Bahaya Rokok

Shahrzad Ratu PersiaShahrzad, Sang Pembaca Kisah 1001 Malam
baccu-3549148
-Salam Mitologi-

Kini saya akan membawa agan dan aganwati semuanya ke kerajaan kuno yang pernah berjaya di masanya, Persia (kini Iran). Taukah sebuah cerita terkenal yang disebut Kisah Seribu Satu Malam (One Thousand and One Nights Stories)? Saya yakin hampir seluruh kaskuser setidaknya pernah mendengar salah satunya dimana tokoh yang paling fenomenal adalah Aladdin. Namun tahukah agan dan aganwati sekalian siapa orang yang menciptakan kisah tersebut? Langsung saja saya perkenalkan!
Get ready!

Quote:Quote:Shahrzad

Shahrzad

Quote:Shahrzad atau dalam bahasa Inggris bernama Scheherazade (dikenal juga dengan nama Seherzada) adalah ratu Persia legendaris sekaligus orang yang pertama kali menceritakan dongeng Seribu Satu Malam.

Shahrzad

Quote:Ulah Sang Raja Persia

Berawal dari seorang raja Persia dimana setiap hari dia akan menikahi seorang gadis dan bercinta selama satu malam. Namun keesokan harinya, sang wanita dipancung hingga tewas. Hal ini dia lakukan karena merasa sakit hati terhadap istri pertama yang mengkhianatinya. Sang Raja diduga telah membunuh sekitar seribu istri sebelum akhirnya dia bertemu dengan Shahrzad.

Shahrzad

Quote:Shahrzad, Sang Wanita Cerdas

Shahrzad digambarkan sebagai wanita cantik yang bijaksana, cerdik, sopan serta menyenangkan. Dia juga seorang wanita yang "wanita" ketika diatas ranjang. Shahrzad diduga memiliki ribuan buku sejarah dari berbagai belahan dunia. Dia juga telah mempelajari filosofi, sains dan seni. Mungkin Shahrzad adalah satu-satunya wanita yang memiliki ilmu pengetahuan paling tinggi di zamannya.

Shahrzad

Quote:The Story Begins

Suatu hari Shahrzad dipertemukan dengan Sang Raja oleh ayahnya. Dia ditugaskan untuk menghabiskan waktu semalam bersama Sang Raja. Ketika malam tiba, Shahrzad meminta izin menemui saudarinya untuk mengucapkan salam perpisahan terakhir. Dinazade, saudarinya, secara diam-diam meminta Shahrzad untuk menceritakan dongeng kepada Raja pada malam itu.

Sesudah kembali ke kamar Raja, Shahrzad memulai cerita pertamanya. Karena merasa tertarik, Sang Raja akhirnya mendengarkan cerita Shahrzad dengan penasaran. Tidak terasa pagi sudah tiba, namun saat itu cerita belum selesai. Sang Raja menyuruh Shahrzad untuk menyelesaikan ceritanya. Namun dia menolak karena menurutnya malam adalah waktu yang paling tepat untuk menceritakan dongeng. Karena rasa ketertarikannya, Sang Raja memberikan waktu semalam lagi sebelum akhirnya Shahrzad dipancung.

Malam berikutnya, Shahrzad melanjutkan cerita tersebut dengan tenang. Kemudian dia menceritakan kisah lain yang lebih menarik dari cerita sebelumnya. Lagi-lagi pagi sudah tiba sebelum cerita tersebut selesai dan Sang Raja kembali memberikan waktu satu malam lagi untuk menyelesaikan cerita itu. Hal itu terus berlanjut hingga akhirnya pada malam ke 1001, Shahrzad menyatakan bahwa dia sudah membacakan semua 1001 kisah yang dia punya. Tanpa disadari, ternyata Sang Raja telah jatuh cinta pada Shahrzad dan tidak berniat untuk memancungnya. Sang Raja ternyata sudah berubah menjadi orang yang lebih bijaksana dan lebih baik karena inspirasi dongeng-dongeng Shahrzad. Akhirnya, Shahrzad resmi menjadi Ratu Persia dan mereka dianugerahi 3 orang anak.

Shahrzad

Quote:Identitas Shahrzad

Sebenarnya hingga saat ini, siapakah sebenarnya wanita yang menjadi ratu legendaris ini. Karakter Shahrzad pertama kali muncul dalam buku kuno Persia yang berjudul Hezar-afsana.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kemungkinan Shahrzad adalah Ratu Homay yang legendaris. Ratu Homay sendiri adalah putri dari Bahman dimana dia memiliki julukan Cehrzad atau Cehrazad.

Ibu dari Harun Al-Rashid yang bernama Al-Khayzuran juga diduga menjadi inspirasi dari tokoh Shahrzad.

Originally posted by:
©2012 baccu

sumber
Source: http://kask.us/g2KZ2
Pasang Iklan
close