Bahaya Rokok

Nostalgia Pohon Pisang

Cool Anak-anak dan Pohon Pisang - Kenakalan Masa Kecil (NOSTALGIA)

Tags: Lifestyle - Culture - Activity - Creativity - Nostalgia
colot_nay
UserID: 627075
Nostalgia Pohon Pisang
Nostalgia Pohon Pisang

Quote:Quote:Mukaddimah
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Siapa yang tidak mengenal Pohon Pisang ? Pasti Semua Pernah Melihat Bentuk Pohonnya, Dulu waktu ane masih anak-anak, di halaman rumah ane banyak sekali pohon pisang, karena saat itu teknologi masih belum berkembang dengan pesat dan belum meracuni otak ane, maka ane dan teman-teman sering memanfaatkan bagian dari pohon pisang tersebut untuk dibuat mainan, hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan untuk mainan, namanya juga anak-anak, tentu saja yang difikirkan saat itu hanya main, main dan main, untuk mengenang masa indah tersebut, ane menulis thread ini dengan harapan bisa berbagi kenangan kepada kaskuser yang membacanya, ane percaya bahwa banyak kaskuser yang lain yang juga pernah melakukannya, semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Anak-anak dan Pohon Pisang
Quote:Quote:Pohon Pisang Menjadi Sansak
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Dulu ane kalo maen silat-silatan menjadikan pohon pisang sebagai musuh, dipukul ataupun ditendang tidak akan melawan, cuma tangan dan kaki aja yang jadi sakit, kadang juga memakai pisau dan ditusuk-tusuk, setelah agak dewasa baru bisa berfikir kalo itu salah, pohon pisangnya jadi rusak dan gak bisa berbuah, saat itu yang ane fikirkan ya kesenangan saja, namanya juga anak-anak Emoticon

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Quote:Pohon Pisang menjadi bidang sasaran tembak
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Waktu ane kecil, ane dan teman-teman suka membuat panah-panahan, bisa dengan karet gelang dan lidi atau membuat busur sederhana, dan yang menjadi sasaran adalah Pohon Pisang karena pohonnya empuk dan panah mudah menancap, terkadang juga kalo lagi pegang pisau ane suka melemparnya ke pohon pisang, atau kalau sedang bermaen ninja-ninjaan suka melemparkan senjata ke pohon pisang, jika maenan bisa menancap, maka kita dianggap ahli oleh teman-teman Emoticon

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Quote:Batang Pohon Pisang
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Batang Pohon pisang yang masih utuh bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam mainan, misalnya menjadi mobil-mobilan dengan menambahkan roda yang terbuat dari sandal jepit bekas, bisa juga menjadi rakit jika jumlahnya banyak dan disekitar tempat tinggal ada sungai, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Quote:Pelepah Batang Pisang
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Pelepah batang pisang yang masih basah bisa dimanfaatkan menjadi mobil-mobilan, perahu, senapan dan sebagainya, jika pelepah batang pisang sudah kering bisa dimanfaatkan sebagai tali, dulu kalo ane maen gasing, ane suka membuat tali gasing dari pelepah batang pisang yang sudah kering.

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Quote:Pelepah Daun Pisang
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Pelepah daun pisang bisa dimanfaatkan untuk membuat senapan, kuda-kudaan, pedang, perahu dan sebagainya, jika masih ada daunnya bisa juga dimanfaatkan sebagai alas duduk, membuat atap untuk kemah-kemahan serta bisa dipakai sebagai payung dikala hujan. Jika sudah kering bisa dibuat topi Emoticon

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Quote:Jantung Pisang
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Kalo yang ini biasanya dimanfaatkan oleh temen-temen ane yang cewek untuk maen masak-masakan, untuk pembungkus jantung pisang ane dulu dan teman-teman sering menggunakannya sebagai sandal Emoticon

Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Quote:Saat mengetahui pakaian kena getah pisang
Nostalgia Pohon Pisang
Quote:Meskipun bermain menggunakan berbagai bagian dari pohon pisang itu menyenangkan, namun ternyata ada bagian yang tidak menyenangkan, kayni ketika pakaian terkena getah pisang, tentu saja bagi anak-anak ini akan sangat menakutkan, bayangan orang tua yang akan memarahi ketika pulang selalu terbayang

Quote:Agan/Aganwati Punya Pengalaman Seru yang Lain ?
Di Share pada Komen ya gan...

Quote:Nostalgia Pohon Pisang
Sumber Tulisan : Tulisan Tangan TS Sendiri
Sumber ilustrasi : T K P

Quote: Nostalgia Pohon Pisang
Spoiler for Open:
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo
bentar gan tak foto anak ane dulu .................. Emoticon
=====
ane balik lagi gan Emoticon

beberapa waktu lalu pas pulang ke rumah mertua sempet nemu pelepah pisang.
alhasil jadilah sebuah mainan yang dulu suka ane mainin sewaktu kecil Emoticon

Mengenai cara buatnya, langsung penampakan aja ya gan
ini dia penampakanya gan
Spoiler for mainan:

Nostalgia Pohon Pisang

Nostalgia Pohon Pisang

cara mainya kaya gini gan
Spoiler for cara main:

cara mainya cuma diseret-seret dong gan Emoticon
Nostalgia Pohon Pisang


berhubung jaman dahulu anak anak selalu kreatif bikin maenan sendiri yang disebabkan minimnya dana, ya jadi seru aja main gituan dengan anak anak lain

giliran anak ane suruh maenan gituan,
apa jawabnya ...?

Spoiler for jawab:

jawabnya kira-kira gini :

"Males ah pak, masak mainanya kaya begitu"
alhasil ane cuma nyengir doang sambil jawab : ya itu mainan bapak dulu"

itu mau mainan karena ane suruh aja gan, akting di foto,
abis difoto ya didiemin ngejogrog aja tu mainan Emoticon
Emoticon



Quote:Original Posted By Son.ofBeach
pas masih kecil mah Pohon Pisang sama temen2 dijadiin Gawang Emoticon
sama Daun Pisangnya dibikin Anyaman sama cewek2

Quote:Original Posted By On3DaY
Ane berasa pendekar banget ngancurin batang pisang. Trus maen kuda-kudaan plus jadiin pelepah pisang pistol-pistolanEmoticon
Pulang ke rumah di amuk nyokapEmoticon

Quote:Original Posted By alaykaskuser
Klo ane biasa pelepah jadi'n senjata gan....
Trus kadang jadi samurai buat perang geng gan... Emoticon

Klo daun'y biasa buat ddk d'bawa pohon sore ari....ckck... Emoticon
Trus klo batang yq udah d'potong..ane jadi'n pelampung buat berenang d'sungai gan.. Emoticon

Quote:Original Posted By politikalay
ayas suka main plorotan dengan pelepah atau gedebog pisang gan

mainnya didekat rel kereta api, tempatnya kan agak miring Emoticon

atau kadang main rakit rakitan di sungai brantas


Quote:Original Posted By kratingdieng
Wah untungnya ane termasuk anak yang dengan masa kecil lumayan bahagia... semua hal yang agan sebutin terkait dengan pohon pisang tersebut pernah ane alamin. Paling demen buat sasaran panahan kl ane...

Bantu rate 5 gan.. trit bagus udah diserang hater lagi.

Quote:Original Posted By keretasenja08
Dulu waktu kecil pernah nih main Debog pisang (batang phon pisang) yg ditebang setengah trus buat kapal-kapalan di sungai..trus balapan layaknya speedboad yg meluncur di arus deras

Quote:Original Posted By costacurta19
kalo ane suka dulu maen pukul-pukulan pake pelepah yang udah kering gan, sakit banget untuk ukuran anak2 waktu itu, tapi seru Emoticon

Quote:Original Posted By ...optimus...
ane jadi inget lagu dangdut ini gan Emoticon



Emoticon memori daun pisang Emoticon

Quote:Original Posted By prigelan
kalo dulu waktu kecil pohon pisang bisa jadi uang gan bagi ane, kalo sepulang sekolah tuh nyari pohon yang udah ditebang, nah nanti kan gedebog itu bisa dikuliti, nah itu kalo udah kering bisa dijual gan Emoticon
Emoticon Emoticon

Quote:Original Posted By suryaadityap
ane dulu pake pelepah pisang di lapisin gan, terus ane meluncur dari pasir tetangga yang menggunung Emoticon padahal tuh pasir buat bangun rumah Emoticon

Quote:Original Posted By am_hertz
Yang paling populer ya tentu tidak lupa yang ini, udah berasa kaya rambo pokoknya kalo dah megang ginian Emoticon

Nostalgia Pohon Pisang

Quote:Original Posted By Rasyid37
kalo pengalaman ane, dahan pisang buat prakarya sekolah gan
jadi dipotong miring dahannya trus dicelupin ke cat air dan di cap ke kertas
Emoticon

Quote:Original Posted By kuzanagi09
batangnya dijadiin pletokan gan.. Emoticon

Quote:Original Posted By damon.baird
ane pernah bikin perahu kecil pake 3-4 pohon pisang, tapi musti nebang dan gak boleh ketauan ama yang punya Emoticon
pernah nyusurin sungai sampe jaoh, pulangnya naik angkot Emoticon
kaya gini kurang lebih Emoticon

Nostalgia Pohon Pisang

Quote:Original Posted By and96
kalo ane agak beda gan Emoticon
itu tulang daun pisang di jadiin lintasan balap kelereng Emoticon
siapa lintasan terpanjang dan paling ajib die berhak menang Emoticon

Quote:Original Posted By dihoo
kalo ane dulu sering manpaatin daun poon pisang yang kering buat di asah langsung ke kuku, biar kukunya bening gan kaya pake cutek,,,,

itu beneran lohhhh....
cuma tinggal gosok daun keringnya langsung ke kuku selama mungkin,,,

Quote:Original Posted By Musyan6
kalo ane dulu tangkai daun pisang dijadiin pistol2an, diiris2 gitu sepanjang tangkai daun, terus dipukul dari ujung bunyinya mirip senapan... nanti kalo sempet ane cariin fotonya...

nih ane dapet fotonya:
Nostalgia Pohon Pisang

Quote:Original Posted By intanszone
batangnya ane pake buat seluncuran kalau lagi banjir
daunnya kasih ke mama buat bikin pepes, suman, lepatlau, putu buluh atau nagasari
diujung daun biasanya ada yg ngegulung, biasanya ane potekin, terus suka ada uletnya gendut2, dipake buat masak2an
diujung daun juga biasanya ada kayakbenang tapi kayak ujung batang daun, kalau dipatahin terus ditarik suka jadi panjang, dimainin buat nakut2in sepupu2 yg takut cacing, disangkanya itu cacing beneran
batang daun biasanya dipake buat main perang2an sama kakak atau tetangga seumuran (ane cewek tapi agak tomboy Emoticon )

Quote:Original Posted By cicopilo
Kalo ane waktu kecil dulu batang pisang tuh kulitnya dijemur jd lembaran2 kalo dah kering dijual 100 perak buat bahan keranjang wadah tembakau gan. Lumayan buat jajan Emoticon
Nostalgia Pohon Pisang
Pejwan gan..

Quote:Original Posted By VidicGreen
tempat nyimpan uang koin gan kl ane dulu, ane selipin aja tuh dibatang lapisan yang dalam trus ditutup lapisan paling atas. smpai kekumpul banyak. hhhaha.

Quote:Original Posted By Phramp
ane dulu sering gangguin kelelawar tidur di daun pohon pisang yg masih belum mekarEmoticonEmoticonEmoticonEmoticon

Quote:Original Posted By youann
Keingat kalo dulu ane ma teman-teman ane selalu "menghabisi" pohon pisang tetangga buat mainan. Dijamin, pohon yang terpilih bakalan gak berbuah karena mengalami penderitaan berlebih dari ane ma teman-teman

1. agan ngerti istilah 'pasaran'? dulu ane ma teman-teman ane ada yang jadi penjual ma jadi pembeli, nah penjualnya jualan bahan makanan yang dibuat dari bagian-bagian pohon pisang. pelepahnya diiris-iris dianggap sebagai udang, teri, bawang (dipotong semirip mungkin lah), daunnya buat bungkus, hati pisangnya dianggap daging dll
2. Buat tas, jadi gedebog pisang, sepanjang 20-30 cm di garis ditengah-tengahnya terus dicuil dikit demi sedikit, terus dilipat jadi 2, ditali biar gak lepas, terus kasih tali panjang, dibuat tas selempang.
3. buat kapal-kapalan, rumah ane deket kali, airnya dulu masih bersih, jadi sering main dikali sambil bikin kapal-kapalan yang dikasih tali biar gak hanyut.
4. batang pisangnya buat kapal-kapalan sekalian mandi di kali
5. buat boneka, jadi tulang daun pisang yang gede, dipotong 20-an cm, ujung yang lebih besar dihilangkan isiinya sekitar 5-an cm, lalu di beri rambut dari daun pisang yang sudah disuir-suir halus. jadi deh boneka debog, bisa buat main seminggu sebelum layu dan menguning.
6. tulang daun pisang yang masih kecil dibuat 'pecut' ato cambuk, ma dibuat jadi kuda, sudah bisa main "jaranan" ato kuda lumping ma teman-teman.
7. batang pisangnya dibuat jembatan, terus sengaja jatuh kepleset ke kali, buat alasan biar gak dimarahi kalo mandi di kali.
8. Agan-agan pernah main ayunan dengan pohon pisang? Dulu sering banget main gituan sambil bilang 'auooooo'

Masih banyak hal yang bisa ane ma teman-teman ane lakukan dengan pohon pisang. Sayangnya ane gak punya gambar dari setiap 'karya' dengan pohon pisang yang ane sebutin karena sekarang ane sudah gede (usia ane +20, dulu sering main gituan sebelum SMP), sekarang ane dah pindah ke kota serta memang sudah tak ada lagi anak kecil di sekitar rumah ane yang main dengan menggunakan pohon pisang.

Dulu sering dimarahin mak karena karena kaos yang kena getah pohon pisang gak akan mungkin jadi seperti baru sehebat apapun sabun cucinya.

Tapi itulah yang membuat masa kecil ane berharga

Quote:Original Posted By arrjavanis
Kalo ane buat:
1.tembak2an
2.tempat tangkapan ikan
3.perahu
4.tiang gubuk2an
sungguh masa kecil yg bahagia Emoticon

Quote:Original Posted By vzq
haahhaha... ane banget tu gan... kadang diajak tetangga masak2 an.padahal ane cowok.berhubung tetangga kebanyakan cewek ya ane ngikut aja.ya.. namanya jg anak kecil ya gitu lah... klu skrng masih main kaya gitu namanya playboy.. kolektor cewek.

Nostalgia Pohon Pisang
Nostalgia Kenakalan Masa Kecil, Anak-anak dan Pohon Pisang
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/540580cac2cb17982c8b456a/anak-anak-dan-pohon-pisang---quotkenakalanquot-masa-kecil-nostalgia Category:
My Story
Pasang Iklan
close