Bahaya Rokok

EnigmaRumitnya bahasa sandi dari Mesin Enigma
Knowledge - History - Engineering - Entertainment - Film - Technology - Communication - Activity - Controversy - Mystery - Download
Third.Reich
UserID: 3758855
Welcome
Quote:War
Quote:Kala itu dunia sedang dilanda perang, dan tentara NAZI beserta armada U-Boat nya bagaikan serigala di laut, menguasai lautan dengan salah satu kekuatan terbesar yg pernah dimiliki manusia, sebuah kode rahasia yg bisa memenangkan perang. Berlin 1941, 2 tahun semenjak perang dunia II meletus, Jerman bersiap mengirimkan perintah pada semua U-Boat untuk menenggelamkan kapal-kapal perang milik inggris, intelejen inggris berhasil menghadang transmisi radio yg berisikan pesan sandi yg dikirim untuk pasukan Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman) mereka, namun jerman menggunakan mesin canggih yg mengubah pesan yg mereka kirim menjadi sebuah kode yg hampir tak bisa dipecahkan. Mesin ini dikenal dengan nama “ENIGMA”.
Quote:Enigma

Quote:Quote:Enigma
Dengan menggunakan beberapa rotor dan beberapa steker (plug), masing2 huruf bisa diubah menjadi bermacam-macam huruf yg acak. Enigma menggunakan algoritma acak, untuk mengubah kata2 seperti misalnya : “TAG” (dalam bahasa jerman yg berarti : “Hari”), menjadi bermacam2 rangkaian kata yg nampak tak bermakna sama sekali misalnya menjadi : ATG, RTS, IEP, FCT, KSW... Dengan menggunakan mesin Enigma, sekutu sama sekali tak memiliki kesempatan untuk memecahkan kode2 tak beraturan itu, kecuali mereka memiliki buku panduan kode sandi nya (code key) Emoticons.
Spoiler for Code Key:
Code Key Enigma milik Jerman semasa Perang Dunia II
Code Key Enigma

Sementara itu, Enigma memiliki kemungkinan variasi kode sebanyak 159 Quintilion ( diikuti 18 angka nol dibelakangnya ). Sampai pada akhirnya, sekutu berhasil melancarkan operasi militernya untuk merebut Enigma beserta buku “Code key” nya dari tangan jerman dan berhasil memecahkan sandi2 yg mereka kirim. Bisa dilihat di film U-571 gan Emoticons.
Spoiler for U-571:
U-571 Quote: DOWNLOAD

Quote:Enigma pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur jerman “Arthur Scherbius”, mesin ini adalah mesin sandi untuk mengirim pesan rahasia untuk kepentingan negara, dan pada pemerintahan Adolf Hitler, enigma digunakan sebagai alat perang dalam mengirim pesan antara Wermacht(AD) dan Kriegsmarine (AL) jerman. Nama enigma diambil dari bahasa latin “Aenigma” yg berarti “teka-teki”.
Spoiler for Arthur Scherbius:
Arthur Scherbius

Mesin ini memiliki keyboard yg terdiri dari 26 huruf alfabet, panel lampu dengan 26 huruf juga, 3 set rotator, sebuah plugboard dan reflektor (pada berbagai macam varian mesin ini bisa memiliki spesifikasi yg berbeda pada masing2 bagiannya). Pada dasarnya,enigma memiliki mekanisme kerja dimana ketika kita mengetikkan kata pada keyboardnya, maka kata atau kalimat kita tadi akan digantikan dan dienkripsi oleh bagian yg disebut Rotator pada enigma.
Quote:Enigma
Proses enkripsi yg dilakukan enigma adalah proses substitusi, dimana sebuah huruf akan digantikan dengan sebuah huruf juga, dan pergantian ini dilakukan selama beberapa kali. Meskipun hanya dengan sebuah substitusi, sebuah pesan yg dikirim dari enigma pasti akan sulit sekali di dekripsi kecuali menggunakan alat yg sama, dengan pengaturan posisi yg sama, jenis substitusi yg sama dan “code key” yg sama pula. Dan semua proses enkripsi dengan substitusi ini dilakukan dengan Wiring (melalui sambungan kabel).
Quote:Skema Enigma

Quote:Berikut adalah skema bagian dan mekanisme kerja enigma gan Emoticons
Quote:Skema Enigma
Spoiler for Keyboard:
KEYBOARD Quote:Keyboard
Ketika operator menekan tombol huruf ‘T’ pada keyboard maka sinyal elektrik terkirim kedalam mesin enigma dan berakhir pada nyala lampu pada Lampboard.

Spoiler for Plugboard:
PLUGBOARD Quote:Plugboard
Perhentian pertama sinyal adalah pada plugboard. Disinilah sinyal akan dihubungkan dengan input ‘T’ pada plugboard. Beberapa huruf di plugboard akan dihubungkan dengan huruf lainnya, yg mana menyebabkan sinyal akan dialihkan. Jika input untuk huruf ‘T’ tidak terhubung ke huruf lainnya maka sinyal yg kita kirimkan akan diteruskan melewati output ‘T’. Misalnya ketika T dihubungkan ke ‘K’, maka sinyal akan dialihkan ke rute yg baru, jadi huruf hasilnya adalah ‘K’

Spoiler for Static Rotor:
STATIC ROTOR Quote:Static Rotor
Perhentian selanjutnya untuk sinyal kita adalah pada rotor statis, sama seperti namanya, rotor ini tidak mengubah sinyal (sinyal hanya lewat), jadi huruf masih tetep K. Output Rotor statis ini terhubung pada input dari rotor kanan, dan disinilah kerumitan mulai terjadi Emoticons.

Spoiler for Rotor:
ROTOR (Pengacak) Quote:Rotor
Rotor
Rotor

Ada 5 rotor yg bisa digunakan dengan berbagai urutan posisi : Kanan, Tengah, Kiri. Masing2 rotor memiliki inner ring dan outer ring yg berfungsi untuk mengacak sinyal. Outer ring menghubungkan masing2 rotor ke rotor selanjutnya seperti pada inner ring. Inner ring bisa diputar terhadap outer ring yg bahkan bisa menghasilkan kmungkinan substitusi huruf yg jauh lebih banyak lagi Emoticons.

Spoiler for Reflector:
REFLECTOR Quote:Reflector
Reflektor memantulkan sinyal kembali pada rotor. Ada 2 kemungkinan reflektor, masing2 terhubung dengan cara yg berbeda jadi huruf yg dikirim akan diubah menjadi huruf yg berbeda ketika dipantulkan kembali, misalnya, kita menggunakan Reflektor B, yg akan mengubah huruf ‘H’ kita menjadi huruf D.

Spoiler for Reverse:
REVERSE JOURNEY Quote:Reverse
Sinyal yg dipantulkan kembali akhirnya melewati rotor lagi. Jadi huruf ‘D’ melewati rotor kiri dan mejadi huruf ‘G’, dan kemudian melewati rotor tengah dan menjadi ‘R’, yg kemudian melewati rotor kanan dan menjadi ‘W’. Sinyal tersebut tetap tak akan berubah ketika melewati static rotor sebelum akhirnya melewati plugboard, disini sinyal akan ditentukan apakah tak ada perubahan atau apakah huruf ‘W’ tersebut terhubung lagi ke huruf lain atau tidak. Dalam contoh diatas ‘W’ terhubung ke ‘G’, jadi hasil akhir yg kita dapatkan adalah ‘G’.

Spoiler for Lampboard:
LAMPBOARD Quote:Lampboard
Perhentian terakhir adalah lampboard, dimana plugboard terhubung pada lampu indikator yg menunjukkan huruf hasil akhir. Dalam contoh gambar diagram diatas tadi, huruf ‘G’ yg menyala berarti huruf aslinya adalah ‘T’ yg dienkripsi menjadi ‘G’.

Quote:Perang sandi juga terjadi di pertempuran Asia Pasifik. Salah satu yang menjadikan suksesnya serangan pasukan Jepang ke Pearl Harbour karena tentara Jepang memiliki mesin pelindung sandi yang dijuluki "Purple".

Masih ingat kan dengan film Windtalkers yang dibintangi Nicholas Cage. Film sensasional ini menceritakan peran penting satuan khusus pemecah sandi. Agen rahasia Amerika berusaha keras mencari kode pertempuran yang tidak bisa dipecahkan oleh Jepang, sekaligus memecahkannya atas sandi yang dibuat oleh tentara Jepang.

Spoiler for Windtalkers:
Windtalkers Quote: DOWNLOAD

Jawabannya kode tersebut, ada dalam bahasa kuno Navajo. Akhirnya, pihak Amerika mengutus pasukan korps Marinir yang disebut “Windtalkers”. Dengan misi membongkar kode tersebut juga pasukan khusus ini tidak boleh ditangkap dalam keadaan hidup oleh pasukan musuh. Pasukan khusus ini, disebar ke garis depan pertempuran di area Pasifik. Hal ini dilakukan untuk dapat memecahkan kode bahasa rahasia mereka sekaligus mengirim pesan dalam sandi bahasa kuno Navajo.

Bahasa Navajo merupakan salah satu bahasa asli penduduk Indian yang tinggal di sebelah barat daya Amerika. Bahasa Navajo adalah bahasa yang dipakai sebagai sandi yang tak terpecahkan di perang dunia kedua.

Quote:Gimana ? Puyeng gan ? Njelimet ? Emoticons. Kalo gak bikin puyeng gak mungkin mamarika dan sekutu2 nya Stress sampe bela-belain nyuri mesin Enigma dari jerman ketimbang mecahin kodenyaEmoticons kyk yg ditampilkan di film U-571. Bagi agan2 yg pengen merasakan bagaimana menggunakan Mesin Sandi Enigma ini jangan kuatir gan, bisa pake simulatornya, cek link dibawah Emoticons. Barangkali bisa tuh buat sandi kirim SMS ke selingkuhan ente biar gak ketauan Emoticons. Just Kidding gan Emoticons
Quote:Enigma Machine Simulator
ENIGMA MACHINE SIMULATOR

Quote:Film tentang usaha sekutu untuk memecahkan kode Enigma juga bisa dilihat pada film "The Immitation Game" Emoticons
Spoiler for The Immitation Game:
MUST WATCH !! Emoticon
The Immitation Game
Quote: DOWNLOAD

Quote: THE REAL LIVING ENIGMA Emoticon

Enigma Vs Womenigma

Quote:KOMENG KASKUSER
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By version-9.99
enigma iti mesin encrypt sederhana, tp teori algoritma nya yang luar biasa karena bisa pengembangannya tak terbatas... enigma memang awalnya cuma 3 rotor, cm pas dah turring bikin mesin itu udah versi enigma yang paling baru....

mesin turing nggak ndekrip gan...
mesin turring cuma nyari setingan enigma...
jadi gini contoh mudahnya...

contohnys 1 x 2 = 2
setingannya adah 1 huruf aslinya, ? operator alias setingannya, 2 itu reflektor...
mesin turring mencari apakah ? itu d kali, di bagi, di tambah, atau d kurangi...
masalahnya...
kondisi turring saat itu cuma tau x ? 2 = 2...
makanya mesinnya nggak berhenti2, nggak nemu2 cari setingannya...
makanya turing bilang dia butuh kode yang berhasil d enkripsi sebelumnya untuk menemukan setingan ngetiknya...
setelah nemu 1 kata yang udah d di pecahkan, mesinyya turing tinggal mengkomparasi...
makanya kalo di film turing cuma butuh kata "Hitler" untuk menemukan setingan seluruh kalimat...

alias kalo di conto, turring harus tahu kalo 1 ? 2 = 2 agar mesinya bisa menemukan x (kali)...

kalo udah nemu x( kali) alias setingannya, tinggal d cocokin sama book code, terus plugboardnya d sesuaikan ngikutin book code aja buat nemu hasilnya...bahkan anak sd juga bisa kalau udah nemu settingannya...

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Bombe

jerman ya nggak butuh alat kayak turing...
kalau punya alat yang sama, dengan setingan sama...
tinggal colokin aja plugboard...sesuai bookcode berdasarkan setingannya...

kalau rumit2 an ya jelas rumit punya turing mesinya, enigma itu cuma kayak mesin tik di tumpuk tiga~lima dimana setiap pemukul hurufnya mengeluarkan huruf berbeda dan setiap pemukul berhubungan denga pemukul mesin tik lain dan pemukulnya berganti koneksi terus setiap d pencet... mesin sederhana dengan logika yang mengerikan...
ampe butuh mesin serumit mesin turing buat mecahinnya...
kalau jaman sekarang, mungkin enigma nggak cuma 5 rotor, tp bisa jutaan rotor, muternya nggak searah jarumjam, tp berputar ke arah berlawanan dan berubah2 arahnya, nggak cuma 1 node, tp bisa ribuan node...
kalau turing machine sekarang jadi memory writer d komputer, teori enigma benar2 mustahil d pecahkan bahkan sama manusia...

tp ane masih jijay sama filmnya...lakonya MAHO!
:hueeeekkk...
nyesel ane nonton filmnya...

awas maho detected!

Quote:Original Posted By version-9.99
oooh...
liat d simulasinya ane ngerti gan...
intinya ada 4 piringan di setiap piringannya itu ada huruf dan setiap huruf yang jadi inputan ke piringan tersebut sudah ada fix huruf enkripsinya...
setiap huruf ada di setiap node...dan setiap node sudah fix terinkripsi ke node piringan lain...

setiap 1 huruf yang diinputkan maka piringan pertama akan berputar searah jarum jam, dan jika piringan pertama sudah berputar 1 putaran penuh maka piringan kedua baru bergerak, dan sama seperti piringan kedua, piringan ketiga akan bergerak jika piringhan kedua udah 1 rotasi...kayak spedometer...tp piringan terakhir atau reflektor nggak mungkin berputar.

yang membuatnya rumit:
1. setiap kali piringan berputar, enkrpsi hurufnya tetep, tp nodenya ikutan geser, makanya kalau awalnya A itu P, AA bisa jadi PK bukan PP, tulis SEND jadi JIPM, tp nulis SENDSEND jadi JIPMTCYO bukan JIPMJIPM

2. ke tiga piringan bisa d setel start hurufnya apa, jadi kalau nggak tau start hurufnya setiap piringan d mulai dari apa ya nggak mungkin d pecahin.

3. setiap piringan bisa d tuker2, jadi kalau nggak tau urutan piringan buat nulis code ya juga nggak mungkin d pecahkan...

ajaib bener bisa bikin kaya gini ya...tp ane yakin...otak orang sekarang bisa bikin yang lebih rumit dari ini...

Quote:Original Posted By MikeRaven
Memang rumit banget gan kode Enigma.
Dulu Amerika juga susah payah memecahkan kodenya.
Itu pun kodenya pecah gara2 Amerika berhasil mencuri 1 buah mesin Enigma.
Klo kagak, udah Jerman negara super power di dunia.
Btw, harus ane akuin, Jermas pas PD II walau sadis tapi ada sisi kerennya.
Mulai dari seragam militer, kepangkatannya, disiplin tentaranya yang terkenal tinggi (terutama korps SS), dan divisi lapis baja (panzernya) dengan manuver taktik blitzkrieg.
Cuman ya itu tadi, kerennya ketutup ma kekejamannya Emoticon

Quote:Original Posted By robotgoblog
Sebenernya untuk ukuran enkripsi, enigma nggak terlalu 'rumit' yang bikin rumit adalah keycode-nya yang dibuat selalu berganti-ganti setiap 18-24 jam. Jadi yang nyoba mau mecahin kode enigma harus bisa memecahkan kode sebelum keycode-nya berubah.

Quote:Original Posted By moddean
yg udh nonton the imitation game pasti paham nih Emoticons
lewat pemecahan kode enigma ini oleh dr. alan turring dkk, katanya bisa memperpendek perang dunia kedua tsb dan menyelamatkan ribuan nyawa
dan mesin pemecah enigma ini pun katanya disebut cikal bakal ditemukannya komputer
yg blm nonton rugi Emoticons

Quote:Original Posted By blacknorton
Kalo ente ga ngasih KEY(Kunci)-nya ga bisa dipecahin gan walaupun punya mesinnya. Jadi untuk proses dekripsi kita harus tahu kunci enkripsinya.

Klo mesin yang alan turing temuin itu dia cuma nyari pengaturan/setting kunci mesin enigmanya gan. Klo kita udah tahu kunci/pengaturannya tinggal kita masukin pesan enkripsinya, udah langsung terdekrip. makanya di film waktu mesin(christoper)nya berhenti si turing balik lagi ke mesin enigma. Dan dia udah dapet pengaturannya lewat Christoper.

Quote:Original Posted By ngalamers80
Mantap Banget Gan Ilustrasi ENIGMA nya..
Gw Akui teknologi Jerman memang selangkah lebih maju dari sekutu di tahun itu. kalo gak cepet2 dipecahin mungkin gak ada kapal2 Sekutu yang lalu lalang di laut baltik gara2 di torpedo U-Boat yang pake kode ENIGMA

Thx Gan buat ForumnyaEmoticons

Quote:Original Posted By elharits
INDONESIA juga punya bhs sandi gan..waktu jaman penjajahan para pejuang pd gunain bahasa walikan gan biar ga ktahuan ma kompeni . Emoticon

Quote:Original Posted By rehancr007
waah gan ane belajar soal cipher&code semenjak tiba tiba buka artikel ngasal tentang perang dunia 2, kebuka tentang enigma.

nyari artikel terkait susah banget gan, eh agan satu ini baik banget ngejelasin sampe detail2nya, hahaha makasih banget gan toppp.

tapi kebetulan hebat banget gan, 2 hari setelah ane mulai belajar cipher, eh ada film the imitation gameEmoticon

Quote:Original Posted By fazafazafaza
yang amerika curi dari jerman itu baru mesin encrypt nya enigma, bukan decrypt nya..
jadi mereka masih perlu mecahin gimana cari decrypt itu enigma, dan code key untuk decrypt itu berubah-ubah tiap hari. ini yang bikin sangat susah buat dipecahin, karena kalau dalam sehari ga ketemu trus code key nya ganti lagi yaa berarti mesti ulang dari awal Emoticons
nah itulah fungsi dari alan turing di film imitation game, dia menciptakan cristopher machine buat decrypt enigma..
kalo bahasa kerennya yang dilakukan alan turing ini disebut reverse engineering.. Emoticons

salam maho Emoticons

Quote:Original Posted By supayss
Keren thread nya. syg nih ane blm nonton film Imitation gameEmoticons. btw, ane jd inget film tv series White Collar, di Season 3 nyeritain Harta Karun Nazi di U-Boat, tp utk masuk kedalam kapal U-Boat itu harus pecahin kode macem Enigma

Quote:Original Posted By ocat
Para pemirsa, harap segera nonton film imitation game.. baru dah ente2 ngerti susahnya mecahin enigma.
Ane aja sampe kecepirit mecahinnya. La wong tiap 24 jam brubah trus..

Quote:Original Posted By rikyjohanes
Buat mesin enigmanya sih ane bisa gan..
cuma nempah rotornya dimana ?
kalo pake rotary sih bisa tapi setinganya ampe 30 rotor..
tapi yang hebatnya adalah idenya gan..

Quote:Original Posted By _sEn_
dibalik sikap dan sifat kejam adolf hitler, tersembunyi figur yang memenuhi figur ayah buat negaranya.
no wonder nazi jadi yang terkuat dan terhebat pada masanya.
sekutu vs 1 bangsa.

dan adanya enigma code jadi salah satu bukti betapa hebatnya orang ini.
sayang aja gara2 kekejamannya, historinya jadi aib.

Quote:Original Posted By amaliauki
wah mumets gan, enigma ini ada penjelasan dibeberapa matakuliah ane eh apa mesin turingnya ya Emoticons
kecerdasan buatan, teori bahasa dan otomata sama pengamanan sistem komputer. semuanya sukses bikin nyut-nyutan Emoticons

Quote:Original Posted By aji.wardaya
U-571 belum pernah nonton gan Emoticons
Windtalkers kayaknya pernah liat Emoticons
The Immitation Game kayaknya bagus Emoticons
Tp kalo The Battle Of The Atlantic ane pernah Emoticons disitu juga membahas sandi dari mesin Enigma
Maklum lah gan, ibu ane guru sejarah, film dokumenter di PC banyak gan Emoticons

Quote:Original Posted By rakelijo
Alan Mathison Turing
Alan Mathison Turing

Ane dulu sering baca buku biografi tokoh sains, salah satunya ya nih orang.
Emang jago nih orang, bisa memecahkan kode enigma.
Tapi sayang nasibnya tragis, nih orang dianggap kriminal oleh negaranya sendiri, Inggris, karena doi seorang homoseksual yang akhirnya doi memutuskan bunuh diri
CMIIW

btw, nice trit gan Emoticon

Mein Kampf
Enigma, Mesin Kode Rahasia Tersulit Milik Nazi Waktu Perang Dunia
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/537d95616807e7cf538b4634/rumitnya-bahasa-sandi-dari-mesin-enigma Category:
Best Article
Pasang Iklan
close