Bahaya Rokok

Coba Ikuti Tips Ini, Untuk Menghindari Begal di Jalanan

24-02-2015 01:11
rezanu
UserID: 2363015

Mukadimah
Mengingat isu begal ini cukup meresahkan kita khususnya bagi pengendara kendaraan bermotor..
terutama ada sanak saudara, kerabat, teman yang menggunakan kendaraan roda dua
ane mencoba mengangkat kembali beberapa beberapa tips yang diharapkan membantu
atau dapat diterapkan dalam hal berkendara di jalanan ibukota yang semakin ekstrim..

Spoiler for Begal:

Topik
Begal merupakan suatu kata berartikan negatif, dimana terdapat unsur tindakan kriminal, dengan cara melakukan perampasan suatu barang baik itu berupa kendaraan, ataupun barang yang dimiliki orang lain. akhir-akhir ini, sering terjadi tindakan pembegalan dijalanan, yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Korban yang menjadi target pun, tanpa menyadari masuk ke perangkap para tersangka dengan berbagai trik. contohnya : ketika agan sedang mengenadarai kendaraan roda dua, di jalanan yang sepi dan cukup gelap, tidak beberapa lami didepannya ada tampak satu pengendara yang sepertinya baru terjatuh dari motornya. karena sudah menjadi hal yang manusiawi, kita pun pasti akan menolong orang tersebut. namun ternyata, pertolongan kita disaat itu, menjadi celah untuk melakukan perampasan motor, dimana saat kita lengah pengendara yang jatuh tadi menjadi tersangka dan dibelakang kita menjadi gerombolan yang ikut membantu aksi kejahatan perampasan motor tersebut. menurut ane, ini benar-benar ironis. contoh kasus lain yang pernah ane dengar, bahwa pada satu titik dijalan, ada orang dengan sengaja melintangkan sebuah benang (gelasan; benang layangan) dimana, orang melewati benang tersebut akan cedera dan akhirnya terjatuh. dan disaat itulah perampasan motor dilakukan.

nah dari contoh kasus diatas, mengkin ane coba men share ke agan-agan sekalian agar lebih waspada terhadap pembegalan ini. ada baiknya, agan bisa mengikuti beberapa tip yang di berika oleh bapak-bapak polisi. berikut tipsnya :

  1. Taati peraturan berlalu lintas dan lengkapi persyaratan berkendara.
    Sebelum memulai berkendara, cek kelengkapan berkendara agan. mulai dari Helm, Sarung Tangan, Sepatu, Jaket, Celana Panjang (baiknya jeans) dan terpenting surat kendaraan bermotor serta kartu identitas.

    Spoiler for Open:

  2. Informasikan perjalanan kepada keluarga atau teman.
    Setelah memastikan persiapan berkendara sudah selesai, selanjutnya beri kabar sanak saudara, kerabat, ataupun teman. tujuannya, agar kerabat, saudara atau teman, dapat memprediksikan jarak tempuh dan lokasi yang agan tempuh.

    Spoiler for Open:

  3. Perhatikan keadaan sekeliling kita saat berkendara.
    Selalu waspada, dan lihat jalur yang agan lewati. pastikan jalanan yang agan lalui, merupakan arah yang agan akan lewati.jika ingin memotong jalan dipertimbangkan terlebih dahulu dari sisi keamanan.

    Spoiler for Open:

  4. Simpan barang mewah, baik cicin atau jam berkilau.
    Nah ini yang kadang sering dilupakan, sering ane liat beberapa pengendara kadang berkendara menggunakan barang-barang yang mengundang tindakan kejahatan. misalnya ketika agan berkendara, agan sambil memegang hp.

    Spoiler for Open:

  5. Hindari jalan sepi dan gelap.
    Jika jalanan yang agan lewati gelap dan sepi, ada baiknya agan mencari teman pengendara motor yang lain 3 motor atau kendaraan lain seperti mobil. ketika menyusuri jalan gelap, setidaknya ada partner yang jalan bersama melewati jalanan yang sepi dan gelap.

    Spoiler for Open:

  6. Ingatkan teman yang dibonceng atau yang membonceng untuk hati-hati.
    Jika berkendara memiliki penumpang, maka baik penumpang ataupun pengendara sebaiknya saling mengingatkan untuk selalu tetap waspada satu sama lain. bekerja sama dalam hal menempuh perjalanan itu penting. jangan membawa penumpang berlebihan muatannya.

    Spoiler for Open:

  7. Naik kendaraan, khususnya sepeda motor, upayakan berdua.
    Berkendara dalam keadaan gelap, rasanya lebih seru dengan berboncengan. kalo berangkat sendiri pulangnya boncengan jadinya sih ga lucu gan.. hehehehe..

    Spoiler for Open:

  8. Datakan nomor handphone Polisi di kontak ponsel sebagai contact person.
    Simpan nomor call center polisi yaitu 110. informasi yang ane peroleh call center ini 24 jam

    Spoiler for Open:

  9. Awas jangan menelpon saat mengendarai atau dibonceng.
    Ini paling sering ane lihat. banyak banget abege2 jaman sekarang yang ga tau aturan. berasa seperti orang penting.. naik motor sambil bbman/telp2an.. gtw deh tuh ngomongin apaan. ini harus dihindari lho gan.. kenapa? tentu menelpon saat berkendara, sangat membahayakan kita sebagai pengendara, bahkan orang lain.

    Spoiler for Open:

  10. Rute jalan yang akan dilalui harus sudah diketahui.
    Jika agan mengendarai kendaraan, maka sebelum berkendara coba pelajari terlebih dahulu rute yang dilewati. perhatikan rambu-rambu serta petunjuk jalan. Jika mengalami kesulitan mengetahui rute saat berkendara, coba bertanya di titik keramaian.

    Spoiler for Open:

  11. Ingat saat dihentikan menepilah di tempat ramai.
    Malu bertanya sesat dijalan. ini pepatah dari nenek moyang kita. Jika tersesat, coba tanyakan orang sekitar. menepilah dipinggir jalan, tentunya ditempat yang ramai dan terang yah.

    Spoiler for Open:

  12. Bila memungkinkan melaju kencang meninggalkan pelaku yang minta kita menepi.
    Jika disaat asik-asiknya berkendara, tiba2 ada orang yang mengajakan menepi, sebaiknya pikirkan matang-matang. jika orang yang ga kita kenal, maka tetap jalankan kendaraan agan. tapi harus tetap waspada dan safety yah. jangan agan panik, nanti taunya berujung celaka.

    Spoiler for Open:

  13. Empat atau enam orang yang berkendara membuntuti kita patut diwaspadai.
    Ini gunanya spion gan. kalau agan naik motor, pergunakan spion untuk melihat kondisi dibelakang kendaraan kita. jika dibelakang ada yang membuntuti kita, maka coba tetap maintain kecepatan dengan seksama, kalau panik menepilah ditempat keramaian. tunggu beberapa saat hingga agan tenang.

    Spoiler for Open:

  14. Gunakan ruang terbuka yang ramai untuk bercengkrama, jangan di tempat sepi.
    Kalo agan yang berpasangan, nah coba deh cari tempat yang ramai. toh kalo sepi, konon katanya banyak setan. yang parahnya lagi, apes kalo ada yang mau ngerampas motor kita, disaat lagi pacaran..

    Spoiler for Open:

  15. Amati wajah dan ciri pelaku.
    Waspada.. waspada dan selalu waspada.. perhatikan lingkungan sekitar disaat berkendara. jika ada yang mencurigakan atau meilhat tindakan kriminal, amati seksama gan..

    Spoiler for Open:

  16. Laporkan ke kantor polisi terdekat bila melihat, mendengar, mengetahui, atau mengalami aksi pembegalan untuk ditindaklanjuti.
    Jika agan-agan melihat atau terlibat masalah dijalanan, segera laporkan ke pos pol terdekat gan.. jangan ragu untuk melaporkan atau meminta pertolongan. ini merupakan tugas yang wajib dilaksanakan oleh bapak polisi untuk memeriksa ataupun menindak pelaku kejahatan.

    Spoiler for Open:
Nah dari point-point diatas, harusnya sudah bisa kita mulai terapkan yah gan. karena keselamatan dalam berkendara merupakan tanggungjawab kita bersama. mari kita doakan bapak polisi yang bertugas, untuk membasmi pelaku tindakan pembegalan. denger-denger, bapak-bapak polda metrojaya membentuk unit khusus memberantas pembegalan lho gan.. mari kita duakan unit khusus tersebut, berhasil memberantas tindakan kejahatan khususnya begal. tetap waspada yah gan, semoga trit ane membantu.




Spoiler for Tambahan Tips dari Agan:
Quote:Original Posted By anonimox
Ngeri gan kalo begal.mana ane sering pulang malem di atas jam 10..
ane si berdoa aja selama perjalanan,..

Bener kita agan ini, berdoa sblm berjalan itu harus y gan..

Quote:Original Posted By jedayiz
nambahin gan, prioritaskan menggunakan helm yang full face.
tujuannya mengurangi kejadian2 yang engga diinginkan.
dan kalau menggunakan helm yang half face agak tundukkan muka agan, tujuannya ada 2
1 buat menjaga keseimbangan kalau dibutuhkan percepatan yang mendadak
dan untuk menggurangi kemungkinan dagu atau muka agan kena "benang setan" yang melintang di jalan sepi
kalau posisi agan agak menunduk atau "menonjolkan kepala bagian atas" otomatis yang akan terkena benang setan bagian kepala atas yang terlindungi helm

Rekomendasinya betul gan.. ane setuju.. izin quote y gan..

Quote:Original Posted By yuniepunya
Tambahin gan, ane selalu pulang malam soalnya, semoga bermanfaat :
1. Bawa safety defense gan, paper spray juga berguna, paling ngga bikin blind sesaat karena ga banyak yang kehirup sama tu pelaku (kan pakai helm). Atau kalau punya uang lebih bisa bawa Stun Gun dan Baton stick (hati2 bawa barang ini). Disimpan dibalik jaket, supaya mudah ngambilnya kalau urgent

2. Pakai pelindung, jaket yang sampai leher, helm, sepatu boot. Kalau dilihat dari korban yang ada, pelaku lebih seneng deketin yang kurang memperhatikan pakaiannya, seperti ga pakai jaket/helm/sepatu

3. Jangan bengong/melamun, khususnya si pembonceng, karena dia navigatornya. Usahakan punya kaca spion kecil yang di pegang sama pembonceng (ane begitu soalnya). Navigator harus melihat ke segala arah, tau kondisi. cepat ambil keputusan dan bisa baca map.

4. Kalau pelaku yang pepet kita di jalan 4 orang (2 motor) agan bisa langsung tancap gas, cari tempat ramai atau minimal yang ada satpamnya, bagus lagi kantor polisi, makanya harus paham banget lokasi yang kita datangi. Titik kantor polisi, rumah sakit.
Kalau pelakunya lebih dari 4 orang (3-6 motor), kalau ada celah buat nyalip, ya salip. Terus berhenti, lari sekuat tenaga, tinggalin motor.

5. Kalau di jalan yang agak sepi liat di depan kita ada kerumunan yang "mencurigakan" mendingan puter balik cari jalan lain.

Quote:Original Posted By gondezgkr
Ane sedikit nambaihin gan. Kalo ada kayu melintang di tengah jalan (jalan sepi gitu) biasanya batang pohon dan menghalangi jalan. Sebaiknya agan agan putar balik. Jangan berusaha memindahkan kayunya ke tepi jalan. Ntar takutnya waktu susah susah pindahin kayu gede gitu agan ditodong sama begal.
Mending putar balik cari jalan lain walaupun agak jauh demi keselamatan. Pengalaman ane sendiri

Source: http://www.kaskus.co.id/thread/54eb6d57d44f9f4b7e8b456f/coba-ikuti-tips-ini-untuk-menghindari-begal-di-jalananCategory:
Tips Trick
Pasang Iklan
close