Bahaya Rokok

Momen Tak Sportif

7 Momen Paling Tak Sportif Dalam Sejarah Olah Raga Profesional

Tags: Knowledge - History - Lifestyle - Sport - Activity - Controversy
kandang.naga
UserID: 8299945
Quote:F1 Suzuka 1989

Menjunjung tinggi nilai sportifitas dalam dunia olahraga adalah hal mutlak yang wajib dilakukan oleh setiap atlet professional. Meski terkadang ada saja yang melanggarnya, baik yang disengaja atau tak disengaja.

Di thread kali ini gua mau berbagi sedikit informasi tentang mereka para atlet professional yang entah karena alasan apa, dianggap telah melakukan tindakan yang "katanya" tidak etis, tidak terpuji, bahkan juga menjijikan.

Meski sesungguhnya pada beberapa kasus tertentu dibutuhkan penilaian dan penyelidikan yang cukup, agar tidak menimbulkan dugaan dugaan yang akhirnya akan membunuh karakter si atlet itu sendiri......Dan berikut adalah 7 Momen paling tak sportif dalam sejarah olah raga profesional :

Quote:Quote:1. Mike Tyson - Evander Holyfield (1997)

Mike Tyson Vs Evander Holyfield, The Bite Fight

Pertandingan Evander Holyfield vs Mike Tyson II yang di kemudian hari lebih dikenal sebagai The Bite Fight merupakan salah satu pertandingan paling kontroversial dalam sejarah tinju profesional.

Pada pertandingan yang berlangsung tanggal 28 Juni 1997 itu Tyson menggigit telinga Holyfield hingga berdarah. Tyson didiskualifikasi dari pertandingan dan sempat kehilangan lisensi tinju. Namun izinnya untuk bertanding tinju secara profesional segera dipulihkan kembali.

Banyak yang mencurigai aksi Tyson itu dilandasi sakit hati karena Holyfield berhasil menjatuhkan Tyson pada pertandingan sebelumnya.

Spoiler for Open:

Quote:2. Karl Malone - Isiah Thomas (1991)

Karl Malone Vs Isiah Thomas

Karl Malone, pebasket andalan Utah Jazz rupanya tak terima timnya kalah dari Detroit Pistons dengan skor 44. Kekalahan ini dibalas Malone sebulan kemudian.

Pada pertandingan berikutnya, Karl Malone melakukan aksi brutal terhadap Isiah Thomas saat Detroit Pistons melawan Utah Jazz. Malone menyikut wajah Thomas yang berbuah 40 jahitan.

"Menurut saya itu adalah permainan paling kotor yang pernah saya alami dalam pertandingan bola basket," tutur Thomas bertahun-tahun kemudian seperti dilansir Yahoo Sports.

Spoiler for Open:

Quote:3. Alain Prost - Ayrton Senna (1989)

Alain Prost Vs Ayrton Senna

Tabrakan antara Alain Prost dan Ayrton Senna yang terjadi di Grand Prix Jepang pada tahun 1989 merupakan salah satu momen paling kontroversial dalam sejarah Formula 1. Prost diduga menabrak rekan satu tim sekaligus rivalnya, Senna saat keduanya mencapai lintasan terakhir. Mobil kedua pebalap sama-sama keluar dari lintasan. Namun Senna memutuskan untuk menyalakan mobilnya kembali dan mengejar ketinggalan lewat jalur darurat.

Senna pun memenangkan balapan namun kemudian didiskualifikasi karena melanjutkan balapan dengan melewati jalur darurat. Dengan demikian gelar juara jatuh ke tangan Prost.

Kejadian tersebut dibalas Senna pada tahun berikutnya. Kesal karena mendapat posisi start di titik yang kurang menguntungkan, Senna yang yakin kalau kesialannya ini merupakan manipulasi FISA sengaja menabrak Prost pada awal-awal lintasan. Karena kecelakaan ini, kedua pebalap tidak bisa melanjutkan pertandingan. Namun Senna berhasil mendapatkan gelar juara dunia keduanya.

Spoiler for Open:

Quote:4. Michael Schumacher - Damon Hill (1994)

Michael Schumacher Vs Damon Hill

Pada Grand Prix Australia tahun 1994 Michael Schumacher tidak bisa melanjutkan pertandingan karena mobil Bennetton-nya menabrak dinding. Sebelum keluar dari lintasan, Schumacher dibayangi mobil Damon Hill yang tertinggal 1 poin darinya.

Langkah Hill untuk menjadi juara dijegal Schumacher dengan menabrakkan mobilnya dengan Williams milik Hill. Akhirnya kedua pebalap itu sama-sama keluar dari lintasan. Namun Michael Schumacher yang berhasil membawa pulang gelar juara.

Spoiler for Open:

Quote:5. Zinedine Zidane - Marco Materazzi (2006)

Zinedine Zidane Vs Marco Materazzi

Pada pertandingan final Piala Dunia 2006 terjadi insiden antara Zinedine Zidane dan Marco Materazzi. Zidane menanduk Materazzi dalam pertandingan dengan sengaja. Sebelumnya, dua pemain yang masing-masing membela Prancis dan Italia itu sempat adu mulut.

Zidane mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran yang dia lakukan. Namun insiden ini tidak menghentikannya mendapat gelar Player of the Tournament.

Spoiler for Open:

Quote:6. Luis Suarez - Giorgio Chiellini (2014)

Luis Suarez Vs Giorgio Chiellini

Luis Suarez jadi bahan perbincangan karena ulahnya pada pertandingan antara Italia dan Uruguay pada Piala Dunia 2014. Suarez yang kala itu menjadi striker Uruguay menggigit pundak Giorgio Chiellini, pemain Italia hingga membekas.

Gara-gara kejadian itu, Suarez mendapat hukuman berat. Dia dilarang bermain selama 4 bulan dan dikenakan denda 100.000 Euro.

Spoiler for Open:

Quote:7. Valentino Rossi - Marc Marquez (2015)

Valentino Rossi Vs Marc Marquez

Insiden antara pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez di Sepang beberapa waktu lalu menjadi momen paling dibicarakan pada tahun 2015 ini.

Aksi Marquez dan Rossi di GP Sepang harus berakhir di lap ke-7 saat Rossi memaksa Marquez mengambil sisi luar tikungan ke-13. Gesekan antara kedua pebalap membuat Marquez tersungkur.Akibat aksi ini, Valentino Rossi mendapat sangsi berupa posisi start dari grip belakang di laga selanjutnya yang digelar di Valencia.

Gesekan dua pebalap papan atas itu memang sudah terjadi sejak awal lomba. Rossi diduga kesal karena provokasi Marc hingga terjadilah insiden yang dinilai tak sportif itu.

Spoiler for Open:

Quote:Source of Thread

Beberapa foto dan gambar diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk informasi belaka.

Quote:Tambahan yang menurut gua dan kebanyakan KASKUSer juga (menganggap) aksi dalam olahraga tersebut (dianggap) mengandung unsur tidak fair, greget, njengkelin, dan penuh kontroversi...Emoticons

Spoiler for Open:
Quote:- Goal Tangan Tuhan Ala Maradona

Maradona, Hand of God

Gol tangan Tuhan terjadi tanggal 22 Juni, 1986 di Estadio Azteca, Mexico City. Ketika gocekan Diego Maradona melewati 5 pemain Inggris lalu diumpan sampai bola melambung ke atas. Maradona pun menyambut dengan tangannya. Saat itulah bola masuk ke gawang Inggris. Gol ini terjadi di menit 51'. Sayangnya, teknologi saat itu belum secanggih sekarang, sehingga kurang terlihat dengan jelas. Wasit asal Tunisia ini pun mensahkan gol meski beberapa pemain Inggris memprotes masalah ini.

Hanya saja 19 tahun kemudian, Maradona akhirnya mengakui gol tangan tuhannya itu.



Source of News

Quote:- Gol ke Gawang Sendiri Mursyid Effendi
Piala Tiger 1998, Mursyid Effendi

Kisah buruk ini terjadi di ajang Piala Tiger 1998 lalu di Ho Chi Minh City, Vietnam. Adalah Mursyid Effendi pelakunya. Ia melakukan gol bunuh diri ke gawang sendiri saat timnas Indonesia menghadapi Thailand.

Saat itu kedua tim sama-sama enggan menang karena ingin menghindari tuan rumah Vietnam di semifinal. Kedua tim sama-sama ingin bertemu dengan Singapura yang dianggap mudah dikalahkan. Pertandingan Indonesia versus Thailand ini dianggap mencoreng sportivitas.

Aksi gol bunuh diri Mursyid dilakukan pada menit ke-90. Dengan demikian, Thailand akhirnya menang 3-2. Thailand akhirnya berhadapan dengan Vietnam di semifinal.

Di semi final, Thailand akhirnya kalah lawan Vietnam. Sementara Indonesia juga kalah lawan Singapura. Justru di partai final Singapura membuat kejutan dengan mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Usai perhelatan laga, baik Indonesia dan Thailand akhirnya didenda USD 40.000. Sedangkan Mursyid dihukum 1 tahun tidak boleh bertanding di dalam negeri dan dilarang bermain di luar negeri seumur hidup.

Atas insiden ini, Ketua Umum PSSI Azwar Anas saat itu malu melihat permainan timnas. Dia bahkan sampai mengundurkan diri.


TAMBAHAN & KOMENTAR LANGSUNG DARI KASKUSER.....:

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By 1n0d
tambahin ini gan, kebetulan juga kemaren (today, 19 nov di AS) "anniversary" nya peringatan 11 tahun kejadian tsb
ini kejadian paling kelam di sejarah NBA
hasilnya juga parah banget, sanksi bagi beberapa pemain & penonton dan belum lagi dendanya sampai 11 Jt USD
IMO harusnya kejadian karl malon-isiah thomas ga perlu dimasukin lah kejadian sikut melayang mah biasa kalo jaman NBA keras-kerasnya tahun 1990 an
skrg aja pemain dan wasit nya manja2 sedikit tabrakan udah prit pelanggaran

MALICE AT THE PALACE (Detroit Pistons-Indiana Pacers Brawl, Nov 19 2004)
The Pacers–Pistons brawl (colloquially known as the Malice at the Palace)[1][2] was an altercation that occurred in a National Basketball Association (NBA) game between the Indiana Pacers and the Detroit Pistons on November 19, 2004, at The Palace of Auburn Hills in Auburn Hills, Michigan. The Associated Press (AP) called it "the most infamous brawl in NBA history".[3]

With less than a minute left in the game, a fight broke out on the court between several players. After the fight was broken up, a fan threw a drink from the stands at Pacers player Ron Artest while he was lying on the scorer's table. Artest then entered the crowd and sparked a massive brawl between players and fans that stretched onto the court.

After the game, the NBA suspended nine players for a total of 146 games, which led to $11 million in salary being lost by the players. Five players were also charged with assault, and eventually sentenced to a year of probation and community service. Five fans also faced criminal charges and were banned from attending Pistons home games for life. The fight also led the NBA to increase security between players and fans, and to limit the sale of alcohol in games.
(sumber: WIKIPEDIA)

TARUH PAGE ONE YA GANS Emoticons

Quote:Original Posted By agusua
Tambahan gan, dari bulutangkis jg pernah ada gan. Pertandingan ganda putri antara pasangan Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari yg melawan Ha Jung Eun/Kim Min Jung dari Korea Selatan diwarnai insiden kartu hitam oleh wasit kehormatan. Kedua pasangan tampil ogah-ogahan dan berupaya kalah agar terhindar dari pasangan nomor satu dunia asal Cina, Wang Xiaoli/Yu Yang di perempat final. Sama sepakbola gajah di piala tiger gan, mursyid effendi yg ngegolin ke gawang sendiri dgn sengaja.

Quote:Original Posted By kyeesoer
Tambahin kasus kontroversi di dunia olahraga
*Baru-baru ini, Rousey berantem sama Holm pas timbang badan menjelang pertandingan UFC. Ehh, akhirnya Holm yang menang dan gelar juara Rousey diambil sama Holm.

*Skandal badminton di Olimpiade 2012 yang melibatkan 4 pasangan ganda putri, termasuk Greysia-Meilliana, mereka sengaja mengalah agar tdk melawan ganda putri dari China.

*Seorang atlet wanita ice skating di tahun 1990-an menyuruh para preman utk mematahkan kaki pesaingnya. Gw lupa namanya, yg jelas itu tindakan yang keji.


Tapi yang parah yang insiden basket itu, dimana Malone dr Utah dan Thomas dr Detroit memang Guard paling disegani di NBA pada era 90-an. Makanya saingan dan saling melukai.

7 Momen Paling Tidak Sportif dalam Sejarah Olah Raga Profesional
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/564dabb09a095186608b456d/7-momen-paling-tak-sportif-dalam-sejarah-olah-raga-profesional-pic--video Category:
Top List
Pasang Iklan
close