan isinya "Harus diikut sertakan pembelian barang 200% dari hadiah"
Wah nyokap ane disitu ngamuk,DIA TANDA TANGAN LANGSUNG DISOBEK2 DILEMPAR KE BAG ADMINNYA,
"Makan tuh ttd gue,gausah nipu gue,mau gue panggil aparat kesini?"
Akhirnya nyokap ane dibaik2in,dan keluar dengan souvenir Emoticon

Ya skrg hadiah 5 juta,harus pembelanjaan 200% dr hadiah berarti 10 juta,gila aja Emoticon

Minta dirajam orang-orang kayak mereka Emoticons

Quote:Original Posted By ranggamaniax
ane pernah kena gituan gan, klo ane wkt itu di itc cempaka mas, mas2nya narik pake hadiah kotak kecil gt, trus terjadilah percakapan persis sama punya ente, cuman ditambahin "besok tanggal xx ada bazaar, bisa dituker dgn ps3, tv, dll"
mau ngrshare pengalaman kok males nulisnya Emoticons

ane ga ambil tu sampah, pas ane buka "hadiah" sampe kontrakan, isinya cuman odol serebuan Emoticons

Ntar di bazaar agan dikasih kesempatan dapat kupon diskon tuh gan.
Tapi kudu bayar sejumlah uang buat dapatin diskonnya, misal 100rb buat diskon 1jt.
Tapi diskon 1jt itu bisa dipake kalo agan udah belanja minimal 1,5jt.
Ntar disana barang-barangnya ga jelas semua.
Lagi pula kupon diskon 1jt yg agan dapat berupa hasil fotocopy'an kertas HVS 70gram.
Ane aja dapat kupon Gi*ant 50rb kertasnya bagus, ada pengamannya biar ga dipalsuin, ini 1jt berupa hasil fotocopy'an, buat malsuin ga perlu scan'an, cukup fotocopy lagi jadi. Emoticons

Quote:Original Posted By odonk-odonk
wahahaha di depok town square? ane juga pernah kena gan Emoticons
yang tempatnya di parkiran bawah itu kan ?
ane dibawa ke rukonya dia. pas ane tanya "mana hadiahnya mbak?" cuma dikasih kotak kecil kosong, katanya iya hadiahnya lagi diambil mas. nyium gelagat ga beres ane balik aja Emoticons

Ntar ujung-ujungnya disuruh ambil besok, tapi kasih uang muka dulu Emoticons

Quote:Original Posted By unclefuncky
Ane share pengalaman bini ku. Waktu itu bini lagi ke mall tuk makan siang, terus itulah modus itu. Suruh gosok undian n pura pura. Bini gw kegirangan dapat hadiah berupa satu set home teater entah merek apapun itu, dgn syarat harus beli, alat pelngsing perut. Yang getar itu. Sewaktu beli. Er kata spgnya mau beli dua dapat undian, seharga 2 juta. Bini ane tak rela kehilang banyak duit. Dia ambil satu barang aja Seharga 600rb, bini ane gw ceramahin habis habisan sewaktu laporin ane kejadian itu. 3 bulan kemudian alatnya rusak... Hilang 600rb. Kejadian itu dah lama, 6 thn yng lalu. Diingat ingat sebal juga..

Kayak teman nyokap ane, dapat seterika seharga 400rb, pas dipake ternyata ga panas, anget doank Emoticons

Quote:Original Posted By sjcamanddrone
mohon taro depan
saya pernah kena tipu seperti itu , benar kata ts , sudah bnyak di mall2 , bila di tawarin bungkus kecil suruh ambil * iming2 nya gratis
mohon jangan di ambil , itu trick dia , bila kita ambil bungkus kecil itu nanti kita di ikuti sama dia dan di suruh ke tempat dia , sama trick nya seperti ts
komplotan nya banyak sampai 4 orang lebih
sekarang lagi marak , jadi harap berhati2 ,
inti nya , bila ga masuk akal , mending langsung cabud aja ,

Buat yg ga berniat meluangkan waktu ngerjain diharapkan jangan mendekat ya gan Emoticons

Quote:Original Posted By ismuhtar
ane pernah juga kena modus begini dulu.banget tahun 2009 di salah satu Mal di Cengkar#ng........
waktu itu modusnya seperti yg TS sebutin kedua, bahwa bakal ada pameran bla bla bla
untung kala itu atm ane kosong (maklum anak kost, mahasiswa pulak)... kalau ada duit kala itu mungkin saja ane kena gan

Kalo ada isinya juga ga masalah gan, bohong aja, kalo dia mau liat saldo di layar ATM bilang aja kalo itu melanggar privasi nasabah & bisa dituntut gan

Quote:Original Posted By boelu
Ya ampuuuunnn trik kaya gini masih ada wkwkwkw. Ane inget bgt waktu ane masih tk (skrg kuliah) jalan sama nenek ane juga ditawarin beginian. Iy sama gan katanya nenek ane dapet yg spesial (5 bintang) trus telponan lah sama managerny, dan akhirnya nenek ane nolak mentah" sambil ketwa" sama ane wkwkkw

Nenek agan gaul Emoticons

Quote:Original Posted By farqonfatra
Ane pernah gan 3jt lagi hiks hiks

Lumayan buat traktir teman seangkatan/sekantor tuh gan Emoticons

Quote:Original Posted By alviendi36
ane pernab pas lg ke mall sama nyokap ane. tiba2 ada yg ngasih kotak dan di dlm kotak nya ada no undian pas di buka emng bener dalet no undian nah ema gua yg girang banget kalo dapet barang undiamln langsung nelp bapak ane. dan ane iya2in aja. pokok nya ujung2 nya emak ane suruh bayar magic com gitu 350k au merek apaan ga terkenal dah. sama dapet hadiah kecilan gitu. ane kira mah pas dapet no undian udh gratis tau nya harus beli barang duluEmoticonEmoticon

Bukan hadiah sebenarnya, tapi pemaksaan beli.
Jatuhnya penipuan Emoticons

Quote:Original Posted By refi1
Anehnya kenapa customer gak ngaduin kasus ginian ke manajer Mall ya? Biar ada tindakan yg diambil dr pihak mallnya.
Di sini, tempat ane belum ketemu yg model begituan gan (model bagi-bagi hadiah), kalo ngasih brosur dgn cara narik tangan customernya pernah, ditarik buat nyobain obat luluran, lalu tangan kita digosok2 sampe keluar daki2 yg menurut ane dihasilkan dari cairan lulur itu sendiri.
Kejebaknya si enggak, disuruh beli produk, kalo gak mau ya udah.
Lagian harganya murah, 5rebuan.

Tapi ane gak pernah menolak brosur yg dikasih ke ane gan, walopun ntar dibuang di tong sampah. Karena ane tau rasanya jadi tukang brosur, kadang mereka harus sanggup berdiri 6-8 jam sehari demi sesuap nasi.

Ane juga ga pernah nolak brosur, setau ane mereka bekerja sampe brosurnya habis, jadi ane anggap itu meringankan beban kerja mereka.
Kadang ane minta 2 sampe 3 brosur sekaligus Emoticons
Makanya terbawa-bawa ngerjain si penipu ini Emoticons

Quote:Original Posted By juragankecebong
Waduh di detos nih? Emoticons
Ane juga pernah ditawarin ginian pas lagi jalan sama pacar ane, ane tolak aja langsung bilang ke mas-masnya "Lagi buru-buru mas ada tugas kuliah" Emoticon

Kalo mau ladenin walau cuma ngerjain, agan harus siapin waktu yg cukup panjang, soalnya kalo ga kelarin sampe akhir susah keluarnya gan Emoticons
Ane aja itu butuh waktu sekitar 1 jam lho gan Emoticons

Quote:Original Posted By mblink89
Pernah dapet brosur gituan
Kejadian habis belanja di hyperm**t met*s di tangerang
Karena sekalian abis jemput istri balik kerja, muka capek, dikasih undian, gosok kertasnya sampe angkanya ga keliatan dan mereka bingung itu no brp
Akhirnya ane ma istri ane balik
Ga dapet mangsa merekanya

Agan & istri beruntung.
Tapi ane yakin, nomornya sama dengan nomor di kotak pojok kanan bawah Emoticons

Quote:Original Posted By k1iler
Wahaha ane juga dulu pernah tuh gan ditawarin begituan di tempat percis kaya ente.

Ane waktu itu abis nonton di Det*s, pas lg mau ke parkiran motor yg deket masjid (dulu masjidnya kan naik tangga dulu 1 lantai dari lantai paling bawah), eh ada yg nyamperin ane mas-mas sambil ngasih brosur yg beda sih dari punya ente, cuma intinya sama. Ane disuruh nyocokin angka. Karena ane ngga tertarik, ane tinggal aja langsung sambil bilang "lagi buru-buru" Emoticon

Buset, sampe ke parkiran dikejar Emoticon

Quote:Original Posted By yuffie777
Ane pernah kena gan,tahun 2010,modusnya sama kayak gitu ada manager yg nelpon trus disuruh bayar 600rbu waktu itu ane.
Tokonya didepan care fo*r,bilangnya karena ane belanja disitu senilai 100rbu boleh narik undian. Emoticon
Dlu ane awal kuliah ngekos jadi gak tw itu penipuan, yg dibawah pulang cuma sauna belt merk abal2, gak pernah ane buka, ntar nyetrum lagi Emoticon
Ternyata masih beroperasi juga kyk gni, bingung ane bisa masuk mal bgni Emoticon... Kasihan yg ketipu, ane aj menyesal 600rbu ane melayang.

Ga ada inovasi baru buat nipu ya gan Emoticons

Quote:Original Posted By siapbergerak
Sama ni gan kaya kasus emak babeh ane
pulang kerumah bawanya semobil katanya dapat hadiah undian ,terus ane liat brosurnya wah memang ga bener
ane tanyain ke emak babeh katanya totalnya semua 5jt dia mesti bayar 2jt aja ada beberapa macem
kebetulan belum buka dusbok semua jadi ane cari referensi harga dikota ane .... dan duaarrrr total keseluruhan cuma 900ribu Emoticons ... ane samperin tuh yang punya brosur besoknya sama om ane yang polkis Emoticons karna gedek ... ternyata masih ada
yowes kebetulan dapat brosur juga ane ditawarin dan om ane dikasi 1 cuma om ane langsung dilayanin sama mba mba yang lain ... karna curiga ane cocokin nomernya ternyata sama ... ga pake lama langsung digiring ke polsek atas tindak penipuan Emoticons mewek" mbak nya Emoticons

Dihukumnya gimana kelanjutannya gan? Emoticons

Quote:Original Posted By zizik
ane pernah jg gan hampir ketipu sama model brosur2 gitu, pas jaman ane masih kuliah taon 2008, kejadiannya di matahari simpang 5 semarang,.
awalnya emang gitu gan, mereka ngasih brosur gaje gitu, nyuruh cocokin kode, trus narik ke sarang penyamun mereka, baru mulai deh brainwashing,. untungnya ane udh tau trik beginian, jd pas mereka tanya KTP, ane pura2 aja ga bawa KTP, alhasil ane langsung deh dilepasin Emoticon

Ane dapat ide bagus nih, ane bikin aja KTP palsu, trus pas ngerjain, kasih aja itu, minta antar, bayar besok di rumah. Mapus tuh Emoticonse bikin aja KTP palsu, trus pas ngerjain, kasih aja itu, minta antar, bayar besok di rumah. Mapus tuh Emoticons

Dapat Brosur Hadiah Gratis di Mall? Sudah Dipastikan Itu Penipuan
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5661dc2a56e6af12538b456a/penipuan-brosur-hadiah-gratis-di-mall-mall Category:
My Story
Pasang Iklan
close