Bahaya Rokok

Pengalaman Baru Nikah 2 Minggu Kok Usia Janin 1 Bulan?

Tags: Knowledge - Medicine - Technology - Medical - Activity - Controversy - Love
PenjagaSungai
UserID: 1357133

Mulustrasi

Quote:Original Posted By Nikah 2 Minggu, Usia Janin 1 Bulan 5 Hari, Kok Bisa?
Dapet kabar bahwa istri hamil adalah sesuatu yang sangat menggembirakan, apalagi bagi para pasangan suami istri yang baru saja menikah. Tapi bagaimana jadinya ketika kita tahu bahwa usia kehamilan si cabang bayi lebih tua dari usia pernikahan kita. Hal itu juga yang saya alami beberapa waktu silam ketika dapet kabar istri saya hamil di usia pernikahan kami yang baru menginjak 2 mingguan tapi dokter bilang istri saya sudah hamil satu bulan. Jika agan-agan nanti mengalami peristiwa ini, jangan dulu berpikir macam-macam bahwa istri agan selingkuh duluan sebelum nikah atau agan melihat peristiwa ini pada temen agan dan mikir yang macam-macam. Karena ternyata usia kehamilan itu bukan ditentukan dari tanggal terjadinya pembuahan sperma dan ovum sesasat setelah berhubungan badan melainkan dihitung berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) saya akan contohkan dengan pengalaman istri saya


HPHT Istri saya :17 Februari 2015
Kami Menikah Tanggal : 8 Maret 2015
Periksa Ke Dokter : 22 Maret 2015

Perhitungan Usia Kehamilan Yang SALAH : 8 Maret 2015 - 22 Maret 2015 = 14 Hari / 2 Minggu
Perhitungan Usia Kehamilan Yang BENAR : 17 Februari 2015 - 22 Maret 2015 = 1 Bulan 5 Hari

Adapun Prediksi Melahirkan Istri Saya Ditentukan Dengan Rumus Neagele (Rumus Yang menghitung Minggu Ke-40 Dari HPHT) : (Hari+7) – (Bulan - 3) – (Tahun+1) Akan tetapi karena bulan saat istri saya mengalami HPHT tersebut kurang dari 3 (Maret), maka saya menggunakan rumus (Hari+7) – (Bulan +9) – (Tahun).

Berarti HARI PERKIRAAN LAHIR (HPL) Istri Saya adalah : 24-11-2015 (40 Minggu Usia Kehamilan), Bisa diperhatikan sekalipun selisih tanggal tersebut dengan hari pernikahan saya (8 Bulan 2 Minggu 2 Hari) tetapi secara perhitungan HPHT sudah memasuki minggu ke-40 (9 Bulan 10 Hari)

Quote:Original Posted By BEDAKAN ANTARA USIA KEHAMILAN & USIA JANIN

Bagaimana cara menghitung USIA JANIN dari HPHT?
Nah selain USIA KEHAMILAN, Ternyata ada istilah USIA JANIN yg merupakan prediksi usia janin pada saat pembuahan terjadi. Perhitungan ini jarang orang yg tau. Jadi wajar saja sering terjadi kesalahpahaman. Balik ke masalah USIA JANIN, USIA JANIN dihitung dengan rumus : "USIA KEHAMILAN DIKURANGI 2 MINGGU" . Jadi sebenernya kalau seseorang melahirkan di usia kehamilan 40 minggu itu sama aja kayak usia janin 38 minggu. Itu Kurang Lebihnya 2 Minggu ya, Tidak selalu tepat karena kan sifatnya prediksi. Kenapa Seperti Itu, Nanti Saya Jelaskan Di Bawah. Yang jelas kita harus membedakan terlebih dahulu antara Prediksi Usia Kehamilan Dengan Prediksi Usia Janin, Jangan Sampai Suami Keluar Kota Baru 2 Minggu, Pulang-Pulang Istrinya sudah Hamil 1 Bulanan. Dan Banyak kejadian seperti ini beberapa kaskuser ternyata mengalaminya.

Kenapa USIA JANIN dihitung dengan mengurangi USIA KEHAMILAN dengan 2 minggu?
Beberapa ahli mengatakan bahwa ovum keluar dari ovarium diperkirakan pada hari ke-14 (2 minggu) sebelum mens berikutnya untuk periode menstruasi 28 Hari Berarti terjadi di hari ke-14 setelah menstruasi. Uniknya Pada Hari Sekitar Ke-14 Setelah Menstruasi, Ovum Yang Sudah Matang Akan Menuju Tuba Falopi Untuk Dibuahi dan hanya bertahan 1x24 Jam setelah itu mati. Jadi itu sebabnya USIA JANIN diprediksi dengan mengurangi USIA KEHAMILAN dengan 2 minggu. Kurang lbhnya seperti itu walaupun pembuahan bisa saja terjadi lebih atau kurang dari 14 hari tergantung siklus menstruasi tiap orang. Kalo kata dokter di sekitaran H-14 sebelum menstruasi berikutnya disebut masa subur. makanya kita disuruh ML di sekitaran H-14 ini kalo mau punya anak. tapi ini berlaku untuk Menstruasi periode 28 Hari. Sebagaimana kita tahu periode normal menstruasi panjangnya 20-35 Hari.

Loh Agan TS HPHT istrinya =17 Februari 2015, Berarti Prediksi Terjadinya Ovulasi (H+14) nya sekitar tanggal 3 Maret 2015. Fix Nih Agan TS DP duluan sebelum nikah, Atau Istri Agan TS Selingkuh.. hahaha
Seperti saya jelaskan sebelumya prediksi Terjadinya Ovulasi dan Masa Subur Wanita Di H+14 Setelah Mens hanya berlaku untuk Periode Menstruasi 28 Hari, Sedangkan Istri saya periode menstruasinya tidak teratur di sekitar 30-36 hari. Untuk itu perlu data lain tentang prediksi terjadinya ovulasi dan masa suburnya. Untuk Periode Menstruasi teratur lengkap silakan cek Tabel Ini


SUMBER : TABEL PREDIKSI MASA OVULASI & MASA SUBUR

Kalo untuk periode menstruasi yang tidak teratur ada lagi rumusnya gan : (periode terpendek kurangi 18) - (periode terpanjang kurangi 11). Misal istri saya periode terpendek 30 dan terpanjang 36. Berarti rentang prediksi ovulasi adalah dr hari ke-12 sampai dengan hari ke-27 setelah menstruasi. Berarti prediksi ovulasi istri saya di rentang tanggal 1 maret 2015 sampai dengan 16 maret 2015 Dan karena untuk periode ini adalah berupa rentang yg panjang, maka lbh sulit untuk menentukan kapan pastinya fase ovulasi terjadi.

Loh kalo gitu bisa aja kan agan dan istri agan DP duluan atau istri agan selingkuh di tanggal 1 maret-7 maret, kan rentang prediksi ovulasinya 1-16 maret 2015?
Kalo bicara logika ilmiah jawabannya bisa saja gan, tp kalo agan pengen pembuktiannya silakan hubungi tim BUSER kwkwkwkwkwk. Kalau saya sendiri saya jelas tahu betul bahwa saya tidak melakukan DP, dan saya pun tidak bs membuktikan kalau istri saya selingkuh dengan orang lain. Yang jelas kalau nanti kita menemukan kasus seperti ini (misal pasangan yg baru menikah lgsg hamil atau suami yg sering keluar kota dan menemukan istrinya hamil melebihi saat terakhir berhungan badan) coba untuk berpikir dari berbagai kemungkinan dan gunakan logika ilmiah, dan setelah itu kalau ingin menjudge suatu kemungkinan, coba untuk sedikit berusaha dengan mencari fakta2nya. Setelah itu baru ambil kesimpulan. *semoga kesimpulan kita tidak salah, karena kalau sampai salah dan kesimpulan itu sudah terlanjur menyebar di kalangan masyarakat, coba bayangkan berapa banyak dosa yang kita sebar dr tiap berita yang didengar oleh telinga orang. Naudzubillah... semoga kita terhindar dr fitnah yg keji. Amin

Apakah Prediksi USIA KEHAMILAN & USIA JANIN selalu tepat?
Dari semua penjelasan, Yang Pasti Tepat Adalah USIA KEHAMILAN dengan menggunakan patokan HPHT soalnya kalo ini kan jelas kita tahu kapan terakhir kali si wanita mengalami Menstruasi, Kalau USIA JANIN, kita cuman bisa memprediksi HPHT dikurangi 2 Minggu, Tapi apakah benar pembuahan terjadi 2 minggu setelah HPHT? tidak ada yang tahu gan... bahkan teknologi seperti USG pun tidak bisa menjamin 100%. Tapi dari prediksi USIA KEHAMILAN & USIA JANIN ini, dokter bisa melakukan penanganan medis jika nantinya si cabang bayi harus lahir di luar periode normal Usia Kehamilan 37-41 Minggu. Kalo kurang dari 37 ya prematur kalo lebih dari 41 ya harus segera dilakukan upaya persalinan dari mulai induksi sampe sesar agar si bayi tidak berisiko penyakitan atau kematian.

Bagi yang pernah hamil pasti tau perhitungan ini dan menganggap info ini biasa saja, tapi bagi saya yang baru nikah dan mendapati istri hamil 1 bulan, adalah info yang sangat menarik karena akhirnya saya tahu perhitungan usia kehamilan sebenernya bukan dihitung berdasarkan pertama kali sperma dan ovum bertemu melainkan HPHT. Cuman permasalahan lainnya tetep muncul ketika satu persatu teman-teman yang belum menikah mananyakan usia kehamilan istri saya, ekspresi mereka pun kaget seperti saya karena usia kehamilan melebihi usia pernikahan, namun ketika saya jelaskan mereka pun akhirnya mengerti, ya tapi tetep cape karena yang nanya bukan cuman 1 tapi banyak jadi mesti sabar jelasinnya

SUMBER : Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah

Quote:Original Posted By JIKA MENSTRUASI TIDAK NORMAL, APAKAH MASIH BISA MENGGUNAKAN HPHT?


Mulustrasi

Salah satu cara menghitung usia kehamilan adalah dengan , rumus Naegle. Rumus ini didasarkan pada hari pertama haid terakhir (HPHT) seperti yang sudah dijelaskan di atas, dan sebenarnya hanya dapat digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid normal, yakni antara 20-35 hari. Karena beberapa wanita ada juga yang mens nya tidak normal, Seperti teman saya mengalami mens 3 bulan sekali. Saya sempet mikir, nanti kalo dia nikah, trus langsung hamil seperti istri saya apa reaksi suaminya ketika tahu istrinya baru dinikahin beberapa minggu trus tapi udah hamil 3 bulan gara-gara ngitung usia kehamilan pake HPHT hahaha.... trus gimana dong solusinya?

Nah buat yang mengalami kasus mens tidak normal atau sekedar pengen membandingkan usia janin dengan HPHT, beruntung lah kita berada di era teknologi sekarang yang bisa menggunakan USG sebagai alat untuk menghitung perkiraan usia janin. Dengan alat ini perkiraan persalinan bisa ditentukan cukup akurat jika pemeriksaan USG dilakukan antara usia kehamilan 7–11 minggu (trimester pertama). Ukuran bayi saat itu belum terlalu besar sehingga dokter bisa mengukur kepala sampai kaki janin (crown rump length atau CRL) dalam satu bidang. Lewat dari 11 minggu, kesalahannya adalah plus minus 7–10 hari. Sementara kalau USG baru dilakukan pada trimester kedua, kesalahannya sudah plus minus 2–3 minggu. Kalau dilakukan pada trimester ketiga, kesalahannya sudah plus minus 3–4 minggu. Jadi, semakin besar suatu kehamilan, semakin tidak akurat untuk menentukan usia kehamilan atau taksiran persalinannya. Hal ini dikarenakan perhitungan usia janin dengan menggunakan USG adalah dengan mengukur perkembangan bayi seperti Panjang janin, Lingkar Kepala, Lingkar Perut, Dll dan tentunya perkembangan janin tiap ibu hamil pasti berbeda-beda. Logikanya seperti kita menaksir usia seorang anak yang mempunyai tinggi badan 110 cm yang rata-rata berusia 5 tahun, tapi ada juga anak 5 tahun yang tingginya 120 cm atau 100 cm, seperti itulah cara kerja USG. Mengingat taksiran persalinan USG tidak 100% akurat, penting membandingkannya dengan taksiran persalinan berdasarkan HPHT. Ada juga sistem USG yg bs menentukan usia janin lbh tepat yaitu USG transvaginal, jd katanya USG nya dimasukin ke dalam vagina. Tp saya kurang tau persis soalnya saya menggunakan USG 2 Dimensi ajah

Pengalaman pemeriksaan USG istri saya pertama kali , hasil USG menunjukan angka 2 minggu 5 hari (minggu ke-3). Untuk trimester pertama ini, saya cukup yakin dan percaya hasil USG ini, karena selain karena usia pernikahan saya yang baru 2 minggu-an, Pemeriksaan dengan USG di Minggu-Minggu Awal kehamilan tingkat kesalahannya plus minusnya sekitar 1 Minggu sehingga akurasinya lebih tepat. Penggunaan USG kalo udah trimester kedua atau trimester ketiga kehamilan USG tingkat akurasinya semakin berkurang, Pengalaman saya periksa usg di usia kehamilan istri yang sudah 35 Minggu (versi HPHT) ternyata setelah diperiksa dengan USG hasilnya adalah 31 Minggu. Jadi gimana nih cara mengetahui usia janin yang tepat? jawabannya nggak ada yang tahu bro, Rahasia Ilahi!! Mending HPHT dan USG nya dipakai saja buat perbandingan prediksi kelahiran

Quote:Original Posted By SAAT INI, RATA-RATA WANITA MELAHIRKAN TERNYATA KURANG DARI 9 BULAN 10 HARI


Mulustrasi

Saat ini (3 November 2015) usia kehamilan istri saya sudah memasuki 37 Minggu (Versi HPHT) dan dokter bilang posisi kepala dede bayi udah di saluran kelahiran dan semua organ sudah sempurna, dan prediksi kelahiran kemungkinan bisa lebih cepat di minggu ke-38. Loh kok bisa? bagi pasangan yang takut dede nya lahir prematur, jangan takut dulu karena ternyata banyak kok wanita yang melahirkan kurang dari 40 minggu. Menurut hasil penelitian, rata-rata kelahiran normal yang terjadi saat ini bukanlah 9 bulan 10 hari (280 Hari) tapi 268 Hari (38 Minggu 2 Hari). dan setelah saya tanya ke teman2 yang sudah melahirkan memang mengatakan bahwa rata-rata anaknya lahir di usia 38 Minggu secara normal walaupun ada beberapa orang saja yang saya tanyakan melahirkan di usia 40 minggu.

Untuk Lebih Jelasnya silakan cek hasil penelitian ini
SUMBER : SAAT INI, RATA-RATA WANITA MELAHIRKAN DI USIA 38 MINGGU 2 HARI

Lalu berapa usia kehamilan minimum agar bayi bisa dilahirkan secara normal?
Setelah saya tanyakan dokter, beliau bilang mulai dari usia kehamilan 37 minggu seorang bayi sudah bisa dilahirkan secara normal karena pada usia kehamilan 37 minggu ini seluruh organ tubuh bayi sudah lengkap dan beliau menambahkan maksimum di usia 41 minggu bayi sudah harus lahir jika tidak ingin mengalami risiko sakit atau kematian. Nah kebetulan juga ada referensi yang menguatkan hal tersebut, silakan dibaca
SUMBER : BAYI MULAI LAHIR NORMAL DI USIA KEHAMILAN 37 MINGGU

Demikian sekilas pengalaman saya, mungkin di antara agan-agan ada yang mengalami hal yang sama? soalnya punya pengalaman yang kayak gini sangat unik, dimana saya harus meladeni pertanyaan temen-temen tentang usia kehamilan sampai menanyakan prediksi melahirkan kok bisa di minggu ke-38. Karena jika benar prediksi dokter bahwa istri saya akan melahirkan di minggu ke-38, maka insya Allah Anak saya akan lahir di tanggal 10 November 2015 (8 Bulan 2 Hari semenjak pernikahan saya di tanggal 8 Maret 2015) tapi bisa juga lebih karena dokter kan juga hanya memprediksi. Dan karena dari kemaren banyak banget yang nanyain hal seperti ini, akhirnya saya buat thread ini, jadi biar saya nggak capek jawab pertanyaan mereka satu-satu, biar saya kasih link kaskusnya biar mereka langsung baca (hahahaah) dan siapa tau info ini jadi berguna buat temen2 di kaskus biar kaskus jadi situs yang semakin informatif buat kita semua ya nggak gan? Kalo agan punya pengalaman yang sama dengan saya, silakan dibagikan dimari gan.. Dan mohon doanya mudah-mudahan anak pertama saya dan istri lahir dengan selamat. Amin

Nggak Menolak
Rate Bintang Lima ya gan?? sama di Up terus
Mudah2an bisa jadi info yang bagus untuk kita semua. amin
Btw Thx yang udah NGESHARE, Jadi makin banyak org yang bisa ngeliat info ini



Quote:
Spoiler for YANG SEPENGALAMAN SAMA ANE:
Quote:Original Posted By okan23
Temn ane pernh nie gan kyk gini,,,,,, nikah baru 21 hari tpi usia janin udh 1 bulan,,,, doi sempt kaget pdhl orng.a kgk pernh neko",,,, doi takut bilng k suami.a takut di ceraikan lah ,,,,, ane yg wktu itu pertama kali di kasih tau,,,,, ane pun kaget bukan kepalang aplgi ane gak punya pengalaman tenteng usia janin ini,,, ane berusaha nenangin doi dan bilang k doi mungkin aja hasil periksa di bidan.a salah dan ane bilang klo besok kita periksa lagi sumpah semalaman ane gak bisa tidur mikirin keadaan teman ane ini,,,, dalam pikiran ane kok bisa?????? Jangan" doi di perkosa jin kale akhir.a kita berangkat dan allhamdulliah setlh melalui penjelsan yg cukup rumit jawaban.a pun terjawab sudh,,,,, yaa ane suruh aja doi besok datang sama suami.a

Quote:Original Posted By karanggoapi
ane mau bagi pengalaman nih agan2 semua.
ane termasuk golongan bg toyib, tapi yang bertanggung jawab .

ane kerja jauh dari istri, pulang paling cepet, 3 bulan sekali. dan itu pun cuma 3-4 hari.
karena jarang pulang, ane lebih teliti dalam menentukan kapan ane pulang (yang udah berkeluarga pasti ngerti ).
jadi singkat cerita, beberapa bulan setelah ane pulang, ane dapet kabar, istri ane hamil.

orang awam kya ane pasti ngambil kesimpulan, usia janin dimulai dari masa pembuahan/ bisa jadi juga beberapa saat (hari) setelah pembuahan. tapi pas ngecek ke dokter kandungan, usia calon anak ane (versi hitungan dokter) lebih besar dari hitungan ane. Logikanya kan hitungan ane yang bener, soalnya ane yg bikin, dan tanggal bikinnya pun ane yang tau.
Ternyata setelah baca-baca, hitungan medis emank dimulai dari saat hari pertama datang bulan terakhir...

jadi, menurut logika ane umur bayi di kandungan ga nyampe 9 bulan 10 hari.

Quote:Original Posted By wedhusdragrace
kita sama bro, HPHT bini gua 2 minggu sebelum nikah trus priksa ke bidan 6 minggu setelah nikah eh kata bidannya udah hamil 8 minggu, gimana gak bingung gua

Quote:Original Posted By d_glimmerman
sama kayak pengalaman ane
perasaan baru 1 bulan berbuat eh kok dah hamil 1,5 bulan

Quote:Original Posted By kuruskering91
persis sama ane.

HPM istri : 5 sept
Tgl Nikah : 19 Sept

skr udh masuk usia kandungan 2 bln. do'ain anak ane sehat ya gan.
btw selamat buat agan.

Quote:Original Posted By Biroe22
pengalaman pribadi gue nihh,baru nikah sebulan koq usia kandungan 2 bulan??secara pacaran LDR pasti ada tanda tanya waktu itu,tp pas dokter nya menjelaskan semua akhirnya terjawab semua keraguan,nice share gan semoga membuka mata para calon bapak yg masih awam akan hal ini.

Quote:Original Posted By rajamarmer.com
Ane juga ngalamin istri hamil yang pertama shock. Tapi setelah dijelasin, ane paham. Jadi ga usah panik ya Gan ! Kalo ga percaya tes DNA aja. hahay

Quote:Original Posted By zekushu08
Kejadian banget gan di istri ane, nikah bulan mei 2015, sekarang usia kehamilan istri udah 7 bulan

Quote:Original Posted By cemilanpagi
Sama mas gan, istri ane juga dulu ngalamin yg kek gini.....tp dokter menjelaskan detail bgt, jadi kita paham deh

Pengalaman Baru Nikah 2 Minggu Tapi Usia Janin Sudah 1 Bulan?
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/56388cea529a45ee4c8b4567/pengalaman-baru-nikah-2-minggu-kok-usia-janin-1-bulan Category:
My Story
Pasang Iklan
close