Bahaya Rokok

Puskesmas Hemat

[SHARE] Pengalaman Pribadi, Berobat di Puskesmas

Tags: Knowledge - Medicine - Lifestyle - Health - Activity - Inspiring - Funny
King.Cai
UserID: 2497626
Puskesmas Hemat
Ilustrasi

Hlo gan, Ane mau numpang bikin trit geje Emoticon
Ini cerita berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi ane pikir, ga ada yang dirugikan karena cerita ane. Ok, langsung cekidot…

Quote:
  • Waktu kejadian ; pertengahan des 2013 (ane lupa tanggalnya), sekitar jam 1 siang
  • Lokasi kejadian : Pondok Pinang, Kebayoran Lama
  • TKP : Restoran/Warung makan (sensor), Puskesmas Pondok Pinang
  • Pemeran : Ane, cewek ane, dokter puskes, officer puskes

Quote:Jadi ceritanya waktu itu ane sama cewek ane lagi makan siang. Saat itu, kita ngobrol sambil makan. Karena kita ada rencana nikah tahun ini (2014), maka topik obrolan ane sama cewek ane sering sekali berkaitan dengan rumah tangga dan perencanaan kekuangan.

Karena topiknya mengenai perencanaan keuangan, dan cewek ane ini termasuk tipe cewek yang ketat banget soal duit. Ketika ane bilang setelah nikah ane akan kasi dia uang saku untuk dirinya dan keperluan rumah tangga sekian-sekian, eh dia langsung koreksi pernyataan ane. Menurutnya, ane terlalu berlebihan. Dia ternyata ud punya plan sendiri dan bahkan dia ngeluarin catatannya dan dikasi liat ke ane.Intinya, ane berbeda pendapat sama cewek ane ini soal perencanaan keuangan. Ane ngalah dah, karena plan cewek ane lebih hemat, bahkan jauh lebih hemat dari plan ane.

Skip, abis makan siang ane bilang mau mampir ke RS bentar karena ane ngerasa kurang enak badan. Sejak pagi rasanya otot2 ane sakit, dan ane ngerasa sedikit demam. Pas bilang gitu, cewek ane malah nanya apa ane pernah ke Puskesmas?ane jawab, terakhir kali ke Puskesmas rasanya waktu ibu ane bawa ane buat imunisasi. Sejak itu, setiap sakit ane selalu ke dokter, entah di klinik atau RS. Dapat jawaban itu, cewek ane ngomong,.. coba sekarang ke Puskesmas aja. Ane jawab rada nolak. Soalnya terus terang, ane rada kurang percaya sama pelayanan di fasilitas umum punya pemerintah gitu. Tapi cewek ane kekeuh maksa, biar hemat katanya, ya apa boleh buat deh ane ngikutin aja.

Ternyata eh ternyata, cewek ane udah tau bahwa di dekat tempat kita makan itu ada puskesmas. Deket banget, cuma nyebrang doang. Pas waktu pertama masuk, ane liat ni puskes sepi2 aja. Ada loket untuk mendaftar, tapi ga ada orang?pikir ane lagi pada makan, atau malah udah pada pulang?ya ane kebayang langsung kebiasaan para PNS yang doyan pulang cepet. Pas lagi clingak-clinguk di loket, trus ada seorang petugas puskes masup ke loket. Dan rupanya dia baru slesai solat katanya.

Skip, ane dikasi nomor dan disuruh tunggu. Di dalam puskes, pasien yang ada saat itu rasanya Cuma ane seorang, soalnya ane ga liat orang lain. Heran juga napa ane disuruh nunggu?mungkin dokternya belum datang pikir ane. Di ruang tungu itu, ada tulisan “Free WiFi”, tapi ane ga tertarik nyoba. Tp dalam hati ane bilang, keren juga puskesmas ada Wi Fi nya. Ga lama nunggu, ane disuruh masuk ke ruang dokter. Di dalam, dokter cek tensi, terus tanya2 apa keluhan ane. Ya ane jawab apa yang ane rasain. Abis itu, dokternya nulis resep gitu, dan dikasih ke ane. Dia bilang tukarkan resep itu ke loket di depan. Dalam hati ane bilang, udah gitu doang?ga ada suntik menyuntik atau apa??he he he…

Ya sudah, lsg ane datengin loket tempat nuker obat. Tapi ane liat ga ada orang juga disitu. Eh taunya, petugas yang tadi kasi nomor ke ane, masuk ke loket farmasi. Dia minta resep yang ane punya, terus dia kasih ane beberapa obat. Dalam hati ane berpikir, ni orang kerjanya double2?lucunya, pas ane mau bayar di loket dimana ane dapat nomor tadi, tu petugas puskes balik lagi ke loket awalnya Emoticon

Ane Tanya, berapa bayarnya. Sebelum dia jawab, ane udah memperkirakan biaya yang bakal ane keluarkan. Ane dapat klo ga salah 4 macam obat untuk dihabiskan sekitar 3 hari. Dan karena ane tau berapa kisaran biaya berobat di klinik dan RS, ane keluarin dompet. Lalu ketika petugasnya jawab biayanya, ini bikin ane kaget karena nominalnya….

Spoiler for biaya berobat:

Puskesmas Hemat
Ya bener, biayanya Cuma 2 ribu doank. Emoticon

Sedikit kaget dan kurang percaya, ane pun melongo. Ane sudah membayangkan biaya yang mahal seperti ane berobat di tempat biasa. Tapi ternyata ane Cuma dikenai 2 ribu doank. Klo Cuma dua ribu, ga perlu ambil dompet, di saku baju ane ada duit segitu

Pulang dari puskes, ane diskusi lagi sama cewek ane. Sekarang ane sadar kalau selama ini rupanya ane cukup-terlalu boros. Untuk soal medical saja, ane ga paham bahwa ada Puskesmas yang bisa menjadi alternative untuk berobat dengan biaya murah.Bahkan cewek ane bilang, kalau nunjukkin KTP DKI, bisa gratis Emoticon

Ternyata, persepsi negative ane mengenai tempat pelayanan umum milik pemerintah selama ini sebagian salah. Ane pikir, pajak yang ane bayarkan ke Negara, sudah dimanfaatkan salah satunya untuk mensubsidi obat2 an yang ada di Puskesmas. Kalau dibandingkan dengan klinik apalagi RS, sangat impossible beli obat segitu Cuma bayar 2rb. Bahkan ane pernah nganterin cewek ane cek up dan konsultasi ke dokter kandungan di salah satu RS di Bekasi, ane bayar sekian-ratus ribu. Cuma ngobrol2 doang, ga ada 10 menit.ga dikasi obat, ga dikasi resep Emoticon

Dan dengan pengalaman ini, ane jadi semakin sayang sama cewek ane. Karena dia pandai banget ngatur keuangan, padahal dia berasal dari keluarga cukup berada, tapi bisa seperti ini. I love you honey Emoticon

Kedepannya, ane harapkan bakal ada peningkatan lagi kinerja dari para PNS di sector pelayanan umum seperti ini Emoticon

Nah, sgitu doang trit geje ane gan. Maaf klo kepanjangan, Emoticon
Thanks untuk yang udah baca Emoticon
Oh ya, hasil dari minum obatnya lumayan gan. Belum ada 2 hari, sakit ane udah mendingan. Dan setelah merasa cukup sehat, ane stop minum obatnya Emoticon

Update

Ternyata banyak juga diantara kaskuser yang belum tau kalau berobat di Puskes biayanya murah, semoga trit ane bisa menginspirasi agan2 sekalian yang punya budget terbatas ketika sakit, jangan ragu datang ke puskesmas Emoticon

komeng dari salah seorang yang kerja di Puskes

Quote:Original Posted By to2zick
ane kerja di puskesmas gan..suasananya persis kek TS ceritain..soal biaya, di tempat ane gratis kok, cuman modal ktp/kartu keluarga/jamkesmas/jamkesda
jangan pandang enteng obat generik gan, banyak yg ragukan kemanjurannya padahal obatnya sama dengan yg biasa diberikan dokter2 yg biasa praktek di klinik

ane awalnya ragu ama obatnya gan, tapi ane bisa sembuh juga gan Emoticon. Ini bisa dibilang testimoni Emoticon

Quote:Original Posted By lazaruschild
Pengguna jasa medis klo udah kyk gini aja seneng. Kalo salah dikit wuih bs dihujat terus2an kayak dikit2 bilang malpraktik tanpa tau artinya apa dan sebabnya knapa Emoticon

Rakyat sehat sejahtera tp mungkin tidak bagi para petugas medisnya. Kalo yg ini mungkin cm tmen2 dokter ato perawat ato petugas medis lainnya yg tau Emoticon

Pendapatan visite saya per pasien ga lebih dari 3x biaya parkir mobil di jawa timur. Dan itu aja kadang nemu pasien yg songong dan gak tau diri. Ada yg kaya raya tp minta jamkesmas / gratis. Ada yg keliatannya miskin tp malah minta kelas vip dan eh sanggup bayar. Miris hati saya Emoticon

Mereka ngomongin kita macem2. Money oriented lah. Gak kompeten lah. Gak peduli pasien lah.

Lah anda2 yg merasa pernah berobat ke rs / puskesmas padahal kaya tp minta kelas jamkesmas / gratis itu apa? Oh saya tidak mengada2 karena pasien demikian emang beneran ada dan bahkan mereka menunjukkan itu dengan pake kalung dan gelang dan cling2 selama pendaftaran pasien baru Emoticon

Sejak lebih dimurahkannya biaya berobat dan biaya jasa medis lainnya, jumlah pasien jauh meningkat banyak. Ini wajar karena mereka memanfaatkan momen ini untuk berobat / periksa kondisi kesehatan. Yg mereka tidak tahu adalah kapasitas tenaga medis terbatas setiap harinya.

Tau dong pasti kalo supermarket bikin diskon gede2an yg paling rame dan antre di bagian apa? Yup di bagian kasir. Itulah yg terjadi pada kami, petugas medis yg melayani masyarakat tp entah kenapa kami tidak begitu dihargai di mata anda sekalian padahal anda sekalian membutuhkannya Emoticon


sabar gan, setiap profesi pasti ada tantangannya, termasuk profesi yg nte jalanin sebagai petugas medis. Nte setelah memutuskan memilih profesi sebagai petugas medis (pelayan masyarakat), nte kudu siap dengan semua resiko nya. Resiko itu ada yang enak, ada yang kurang enak.

di dunia ini, hal yang paling mudah dilakukan setelah membalik telapak tangan adalah, "menyalahkan orang lain" gan Emoticon. Semoga, dengan adanya share ini, bisa sedikit merubah persepsi orang terhadap para petugas medis (khususnya), dan para pelayan masyarakat lain (pada umumnya). Yang penting, kita dimanapun, profesi apapun, kerja sepenuh hati dan sesuai prosedur yang ada. Percayalah, ga akan sia2 orang yang melakukan sesuatu sepenuh hati Emoticon

----------------------------------------
Buat ente2 yang nanya kenapa ane ngajak cewek ane ke dokter kandungan, nih ane jelasin. Tujuan ane sama cewek ane itu mau cek kesehatan organ reproduksi, tes darah apakah punya penyakit menular, lalu tes kesuburan apakah kita bisa memproduksi anak, begitu. Jadi jangan pikir macam2, lagian hari gini udah biasa pasangan mau nikah periksa ke dokter dulu, untuk memastikan bahwa keduanya sehat. Kalau ada apa2, lebih baik kalau sudah diketahui lebih awal bukan?

Quote:Update komeng agan2 yang juga sudah pernah berobat ke Puskesmas Emoticon

Spoiler for Puskesmas:
Quote:Original Posted By shopatwoola
Pelayanan kesehatan dari pemerintah mmg meningkat gan, ane sering periksa gigi di puskesmas, kualitasny gajauh beda kok dgn dari dokter, malah jauhhhh lebih murah Emoticon

Quote:Original Posted By dayatdini
Again dateng siang, coba dateng Pagi, bisa dapet bubur kacang hijau gratis...

Quote:Original Posted By indanaz
puskesmas emang paling top gan..
keluarga ane kalo sakit pasti ke puskesmas dlu,
sayangnya jam puskesmas buka singkat bgt gan,,
jam8 mpe jam2 siang,
klo ane gak ada waktu ya di dokter biasa gan, mahaaalll...
puskesmas di kampung ane jg murah n manjur gan..
cabut gigi di pos gigi cm 10rb... Emoticon

Quote:Original Posted By clecofast
keren gan ane juga klo sakit sih ke klinik yang ada di jpk karna ane pekerja gan tapi klo pun ga disitu ane demen bgt ke puskesmas Emoticon
ane bantu rate five gan hhe

Quote:Original Posted By upuX
emang gitu gan, kadang malah obatnya ga usah bayar karna kita udah bayar pas pendaftaran, tp kl mau cabut gigi susahnya minta ampun Gan, yang kl di klinik2 bisa sekali kunjungan di Puskesmas bisa dikunjungan ke4 baru tuh gigi dicabut. jd bisa sebulan baru dicabut.. Emoticon

kl mau kedokter umum di puskesmas jangan pake Jamsostek, nnt diketawain sama petugasnya, lah wong ga sampe 5.000 buat berobat.

udah dulu ya ane mau pulang kerja nih

Quote:Original Posted By aryocabe
Imunisasi anak ane juga di posyandu gan, gratis, he2.. obatnya sama aja kaya di rs gede..

Quote:Original Posted By ikan.pauss
wah agan baru tau ya kalo berobat d puskesmas murah bgt?
terlebih klo agan berobat di puskesmas dmna rumah ente satu rayon sama puskesmas tersebut. ente cukup daftar tunjukin ktp dan gratiiiiiis tis gan Emoticon
persoalan knpa yg jga cuma satu org, loket jg bag. farmasi nya, bisa d karenakan buln desember kan lg bnyak2 nya yg cuti dan libur, biasanya d pelayanan umum macem bgitu diadakan piket. jd yg jaga ga semuanya, dan giliran untuk hari brikutnya. ini pengalaman ane jg gan sbg farmasis yg lumayan tau macem bgituan. cmiiw Emoticon

Quote:Original Posted By inayram
wakaka puskesmas di deket rumah ane juga gitu gan, cuma ditanya sakit apa, trus dikasih resep, trus kasih resepnya ke loket, trus obatnya dikasih. selesai deh Emoticon
bayarnya juga cuma 2000 Emoticon

Quote:Original Posted By obul333
wah iya gan kemaren ibu ane berobat dari puskesman cuman bayar 2k alias 2 ribu doank
Emoticon

tapi resiko berobat di puskesmas ngantri
kalo mau gk ngantri datang pagi"

Quote:Original Posted By Ade_Passau
emang murah, sebenarnay ktp DKI kalo mau gratis harus lampirin KK. tapi buat apa sih cuma 2000 doang dibandingkan kesehatan kita. kalo saya sering di puskesmas sukabumi selatan kebayoran lama. pegawainya dan dokternya ramah2 lho, malah sering diajak cerita saya.

anda tau, perubahan birokrasi selama jakarta baru berperan besar lho padapelayanan puskesmas. termasuk bangunan puskesmasnya dipugar habis2an. btw ente minum obatnya sampe habis gak, kadang saya bingung itu obat dikasi banyak amat...Emoticon

Quote:Original Posted By hadigituloh


walah di tempat ane malah gratis gan...

Quote:Original Posted By butiksyahra
sodara ane cabut gigi dll cuman bayar 50 rebu

Quote:Original Posted By art.theatrisic
baru aja kemaren ke puskemas.,

ngecek gigi., abis 28 rebu.

gak tau deh kalo ke dokter gigi., Emoticon

Quote:Original Posted By ball.id
di ane gratis gan

Quote:Original Posted By yayang3399
klo ane punyanya pengalaman negatif,murah sih 5000 perak (2012 di jogja),ane demam tinggi
ane : dok saya perlu tes darah?
dokter : ngga,gpp ko
tapi ane ga sembuh2 Emoticon
2 hari kesitu lg ane minta tes darah ternyata DBD
Emoticon
semoga cuma ane yg punya pengalaman jelek

Quote:Original Posted By michi0090
ane jg dulu kaget gan.

ane perna cobain ke puskesmas . pas di loket ditanya mao yg 2rb ato yg 5rb, dalem hati 'wow murah bgt'. ane pilih yg 5rb, setelah ngantri ketemu dokter ditawarin mao suntik ga,ane ga mao jd cm diperiksa ama dikasi resep.
pas tebus resep ane kaget lg ternyata gratis gan,jadi 5rb ud termaksud obat. wow murah bgt.. ternyata masi ada biaya berobat murah.
tp ane ogah balik lg soalnya ditempat ane puskesmasnya ngantri nya panjang.

Quote:Original Posted By miss.kucin9
wah ane dulu juga kalo sakit seringnya ke puskesmas gan, selain murah obatnya juga manjurr kok Emoticon
malah kadang pas pulang dikasih garem dapur Emoticon

Quote:Original Posted By tarnoid
kalo ane dulu gini
ane daftar di loketnya ( kalo udah sering sih tinggal nunjukin kartu berobat ) setelah daftar langsung bayar gan..5rb doang.setelah bayar ane ditanyain mau ke dokter umum apa dokter gigi ( kalo ane sih umum )..nah ambil nomor terus tunggu deh

akhirnya ane dipanggil ke ruangan dokternya...gak beda jauh lah sama ts pemeriksaannya...setelah dokter nulis resep disuruh ambil obat....tapi ambil obatnya gak dipungut lagi gan ( mau separah apapun sakitnya tetep gak dipungut biaya )

itu pengalaman ane gan...

Quote:Original Posted By B.E.M.Z
wah puskesmas ya Emoticon
kebetulan ane juga kerja di puskeamas gan
emang gratis sih
obat nya juga menurut ane emang bagus ko ga ada bedanya
Emoticon kalo ga mau ngantri coba hari sabtu gan biasanya pasien dikit
tapi kalo hari senin sih jangan harap bisa ga ngantri
paling dikit di tempat ane juga 100 orang yang berobat kalo hari senin

Quote:Original Posted By misscetar
Kalo sekarang rata2 puskesmas di Jakarta udah gratis total gan, cukup tunjukin KJS (Kartu Jakarta Sehat).. Oiya, buat penanganan di poli gigi masih ada yg kena charge tapi gak semahal biaya kalo kita ke klinik gigi swasta.
Thanks to Jokowi - Ahok Emoticon

Edit (tambahan) :
Kalo stok obat yg dibutuhin pasien gak ada/habis, dokternya gak segan2 ngasih resep lagi buat ditebus di apotik dan sekali lagi ini GRATIS (pengalaman pribadi), coba bandingin kalo agan/aganwati berobat ke RS swasta, pasti kena charge lagi.. Emoticon

Quote:Original Posted By Anmotion
ane jg sering ke puskesmas gan klo ngerasa sakit,,, padahal ane udah diasuransikan, sayangnya ane di roling ke daerah yg ga ada di list rumah sakit rujukan asuransi ane. di puskesmas obatnya gratis 2000 cuman pendaftaran doank klo yg ga punya ktp domisili berbeda, soal obat kayaknya untuk penyakit ringan sama aja deh dengan rumah sakit. satu lagi gan bagi agan2 yg jomblo dokter2 sono muda2 loh yg cowo bisa liat dokter cewe yg muda cantik dan berjilbab yg cewe bisa liat dokter cowo yg ganteng2

Quote:Original Posted By Badvriel
ane juga suka tp gigi..
cuma 6ribu Emoticon

Quote:Original Posted By uum12345
Ane nambal gigi di puskesmas belakang rumah ane, gak ngantri cukup tertip dokternya lulusan UGM, baik banget & ramah, yang paling nyenengin muraaah banget , nolong banget ada puskesmas harapannya lebih di komplitin pelayanannya.

Quote:Original Posted By MyNameIsGie
Sebenernya kalo agan punya KTP wilayah setempat pasti dapet gratis gan..
namanya juga dibiayain pemerintah semua..
dan untuk pengadaan obat otomatis hanya obat generik jadi kayak batuk,pilek demam, obatnya : 1 jenis buat batuk, 1 jenis buat pilek dan 1 jenis buat demam jadi kesannya byk..tapi no problemo lah gan coz emang generik ga ada sediaan campuran..
kalo obat paten (merk) ga ada di Puskesmas, kecuali pasien mau mbayar/nebus obat itu hehe..
karena obat paten itu misal batuk,pilek,demam udah di kombinasi dalam 1 obat,emang ada harga yg harus d bayar..
tapi tenang aja komposisinya ga jauh beda ama generik...hanya lebih di simplekan jadi 1 obat..

Quote:Original Posted By sandlep
ane pernah nemenin mantan ane dulu pas dia cabut gigi ke dokter langganan dia, kalo ndak salah, bayar 500rb..

kemaren ane cabut gigi di puskesmas, cuman bayar 14rb..
Emoticon

Quote:Original Posted By joker.huhuhoho
emak ane kerja di puskesmas gan.

tapi selama ane ke puskesmas (entah anter - jemput atau sekedar minta uang dan makan) ya gan, puskesmasnya itu jarang banget sepi kok.
memang sih, yang dateng (maaf) kalangan menengah kebawah kebanyakan.

tapi kalo misalnya semua dokter kerja di rumah sakit, siapa dong yang mau ngelayanin masyarakat menengah kebawah?

Emoticon Emoticon Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By Innoncent
emang d puskesmas enk gan pelayanannya gak ribet.. meskipun d puskesmas tetep aja gan yang nanganin sama2 dokter. klo d puskesmas bsa murah gk harus k praktek dr umum kan..

pernah gan ane nganter nenek ane ke rumah sakit k dr spesialis pnykt dlam dikasih resep ampek 10 macem obat n ada obat yg beliny paje resep umum g ditanggung pemerintah.

Quote:Original Posted By Ekido
Paling mahal ane ke puskesma itu kena 10ribu gan, itu juga buat tambal gigi, yang lain sering gratis

Quote:Original Posted By namenouse
gw tambal gigi cuma 50 rb, kalo di dokter bisa sampe ratus ribuan Emoticon

So, jangan ragu untuk datang ke Puskesmas kalau nte sakit dengan gejala cukup ringan. Kalau berat sekalipun, sebenarnya mampir puskesmas dulu ga ada masalah, nanti disana dikasi rujukan kalau seandainya mereka ga bisa tangani. Emoticon

Pengalaman Lucu Hematnya Berobat di Puskesmas
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/52c66b19bccb178c178b4645/share-pengalaman-pribadi-berobat-di-puskesmas Category:
My Story
Pasang Iklan
close