Bahaya Rokok

Warning Tanaman Mematikan di Indonesia Jika Salah Konsumsi

Tags: Knowledge - Biology - Medicine - Lifestyle - Health - Activity - Controversy - Horror
haresoas4
UserID: 8098211
Quote:Halo Agan dan Aganwati Kaskuser Sekalian !
Selamat datang di thread ane gan

Quote:Di Indonesia ada banyak sekali spesies tumbuhan yang hidup beranekaragam. Dikarenakan setiap tumbuhan mempunyai manfaat yang berbeda-beda, maka tumbuhan tersebut biasa dikonsumsi oleh manusia untuk dijadikan sebagai makanan ataupun sebagai bahan obat-obatan tradisional.

Namun ternyata, kita harus berhati-hati dalam memilih tumbuhan yang akan kita konsumsi, karena di antara banyaknya jenis tumbuhan tersebut, ada yang memiliki zat beracun di dalamnya.Berikut ini daftar tumbuhan yang mematikan itu.

1. Tanaman Jarak
Quote:Tanaman jarak biasa tumbuh liar di hutan, tanah kosong, ataupun daerah pantai. Batangnya berbentuk bulat licin, berongga serta berbuku-buku. Biasanya, daunnya berwarna hijau muda pada permukaan bawah dan hijau tua pada permukaan atasnya. Buahnya sendiri berbentuk buat dan berkumpul pada tandannya.



Daun dan getah dari tanaman jarak biasa digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi hati-hati, jangan sampai mengkonsumsi biji atau buah dari pohon ini. Karena buah jarak dapat mendatangkan kematian, karena mengandung zat beracun yang bernama ‘ricin’.

2. Singkong Karet
Quote:Singkong memang makanan khas Indonesia yang sangat pas jika dinikmati bersama kopi atau teh hangat. Tapi jangan sembarangan memilih jenis singkong ya. Karena tidak semua jenis singkong dapat dikonsumsi. Beberapa jenis singkong, seperti Singkong Karet itu mengandung racun.



Singkong karet mengandung zat cyanogenik glycoside yang akan diubah menjadi asam sianida oleh enzim linamarse saat di dalam tubuh. Sianida sendiri dikenal sebagai pembunuh yang paling populer. Namun racun ini bisa hilang jika dipanaskan atau dimasak dengan benar. Perhatikan juga umbi singkongnya, jika terdapat warna keunguan jangan dikonsumsi.

3. Kecubung atau Datura Metel
Quote:Tanaman yang satu ini termasuk ke tanaman hias. Pada tumbuhan ini terdapat bunga yang berbentuk seperti terompet dan warna bunga itu biasanya putih atau ungu. Tanaman yang satu ini tumbuh di tempat yang memiliki iklim panas dan hampir seluruh dunia mencoba untuk membudidayakannya.



Sejak abad ke-10, daun dari tanaman kecubung digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tapi biji kecubung tidak layak di konsumsi karena mengandung zat beracun, yakni alkaloid dan halusinogen. Jika dikonsumsi bisa terjadi mual, sesak nafas, denyut nadi berjalan cepat, iritasi kulit, halusinasi serta berujung kematian.

4. Gympie-Gympie
Quote:Selanjutnya ada tanaman yang bernama ‘Gympie-Gympie’. Biasanya kita dapat menemukannya di daerah Maluku. Daunnya berbentuk hati dan berwarna hijau, buahnya berwarna ungu dan tinggi, tanaman Gympie-Gympie ini bisa mencapai 2 meter.



Hati-hati bila bertemu dengan tanaman Gympie-Gympie. Karena jika kita berada di dekatnya, kita nanti bisa bersin, gatal berbulan-bulan bahkan juga mimisan. Fatalnya, racun yang terkandung di dalam tanaman ini juga dapat mengundang kematian.

5. Pohon Upas
Quote:Pohon upas sudah terkenal akan getahnya yang sangat beracun. Pada zaman dahulu, getah dari pohon ini biasa digunakan untuk meracuni mata panah. Jika kita terkena getah tersebut, maka tubuh bisa kejang-kejang dan akhirnya meninggal hanya dalam waktu 2 menit saja.



Tinggi dari Pohon upas bisa mencapai 60 meter. Selain getahnya, bagian lain dari tumbuhan ini juga dimanfaatkan. Namun bukan sebagai racun, tetapi untuk bahan obat-obatan tradisional. Seperti contohnya biji upas, digunakan sebagai anti-disentri atau radang usus.

6. Bunga Terompet
Quote:Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memiliki bunga yang bentuknya mirip seperti terompet. Bunga ini terdapat berbagai warna seperti putih, kuning, jingga dan pink. Meski bentuknya indah, akan tetapi tanaman ini mengandung racun yang mematikan.



Bunga terompet mempunyai tingkatan racun yang beragam, tergantung lokasi tanaman. Biasanya tanaman ini dijadikan teh dan dicerna sebagai obat halusinogen. Jangan coba-coba untuk mengkonsumsi tanaman ini, karena bisa menyebabkan overdosis dan meninggal.

7. Kacang Racun
Quote:Kacang racun dapat ditemui dengan mudah di daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di pohon ini terdapat buah yang bentuknya serupa dengan jeruk dan mengandung zat beracun, yakni alkaloid. Tanaman yang satu ini juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.



Racun yang ada pada tanaman kacang racun atau Strychnine ini sangatlah berbahaya. Jika sampai ke tubuh kita, walau dalam jumlah yang sedikit saja dapat membuat kejang-kejang akibat adanya stimulasi simultan dari sensoris tulang belakang kita. Fatalnya, hal ini dapat berujung pada kematian.

Quote:, ternyata banyak juga yaa tumbuhan yang memiliki zat beracun dan mematikan. Mungkin masih banyak lagi tumbuhan atau tanaman yang memiliki zat beracun yang tersebar di sekitar kita. Sudah seharusnya kita sangat berhati-hati jika bertemu dengan tumbuhan yang baru pertama kali kita lihat. Jangan coba-coba menyentuhnya apalagi mengkonsumsinya.
SUMUR
Quote:
Spoiler for Pengalaman Kaskuser:
Quote:Original Posted By kuskus.kaskus
ane pernah makan tuh buah kecubung gan, sekaligus 4 buah, pertama sih enak dimulut manis gan, pas udah ditenggorokan serasa pengen minum terus, seret banget gan, udah ngabisin 3L air mineral tetep ga ilang tuh seretnya, terus abis itu bakalan mulai ngerasa ngantuk yang luar biasa gan, abis ngantuk nah disini mulai reaksinya, seolah kita tidur tapi mata kita terbuka, kita ngelakuin apa yang kita liat sebelum "jadi gila" gan, misalkan ente ngeliat orang gila telanjang kemaren, nah kita bakalan ngikutin orang telanjang kemaren yang kita liat gan
ane ajah ga nyadar tidur selama seminggu, tapi kata keluarga ane, ane ngelakuin hal hal yang engga-engga gan, ane pas sadar kaget gan, kemaren padahal ga make baju ini, eh pas sadar ane ditanya "kamu udah seminggu kaya orang gila", yang punya nyali bolehlah ngerasain tuh kecubung

Quote:Original Posted By realmasterpiece
Ane pernah makan buah jarak gan waktu kecil dulu, diajakin kawan katanya enak, eh bener gan enak kayak kacang mede rasanya. Giliran tengah malam ane muntah2 gan, langsung dibawa kedokter, untung ane masih selamat

Quote:Original Posted By aioml
kecubung kering ane halusin trus masukin ke kopii temen ane.. alhasil

Quote:Original Posted By rambokartun
Ane waktu kecil ada gan depan rumah pohon jarak...
Waktu kecil makan 3 biji rasanya kaya kacang gan enak...abis itu mual trus gan perut...

Quote:Original Posted By rezanyonyo
Daun dari pohon jarak suka diburu ibu ibu yg masih punya bayi gan, katanya buat obat kembung
Tapi ane baru tau kalo bijinya beracun
Nice inpoh gan

Quote:Original Posted By pero69
temen ane pernah makan kecubung, mabok dan masuk rumah sakit, parahnya lagi masuk koran gan hahahhahaha

Quote:Original Posted By pbocil
gan ada yg bisa ngasih tau gak ane makan buah apa?
ane gatau namanya. itu buah dimakan pasa jaman sd. kata temen ane si enak bijinya kaya kacang. kata temen ane itu namanya jarak
buahnya warna kuning.

bermula dari temen ane yg ngehasut kalo buah tu bijinya enak kaya kacang. nah kebetulan tuh taneman ada di depan rumahnya. alhasil karna ane dkk masih bocah sd dan punya rasa penasaran yg tinggi akhirnya dimakan tub biji. bijinya seukuran kacang. kecil gitu dalem 1 buah ada beberapa biji. tiap anak makan 1 biji. makan isinya dan rasanya kaya kacang. karna enak akhirnya ada temen ane yg petik 1 buah lagi. dan ane minta 1 biji lagi ke dia trus dimakan.
hari mulai sore dan kita mulai merasakan efek sampingnya. rasanya perut diaduk kaya mau muntah gan. akhirnya ane pulang dan minum obat maag. tapi tetep ga manjur. tetep aja ni perut kerasa enek malah makin tambah. akhirnya ane ke dokter tapi tetep juga ga manjur malah muntah2 mulu. rasanya ga karuan gan. lemes banget. dimasukan makanan sama minuman tetep ga bisa pasti muntah lagi. semaleman ane muntah terus. sampe di bola mata ane ada bercak warna merah kaya darah. itu gatau karna apa. untungnya matanya gak sakit. keesokan harinya ane sembuh total. ga ngerasa kalo pernah sakit sebelumnya. sehat walafiat lah dan tetep berangkat ke sekolah.

ane tanya temen2 yg ikut makan katanya mereka juga muntah2. tapi yg paling parah ane. walaupun cuma semalem. tapi beuhh rasanya ancur nih badan kaya ga bertulang
bercak merahnya ilang beberapa minggu kemudian.

Quote:Original Posted By pengkol
Wdulu pas ane masIH sklh MI kelas 4 pernah gan makanbiji jarak. Bbrp buah. Rasanya seperti kacang gan. Enak. Namanya uuga anak kecil gan ga tau. Waktu itu ane makan re2 sama temen ane n sdra ane. Ane habis 3-4 biji hbis itu waktu udah nyampe rumah perut rasanya mual gan pengen muntah tapi gabisa muntah. Sampe ane mencrett skitar 3 harian. Wkwkwkw
Smpe skrang klo liat pohon jarak apalagi bijinya tuh rasanya mual pengn muntah. Hahaa

Quote:Original Posted By lazirrun
wah masa lalu kelam ane gan..mabuk kecubung,dbikin rujak ma temen-temen ane..saking telernya smpe dguyurin aer ma tetangga dpinggir kali..tiga hari efeknya gak ilang gan,pas sadar mlah bingung..alhamdulillah nyawa ane ma tmen2 msih terselamatkan

Quote:Original Posted By famoulheit
Jadi inget cerita penduduk lokal kata temen ane, ada orang bule mau mabok pas dikasih minuman khas penduduk lokal tuh bule ngomong "cuma segini? Ga ada mabok-maboknya".

Si penduduk lokal kesel terus dia bilang temen ane "blom tau rasanya ngilang dia, gue kasih kecubung juga".

Si bule dikasih kecubung en beneran NGILANG gan!! , kabar terakhir seminggu setelah tuh bule minum kecubung dia nari2 di pantai, abis itu ilang sebulan

Quote:Original Posted By rezapamungkas
Kalo ane pernah makan yang kacang racun gan... Enak sih, manis... Tapi Alhamdhulillah ga knapa" diri ane... Dulu pas jaman ane masih sd..

Quote:Original Posted By azull27
temen ane pernah gan pas umuran 10tahunan pas lg hitsnya Sib*lang , dia ngikut ngikutan petualang cari makanan sejenis ciplukan dll nah kbtulan ada buah jarak bnyak bgt pas itu tanpa pikir panjang lgsg dah disantap , katanya rasanya kaya kacang , efeknya ni gan tuh semua Geng petualang Muntah2 durasi lama , untngnya bsa muntah tuh gan , kalo g muntah temen temen ane udah ............

Quote:Original Posted By fairyanthem
etman gua pernah makan biji jarak ada 5 orang ,...enak katanya seperti kacang tanah ,,,, tp gak sampai 10 menit..mata mulai berkunang-kunang... mulai muntah2 sambil beol di t4 ..gila banget efeknya .... masuk rumah sakit selama 1 minggu gara2 makan buah jarak.... bayangin aja merintih kesakitan sambil beol di t4... aduh ampun...

Quote:Original Posted By 12102013
temen ane pernah tuh d jailin pake bunga terompet. ceritanya lg d pantai terus temen si A nemuin tuh taneman, terus si A iseng bikinin mie yang di campur tuh bunga buat temen ane si B. nah pas si B makan si A ketawa ngakak bgt ane sama temen2 yg laen pada heran knpa. pas d tanya kagak apa2 kok. nah pas sore nya selesai magrib lah kita main2 tuh ke pinggir pantai, dan yg aneh nya tuh si B duduk sambil gali2 pasir kaya orang yg lagi naek perahu sampan gt lah pas d samperin temen ane nanya lg ngapain lo? si B jawab kita ini lg di tengah laut terus dia lg dayung perahu mau ke pulau itu katanya, nah ane heran dan temen ane si A pun ngakak sejadi2nya dan dia bilang ke ane klo td tuh mie rebus di campurin bunga terompet dan efek nya bakalan halusinasi. wajib di coba tuh gan

oiah bunga terompet nya warna putih ampir sama kaya sayur sawi gt deh

Quote:Original Posted By lhakibanget
ane pernah makan biji jarak lumayan banyak..enakk gann kayak kacang mede..2 jam kemudiann reaksinya tenggorokan keringg ane seharian muntah2...kagak lg lg dehh

Quote:Original Posted By adythedust
Ane dulu pernah gan ama temen 2 orang waktu msh SD maen ke kebun trus nemuin tuh buah jarak yg jatuh,trus ane coba deh buka tuh buah ternyata ada isinya kaya kacang,kebetulan lg laper trus iseng2 deh manggang tuh kacang di kebun trus ane makan bareng2 ama temen2,trus pulang ke rumah badan kerasa sempoyongan,pusing bgt,mual,muntah2,trus ama bokap dibawa ke RS,waktu msh kritis ane ngerasa kaya berhalusinasi aneh2,apalagi ngerasain pusing ama muntahnya gak ilang selama 2 hari,dulu ane sempat kejang juga kata bokap waktu di RS,akhirnya setelah seminggu dirawat baru diijinin pulang,kapok kapok dah,bersyukur masih diberikan kesempatan menghirup udara lagi

Page wan gan

Quote:Original Posted By Reordano07
Ane dulu pernah diceritain temen smp ane, dia ama anak-anak gengnya dikasi tau anak laen klo buah "ini"(jarak) enak. Pada nyikat tuh buah deh se-geng dan katanya enak kaya kacang, alhasil semua mabok pulangnya jalan sempoyongan sampe nyebur sawah, 3 hari baru sembuh dari tuh buah jarak. Pas dibawa ke RS, kata dokternya keracunan.

Quote:Original Posted By virgian65
bener banget gan.. kecubung sangat berbahaya...
yang kita tau selama ini biasanya daun kecubung punya efek halusinasi... di keringkan dan di masukan ke dalam rokok... tp jangan sekali2 nyoba deh... bisa ketawa kaga berenti ntar... hampir sama kaya JAMUR TOKAI SAPI

ini bener kejadian di tempat ane... di sebuah SMP di daerah tasikmalaya... jadi gini gan kejadiannya... si anak lagi ada pelajaran olah raga, ya kaya lari2 keliling sekolah.. nah setelah beres, dia balik tuh ke kelas... dikasih lah dia sama temenya minuman Al*-al* yang rasa jeruk itu... tp yang parahnya tu minuman udah di masukin perasan daun kecubung...
emanh niatnya cuma jail.. tp apa akibatnya??
si anak mual* pingsan beberapa jam... setelah sadar langsung linglung gitu.. bahkan sama orang tuanya dia jadi ga kenal gan..
kasian tuh anak...

Quote:Original Posted By nhatea
Ane pernah makan yg nomor 1 biji jarak... Awalnya iseng iseng ngumpulin biji jarak di pagar pagar kebun pinggir pantai. Ane kupas dan pecahin biji nya nah di dalam nya warna putih kecoklatan ky kacang almond tp lebih kecil, penasaran ane coba makan, wah beneran enak gurih tanps harus diolah lg langsung makan enak rasanya mirip almond beneran. Satu biji ane makan ketagihan coba lagi sampai sekitar sepuluh lebih, ane juga sempet suruh sodara ane coba dia makan satu enak kt nya. Setelah makan 10 an kacang beberapa menit itu ane masih gak berasa apa apa dijalan pulang sampe rumah sekitar 30 an menit setelah nya baru kepala terasa pening rasa pinging tiduran tp bingung gak karuan disertau perut terasa sangat mual dengan tiba tiba tubuh roboh gak kuat cuma bisa bilang tolongin, keluarga pd bingung, ane sdh gak tahan anen kuatin diri bangkit jalan keluar rumah jatuh lagi sambil muntah muntah gak terkontrol lg deh itu. Paniklah keluarga tanya kenapa tiba tiba begini, makan apa tadi, baru deh nyadar td habis makan biji jarak... Langsung dah dibikinin minuman ky campuran garam dan gula, trus susu, dan dicarikan air kelapa. sekitar satu jam lebih itu rasa nya sdh mikir mati saja itu sdh pasrah, setlah diminuman macam macam itu terakhir air kelapa ijo, sejam selanjutnya mulai berkurang itu efek nya, tp baru bisa tidur jam 12 an malam, pagi bangun tinggal lemas nya saja.

Quote:Original Posted By Nopexcakep
Sebelumnya ane pernah denger tentang kehebatan keripik Gadung , sampai suatu hari di tahun 2009 ane ama temen2x kantor makan keripik gadung kemasan (ada no PIRTnya juga) oleh2x temen yg pulang dari kampung, rata2x makan 2-5 slice keripik gadung sambil sibuk kerja, setelah 5 - 10 menit temen2x termasuk ane pusing2x yg amat sangat, dunia serasa muter2x dan akhirnya mutah2x sampai isi perut kosong, bahkan ada temen yg makan paling banyak keripik gadung sampai pingsan dan akhirnya dibawa ke UGD
Temen ane yg masuk RS baru sembuh setelah 3 hari dirawat dan infus, ane dan yg lain 1 hari sdh pada sembuh karena saat kejadian semua isi perut dimutahkan.

Sejak saat itu ane ga berani makan yg namanya keripik Gadung

7 Tanaman di Indonesia yang Dapat Mematikan Jika Salah Konsumsi
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5604ed55e05227af548b456a/tanaman-mematikan-di-indonesia-jika-salah-konsumsi Category:
Top List
Pasang Iklan
close