Bahaya Rokok

5 Tingkatan Motivasi Dalam Belajar

05-04-2015 21:09
mycrobrute
UserID: 3495199


Quote:
Quote:Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk melakukan sesuatu. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. Sebenarnya pada dasarnya semua motivasi itu datang dari dalam diri, faktor luar hanyalah pemicu munculnya motivasi tersebut.

Kebanyakan orang ngira kalau motivasi itu datangnya hanya dari luar. Contohnya belajar karna bsok ada ulangan , dapet rangking di kelas, ataupun biar bisa deket ama gebetan. Sebenernya motivasi itu nggak harus dateng dari luar. Justru kalau kita terbiasa dengan hal hal seperti itu tadi kita bakal kehilangan asiknya dari belajar itu sendiri. Agan yang suka main game tau kan gimana senengnya kalu kita lagi main game? bahkan sampe main berjam-jam sampe nggak tidur agan rela nglakuin itu dengan perasaan senang, hafal di luar kepala item,skill,dan hero-hero yang segitu banyaknya nah kalau kita masuk ke tahap motivasi tertinggi dalam belajar, agan pasti bakal ngerasain gimana senengnya kalau pas lagi main game. yak langsung aja gan sis!

Quote:Quote:Level 0. Amotivated
Quote:
Kondisi dimana agan tidak ada motivasi untuk belajar

Quote:Quote: Level 1. External
Quote:
Contoh motivasi ini adalah "ntar malem ane bakal belajar ah biar dikasih duit ama emak". Motivasi tahap ini membutuhkan reward dari luar, rewardnya itu sendiri biasanya tidak ada hubungannya dengan belajar.

Quote:Quote: Level 2. introjected
Quote:
Contoh motivasi jenis ini adalah "Ane belajar biar bisa ngebanggain emak". Pada level ini agan belajar untuk orang lain bukan untuk diri agan sendiri. Tapi udah mending laaah

Quote:Quote: Level 3. Identified
Quote:
Contoh motivasi di tahap ini adalah "ane bakal rajin belajar biar dapet rangking 1". Pada level ini agan sudah belajar untuk diri agan sendiri, tapi masih ada nilai atau rangking.

Quote:Quote: Level 4. Integrated
Quote:
Contoh motivasi di tahap ini adalah "Ane mau belajar sungguh-sungguh biar bisa jadi dokter kelak ". Di level ini agan udah bisa liat lebih jauh lagi tujuan agan belajar. Pada tahap ini agan udah punya kesadaran sendiri kenapa agan belajar.

Quote:Quote: Level 5. Intrinsik
Quote:
Nah, di level ini, agan ngerasain bahwa belajar itu fun, bikin agan seneng banget ketika agan bener-bener ngerti sama apa yang dipelajari.

Agan bayangin the best game yang pernah Agan mainin. FIFA? PES? PB? DOTA? DN? Catur? Silent Hill? Kenapa agan termotivasi banget main itu semua? Padahal, agan nggak diiming-iming sama nilai, nggak dikasih duit juga untuk main game-game itu, agan main game juga bukan demi orang tua agan, dll. Pokoknya agan pengen aja main game itu karena: fun. Nah, sebenernya dari mana sumber “fun”-nya ini? Pertama, agan melakukannya karena nggak ada paksaan dari luar. Selain itu, ini yang sangat penting, agan ngerasa ketika agan main game tersebut, agan bisa ngelewatin berbagai challenge yang ada di situ.

Dalam belajar, ini juga bisa terjadi. Kalau dorongan belajar agan itu muncul dari dalam, justru mungkin banget agan ngerasa kalau belajar itu “fun”. Reward dalam belajar itu yang paling kuat itu bukan ketika kita dapet nilai 100 di sekolah. Reward dalam belajar itu adalah ketika agan bisa bilang “Anjir gue ngerti banget konsepnya!!!”.

Quote: Quote: Berikut Rangkuman Tingkatan Motivasi
Quote:

Quote:Mulanya agan enggak harus langsung di level intrinsik. Agan bisa mulai dari lvl 1 trus creeping dlu biar dapet exp smpe lvel 5 . Biar agan bisa smpe motivasi level 5 awalnya mungkin agan harus memaksakan diri agan semaksimal mungkin sampe bener-bener ngerti konsepnya. Ketika agan udah ngerti konsepnya rasanya akan asik banget bak main game

Sebenernya sama aja kayak main game. Bayangin game yang dulunya agan nggak bisa, terus sekarang agan jago banget. Awalnya agan nggak bisa apa-apa, terus agan mulai belajar dari yang simple-simple, terus agan bisa, seneng kan rasanya? Nah, terus agan main lagi, pelajarin game-nya, sampe agan jago. Kenapa agan mau susah-susah pelajarin game itu sampe agan bisa jago? Karena motivasi agan untuk melakukan itu semua datangnya dari dalam diri agan sendiri.

Quote:Nah, belajar tuh juga gitu. Kalau agan udah ngerasain “fun”-nya belajar, agan akan ketagihan untuk pengen belajar layaknya ketagihan main game. Motivasi ini tidak hanya untuk para pelajar yang sedang belajar saja, tetapi dapat diaplikasikan dalam hal yang lainnya.

Quote:Sekian thread dari ane semoga bermanfaat
Kalau berkenan boleh bagi ama atau komengnya

Quote:Sumber Artikel
Sumber Gambar

Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5521422632e2e68c2a8b456a/5-tingkatan-motivasi-dalam-belajarCategory:
Intermezzo
Pasang Iklan
close