Bahaya Rokok

Thumbs upMakanan Enak & Bergizi yang didapat cuma-cuma di Sawah

Tags: Knowledge - Biology - Lifestyle - Culinary - Health
2ndAldyBrdj
UserID: 4039161


Quote:agan-agan ada yang pernah maen di sawah ga ? kalo ada mungkin agan udah ga asing sama makanan yang bisa didapetin di sawah
Quote: Quote:Quote:1. Ciput/tutut
Spoiler for Open:

ciput ini beda ya gan sama keong mas, kalo ciput ini kecil2 gan, kaya kelereng gitu, rasanya lumayan gan

Spoiler for Kandungan Gizi:
Keong sawah atau Tutut ternyata menyimpan kandungan gizi tinggi, menurut Positive Deviance Resource Centre khasiatnya ini karena keong sawah mengandung kandungan protein 12% , kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor.

Kandungan vitamin pada keong sawah cukup tinggi, dengan dominasi vitamin A, E, niacin dan folat. Keong sawah juga mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi pada tubuhnya. Berat daging satu ekor keong sawah dewasa dapat mencapai 4-5 gram.

Selain makronutrien, tubuh keong sawah juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan pengelolaan yang tepat, tutut dapat dijadikan sumber protein hewani yang bermutu dengan harga yang jauh lebih murah daripada daging sapi, kambing atau ayam.

Keong sawah banyak dikonsumsi secara luas di berbagai wilayah Asia Tenggara dan memiliki nilai gizi yang baik karena mengandung protein yang cukup tinggi. Meskipun demikian, kewaspadaan perlu diberikan karena keong sawah adalah inang dari beberapa penyakit parasit. Selain itu, hewan yang diambil dari dekat persawahan dapat menyimpan sisa pestisida di dalam tubuhnya

Quote:Quote:2. Genjer
Spoiler for Open:

yang udah diolah gan

ini nyokap ane sering masak gan, dibikin pedes, rasanya mantep gan

Spoiler for Kandungan Gizi:
Unsur gizi yang dikandung tanaman sayur genjer ini , setiap 100g genjer mengandung energi 39 kkal, 1,7 g protein, 7,7 karbohidrat, 62 mg kalsium , 33 mg fosfor, dan 2.1mg zat besi . Selain enak tanaman genjer ini kaya akan serat, sehingga baik untuk menjaga saluran pencernaan kita, jika kita rajin untuk mengkonsumsinya. Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, daunnya juga mengandung flavonoida dan polifenol.

Quote:Quote:3. Jamur Damen
Spoiler for Open:

ini biasanya pas waktu panen gan, banyak tuh jerami2 bekas padi, nanti biasanya disiram air gan, ditunggu 2-3 hari udah ada jamurnya gan

olahan

rasanya mirip jamur kancing gan

Spoiler for Kandungan Gizi:
Bicara masalah kandungan gizi, jamur damen ini mempunyai banyak gizi gan. Sebagai sampelnya dalam 100 gr jamur damen memiliki kandungan: 3,2 gr protein (akan menjadi 16gr jika keadaan kering), 51mg kalsium, 223mg fosfor, 105 kj kalori, dan tentunya rendah lemak hanya 0,9gr lemak.

Quote:Quote:4. Keong Mas
Spoiler for Open:

nah ini beda gan sama ciput/tutut. kalo mau dimakan agan harus terlebih dulu pisahin dari cangkangnya, terus direndem aer garem selama 30 menit, baru dimasak, kalo ga agan bakal keracunan, kata nenek ane sih gitu gan

ane biasa nyari keong ini buat disate gan, dikasih bumbu terus disate


panas2 enak banget gan makan ginian, sampe sekarang ane masih suka nyate nih keong gan

Quote:Quote:5. Semanggi
Spoiler for Open:

nah ini ga kalah enak juga gan, ane biasanya nyari terus dijadiin urab gan sama nyokap ane


rasanya sedikit pedes gan

Spoiler for Kandungan Gizi:
Minyak atsiri; Saponin; Zat samak

Quote:Bangga gan dengan makanan bangsa sendiri
makanan diatas ga kalah gan sama makanan bule

Quote:Sumur : wikipedia
google

Quote: tambahan dari agan :

Quote:Original Posted By dragoid
belut, belalang, burung pipit, ikan sepat, kodok, kepiting sawah dsbnya ketinggalan tuh

Quote:Original Posted By bobaymontegobay
makanan sawah ada lagi gan :
Ikan Paray / Impun / Gendot

Bisa dipepes atau digoreng...

Quote:Original Posted By nyo3ngs3p
Ane Tambahin Gan...

Didaerah ane Ciput ga diolah gan alias dibuang tp yg diolah/konsumsi malah Keong Mas, kebalikan ame daerah mertua ane (kota Soto di Jatim), orang2nya dah kebiasa olah makanan Ciput tp ga pernah ngolah/masak Keong Mas...

Trus ane share ke keluarga cara ngolah Keong Mas yg aman... akhirnya sekampung sekarang mulai brani ngolah/makan tuh Keong Mas... Karna sblmnya masy sekampung taunya beracun, justru klo diolah dagingnya lebih banyak dr Ciput & lebih enak & kenyal...

Tips biar ga keracuan/pusing makan olahan keong mas, cuci pake air kapur/garam, trus ususnya dibuang aja, tinggalin daging yg kenyal...

Quote:Original Posted By kapokmu..kapan
aku pernah kak makan sate kijing, mirip kerang tapi pipih memanjang itu kak
habis makan badanku biduren, bentol-bentol gatal kak, kata mama karena alergi

nih bentuk kijingnya kak

Quote:Original Posted By syibahTokinomi
buah yang satu ini jangan di lupakan gan

Spoiler for buah:

Spoiler for namanya:
Ciplukan

Spoiler for Khasiat dan Manfaat:
Kandungan kimia yang ada di dalam buah ciplukan merupakan kandungan alami yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh :
  • Kandungan Chlorogenik acid
  • C27H440-H20
  • Asam sitrun
  • Fisalin
  • Asam malat
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Kriptoxantin
  • Vitamin C
  • Gula
  • Kandungan kimia yang ada di dalam bijinya mengandung Claidic Acid
Sifat dan manfaat serta khasiat dari buah ciplukan ini adalah sebagai analgesik, untuk meluruhkan air seni, membantu menetralkan racun, meredakan batuk, membantu mengaktifkan fuungsi dari kelenjar tubuh. Rasa yang muncul dari buah ciplukan ini adalah rasa pahit dan sifat yang sejuk. Dan bagian tanaman yang mempunyai manfaat untuk kesehatan adalah akar, daun dan juga buahnya.

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sangat banyak khasiatnya. Manfaat buah ciplukan sebagai obat batuk, untuk menetralkan racun, dan memiliki efek analgeetik, dan bisa mengaktifkan kembalo fungsi dari kelenjar tubuh. Untuk pengobatan luar, manfaat buah ciplukan ini bisa digunakan untuk mengobati borok, mengatasi masalah bisul, dan juga sakit kulit yang membetuk gelembung.

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk mengatasi masalah penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes mellitus salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia. Dan buah ciplukan ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah penyakit diabetes.

Ramuan buah ciplukan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus adalah :
Bahan : tanaman ciplukan yang berbuah dan cabutlah dengan akarnya kemudian dibersihkan
Cara membuat : layukan dan rebuslah dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga yang tersisa hanya 1 gelas air, dan kemudian saringlah.
Cara mengonsumsi : minumlah untuk 1 kali sehari.

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk mengobati masalah penyakit ayan atau epilepsy. Caranya adalah :
Bahan :buah ciplukan sebanyak 8-10 butir
Pemakaiannya adalah : makanlah buah ciplukan ini setiap hari secara rutin.

Sedangkan untuk mengobati penyakit rematik, tanaman ciplukan ini bisa digunakan semua bagian tanamannya untuk mengatasi masalah penyait rematik ini. Cara penggunaannya adalah dengan merebus buah ciplukan kering 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas air hingga yang tersisa hanya setengahnya saja. Kemudian setelah itu dinginkan dan satringlah. Minumlah untuk 3 kali setengah gelas dalam seharinya.

Manfaat buah ciplukan untuk hipertensi
Manfaat dari buah ciplukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuatnya adalah dengan 5 gram ciplukan kemudian direbus dengan 110 ml air dan direbus kurang lebih selama 10-15 menit sambil diaduk. Dan setelah di rebus sampai mendidih, kemudian saringlah dan setelah itu diamkan agar dingin. Ramuan ini diminum 2 kali dalam sehari. Jangan menyimpan terlalu lama air rebusan ini karena hal ini malah akan membuat senyawa menjadi rusak.

Manfaat buah ciplukan untuk sakit paru-paru
Cara memanfaatkan tanaman ini adalah salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah sakit paru-paru. Vcara membuat ramuan ini adalah dengan merebius tanaman baik akarnya, batang, daun, bunga dan buahnya. Rebus dengan menggunakan 3-5 gelas air. Dan saringlah jika sudah mendidih. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali dalam sehari.

sumur

Quote: Pengalaman lucu agan :

Quote:Original Posted By arbitech
blh d coba tuh gan, waktu kecil prnah d ajak ke daerah pnggir kota yg ada persawahannya, truz ane d ajak jalan2 ngitarin sawah. truz waktu jalan ane pake sendal jepit gan. pas lg jalan2 ane gk tau klo sawah tu lumpurnya dalem (coz msh bocah waktu tu gan) lantas ane nglangkah tuh msk k sawah. gk taunya kaki ane msk ampe dlm bgt gan ampe sepaha, alhasil ilang sendal jepit ane dalem lumpur
ampe nangis2 ane cba cari gk nemu
tu pengalaman ane wktu pertama kali liat sawah gan, klo ane inget2 jd ktawa2 dah
ampe skrg blm pernah maen2 k sawah lg gan.

5 Makanan Enak dan Bergizi Hasil Olahan Dari Sawah
Source: http://www.kaskus.co.id/thread/5434a251bccb17b94d8b456a/makanan-enak-amp-bergizi-yang-didapat-cuma-cuma-di-sawah Category:
Top List
Pasang Iklan
close