Bahaya Rokok

Tips Mengawetkan Makanan Ala Anak Kos (Awet = Hemat) :D

19-04-2015 07:13
4X3L4
UserID: 2358961


Quote:Kembali lagi bersama ane Di hari Minggu pagi yang cerah ini ane mau berbagi tips seputar pengawetan makanan atau masakan ala anak kos. Anak kos selalu identik dengan mie instan, obat mag, dan kekurangan gizi Tapi jangan khawatir ane akan memberikan tipsnya. Mengawetkan makanan juga berarti penghematan. Penghematan tak selalu tentang mie instan dan nasi garam Modalnya Cuma butuh heater (pemanas air) dan magic jar (optional tapi rekomended ) Ane jamin 1000000% aman dikonsumsi dan gak pake bahan kimia berbahaya


Quote:1. Nasi Putih

Spoiler for Nasi Putih:

Makanan pokok orang Indonesia. Kalo gak makan nasi belum afdol rasanya Sebenarnya cara mengawetkan nasi ini tergantung dari tekstur nasinya sendiri. Kalo nasi yang bertekstur agak kering dan tidak menggumpal (biasanya untuk nasi goreng) lebih mudah. Tuangkan saja nasinya di atas piring dan biarkan diangin-anginkan beberapa menit kemudian tutup nasinya karena gak baik membiarkan makanan terbuka gitu aja

Untuk nasi yang bertekstur agak lembek dan menggumpal, sedikit beda caranya. Tuangkan nasi dalam piring kemudian aduk aduk jangan sampai menggumpal. Kemudian angin-anginkan sampai agak kering nasinya. Ingat gan jangan sampe masih basah nasinya. Kalo mau lebih cepat kipasi aja nasinya pake kipas angin meja Setelah itu beri tutup, karena sekali lagi gak baik membiarkan makanan terbuka gitu aja. Daya tahannya bisa sampe 1 hari 1 malam. Kalo mau lebih enak sebelum dimakan bisa diangetkan dulu pake magic jar.



Quote:2. Sate Ayam/Kambing

Spoiler for Sate Ayam:

Masakan yang satu ini identik banget dengan orang Madura Harga di sekitar tempat kos ane 1000/tusuk. Sate bisa untuk makan 2 atau 3 kali. Kalo ane biasa beli 6 tusuk buat 2 kali makan Cara mengawetkannya mudah banget. Pas beli satenya bilang ke yang jual buat misahin sate sama bumbu kacangnya dan inget gan bumbu kacangnya jangan dicampur pake sambal. Taruh sate dan bumbu kacangnya di piring atau wadah berbeda. Dan jangan lupa beri tutup biar gak didatangi cicak Oh iya, kalo bisa gajihnya dimakan aja dulu pokoknya jangan ikutan disimpan. Gajih ini cepet basi gan. Daya tahannya bisa sampe 1 malam (malam-sampe siang)



Quote:3. Nasi Goreng

Spoiler for Nasi Goreng:

Menu ini agak mahal menurut anak kos Harga nasgor di tempat kos ane 9000/bungkus. Ada juga yang 10.000 atau 11.000. Ane sering beli yang 9.000 karena yang jual tiap malem lewat depan kos ane Nasi goreng bisa buat 3 kali makan. Kalo ane lagi gak berduit, 1 bungkus buat ane makan 3 kali dan ane oplos sama nasi putih dimakan sama kerupuk :ngakas Cara mengawetkan nasi goreng gampang banget gan. Tuang aja di piring sambil diaduk-aduk dan angin-anginkan. Yang terpenting buat nasi gorengnya sedingin mungkin gan. Dan seperti biasa beri tutup



Quote:4. Bakso

Spoiler for Bakso:

Sebenernya yang bisa diawetkan adalah baksonya aja (pentolnya). Karena kuahnya kalo dimakan kelamaan bisa basi dan rasanya gak enak. Kalo di tempat kos ane ada yang jual bakso keliling harganya murah. Beli 5000 bisa buat 2 kali makan Cara mengawetkan gampang banget gan, pisahkan aja bakso (pentol) dengan kuahnya. Kalo mau bikin kuah bakso juga gampang gan. Beli aja bumbu kaldu bubuk yang biasa dijual di warung. Rebus air, campur dengan garam, kaldu bubuk, dan merica (optional). Bakso cuma tahan setengah hari gan



Quote:5. Aneka Makanan Yang Di Goreng
(Telor ceplok, ayam goreng, tahu goreng, dsb)


Spoiler for Gorengan:

Ini dia makanan yang paling mudah banget diawetkan. Gak usah diapa-apain tinggal ditaruh di wadah. Tapi inget gan yang terpenting kalo dimasukkan wadah tertutup kondisinya jangan masih panas. Didinginkan aja dulu



Quote:Kesimpulan dan Teori Umum

1. Jangan pernah mencampur makanan apapun dengan sambal, karena cepat basi
2. Jangan pernah menyimpan makanan yang masih hangat dan basah ke dalam wadah
yang tertutup karena cepat basi
3. Makanan berkuah, seperti sayur mudah basi kalau tidak disimpan di dalam kulkas
4. Apapun makanannya jika ingin awet tanpa menyimpannya di kulkas, pastikan dalam kondisi kering



Oke segitu aja tips dari ane. Kalo ada kaskuser yang mau menambahkan atau sekedar mau sharing silakan.
Nanti ane taruh pejwan.

Semoga Bermanfaat. Hidup Anak Kos..!!
CMIIW


Sumber
Spoiler for Sumber:
Pict by Google
Pengalaman ane
Ilmu dari emak ane tercinta



Quote: KOMENTAR KASKUSER
Quote: KOMENTAR NGAKAK
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By virginprincess

Itu bisa buat ngawetin Mayat juga ga sist?

Sayang kalo ga dikonsumsi kerna dah keburu busuk

Quote:Original Posted By rhysGAN
Ngawetin hubungan gimana gan?

Quote:Original Posted By isla1
agan memang top dah .. spesialis awet mangawetkan ... btw mengawanget orang juga bisa dong gan

Quote:Original Posted By vladimirizki
Kalo menurut ane, beli formalin aja gan di toko kimia. kalo gak ambil di lab.

Quote:Original Posted By devilnextdoor
Bisa buat ngawetin perasaan ga gan?

Quote: TAMBAHAN DARI KASKUSER
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By chake
saran ane pake makanan kering
misal tempe orek, rendang dll
jadi lebih awet

Quote:Original Posted By fatichdw


jadi gini gan analogi sederhana nya
kalo makanan keadaan panas itu menimbulkan uap
nah uap itu dapat merangsang tumbuhnya bakteri
jadi seperti kata TS di pejwan tadi, bahwa makanan perlu didinginkan dulu, tujuannya biar gaada uap airnya

cmiiw

Quote:Original Posted By sherry13
Waduh gan, kasian banget sih caranya hemat. Kl ane gini nih cara hemat jaman masih ngekos dgn duit terbatas ha3.

Beli sayur aja di penjual gerobak sayur jam 9 malem he3 pasti didiscount 50%. Malah byk yg ngasih gratisan kl itu cuma buat beli daun bawang atau seledri ha3. Jd plg tdk cm abis 2 rb dah dpt byk sayur. Sekalian aja beli bbrp bumbu dan bawang putih itu bisa lama kl bawangnya di taruh di tempat kering. Tgl masak aja gan 2x lagi agan masak plg habis jg cm 3rban. Td vegie bgt yo. Plus nasi buat aja pakek rice cooker en kl sisa, didingin2in en masukin di tempat tertutup dan disimpen di kulkas. Tahan 3 sampai 1 mgg. Kl mo ada dikit protein ya telor aja gan he3. Murah deh. Drpd makan kyk gitu.

Quote:Original Posted By adiswasana
jadi inget waktu masih kuliah dulu(ngekost) ada bberapa trik yang sama nih...salah satunya necampur nasi goreng sama nasi biasa..trus biasanya ane tambahain bumbu dikit2 plus krupuk...sebungkus nasgor bisa buat 3 kali makan...ane juga pakai tupperware(ngambil punya nyokap pas pulang(tahu2 nyokap sms tuperwarenya ane embat)) makananannya ane dinginin dulu baru masukin tupperware...bisa buat 2 hari lhooo

Quote:Original Posted By aweaceh
satu lagi tips hemat ala anak kost, ssarapannya roti tawar aja, roti tawar yg baru bisa tahan sampe seminggu, waktu beli ngga usah malu tanya sama yg jualnya ni roti baru masuk atau dah beberapa hari di pajang.

Quote:Original Posted By armeddragons
nasi goreng 3 kali makan gan?buset....

ada tips lagi gan...buat makanan yang agak basah (bukan kuah tapi juga ga bgtu kering) kaya gado2,pecel, ato gudeg...mending diangetin di magic jar aja soalnya g mungkin klo dibiarin kering (soalnya kn emang dasarnya bukan makanan kering), trus selain dipisah bumbunya (buat gado2, tahu telor atau pecel) klo bisa dipisah kecambahnya soalnya kecambah itu yg bikin makanan ga tahan lama....

pejwan klo berkenan gan

Quote:Original Posted By lagunas
makanan ane pas ngekos adalah abon gan... di simpen berminggu2 tetep awet dan rasanya tetep enaaak hehe

Quote:Original Posted By muss4fir

maap2 ni gan, ane paling ga tahan kalo harus makan nasi oplosan berkali2.
daripada beli nasi goreng sekali dan dioplos pake nasi putih, rasanya jadi ga ori.
mending masak nasi goreng 3 kali, harganya malah lebih irit.
beli cabe+bawang+tomat+sayur 8rb bisa buat masak nasi goreng 6 kali,
tambah telor 6 biji 7,5rb + minyak skitar 1,5rb.
beras paling 7rb buat 6 piring.
masak pake kompor induksi, jadi ga pake duit buat beli gas.
totalnya cuma 24rb bisa makan 9 kali cuy dan bebas bereksperimen.

Quote:Original Posted By erosheart
kalau memang mau disimpan biar awwet, sebelum dimakan dipisahkan dulu, jangan kecampur sama yang sudah dimakan / pakai sendok bekas makan, air liur juga bisa bikin makanan cepat basi lho, mungkin karena kecampur sambel juga

Quote:Original Posted By omhilmirf
Ane juga diajarin oleh my mother tips untuk seperti ini sih, yang paling utama, pas makan jangan diaduk

Quote:Original Posted By koenokatachi.
begh, gak yakin ente mau irit ato pelit, segitunya bener ampe nasi putih d awetin

temen ane yg ngekost aja gak segitunya... kalo mau murah ya beli lauk yg kering aja macam bakwan jagung Rp.500 beli 3 bisa 3x makan

Quote:Original Posted By adisugeng
tambah lgi gan...
beberapa makanan ada yg mencampur TIMUN untuk tambahan, sprt nasi goreng..selalu pisahkan TIMUN saat penyimpanan..soalx timun bkin mkanan laen cepet basi...


Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5532f33e162ec22a148b4567/tips-mengawetkan-makanan-ala-anak-kos-awet--hemat-dCategory:
Tips Trick
Pasang Iklan
close