Bahaya Rokok

Penerbangan Luar AngkasaInsiden penerbangan luar angkasa! {SOVIET&USA} [MUST SEE]
aboe21imam-2906685
Bismillahirahmanirahim
Quote:Sudah ada beberapa insiden dan kecelakaan yang berkaitan dengan penerbangan luar angkasa (Spaceflight), secara umum, 18 Astronaut dan Kosmonaut tewas dalam insiden Spaceflight. Sebagai tambahan, ada beberapa insiden yang berkaitan dengan luar angkasa(misalnya sedang latihan/sedang ujicoba) seperti Apollo 1 yang meledak di Launch pad Emoticons
Quote:Tulisan di thread ini tidak memuat insiden dalam misi Rudal/Balistik milik Nazi maupun Soviet Pada Perang Dunia II, dan juga tidak memuat teori konspirasi mengenai hilangnya kosmonaut soviet di luar angkasa (read: Lost Cosmonaut)
Langsung aja gan, Insiden penerbangan luar angkasa, CEKIBROT!!
Quote:1. Soyuz 1

Soyuz 1

Quote:Kosmonaut : Vladimir Komarov
Waktu Peluncuran : 23 April, 1967 00:35:00 UTC
Waktu Berakhir : 24 April, 1967 03:22:52 UTC
Landing Site : 51.3615°N 59.5622°E

Misi 1 hari ini benar-benar gagal karena Jenis Spacecraft yang baru ini, Kejadian ini terjadi karena parasut Soyuz 1 tidak terbuka secara benar pada saat re-entry ke bumi, hasilnya, Spacecraft jenis baru ini mendarat dalam keadaan yang tidak bisa dibedakan lagi antara abu spacecraft sama abu manusia Emoticons

kebayang kan gan, dari langit bumi, terjun tanpa parasut? Emoticon

Spoiler for hasilnya:
Soyuz 1

Spoiler for Vladimir Komarov:
Soyuz 1
Ini Abunya Komarov Emoticons

Kata-Kata terakhir Vladimir Komarov Emoticon

Spoiler for Last Words:

Quote:2. Soyuz 11

Soyuz 11

Quote:Kosmonaut : Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev, Vladislav Volkov
Waktu Peluncuran : 6 Juni, 1971, 07:55:09 UTC
Waktu Berakhir : 30 Juni, 1971, 02:16:52 UTC
Landing Site : 47.35663°N 70.12142°E

Kru dari Soyuz 11 terbunuh setelah "undocking" dari Stasiun Luar Angkasa, Salyut 1, insiden ini terjadi karena katup ventilasi kabin dari Soyuz 11 secara tidak sengaja terbuka.
Mulanya, re-entry berjalan normal, namun ketika tim penyelamat datang (jaman dulu, landing spacecraft sebelum ada space shuttle tuh di laut, di daerah2 yang tidak terjamah, dll) Tim penyelamat menemukan bahwa ketiga kru Soyuz 11 tewas, diperkirakan, kru soyuz 11 tewas dalam ketinggian 100km dari bumi (Kejadian Soyuz 11 hanya satu-satunya kejadian fatal yang terjadi di luar angkasa) Emoticons

jadi, ketika masuk lagi ke bumi, Ventilasi Soyuz 11 secara tidak sengaja terbuka, kebayang kan, dalam kecepatan tinggi, dalam panas yang ga kira-kira yang dihasilkan dari gesekan, tiba-tiba ada yang terbuka, ini bukan cara kematian yang ane harapkan Emoticon

Spoiler for foto kru yang tidak pernah pulang:
Soyuz 11

Quote:3. STS 51-L (Challenger)

STS 51-L (Challenger)

Quote:Astronaut :Francis R. Scobee, Michael J. Smith, Ellison S. Onizuka, Judith A. Resnik, Ronald E. McNair, Gregory B.Jarvis, S. Christa McAuliffe
Waktu Peluncuran : 28 Januari, 1986, 16:38:00 UTC
Waktu Berakhir : (Direncanakan) 3 Februari, 1986, 17:12 UTC
Landing Site : (Direncanakan) Kennedy Space Center

Siapa yang gak tau Challanger? Ini adalah insiden dalam Pelaksanaan Misi pertama yang dialami oleh Amerika, Challanger STS-51L meledak dalam 73 detik setelah lepas landas.
Hal ini terjadi karena Cincin O-Ring yang berfungsi mensegel gas gagal, sehingga gas panas dari Rocket Peluncur mengenai booster dari Roket tersebut, hasilnya? Pesawat Ulang Alik ini berhasil mengudara selama 73 detik sebelum akhirnya meledak Emoticons

Spoiler for The Crew:
STS 51-L (Challenger)

Spoiler for Ledakan:
STS 51-L (Challenger)

Rekaman ledakan dan detik2 terakhir challanger

Spoiler for Pidio:

Quote:4. STS-107 Columbia

STS-107 Columbia

Quote:Astronaut : Rick D. Husband, William C. McCool, David M. Brown, Kalpana Chawla, Michael P. Anderson, Laurel B. Clark, Ilan Ramon
Waktu Peluncuran : 16 January 2003 15:39:00 UTC
Waktu Berakhir : 1 February 2003, 13:59:32 UTC
Landing Site : (Direncanakan) Kennedy Space Center

Saat peluncuran, busa dari tangki bensin menembus bagian bawah Pesawat ulang-alik, hal ini tidak diketahui oleh siapapun, karena hal ini dibiarkan, Busa tersebut menembus bagian sayap kiri pesawat sehingga sayap kiri tersebut berlubang.
Akhirnya, pada saat Re-entry, Panas yang dihasilkan atmosfir membuat pesawat menjadi tidak stabil, diperparah lagi karena lubang yang terdapat disayap kiri, pada akhirnya, pesawat Columbia tersebut benar-benar kehilangan kendali, Rick Husband dan Willie McCool tetap memperjuangkan pesawat tersebut hingga akhirnya, semua Kru Tewas.

Ps. NASA telah mengetahui bahwa busa telah menabrak bagian bawah pesawat, namun hal ini diabaikan.

Spoiler for The Crew:
STS-107 Columbia

Spoiler for Saat Re-Entry:
STS-107 Columbia

Spoiler for Crash:
STS-107 Columbia

Quote:5. Apollo 1

Apollo 1

Quote:Astonaut : Roger Chaffee, Ed White dan Gus Grissom
Waktu Peluncuran : (Direncanakan) February 21, 1967
Durasi Misi : (Direncanakan) 2 Minggu
Landing Site : -

Dalam Tes peluncuran, Komunikasi antara pesawat dan NASA terhambat, sehingga Gus Grissom berkata "Bagaimana kita bisa mencapai bulan jika berkomunikasi saja susah" perkataan ini akan menjadi kata yang akan selalu diingat oleh NASA.
Dalam perhitungan mundur, tepatnya pukul 6:31PM, terdengar perkataan yang sangat menyeramkan dari Spacecraft, "Fire"
Para kru berusaha keluar dari Spacecraft, namun karena panas luar biasa, pintu menjadi sulit terbuka, Pada Akhirnya, pintu tersebut terbuka, namun semua telah terlambat.

Spoiler for the crew:
Apollo 1

Spoiler for Kebakaran:
Apollo 1

Spoiler for Flight Suit:
Apollo 1

Quote:6. Apollo 13

Apollo 13

Quote:Astronaut : James A. Lovell, John L. "Jack" Swigert, dan Fred W. Haise
Waktu Peluncuran : April 11, 1970
19:13:00 UTC
Waktu Berakhir : April 17, 1970
18:07:41 UTC
Landing Site : Samudra Pasifik Selatan
Misi : [Dibatalkan] Mendarat di Fra Mauro (Bulan)

Apollo 13, peluncuran yang tidak populer karena NASA sebelumnya telah meluncurkan Apollo 11 dan Apollo 12, sehingga masyarakat merasa bosan dengan pendaratan di bulan.
Tiba-tiba 320.000km Dari Bumi, Para Astronaut mendengar suara 'BANG" yang sangat keras, mereka mengira, bahwa Asteroid telah menabrak Lunar Module mereka.
Lovell berkata kepada Mission Control, "Houston, We've had a problem" (Houston, kita mengalami masalah), Pernyataan ini nantinya akan menjadi sangat populer
Sebenarnya, Tank Oksigen nomor 2 telah meledak, Kebayang kan oksigen meledak? nah, akhirna, Para astronaut menggunakan Lunar Module yang seharusnya digunakan untuk mendarat di Bulan untuk kembali ke Bumi, mereka menggunakan gravitasi untuk kembali ke Bumi, ceritanya, ni astronaut sempet mengelilingi bulan sebelum akhirnya kembali ke Bumi menggunakan gaya Gravitasi.

Spoiler for cerita versi panjangnya:
Peluncuran apollo 13 pada tanggal 17 april 1970 pada awalnya tidak mendapat reaksi yang begitu besar dari masyarakat. Mungkin karena sudah ada misi bulan yang telah berhasil sebelumnya yaitu misi apollo 11. Apollo 13 sendiri yaitu misi pendaratan di bulan yang masih proyek apollo milik Nasa.

Apollo 13 mengalami masalah pertamanya pada saat bagian tingkat kedua yang terdiri dari 5 mesin pendorong, pendorong ke 5 nya rusak. Pendorong nomor 5 ini berhenti kurang lebih 132 detik lebih awal sehingga membuat tingkatan ini menyala 34 detik lebih lama serta membuat tingkatan ke 3 menyala lebih lama 9 detik. oh ya ! perlu diingat memang cuma beberapa detik namun dalam hal ini 1 detik pun sangat lah berpengaruh untuk keberhasilan peluncuran sebuah roket !

Masalah pertama berlalu tanpa menimbulkan masalah berat tapi tanpa mereka sadari mereka akan segera menemui masalah yang mengancam keselamatan awak pesawat. Pada tanggal 13 April 1970 saat Apollo 13 masih dalam perjalanannya menuju bulan atau kurang lebih berjarak 330.000 km dari bumi, sebuah tabung oksigen meledak. Hal ini membuat pesawat kehilangan kecepatan dan juga kehilangan oksigen dengan sangat cepat.

"Houston, kami mengalami masalah"

itulah yang dikatakan John Swigert selaku pilot modul komando kepada Houston pengendali misi dibumi. Mengetahui itu semua kru kendali misi di bumi gelisah. Mereka terus mencari cara untuk menyelamatkan awak pesawat. Hal tersebut memusatkan perhatian dunia. Penduduk dunia yang semula tak terlalu resposif terhadap Apollo 13 kini menjadi ikut khawatir. Ribuan pasang mata maenyaksikan detikdetik menegangkan itu melalui televisi.

Pilihan yang berat pun datang saat mereka harus memilih tetap mendarat dibulan lalu menunggu pesawat bantuan datang atau meniadakan pendaratan dibulan dan langsung memutari bulan untuk pulang kebumi. Jika mereka memilih untuk tetap mendarat dibulan dan menunggu awak bantuan datang persediaan air dan oksigenya tak akan mencukupi bahkan ada kemungkinan mereka tak akan dapat bertahan hidup dibulan. Namun jika mereka memutuskan untuk memutari bulan dan langsung kembali kebumi, itu hal yang tidak memungkinkan mengingat modul lunar memang hanya diperuntukan untuk 2 awak pesawat.

Akhir nya kendali misi memerintahkan awak pesawat apollo 13 agar mengurangi tenaga kapal induk untuk digunakan saat re-entry(memasuki bumi) dan berpindah ke modul lunar karena mereka akan memasuki sisi gelap bulan untuk kembali kebumi. Kondisi modul lunar sendiri dingin dan tidak nyaman. Modul lunar memang hanya dibuat untuk 2 orang selama 50 jam. Sedangkan mereka harus berada di modul lunar bertiga bersama selama 84 jam. Keadaan ini tentu saja tidak memungkinkan kadar karbon dioksida pun menigkat. Untuk mengatasi hal ini akhirnya mereka membuat sebuah alat untuk menyaring udara. Alat sederhana ini dibuat secara spontan oleh mereka untuk dapat tetap bertahan hidup. Alat yang terbuat dari selotip, kantong pelastik, tabung ruang angkasa serta selang udara yang diambil dari baju mereka ini berhasil menyaring udara dengan baik.

merekapun masuk kedalam sisi gelap bulan untuk memutarinya sampai bumi kembali terlihat dari sisi bulan. Inilah saat nya mereka mengkoordinasi mesin agar dapat kembali kebumi dengan tepat dan selamat karena jika kurang atau lebih beberapa derajat saja mereka akan terhempas keruang angkasa yang dingin dan gelap. Merekapun berhasil memasuki atmosfer bumi dengan modul komando setelah melepaskan modul lunar.

saat modul komando re - entry ke atmosfer bumi, radio terblokir selamat empat menit saat bagian kendali misi melakukan kontak kepada awak pesawat tak ada jawaban sama sekali. Ini membuat mereka serta masyarakat bumi yang turut menatikan kepulangan apollo 13 menjadi tambah resah. Setelah 33 detik awak pesawat baru menjawab dan kemudian modul komando mendarat. Para awak langsung diselamatkan dan modul komando dievakuasi dari laut. semua orang bersorak sambil bertepuk tangan menyaksikannya. Setelah pendaratannya para awak pesawat apollo 13 segera diperiksa medis dan ternyata Freid Heise mengalami infeksi ginjal serta demam tinggi akibat kedinginan dan kekurangan air didalam pesawat. Awak yang lain pun mengalami dehidrasi, kelelahan, juga kehilangan berat badan yang drastis. James Lovell kehilangan berat badan mencapai 6 kg. dan dengan itulah kisah ini berakhir kisah heroik dari para astronot di apollo 13.

"Tuan - tuan suatu kebanggaan bisa terbang bersama kalian"

Jame Lovell

Source

Spoiler for The Crew:
Apollo 13

Spoiler for Explosion:
Apollo 13

Spoiler for Mission Control:
Apollo 13

Spoiler for bahagia:
Apollo 13

Quote:Setiap insiden membawa kita ke yang lebih baik, kalau gak ada insiden2 diatas, mungkin kita gak akan pernah maju seperti sekarang.'
Semoga semua orang yang tewas dapat diterima di sisi-Nya (kecuali Ateis kali yaa Emoticons)

Ane sangat berharap agan-agan yang baca trid ane untuk mengkomen, dan bagi yang komen, ane doakan agar agan menjadi orang yang diberi kebahagiaan oleh Tuhan, Amiin Emoticons
ATSA
Klik gambar diatas untuk mengunjungi B-Log ATSA Kaskus
Source: http://kask.us/hx5HV
Pasang Iklan
close