Bahaya Rokok

Fakta Sejarah PakaianSEJAK KAPAN MANUSIA BERPAKAIAN? (SEJARAH KAIN & PAKAIAN)
om funky-735684

Quote:Apakah agan dan aganwati pernah bertanya sejak kapan manusia berpakaian? Sejak kapan manusia berhasil menciptakan kain untuk membuat pakaian? Bagaimana kain itu dibuat dan apa bahan dasarnya? Semoga di thread ane yang panjang ini pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab, yuk langsung aja disimak gan!
Quote: RENTANG WAKTU
Quote: 5000 SM

Kain linen sudah digunakan oleh raja-raja Mesir sebagai alas perjamuan (taplak meja), seprei dan dekorasi lainnya. Bahkan linen juga digunakan sebagai kain kafan bagi mayat mereka. Tak heran bila rami (flax), serat pembuat kain linen, merupakan serat alami tertua.

Spoiler for Raja Mesir:

Spoiler for Mummy (jgn dibuka kalo parno):

Quote: 2600 SM

Sutera dipercaya ditemukan pertama kali oleh seorang Puteri Cina. Pembudidayaan sutera baru dilakukan pada tahun 1725 SM, disponsori oleh seorang Permaisuri dari Kaisar Cina. Rahasia pembudidayaan dan cara pembuatan kain sutera disimpan rapat selama 3000 tahun oleh rakyat Cina.

Spoiler for Puteri Cina:

Spoiler for Wanita Cina dan sutera:

Quote: 1793

Eli Whitney menciptakan mesin pemisah biji kapas yang mempermudah pengolahan kapas menjadi kain.

Spoiler for Eli Whitney:

Spoiler for Mesin biji pemisah kapas:

Spoiler for Sketsa mesin biji pemisah kapas:

Quote: 1880

Sir Joseph W. Swan, ahli kimia dan listrik berhasil menciptakan serat dari carbon yang dapat digunakan untuk tekstil. Sebenarnya serat ini merupakan bahan dasar lampu pijar yang ditemukan oleh Thomas Edison.

Spoiler for Sir Joseph W. Swan:

Spoiler for Carbon filamen:

Quote: 1894

Ditemukannya alat tenun otomatis yang membawa kemajuan pesat pada produksi bahan katun. Selain itu jenisnya pun jadi lebih variatif.

Spoiler for Alat tenun otomatis pertama:

Quote: September 1931

Wallace Carothers, ahli kimia Amerika melaporkan hasil penelitiannya bersama Dupont Company. Carothers melaporkan bahwa ia telah menemukan “molekul raksasa” yang kemudian disebut polymer. Molekul raksasa inilah yang menjadi cikal bakal bahan nylon.

Spoiler for Wallace Carothers:

Spoiler for Wallace Carothers & nylon:

Quote: 1966

Palyolefin atau polypropylene, serat pakaian yang pertama kali memenangkan penghargaan Nobel. Serat ini pertama kali dibuat pada tahun 1961. Banyak digunakan untuk pakaian sport, karena sangat elastis, memiliki perlindungan suhu dan tidak mudah tergores atau rusak.

Spoiler for Polyolefin:

Quote: 1993

Lyocell, serat kain yang dibuat dari bubur kayu pohon pertama kali dibuat di amerika. Serat pakaian jenis ini ramah lingkungan, karena bisa di daur ulang.

Spoiler for Lyocell:

Spoiler for Pakaian berbahan lyocell:

Quote: 2002

Seragam sepakbola canggih dipakai oleh berbagai kesebelasan yang berlaga di piala dunia 2002. Lapisan luar terdiri dari Hydrophobic (penolak air), seragam tidak basah kuyup. Lapisan dalam terbuat dari Microfiber yang ditemukan pada 1998, berfungsi menguapkan keringat dengan cepat.

Spoiler for 2002 World Cup:

Quote: ANEKA RAGAM SERAT DAN TEKSTIL
Quote:Tekstil yang ada disekitar kita sangat beraneka ragam. Masing-masing jenis memiliki banyak perbedaan. Mulai dari bahan dasar, sifat, serta kegunaannya. Secara umum, bahan dasar tekstil dibagi ke dalam tiga kategori. Yaitu serat alami, serat buatan, dan campuran keduanya. Yuk gan kenali satu persatu!
Quote: Kapas (cotton)

Kapas adalah serat lembut yang berwarna putih yang dihasilkan pohon perdu berspesies Gossypium spp. Pohon ini berasal dari pakistan yang sudah tumbuh sejak 3000 SM. Setelah melalui proses pengolahan, kapas ini menjadi benang. Benang inilah yang kemudian dijadikan tekstil. Kain yang terbuat dari kapas kita kenal dengan sebutan kain katun. Kain berbahan kapas ini sangat cocok digunakan di wilayah beriklim tropis, karena sifatnya yang menyerap keringat dan mudah kering.

Negara penghasil kapas terbesar berdasarkan tahun 2013 adalah Cina, India, Amerika, Pakistan, dan Brazil. Sumber

Spoiler for Gossypium spp:

Spoiler for Kapas:

Spoiler for Benang katun:

Spoiler for Baju berbahan katun:

Spoiler for Produksi katun dunia 2013:

Quote: Wool

Adalah serat-serat halus yang dihasilkan dari bulu binatang, terutama dari domba. Wool adalah bahan dasar dalam pembuatan tekstil yang tebal. Tekstil wool kemudian dibuatkan menjadi berbagai produksi. Seperti baju hangat atau mantel, jaket, selimut, bahkan hiasan dinding. Barang-barang produksi wool memang banyak digunakan di negara yang bersalju. Karena sifat dasar tekstil wool yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.

Negara penghasil wool terbesar adalah Australia, New Zealand dan Belanda. Sampai sekarang Australia memiliki peternakan domba terbesar. Sebesar 70% peternakan di Australia ini adalah peternakan domba penghasil wool. Diperkirakan Australia memiliki lebih dari 168 juta ekor domba wool. Dan sebagian besar wool Australia menyebar ke seluruh dunia. Peminat utamanya adalah Jepang, Eropa, Taiwan, dan Korea Selatan.

Spoiler for Peternakan domba:

Spoiler for Memanen wool:

Spoiler for Pakaian berbahan wool:

Quote: Sutera (silk)

Sutera adalah tekstil paling bernilai tinggi. Bahannya terbuat dari serat-serat yang dihasilkan oleh kepompong ulat sutera (Bombyx mori. L). serat ulat sutra sangat halus dan tipis sekali. Ciri kain sutera adalah mengkilap dan lembut. Bahan ini sangat cocok untuk pembuatan gaun-gaun pesta yang anggun. Tak heran bila awalnya sutera dikhususkan untuk baju para bangsawan. Sutera sangat cocok di negara-negara beriklim tropis. Permintaan dunia terhadap kain sutera cukup stabil.

Kawasan negara penghasil sutera dunia adalah negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Seperti Vietnam, Thailand, juga Indonesia. Namun, saat ini Cina menjadi eksportir terbesar dunia. Negara tirai bambu tersebut mampu menghasilkan sekitar 50.000 ton atau 70% daru kebutuhan dunia tiap tahunnya.

Spoiler for Benang sutera:

Spoiler for Pakaian berbahan sutera:

Quote: Nylon

Nylon adalah serat tekstil yang merupakan hasil dari pengolahan kimia. Nylon dihasilkan oleh campuran hexamethylenediamine dan adipicr oleh WallaceCarothers. Bentuknya tipis, licin dan agak elastis. Namun kuat dan nyaman digunakan. Bahkan pakaian dari bahan nylon bisa mendukung pemakainya bebas bergerak tanpa merasa terhambat. Sintesis ini telah digunakan untuk pembuatan stocking, kaos olahraga, dan perlengkapan pakaian dalam.

Negara penghasil nylon cukup banyak terutama negara-negara di Eropa, di Asia ada India dan Cina yang memproduksi nylon cukup besar. Dua negara itu memasok sebagian besar kebutuhan Nylon di Amerika dan Eropa.

Spoiler for Pakaian berbahan nylon:

Spoiler for Pakaian berbahan nylon:

Quote: Polyester

Ini juga serat yang dihasilkan dari berbagai campuran bahan kimia. Pengolahan dari bahan campuran udara, air, batubara, bahkan minyak bumi menghasilkan serat yang sangat halus. Kain dari serat ini bentuknya licin, halus, dan mengkilat. Kalau terkena api, polyester akan cepat sekali meleleh. Polyester sangat cocok untuk desain interior juga, taplak meja, atau sarung bantal. Kadang untuk pakaian juga.

Spoiler for Taplak meja polyester:

Spoiler for Pakaian berbahan polyester:

Quote: Linen

Serat linen dibuat dari serat alami tumbuhan. Kekuatannya 2-3 kali lebih baik dari kain katun. Kesan kain linen adalah elegan, mewah, dan tentu saja tahan lama. Bila diraba akan terasa lembut dan halus. Linen banyak digunakan untuk pembuatan karpet, hiasan dinding, furniture, bahkan kerajinan tangan.

Spoiler for Benang linen:

Spoiler for Kain linen:

Quote: BAHAN PAKAIAN BERTEKNOLOGI TINGGI
Quote:Pakaian Tahan Panas

Petugas kebakaran harus mengenakan pakaian yang melindungi mereka dari panas sangat tinggi dan nyala api saat bertugas. Pakaian dibuat berlapis tiga. Lapisan terluar dibuat dari campuran bahan-bahan seperti Kevlar, Nomex, dan PBI (polybenzimidazole, serat rayon sintetis). Lapisan terluarlah yang paling tahan panas. Lapisan dalam dibuat dari bahan anti air yang melindungi kulit petugas agar tidak terkena air atau cairan kimia berbahaya. Namun kulit petugas masih bisa bernafas karena udara masih bisa keluar masuk. Pakaian tahan panas juga bisa terbakar gan, hanya saja dibutuhkan waktu lebih lama sampai api bisa membakarnya.

Spoiler for Pakaian pemadam kebakaran:

Spoiler for Pemadam kebakaran Indonesia:

Spoiler for Pemadam kebakarannya bule:

Spoiler for Harga pakaian pemadam kebakaran:

Quote: Rompi Anti Peluru

Rompi anti peluru dibuat berlapis-lapis. Ada lapisan-lapisan serat yang sangat kuat, dan terkadang dilapisi pula dengan sejenis film. Bahan utama rompi anti peluru adalah Kevlar, yakni serat polimer yang lima kali lebih kuat daripada baja dengan berat yang sama. Ada juga rompi anti peluru yang dilapisi keramik atau logam.

Saat peluru menghantam sasaran, energinya sangat besar. Lapisan pertama rompi menyerap sebagian besar energi tersebut dan meneruskannya ke bagian-bagian lain. Jadi yang merasakan dampak hantaman peluru bukan hanya bagian yang terkena. Sisa energi kemudian diserap dan disebarkan oleh lapisan-lapisan berikutnya, hingga laju peluru pun terhenti.

Spoiler for Rompi anti peluru:

Spoiler for Anjing dengan rompi anti peluru:

Quote: Pakaian Penyelam

Para penyelam harus mengenakan pakaian yang bisa melindungi mereka dari suhu dingin agar tidak terkena hypothermia. Pakaian selam ada yang tahan air (dry suit), ada pula yang tidak (wet suit).

Pakaian dry suit digunakan untuk kondisi penyelaman yang lebih dingin. Dibuat dari bahan tahan air sehingga tubuh penyelam tetap kering. Dan dilengkapi insulasi agar penyelam tidak kehilangan panas. Bahan yang digunakan biasanya serat polyester, polypropylene, neoprene, dan nylon.

Diantara lapisan luar dry suit dengan pakaian dalam penyelam terdapat sekat lapisan udara. Udara tersebut berasal dari tangki penyelam. Lapisan udara berperan sebagai insulator untuk mencegah hilangnya panas dari tubuh penyelam.

Spoiler for Pakaian wet suit:

Spoiler for Pakaian dry suit:

Quote: Pakaian Astronot

Kondisi angkasa luar sangat berbeda dengan di bumi, maka para astronot harus membawa sendiri ‘lingkungannya’. Seperti pengatur suhu, tekanan atmosfir dan oksigen. Tidak mengherankan bila pakaian astronot dibuat hingga 13 lapis. Terdiri dari 2 lapis bahan yang sifatnya mendinginkan, 2 lapis pengatur tekanan atmosfir, 8 lapis pengatur suhu, dan 1 lapis penutup luar. Bahan-bahannya adalah Nilon tricot, Nilon berlapis dari urethane, Nilon berlapis Neoprene, Mylar, Gortex, Kevlar dan Nomex.

Spoiler for Pakaian astoronot:

Spoiler for Pakaian astronot:

Quote: TEKSTIL TRADISIONAL NUSANTARA
Quote:Indonesia sangat kaya dengan tekstil tradisional yang beragam dari berbagai daerah. Tekstil tradisional Indonesia lebih dari sekedar kain. Selain menjadi bagian penting dari adat dan budaya daerah, tekstil tradisional Indonesia dihargai sebagai benda budaya bernilai tinggi. Apalagi kain-kain yang langka dan kuno buatan tangan, selalu diburu para kolektor benda seni serta museum tekstil mancanegara. Berikut adalah beberapa diantaranya gan :
Quote: Tenun Ikat

Dikenal di Indonesia sekitar abad 10. Terutama ada di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Biasanya bermotif burung, hewan, manusia, serta simbol pohon kehidupan. Adapula tenun ikat celup yang disebut jumputan.

Ada jenis tenun ikat yang langka dan mahal. Misalnya di Lampung, terkenal ada kain yang di sebut kain kapal karena bermotif kapal. Penggunaan kain tersebut terbatas pada kalangan bangsawan untuk upacara adat.

Spoiler for Tenun ikat:

Spoiler for Kain kapal Lampung:

Quote: Batik

Sebenarnya seni membatik bukan hanya dikenal di Indonesia aja gan. Di India, Cina, Jepang, dan Afrika barat sejak dahulu sudah mengenal batik. Tetapi, yang menjadi pusat perkembangan batik dunia adalah Jawa.

Para ahli berbeda pendapat mengenai kapan budaya Jawa mulai mengenal batik. Ada yang mengatakan batik sudah membudaya sejak abad 8. Yang jelas, sejak abad 17 batik Jawa telah berkembang menjadi seni yang tinggi dan membutuhkan ketrampilan tinggi. Para saudagar Belanda mengimpor batik Jawa ke Belanda. Dan dari sana batik pun menyebar ke Eropa.

Motif batik biasanya berupa hewan, serangga, bunga, tumbuhan, dan buah-buahan. Namun aneka pola geometris sering pula digunakan. Motif-motif ini sering digunakan untuk kain panjang yang dikenakan wanita dengan kebaya.

Spoiler for Kain batik:

Quote: Songket

Songket pun tergolong ke dalam tenun ikat. Bedanya, songket dilengkapi dengan tenunan atau sulaman benang emas atau benang perak. Kain yang digunakan biasanya sutera halus.

Songket dikenal luas di berbagai daerah Nusantara. Terutama di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumbawa. Songket dikenal pula di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Motif songket Indonesia sangat kaya dan beragam. Tapi motif yang umum dipakai adalah geometris dan bunga-bungaan. Dahulunya, ragam hias kain songket dipengaruhi oleh kebudayaan Arab dan India.

Spoiler for Kain songket:

Quote: Ulos

Tenun ulos adalah kain adat orang Batak. Tenun ulos dibuat dengan tangan. Warnanya didominasi warna alam seperti biru indigo dengan dikombinasikan dengan merah dan putih.

Penggunaan kain ulos ada aturannya gan, tidak bisa dipakai sembarangan. Ulos berperan penting dalam upacara adat. Biasanya digunakan dengan dililitkan pada paha. Saat upacara adat, ulos disampirkan di bahu misalnya pada pengantin yang menikah.

Spoiler for Kain ulos:

Quote: TEKSTIL DAN PAKAIAN TRADISIONAL MANCANEGARA
Quote:Setiap suku bangsa di bumi juga memiliki kain tradisional masing-masing gan, yuk kenali sebagian kecil saja di antara mereka!
Quote: Sari India

Kebanyakan wanita India mengenakan pakaian tradisional yang disebut sari. Ukuran, warna dan tekstur semuanya bervariasi menurut agama, umur, daerah, serta kedudukan seorang wanita. Ujung sari dililitkan pada pinggang dan ujung lainnya disampirkan pada bahu atau kepala. Cantik dan anggun, bukan? Sari dibuat dari kain kain katun atau sutera halus yang halus dan ringan. Panjang kain sari bisa mencapai 5-7 meter tanpa dipotong atau dijahit. Biasanya sari berwarna terang dan dihiasi bordiran indah.

Spoiler for Sari India:

Spoiler for Sari India:

Quote: Kain Sutera Cina

Sutera dikembangkan di cina sejak 6000 tahun yang lalu. Sutera adalah kain yang amat tinggi nilainya, hingga pada awalnya hanya keluarga Kaisar yang bisa menggunakannya. Dahulu ulat sutera Cina dinilai dengan emas yang sama beratnya dengan berat kain sutera tersebut.

Sutera Cina tradisional dikenal pula dengan keindahan bordirannya. Hingga sekarang, kain sutera Cina masih amat dihargai. Sutera juga berkembang menjadi industri andalan yang banyak di ekspor ke banyak negara.

Spoiler for Sutera tradisional:

Spoiler for Sutera hasil industri:

Quote: Tenunan Suku Navajo

Seni menenun di kuasai wanita suku Navajo sebelum abad 18. Hasil tenunan mereka berupa selimut, syal, pakaian dan kemudian dikembangkan pula karpet serta penutup sadel kuda. Tapi, hasil tenunan mereka tiada duanya di Amerika. Selimut antik Navajo kini menjadi barang mahal, bisa ratusan ribu dollar! Tenunan suku Navajo mengalami penurunan drastis sejak tahun 1900. Sekarang peninggalan budaya itu dihidupkan kembali khususnya oleh warga Amerika keturunan suku Navajo.

Spoiler for Suku Navajo menenun:

Spoiler for Suku Navajo menenun:

Spoiler for Kain tenun Navajo:

Spoiler for Kain tenun Navajo:

Quote: Kilt Skotlandia

Kilt adalah pakaian tradisional Skotlandia yang dikenakan oleh lelaki. Dahulu dikenal ‘kilt besar’ dari kain wol tartan yang lebarnya 1,5 m dan panjangnya 5 m. Kilt tidak dijahit dan dipakai sebagai sabuk sebagai pengaman. Kilt yang sekarang banyak dipakai lebih mirip rok selutut/ bahannya bisa dari kulit, linen atau kain kanvas yang dilipat. Kilt modern ini disebut dengan ‘kilt kecil’.

Di masa kini lelaki skotlandia memakai kilt hanya pada acara resmi seperti perkimpoian. Sedikit yang mengenakan kilt sebagai pakaian sehari-hari. Dan belakangan, wanita pun ada yang mengenakan kilt.

Spoiler for Kilt besar:

Spoiler for Kilt kecil:

Quote: SERBA-SERBI
Quote:Penelitian Kutu Tubuh

Menurut sebuah penelitian di Jerman, manusia diperkirakan sudah mulai mengenakan pakaian sejak 72 ribu tahun yang lalu. Lucunya, angka tersebut diperoleh dari hasil penelitian terhadap kutu tubuh dan kutu kepala. Para ahli mempercayai kutu tubuh merupakan hasil evolusi dari kutu kepala. Dulu di tubuh manusia kutu hanya hidup di kulit kepala. Kemudian kutu juga ada di tubuh manusia terutama di area gelap yang tertutup oleh pakaian. Jadi dapat disimpulkan kutu tubuh muncul sejak manusia mulai berpakaian, jawabannya sama dengan sejak kapan kutu tubuh lahir.

Berdasarkan teori inilah, penelitian dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Mark Stoneking dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, Jerman. Dengan membandingkan DNA kutu kepala dan kutu tubuh, tim tersebut menemukan kemunculan kutu tubuh. Yaitu sekitar 72 ribu tahun yang lalu. Namun perkiraan ini masih mungkin meleset, sekitar 40 ribu tahun.

Spoiler for Kutu kepala dan tubuh:

Quote: Pabrik Tekstil Pertama di Dunia

Cromford Mill adalah pabrik tekstil pertama di dunia yang berdiri pada tahun 1771. Pabrik Cromford terletak di Inggris. Cromford adalah pabrik pemintalan kapas pertama yang menggunakan tenaga air. Pabrik ini didirikan oleh Richard Arkwright. Keberhasilan pabrik ini dijadikan contoh oleh bangsa inggris dan bangsa-bangsa lainnya. Richard Arkwright pun digelari “Bapak sistem perpabrikan”.

Sayangnya pabrik ini terpaksa harus tutup. Pabrik-pabrik pertama di Jerman, Amerika, dan Inggris yang menggunakan teknologi Arkwright diabadikan sebagai museum saat ini.

Spoiler for Richard Arkwright:

Spoiler for Cromford Mill:

Spoiler for Cromford Mill:

Spoiler for Cromford Mill:

Quote: Nusa Ikat

Indonesia memang kaya dengan keragaman tekstil tradisional. Demikian kaya hingga ada propinsi yang dijuluki Nusa Ikat. Julukan Nusa ikat berarti kepulauan yang kaya akan tenun ikat. Propinsi tersebut adalah Nusa Tenggara Timur. Tenun ikat sudah menjadi bagian tradisi dan adat budaya setempat.

Orang pulau Sumba menghasilkan tenun ikat istimewa yang disebut hinggi atau lau. Kain hinggi di Sumba Timur biasanya bermotif kuda, rusa, singa, burung dan ikan. Sedang di Sumba Barat bermotifkan garis, anting-anting dan bunga. Setiap motif melambangkan segi kehidupan manusia.

Spoiler for Kain Nusa ikat:

Quote: Terapi Warna Pakaian

Tahukah agan, menurut penelitian warna pakaian dapat membantu proses penyembuhan seseorang?

Ungu : Membantu untuk penyembuhan penyakit tulang. Cocok untuk baju tidur, karena dapat membantu memperbaiki pola tidur dan menenangkan tubuh setelah beraktivitas. Tetapi jangan digunakan secara berlebihan.

Hijau : Bisa menyeimbangkan emosi dengan baik dan menurunkan darah tinggi yang menyertainya. Hijau juga bisa merangsang pertumbuhan kembali jaringan tulang yang patah dan luka memar.

Biru : Bisa menjernihkan pikiran dan mengendurkan saraf, juga mampu meningkatkan kemampuan intelektual.

Merah : Bisa menambah tenaga dan menaikan tekanan darah. Tetapi untuk orang yang bertekanan darah tinggi sebaiknya dihindari.

Oranye : Memiliki efek menghangatkan. Bisa meningkatkan selera makan, menimbulkan keinginan untuk santai dan meningkatkan petensi untuk tidur.

Spoiler for Terapi warna:

Quote: Wastraprema, Pecinta Kain Adat Indonesia

Kain Tradisional Indonesia memang sangat beragam dan bernilai tinggi. Tak aneh bila banyak orang yang mengaguminya. Para pengagum dan pecinta kain tradisional Indonesia ini berusaha melestarikan warisan budaya bangsa kita. Untuk itu mereka berkumpul dalam wadah Himpunan Pecinta Kain Adat Indonesia yang dinamai Wastraprema.

Wastra berarti kain, sedangkan Prema berarti mencintai. Himpunan Wastraprema didirikan pada tahun 1976 dan beranggotakan berbagai kalangan masyarakat, termasuk bangsa asing.

Spoiler for Wastraprema:

Quote: Museum Tekstil Jakarta

Sebuah bangunan menjadi saksi bersejarah bangsa Indonesia. Museum yang satu ini berarsitukter gaya kolonial dan memiliki daya tarik sendiri dari sisi pariwisata bangunan tua. Perjalanan bangunan ini telah berganti tangan sejak abad ke-19. Dahulunya milik rumah pribadi warga negara Perancis kemudian dijual ke konsul Turki. Berlanjut kepada Karel Christian Crucq pada 1942. Pada masa kemerdekaan, gedung ini digunakan sebagai markas besar Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Setelahnya, secara berturut-turut dihuni oleh Lie Sion Phin (1947). Dan pada 28 Juni 1976, diresmikan sebagai Museum Tekstil.

Museum tekstil ini diprakarsai oleh Kelompok Pecinta Kain Tradisional Indonesia (Wastraprema), Ir.Safioen (saat itu selaku Dirjen Tekstil Departemen Perindustrian). Saat itu, Ali Sadikin sebagai Gubernur DKI Jakarta mendukung hal tersebut. Akhirnya, diresmikanlah oleh Ibu Tien Soeharto. Begitulah sejarahnya Museum Tekstil gan.

Di sebelah timur Museum tekstil ini terdapat sebuah bangunan tua juga. Bangunan ini disebut Galeri Batik. Gunanya untuk menyimpan koleksi-koleksi batik kontemporer sekaligus menyelenggarakan seminar maupun worksop membatik bagi masyarakat umum. Kedua bangunan bersejarah tersebut hingga kini terjaga keasliannya lho. Makanya masih terlihat artistik banget!

Untuk koleksi yang ada di Museum Tekstil ini didapat sumbangan dari Wastraprema sekitar 500 koleksi. Hingga sekarang ini tercatat sejumlah 1914 buah. Terdiri dari 680 koleksi kain batik, 761 kain tenun, 313 koleksi campuran, 60 koleksi peralatan, 100 koleksi busana dan tekstil kontemporer. Itu hasil pembelian oleh Dinas Museum dan Sejarah atau Dinas Museum dan Pemugaran atau Dinas Kebudayaan dan Permuseuman, dan tentu saja dari masyarakat yang mencintai batik.

Jika agan, ingin ke Museum Tekstil, tempatnya nggak jauh kok. Museum ini dekat dari lokasi Pasar Tanah Abang. Museum ini nggak kalah indah arsitekturnya dibandingkan dengan Museum Fatahillah atau lainnya. Jadi, museum ini menjadi salah satu referensi wajib bagi anda pencinta museum sekaligus jika agan ingin belajar membatik, bisa juga di sini kok. Yuk, segera kunjungi Museum Tekstil Jakarta.

Alamat : Jalan K.S. Tubun No.2-4. Petamburan. Jakarta Barat. 11420. Telp: 021-5606613.
Website : www.museumtekstiljakarta.com

Spoiler for Museum Tekstil Jakarta:

Spoiler for Museum Tekstil Jakarta:

Spoiler for Museum Tekstil Jakarta:

Spoiler for Koleksi Museum Tekstil Jakarta:

Spoiler for Koleksi Museum Tekstil Jakarta:

Quote: FAKTA-FAKTA UNIK
Quote:Kapas tumbuh di lebih 90 negara dan menjadi industri nasonal di 75 negara diantaranya. Kapas aslinya berasal dari Pakistan, tetapi kain katun kualitas terbaik berasal dari India.

Spoiler for Peta penyebaran:

Quote:30 juta dollar setiap tahunnya dihabiskan untuk dana penelitian oleh organisasi riset dan pengembangan katun milik pemerintah Australia. 70% dana tersebut diinvestasikan untuk menyokong program lingkungan hidup.

Spoiler for Riset:

Quote:Dalam World Guiness of Record, telah tercatat batik tulis tangan terpanjang di dunia. Panjangnya 200 meter dan lebarnya 1,08 meter. Batik tersebut dibuat serentak oleh 150 orang pelukis batik dari trengganu dalam waktu hanya 3 jam. Pembuatannya dilakukan pada 23 Juli 1989, di Pantai Batu Buruk pada Pesta Pantai Trengganu 1989. Kain ini dihiasi dengan pelbagai motif dan ragam hias Dayak yang menarik.
Quote:Batik terbesar yang disebut 'Batik On The Road' tercatat oleh World Guiness of Record ukurannya 1.200 m² (12.916 ft²) dan diciptakan oleh 1.000 peserta atas nama Komunitas Batik Pekalongan di Kota Pekalongan, Indonesia pada tanggal 16 September 2005.
Quote:Ahli arkeolog menemukan kain katun kuno berumur 5000 tahun di Mohenjo Daro, sebuah kota kuno di Sungai Indus sebelah barat Pakistan.

Spoiler for Mohenjo Daro:

Quote:10.000 tahun yang lalu, mumi orang mesir telah dibungkus oleh kain linen.

Spoiler for Mummy:

Quote:Denim adalah kain untuk jeans, dibuat pertama kali pada abad ke- 16 di sebuah tempat yang bernama Nimes di Prancis. Nama ‘denim’ berasal dari kata dalam bahasa Prancis ‘serge de Nimes’ atau kain dari Nimes. Sedangkan kata ‘jeans’ berasal dari ‘Genes’ dalam bahasa Prancis yang berarti ‘dari Genoa’. Dalam bahasa Perancis celana panjang ini disebut bleu de GĂ©nes, dibaca ‘blu jin’, yang berarti biru Genoa.

Spoiler for Denim:

Spoiler for Blue jeans:

Quote:Walaupun identik dengan budaya Amerika, ternyata jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia sekitar tahun 1560-an untuk para pasukan Angkatan Laut.
Quote:Pada tahun 1880 Levi Strauss mendirikan pabrik celana jeans pertama yaitu untuk desain Levi’s 501. Di tahun 1930-an, kepopuleran jeans mulai terdongkrak, hal ini juga tidak bisa dipisahkan dari kepopuleran film koboi.

Spoiler for Levi Strauss:

Spoiler for Levi Strauss Haus:

Spoiler for Cowboy dan Jeans:

Spoiler for Cowboy dan Jeans:

Sumber : Koran, Majalah dan Internet
Source: http://kask.us/hmzVr
Pasang Iklan
close