Bahaya Rokok

Thumb up Menguak Tabir Misteri Kecepatan Terdahsyat Di Alam Semesta

Tags: Knowledge - Physics - Activity - Mystery
GengChampion
UserID: 2591406
Hai Agan2 yang budiman bertemu ane lagi si

GENGCHAMPION

Kali ini ane kembali gan dengan threat
Menguak Tabir Misteri
Kecepatan Terdahsyat Di Alam Semesta

Quote: Sebuah Pertanyaan pasti mengguncang benak agan2 sekalian
Apa sih yang menjadi kecepatan terdahsyat di alam semesta ???


Spoiler for For The Answer...:
Kecepatan Cahaya


Ya kecepatan cahaya, kecepatan yang sampai saat
ini masih belum ada yang menandingi di alam semesta ini dimata para ilmuan

Tapi pertanyaannya apakah manusia sanggup mencapai kecepatan ini???
Dan seperti apa sih teori kecepatan cahaya itu sebenarnya ????


Berikut penjelasannya cekibrot.
Quote: Dalam ilmu fisika modern Kecepatan tertinggi di alam semesta itu adalah kecepatan cahaya. Seberkas cahaya mampu melesat dengan kecepatan 300.000 km/detik. Hanya sesuatu yang sangat ringan saja yang bisa memiliki kecapatan demikian tinggi itu. Bahkan saking ringannya, maka sesuatu itu harus tidak memiliki massa atau bobot sama sekali. Jika sesuatu memiliki bobot – meskipun hampir nol – ia tidak bisa mengalami kecepatan cahaya. Yang bisa melakukan kecepatan itu Cuma Photon saja, yaitu kwantum2 penyusun cahaya. Bahkan electron yang bobotnya dikatakan hampir nol pun tak bisa memiliki kecepatan setinggi itu.

Jadi apakah manusia sanggup mencapai kecepatan cahaya??? berikut jawabannya, sekarang kita coba memahami zat-zat penyusun tubuh manusia, maka kita akan mendapati bahwa badan kita tersusun dari organ2 tubuh , seperti otak, jantung, paru2, liver, daging, tulang, dan lain sebagainya.
Berbagai organ tubuh itu juga tersusun dari bagian yang lebih kecil yang disebut sel. Ada sel2 jantung, ada sel2 otak, sel darah, sel tulang, sel saraf, daging liver dan sebagainya.

Spoiler for Sel Dalam Tubuh:

Jika dilihat lagi penyusunnya, maka berbagai macam sel itu tersusun dari molekul2. Baik yang sederhana maupun molekul yang sangat kompleks. Mulai H2O sampai pada rantai molekul asam amino atau protein2 kompleks lainnya. Tidak hanya sampai itu saja jika kita cermati lebih detail lagi, maka molekul2 itu juga tersusun dari bagian yang lebih kecil yang disebut atom. Dan ternyata atom juga tersusun dari partikel sub atomic seperti proton, neutron electron dan lain sebagainya.
Spoiler for Molekul:

Spoiler for Atom:

Quote: Seluruh bagian2 penyusun itu bergandengan satu sama lain dengan menggunakan energy ikat, supaya tidak tercerai berai, yang keseluruhannya berkolaborasi membentuk tubuh kita. Maka dari itu lah seorang manusia lantas memiliki bobot yang cukup berat. Jadi benda seberat itu tentu tidak bisa dipercepat dengan kecepatan yang terlalu tinggi, jangankan kecepatan cahaya, dengan percepatan beberapa kali gravitasi bumi (G) saja sudah akan mengalami kendala serius dan bisa meninggal dunia
Spoiler for Tubuh Secara Utuh:

Sebagai contoh seorang pilot pesawat tempur ketika dia melakukan gerakan manuver di angkasa seperti gerakan vertical naik ke langit atau manuver jatuh kebumi. Saat itu dia akan mengalami tekanan sesuai dengan besarnya percepatan yang dia lakukan. Jika di bermanuver ke langit dengan percepatan 2 kali gravitasi bumi (2G), maka badannya akan mengalami tekanan dua kali lipat dari berat badannya. Kalau bobotnya pada kondisi normal 80 kg, maka pada saat melakukan manuver bobotnya akan menjadi 160 kg. Demikian pula anggota2 badannya juga akan mengalami perlipatan bobot. Jika kepalanya berbobot 10 kg, maka pada saat manuver itu kepalanya akan memiliki bobot 20 kg. demikian pula tangannya, kakinya, dan seluruh organ tubuhnya menjadi dua kali lipat bobot semula. Jadi bisa agan2 sekalian bayangkan bagaimana jika pilot2 tersebut melakukan manuver lebih dari percepatan itu. Padahal banyak pilot yang melakukan manuver sampai 5G.
Spoiler for Manuver Pesawat:

Kecepatan2 yang ane ceritakan itu masih tergolong rendah untuk ukuran alam semesta. Dengan kecepatan seperti itu saja badan manusia sudah tidak kuat menanggung bebannya, apalagi jika kita main2 dengan kecepatan cahaya yang perdetiknya bisa mencapai 300.000 km. Sungguh badan manusia tidak akan mampu menahannya.
Apa yang akan terjadi jika manusia mencapai kecepatan cahaya???, yg akan terjadi adalah badan manusia akan tercerai berai menjadi partikel2 sub atomic sebelum mmencapai kecepatan cahaya. Kenapa bisa demikian????
Seperti yang ane jelaskan diatas, tubuh manusia tersusun dari partikel2 sub atomic yang saling bergandengan menggunakan binding energy alias “energy ikat”. Nah ketika dipercepat dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka muncullah gaya yang berlawanan dengan energy ikat tersebut. Semakin tinggi kecepatan yang diberikan kepada benda, maka energy yang melawan binding energy tersebut semakin besar. Sehingga, suatu ketika tubuh manusia itu akan ‘buyar’ menjadi partikel2 kecil Karena tekanan yang dasyat itu. Subhanallah……
.
Spoiler for Hancur Berkeping –keping:


Menguak Misteri Dahsyat Cahaya Sebagai Partikel Tercepat di Alam Semesta
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008797204/menguak-tabir-misteri-kecepatan-terdasyat-di-alam-semesta Category:
Best Article
Pasang Iklan
close