Bahaya Rokok

Persaingan Ilmuwan TerkenalPersaingan antara Ilmuwan Terkenal di Dunia (UPDATE)
Knowledge - History - Biography - Biology - Engineering - Physics - Medicine - Mathematics - Chemistry - Activity - Controversy
coropockle
UserID: 3561086
WELCOME TO MY THREAD GAN !
Emoticon PERSAINGAN : naluri alami manusia Emoticon
Agan semua pasti udah gak asing sama yang namanya persaingan. Contoh persaingan yang sedang hits sekarang adalah antara Calon Presiden RI. Persaingan itu udah naluri alam manusia (mungkin), termasuk untuk para ilmuwan. Bedanya, persaingan para ilmuwan ini berdampak positif bagi umat manusia. Dimulai dari persaingan hak paten sampai persaingan penemuan mana yang lebih baik. Jangan mengharapkan persaingan seperti persaingan olahraga atau antara 2 negara, karena persaingan disini kebanyakan persaingan para ilmuwan bertujuan memperbaiki penelitian ilmuwan lain. ane udah merangkum persaingan-persaingan antar ilmuwan yang terkenal
Quote:1. Perang FOSIL : Othniel Charles Marsh VS Edward Drinker

Marsh Vs Drinker
Selama era demam dinosaurus di akhir 1800-an dan awal 1900-an, dua pria bersaing sengit untuk mengungguli satu sama lain dalam hal mendapatkan fosil makhluk purba itu.

Dua orang itu adalah Othniel Charles Marsh paleontolog dari Peabody Museum di Yale University. Lawannya adalah Edward Drinker Cope dari Academy of Natural Sciences, Philadelphia.

Awalnya hubungan mereka damai, lama-lama saling benci dan bersaing sengit. Sampai-sampai Mars menyuap penjaga lubang fosil untuk mengalihkan jalan lawannya dari potensi temuan. Dalam sebuah ekspedisi Mars juga mengirimkan mata-mata di tim Cope.

Rumor bahkan berembus, mereka memasang dinamit di lokasi temuan fosil, mencegah keberhasilan lawan. Selama bertahun-tahun, keduanya saling menghina dan melecehkan temuan yang lain di artikel ilmiah. Juga saling tuduh di surat kabar.

Keduanya berkontribusi besar dalam bidang paleontologi dengan dinosaurus ikonik yang mereka temukan. Stegosaurus, Triceratops, Diplodocus, dan Apatosaurus berhasil diekskavasi berkat jasa mereka.

Quote:EmoticonTHE WINNER : BOTHEmoticon
Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Marsh and Drinker
Marsh (left) and Drinker (right)

Spoiler for Buku:
Battle of The Dinosaur Bones

Spoiler for Komik:
Bones War

Quote:2. Perang Radio : Nikola Tesla VS Guglielmo Marconi

Tesla Vs Marconi
Siapa pencipta Radio gan ? kebanyakan dari agan pasti jawab si Macaroni eh Marconi. Tapi ternyata radio bukan Cuma buatan Marconi gan, tapi juga dibuat oleh Tesla

Pada tahun 1895 Tesla membangun instrumen untuk menerima gelombang radio. Dia bereksperimen dengan perangkat ini dan mentransmisikan gelombang radio dari laboratoriumnya di South 5th Avenue ke Gerlach Hotel di 27th Street di Manhattan. Perangkat ini memiliki magnet yang mampu memberi medan magnet yang kuat hingga 20.000 baris per sentimeter. Perangkat radio jelas merupakan hal yang penting dalam penemuan radio.

Jantung transmisi radio didasarkan pada empat sirkuit disetel untuk mentransmisi dan menerima ini adalah konsep asli Tesla ditunjukkan dalam kuliah terkenal di Franklin Institute di Philadelphia pada tahun 1893. Empat sirkuit, yang digunakan dalam dua pasang, masih merupakan bagian fundamental dari semua peralatan radio dan televisi.

Radio
Nikola Tesla menyelesaikan penelitiannya tentang radio pada 1987 dan diberikan paten oleh Amerika Serikat pada tahun 1900. Marconi juga mengajukan paten pada tahun 1900 namun ditolak

Pada bulan Desember 1901, Marconi mendirikan komunikasi nirkabel antara Inggris dan Newfoundland, Kanada,

Pada tahun 1904, 3 ajuan paten oleh Marconi ditolak lagi oleh pemerintah AS. Namun, diyakini bahwa Marconi memiliki dukungan finansial yang kuat dikarenakan perusahaan radionya berkembang dengan baik. Karena hal tersebut paten Marconi tentang radio di kaji ulang kembali dan akhirnya Marconi mendapatkan paten radio oleh AS pada tahun 1904.

Pada tahun 1911 Marconi mendapatkan hadiah nobel sebagai penemu radio. Tesla yang mendengarnya merasa sangat marah dan menentut Marconi. Namun dikarenakan kekurangan dana, maka kasus ini dimenangkan oleh Marconi

The United States Supreme Court, pada tahun 1943 mengemukakn bahwa penemuan Marconi adalah tidak valid, dan mengakui kontribusi Tesla lebih signifikan sebagai penemu teknologi radio, hal ini terjadi 4 bulan setelah kematian Tesla. Dannnn yang lebih miris lagi, pengembalian paten kepada Tesla dikarenakan pemerintah AS yang dituntut oleh Marconi karena menggunakan radio tanpa izin saat perang dunia pertama.

Quote:EmoticonTHE WINNER : NIKOLA TESLA Emoticon
Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Tesla and Marconi
TESLA (left) and MARCONI (right)

Spoiler for Quotes:
Marconi Quotes
Quotes ini dikatakan Tesla saat ditanyakan mengenai Marconi yang mematenkan radio

Quote:3. Proses Penemuan Bateri : Galvani vs Volta

Galvani vs Volta
Persaingan yang satu ini rada beda, persaingan ini merupakan persaingan saling bantah teori. Tapi karena persaingan ini kita mengenal yang namanya baterai.

Bermula pada tahun 1780, Luigi Galvani, seorang profesor anatomi dan fisiologi dari Universitas Bologna melakukan serangkaian eksperimen selama 11 tahun mengenai penegangan otot kaki katak melalui listrik yang dihasilkan mesin listrik statis. Galvani menemukan bahwa penegangan otot kaki katak tersebut dapat ditimbulkan dengan cara lain, yaitu ketika sebuah kait kuningan ditekankan ke urat saraf tulang belakang katak dan kemudian digantungkan ke rel besi yang juga menyentuh katak, otot kaki kembali menegang.

Volta Electric Cells
Alessandro Volta, seorang fisikawan Italia merasa skeptis akan pekerjaan Galvani. Meski Volta segera melanjutkan dan mengembangkan penelitian tersebut, Volta masih ragu mengenai gagasan Galvani tentang listrik hewan. Volta percaya bahwa sumber listrik bukan berasal dari saraf hewan, tetapi pada kontak antara kedua logam. Volta berpikir pernyataan Galvani hanya dapat dibantah dengan mengganti kaki katak yang sensitif dengan bahan anorganik. Untuk menguatkan pandangan Volta bahwa kontak antara dua logamlah yang menyebabkan otot katak menegang, Volta harus menghubungkan kedua logam yang tidak sama dalam sebuah elektroskop dan mengamati pemisahan keping-keping yang menunjukkan beda potensial. Sukses inilah yang akhirnya mempertahankan teori Volta. Kemudian, Volta berhasil menciptakan Baterai Volta (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.

Quote:EmoticonTHE WINNER : BOTH Emoticon
(dengan penelitian Galvani, Volta berhasil membuat baterai)

Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Galvani and Volta
Galvani (left) and Volta (right)

Quote:4. Perang Paten Kalkulus : Isaac Newton VS Leibniz

Newton Vs Leibniz
Persaingan paten kalkulus ini sampe sekarang belum diketahui pemenangnya!

Isaac Newton telah menyelesaikan karyanya bertahun-tahun sebelum Leibniz, namun tidak mempublikasikannya sampai dengan tahun 1693. Ia pula baru menjelaskannya secara penuh pada tahun 1704, manakala pada tahun 1684, Leibniz sudah mulai mempublikasikan penjelasan penuh atas karyanya. Notasi dan "metode diferensial" Leibniz secara universal diadopsi di Daratan Eropa, sedangkan Kerajaan Britania baru mengadopsinya setelah tahun 1820.

Di dalam buku catatan Leibniz, ditemukan adanya sebuah gagasan-gagasan sistematis yang memperlihatkan bagaimana Leibniz mengembangkan kalkulusnya dari awal sampai akhir, manakala pada catatan Newton hanya dapat ditemukan hasil akhirnya saja. Newton mengklaim bahwa ia enggan mempublikasi kalkulusnya karena takut ditertawakan. Newton juga memiliki hubungan dekat dengan matematikawan Swiss Nicolas Fatio de Duillier. Pada tahun 1691, Duillier merencanakan untuk mempersiapkan versi baru buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica Newton, namun tidak pernah menyelesaikannya. Pada tahun 1693 pula hubungan antara keduanya menjadi tidak sedekat sebelumnya. Pada saat yang sama, Duillier saling bertukar surat dengan Leibniz.

Pada tahun 1699, anggota-anggota Royal Society mulai menuduh Leibniz menjiplak karya Newton. Perselisihan ini memuncak pada tahun 1711. Royal Society kemudian dalam suatu kajian memutuskan bahwa Newtonlah penemu sebenarnya dan mencap Leibniz sebagai penjiplak. Kajian ini kemudian diragukan karena setelahnya ditemukan bahwa Newton sendiri yang menulis kata akhir kesimpulan laporan kajian ini. Sejak itulah bermulainya perselisihan sengit antara Newton dengan Leibniz. Perselisihan ini berakhir sepeninggal Leibniz pada tahun 1716.

Quote:EmoticonTHE WINNER : BOTH Emoticon
(keduanya masih diakui sebagai penemu kalkulus)

Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Newton and Leibniz
Newton (left) and Leibniz (right)

Spoiler for Buku:
Philosophiae Naturalis Principia Mathematica
buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica Newton

Spoiler for Manuskrip:
Leibniz Kalkulus
Kesimpulan Kalkulus yang dibuat Leibniz

PERSAINGAN NO 5 DAN PALING FENOMENAL Emoticon

Quote:5. Perang Arus Listrik : Nikola Tesla dan Westinghouse VS Thomas A. Edison dan the general electric company

Tesla Vs Edison
Menurut ane persaingan ini merupakan persaingan antar peneliti yang paling fenomenalEmoticon

Latar belakang terjadinya perang arus ialah dimulai ketika Edison tidak ingin kehilangan hak royalti atas arus searah (DC) yang pada saat itu menjadi standar yang digunakan di Amerika.

Pada tahun 1879, Thomas A. Edison mempublikasikan temuannya berupa bola lampu pijar di depan umum. Dalam penemuan tersebut, Edison membutuhkan beberapa cara untuk menyalakan bohlam lampu tersebut yang bisa didistribusikan melalui jarak yang besar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tahun 1887 Edison menemukan sistem arus searah dimana listrik mengalir dalam satu arah yang konstan. Karena ketenarannya sudah diakui dari penemuan-penemuan sebelumnya, Pemerintah Amerika siap menerima sistem listrik dan segera dibangun. Namun kesulitan sistem arus searah segera ditemukan, karena listrik hanya mengalir satu arah, arus listrik yang mengalir menyebabkan kawat tembaga yang dialiri listrik meleleh sehingga transmisi arus searah jarak jauh menjadi berbahaya dan hampir mustahil. Solusi yang ditawarkan oleh Edison ialah dengan menggunakan kabel tembaga yang lebih besar, namun solusi ini menyebabkan seluruh kota menjadi sarang laba-laba karena banyaknya kabel besar yang melintas.

Tesla Vs Edison
Pada usia 28 tahun, Nikola Tesla bermigrasi ke New York dimana listrik sudah lebih dulu hadir selama sekitar 23 tahun. Ia terkejut menemukan banyak kabel panjang membentang tergantung diseluruh kota New York akibat sistem DC Edison. Nikola Tesla mencari pekerjaan di laboratorium Edison untuk mencoba memperbaiki sistem DC Edison, ia memliki ide desain untuk arus motor bolak balik namun diacuhkan oleh Edison. Namun Edison tetap menawarkan pekerjaan kepada Tesla untuk memperbaiki sistem DC tersebut. Perbedaan yang terjadi antara Edison dan Tesla memicu konflik dimana ketika Tesla mengumumkan bahwa penelitiannya sudah usai dan ia meminta pembayaran kepada Edison. Namun yang terjadi ialah Edison tidak mau membayarnya dan menganggap sebagai gurauan, Tesla akhirnya marah dan mengundurkan diri. Setelah mengundurkan diri, Tesla mendapatkan sumber pendanaan dari AK Brown untuk mengembangkan motor arus bolak balik dan iapun membangun komponen dari sistem tersebut.

Seorang pria bernama George Westinghouse melihat penemuan berbakat yang dilakukan oleh Tesla dan melihat potensi untuk sukses, George Westinghouse akhirnya pergi ke laboratoriun Tesla dan membuat kesepakatan untuk membeli sistes arus bolak balik milik Tesla. Setelah ia mendapatkan uang dari George Westinghouse, Tesla pun akhirnya membangun laboratorium sendiri. Meskipun arus AC milik tesla lebih unggul, namun tetap saja arus DC masih menguasai pasar. Edison tau keunggulan dan keuntungan signifikan, apalagi George Westinghouse mengukuhkan menjadi pesaing Edison. Atas alas an tersebut, Edison memulai propaganda besar-besaran terhadap sistem DC dengan mengatakan bahwa ”Direct current is like a river flowing peacefully to sea, while alternating current Is like a torrent rushing violently over a precipice”. Selain itu, propaganda juga dilakukan dengan membuktikan kepada masyarakat melalui kursi eksekusi yang diberi aliran listrik AC yang dianggap illegal karena dapat membunuh manusia.

Tesla pun memberikan pernyataan bahwa sistem arus AC aman jika tindakan pencegahan yang tepat dapat diambil. Perang propaganda tersebut segera berakhir dengan diadakannya The Columbian Exposition yang diselenggarakan di Chicago. Acara tersebut mencari sumber kekuatan listrik yang praktis, mudah dan tidak membutuhkan biaya mahal. Edison dengan sistem DC sudah terkenal di Amerika berkat keberhasilan penemuan lainnya, sedangkan sistem AC oleh Tesla dan Westinghouse mudah dikelola. Ketika dilakukan pendemonstrasian alat kerja, sistem DC milik Edison lebih berbahaya karena kawat tembaga besar yang melintas dimana-mana , sedangkan Westinghouse menawarkan solusi dengan daya listrik yang lebih rendah, biaya setengah harga dan tanpa jarring laba-laba. Pada akhirnya, perang arus dimenangkan oleh Westinghouse berkat arus bolak balik ciptaan Nikola Tesla.

Quote:EmoticonTHE WINNER : Nikola Tesla dan Westinghouse Emoticon
Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Edison, Tesla, and Westinghouse
Thomas Edison (left), Nikola Tesla (center), and George Westinghouse (right)

Spoiler for Eksperimen:
Elephant Electrocuted for Murder
Gajah yang disetrum oleh Edison untuk membuktikan bahwa Arus AC berbahaya

Spoiler for CEC:
Columbia Exsposition Chicago
Columbia Exsposition Chicago di sinari cahaya lampu dari arus listrik AC Tesla

Quote:TAMBAHAN

Spoiler for Kaskuser:
Quote:Original Posted By omBYsenang
kayaknya yang paling fenomenal si Nicolas Tesla Vs Thomas eddison soal listrik arus AC dan DC, berakhir dengan kemenangan Nicolas Tesla dan Thomas Edison yang kalah kehilangan perusahaanya, diambil alih oleh pengusaha JP MOrgan jadi General Electric. (hasilnya adalah tender general electric membangun pembangkit listrik di Niagara falls dan sistem kelistrikan di seluruh USA dan Eropa)

Quote:Original Posted By dragyon
nambahin ganEmoticons

waktu itu Edison diminta buat kursi listrik untuk menghukum mati tahanan, dan dia merasa inilah kesempatan buat menjatuhkan AC, pas udah dibuat dan dilangsungkan (red-disetrum )ternyata tahanannya gak mati-matiEmoticons banyak wartawan yang diundang dan menyaksikan gan jadi tersebarlah berita ini dan awal dari kejatuhan edisonEmoticons
abis itu ya yang di chicago itu gan, kalah pula wkwk
terus last chance nya itu kalau gak salah America mau buat listrik masal yang pake air terjun niagara sebagai pembangkitnya daaaaann..... kalah lagi diaEmoticons sampe-sampe boss nya edison J.P Morgan rugi besar dan pake cara "licik" buat jatohin WestinghouseEmoticons dan akhirnya si Morgan ini pake AC nya tesla dan mecat si EdisonEmoticons CMIIW

Quote:Original Posted By code 503-R-70
tambahin gan poin ke 5 :

Tesla dipromotori oleh Westinghouse, sedangkan Edison dipromotori juga oleh JP Morgan.
jadinya seimbang, penemu+promotor VS penemu+promotor.

persaingan mereka pernah direka ulang di History Channel Emoticons

General Electric itu perusahaan Edison setelah dapat suntikan investasi dari JP Morgan.

Quote:6. Persaingan Guru dan Murid : Davy vs Faraday

Davy vs Faraday
Di sini, kita memiliki kisah dua kimiawan terkenal, contoh klasik dari siswa melebihi guru. Humphry Davy adalah salah satu ilmuwan paling terkenal pada zamannya. Ia menemukan beberapa logam tanah, menemukan lampu Davy untuk digunakan dalam tambang, membantu menemukan klorin dan yodium, dan penggunaan juga dikembangkan untuk nitrous oxide. Namun, prestasinya akan segera dibayangi oleh muridnya, Michael Faraday, yang menjadi pelopor elektrokimia.

Faraday hampir tidak ada pendidikan formal ketika ia magang. Namun, ia sangat tertarik untuk belajar kimia dan sering menghadiri kuliah pada subjek tersebut. Untungnya Davy melihat sesuatu di Faraday dan membawanya sebagai pekerja magang meskipun dia hanya memiliki latar belakang sebagai penjilid buku . Selama bertahun-tahun, Faraday tidak hanya belajar dari Davy tetapi juga mewarisi beberapa sifat-sifat positif nya. Kedua ilmuwan ini mencintai mengajar dan menyampaikan pengetahuan mereka kepada generasi baru. Ketika ia menemukan lampu Davy, yang menjadi sangat diperlukan bagi penambang, Davy tidak mematenkannya sehingga lebih banyak orang akan dapat manfaat dari penggunaannya. Seperti Davy, Faraday memiliki ketidaktertarikan terhadap uang juga dan memiliki pemikiran ilmiah harus melayani masyarakat.

Meskipun gelar dan menerima berbagai penghargaan, Humphry Davy dibayangi oleh prestasi mantan murid. Pada beberapa kesempatan, ia mengkritik karya Faraday dan bahkan mencoba untuk memblokir pintu masuk ke dalam Royal Society . Namun, kepahitan nya memudar menjelang akhir hidupnya. Ketika Davy ditanya apa penemuan yang terbesar adalah, ia hanya menjawab, "Michael Faraday."

Quote:EmoticonTHE WINNER : BOTH Emoticon
Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Davy and Faraday
Humphry Davy (left) and Faraday (right)

Quote: 7. Persaingan Hukum Gravitasi: Hooke vs Newton

Hooke Vs Newton
Kita sering mengatakan bahwa sejarah ditulis oleh pemenang, dan mungkin yang terbaik dibuktikan oleh Robert Hooke. Hooke terkenal dan dihormati ilmuwan yang kontribusinya banyak dan telah memastikan tempatnya dalam sejarah. Namun, pada satu titik, ia hampir menjadi benar-benar terlupakan karena Hooke berada di pihak yang kalah dari persaingan sengit dengan salah satu orang paling terkenal dalam sejarah: Isaac Newton.

Bahkan saat ini, sulit untuk menilai dengan pasti hubungan antara dua orang. Beberapa mengatakan bahwa Hooke adalah orang yang iri dengan orang yang lebih cerdas dan lebih sukses dari dia. Orang lain mengklaim bahwa Newton mengambil pengecualian besar kritik Hooke mengenai salah satu kertas awal Newton pada optik dan kemudian menggunakan posisinya sebagai Presiden Royal Society setelah kematian Hooke untuk meminimalkan kontribusi sebanyak mungkin.

Pertentangan terbesar antara Hooke dan Newton adalah hukum yang gravitasi terakhir, salah satu hukum yang paling terkenal di seluruh fisika, digariskan oleh Newton dalam bukunya Principia Mathematica. Hooke selalu menyatakan bahwa Newton mengambil ide hukum kuadrat terbalik dari dia, dan dia mungkin benar. Orang lain bekerja pada hukum universal gravitasi sebelum Newton, termasuk Hooke. Newton mengakui mereka dalam bukunya, tetapi Hooke menganggap bahwa kontribusinya untuk hukum penting fisika mungkin layak sedikit lebih.

1670-an Hooke telah menganut keyakinannya bahwa matahari dan planet-planet yang tertarik satu sama lain, dan objek wisata ini tumbuh karena mereka semakin dekat satu sama lain. Ia menilai gagasan hukum kuadrat terbalik untuk menggambarkan hubungan antara jarak benda langit dan tarik gravitasi mereka. Lebih dari ilmuwan lain sebelum Newton, Hooke tampaknya telah berpendapat untuk gravitasi sebagai kekuatan universal, tapi artikulasi nya lebih gagasan dasar dari teori penuh

Quote:EmoticonTHE WINNER : Ane Juga Masih Bingung Emoticons Emoticon
Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Hooke and Newton
Hooke (left) and Newton (right)
Lukisan Hooke baru dilkusi setelah kematiannya karena semua lukisan tentang hooke dimusnahkan Newton

Quote:8. Perang Vaksin Polio: Jonas Salk VS Albert Sabin

Salk Vs Sabin
Rivalitas yang satu ini rada beda gan, Bukan rivalitas langsung antara Jonas Salk dan Albert Sabin, tetapi tentang penemuan mereka yang mengubah dunia yaitu vaksin polio. Mereka berdua menciptakan vaksin polio secara terpisah dan diwaktu yang berbeda (beda 3 tahun, salk duluan). Sejak saat itu pendukung setia masing-masing ilmuwan ini berdeat tentang vaksin mana yang bakal digunakan.

60 tahun lalu, polio merupakan fokus utama dunia kesehatan. Penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak ini sangat berbahaya.

Pada Tahun 1955, Jonas Salk menemukan vaksin polio, diikuti Sabin beberapa tahun kemudian. Perbedaan vaksin Sabin dan Salk adalah Vaksin salk melalui injeksi, sedangkan Sabin melalui oral. Selain itu, vaksin Salk menggunakan poliovirus yang sudah “dimatikan” sedangkan sabin menggunakan poliovirus yang dilemahkan.

Vaksin salk dipakai terlebih dahulu di seluruh dunia sampai vaksin sabin ditemukan. Pada tahun 1999 USA kembali menggunakan vaksin Salk karena vaksin sabin dapat menyebabkan inveksi karena poliovirus yang masih “hidup” padahal belum pasti kebenarannya. Karena itu sampai sekarang masih banyak perdebatan vaksin mana yang terbaik.

Quote:EmoticonTHE WINNER : BOTH Emoticon
(Kedua Vaksin masih dipakai (IPV dan OPV))

Quote:PICT

Spoiler for Foto:
Salk and Sabin
Jonas Salk (left) and Albert Sabin (right)

Beberapa dari persaingan ini masih debatable tentang kebenarannya, jadi ambil positifnya aja gan
Sebenarnya banyak lagi persaingan ilmuwan sejaman atau beda jaman yang keren-keren gan, kaya Wright bersaudara vs Langley, Mercator Vs. Peters atau Bill gates vs Steve Jobs. Tapi karena keterbatasan ane, jadi next time aja ane update lagi
Spoiler for Sumber-sumber:

8 Persaingan Fenomenal antara Ilmuwan Terkenal Dunia dalam Sejarah
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5392ac298b07e751438b4664/persaingan-antara-ilmuwan-terkenal-di-dunia-update Category:
Top List
Pasang Iklan
close