Bahaya Rokok

Desain Cooling Pad

Thumb up Cooling Pad (Kipas Laptop) Rancangan Ane, Cocoklah Buat Gamer

Tags: Knowledge - Engineering - Interest - Design - Technology - Computer - Activity - Creativity - Inspiring - Innovation
dimensionof
UserID: 7820655
Quote:Desain Cooling Pad
Desain Cooling Pad
Quote:Quote:Desain Cooling Pad

Quote:Quote:"Penemuan tidak harus selalu besar, karena sekecil-kecilnya Penemuan tetap hasil daripada kretifitas, dan kreatifitas banyak ditemukan dari hal-hal kecil, itulah yg membuatnya besar" - dimensionof
Quote:
Spoiler for Cooling Pad:
Desain Cooling Pad

You're The Inventor - Oi Gan! Ululululululu.. Emoticon Okelah, Ane mau share hasil penemuan ane berupa rancangan sederhana bagaimana memaksimalkan potensi Cooling Fan Mini menjadi sekelas Cooling Pad Gaming Emoticon. Berawal dari aktivitas Laptop ane yg sering terserang DBDL (Demam Bila Digunakan Lama), dan karena Laptop ane sering ditempatkan di medan yg tak bersahabat, ane pun berinisiatif membuat proyek rancangan ini untuk sang Laptop Emoticon. Oke berpanjang lebarnya ditempat lain saja. Cekidot!

Quote:Latar Belakang

Spoiler for Open:
Kebetulan Ane punya Laptop yang mereknya sering diplesetkan jadi singkatan "Agak Cepat Rusak" Emoticon, dan yah benar saja sesuai dengan singkatan yg menyindir tersebut entah sudah berapa kali barang yg satu ini mengalami berbagai jenis kerusakan atau gangguan baik secara fisik (hardware) maupun daleman (software), mulai dari blue screen, sering hang, tiba2 matot, terserang virus, battery soak, dan sebagainya. Dan entah sudah berapa kali pula benda ini diinstall ulang dengan kata lain men-format berbagai data penting Ane dibagian C:\Download\Video, siapa yg tidak emosi Gan? EmoticonSelain itu, karena panasnya yg selalu berlebih akhirnya ane memberi nama Laptop Ane ini Ace, terinspirasi dari karakter anime yg punya kekuatan Mera mera no Mi. Ane pribadi gak bakal heran kalo suatu hari Laptop ini tiba2 terbakar dengan sendirinya.

Meski Ace sering membuat Ane emosi karena sifatnya yg benar2 bandel dan sulit ditebak, tapi bagaimanapun ane tidak bisa meninggalkan Laptop kesayangan Ane ini begitu saja Emoticon. Banyak kenangan yg telah ane lalui bersama Ace, apalagi hubungan kami berdua sudah berjalan kurang lebih 5 tahun dari semester 3 high school sampai sekarang menjelang akhir masa kuliah, selama itu banyak sekali momen naik pitam yg membuat Ane gerah dengan Ace dan ingin sekali membuangnya Emoticon. Tapi bagaimanapun juga selama ini Ace lah yg selalu membantu ane mengerjakan banyak tugas dan laporan kuliah, termasuk menyimpan file2 Tugas Akhir ane. Jasanya yg besar tersebut membuat ane merasa harus untuk terus merawat performa dan kinerja Ace agar tetap baik dan selamat, setidaknya sampai ane punya Asuu atau Mushibah.

Berdasarkan sejarah keberadaan Ace tersebut, satu hal yg ane pahami dari Ace adalah kerusakan yg sering terjadi padanya disebabkan oleh panasnya yg sering berlebih, maka dari itu ane mencari cara bagaimana sih agar demam Ace ini bisa turun? Emoticon Belum lagi meja belajar Ane alasnya dari kaca yg memang selalu menyimpan panas setiap bagian bawah Ace melakukan kontak fisik. Kekurangan dari Ace yg lain adalah dia tidak bisa dipreteli begitu saja untuk sampai pada bagian heatsink, meski ane tahu pasti di dalam sana sudah sangat berdebu Emoticon. Maka dari itu ane cuma bisa membelikan Ace kipas lipat mini (sialnya waktu itu yg ane beli kipasnya cuma nyala satu gan, k*mpret!), sayangnya selama penggunaan kipas tersebut ane merasa kurang efisien, karena ane sering menggunakan Ace di medan yg tidak rata, misalnya di kasur, karpet, aspal, dll.

Akhirnya ketimbang membeli Cooling Pad Gaming yg segede gaban itu, ane pun berinisiatif merancang alias merakit sendiri sebuah Cooling Pad sederhana bermodal Cooling Fan mini dan sebuah kardus bekas kemudian membentuknya menjadi Cooling Pad dimana dengan itu Ace bisa selalu duduk manis, mantap, dan seimbang disegala jenis medan dan dimensi kehidupan Emoticon. So, apakah ane akan berhasil? Hanya waktu yg mungkin bisa menjawabnya. Emoticon

Quote:Alat dan Bahan

Quote:Alat
- Pisau Cutter
- Pensil
- Penggaris
- Plester/Selotip

Quote:Bahan
- Kipas Laptop / Cooling Fan
Spesifikasi: Jenis Lipat atau Kepiting
Jumlah: 2 Buah (boleh ditambah tergantung kebutuhan)
Catatan: Bisa dibeli di toko elektronik, atau cari online, asalkan jangan nyolong.
- Kardus
Ukuran: Disesuaikan dengan P x L Laptop
Jumlah: 1 Buah
Catatan: Disarankan pakai kardus dari Laptop yg agan beli sendiri.

Quote:
Spoiler for Alat & Bahan:
Desain Cooling Pad

Quote:Langkah Perancangan

1. Siapkan semua bahan yg dibutuhkan

  • Kardus
    Kardus persegi panjang dengan ukuran P x L lebih beberapa senti dari ukuran Laptop, kira2 60 x 30 cm, berbentuk balok dengan tinggi sekitar 5 cm sebagai ruang hampa. Pastikan bahan Kardus yg digunakan kuat.

    Kebetulan ane punya Kardus daleman dari Laptop Asuu yg menurut ane rangka dan desainnya sangat sesuai untuk mempermudah pengerjaan proyek ini. Berikut gambaran dari Kardus yg ane punya:

    Spoiler for Open:
    Desain Cooling Pad
    Desain Cooling Pad

    Tapi pada dasarnya kardus jenis apapun boleh untuk digunakan, asalkan bisa disesuaikan dengan ukuran masing2 Laptop dan tergantung kreatifitas dalam mengolahnya. Namun memang diutamakan Kardus Laptop karena pastinya sudah sesuai ukuran serta tidak perlu lagi repot2 mendesain bentuknya.

  • Cooling Fan
    Disini ane menggunakan 2 Cooling Fan Mini yg masing2 memiliki 2 kipas, tergantung kebutuhan dan sesuaikan pula dengan jumlah port USB pada Laptop. Harga sebuah Cooling Fan Mini biasanya sekitar 15-25 rb, sedangkan untuk satu Cooling Pad Gaming berkisar 60rb keatas, jadi secara estimasi biaya cukup hemat dan terjangkau. Emoticon
2. Desain lubang pada bagian atas Kardus

Lubang ini tentunya berfungsi agar angin dari Cooling Fan bisa menyentuh bagian bawah Laptop. Cukup banyak alternatif yg bisa jadi pilihan dalam mendesain lubang, diantaranya:

  • Desain Bottom
    Ane pribadi menggunakan desain ini:
    Spoiler for Open:
    Desain Cooling Pad

    Jadi bentuk lubangnya disesuaikan dengan ventilasi atau rongga2 yg ada pada bagian bawah Laptop sehingga angin yg dihasilkan Fan lebih terarah dan mudah masuk ke bagian dalam Laptop.

  • Desain Polkadot
    Desain ini lubangnya dibuat random dengan model polkadot:
    Spoiler for Open:
    Desain Cooling Pad

    Jika menggunakan desain ini maka perhatikan jarak antar lubangnya, berikan jarak yg sesuai antar lubang satu dengan yg lain, yg pasti jangan terlalu berdekatan.

  • Desain Grafity
    Nah kalau mau yg lebih rumit dan anti mainstream boleh coba desain Grafity, misalnya seperti ini:
    Spoiler for Open:
    Desain Cooling Pad

    Lainnya boleh pakai desain kotak2, doodle, labirin, ataupun bentuk wajah agan sendiri, tergantung kreatifitas. Emoticon
Gambar desain menggunakan pensil dengan bantuan penggaris. Jangan lupa sebelum mendesain buat garis tepian terlebih dahulu untuk menyesuaikan posisi Laptop saat diletakkan nantinya.

Spoiler for Open:
Desain Cooling Pad

Setelah desain selesai maka potonglah dengan pisau cutter, dan sisi hasil pemotongan boleh di plester biar tepian terlihat lebih halus dan tidak gampang terkelupas.

Spoiler for Open:
Desain Cooling Pad

3. Masukkan Cooling Fan ke dalam kardus

Sekarang waktunya memasukkan Cooling Fan ke dalam ruang hampa Kardus, boleh disesuaikan letaknya dengan lubang yg dibuat tadi ataupun kalau tidak juga tidak masalah. Pastikan jaraknya tidak terlalu jauh dengan pinggiran Laptop agar kabel Fan bisa terpasang dengan baik pada Laptop nantinya.

Spoiler for Open:
Desain Cooling Pad

Setelah letaknya pas gunakan selotip untuk mempertahankan posisi Fan dalam Kardus agar tidak bergeser sewaktu Kardus digerakkan.

4. Buat lubang untuk kabel USB

Agar kabel USB dari Fan bisa tersambung ke port Laptop, buat lubang yg pas dipinggiran Kardus sehingga kabel tersebut dapat keluar.

Spoiler for Open:
Desain Cooling Pad

Berhubung ane menggunakan 2 Fan dan kebetulan port USB Ace ada di kanan kiri maka lubang yg ane buat juga di kanan kiri.

5. Buat lubang ventilasi dibelakang Kardus

Agar sirkulasi udara dalam Kardus berjalan lancar, maka sebaiknya dibuat ventilasi atau beberapa lubang dibagian belakang dan samping Kardus sehingga udara bisa bebas masuk menggantikan udara panas dalam ruang hampa.

Setelah semua langkah2 atau tahapan perancangan selesai, dengan demikian Cooling Pad agan sudah jadi, waktunya melakukan pengujian.

Quote:Hasil Pengujian

Cooling Pad tampak atas
Quote:Desain Cooling Pad
Cooling Pad tampak dalam
Quote:Desain Cooling Pad
Cooling Pad tampak samping
Quote:Desain Cooling Pad
Cooling Pad dalam uji coba
Quote:Desain Cooling Pad
Ace tampaknya merasa nyaman. Emoticon

Quote:Desain Cooling Pad
Cooling Fan tampak bekerja dengan baik. Emoticon

Quote:Kesimpulan

Setelah melakukan praktek pembuatan Cooling Pad dengan bahan Kardus bekas, maka diperoleh kesimpulan:
- Cooling Pad ini dapat digunakan dengan praktis di segala alas dan medan tanpa menimbulkan efek samping.
- Cooling Pad ini menghemat pengeluaran dibanding membeli Cooling Pad Gaming di tengah krisisnya kondisi Ekonomi.
- Cooling Pad ini punya potensi memenangkan hadiah nobel dan masuk 7 keajaiban dunia, plus diundang ke White House.

Quote:Tips Penting

Harap perhatikan tips2 atau saran2 berikut dalam membuat proyek ini:
- Pastikan ventilasi pada Kardus dibuat cukup banyak sehingga sirkulasi udara berjalan dengan lancar dan udara segar bisa masuk dengan baik menggantikan udara panas dalam ruang hampa.
- Bagi yg khawatir dengan kinerja Laptop terhadap pemakaian port USB dan masalah semacamnya, gunakan adaptor USB untuk Fan yg memungkinkan penggunaan akan lebih baik dan efisien.
- Masukan dari Kaskuser lain ada di bawah.

Demikian yg bisa ane jabarkan dalam merancang sebuah Cooling Pad sederhana untuk Laptop kesayangan yg prakteknya bisa agan aplikasikan sendiri. Rancangan ini selain telah mengasah kreatifitas Ane dalam mengisi waktu luang, Alhamdulillah juga berhasil membuat Ace bisa bernafas lebih lega dan sedikit lebih adem. Harapan ane semoga thread ini bermanfaat bagi Kaskuser dan Laptopnya. Bagi yg memiliki saran untuk pengembangan Cooling Pad ini silahkan komentar, plus jangan lupa Emoticon & Emoticon.


Quote:SARAN KASKUSER

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By VLADISLAUSXV
Sampingnya bolongin gan, buat angin masuk biar lebih segerrrrr Emoticon

Quote:Original Posted By zahraazalia

maksudnya gini gan, setau saya kipas begituan ada yg ngipas ke arah bagian bawah leptopnya dan ada juga yg menghisap pasan dari bawah leptopnya ,

dan kalo yg agan terapkan itu kipasnya kebagian atas/mesin itu pentilasinya kalo di bagian bawah kurang efektip,karena kardus masih di letakan di atas media lagi kan, kasur meja dll,
lebih baik bagian sisi aja yang di bolongin full kanan kiri bolong, jadi udara lebih bebas tanpa halangan mau di medan apapun,
satu lagi gan alagkan baiknya daya kipas agan pakai adapter sendiri biar gk nguras batre lepinya,
kalo gk ada adapter agan bisa pake casan hp yg mA besar yg kekitaran 1000 lah yg pake usb itu,

maaf kalo salah gan.

Quote:Original Posted By tetekmurata
gan sedikit saran nih,
kalo ente pake fan dari fan cooling pad biasa rasanya kurang greget ganEmoticon, mending ente kasih fan dari nidec, sunnon, delta, sanyo denki, sunflow biasanya tuh merek2 fan yang di pake produsen server dan tuh fan pake 3 ato 4 pin kabelnya.
trus ente bisa bikin ato beli rangkaian fan speed controller di fjb ato ente browsing aj, nah kalo jadi tuh fan bisa ente genjot speednya sampe 5000rpm, hembusannya dewaaaa tuh gan, pendinginan bisa optimal bisa terbang laptop enteEmoticon

Quote:Original Posted By a8651
keren gan dapet aja ide kyk gini Emoticon
lebih bagus lagi kardusny dibungkus pake kertas kado atau apalah, atau mungkin bisa pake poster wallpaper jadi keren dah pasti Emoticon Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By drowsy.owl
kalo bisa yg bahannya alumunium sih, dinginnya ngaruh, walopun kipasnya gak kenceng2 amat Emoticon cmiiw

Quote:Original Posted By deguz
*) lubang udara masuk ke kardus di samping aja gan buat meminimalisir debu yang ikut kesedot gitu
*) trus kabel usb di dalem kardus dijadikan satu aja (disambung) biar efisien n keliatan lebih rapi Emoticon

Quote:Original Posted By headphon3
keren gan idenya... kalau boleh kasih masukan, ane punya beberapa usul gan.
inti dari sistem pendingin adalah mengganti udara panas dengan udara dingin. karena desain laptop yg kompak, seringkali menggunakan sistem pendinginan pasif. nah, disini seharusnya cooling pad itu mengambil peran, dengan cara menghisap udara panas dan memasok udara dingin. buatkan kompartemen udara terpisah untuk input dan untuk exhaust, dimana masing2 diberi blower yang nggak terlalu kencang dan tidak mengarah langsung ke laptop.
intinya menggunakan pergerakan udara natural, krn aliran udara yg terlalu kencang jg bisa bikin penyerapan panas kurang optimal. itu aja sih gan.

salute.. keep up the good work.

Quote:Original Posted By ludviAlvinL
si agan TS rajin juga ya. mending listriknya ngembat dari charger hp gan. menghemat daya laptop juga, dprd ngembat 2 port usb.

beli exaust fan eksternal juga lmyn. bisa ngurangin 3-8" c. cuma rata2 suaranya berisik.

cooling pad klo kipasnya murahan juga, ga bkin dingin gan. tmn ane pake fan 12 cm yg 220v, kudu colok listrik emg, tp dahsyat bkin adem laptop.

yg pasti sih, kudu sering bersihin siripnya, pasti debu nempel ky perangko, paling engga 6 bulan sekali. "Agak Cepat Rusak" ane awet2 aja. udah 4 tahun. klo hdd mah, usia paling banter cm 2-3 tahun, bad sector wajar, head atau disc nya melemah. batre lepi ane baru bocor stelah lewat 3 tahun. selalu pantau kapasitas pake software seperti aida64. jd tau kapan batre harus dikalibrasi, fyi, ane jarang nyabut adaptor/charger ketika batre udah full.

Quote:Original Posted By yos.mrdata
kurang ventilasi aja gan di samping" nya bolongin, klo rapet gitu angin ga niup tuh (hampa), yg ada hisap dr atas fan yg bolong itu jadi ga ada angin seger nya malah hisap angin panas ngeluarin angin panas juga dr laptop Emoticon

Quote:Original Posted By wellbee
tambahan gan, didalam kardusnya ente masukin es batu gan, tapi dilapisin dengan bahan yg gak nembus basah.. biar kayak ac Emoticon

Quote:Original Posted By wakgondar
keren gan Emoticon

klu bisa punya powerlistrik sendiri
karna 1 kipas uda beban apalagi 2

sebenarnya kendala di laptop berawal dari kelistrikan
jika terus di colokin usb laptop
lama batrenya bsa koid(Drop) itu gan

solusinya pake ini gan

Spoiler for :
Desain Cooling Pad

ambil listrik dari rumah sehingga
ga bebani batre laptop

Quote:Original Posted By roborawr
kalau ane biasanya pake adaptor gan. beli aja di toko elektro bukan elektronik gan.
Ane makenya yang 24v/2A harganya antara 45-100rb tergantung merek gan.
Nah untuk masalah colokan beli aja jepit buaya terus kabel dari adaptor ke usb.
hahaha..speednya bakalan mentok terus CMIIW

Quote:Original Posted By IzenStriker
Kurang greget gan. Pake AF 140nya Corsair. Emoticon

Sedikit saran, finishing di luarnya tempelin plastik mika. Emoticon

Quote:Original Posted By cikakoe1
kalo mau lebih yg lebih aman buat batraynya bikin source powernya jangan yg dari batrey laptopnya gan, tapi ke colokan listrik.

Quote:Original Posted By gamerzkid89
Uji ketahanan bisa berapa lama gan?
Maklum ini kan dari karton kardus yang lama-lama bisa meleot tuh...
Btw, ente kreatif gan..
Kalo mau lebih mantep mungkin kipasnya pake kipas CPU sekalian, lebih tebal gpp tapi ya cari kabel connector yang bisa buat kipasnya nyala..
Mantep kayaknya Emoticon

Quote:Original Posted By randyzulc
gan satu tips dari ane biar kipas si ace dingin (ane juga laptop ace nih Emoticon ) yaituu...
ente ke tempat tambal ban / bengkel bawa laptop ente n pinjem lah pompa anginnya yang berbentuk pistol,, tembakin angin di kipas2 milik laptop ente jangan deket2 agak jauhan... ane yakin keebul banget tuh yg punya ente Emoticon
si ace kenapa bisa panas soalnya kipasnya uda kotor n ga pernah di bershin... silahkan mencoba Emoticon

salam chupachupkings Emoticon

Quote:Original Posted By kampreto720p
keren jg gan, tapi lebih bagus kalo itu fan berfungi menyedot udara panasnya gan, bukan niup udara panas
sama bagian samping dan bawah dibolong juga gan biar lebih leluasa angin yg keluar

Quote:Original Posted By fir3mansyah
Agak kurang awet gan, soalnya kardus kan, kalo kena air meletot, mungkin bisa dengan nampan atau baki bekas, lebih awet untuk jangka panjang

Quote:Original Posted By ugasbanung
yang ampuhnya lagi setahun sekali tuh laptop di maintaence bro . cleaning fan .bersihin kisi" antara Heatsink dan kipas. debu ngumpulnya di situ bro . malah bisa jadi spon halus yang nutupin keluar panas procie dan VGA.. kalau dah begini mo pake cooling fan gak bakalan mamjur bro . hanya memperlama waktu matinya doang . kalau terus"an begitu siap" procie atau Vga internalnya Koit. kalo dh kejadian baru nyesel Emoticon .motor aja di maintence setiap bulan ,masa laptop setahun sekli atau 2 tahun ( pemakaian Indoor ) gak bisa ...heheheh Emoticon

Quote:Original Posted By raras13
kenapa gk nyambung kabel fan dr fan pc aja gan? bukannya lebih murah dr segi harga dan pada akhirnya cuma butuh 1 port usb.. memang lebih ribet sih prosesnya..

Quote:Original Posted By harrysetiawanh
Kelihatannya fannya masih kegedean gan hehehe
MAu cakep lagi pake fan yang kecil2 diameternya supaya bner2 anginnya deres masuk ke leptop lewat celah yang kita siapkan di kardus...

BAhannya bisa cari di toko elektrik, DC fan 5v(diameter menyesuaikan) kabel usb, nah tinggal dirakit deh hehehe
CAkep lagi pake fan 12 v kasi power supply, kenceng dah hihihi Emoticon

Quote:INOVASI KASKUSER

Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By knhebat
1000% lebih ampuh ini gan.... kipas maspion langsung ke ventiasi laptop

kipas laptop kerja jadi enteng. body laptop terasa dingin 100%

taruh pejwan biar greget

CEK GAMBAR

Spoiler for GAMBAR:
Desain Cooling Pad

Quote:Original Posted By frozenark
tambahan gan : Membuat Kipas Laptop

punya kipas bekas pc engga kepake ? jadiin kipas buat laptop cooler aja gan (daya via port usb)
siapin 1 kabel usb, potong salah satu ujungnya, sambungin ke kabel molex kipas

intinya :
jalur listrik ke listrik
jalur ground ke ground

alternatif :
kalau daya nya via colokan listrik, kabel usb di ganti dengan adaptor AC-DC (banyak di toko listrik)
terus disambung deh kabel molex kipas ke kabel adaptor ac-dc

Quote:Original Posted By guardianton
Kaya gini ya gan?Desain Cooling Pad

Quote:Original Posted By pedro96tomcat
B*tch please..
Punya ane udah ane 'telanjangin'
Emoticon
Desain Cooling Pad
Anggap saja tampak bawah..
btw, ide bagus jadikan kardus sbg alas.
Emoticon

Quote:Original Posted By wisnucyberw123
Numpang share juga hasil karya ane gan.
Spoiler for hasil karya:
Desain Cooling Pad

=Bahan pake plat ACP , jadi tatakan ane pake alumunium jadi adem terus Emoticon

=Terus kipas ane pake ukuran 12 cm sama 8 cm.

=Yang samping buat nyedot udara panas yg keluar.

=Yang 12 CM itu nyemprot pas ke ventilasi yang masuk motherboard langsung. (harus sering dibersihin dalemannya biar gak kotor kipas HSF nampung debu yg di tiup dari cooling pad)

= Power ane pake adaptor , jadi putaran kipas bisa maksimal 12v. klo pake usb kan cma 5v gak dingin bgt

= dibawah ane pake lampu led 3 biji biar tambah keren pas malem Emoticon

Semoga bisa ditaruh pageone buat inspirasi

Quote:Original Posted By dediputra182
Kalau ane pake Kipas Radiator Penyedot Panas Laptop(Inget gan DIsedot bukan DIsembur angin kaya Cooling Pad, jadi lebih Mantab panasnya keluar Emoticon)

Desain Cooling Pad

Desain Cooling Pad
Langkah-langkah Mendesain Cooling Pad Menggunakan Kardus Bekas
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/560a837d925233640e8b456a/kombat-cooling-pad-kipas-laptop-rancangan-ane-cocoklah-buat-gamer Category:
Tips Trick
Pasang Iklan
close