Bahaya Rokok

Sejarah Proklamasi 1945 with Infografik

Tags: Knowledge - History - Geography - Lifestyle - Education - Politic
keretasenja08
UserID: 6646112

Quote:Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dan tanggal 8 Ramadan 1364 menurut Kalender Hijriyah, yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.
Quote:
Quote:Detik-detik Pembacaan Naskah Proklamasi
Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di laksamana Tadashi Maeda Jln Imam Bonjol No 1. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo.

Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti Melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional.


Setelah upacara selesai berlangsung, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S.Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan. Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan Proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.


Quote:Kisah Seputar Foto Proklamasi 1945
Quote:
Mikropon dan pengeras suara milik siapa yang dipakai untuk Soekarno mengumumkan Proklamasi Kemerdekaan?. Ada teks yang menyebut itu curian dari stasiun radio milik Jepang. Ada pula yang menyebut itu disewa dari Pasar Baru, Jakarta.

Dari sejumlah foto kita bisa belajar menggali informasi. Itulah perlunya dokumentasi, dan akan lebih baik jika setiap foto memiliki catatan diri yang lengkap.


Quote:Teks Proklamasi Indonesia: 2x SMS, 3x kultwit
Quote:
Memang ringkas teks Proklamasi Indonesia 1945 bila dibandingkan Deklarasi Kemerdekaan Amerika 1776. Indonesia cukup 39 kata dalam enam paragraf, sedangkan Amerika 1.479 kata dalam 60 paragraf.

Begitu ringkasnya teks Proklamasi Indonesia, sehingga jika dikirim via SMS hanya butuh dua kali pengiriman atau tiga kali kultwit di Twitter.

Bagaimana dengan jumlah kalimat? Untuk menghitung teks dengan mengandalkan aplikasi hasilnya bisa berbeda. Salah satu penyebab, cara menetapkan kalimat itu berbeda-beda.


Quote:Cerita Menjelang Detik-detik Proklamasi
Quote:
Jumat pagi 17 Agustus 1945, Soekarno tak dapat bangun dari tempat tidur. Kepada Dokter Soeharto dia mengeluh badannya "pating greges". Versi lain menyebutnya "greges-greges", misalnya dalam artikel Intisari yang dimuat National Geographic Indonesia. Soekarno demam disertai pegal linu. Setelah diobati, pukul sembilan dia bangun.

Sejak Rabu 15 Agustus, Soekarno dan Mohammad Hatta kurang tidur.


Quote:Sejarah Bendera Merah Putih Pertama
Quote:
Penjual bendera mulai menjajakan dagangan. Trotoar dan emper toko adalah lokasinya. Sebuah kelaziman menyambut Hari Kemerdekaan.

Harga bendera ukuran sedang Rp35.000/helai dan umbul-umbul Rp200.000 per 10 helai. Seorang pedagang menyatakan bahwa Agustus 2013 dia bisa memperoleh Rp5 juta.

Tahun ini adalah HUT ke-69. Sebab sudah membuat pedoman. Termaktub dalam maklumat, "Perayaan dijadikan momentum sarana pendidikan dan hiburan rakyat."


Quote:
Quote:Saat Pembacaan Proklamasi 1945
Quote:Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia [versi remaja PBC]. Adalah suatu kreatifitas remaja Pringgolayan RT 02 Banguntapan bantul Yogyakarta dalam menyambut dan memperingati HUT RI yang ke-68 (2013).


Quote:
Quote:Original Posted By 4400777

Permisi bang,
Tritnya cakep banget deh bang
Apalagi di bumbui dengan infografiknya

Tapi ane mau nanya pengibar bendera pertama Sang SAKA,ada berapa versikah,,??

Banyak yg membicarakan tentang seseorang pejuang PETA pengibar sang Saka pertama
Ada yg menyebutkan nama Latif Hendradiningrat
Tapi juga ada yg menyebutkan bernama Ilyas Karim
Mohon pencerahannya bang

Ilyas Karim (lahir di Padang, Sumatera Barat pada 13 Desember 1927) adalah seorang pensiunan TNI yang mengaku sebagai salah satu dari dua orang pengibar pertama bendera merah putih pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Pengakuannya diragukan banyak pihak karena bertentangan dengan informasi yang telah diketahui secara luas bahwa pengibar pertama bendera merah putih adalah Latief Hendraningrat dan Suhud Sastro Kusumo. sumber : wikipedia

Quote:
Quote:
Spoiler for #sumur:
Sumber : Beritagar & Wikipedia

Infografik Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/53e3518a50741044168b4575/sejarah-proklamasi-1945-with-infografik Category:
Best Article
Pasang Iklan
close