Bahaya Rokok

Berkunjung Ke Markas FBI Academy Dan Melihat Cara Pelatihannya

27-03-2015 15:34
HughWolverine
UserID: 3611043
Quote:Quote:FBI Academy

Quote:Terletak di areal luas yang mencapai lebih dari 300 hektare di U.S. Marine Corps Base di Quantico, Virginia, Akademi FBI tumbuh dan berkembang sejak dibuka pada tahun 1972. Dibangun pada awalnya sebagai pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan nasional yang dirancang untuk membantu para profesional di bidang penegakan hukum di Amerika Serikat melalui pelatihan formal, misi akademi saat ini adalah meningkatkan standar dan kinerja penegakan hukum dengan menambah pengetahuan dan kemampuan personel polisi.

Untuk mewujudkan tujuan ini, fakultas akademi beserta stafnya melakukan tiga hal. Pertama, mereka melatih personel FBI dan petugas penegak hukum lokal, negara bagian, federal, sampai penegak hukum internasional, di samping juga memberikan pelatihan forensik dan pelatihan hukum kepada agen DEA. Kedua, unit akademi memberikan pelayanan keahlian operasional kepada divisi di FBI, polisi lokal dan polisi negara bagian, serta agen peradilan kriminal. Dan ketiga, fakultas FBI dan para stafnya secara terus-menerus mengadakan penelitian dalam bidang baru yang penting, seperti teknik investigasi dan forensik, persenjataan, serta amunisi.

Spoiler for FBI Academy:

Spoiler for FBI Academy:

Spoiler for FBI Academy:

Spoiler for FBI Academy:

Spoiler for FBI Academy:

Spoiler for FBI Academy:

Spoiler for FBI Academy:


Quote: Quote:Inside The FBI Academy
Quote:FBI Academy, yang terletak di Quantico, Virginia, adalah tempat pelatihan untuk Agen Khusus baru Federal Bureau of Investigation Amerika Serikat.

Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1972 dengan luas 385 hektar (1,6 km²). Tempat ini adalah tempat akademi pemerintah yang lumayan kecil, yang didalamnya hanya ada beberapa bangunan perumahan, asrama dan beberapa fasilitas.

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Memorial FBI Academy

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Restricted area. Tempat percakapan rahasia para agen khusus

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Lencana Hukum dari seluruh penegak hukum Amerika yang di pajang di kamar FBI Academy

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Elevator FBI Academy

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Cafetaria FBI Academy

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Makanan para agen FBI Academy

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Tempat nongkrong para agen kali yah

Spoiler for Inside The FBI Academy:

FBI Laboratory

Spoiler for Inside The FBI Academy:

FBI Laboratory

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Hogan’s Alley, Kota palsu tempat latihannya para agen untuk menangani kasus-kasus alias tempat simulasi

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Jalan Hogan’s Alley

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Bank yang terdapat di kota Hogan’s Alley

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Setelah berkeliling di markas FBI Academy, anda pun bisa berbelanja pernak-pernik FBI

Spoiler for Inside The FBI Academy:

Saatnya belanja


Quote: Quote:Pelatihan FBI Academy
Quote:Program pelatihan formal yang diberikan oleh Akademi FBI untuk bidang penegakan hukum dibagi dalam enam kategori. Program terbesar adalah Akademi Nasional FBI, program akademik selama sebelas minggu bagi petugas tingkat menengah yang diadakan empat kali setahun. Program lain adalah seminar dan institut pelatihan untuk para eksekutif, sekolah khusus, pelatihan polisi lapangan, simposium internasional, dan pertukaran polisi. FBI membuka program Akademi Nasional pada tahun 1935 berdasarkan rekomendasi dari konferensi nasional mengenai kejahatan yang dicetuskan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt. Dua puluh tiga petugas mengikuti sesi pertama Akademi Nasional. Saat ini, program ini setiap tahunnya memberikan pelatihan bagi 1.000 penegak hukum tingkat negara bagian dan tingkat daerah. Dalam setiap sesi juga disediakan dalam jumlah terbatas khusus untuk para aparat penegak hukum lokal, federal, dan internasional. Sejak awal tahun 1935, 167 sesi Akademi Nasional melahirkan lulusannya.

Setiap calon peserta Akademi Nasional harus mendapatkan penunjukkan dari kepala lembaganya masing-masing, dan harus memenuhi kriteria seleksi tertentu, seperti umur, pengalaman sebagai penegak hukum, pendidikan, ketahanan fisik, dan reputasi di antara rekan-rekannya. FBI menanggung semua biaya pelatihan bagi siswa yang mengikuti Akademi Nasional termasuk antara lain buku petunjuk, perbekalan, makanan, penginapan, transportasi, dan pelayanan cuci pakaian.

Spoiler for Baca Lebih Lanjut:
Program yang ditawarkan terdiri atas kursus setingkat universitas yang dirancang untuk administrator polisi yang sudah berpengalaman dan kepala personalia. Melalui kerja sama dengan Universitas Virginia, setiap siswa mendapatkan 16 kredit setingkat sarjana atau sembilan kredit setingkat pasca sarjana. Berbagai tingkat pendidikan kejuruan melengkapi porsi akademik pada program Akademi Nasional.

Jenis pelatihan kedua ditujukan bagi pejabat teras. Unit berbeda dalam Akademi FBI memberikan pejabat teras penegak hukum berbagai kesempatan untuk memperluas jaringan institusional. Pelatihan ini meliputi National Executive Institute (NEI), Law Enforcement Executive Development Seminar (LEEDS), Executive Public Speaking and Media Media Traing School, serta National Law Institute (NLI). Melalui program pelatihan eksekutif 15 hari, NEI mengundang para partisipan berdasarkan keanggotaan mereka dalam Major City Chiefs, CEO agen penegakan hukum utama atau rekomendasi dari atase hukum FBI di suatu kedutaan. Sejak dibuka pada tahun 1976, NEI mengadakan tiga kali pertemuan selama lima hari yang dilakukan setiap bulan. Tiga puluh lima hingga empat puluh anggota mengikuti tiap sesi. Kurikulum yang diberikan sarat dengan konsep dan meliputi bidang yang berhubungan dengan kecenderungan ke depan di bidang sosial, ekonomi, dan politik. Institut juga memberikan pengetahuan mengenai kecenderungan hukum saat ini, pelatihan media, kebijakan luar negeri, manajemen stres, etika, dan gaya manajemen. Para tokoh dari lingkungan akademi, bisnis, dan pemerintahan juga ikut melengkapi kegiatan fakultas ini.
Sejak dibentuk pada tahun 1981, LEEDS telah meluluskan lebih dari 600 administrator polisi internasional dan nasional. Program pengembangan eksekutif selama dua minggu menitikberatkan pada perubahan dan kecenderungan yang terjadi di lingkungan luar dan ditujukan pada CEO lembaga penegak hukum negara bagian atau kota. Peserta dapat memilih 15 mata pelajaran dengan 1 dikhususkan untuk pelatihan media. Pada tahun 1989, akademi ini memperluas komponen pelatihan media dan menambah mata pelajaran berbicara di depan umum untuk eksekutif. Melalui mata pelajaran ini, para eksekutif dapat mengikuti kegiatan dalam permainan peran untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi media berita dan penampilan televisi. Sejak tahun 1984, National Law Institute (NLI) telah mengadakan program pelatihan satu minggu untuk penasihat hukum polisi, dan sejak tahun 1989 kegiatan yang sama juga ditujukan bagi para jaksa penuntut. Program NLI menyelenggarakan, dua kali dalam setahun, satu sesi yang dikhususkan bagi penasihat hukum dan jaksa penuntut.

Daftar pelatihan ketiga adalah sekolah khusus. Untuk para petugas yang membutuhkan instruksi spesifik, paket kurikulum akademi memberikan topik yang berhubungan dengan peradilan kriminal, seperti manajemen, komunikasi, pengetahuan tentang perilaku, dan teknologi forensik. Sekolah khusus ini berlangsung tiga hari hingga empat minggu, tergantung pada topik yang disajikan.

Keempat, selama lebih dari 40 tahun, pelatihan polisi lapangan telah ditawarkan tanpa biaya. Walaupun agen khusus dari salah satu divisi lapangan FBI mengajar mata pelajaran dengan waktu dan anggaran yang diberikan, instruktur dari akademi juga mengunjungi fasilitas lokal, negara bagian, dan regional untuk mengajar kelas. Program yang diberikan bervariasi dalam durasi, dari beberapa jam hingga beberapa hari, dengan beberapa mencapai dua minggu.

Kelima, simposium internasional. Untuk pertemuan global, pihak akademi menciptakan iklim kondusif untuk membahas berbagai hal yang masih hangat dibicarakan serta munculnya ide baru dalam dunia penegakan hukum. Pemberantasan narkoba, kejahatan dengan kekerasan, kejahatan futuristik, uji DNA, dan manajemen laboratorium merupakan salah satu topik yang yang disajikan dalam simposium internasional. Sejak tahun 1983, akademi telah menggelar 14 simposium yang membahas permasalahn seputar forensik. Lebih dari 2.700 ilmuwan di segala penjuru dunia mengikuti simposium internasional tersebut.

Kategori pelatihan keenam dan sekaligus yang terakhir adalah beasiswa polisi. National Center for the Analysis of Violent Crime (NCAVC) yang didirikan pada tahun 1984 merupakan pusat pemrosesan data dan pengetahuan perilaku yang berorientasi pada penegakan hukum. Dua unit dalam NCAVC—Behavorial Science Service Unit (BSSU) dan Investigationa Support Unit (ISU)—mengkoordinasi program beasiswa 10 bulan mengenai analisis investigasi kejahatan. Program ini melatih para penyidik kejahatan kekerasan yang sudah terseleksi dari lembaga penegak hukum di tingkat lokal, negara bagian, federal, dan internasional tanpa pungutan biaya dari lembaga bersangkutan. Setelah tiga bulan masa pelatihan intensif dan program akademik, para partisipan menganalisis dan mengkonsultasikan kejahatan kekerasan yang belum terselesaikan. Selanjutnya, mereka kembali ke lembaga masing-masing untuk berbagi mengenai hal yang telah mereka pelajari. Sejak tahun 1984, 32 pria dan wanita lulus dari program beasiswa ini.

Spoiler for FBI Academy Training:

Para agen baru sedang belajar nembak

Spoiler for FBI Academy Training:


Spoiler for FBI Academy Training:

Spoiler for FBI Academy Training:

Agen khusus yang sedang demonstrasi

Spoiler for FBI Academy Training:

Para agen baru sedang belajar di ruang perpustakan

Spoiler for FBI Academy Training:

Latihan fisik dulu

Spoiler for FBI Academy Training:

Pak polisi yang sedang ikut pelatihan fisik di FBI Academy

Spoiler for FBI Academy Training:

Para agen baru yang sedang belajar teori

Spoiler for FBI Academy Training:

Demonstrasi tentang penggunaan pistol

Spoiler for FBI Academy Training:

Para agen sedang belajar di ruang FBI Academy Forensic Science

Spoiler for FBI Academy Training:

Latihan menangani kasus


Quote: Quote:Video Pelatihan FBI Academy


Quote:Quote:Mau Jadi Anggota Agen FBI ?
Quote:Melayani sebagai Agen Khusus FBI adalah pekerjaan yang menuntut. Agen Khusus sering ditempatkan dalam situasi-situasi yang membuat tuntutan yang hebat pada / kapasitas fisiknya. Dalam hal ini, kebugaran fisik adalah faktor yang sering mantra perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan - bahkan hidup dan mati. Oleh karena itu, semua kandidat untuk posisi harus dalam kondisi fisik yang sangat baik tanpa cacat yang akan campur tangan dalam penggunaan senjata api, serangan, atau taktik defensif. Semua calon Agen Khusus harus mampu melewati beberapa tes untuk memperoleh masuk ke FBI Academy di Quantico, Virginia.

Physical Fitness Test
Visi Persyaratan
Mendengar Persyaratan
Medical Review

Spoiler for Uji Fitness Fisik:
Untuk memastikan bahwa Agen Khusus FBI sepenuhnya siap untuk memenuhi tanggung jawab mereka sebagai pemimpin dalam penegakan hukum masyarakat, pelamar harus lulus Tes Kebugaran Fisik standar. Tes ini terdiri dari empat kegiatan wajib yang diberikan dalam urutan sebagai berikut:

1. Jumlah maksimum sit-up dalam satu menit
2. Jangka waktu 300-meter sprint
3. Jumlah maksimum push-up (dibatasi waktu)
4. Jangka waktu satu dan satu-setengah mil (1.5 mil) menjalankan

Pelamar diperlukan untuk melakukan Kebugaran Fisik Test (PFT) self assessment menggunakan protokol PFT tepat sebelum Fase I ujian. Hasil penilaian diri harus dilaporkan pada Formulir Evaluasi Diri PFT. Klik di sini untuk mengakses formulir. Formulir ini harus diisi oleh semua pemohon dan diserahkan ke kantor lapangan pengolahan selama Fase I ujian. Meskipun PFT yang lewat self assessment tidak diperlukan untuk mengambil Fase I ujian, tidak ada pemohon akan dipertimbangkan untuk Tahap II menguji sampai ia telah menyerahkan Formulir Evaluasi Diri PFT yang mencerminkan nilai yang lewat. PFT resmi akan dilaksanakan oleh perwakilan FBI setelah berhasil lolos pemohon Tahap II.

Seorang pejabat PFT adalah diberikan pada pemohon Agen Khusus di / wanita pengolahan kantor lapangan FBI tak lama setelah pemohon telah lulus tes Tahap II. Pemohon tidak akan memenuhi syarat untuk masuk menjadi Agen Baru 'Pelatihan Kelas sampai dia telah lulus PFT. Pemohon akan memiliki total tiga kesempatan untuk lulus PFT: yang pertama akan segera setelah melewati tes Tahap II. Jika pemohon gagal PFT pertama, ia harus tes ulang dalam waktu 30-90 hari. Jika pemohon gagal PFT kedua, ia harus tes ulang dalam 90-120 hari. Sebuah pengolahan pemohon akan dihentikan jika dia gagal tes ulang dalam kerangka waktu yang diperlukan. Jika skor kelulusan tidak tercapai pada salah satu dari tiga PFTs, pemohon tidak akan memenuhi syarat untuk posisi Agen Khusus di masa depan. Ada didefinisikan secara ketat dan protokol skala penilaian untuk setiap peristiwa. Dalam rangka untuk lulus PFT, Agen Khusus pelamar harus mencapai minimal nilai kumulatif dari dua belas poin dengan setidaknya satu titik di masing-masing peristiwa. (The PFT untuk pelamar Program Merekrut Taktis terdiri dari lima peristiwa dan pemohon harus mencapai dua puluh poin untuk lulus.) Pelamar yang lulus PFT resmi dianggap cukup cocok dengan aman dan berhasil menyelesaikan pelatihan fisik dan taktik defensif porsi Agen Baru 'Pelatihan di FBI Academy.

Peserta pelatihan Agen baru mengakui Akademi FBI harus kembali lulus Tes Kebugaran Fisik dalam minggu pertama mereka di Akademi. Tes, skala penilaian, dan protokol yang persis sama, kecuali event yang kelima ditambahkan - pull-up standar. Skor di pull-up tidak digunakan untuk lulus / gagal tujuan, tapi digunakan oleh FBI Divisi Pelatihan untuk kebugaran penghargaan, termasuk penghargaan 50-titik. Harap diperhatikan: beberapa Lapangan Kantor dapat melaksanakan tes pull-up selama Field Office Tes Kebugaran Fisik.

Sebelum mencoba salah satu dari peristiwa-peristiwa ini, silakan tinjau Fisik FBI Pedoman Pelatihan untuk memaksimalkan kinerja dan menghindari cedera.

Spoiler for Visi Persyaratan:
Agen Khusus calon harus memiliki ketajaman visual tidak dikoreksi tidak lebih buruk dari 20/200 (Snellen) di setiap mata, dengan koreksi ke dalam satu mata 20/20 dan 20/40 setidaknya di mata lain. Individu tidak dapat memenuhi minimal 20/200 ketajaman tidak dikoreksi dapat dipertimbangkan jika mereka menyediakan dokumentasi medis penggunaan lensa kontak lunak selama setidaknya satu tahun tanpa masalah signifikan atau peristiwa-peristiwa buruk. Jika pemohon telah memiliki mata laser operasi korektif, enam bulan masa tunggu yang diperlukan sebelum awal Agen Baru 'Pelatihan di FBI Academy.

Pemohon juga harus memberikan bukti lengkap penyembuhan oleh ophthalmology evaluasi klinis. Kebijakan untuk visi warna memungkinkan kelanjutan dari pemohon pengolahan jika orang-orang yang gagal skrining awal visi warna dapat berhasil menyelesaikan Farnsworth D-15 warna tes penglihatan.

Spoiler for Mendengar Persyaratan:
Agen Khusus pelamar harus mengambil tes Audiometer pendengaran dan memenuhi standar yang ditetapkan. Harap dicatat bahwa tidak ada pemohon akan dipertimbangkan yang melebihi salah satu dari berikut:

a) rata-rata kehilangan pendengaran dari 25 desibel (ANSI) pada 1000, 2000, dan 3000 Hertz
b) membaca satu dari 35 desibel pada 1000, 2000, dan 3000 Hertz
c) membaca satu dari 35 desibel di 500 Hertz
d) membaca satu dari 45 desibel di 4.000 Hertz

Spoiler for Medical Review:
Pemohon sejarah medis akan diperiksa secara teliti dan tekad akan dibuat apakah masalah medis (atau kondisi) dapat berpotensi mempengaruhi kemampuan pemohon untuk melakukan fungsi-fungsi dasar dari Agen Khusus posisi. Tinjauan medis ini memastikan bahwa setiap calon situasi ditinjau secara individual. Jika Anda telah menjalani prosedur pembedahan tertentu (misalnya, radial keratotomi) dan / atau memiliki beberapa kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (misalnya, hipertensi), hal ini akan memerlukan seksama selama proses pemeriksaan fisik. Masalah / kondisi yang permukaan selama Tinjauan Medis dapat menunda pemrosesan akhir pekerjaan. Walaupun dokter pemohon memberikan informasi tentang kondisi medis pemohon, maka FBI Chief Medical Officer yang memutuskan jika pemohon secara fisik mampu melaksanakan tugas-tugas pekerjaan. Keputusan ini didasarkan pada tinjauan terhadap dokter pemohon temuan dan FBI pengetahuan tentang persyaratan pekerjaan. FBI berkomitmen untuk memperlakukan semua pelamar dengan adil dan merata dalam segala aspek perekrutan kami / proses seleksi.


Sumber | Sumber | Sumber | Sumber | Sumber | Sumber | Sumber
Quote: Quote: Tambahan Dan Komentar Kaskuser
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By TheTick
Kok banyak komen pada ngawur ini,

FBI itu biro penyelidik Federal yang merupakan bagaian dari penegak hukum US Federal.

Secara lengkap kalau mau dilihat adalah,

1. US Marshal service. ini yang nanganin penangkapan dan intelijen masalah kriminal secara scope Federal.
2. FBI yang menangani investegasi secara Federal baik berhubungan dalam dan luar negeri yang akan mengirim para kriminal untuk diadili di dalam negeri AS.
3. US Federal Police, jarang didengar, tetapi yang ini buat menjaga tempat kantor kantor pemerintah Federal baik lembaga pemerintah maupun lembaga keuangan di dalam negeri.

Biar kagak bingung, ini pembagian tingkatan lembaga penegak hukum di AS, mulai dari yang tertinggi hingga satuan terkecil. di daetah daerah.

1. Federal: FBI, US Marshal, US Police etc etc
2. State: Sheriff Dept, State troopers masing masing negara bagian. CHP (california highway patrol)
3. County: Sheriff Dept, masing masing county (setingkat karesidenan).
4. Municipal: Sheriff Dept masing masing municipalities (setingkat kabupaten)
5: Metropolitan Cities: Kota kota besar yang memilika kepolisian mandiri seperti LAPD, NYPD, SFPD, dll.
6. Kota kota kecil yang beramalgam dalam penegakan hukum didaerah terpencil.

Jadi kira kira gitu para agan sekalian.

Quote:Original Posted By danielldt
Negara yang sangat memperhatikan 'nyawa' para aparat penegak hukumnya. Sejak pendidikan saja sudah dikenalkan dengan penggunaan rompi anti peluru. Karena para petinggi di sana menyadar banyaknya waktu yg akan terbuang dan biaya pendidikan yg tinggi. Jika gara2 agen yg gugur karena tidak menggunakan rompi anti peluru, mereka harus merekrut dan memdidik agen baru jika dibandingkan dengan harga rompi anti peluru

Berharap di Indonesia suatu saat seperti itu. Minimal jika seandainya pengadaaan rompi anti peluru membutuhkan proses yg panjang seperti pembentukan panitia lelang dan proses lelang itu sendiri. Ya minimal bisa membantu penjualan Rompi anti peluru melalui Koperasi dengan harga yang terjangkau. Amiin

Setiap saran, opini dan masukan yang saya tulis adalah murni Pendapat Pribadi.
Tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Gunakan untuk memperoleh "second opinion" untuk masalah Anda.
Kebijaksanaan dari para pembaca sangat disarankan.

Quote:Original Posted By fatihsukses
akmil-nya kita juga gak kalah keren lho gan, apalagi utk prajurit khusus, bahkan militernya US sana pernah belajar sama militernya Indonesia

lagipula setau ane FBI itu bukan militer, tapi sejenis BIN klo di kita

#cmiiw

Quote:Original Posted By madeka
Setahu ane FBI ini agen federal. Yang artinya kurang lebih seperti pegawai pusat kalo di kementerian2 kita.
karena di Amerika sono sepertinya setiap negara bagian memiliki wilayah hukum sendiri2. dan untuk memangkas birokrasi hukum antar negara bagian dalam menangani suatu kasus kriminal, maka FBI mempunyai wewenang melakukan penyelidikan secara langsung.
kalo di negara kita kan Kepolisian semuanya berada dalam 1 komando yg namanya POLRI. jadi jalur birokrasinya gak serumit di Amrik sono.

sorry kalo ane keliru.

Quote:Original Posted By roxteady
Wahhh pendidikan fbi ditanggung sama negara hebattt..beda tipis lah sama indo..masuk polis*i calon siswa nya yg bayar trus begitu lulus berdiri teriak2 SAYA PETUGASSSS,SAYA BERHAKKKK!!!! DAMN I LOVE INDONESIA

Quote:Original Posted By bonermania
setau ane FBI disana dibenci sama sesama penagak hukum yang lain gan, misal kayak ada kasus kriminal karena lama prosesnya oleh polisi akhirnya diambil alih sama FBI . jadi FBI sama aja nyerobot kasus penagak hukum lain.

Quote:Original Posted By mfajar10
mantap pelatihannya gan, andaikan penegak hukum di Indonesia seserius ini keren pastinya, apalagi buat nyelidiki kasus korupsi, tapi saat ini polisi Indonesia.... ah sudahlah
suatu saat BIN pasti punya cabang penegak hukum macam FBI ini lah, TNI aja udah punya banyak pasukan khusus semoga di bidang penegak hukum nanti ada

Quote:Original Posted By m.redhani
Baru baca US MArshal katanya lebih sangar ktanya. berbeda dengan FBI yang menyelediki US Marshal itu ibaratnya ALgojonya.

kalo perbedaan CIA dan FBI itu, kalo CIA itu ibaratnya BIN alias Intel jadi dia ga punya nama dan serba rahasia dan melapor langsung ke departemen pertahanan dan pemimpin setempat, kalo FBI lebih terbuka artinya bisa menjadi pembantu polisi setempat. bisa juga memimpin polisi setempat tergantung pesanan.

FBI sma CIA ini orangnya pinter-pinter pegawainya rata2 Sarjana semua

Kalo Secret Service itu dewa semua, ibaratnya versi militernya Iko Uwais.


Source: http://www.kaskus.co.id/thread/55151601c1cb178b5c8b4570/berkunjung-ke-markas-fbi-academy-dan-melihat-cara-pelatihannyaCategory:
Best Article
Pasang Iklan
close