Bahaya Rokok

Breeder Pabrik Puppy

Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY (anak anjing)

Tags: Lifestyle - Health - Animal - Activity - Controversy - Inspiring - Crime
leonardomufc
UserID: 977292
Breeder Pabrik Puppy

"The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way its animal are treated." - Mahatma Gandhi

Quote: INTRO Quote:Halo Agan dan Sista, selamat datang di thread pertama saya di lounge. Saya ingi berbagi pengalaman tentang kisah kejam para breeder anjing2 yang lucu yang biasa kita lihat di pet shop ataupun di pameran.

Isi dari Thread ini murni berdasarkan tulisan dari ibu "Dhini Damayanti H" yang saya dapat dari faceboook beliau, tanpa ada perubahan isi baik penambahan atau pengurangan.
isi threead ini sendiri sudah sepenuhnya meminta ijin dari ybs. Untuk segala jenis repost di forum lain ataupun media masa, harap langsung menghubungi beliau, bukan saya sebagai TS Emoticon
TS sendiri tidak bermaksud menyinggung praktek keji dari breeder yg tidak bertanggung jawab, karen TS sendiri yakin masih banyak orang yang mengembangbiakan anjing ras, dengan cara yg benar.

Breeder Pabrik Puppy

What a cute puppy!

Quote:Well, setelah sekian banyaknya request dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang breeder, maka sebuah tulisan ini saya buat dengan harapan bisa bermanfaat untuk mengedukasi tanpa berusaha berpihak kepada siapapun. sumber dari tulisan ini adalah pengalaman saya di bidang animal rescue di lapangan, beberapa referensi artikel dan dokumentari yang saya baca dan saya tonton, serta sharing saya dengan beberapa teman yang sangat ahli dibidangnya. Apakah ini sebuah tulisan persuasif? well short of. This is an information that i hope can persuade you to think differently. Emoticon

Enjoy!
Damayanti Dhini.


Breeder. Siapa sih breeder ini? mengapa mereka disebut sebagai salah satu pihak yg melakukan penyiksaan satwa? Basicly, breeder atau dalam bahasa di sebut pembiak /peternak adalah orang yang dengan sengaja membiakan hewan peliharaanya untuk selanjutnya di jual sebagai komoditas yang bernilai sejumlah uang. Dan yang akan saya bahas lebih dalam kali ini adalah pembiak anjing dan kucing. Satwa sahabat manusia.

Puppy. siapa sih yang ga suka sama puppy lucu yang sering kita lihat di petshop? Ntah apa yang ada dibenak orang yang menganggap mereka tidaklah lucu. tapi pernahkah terfikir darimana mereka asalnya? "dari indukan anjing yang bahagia tentunya. mangkanya anaknya lucu" well in this case, yuk intip beberapa foto yang saya abadikan saat berkunjung ke "suplier puppy di petshop"

Quote: Breeder Pabrik Puppy Breeder Pabrik Puppy Breeder Pabrik Puppy
*foto pabrik anjing
beberapa foto ini adalah sebagian kecil foto yang bisa saya abadikan sendiri menggunakan kamera ponsel saya ketika berada di sebuah "pabrik" puppy.

para indukan ini adalah anjing anjing pure breed yang seumur hidupnya didedikasikan untuk menghasilkan anak-anak anjing lucu yang di etalase etalase petshop. jangankan merasakan kasih sayang atau sekedar tidur di pangkuan majikan. Merasakan makanan yg sesuai dengan kebutuhan gizi mereka pun tidak. sampai akhir hayatnya, mereka hanya bisa melihat pagar besi yang membatasi mereka untuk bergerak kesana kemari.

Banyak pertanyaan yang saya dapat ketika saya bercerita kisah ini pada orang lain.

1. ini serius? kirain cuma ada di luar negri aja.
Ia serius. saya sendiri sudah kluar masuk beberapa "pabrikan" buat ambil sebagian nyariin rumah yang layak.

2. tapi kan yang di petshop itu lucu" masa indukannya begini bentuknya?
Lucu karena mereka masih sangat kecil. ada di usia yang memang menarik mata dan hati orang yang melihatnya. coba tanya paling usianya kisaran 2-3 bulan. kebayang ga kalo usia baru masuk 8 minggu udh berhari- hari atau berminggu minggu di etalase usia berapa dipisah dari induknya? bisa" 6 minggu. belum vaksin dan masih menyusu pada induknya. atau bahkan sebagian belum vaksin. secara umur vaksinasi ada di 8 minggu.

3. kwalitas mereka gimana kalo indukanya begini?
secara fisik, semua anjing di petshop pastinya anjing sempurna tanpa cacat. ga mungkin di jual yg buta, atau cacat fisik. Tapi coba perhatikan. feces anjing di petshop cenderung cair bukan dalam bentuk solid. hati" ini harus diwaspadai.
mereka lahir dari induk yang tidak sehat secara lahir batin so banyak kasus baru bawa pulang anjing dari petshop jadi keluarin uang jauh lebih banyak untuk biaya dokter, biaya opname, atau biaya rumah vet lainnya karena banyaknya penyakit bawaan pada si puppy lucu. so lucu darimananya ya kalo cuma ngabis"in uang di vet atau ngebatin karena ga tega si anjing terkulai lemas? (pengalaman pribadi). secara fisik pertumbuhan mereka tidak bisa maksimal (mostly untuk anjing besar) saya pernah bandingin husky saya saat usia mereka 8 minggu. berat husky saya paling kecil 8kg sisanya 8,5 atau sampai 9 kg. sementara di petshop husky 8 minggu cuma punya berat 4 kg untuk si jantan. (setengahnya bentley dong!)

Quote:Breeder Pabrik Puppy
anakan cacat hasil puppy mill. (calon mesin)

4. eh gw sih anjingnya ga beli yang abal" show quality harganya 3x harga petshop
oh.. gtu. saya pernah tuh rescue banyak anjing bekas juara yang nama di suratnya pake embel" ina.ch yang katanya mahal banget. ada yang bahkan harganya saya browsing di mbah gugel seharga motor Harley Davidson yang ahh.. ganteng sekali itu *ups kluar tema. ketika tua dan tidak berprestasi lagi mereka terlupakan begitu saja. di obral dengan harga murah saking murahnya kami bisa mengambil sebanyak yang kami mau tanpa biaya tebus sepeserpun. "anjing apa ini? katanya bekas juara kok bentuknya begini? apa yang bikin mahal sih?" ini terucap ketika saya diserahkan team sebuah shih-tzhu yang punya harga sebuah motor ganteng itu. kurus, kuku kaya naga, belek mata numpuk, tear stain udah kaya apa. mahal dimananya???
belum dengan kelakuannya yang aneh. insecure luar biasa. di tinggal nangis menjerit. daripada uangnya beli anjing macam gini mending saya beli motor ganteng aja deh. lumayan buat beli telor ke warung depan atau sekedar muterin komplek buat ngeringin rambut. Serius. apa esensinya gelar ina.ch ini kalo hidup si anjing juga bisa dibilang luar binasa dan hanya sekedar dijadikan komoditi penghasil uang semata tanpa berfikir mereka adalah mahluk bernyawa layaknya kita manusia?

5. tapi mereka itu di tattoo loh dan bersurat dari PERKIN.
ya terus? bikin surat di perkin itu piece a cake! suratnya bisa punya siapa aja asal satu breed dan tidak satu silsilah. emang perkin pernah periksa indukan? nga. manipulasi surat di perkin itu luar biasa mudah. asalkan ga sedarah atau satu silsilah bisa (suratnya aja) orang yang diberikan serahkan ke perkin cuma fotokopi surat silsilah indukan dan sebuah form yang diisi oleh pemilik. mostyly para breeder membawa anjingnya ke kantor perkin (hanya anakannya saja ya) untuk di tattoo. dan hanya yang sempurna secara fisik yang dapat tattoo. kalo ada yang cacat ya ga dapet akta lahir. ingat ya. perkin tidak pernah mengecek lingkungan si anjing layak atau tidak ataupun mau sibuk" mengecek keaslian surat si induk. apakah ini bener suratnya induk si puppy atau tidak. lagian surat itu gunanya buat apa sih? yang katanya surat kepemilikan ujung"nya cuma di tumpuk sama majalah bekas.

6. tapi sekarangkan PERKIN nerbitin peraturan baru yang menyulitkan orang menjadi breeder.
ia sih.. yang katanya seminar dan peraturan breeding sebanyak 5x ya (untuk detailnya gugel). ah.. seminar itu berapa bulan sekali ya? kuota seminar juga sedikit banget kok sementara anggota perkin aktif ribuan orang di seluruh indonesia. lagian apakah ada sanksi dari perkin tentang breeding? nga. so efek peraturannya apa?

7. anjing itu milih pasangannya loh mereka harus mau sama pasangannya baru jadi.
aaah.. teuing ah. gini ya. mereka kimpoi itu karena unsur insting bukan macam manusia yang milih pasangan, bangun keluarga dan sebagainya. lelah pala aing jelasinnya.. pernah denger pawang? kerjanya mereka apa nyomblangin anjing? menurut ngana? mereka megangin si betina agar tidak bergerak atau melawan dan mengangkat badan si jantan agar penisnya bisa masuk sempurna ke vagina si betina. sekarang bahkan ada yang namanya breeding stand. alat ini di ciptakan mostly untuk breed besar yang berpotensi menyerang balik ntah si jantan atau si pawang karena tidak legowo di kimpoikannya. so they rape the dog instead.

Quote:Breeder Pabrik Puppy
pawang anjing (alias mak comblang)

Quote:Breeder Pabrik Puppy
breeding stand

Quote:Breeder Pabrik Puppy
contoh aplikasi breeding stand pada anjing

8. terus ada ga sih breeder yang bener?
ada. dengan prosentase yang begitu kecil. dan percayalah dapetin anak anjing dari mereka ga cuma sekedar transfer duit. mostly mereka bawelnya bukan main karena mau anakan yang mereka hasilkan terjamin hidupnya. milih pembeli (serius!). anakan yang mereka hasilkan pun jumlahnya sangat sangat sedikit. maksimal satu betina 3x di kimpoikan dalam hidupnya itupun setahun sekali bukan setiap loop hamil. bahkan ada yang hanya mengawinkan sekali seumur hidupnya. (sound perfect ya) dan inilah kiranya perbincangan saya dengan beberapa org tsb.
m: om, kapan ada anakan lagi?
b: udah ga nganakin lagi. udah 2x lahiran si a. udh 5 tahun juga.
m: oh gtu. prasaan kennel lain ga ada berentinya.
b: itu mah ga bener. nih ya lo pikir deh. emang tiap saat ngelahirin tu anjing ga cape? gizinya juga ga ada. anakan hasilnya jelek buat apa? nyiksa anjing. itu mah yang jadiin anjingnya komoditas doang.
sekarang kan orang banyak beli anjing di taro kandang buat nge breed. hasilnya ga jelas. kalo laku. kalo nga mau kemanain emang ngurus anjing banyak murah? lo punya anjing ga mau kimpoiin steril aja. lebih sehat kok. tuh anjing gw satu udh steril.

ada lagi seorang kenalan saya yang terkenal sebagai pembiak yang berani mengambil kembali anjingnya ketika tau si anjing dijadikan anjing adu. (heroik. duitnya di kembaliin)

masih banyak lagi walaupun jumlah mereka sangat sangat sedikit. mereka tetap punya hati dan etika sebagai pembiak.
untuk menemukan mereka jangan harap ada di iklan internet atau hasil anakannya ada di petshop. mereka sangat sangat jarang di temui

beberapa film dokumenter tentang breeder di nat geo dan animal planet pernah membahas tentang hal ini. pabrikan anjing atau puppy mill adalah sebuah mimpi buruk bagi satwa yang terperangkap didalamnya. mereka akan terus ada dan tumbuh di sekitar kita selama permintaan terhadap puppy lucu ini masih ada dan semakin membengkak. sebuah ironi bagi kami yang tidak punya hati melihat para "mesin" ini hidup, rusak, dilupakan, dan dibuang. (coba cari di yutub banyak kok.)

saya dan team tidak bisa setiap saat menebus para mesin ini dan menyelamatkan mereka. hal ini pun tidak memberikan solusi kongkrit. ketika para mesin ini kami ambil, kami telah membantu si breeder untuk membereskan hasil kejahatan mereka. mereka juga tidak perlu pusing kemana lagi mereka harus membuang mesin mesin tua tidak berguna ini. (may God forgive your soul cause i'm already cursing it)

"tidak akan ada produksi bila ada permintaan." hukum ekonomi inilah yang bisa menumpah pabrikan anjing atau puppy mill.

sebuah tulisan ini saya dedikasikan kepada kesayangan saya, Ceci. anak red toy poodle yang di buang bersama ibu, om dan beberaoa saudaranya dari pabrikan anjing yang gulung tikar.

Quote:Breeder Pabrik Puppy
terima kasih semoga bermanfaat.
Damayanti

Quote:sumber facebook:
https://www.facebook.com/notes/10153...4/?pnref=story

Quote: Breeder Pabrik Puppy
Quote:titipan kaskuser:
Saya sangat setuju dengan thread agan tentang breeder anjing, kalau boleh bantu kampanyekan program "STOP BREEDING, START ADOPTING", yaitu mengajak masyarakat untuk berhenti mengawinkan anjing untuk dijual-belikan, dan berhenti membeli anjing dari breeder, untuk menekan populasi anjing yang sudah terlalu banyak, yang akhirnya membuat banyak anjing terlantar dan banyak anjing yang di ekspoitasi dengan sangat tidak bertanggung jawab agar menghasilkan banyak puppy untuk dijual demi keuntungan sepihak para breeder. Apabila ingin memelihara anjing, adopsi anjing-anjing yang terlantar atau dari pet shelter. Because not every home needs a dog, but every dog needs a home Thanks a lot, semoga bisa dibantu kampanye di page one Emoticon

PRO DAN KONTRA adalah sebuah hal yang wajar dalam sebuah masalah..
adanya pro dan kontra justru akan menambawh wawasan kita dalam menyikapi sutau hal.
karena bisa mendengarkan dari pikiran banyak kepala..
tidak semua breeder itu jahat dan keji, masih ada breeder2 yg mengembangbiakan dengan cara yg tepat dan penuh kasih sayang. TS sendiri juga mengenal breeder2 baik, yg memeberikan kehidupan yg layak utk sang peliharaan..
thread ini bertujuan untuk menambah wawasan kita utk lebih memperhatikan dari mana calon peliharaan kita berasal..
malah dengan adanya thread ini, cut bisa lebih selektif memlilih breeder yg baik

berikut komen2 pro dan kotra:


Spoiler for PRO:
Quote:Original Posted By gunawan1303
thread ini bukti klo kejahatan manusia sdh diambang batas kewajaran. bbrp thread sblmnya jg pernah membahas kekejaman manuasi ke sesama makhluk hidup yg lain. ada pembantaian kerbau di nepal, pembantain anjing di china, angsa yg dipaksa makan trlalu bnyk biar hatinya bengkak, pembantaian ikan paus dan lumba oleh negara di kawasan eropa (ane lupa negaranya),pabrik ayam di prancis yg kelewat kejam.. dan msh bnyk lagi periku manusia yg semena2 terhadap sesama makhluk di bumi.. emank klo dipikirkan tdk ada cara yg masih yg dpt kt lakukan unk menghentikan ini.. krn rantai ini terkait dng bnyk hal yg ada disekeliling kt.. tp ane yakin stp mslh ada solusinya.. salah satunya menyadarkan pihak terkait dan org di sekeliling kt.. dan mnrt ane media elektronik (tv, internet) bs jd solusi unk mengkampanyekan kondisi ini.. biar mkin banyak yg sadar dan mulai merubah perilaku mrk.

Quote:Original Posted By traitor5
Gw sedih mengingat kehidupan manusia saat ini..
Anjing kan hewan setia, hewan yg nggak tahu apa2 hanya tahu setia pada 1 majikan dan berharap hanya di rawat dengan baik dan tempat tinggal yg layak..

Untuk TS, masih banyak kasus pembalakan dan penjagalan hewan khususnya anjing..
Di facebook pun banyak organisasi yg tujuannya menyelamatkan hewan dari tangan bedebah seperti tukang jagal anjing..

Manusia tega menghilangkan 1 nyawa tak berdosa demi uang untuk bertahan hidup..

Dan cukup menyakitkan banyak orang yg tidak peduli dengan nasib guguk..
Yg hanya peduli pada Kerja, Keluarga, Cicilan motor dan lain2..

Kalaupun ada Dewan seperti Dewan Perlindungan Satwa, ane dengan senang hati meminta agar ane menjadi ketua..
Dan ane akan meminta 1 izin untuk tembak mati bagi siapa saja manusia yg ketahuan menyiksa, menjagal, membunuh hewan khususnya Anjing..

Mungkin Tukang Jagal nggak pernah tahu tentang Rasa Kasih Sayang..
Pesan gw buat tukang jagal "Tolong hentikan pekerjaan keji kalian, kalianpun tidak mungkin akan mati kelaparan apabila menghentikan pekerjaan kalian, masih banyak pekerjaan yg lebih baik yg bisa kalian lakukan.."

Kalau dari sekarang Anjing sudah di bantai terus2an, bagaimana nasib anak dan cucu kita nanti..? Apakah anak dan cucu kita punya kasih sayang terhadap hewan..?
Apakah anak dan cucu kita bisa membedakan mana anjing dan mana kucing..?

"Kepada Tukang Jagal Anjing, SEMOGA KELAK ANAK DAN CUCUMU AKAN SEPERTI ANJING, DI TINDAS DAN DI BANTAI.." AMIN..

TENGKYU TS, kalo berkenan di pejwan aja.. sebagai Garis Keras penolakan kekerasan pada hewan Anjing..

Quote:Original Posted By ihsanprogs
Ngeliat breed mother nya kasian gan ... Emoticon ,, sampe mati lemas dan badannya rusak gitu .... Breeder JAHANNAM Emoticon
Spoiler for puppy mill:

Quote:Original Posted By g0dlikeplayer
kalo mau beli anjing jangan mau sama yg cuma bisa kasih liat puppynya aja, harus sama breeder yg bisa ngasih liat orang tua si anjingnya Emoticon
salah satu alasannya biar ga ketipu contohnya ngakunya mini pom, ehh pas di piara kok jadi gede2 bener tuh pom2 & juga buat mastiin ngak beli dari puppy mill (pabrik anjing) Emoticon

IMHO kalo perkin memang niat buat peraturan breeding max 5x itu simple aja, pas bikin surat anakan yg ke 5 itu indukan harus di bawa ke perkin dan di perkin ada standby vet buat sterilin si indukan. konsekuensinya kalo gak di bawa ke perkin ya jangan di kasih bikin itu surat2 anaknya yg ke 5 Emoticon

CMIIW

Quote:Original Posted By radidut
waduh.... buat para breeder di Indonesia tercinta... jangan sampe kalian breeding anjing" kalian kaya gini ya... Emoticon

soalnya setiap makhluk hidup juga masih pengen hidup bahagia gann Emoticon , meskipun para breeder kpgn cepeet menghasilkan anakan pakelah cara yang normal niscaya rejeki yang kalian dapatkan lebih barokah dan halal, dibanding dengan cara yang TS kasih liat

klo agan" anggep kata ane ini so bijak, coba aagan" bayangin sama rasain gimn rasanya klo agan" di gembok, ga bisa gerak berhari/ bulan/ tahunan dan setelah itu dipaksa buat reproduksi tanpa dikasih ruang buat gerak Emoticon

jadi buat kita semua sebagai manusia yang hati, perasaan, dan pikiran yang sehat, mari kita saling menjaga antar sesama makhluk hidup (ex: kecoa yang bisa terbang) yang ada di sekitar kita, karena mereka kpgn hidup normal dan hafe fun Emoticon Emoticon

Go Indonesia, Safe Animals Around Us Emoticon ( sry klo inggrisnya salah n lebayysss) Emoticon Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By uchi4986
Sedih ane kalo liat yang macem begini gan. Ane punya toy poodle yang ane "rescue" dari salah satu breeder di jakarta. Maksud hati cuman mau liat krn ane memang udah lama pengen punya anjing pertama dari ras toy poodle tp ga pernah kesampean krn satu dan lain hal. Tapi melihat kondisi di sana bener2 memperihatinkan ane putusin buat beli salah satu anjing disitu. Ane sedih liatnya. Dalam satu kandang ada sampai 4 anjing di dalemnya. Ukuran kandang juga ga besar. Tempatnya kotor, bau dan panas. Ane liat indukannya ga terawat banget. Ane tanya mereka makanannya merk apa? Dan si breeder ini kebingungan jawab krn gatau!! Emoticon Si breedernya masa gatau makanan buat anjing2nya sih? Itu mah udah keterlaluan banget menurut ane. Pas ane liat2 sekeliling ada banyak kardus makanan kucing merk M*-* yang emang ane tau harganya murah. Tapi ane ga liat satu pun kucing disitu! Disitu ane yakin kalo anjing2 itu dikasih CAT FOOD! Bukan DOG FOOD! Hampir semua anjing disitu perutnya buncit, punya banyak luka (mungkin dari jamur yang digaruk anjing krn gatal), dan belum lagi kutuan juga. Karena ane ga tega liat anak2nya, ane akhirnya "rescue" salah satu anaknya. Hati ini ga tega liat yang lain gan.. Sedih, pengen nangis. Ga kebayang sama ane gimana bisa setega itu. Anaknya si induk itu sakit, kutuan, jamuran sebadan-badan. Ane bersyukur sekarang anakan yang ane "rescue" dari breeder tersebut udah gede, sehat dan lincah gan.

Ane sih cuma bisa pesen sama semua breeder2 yang macem gitu. Nyari untung ga gitu2 banget kali. Ane sih percaya karma berlaku buat orang yg suka nyiksa binatang. Apalagi anjing or kucing. Ga bisa kita mengontrol breeder2 yang jahat itu. Karena udah terlalu banyak. Ane cuma bisa berdoa supaya lebih banyak orang yang peduli. Dan semoga breeder2 itu dibukain mata hatinya deh.

Quote:Original Posted By superbandar
im against buying any animals from petshop

kalau uda komersil ya gitu.. pasti ada something behind nya gan.

ane lebih suka dikasi anjing dari kenalan yang ane tau jelas kisah hidupnya dan pembuatannya ada unsur perikehewanan

semakin sering kita beli di petshop semakin gencar mereka breeding

ada demand ada supply

jd ane STOP BUYING FROM PETSHOPS

Quote:Original Posted By guerilla.gear
Ane tahun 2010 sampai 2013 aktif breeder gan dibandung

Banyak pabrik anjing itu memang betul apa adanya , mereka engak perkirakan umur anjing sudah matang belum main hajar kimpoiin pake stanbom indukan lain , indukan yang udh tua pun dikimpoiin sampe kasian lihatnya .

Tapi ga sedikit jg yang sayang sama anak hasil breed nya , ane breed trah anjing besar , mulai dari lingkungan , ventilasi , makanan , sarana buat kebersihan semua ane buat selayaknya kalau ane yang disitu nyamannya harus seperti apa .

Tujuan ane breed bukan semata2 uang sih yah , ane pulang kerja suka lihat mereka di depan nyambut ane rasanya sudah seneng , trah besar perawatan lebih berat dibandingin trah kecil , dari makanan , perawatan bulu makan biaya besar , perharinya ane keluar kurang lebih 350rb dulu ( termasuk listrik aer kennel boy makanan vitamin dll ) jujur aja ane ga kuat untuk jangka panjang , ane mulai breeding mereka ( betina semua , ane kurang suka jantan karena marking zone ) dengan tujuan nanti hasilnya ane buat perawatan mereka dan ane janji ga akan ambil sepersenpun untuk kepentingan ane ( kalau ane ambil serasa ane hidup di biayain sama anjing , makan yah dikasih anjing , uang jalan2 dikasih anjing hehehehe ) yang dari mereka ane balikin lagi ke mereka

Setiap anakan pun ane rawat bener tiap 3jam sekali ane susu2in ( gantian sama kennel boy ) supaya fisik kualitas mereka bagus karena memang kalau fisik kualitas kurang bagus adopter kecewa otomatis mereka kurang sayang sama anakan kita ( tapi ga semua orang semata2 lihat fisik ) dan proses adop jg ane jujur milih2 sih , soalnya ane sayang bgt karena nyusu2in itu jadi berasa deket , kadang2 orang sampe tersinggung nanya mau ditaro dimana / rumahnya dimana Emoticon

Peliharaan ane dl
Golden ( Kenny )
Husky ( Febby )
Samoyed ( Maya )
Alaskan Malamute ( Vio )
Sayangnya ketika ane mau nikah ane lepas mereka karena ane kurang sanggup ngurus berbagi waktu sama mereka .

Nasehat ane , ketika puppy / anjing dari petshop / breeder dibawa pulang , hal yang wajar pup mereka encer/tidak padat , karena penyesuaian lingkungan , makanan , situasi , untuk trah besar engak usah terlalu kuatir cukup kasih vitamin dan buat mereka relax , kecuali sudah 1minggu tetap seperti itu wajib dibawa kedokter , karena bisa jadi masalah kesehatan / virus , karena kalau telat lewat .
Untuk trah kecil ane saranin hati2 karena cairan tubuh mereka lebih sedikit , beri vitamin , air madu/gula , buat mereka relax , lebih dari seminggu ? jangan ditunda bawa ke dokter hewan ( minta di infus kalau lemes ) karena bisa jadi masalah kesehatan / virus .

Banyak bgt perawatannya sih , kalau ada agan/sist yang lagi bingung anjingnya lagi sakit / murung / lemes , PM ane aja , ane siap kasih saran terbaik untuk kawan hidup kita ini , mau tanya perawatan jg boleh EmoticonEmoticon

Spoiler for KONTRA:
Quote:Original Posted By micheleous
TS terlalu lebay. masuk pabrik puppy tapi kok lebih terawat gitu. pas ambil tema puppy mills pake gambar dari luar.... ck ck ck ck cuman tebar fitnah ajah bos? itu mesin kimpoi anjing buat pitbull. coba bos kimpoiin pitbull dengan cara pegangin betina WKWKWKWKWKW bocor2 lu yang ada.... masih newbie jah sok sok an bikin thread.... cari cendol segitunya wkwkwkwkwkw sumpah kasian ama breedernya klo gua liat tempatnya masih terawat itu dari pada puppymill si nat geo ato yg bener2 pup mill di US

sory bos, spt yg saya jelaskan di thread, sy gak nyarii cendol Emoticon . bahkan dengan terang2an sy blg tdk mengharap cendol.. sy lbh suka cendil beneran. lagian ini thread pertama saya.. klo cendol kaskus dr 2009 sy udh dpt banyak dr jualan saya dikaskuss sbg recommended seller Emoticon .. bahkan ada regional yg mesen ke ane, dan ane dikasih total 90an cendol sbg rasa terimaksih mereka Emoticon .. sory sekali lagi

Quote:Original Posted By cellylie
Sy breeder dan sy rasa pernyataan di atas tidak sepenuhnya benar

Di dalam 1x lahiran terkadang ada puppy yg mati, atau cacat atau gangguan kesehatan bisa jadi ada. Tapi itu bukan sepenuhnya krn indukan dikimpoikan terus menerus. Sepenuhnya krn perkembangan anak tsbt dlm janin tidak sempurna, saluran makanan tdk bagus. TAPI memang TIDAK setiap kali breeding akan menghasilkan anakan tidak normal.
Dasarnya anjing or kucing adlh mamalia sm dg manusia, skrg sy tanya balik kepada TS atau mba Dhini, pernah lihat anak manusia lahir cacat atau tidak sehat? Apakah krn sang ibu hamil di jarak yg dekat? Kebanyakan krn kondisi janin yg memang tdk sehat, saluran makanan yg kurang bagus, keturunan, salah makan atau minum obat tertentu yg dilarang yg berakibat buruk bagi janin, dsb. Sama halnya dg anjing jg begitu.
Asupan makanan n vitamin saat hamil memang perlu diperhatikan saat anjing hamil agar anak2nya jg sehat, tingkah laku anjing jg musti dijaga misal tdk terlalu banyak aktivitas agar anak di dalam kandungan bisa lahir tepat waktunya tdk premature. Krn premature lbh ada resiko drpd kelahiran normal.

Klo memang mba Dhini bener rescue semua anjing2 tsbt tolong dong di upload jg foto, kasus, nama breeder sebelumnya. Dan nama2 breeder yg anakannya selalu tidak sehat tsbt apakah sdh ditelusuri lbh lanjut atau asal bikin cerita saja? Klo memang bener, sebaiknya dicantumkan saja mba nama2 breedernya agar orang awam tau dan menghindari utk membeli puppy pada breeder tsbt..

Jangan hanya menjelekkan breeder. Klo memang mba melakukan tugas mulia sbg RESCUER lakukanlah dg sepenuh hati agar hal tsbt bener2 menjadi pahala bagi mba dan mulia dihadapanNYA.

Ada breeder, ada rescuer, ada pet shop, ada dokter atau klinik anjing. Mereka memiliki hak n kewajiban dan tugas masing2. Mari jalankan tugas masing2 dg baik. Jangan saling menjatuhkan atau menjelekkan. Klo memang mba di dalam perjalanan menemui breeder yg TIDAK benar, lebih baik menurut sy mari kita berikan informasi bgmn sebaiknya. MUNGKIN memang dia belom tahu n mengerti dg benar bgmn seharusnya menjadi breeder yg baik. Jika memang breeder tsbt sdh diberitau tetap melakukan hal yg sama bolehlah kita action utk menghindari breeder tsbt biar tdk bertambah banyak anakan anjing yg mba maksud terlahir tidak benar atau indukan yg mengalami sakit krn perlakuan tdk seharusnya..


sy sendiri hanya membantu share dan membuat ini dikaskus, segala konten terkait dapat menghubungi mbak dhini.. ada linknya di thread,,..

sy juga seorang buyer kok,, sy pernah sekali ke tmpt puppy mills kyk gini, anjing ny ada ratusan.. saya nanya ke om nya: "om ini anjingnya boleh dikandangin terus apa hrs dilepas2?" , om nya jawab: "dikandangin terus gpp,, saya 100 ekor dikandang semua, klo dilepas nnti kotor rumah saya".. Trus say nanya lagi "maknnya merk apa om/" , omny jawab " yg kiloan 20rb juga mau kok".... saya lgsng balik badan dan cari tmpt lain.. ternyata ada juga breeders2 yg baik, bahkan mereka sedian ruangan ac, makannya bergizi, macam orijen six fish... justru dengan adanya thread ini, kennel2 yg bagus bakal lebih diplih lohh

Spoiler for LAINNYA:
Quote:Original Posted By slamseekerz23
ortu ane dulu termasuk breeder juga.. tapi menurut ane, ga semua yang dibicarakan TS disini adalah benar. Tapi ini bisa jadi masukan yang baik buat kita semua terutama breeder.
thx for the thread

Quote:Original Posted By mikihara123
Udah baca tadi dari facebook..
Katanya itu dia nemu 2 anjing di tol,yg cowok pas di cek kondisi tubuh terdapat hormon hasil injeksi gitu lah,biar bisa kimpoi terus..
yg cewek rahimnya bernanah gara2 ngelahirin muluEmoticon
Akhirnya yg cowok meninggal kena kankerEmoticon

Quote:Original Posted By nashiru
hal yang sama juga terjadi pada kelinci.. Emoticon
mungkin agan akan tergoda dg kelucuan dan keimutan anak kelinci yg dijual di pinggir jalan, di pet shop atau di pasar" hewan. atau agan akan terkesima dg pola warna "kelinci golden" khas jatinegara. Emoticon
tapi taukah agan sisi gelap yg ada dibaliknya.??

kelinci lucu nan imut yg sering agan temui di pinggir jalan sebagian kelinci yg masih berusia di bawah 2 bulan, bahkan kebanyakan masih dibawah usia 1 bulan., perlu diketahui bahwa usia normal kelinci dapat disapih dari induknya adalah usia 2 bulan padahal bentuk paling lucu dari anak kelinci adalah saat usia mereka baru 3 - 5 mingguan.,
lalu apa yg terjadi.? dalam usia yg masih membutuhkan air susu dari induknya mereka dipaksa pisah dari induknya untuk dijajakan di pinggir jalan, jadi jangan heran kalau selama ini masyarakat beranggapan kelinci hewan yg rentan mati.. Emoticon

soal kelinci golden.? FYI gak ada jenis kelinci golden, yg ada itu kelinci semiran kayak ayam warna-warni yg dijajakan di depan sekolah., jadi tu anak kelinci udah masih nyusu dipisah, disemir lagi bulunya biar kelihatan menarik trus sama penjualnya di bilang kelinci jenis golden.. Emoticon

masih belum seberapa, ada juga yg dg sengaja ngejahit / memplester telinga kelinci jenis biasa agar turun, terus dikatakan kelinci jenis lop., iya telinganya dijahit.! Emoticon

itu soal anaknya, bagaimana dg induk kelinci.??
kelinci adalah hewan yg unik, beberapa jam setelah melahirkan udah bisa dikimpoikan lagi, jadi gak heran kalau ada beberapa breeder yg ngejar kuantitas anakan tanpa ngasih waktu jeda buat induknya istirahat.,
sederhananya gini : induk dikimpoikan -> hamil 30 hari -> melahirkan -> dikimpoikan lagi -> menyusui anak sambil hamil 30 hari -> anak disapih (belum cukup umur tentunya) + melahirkan anak baru -> dikimpoikan lagi -> dst sampai udah gak produktif lagi..
meskipun mereka berdalih "yg penting kebutuhan nutrisi induknya terpenuhi" apa gak ngerasa kasian kalau mereka terus - terusan dipaksa untuk bereproduksi.. Emoticon

tapi ingat, GAK SEMUA breeder kelinci berlaku seperti itu, masih banyak breeder yg mengutamakan kesejahteraan kelinci-nya., hanya breeder yg gak bertanggung jawab lah yg bersikap serakah, mereka lupa kalau mereka memperoleh hasil untuk hidup dari kelinci.. Emoticon

page one please..

Quote:Original Posted By Asfur
Sharing lagi yah : sbnrnya ini dilema juga, tp kembali ke mslh psikis dan kesiapan mental serta tgg jwb owner dalam memelihara anjing, Sejujurnya ane juga bukan pecinta anjing, tp krn anak ane minta2 puppy (tadinya asal puppy aja ngk perlu dr ras tertentu, bahkan diksh puppy kampung juga udah seneng), tp ane tau, anak minta puppy, yg ada adalah ortu yg urusin tuh puppy, krn anak pasti blm sanggup urus puppy dan mgkn ngk ada waktu juga krn kesita waktu sekolah dan belajarnya. Nah gmn jadinya : so ane riset dan tanya2 mbah gugel, kita riset dan kerucutkan pilihan ;
1. mau anjing berbulu lebat
2. mau anjing yg tidak berbau
3. mau anjing yg buat rumahan dan main bukan sbr dog guard
4. mau anjing yg hyppoalergenic
5. dan mau anjing med size

dr semua itu akhirnya kita temukan bbrp ras spt husky, malamute dan tentunya samoyed. Dan kita riset dikit lagi sampe kita (ortu dan anak) memutuskan bersama kita pilih adopt sammoyed. Permasalahan kita ngk ke rumah penampung anjing, sejujurnya ngk munafik krn kita mau ras murni, dan anjing yg ngk bekas abused oleh owner sblmnya. Jadi untuk membelinya pun sy sampe riset dan tanya2 ke sodara yg eks ketua perkin. Akhirnya keluar hanya 3 nama breeder sammo yg mempunyai indukan bagus, terlepas hasil anakan apakah spt indukan atau tidak, at least breeder ini terdata di perkin.

Jadi puppy akhirnya kita beli di salah 1 breeder tsb.. Dan spt yg ane bilang, dan ane yakinin bahwa pada ujung2nya anak ngk akan bisa ada waktu urusin puppy nya (ane yakin 99.99%) kalo anak2 kita ngk bakal ada waktu bener2 urus tuh puppy (urus yah bukan cuman taro kandang dan ksh makan minum, kalo itu sih bukan urus, ane juga sanggup piara ratusan kalo cuman digituin mah). Dan akhirnya tgg jwb lbh banyak terbeban ke ane. Nah mnrt ane hal2 ini lah (riset spt yg ane lakukan) yg tidak banyak dimiliki oleh owner anjing, kebanyakan anaknya mau anjing, nah dibeliin lah atau diminta ke temen atau sodara yg ada puppy, pdhl ortu blm tentu suka anjing, atau mgkn ortu suka nya tipe A, tp krn tipe A mahal, yah udah beliin aja asal puppy yg ptg ada puppy. Ngk taunya ntr tuh puppy stlh besar jadi kayak anjing kampung jelek lah, bau lah dll. Akhirnya di abandoned, dan malah tersiksa, spt ada tetangga ane yg taro anjing maltese nya depan garasi tersiksa gitu, makanan aja kadang suka dikasih oleh tetangga yg piara anjing juga.

Jadi point yg mesti diingat sblm adopt ataubeli anjing : seisi anggota rumah adakah yg sudah siap urus anjing dgn benar2 dan telaten memberikan tempat tinggal yg layak untuk puppy nya, kalo blm mending beli boneka anjing aja deh.

PS : aning sammo ane udah ane steril nih barusan minggu lalu. Pdhl udah banyak yg book anakannya, krn mrk tau ane beli dr breeder besar, tp ane bilang, ngk lah, kalo mau anakan beli aja sono di breeder ane, dia banyak anakan kok.

Pekiwan juga gan kalo berkenan. Emoticon

Quote:Original Posted By lantis0749
Halah..orang jaman sekarang miara anjing karena lucu,,bukan motif utk menolong hewan tsb..

Ane tinggal di kalimantan.,waktu kecil ane punya 2 anjing..bukan hasil beli,,tapi anjing liar yg suka keluyuran dirumah2..

Awalnya kurus..dekil..lusuh..lama2 ikut keluarga ane,,jadi lebih gemuk & lincah..

Tuh anjing dirawat sm ane,,ane kasih mkn..(Meskipun sisa2 makan ane c..hehe..) ane ajak main..ane ajak mandi disungai,,ane peluk2..kalo ane lari pasti dia ikutan lari dibelakang ane..tapi ibu ane ga kasih masuk kdlm rmh..ahh..jadi kangen sm anjing pertama ane..Emoticon

Tapi setelah ane masuk pesantren,,dan tau kalo anjing itu najis,,ane udah ga berani lagi miara anjing meskipun pengen banget..

Terakhir ane miara kucing yg kaki depannya patah gara2 kelindes,,entah oleh mobil atau mtor..awalnya dekil + lusuh + kurus,,tiap hari ane kasih mkn,,akhirnya lmyn berisi,,and guess what??setelah setaun lebih ane rawat,,tiap denger suara mtor ane lwat,,tuh kucing pasti lari2 ngiringin mtor ane..dari gerbang smpe pintu rumah..

Yahh..begitulah kisah ane miara hewan..

Hal kaya yg ts sampein ini terjadi karena ada demand dari konsumen,,kalo ga ada demand,,bisnis kaya gini ga bakalan ada..jadi,,stop beli anak anjing/kucing yg imut..semakin laku bisnis jual beli anjing,,semakin banyak penyiksaan trhadap anjing/kucing..

Btw,,miara hewan tuh,,baik anjing,,kucing,,dll jgn karena LUCU nya atau IMUT nya atau apalagi cuman sekedar utk PAMER DI SOSMED..


tapi pelihara hewan tuh karena kita mncintai makhluk hidup..jd ga pilih2 utk ngrawat hewan..toh Allah jg ga pilih2 kok utk mencintai makhlukNya..

Taro pejwan kalo berkenan.. Emoticon

Quote:Original Posted By nichocha
Just share

Ane pernah mau coba adopt puppy jenis basenji, tapi krn di indonesia anjing tsb termasuk langka, ane coba2 cari di mbah gugel. Dapet info klo basenji banyak breedernya di Austria. Ane iseng kontak tante ane yg kebetulan memang tinggal di sono utk cari info klo mo adopt itu puppy. Dari breeder sono, ane email2an ma dia, dan dia mengarahkan ane utk menghubungi temennya, breeder basenji juga tapi posisinya di Australia. Dari hasil ngobrol2 ma breeder australi, ane dapet info klo mereka cuma membiakan itu 1 tahun sekali, sekitar bulan september - oktober biasanya. Dan klo ada yg mau adopt, biasanya jauh2 hari sebelum di kimpoi, si adopter udah booking duluan anakannya. Padahal emak ma bapaknya kimpoi aja belom tp udah di booking anakannya.

Di sini ane melihat suatu hal yg bener2 kontras antara breeding di Indo dan di luar. Ane coba jelasin garis besarnya aja ya.
Pertama,
Bredeer di luar negeri sono, rata2 itu bukan peternak dan bahkan mereka tidak sengaja beternak. Kebanyakan merkimpoi-in peliharaannya 1 sama lain. Dan anakan dari hasil kimpoi tsb lah yg akhirnya di tawarkan ke orang2 utk di adopt. Dan tujuan mereka nge-kimpoi-in peliharaannya krn menurut mereka, hewan pun butuh utk berkembang biak. Dan anakan yg mereka tawarkan ke orang2 itu krn mereka berpikir "drpd gue melihara bnyk gak ke urus, mending gue tawarin ke orang.
Beda bgt sama yg di Indo, kebanyakan dari mereka itu beternak memang sengaja dan memang tujuannya adalah uang. Jadi ya bener seperti kata TS. Di Indo, tiap loop pasti di kimpoi-in deh tuh. gak mikirin kondisi fisik dan batin dari indukannya.

Ke 2,
Dari sisi tempat breedingnya bener2 beda jauh gan. Klo di Luar sono, rata2 para breeder punya rumah atau tempat berkumpul dengan pekarangan yg luas bgt gan. Dan para anjing pun bisa berlarian dgn bebas, bersosialisasi dengan anjing lain bahkan dengan alam. Jadi mereka gak stres. Hal ini ane ketahui pas dapet foto lokasi breeder basenji di austria dari tante ane.
Beda bgt kan sama di Indo yang indukannya pada di kandangin mulu dari pagi sampe malem trus ketemu pagi lagi. Jadi wajar klo indukan stres dan bnyk anakan yg cacat.

Ane dulu pernah menggunakan istilah "buy" waktu ngobrol sama breeder australi. Dan dia ngocehin ane, mereka bilang mereka tidak menjual dan saya tidak perlu membeli. Mereka juga tidak mau menggunakan istilah2 dagang seperti buy, pay, sell, dll. Tapi mereka lebih memilih menggunakan istilah adopt. "Klo adopt, tapi kok bayar??" bisa di bilang, pengertian adopt di luar negeri sono adalah seperti semi hibah di Indo gan, jadi cuma buat uang susu gitu lah.
Dari cara mereka berbicara atau menyebutkan aja keliatan bgt mereka menghargai dan menyayangin peliharaannya. Dan anda bisa menilai kualitasnya.

Sekedar tips buat yg pada pengen puppy yg berkualitas baik, baik dari segi fisik maupun psikis nya
1. Usahakan jangan beli di petshop, tapi coba cari2 info lokasi breeder dan beli dari breeder langsung. knp?? krn klo udh nyampe petshop, harganya pasti udah tinggi bgt.
2. Carilah breeder yg kategorinya kurang lebih seperti breeder2 di luar negeri, krn mereka adalah pecinta/penghobi, jadi bisa di pastikan klo kondisi indukannya baik dari segi fisik maupun psikis nya.
3. pengalaman ane, klo susah buat nemuin breeder/kennel yg baik, jgn ragu untuk sekedar main ke dalam 1 komunitas dan tanya2 sama anggota di sono. Dari ngobrol2 bisa berubah jadi nge-lobby utk anakan. Misalnya, ada anggota komuniatas yg mo nge kimpoi-in anjingnya, kan kita bisa bilang "mba/mas nanti anakannya boleh saya adopt gak 1 ekor, ya nanti saya ganti deh utk uang susu nya"

Ya segitu aja share dari ane. Semoga bermanfaat ya. Emoticon

Breeder Pabrik Puppy
Kisah Kejam Dibalik Pembiak Hewan (Breeder) Gelap dan Pabrik Puppy
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/55b9bd0f925233e9728b456f/kisah-kejam-dibalik-breeder---peternak-gelap-dan-pabrik-puppy-anak-anjing Category:
My Story
Pasang Iklan
close