Bahaya Rokok

Dokter Hewan

Smile [SHARE] Kenapa ane memilih untuk jadi dokter hewan

Tags: Knowledge - Medicine - Biology - Lifestyle - Education - Animal - Health - Activity - Inspiring
yeansmartboy
UserID: 2274612
Welkom to may trid
buat semua penghuni Lonj dan kaskuser yg nyasar di trid ini

Dokter Hewan
Mendengar kata "dokter hewan" pasti yang ada didalam pikiran orang dokter hewan itu jorok, kumuh, mainnya ke kandang, ngurusin kutu, feses (poop/kotoran /eek/tokay/taek) bau dan lain-lain. Dan buat para calon dokter hewan pasti pertanyaan ini udah gak asing lagi,

Quote:"Kenapa sih pilih dokter hewan? kenapa gak dokter umum aja?"

Quote:"Mau jadi apa kamu nanti kalau ambil FKH?"

Memang tidak sedikit orang Indonesia yang memandang profesi ini sebelah mata. Sebenarnya ane miris mengetahui dan mendengar perkataan itu.

Ada beberapa alasan yang mendorong ane untuk menjadi seorang dokter hewan. Pertama, saat ane duduk di bangku SMA ane bingung menentukan jurusan apa yang akan ane pilih.

Kebetulan ane seneng ama hewan, dan ane ingin jurusan yang lapangan pekerjaannya masih luas. Karena setahu ane sekarang ini banyak sarjana yang menjadi pengangguran atau bekerja tidak sesuai jurusannya. Oleh karena itu, profesi dokter hewan merupakan pilihan yang tepat menurut ane. Hal itu tidak menutup kemungkinan karena dokter hewan di Indonesia sangat kekurangan, apalagi di luar pulau jawa.

Dokter Hewan
Alasan yang kedua ane ingin menjadi dokter hewan karena ane merupakan tipe orang yang nggak tegaan pada sesuatu, termasuk jika melihat hewan-hewan yang sakit. Dan itu memang tugas seorang dokter hewan untuk menyembuhkan hewan-hewan yang sakit.

Tidak hanya mengobati hewan, dokter hewan pun sangat berperan dalam masyarakat, Seperti yang saat ini sedang ramai, ada penyakit flu burung, ebola, antrax, flu babi. Itu adalah beberapa contoh dari zoonosis. Heran kan, justru kebanyakan penyakit yang ada dimanusia berasal dari hewan.

Dokter hewan punya andil dalam menangani kasus ini, yang sangat berhubungan dengan hidup manusia dan kesejahteraan manusia. Pemeriksaan daging, susu, telur, dan semua produk dari hewan yang dikonsumsi oleh manusia harus berada dibawah pengawasan dokter hewan, demi kelangsungan hidup manusia yang sehat. Disinilah letak tugas dokter hewan yang banyak disepelekan oleh khalayak umum.

Dokter Hewan
Pemikiran ane lebih terbuka lagi ketika telah berada di kampus ane sekarang ini. Ternyata begitu banyak pilihan pekerjaan dalam profesi kedokteran hewan.

Bidang pekerjaan dalam dokter hewan meliputi dokter hewan praktisi, dokter hewan di peternakan, rumah potong hewan, dokter hewan konservasi, dokter hewan perunggasan, dokter hewan satwa liar, dokter hewan pada industri pakan, pengawas ekspor impor hewan/produk asal hewan, bidang farmasi, kementrian peternakan, peniliti, PNS, mantri hewan, inseminator, dosen, dll.

Dokter Hewan
Dan memang ternyata dokter hewan menurut ane lebih hebat dari dokter umum. Dokter umum hanya mempelajari 1 spesies saja, sedangkan dokter hewan harus mempelajari beratus-ratus atau bahkan beribu-ribu spesies yang ada di muka bumi. Lalu jika pasien datang, dokter umum hanya tinggal bertanya "Ada keluhan apa?" , "Mana yang sakit?" . Coba bayangkan dokter hewan, dokter hewan harus sudah tau apa yang dirasakan pasiennya tanpa bisa banyak berkomunikasi.

EmoticonEmoticonEmoticon
Dan yang paling penting menurut ane pribadi adalah manusia sebagai makhluk tuhan nggak hidup sendirian, kita hidup dengan hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu kita harus saling menjaga dan merawat, kita butuh hewan dan begitu pula sebaliknya.

Tugas dokter hewan itu adalah profesi yang mulia, banyak dari kami yang berangkat dari hati, berangkat dari kepedulian kita terhadap sesama makhluk hidup, kami tidak semata-mata mengejar materi tetapi kami mengabdi.

Dokter Hewan
Quote:Quote:Original Posted By mereneheze
whaa.. dokter hewan... pasiennya bugil semua..
Emoticon

Quote:Original Posted By majhulah
temen ane juga masuk FKH sekarang jadi PNs Emoticon

Quote:Quote:Original Posted By drivetortion
Tidak ada yang salah kok gan dengan profesi anda, selama itu memang positif, halal, dan barokah tentunya, baik buat agan nya sendiri maupun buat keluarga agan. Yang salah itu justru kalau ada orang yang (bisanya dan taunya) cuma mengejek dan membanding-bandingkan antar profesi.

bener gan,,
ane pernah kesel banget waktu dirumahsakit, pas lagi masuk UGD ane sambil diperiksa ditanya sama dokter:


DR: masnya kuliah udah semester berapa?
ane: semester 8 dok, udah mau lulus
DR: oh, yang bener ya belajarnya, emang jurusan apa?
ane: kedokteran hewan
DR: kok ngambil jurusan gituan, kenapa nggak kedokteran umum aja sekalian, sama2 mahal kuliahnya tapi hasilnya (duit) lebih keliatan,,,
ane: kebetulan ane dari kecil emang sayang sama hewan, jadi keterusan sampe gede,,
DR: ah apa gunanya, jarang dibutuhin, yah kalopun dibutuhin dikit banget, sepinter2nya dokter hewan, kalo sakit berobatnya ke dokter manusia juga kan?
ane: Emoticon

Quote:Quote:Original Posted By nachappa
itu cita-cita ane banget gan jadi dokter hewan Emoticon
sayangnya bokap gak ngebolehin dan ane terdampar jadi mahasiswa kedokteran gigi Emoticon
bukannya ane gak bersyukur gan jadi calon drg, cuma rasanya sedih aja gan udah ngehambur2in duit (duit ortu pula), waktu, dan tenaga buat hal yang gak disenengin Emoticon
semoga sukses jadi drh nya ya gan, ane doain tulus dari hati yang paling dalam Emoticon

maap gan malah curhat di lapak orang Emoticon
sumpah kalo ada kesempatan waktu dan materiil, ane pengen banget kuliah lagi biar jadi drh Emoticon

awalnya ane juga sama gan, nggak dapet restu
bukan cuma bokap, nyokap ane juga ngelarang, bahkan dibilang mending nggak usah sekolah daripada harus jadi drh, masuknya susah, kuliahnya mahal, kerjanya mau jadi apa,,,
Emoticon

tapi ane tetep nekat gan, ane daftarin diri, beruntungnya ane langsung diterima tanpa tes, cuma ngeliat record nilai, dan lagi alhamdulillah ane dapet beasiswa,,

setelah ane jelasin panjang kali lebar ke ortu, akhirnya mereka ngerti gan betapa ngototnya ane pengen jadi drh, bukan krn materi, tapi dari hati,,,

alhamdulillah ortu ane sekarang sumringah denger anaknya udah mau lulus, malah sekarang ngedukung ane buat bikin klinik praktek sendiri dirumah,,


Dokter Hewan
Apa yang Salah dari Dokter Hewan? Uniknya Profesi Dokter Hewan Dibanding Dokter Umum
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/54452974c1cb17863b8b456b/share-kenapa-ane-memilih-untuk-jadi-dokter-hewan Category:
My Story
Pasang Iklan
close