Bahaya Rokok

Tips & Trick Menjaga File Maupun Fisik Hardisk ala Agan Ini

22-03-2015 20:47
Ichaal.mitnick
UserID: 4478965

Welcome To My Thread



Quote: Pembahasan
Perawatan Hardisk
Bad Sector
Recovery Data



Quote: Introduction
Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data seperti musik, gambar, aplikasi, dll.

Quote: Menggapa Hardisk Penting?
Karena Hardisk merupakan media penyimpanan data, tidak sedikit orang yang menyimpan data-data pekerjaan, sekolah, data-data pribadi, maupun data-data penting lainnya didalam hardisk sehingga hardisk menjadi media penyimpanan yang sangat populer saat ini.

.
Quote: TIPS 1 : Mengurangi Resiko Bad Sector
Spoiler for Masalah:

Salah satu cara agar terhindar dari bad sector pada hardisk adalah menjaga pasokan listrik pada hardisk agar tetap stabil. Mengapa stabil? karena tidak sedikit pengguna laptop / komputer langsung mematikan laptop / komputernya apabila kondisi perangkat tersebut hang. Dan seringnya mati listrik juga menjadi faktor hilangnya asupan daya pada hardisk secara tiba-tiba.

Spoiler for Solusi:
Gunakanlah UPS Bukan USB yak pada perangkat komputer atau jangan menggunakan laptop pada kondisi charge dan batrei tidak terpasang.

Lakukanlah Defragment secara berkala pada Hardisk, karena hardisk berisi sector-sector, ketika kita mengisi file sector akan terisi, dan ketika kita menghapus file sector akan kosong, defragment hardisk ini berguna untuk menata file-file yang ada pada hardisk agar berada di sector-sector depan (yah seperti baris gitu lah, yang depan diisi dulu ) sehingga kemampuan hardisk untuk membaca file akan lebih mudah

Cara Membagi Partisi Pada Bad Sector
Spoiler for Buka:
1. Scan Bad Sector (Favorit Saya HD TUNE). USAHAHAKAN FILE SUDAH DI BACKUP DAN HARDISK KONDISI KOSONG. Misal kita punya kondisi Hardisk seperti ini:
Spoiler for Kondisi 1:

2. Lakukan perhitungan pada sector-sector yang terkena bad sector (karena pada gambar diatas area yang terkena bad sector ada di tengah-tengah, maka cara membaginya adalah dengan membagi menjadi 3 AREA). perhitungan jumlah bad sector adalah perhitungan size (MB) per block. kalo ane sih perkiraan aja ngitungnya blok ke panjang dan blok lebar. kira-kira seperti ini:
Spoiler for Kondisi 2:

3. Mulai Membagi Block. Membagi Block bisa menggunakan Disk Management di Windows. caranya membukanya Start > Ketik Computer Managemet > Disk Management.
Spoiler for Kondisi 3:

4. Hapus Kedua Partisi yang TIDAK BAD SECTOR. kenapa? kalau tadi dibagi 3 Area, ini nantinya akan menjadikan 2 Area, yaitu Area yang Tidak Terkena Bad Sector, dan Area yang Terkena Bad Sector
Spoiler for Kondisi 4:

5. Format Partisi yang TIDAK TERKENA BAD SECTOR agar menjadi Prymary dan bisa digunakan, dan hapus Partisi yang Terkena Bad Sector agar tidak bisa digunakan kembali.
Spoiler for Kondisi 5:

Gimana gan? Gampang kan?

Quote: TIPS 2 : Jaga File Berharga Anda
Spoiler for Masalah:

Karena banyak orang yang menyimpan file berharga mereka pada hardisk, dan bingung ketika hardisk mereka tidak sengaja TERFORMAT,disini saya akan share tips bagaimana cara menjaga dan mengembalikan data pada hardisk

Spoiler for Solusi:
#1 Hardisk Terformat? Jangan Panik Gan!
Spoiler for Buka:
Apabila Hardisk anda tidak sengaja terformat, apa yang harus anda lakukan? panik karena data-data anda hilang?
dari pengalaman saya, apabila hardisk anda terformat 1x dan setelah terformat belum tertimpa file lain, maka masih ada kemungkinan hardisk masuk tahap recovery atau pengembalian data pada hardisk.
recovery data pada hardisk menurut saya pribadi sih susah-susah gampang (yang jelas butuh kesabaran disini).

#2 Pisahkan File Berharga Anda
Spoiler for Buka:
Jika anda memiliki uang yang cukup untuk membeli hardisk yang banyak, pisahkan file Sistem Operasi (OS) dengan data-data pribadi anda (minimal berbeda partisi antara OS dengan Data-data anda atau bisa menggunakan SSD untuk Sistem Operasi anda, dan Hardisk untuk Storage) dan pastikan anda memiliki backup untuk data-data yang menurut and penting. kenapa dipisahkan? karena apabila hardisk anda terformat, akan lebih mudah dalam proses recovery apabila hardisk anda berisi file-file pribadi anda saja, dan karena apabila anda nanti melakukan proses recovery, akan memudahkan anda dalam mencari file-file anda apabila tidak tercampur dengan OS.
karena apabila anda masuk proses recovery semua file yang sudah terhapus akan terdeteksi, jadi kalau tercampur dengan OS, bayangkan anda harus mencari file/folder anda yang terselip diantara ribuan file sistem operasi

#3 Gunakan Penamaan Unik Pada File / Folder
Spoiler for Buka:
Kenapa unik? karena apabila nanti terpaksanya anda harus mencari file / folder anda bersama ribuan file lainnya, nama unik pada file folder anda sangat berguna.
misal jika anda menggunakan nama folder "Images" untuk file-file gambar anda, maka pada saat recovery anda harus mencari folder "Images" anda diantara puluhan atau bahkan ratusan folder "Images" lainnya, saya selalu menggukanan special karakter di depan dan dibelakang folder saya seperti "[Poto-Poto]". terbukti sangat membantu saat proses recovery data.

Quote: TIPS 3: Backup Data
Spoiler for Masalah:
Banyak orang yang 'malas' mem-backup datanya karena yakin kondisi hardisknya pada saat ini masih bagus, tapi bagaimana jika besok hardisk tiba-tiba rusak?

Spoiler for Solusi:
Jaman sekarang storage sudah bisa dibilang 'murah', ente masih inget berapa dulu harga flashdisk 512MB? kalau anda merasa file anda perlu di backup, dan uang anda berlebih, anda bisa membeli hardisk khusus untuk backup data, dan apabila anda ingin yang gratis juga bisa, saya menyarankan menggunakan Google Drivedan Dropbox. Google Drive dan Dropbox sangat membantu apabila anda ingin mem-backup data anda

Quote: Kumpulan Software Untuk Hardisk
Ada beberapa software yang menurut saya 'Powerfull' mengenai cek kesehatan Hardisk, Cek Bad Sector, Recovery Data, dan Maintence Hardisk:
1. Software Cek Kesehatan Hardsik (HDD Sentinel)
Spoiler for Buka:
Hardisk mempunyai umur dan kondisi. HDD Sentinel ini menurut saya pribadi sangat Powerfull. kenapa? karena di tools ini banyak informasi yang tertera, mulai dari Merk,Tipe, Space Hardisk, Kesehatan, Umur Hardisk.

Spoiler for Gambar:

2. Cek Bad Sector (HD Tune)
Spoiler for Buka:
HD Tune menjadi favorit saya karena tools ini gak ribet, informasi yang disampaikan pada tools ini juga sangat jelas. sangat membantu bagi anda yang ingin mengecek bad sector.
Spoiler for Gambar:

3. Recovery Data (EASEUS Data Recovery)
Spoiler for Buka:
Apakah tools ini powerfull? ya. tools ini sangat powerfull dalam mengembalikan data. pengalaman saya hampir sekitar 95%-98% data saya (yang saya inginkan) dapat kebali.sekali lagi saya jelaskan tools ini sangat powerfull.
Spoiler for Gambar:

4. Maintence Hardisk & Komputer / Laptop (Tune Up Utilities)
Spoiler for Buka:
Tune Utilities merupakan tools yang sangat mudah, sangat berguna, dan sangat membantu, banyak fitur yang diberikan dan itu jelas membantu. fitur favorit saya adalah 1 Click Maintence (berguna untuk Maintence Laptop, membersihkan Sampah-sampah, Defrag Hardisk, Membersihkan Aplikasi yang sudah tidak terpakai, membersihkan cache pada browser, dll), Defragment Hardisk (berguna untuk defrag Hardisk, tersedia beberapa pilihan, cepat, rekomendasi, dan teliti) , Setting Turbo Mode (Tweak sesuai dengan keinginan kita masing-masing), dan Tweak Menghilangkan Arrow pada Shortcut Icon (yah walaupun icon di Desktop ane gak ada tapi ane tetep pakai ini).
Spoiler for Gambar:

Quote: Sumber

Pengalaman Pribadi + Google Image


Source: http://www.kaskus.co.id/thread/550ec7f6582b2e62378b456b/updated-tips-amp-trick-menjaga-file-maupun-fisik-hardisk-ala-agan-iniCategory:
Tips Trick
Pasang Iklan
close