Bahaya Rokok

Tools Kerja Kantoran

7 Tools Biar Kerja Lebih Produktif Buat Pekerja Kantoran

Tags: Knowledge - Engineering - Technology - Gadget - Programming - Lifestyle - Working - Activity - Inspiring
Fajarwalker
UserID: 1717322




Quote:"Anjirr.. Kerjaan gue numpuk banget nih. Kalo begini caranya, lama-lama gue kena stroke ringan nih."
Sobat gue, Aan Anshory, akhir-akhir ini emang nampak makin stress dengan kerjaannya. Ditengah derasnya badai kerjaan yang menerpa, Aan keliatan pusing, bingung mesti ngapain.

Quote:Satu hal yang pasti, Produktivitas dia pun menurun drastis.
Yes, tingginya volume pekerjaan biasanya emang diiringi dengan tingginya tingkat stress dan emosi. Dalam kondisi ini, kemungkinan kita ngelakuin kesalahan dan lupa kerjaan pun semakin besar. Mangkanya, ga aneh kalo misalnya produktivitas kita pun jadi anjlok.

Solusinya, tentunya kita perlu sejumlah tools yang bisa membantu kita supaya bisa tetap produktif di tengah badai kerjaan yang menumpuk. Dengan dukungan teknologi, ga ada yang ga mungkin guys!

So guys! inilah 7 tools biar produktivitas meningkat! Emoticon

Quote: 1. Personal Assistance


Ayoo agan udah pernah pake yang mana? Emoticons

Quote:Sering lupa apa yang mesti dikerjain? Sepertinya kalian perlu asisten pribadi buat ngebantu ngingetin. Tenang, kalian ga perlu ngegaji orang buat mendatangkan sosok asisten pribadi tersebut.

Yup, Personal Assistance, adalah solusi terkini buat ngingetin kalian akan hal-hal yang mesti dilakuin. Apple punya Siri, Windows punya Cortana dan Android punya Google Now. Jadi smartphone apapun yang dipake, semuanya bisa jadi asisten pribadi kalian. Tinggal sampaikan hal yang mesti diingetin, maka si personal assistance ini bakalan langsung mengeset reminder buat kegiatan kalian. Keren kan.

Sayangnya, satu-satunya kekurangan dari semua personal assistance saat ini adalah belum adanya support untuk bahasa indonesia. Ini artinya kalian mesti jago inggris dulu kalo mau pake tools ini Emoticon

Quote:2. Whatsapp Web


Sering banget nih ane diskusi kantor pake ini Emoticons

Quote:Siapa yang ngga tau Whatsapp? Aplikasi chatting yang menerapkan sistem langganan ini sering banget digunakan oleh orang-orang kantoran. Selain ringan, simpel dan whatsapp juga ngga ada iklannya guys. Mangkanya, beberapa perusahaan menggunakan fitur Group di whatsapp untuk sharing informasi pekerjaan dan diskusi antar karyawan.

Sayangnya, penggunaan Whatsapp ini ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi bisa meningkatkan produktivitas karena bikin kita jadi mobile, tapi disisi lain juga melambatkan. Ini karena untuk cek whatsapp berarti kita mesti buka hape dulu. Dan saat ngebuka hape itulah, kita berpotensi kehilangan konsentrasi ama kerjaan.


Solusinya, kita bisa pake Whatsapp Web, alias whatsapp yang bisa diakses langsung dari Firefox maupun Google Chrome. Untuk menggunakannya, kita tinggal buka aja web.whatsapp.com, lalu scan kode QR dengan menggunakan Whatsapp di handphone kalian.

Taraaaa... sekarang kalian bisa akses whatsapp tanpa bolak balik cek hape Emoticons


Quote: 3. Skype


Siapa yang suka pidio kolan pake ini? cungg Emoticons

Quote:Selain WhatsApp, Skype juga menjadi salah satu aplikasi messaging penting di dalam duniaa perkantoran. Selain bisa bikin group, skype juga punya keunggulan lain dibanding whatsapp yaitu Video Conference. Ini berarti selama ada internet, dimanapun kita bisa meeting guys.

Namun bukan itu aja keunggulannya. Skype juga ane rekomendasikan buat pengguna kantoran karena kemudahannya dalam hal berbagi dokumen antar komputer.


Untuk share dokumen ke komputer lain, kalian tinggal tarik dokumen yang mau dikirim dari explorer ke skype. Setelah itu, dokumen pun langsung sampai di komputer rekan kerja kita. Asik kan. Emoticons

Satu-satunya kekurangan Skype adalah loadingnya yang berat dan berpotensi bikin startup komputer jadi lama. Emoticon

Quote:4. TeamViewer


Pengalaman pribadi, pake beginian langsung dikira orang IT jago Emoticons

Quote:Ga bisa datang ke kantor sementara kerjaan ngga bisa ditinggal? TeamViewer solusinya!

Dengan menggunakan teamviewer, kita bisa mengakses komputer kantor dengan mudah dari laptop pribadi, tablet, atau bahkan smartphone sekalipun. Selain itu TeamViewer juga bisa digunakan untuk sarana meeting apabila kita memang sedang berhalangan hadir ke kantor.


Teamviewer tersedia di berbagai platform mulai dari Android, iOS dan bahkan Windows Mobile sekalipun. Versi normalnya bisa kita gunakan secara gratis alias freeware. Sementara ada juga versi berbayarnya bervariasi mulai dari 6 - 12 jt. Wow. Emoticon

Quote:5. Office Lens


Keren banget gaaaaan Emoticons

Quote:Tanpa kita sadari, cukup banyak waktu yang terbuang loh saat kita pengen scan dokumen. Apalagi jika scanner yang kita gunakan adalah model flatbed alias kaca datar. Kita mesti siapin dokumennya, terus tutup penutup scanner, terus buka aplikasi di komputer, terus warming up dulu... heyyah.Emoticon

Ternyata, ada solusi yang lebih cepat loh guys! Emoticons

Adalah OfficeLens, aplikasi bikinan Microsoft yang mampu mengubah kamera smartphone kita menjadi scanner dokumen. Wow. Emoticon


Cara penggunaannya pun gampang, tinggal siapin dokumen yang akan discan, lalu jepret dengan menggunakan Office Lens ini. Maka hasilnya pun secara otomatis bakalan lurus dan rapih seperti hasil Scanner. Mantap kan..

Oya satu lagi, aplikasi ini juga ada di semua platform lho. Mulai dari Android, iOS dan Window Mobile tentunya. So, jangan lupa diinstall yah guys! Emoticons

Quote:6. MindMapper


Solusi biar keliatan serius nih gan Emoticon

Quote:Mind Mapping adalah sebuah metode visualisasi ide, pikiran, atau rencana kedalam bentuk diagram yang saling berhubungan antara satu dan lainnya. Model pembelajaran mind mapping memang sudah terbukti bisa mempermudah kita dalam menyelesaikan berbagai hal.

Kita bisa memanfaatkan metode mind mapping untuk memvisualisasikan pikiran dan rencana kita, mengatur alur kerja project kita, membuat project timeline, membuat diagram flowchart, membuat peta pikiran, bahkan membuat diagram brain storming. Namun tentu saja, cara memuat mind map sangatlah sulit jika kita menggambarnya secara manual. Namun dengan bantuan mind mapping software, kita bisa membuat mind map dengan cepat dan mudah.

Quote:7. Online Drive


Ada OneDrive, DropBox, Google Drive dan Box. Agan biasa pake yang mana? Emoticons

Quote:T Kerjaan belum kelar dan pengen dilanjutin di rumah? Ngga perlu lagi colokin flashdisk untuk copy kerjaan kita guys! Emoticons

Sekarang kita di zaman teknologi. Masa dimana perangkat yang satu dengan yang lainnya saling terintegrasi secara mulus dan mantap. Yup, karena itulah tercipta Online Drive, sistem penyimpanan berbasis oline yang bisa kita akses dari mana aja, dan dengan perangkat apa aja.


Simpelnya gini, kalo mau ngelanjutin kerjaan, cukup simpen dokumen kita di Folder Online ini. Maka selanjutnya file ini bisa kita akses dari mana aja, termasuk handphone kita. Selain itu keuntungan dari online drive ini adalah sebagai backup.

kalo misalnya komputer kita mendadak rusak atau handphone kita kemalingan (amit-amit sih), maka data yang kita simpen di online drive ini tetap aman. Dan bisa kita buka lagi pake perangkat lainnya. Emoticons

Quote:Nah, segitulah tulisan gue kali ini. Gimana menurut kalian guys?

Tools mana aja yang udah pernah kalian pake di kantor?


gw tunggu share & komennya ya Emoticon

Quote:fajarwalker.com

Quote: Emoticon UPDATE Emoticon
Spoiler for Open:
Quote:OneNote


Note agan bisa dibawa kemana aja, dimana aja Emoticons

Spoiler for Baca ni broh:
Rata-rata orang kantoran kebanyakan pasti pake sticky notes buat nyatet tugas-tugas penting di komputernya. Well, meskipun efektif, tapi sticky notes ini masih memiliki kekurangan yaitu ngga bisa lintas platform.

Apaan tuh lintas platform? Emoticon

Lintas platform disini maksudnya adalah ketika agan bikin notes di komputer, maka notes agan bikin di komputer tersebut bisa dibuka lagi dari handphone. Jadi data notes yang ada di komputer dan handphone agan sudah terintegrasi satu sama lain. Gimana? tertarik coba? Emoticons

Quote:Original Posted By AdjieBuntu
Ane tambahin gan : Google Cloud Print


Pengertiannya gan : Quote:Google Cloud Print adalah teknologi baru yang menghubungkan printer Anda ke web. Dengan menggunakan Google Cloud Print, Anda dapat membuat printer rumah dan kantor tersedia bagi Anda dan siapa pun yang dipilih, dari aplikasi yang Anda gunakan setiap hari. Google Cloud Print bekerja di ponsel, tablet, Chromebook, PC, dan perangkat lainnya yang terhubung dengan web, tempat asal berkas yang ingin Anda cetak. Sumur
Jadi lebih efisien, gak perlu bolak-balik ngeprint ke tempat printer Emoticon

#CMIIW gan

Quote:Original Posted By mavoilence
tambahan gan. dikantor ane kalo mau share dokumen make outlook messenger

bisa chat juga antar PC juga

asal konek jaringan aja. jadi berdasarkan IP masing2 komp

kayak gini nih tampilannya



kalo pake skype kan berat tuh, ini enteng banget

page one kalo berkenan

Emoticons Emoticons

Quote:Original Posted By K.I
Tambahan dari ane, gan.

Buat pengganti Whatsapp bisa pake Telegram. Selain lintas platform, chat agan juga di enkripsi (katanya jadi lebih aman).
Spoiler for Telegram:

Selain Microsoft OneNote, agan juga bisa pake Google Keep. Bisa lintas platform juga.
Spoiler for Google Keep:

Quote: KOMENG KASKUSER
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By mrautumn
Tapi hati2.
Kebanyakan tools nanti malah ribet gan.
Emoticon

Kalo kata Guru Besar ane


Anjirr.. ngena banget kata katanya Emoticon

Quote:Original Posted By zeedblues
- Dropbox+OneDrive ane install keduanya, soalnya data" penting selain kerjaan ada disitu juga Emoticons
- Skype sih ada, cuma ga kepake di kantor ane. Paling disini pakenya Slack.
- Nah..kalo OfficeLens ane baru unduh sekarang, kali aja berguna kedepannya Emoticon

Slack juga ane baru tau Emoticons

Quote:Original Posted By xjapanboy
Ekspresi gw waktu liat CPU Usage ngerun TeamViewer status remote device

Emoticon udeh gitu inetnya lemot gan

7 Tools Biar Kerja Lebih Produktif Buat Para Pekerja Kantoran
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/56582d8bd675d479718b456c/7-tools-biar-kerja-lebih-produktif-buat-pekerja-kantoran Category:
Top List
Pasang Iklan
close