Bahaya Rokok

Perjuangan Penderita AmnesiaKisah Nyata Perjuangan Para Penderita Hilang Ingatan
psykopet-5299301
Welcome
Intermezzo
Quote: Amnesia
AMNESIA (HILANG INGATAN)
Hai gan apa kabarnya,,ketemu lagi gan ma ane psykopetEmoticons ,,hehe,,,kali ini ane mau berbagi kisah tentang orang-orang yang berjuang untuk melawan penyakit amnesia atau hilang ingatan...ente pasti sering lihat di tv or pastinya di sinetron sering banget gan tokoh utamanya tiba-tiba kecelakaan atau kepalanya kejedot gabus terus tiba-tiba hilang ingatanEmoticons kayak di filmnya suhu jackie chan ntu lo gan yang judulnya who am i Atau lagunya Rocket Rockers (hilang ingatan)Emoticons ,,,nah ternyata kisah-kisah orang yang menderita amnesia atau hilang ingatan itu benar-benar ada lho gan,,tapi sebelumnya kita harus tahu bahwasanya Amnesia adalah suatu gejala di mana seseorang tiba-tiba kehilangan sebagian ingatan atau seluruhnya, sehingga membuat yang bersangkutan tidak lagi mengenal orang-orang terdekatnya.

Gejala ini biasanya terjadi akibat penyebab organic atau fungsional. Penyebab organic dapat berupa kerusakan otak akibat trauma atau penyakit, atau penggunaan obat-obatan yang bersifat sedative, dan yang terparah bisa juga disebabkan oleh operasi transplantasi sumsum tulang belakang. Sementara penyebab fungsional adalah faktor psikologis, seperti pada saat terjadi mekanisme pertahanan ego. Gejala ini ada yang berlangsung sementara dan terjadi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Akan tetapi, amnesia juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan ingatan dalam jangka waktu yang lama, hingga bertahun-tahun.

Tingkat amnesia ada yang ringan dan hanya membuat seseorang lupa dengan hal-hal tertentu saja dalam hidupnya. Akan tetapi, yang sangat memprihatinkan apabila amnesia itu juga menggerogoti hampir semua memori kita. Kenyataan itu bisa membuat seseorang menjadi orang yang tidak berguna karena mungkin ia layaknya bayi yang tidak mengetahui apapun. Namun, amnesia bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Banyak hal yang harus diupayakan agar penderitanya bisa kembali hadir di tengah-tengah kita. Dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat untuk memulihkan ingatan, sangat dibutuhkan. Dengan memperlihatkan segala hal yang sebelumnya akrab ditemui dalam kehidupan penderita amnesia, diharapkan rangsangan-rangsangan seperti itu bisa membuat ingatan yang sebelumnya pergi begitu saja, kembali menghampiri secara perlahan-lahan danpulih kembali seperti sedia kala.Untuk lebih jelasnya langsung aja gan Cekimprott,,,,,

TKP
Quote: 1. Krickitt Carpenter

Krickitt Carpenter

Barangkali Agan sudah menonton film ‘The Vow’ yang dibintangi Rachel Mcadams dan Channing Tatum. Film yang mengisahkan satu pasangan yang mengalami ujian yang sangat berat. Sang pria, Leo harus berjuang keras untuk meraih kembali cinta istrinya, Paige, yang kehilangan sebagian ingatan akibat kecelakaan, termasuk memori tentang suaminya, Leo dan kisah cinta mereka.

Apabila agan merasa terpikat dengan keromantisan film ini, ada baiknya kalau Anda mengetahui kalau film ini terinspirasi oleh kisah nyata yang benar-benar terjadi. film ini diadaptasi dari kisah sejati Kim dan Krickitt Carpenter, pasangan pengantin baru dari Las Vegas, New Mexico. Hanya 10 minggu setelah menikah, suatu kecelakaan mobil mengakibatkan Krickitt mengalami koma selama empat bulan. Ketika akhirnya tersadar, ia kehilangan memorinya, termasuk memori tentang pria yang selalu mendampinginya.

Krickitt kehilangan ingatan ketika ia dan suaminya sedang berkendara menuju Phoenix, Arizona, untuk merayakan Thanksgiving bersama orang tua Krickitt. Dalam perjalanan, Krickitt yang mengemudikan mobil, mencoba menghindari sebuah lori yang bergerak lambat, tetapi pengemudi truk yang berada di belakang mereka tidak mampu mengendalikan kendaraannya dan menabrak mobil yang dikendarai Krickitt hingga terguling sekitar 30 meter dan atap mobil ringsek.

Kecelakaan itu mengakibatkan Krickitt mengalami cedera kepala yang begitu parah, hingga tidak mampu mengingat apapun. Bahkan ia pun tidak tahu bagaimana cara melakukan gosok gigi. Meski demikian, kemampuan untuk melakukan hal itu bisa dilatih dalam beberapa saat dan sebenarnya juga masih tersimpan dalam memori jangka panjangnya. Sehingga setelah menjalani terapi, perlahan-lahan Krickitt mampu mengingatnya lagi.

Namun, yang menjadi masalah, Krickitt telah kehilangan memori jangka pendeknya yang rusak secara permanen. Memorinya selama dua tahun ketika ia mulai berkenalan dengan suaminya, Kim, hingga ke masa-masa mereka menjalin hubungan sampai menikah telah terhapus. Menurut Krickitt, ia mengingat beberapa nama mantan kekasihnya tetapi ia sama sekali tidak punya kenangan mengenai pria yang selalu berada di sampingnya. Krickitt tidak mengenali Kim atau merasa jatuh cinta padanya, walaupun foto-foto dan video pernikahannya dengan Kim ditunjukkan.

Quote:2. Mayank Sharma

Mayank Sharma

Facebook dan google merupakan dua situs yang sangat sukses dan digunakan sebagian besar pengguna internet di dunia. Google merupakan pilihan utama orang ketika mencari sesuatu di internet. Sementara Facebook digunakan untuk bersosialisasi dan menjalin pertemanan dengan semua orang yang terkena amnesia untuk memulihkan tenaga.

Hal inilah yang dilakukan Mayank Sharma. Pria asal New Delhi, India, pada 2010 terjangkit penyakit tubercular meningitis, sebuah infeksi pada membran yang melindungi otak. Penyakit yang mengancam jiwa ini menyerang sistem saraf pusat tubuh, menyebabkan peradangan pada jaringan sekitar otak dan tulang belakang. Setelah menjalani perawatan, Sharma dapat diselamatkan dokter, tetapi ia telah kehilangan seluruh memorinya. Bahkan, ia tidak mengenali siapa dirinya.

Sharma sama sekali tidak mengingat ibu, ayah, dan saudara-saudaranya. Hal itu membuatnya stress karena ia tidak bisa membalas perasaan cinta dan sayang orang-orang yang telah mengenalnya selama kurang lebih 28 tahun, sementara ingatannya hanya baru berjalan dua tahun.

Sharma bertekad untuk mempelajari kembali hidupnya yang dulu. Dia mencoba mencari segala hal tentang dirinya dari internet. Antara lain dengan mencoba blog ‘pick my brain’, sebuah blog yang ditujukan untuk memulihkan kenangan. Dia juga mencoba perangkat google untuk membantu memulihkan ingatannya di masa lampau. Sharma menemukan sejak 2004 ia telah berinteraksi dengan 889 orang professional maupun personal melalui gmail. Selain dengan google, Sharma pun menggunakan Facebook. Ia kemudian berkenalan dengan orang-orang dengan menggunakan fitur people you may know.

Dia mulai dengan halaman yang mengajak semua orang membantu kesembuhannya. Dia mengklik melalui album foto, berharap petunjuk kontekstual untuk bisa melejitkan kenangan. Ia menyadari ada beberapa efek saat mencoba orang yang diajaknya berkenalan, sementara telah lama mengenalnya. Namun, menurutnya itu adalah harga kecil untuk membayar hampir tiga decade pengalaman hidupnya yang hilang.

Sharma berterimakasih pada Facebook dan google yang telah membantunya mencari masa lalu yang hilang. Menurutnya, media sosial menambah dimensi baru untuk ilmu saraf
.

Quote:3. Henry Gustav Malaison

Henry Gustav Malaison

Pendertia amnesia berikutnya adalah Henry Gustav Malaison. Henry lahir pada 26 Februari 1926. Saat berusia 9 tahun, Henry bertabrakan sepeda dengan tetangganya dan kepalanya terbentur benda keras. Setelah kecelakaan itu, Henry sering kejang-kejang, sehingga ia pun dinyatakan menderita epilepsy akut. Selain itu, Henry yang merupakan seorang mekanik, sering lupa bagaimana cara mereparasi dan memperbaiki mesin.

Sekitar 18 tahun setelah kecelakaan sepeda, Henry mendatangi dokter William Beecher Scoville, seorang neurologi di rumah sakit Hartford, utnuk mengobati penyakitnya. Dokter Scoville yang berkonsultasi dengan dokter lainnya, akhirnya memutuskan akan mengoperasi otak Henry untuk menghilangkan memar sebesar dua jari orang dewasa. Operasi itu bisa diaktakan operasi percobaan karena tidak ada jaminan bisa berjalan sesuai harapan. Operasi tersebut akhirnya berjalan lancar dan Henry pun selamat.

Akan tetapi, operasi tersebut telah membuat Henry menderita anterograde amnesia, yaitu suatu gejala di mana kejadian baru dalam ingatan jangka pendek tidak ditransfer ke ingatan jangka panjang yang permanen. Atau dengan kata lain, otak Henry tidak bisa menciptakan kenangan baru.

Henry tahu siapa namanya. Dia juga mengenali ibu dan ayahnya dan dari mana mereka berasal. Bahkan dia pun ingat terjadi keruntuhan saham pada 1929 di Amerika Serikat dan perang dunia terjadi sekitar tahun 1940-an. Akan tetapi, otak Henry tidak mampu mengingat hal-hal yang terjadi setelah ia menjalani operasi. Untuk 55 tahun berikut sisa hidupnya, kalau ia bertemu dengan teman, berjalan, mengunjungi suatu tempat, maka hal itu merupakan yang pertama baginya.

Selama itu pula, ia memberikan bantuan kepada peneliti untuk meneliti cara kerja otak manusia. salah satu eksperimen yang pernah dilakukan adalah mengambil bagian otaknya yang disebut hippocampus untuk keperluan sebuah penelitian. Bahkan, Henry setuju untuk mendonasikan otaknya apabila ia sudah meninggal. Oleh karena itu, ketika Henry Molaison tutup usia pada usia 82 tahun, 4 Desember 2008, otaknya telah diiris menjadi 2401 irisan dengan ketebalan 7 mikron dan dipindai (discan) pada resolusi yang sangat tinggi. Otak Henry kemudian dipamerkan di University of California, San Diego.

Quote:4. Andy Wray

Andy Wray

Berhati-hatilah apabila aktivitas Agan sehari-hari sering mendatangkan stress dan membuat Anda trauma. Kondisi traumatic antara lain sering terjadi pada para tentara yang dikirimkan ke medan perang dan menyaksikan kekejaman serta hal-hal yang menimbulkan rasa trauma dan menakutkan.

Hal itu pula yang dialami Andy Wray, seorang mantan polisi dari Inggris. Andy bergabung dengan kepolisian Inggris tahun 2000, setelah sebelumnya bekerja sebagai instruktur pelayaran. Namun, Andy kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri dari kepolisian karena sering merasa stress akibat selalu menyaksikan tragedi – tragedi kemanusiaan. Antara lain kenangan tentang kecelakaan mobil dan sebuah peristiwa bunuh diri mengerikan yang menghantuinya.

Selepas dari kepolisian, Andy terserang gangguan jantung yang disebut perocarditis atau radang katup jantung. Seminggu kemudian Andy menderita sakit kepala yang hebat serta pusing. Ia kemudian berangkat sendiri ke rumah sakit untuk berobat. Namun, istri Andy, Jo, kemudian menerima telepon dari rumah sakit bahwa suaminya berjalan sendirian tanpa tahu siapa dirinya dan bagaimana sampai ada di rumah sakit.

Menurut dokter, memori Andy terhapus karena trauma akibat stress saat bertuas di kepolisian. Andy tidak mengenali istrinya lagi dan anak mereka, Chloe, dokter mendiagnosa Andy menderita amnesia disosiatifm yang membuatnya tidak punya ingatan jangka menengah dan tidak dapat mengingat hari pernikahannya, hari lahir putrinya atau bahkan siapa orang tuanya. Meski masih punya sejumlah pengetahuan umum seperti sejumlah peristiwa sejarah, nama-nama selebriti dan tahu bagaimana mengendarai mobil, Andy tidak ingat setiap kenangan yang bersifat pribadi. Menurutnya, ia tahu perang Hastings terjadi tahun 1066, tetapi tidak ingat apa di sekolah mana mempelajarinya.

Setelah menjalani terapi dari para spesialis, memori Andy mampu mengingat hingga waktu 48 jam. Itu artinya otak Andy akan menghapus ingatan yang lebih lama dari itu. Oleh karena itu, ke mana-mana ia harus selalu membawa selembar kertas berisi nama dan alamatnya serta foto-foto keluarganya. Karena jika dia terpisah dari keluarganya selama 48 jam atau lebih, Andy tidak dapat mengenali merka lagi. Menurutnya, ingatannya hanya berumus dua hari. Kalau lebih dari itu, Andy tidak akan mengenali istru dan anaknya lagi walaupun bertemu di jalan.

Quote:5. Su Meck

Su Meck

Tidak seperti Henry Gustav Malaison, yang mampu mengingat namanya sendiri, nama dan asal orang tuanya dan kejadian-kejadian penting, Su justru tidak mampu mengingat apa pun sebelum kecelakaan terjadi. Meski demikian, apabila Henry tidak mampu membangun ingatan baru, maka Su bisa melakukannya.

Namun, pada awalnya Su memang sepereti anak kecil yang baru dilahirkan. Ia nyaris tidak bisa melakukan apa-apa. Dia tidak mengenali suaminya lagi, dan dua anaknya yang masih bayi. Bahkan, Su sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk melakukan keterampilan dasar, seperti berjalan, makan, mengenakan pakaian, berbicara, menulis, hingga menyetir. Menurut suaminya mengenai Su ketika itu, kepribadiannya hilang.

Namun, Su menunjullan kepribadian lainnya yang luar biasa. Walaupun kehilangan seluruh ingatannya, tetapi sangat nyata Su tidak kehilangan semangatnya. Ia memiliki keinginan keras untuk maju dengan apa adanya dirinya kini. Setelah keluar dari rumah sakit dan mempelajari hal-hal yang sederhana. Setelah keluar dari rumah sakit dan mempelajari hal-hal yang sederhana/ seperti menaiki sepeda, menyiapkan sarapan, dan membaca buku anak-anak. Dia pun belajar membaca dan menulis kepada anak-anaknya. Bahkan agar makin mahir membaca, Su Meck pun bersedia menjadi relawan di perpustakaan.

Semangatnya yang membara untuk terus belajar, membuatnya memutuskan untuk kuliah lagi. Dia pun masuk Montgomery College dengan mengambil program associate degree, yang setara dengan D3 di Indonesia. Berkat kerja kerasnya, empat tahun kemudian dia pun lulus. Seolah belum puas, ia dan suaminya kemudian memutuskan untuk pindah ke Maasachussets untuk meraih gelar sarjana di Smith College.
(**)

Gimana gan menarik bukan,,masih pengen hilang ingatan gak gan,,terutama ingatan ma mantanEmoticons demikianlah thread sederhana ane kali ini gan bila berkenan di hati agan boleh ane menumpang mandi,,eh salah minta bantu rate ma kalo bisa sih cendol segarnya ganEmoticons..oke kalo begitu ane cabut dulu gan,,wassalamEmoticons Emoticons Emoticons

Sumber
Quote:TAMBAHAN DARI KASKUSER
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By gientz
ane gan, sekitar umur 6thn kecelakaan. DITABRAK motor itu lagi ngebut sangat, kelempar kira" ampe 5mtr lebih, ditambah GAS ELPIJI yang dibawa sama tuh motor NIMPA KEPALA ane. Ente tau sendiri dulu gak ada gas yang ijo 3kg, ya yang gede itu warna biru. Stlh dirawat, sembuh, ane ga inget ingatan ane dari sejak kecelakaan itu ampe ke belakang"nya Emoticon

pekiwan kalo berkenan Emoticon

Quote:Original Posted By Musyan6
adik temen ane pernah amnesia gara2 kecelakaan motor gan, ga inget siapa2, namanya sendiri ga tau, mau dikasih makan soto eh dia bingung soto itu apa katanya Emoticons
tapi alhamdulillah udah sembuh lagi...percaya ga percaya, ingetannya balik gara2 dia kebentur lagi tempat tidur rumah sakit.. Emoticons

Quote:Original Posted By bomcha
Bapak ane kecelakaan dan skrg ilang ingetan sama kerjaan Emoticons Untungnya masih ingat keluarga, tapi kalau keluarga jauh udh gak inget lagi Emoticons Skrg bpk ane gabisa ngapa ngapain kerja juga ilang ingetannya, ama rekan2 kerjanya, ngomongnya juga suka ngaco Emoticons Ane tersentuh liat trit ini, rasanya ane kayak gak sendiri Emoticons

Quote:Original Posted By CrayMcDohl
Share cerita gan

Temen ane real gan ada yang amnesia baru aja tahun kemaren pas lulus sma, gara2 dia jatoh dari tangga kena kepala bagian belakang. Dia amnesianya pas lagi uas dan un. lupanya sebagian dan dia diem2 aja ketauannya pas hari terakhir uas pada kerumah ane buat nyelesain tugas, nah dia ngetik dan itu salah mulu misalnya pengen nulis aib jadi iba atau nulis perhatikan jadi perhatian sejenis itu selama dia ngetik, ane sama temen yang lain gak ngeh awalnya sampe lagi ngobrol2 dia banyak nanya gitu nah yang sadar banget dia nanya soekarno itu siapa baru kita curiga mulai nanya2 dan dia gak tau kayak nama lengkap ane atau nama asli temen ane. Akhirnya pas dia pulang ane telfon ortunya ngasih tau kondisi dia Dibawa kerumah sakit sama ortu ortunya
Nah amnesianya gak cuma sampe segitu libur lama kita ketemuan lagi ingatannya pulih tapi dia gak inget pernah amnesia sampe ane sama temen2 ane nunjukin bukti chat pas dia amnesia Emoticons ini ane dan temen2 ane sebut amnesia ke 2
Ada lagi dia amnesia ke3 baru2 ini ane ketemuan sama temen sma ane karena udah beda2 kuliahnya kayaknya dia amnesia lagi dia inget nama ane tapi dia lupa muka ane dan lupa beberapa temen sma

Quote:Original Posted By widiantodaru
Klo kena kaya gini emang butuh support yang kuat dari orang sekitar, jadi inget alm. Sahabat bokap ane
Kena amnesia karena benturan hebat di kepala karena kecelakaan mobil, sampe parah bener kaya org baru lahir ga bisa apa2 cuma bisa nangis kaya bayi
Dan untuk keluarga yg memiliki musibah kaya gini harus tetap sabar karena dibalik cobaan yg berat pasti ada akhir cerita yg indah nantinya

Quote:Original Posted By halocircle
Speechless gan
ane juga gan..Memori di umur 20 kebawah hampir ilang semua,.Seringkali berkelebat memori2 yg kagak ane ngerti tapi setelah tanya orang terdekat ane..itu betulan kejadian..Ane pernah jatuh juga gan EmoticonsEmoticons

Quote:Original Posted By Carlosamuel
pas banget gan. tanggal 16 desember 2014 ayah ane penyakit strokenya kambuh. akibat kena stroke itu dia lupa rumahnya sendiri, walaupun udah dirumah dia tetep nganggap itu bukan rumahnya dan selalu minta pulang. Puji Tuhan sekarang udah mulai membaik. kalo nanya masih ngulang-ngulang. misal dia nanya soal A , 10 menit kemudian dia nanya lagi hal yang sama padahal udah dikasih tau sebelumnya. sekarang masih tahap pemulihan. mohon doanya agan-agan semua

Kaskus
Source: http://kask.us/hVEmm
Pasang Iklan
close