Bahaya Rokok

Kuliner Swedia SurstrommingMengenal Kuliner Swedia - SURSTROMMING Ikan Busuk Yang Super Nikmat
jondhes39-5732951
Dari namanya aja gan "Surstromming", udah tau kalo itu asalnya dari negara Skandinavia atau negara Baltik gan, tepatnya Swedia gan. Sebelumnya, biar agan-agan lebih kenal Swedia ane kasih petanya dulu dah gan.

Swedia""
Let's cekidot gan

Nah kuliner Swedia yang terkenal salah satunya adalah Surstromming ini gan. Surstromming ini terbuat dari ikan herring Baltik mentah yang difermentasikan, sehingga baunya super busuk. Bau busuk itu dihasilkan dari gas Hidrogen Sulfida yang merupakan hasil dari respirasi anaerob dalam proses fermentasi.
Surströmming difermentasikan oleh enzim asam laktik yang ada di tulang belakang ikan itu sendiri, dibantu bakteri.

Buat agan2 yang penasaran sama ikan herring, nih ane kasih gambarnya:

Ikan Herring
Sebelumnya mari kita mengetahui sejarah Surstromming terlebih dahulu.

Quote:PADA abad ke-16, sebuah perang berkecamuk antara Swedia dan Kota Lubeck, Jerman. Karena Lubeck menguasai lautan, timbul kesulitan untuk memperoleh barang impor, dan garam pun menjadi langka di Swedia.

Semakin sedikit garam yang tersedia untuk mengawetkan ikan haring, makanan pokok di Swedia bagian utara. Untuk menghemat, beberapa orang menaruh garam ala kadarnya di dalam drum ikan untuk mengawetkan ikan. Tetapi proses pengawetan tentu saja tidak berlangsung sempurna, dan ikan di dalamnya mulai berbau busuk beberapa hari kemudian.

Mestinya, ikan-ikan busuk itu dibuang. Tetapi, karena banyak orang kelaparan akibat perang, mereka tidak punya pilihan lain selain memakannya.

Yang mengejutkan, rasanya sama sekali tidak busuk. Ada yang bahkan menyukai ikan itu yang sedikit asam. Ternyata ikan itu tidak busuk, tetapi terfermentasi.

Kabar angin tentang hidangan baru ini pun lalu menyebar ke mana-mana. Dan, karena garam mahal bahkan setelah perang usai, fermentasi menjadi metode popular untuk mengawetkan ikan haring di kalangan orang miskin di Swedia bagian utara, yang sulit mendapatkan ikan segar.

Menurut legenda, inilah awal munculnya hidangan nasional Swedia. Sejak itu, orang-orang di negara tersebut sangat menyukai warisan menu unik ini. Tidak semua memercayai legenda ini.

Surstromming biasanya dijual di toko atau supermarket dalam kemasan kaleng, layaknya ikan sarden seperti di Indonesia. Ikan herring ini gag cuman difermentasikan selama beberapa bulan aja tapi bisa bertahun-tahun lo gan ! Emoticon. Makanya ketika kita memakannya, ikan ini berbau sangat busuk sebusuk bau kaos kaki gan ! Dan bau busuk dari masakan inilah yang membuat Surstromming jadi terkenal gan.

Spoiler for Surstormming:
Surstromming

Spoiler for Surstormming:
Surstromming

Spoiler for Ekspresinya gan :ngakak:
Surstromming

Bagi orang di luar Swedia mungkin ikan ini sangat menjijikan, namun bagi orang Swedia sendiri Surstromming merupakan kuliner yang luar biasa nikmatnya. Biasanya orang Swedia memakan Surstromming dengan mencampurnya dengan acar (timun dan bawang), kentang rebus dan yoghurt, lalu menggulungnya dengan roti tipis. Tanpa dimasak terlebih dahulu, dari kaleng, langsung sajikan gan ! hmmmmm.

Spoiler for Jadinya kayak gini gan setelah dimasak:
Surstromming

Spoiler for Jadinya kayak gini gan setelah dimasak:
Surstromming

Spoiler for Siap disajikan ! :
Surstromming

Ohya ternyata ada perlombaan Surstromming challange juga gan, ane kasihin nih gan Emoticon Emoticon

Spoiler for Hahaha jijik gan:

Spoiler for Hoeek ini kocak bener gan ! haha:

Spoiler for Yakss bau busuk gan kayak kaos kaki!:

Ada kutipan terfavorit ane gan mengenai si ikan busuk ini:

Quote:Apapun asal usul Surstromming, baunya yang kuat adalah telah menjadi cirri khasnya. Seorang pengarang buku masak pada akhir abad ke-19 menulis dengan nada mengejek:

"Bagi mereka (para penggemar berat), itu dianggap hidangan yang paling lezat dan sempurna, tetapi itu tidak akan pernah disajikan dalam jamuan makan, kecuali sang tuan rumah ingin makan sendirian atau memiih tamu-tamu yang tidak berhidung."

GIMANA GAN? BERANI COBA? Emoticon


Komeng bijak ane :
Menurut ane, Swedia kan termasuk negara paling utara di dunia, dan daerah Baltik terkenal karena iklim dinginnya gan. Sehingga, sulit untuk menanam hasil bumi yang akan digunakan sebagai rempah rempah, seperti jahe, kunyit, pala, lada, lengkuas, dsb. Karena itu, bahan makanan terpaksa mereka siasati dengan cara seperti itu, untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda gan. Kasian ya gan, kita sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya bersyukur, karena alam kita begitu kaya, sehingga kita bisa membuat makanan yang enak dan bervariasi dari hasil rempah. Maka dari itu, kita patut bangga terhadap Indonesia. Coba kalo kita seperti orang Swedia? Emoticons Emoticons

Quote: NB: YANG KOMENGNYA BAGUS ANE TAMPANGIN DI PEJWAN GAN !

Komeng Bagus gan
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By KodokBuluw
well.....agan ga perlu jauh2 kok kalo mau mencoba kuliner yang rada2 mirip ama ini..
agan datang aja ke kalimantan, kalbar khususnya dan daerah sintang...
disini, suku dayak di sintang khususnya ( ane kaga tau kalo dayak di daerah lain) ada cara mengawetkan dengan cara serupa.. namun tidak hanya ikan gan..
daging di campur garam dan nasi...ingat gan, nasi yang memberikan rasa asam pada daging...dan juga ada yang menggantikan nasi dengan osengan beras lalu osengan beras tersebut di tumbuk. namun tentunya makanan ini berbeda sebutannya dengan Surstoming. Emoticon
disini makanan ini disebut Jukut atau Pekasam untuk yang di berikan nasi untuk fermentasinya dan Rusit untuk yang menggunakan beras...
cara memasaknya juga rada2 mirip gan.dengan rempah, cabai, bawang bombai dsb..
pic nya ane ga ada gan...ga ada Rumah makan disini yang menyediakan ini disini untuk ane foto mungkin karena baunya.padahal rasanya nikmat bangeet. sehingga hanya dsediakan khusus di rumah dan di bikin sendiri..
tar kalo emak ane bikin ane fotoin dah.Emoticon
wajib pekiwan gan biar semuanya tau kalo indonesia juga punya kuliner unik...

Quote:Original Posted By ari1990a
wah ada ya makanan sejenis ikan2 yang difermentasi...
kalo daerah2 rusia, iran, makanan terkenalnya kaviar, itu dari telur ikan.

Komeng Kocak gan
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By kenjishin
itu mah sama aja makan bangke gan Emoticons
bener bener maknyuss Emoticons

Quote:Original Posted By Anoza14
Makanan buat nginsyafin maho x gan

Quote:Original Posted By never.end
itu airnya kaya air kobokan Emoticons
Source: http://kask.us/hgP5G
Pasang Iklan
close